Connect with us

News

Masih Layak kah Xiaomi Mi A1 Dibeli Di Tahun 2018?

Published

on

GwiGwi.com – Xiaomi baru saja merilis penerus dari Xiaomi Mi A1, yaitu Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite. Dengan spesifikasi yang ditingkatkan pada seri Mi A2, apakah Mi A1 masih layak dibeli dibandingkan sang adik? Atau malah seharusnya kita malah membeli Mi A1 dibandingkan Mi A2 dan Mi A2 Lite? Yuk simak ulasan berikut.

Xiaomi merilis Mi A1 sebagai langkah baru Xiaomi yang bekerjasama dengan Google didalam projek Android One. Sebelumnya, Android One sendiri merupakan tipe Android dimana operating sistem bermaskot robot hijau ini, diberikan oleh vendor secara murni tanpa ada perubahan skin apapun yang dapat menyebabkan perangkat tersebut jadi dipenuh Bloatware. Xiaomi Mi A1 menjadi perangkat pertama Xiaomi yang mengenalkan “Android Murni” untuk merk asal China ini.

Mi A1 memiliki spesifikasi kelas menengah yang cukup mumpuni pada eranya, bahkan sesungguhnya Xiaomi belum begitu jauh melangkah pada tahun 2018 ini. Salah satunyaa adalah penggunaan Qualcomm Snapdragon 625 yang menjadi otak utama dari perangkat ini. Xiaomi berdalih (pada masa itu bahkan hingga sekarang), bahwa Snapdragon 625 atau yang dikenal juga sebagai SD625, adalah prosesor yang sangat powerful dan masih sanggup melibas sekian banyak aplikasi yang telah beredar di Play Store. Hal ini terbukti melalui dikeluarkannya Mi A2 Lite yang masih memiliki spesifikasi serupa, namun dengan sedikit perubahan. Selain prosesor, Mi A1 dirilis dengan 2 versi, yaitu versi 4/64GB yang pertama kali dikeluarkan, serta 3/32GB yang menyusul beberapa waktu setelah Mi A1 dirilis. Hal ini lebih dari cukup untuk perangkat yang ditargetkan untuk kelas menengah keatas.

Namun, Mi A1 tidak hanya berfokus pada jeroan inti saja. Mi A1 juga menjadi perangkat Xiaomi pertama di Indonesia yang memiliki gabungan 2 lensa yaitu normal dan telephoto, yang dipasangkan menjadi kamera belakang (dan utamanya). Picture Perfect Dual Camera menjadi tagline dari Xiaomi untuk perangkat ini, dan sejujurnya, dari review kami sebelumnya, hal ini memang benar adanya karena hasilnya jauh melebihi ekspektasi dari perangkat ini.

Baca Juga:  Spesifikasi utama Black Shark 5 muncul dengan Snapdragon 888+

Salah satu yang menarik perhatian saya sebagai pengguna smartphone yang cukup rajin bolak balik, sebenarnya ada di perihal expandable storage atau lebih dikenal sebagai memori eksternal. Mi A2 tidak menyebutkan keberadaan slot microSD saat peluncuran, dan ternyata memang tidak disediakan. Hal ini membuat saya bertanya-tanya, “berarti lebih lengkap Mi A1 dong?” karena Mi A2 memiliki fitur yang sempat membuat saya tidak sukai dari merk Samsung dan beralih ke Xiaomi, yaitu hilangnya slot microSD dari keberadaan semestinya. Mi A1 memiliki slot microSD dengan memanfaatkan slot hybrid pada tempat simcard ke-2.

Perangkat terbaru Android One dari Xiaomi, Xiaomi Mi A2

Lalu, ada lagi yang hilang dari Mi A2 tapi hadir di Mi A1? Untuk Mi A2, hilangnya earphone jackjack 3.5, atau colokan earphone, menandakan bahwa sepertinya Xiaomi mulai mengejar langkah Apple dan melenyapkan lubang kecil favorit audiophile. Sedangkan untuk Mi A2 Lite, salah satu tambahan yang disayangkan adalah pemilihan Xiaomi untuk tetap menggunakan micro-usb dibandingkan USB Type-C yang menjadi trend (dan masih cuman dimiliki) oleh Mi A1.

Jadi kesimpulannya, apakah Xiaomi Mi A1 masih layak dibeli di 2018?

Dengan potongan harga yang mulai terlihat, beserta bundling yang disediakan oleh Xiaomi bersama dengan earphone atau powerbank dari merk yang sama, Mi A1 bisa menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan Mi A2 untuk kalian yang ingin merasakan Android murni, tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Itu-pun berarti kalian harus siap untuk meninggalkan kesempatan merasakan layar kekinian yaitu dengan rasio yang lebih panjang (mulai dari 18:9). Namun, jika kalian tidak terlalu memikirkan soal rasio layar, Xiaomi Mi A1 dengan prosesor SD 625, dan Memori Internal 4/64GB, bisa menjadi pilihan smartphone Android One terbaik selain kompetitornya yang ada di Indonesia seperti Asus dan juga Nokia.

Baca juga: Review Redmi 5 Plus Indonesia – Layar 18:9 Paling Affordable?

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Entertainment

Wakabayashi Masayasu dari Audrey juga positif COVID-19

Published

on

By

GwiGwi.com – Pada 22 Januari, K DASH Stage Co. mengumumkan bahwa Wakabayashi Masayasu (43) dari duo komedian Audrey telah terjangkit COVID-19.

Berdasarkan pengumuman tersebut, Wakabayashi mengalami demam pada tanggal 22, sehingga dia melakukan tes PCR yang memastikan dia positif terkena virus. Dia akan memulihkan diri di bawah bimbingan pusat kesehatan.

Sebelumnya, rekannya Kasuga Toshiaki (42) dinyatakan positif terkena virus pada tanggal 19. Hasil tes Wakabayashi kembali negatif ketika dia dites saat itu.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Entertainment

Komedian Kasuga Toshiaki dinyatakan positif COVID-19

Published

on

By

GwiGwi.com – Kasuga Toshiaki (42) dari duo komedian Audrey telah dinyatakan positif COVID-19.

Menurut K DASH Stage Co., Kasuga mengalami demam pada 19 Januari. Dia melakukan tes PCR dan dipastikan positif virus pada hari yang sama.

Setengah lainnya dari hasil Audrey Wakabayashi Masayasu kembali negatif, tetapi dia akan beristirahat dari aktivitasnya untuk sementara karena dia dianggap sebagai kontak dekat.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Entertainment

Kuroba Mario & Sakurai Yuki mengumumkan pernikahan

Published

on

By

GwiGwi.com – Aktor Kuroba Mario (28) dan aktris Sakurai Yuki (34) telah mengumumkan pernikahan mereka melalui akun SNS masing-masing.

Menurut orang yang dekat dengan pasangan itu, keduanya mengikat janji suci setelah 8 bulan berpacaran. Mereka sudah hidup bersama dan saat ini tidak memiliki rencana untuk upacara pernikahan dan resepsi.

Dalam pernyataan bersama, pasangan itu menulis, “Kami bertemu tahun lalu setelah ikut membintangi sebuah proyek. Tidak terlalu lama untuk mencapai hari ini, tetapi setiap hari, kami merasakan betapa berharganya menghabiskan waktu bersama. Juga, kami merasakan keinginan untuk menjalani sisa hidup kami bersama, yang membawa kami ke sini [marriage]. Kami berharap dapat saling mendukung dan membangun keluarga yang ceria.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Smartphone 5G Terbaru, 2-3 Jutaan Aja!

Keduanya ikut membintangi cerita asli Paravi ‘Rikohigh' pada tahun 2021.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x