Connect with us

Idol Group

Tak penuhi target berat badan ideal, leader BiS diskors

Published

on

GwiGwi.com – Pour Lui, leader dan pendiri dari grup idol BiS, diskors dari grup dalam beberapa waktu ke depan, termasuk sebuah penampilan di Akasaka Blitz, Tokyo. Pour Lui diskors karena tidak bisa mencapai target berat badan ideal pada waktu yang telah ditentukan.

Penggemar BiS (dan para penikmat kasual) marah pada keputusan ini dan juga pengunggahan video dimana Pour Lui mengetahui kalau dia diskors, ke YouTube. Selama seminggu terakhir ini, masalah ini berubah dari isu antar komunitas penggemar menjadi isu yang menjadi perhatian situs-situs media mainstream Jepang.

BiS dibentuk pada tahun 2010 dan melewati banyak bongkar pasang personel yang pada akhirnya menghasilkan pembubaran grup ini pada 2014 lalu. Meskipun begitu, mereka cukup menarik perhatian dengan kelakuan “anti-idol” mereka selama periode tersebut, antara lain berfoto dengan pose yang menantang, video music yang kontroversial dan lagu-lagu yang keluar dari pakem peridolan. Selama periode ini pula Pour Lui adalan satu-satunya yg tak pernah berubah. Pour Lui dan manajernya, Junnosuke Watanabe, mengumumkan kalo BiS akan kembali dan mengadakan audisi anggota baru pada 2016 lalu. Grup baru ini kemudian memulai debutnya pada akhir 2016 lalu, tetap dengan Pour Lui sebagai ujung tombaknya. Musik grup ini sendiri mirip dengan musik BiS sebelum bubar.

Pada awal tahun 2017, Watanabe membuat sebuah acara serial berjudul DiET or DiE, yang berisi Pour Lui berusaha mengurangi berat badannya lewat waralaba fitness, Rizap. Setelah adanya kontroversi skorsing ini, video dari serial DiET or DiE yang diunggah ke channel resmi BiS di youtube semuanya dihapus. Tapi masih ada beberpa episode yang beredar di internet, terutama bagian detail latihan olahraga dan detil diet Pour Lui.

Episode yang dimaksud (sekarang sudah dihapus) berisi Pour Lui menimbang berat badannya untuk mengetahui apakah target berat badannya tercapai. Ternyata targetnya tak tercapai dan sebagai hasilnya Watanabe menskors Pour Lui dari semua aktivitas grup, yang akan membuat Pour Lui melewatkan pertujukkan besar yang akan datang. Pour Lui kemudian menangis dan menutupi wajahnya dengan tangannya sembari staff merekamnya.

Para penggemar merespon video tersebut dengan marah, menulis komen-komen kritis dan memberikan dislike pada video tersebut di YouTube. Watanabe kemudian menulis di Twitter, membela keputusannya tersebut dengan mengatakan dia harus memegang janjinya: music idol sudah sejak lama penuh dengan kontroversi dimana adanya usaha untuk menunjukkan betapa kerasnya para idol “berusaha” untuk para penggemarnya. Menurut Watanabe, serial DiET or DiE mencoba menunjukkan sisi tersebut.

Baca Juga:  Pertukaran pelajar aka member, Sayaya gabung JKT48 dan Stefi masuk AKB48

Para artis dan idol di Jepang yang dirasa melakukan kesalahan sering diminta untuk meminta maaf lewat kamera dan membagikan penderitaan mereka ke para penonton. Salah satu kasus yang paling menonjol adalah kasus anggota AKB48, Minegishi Minami yang membotaki kepalanya dan meminta maaf sambil menangis dalam sebuah video karena tertangkap berpacaran dengan seorang laki-laki.

Yang membuat masalah ini makin problematik adalah status BiS sebagai “idol alternative”, grup idol yang menggunakan gimmick yang tidak mengikuti pakem industri pop di Jepang (meski tetap melakukan aktivitas yang berkaitan dengan dunia peridolan). BiS, dalam bentuk aslinya, banyak melakukan aktivitas yang aneh dan lebih mirip sengaja dibuat-buat seperti itu (lagi, sangat mirip dengan idol pada umumnya). BiS baru ini pun juga melakukan hal-hal aneh tersebut, meski yang mereka lakukan kurang mempunyai nuansa “bawah tanah” yang membuat hal-hal yang dilakukan idol lain terlihat baik. Salah satunya adalah Watanabe memerintahkan anggota BiS untuk makan nasi putih saja dan tidur di dalam mobil sebelum menyuruh mereka ikut lari maraton 100km.

Tapi hal yang dilakukan Watanabe kali ini telah melukai hati para penggemar dan mulai dibahas oleh media mainstream seperti Huffington Post Japan, karena isu soal berat badan. Idol dan diet mereka telah diamati dengan ketat di Jepang (juga di Kpop dan Amerika dan seluruh dunia.)

Bahaya dari mengglorifikasi kejadian ini adalah hal ini bisa membuat orang-orang menjadi terobesi untuk bisa kurus. Situasi yang mirip dengan insiden yang dialami Pour Loui adalah saat Takagi Reni dari Momoiro Clover Z gagal saat menimbang berat badan di muka umum dan beberapa bulan setelahnya banyak yang berspekulasi kalo Takagi mulai mengidap kelainan pola makan. Para penggemar Pour Lui akan mengalami hal yang sama setelah mengalami insiden ini.

Advertisement
Click to comment

Idol Group

Pertukaran pelajar aka member, Sayaya gabung JKT48 dan Stefi masuk AKB48

Published

on

By

GwiGwi.com – Pada acara JakJapan Matsuri 2018 yang juga dilangsungkan untuk mengenang 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, memberi kejutan untuk peminat JKT48. Pada show Minggu (9/9) sore, diberitahukan ada pertukaran jangka pendek antara member JKT48 dan AKB48.

Pengumuman itu dikatakan setelah JKT48 dan AKB48 tampil bareng di atas panggung Music Festival. General Manager AKB48 Group Yokoyama Yui memberitahukan pertukaran pelajar itu. Pengumuman itu dikatakan dalam Bahasa Jepang yang diterjemahkan oleh Kapten Tim Ayana Shahab.

Isi pemberitahuan itu, Kawamoto Saya yang bergabung di AKB48 semenjak 2013 bakal ke JKT48. Sedangkan Stephanie Pricilla Indarto Putri dari Tim J JKT48 bakal ke AKB48. ’’Terhitung semenjak pertengahan September sekitar satu bulan,’’ ujar Ayana Shahab yang menerjemahkan perkataan Yuihan (sapaan Yokoyama Yui).

Lebih lanjut Yuihan menyampaikan, bahwa pertukaran tersebut adalahbagian untuk menyokong persahabatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia. Sayaya (sapaan Kawamoto Saya) mulai bergabung JKT48 semenjak 15 September. Sedangkan Stefi, bergabung ke AKB48 mulai 17 September.

Bagi fans Sayaya di Jepang yang akan mengekor handshake event, tidak boleh khawatir bila dia tidak datang. Sebab, manajemen meyakinkan Sayaya bakal ke Jepang untuk mengekor handshake event. Disebutkan juga, mereka berdua bakal saling mengikuti sekian banyak kegiatan di AKB48 maupun JKT48.

Usai pertunjukan, Sayaya dan Stefi melangsungkan press conference. Keduanya menyatakan sedang mempersiapkan bahasa. Sebab, dua urusan tersebut yang dinilai akan menjadi halangan terbesar. ’’Saya telah belajar Bahasa Jepang semenjak dua bulan lalu. Tapi, tersebut tidak cukup,’’ kata Stefi.

Baca Juga:  Pertukaran pelajar aka member, Sayaya gabung JKT48 dan Stefi masuk AKB48

Sedangkan Sayaya, menyatakan baru menghafal sejumlah lagu JKT48. Kemampuan Bahasa Indonesia pun di bawah rata-rata. Di samping lagu, yang telah dihafalkan dengan keras ialah jikoshoukai atau perkenalan dalam Bahasa Jepang. ’’Belajar Bahasa Indonesia belum banyak. Misalnya perkenalan untuk di stage,’’ terangnya.

Stefi mengungkapkan, proses untuk menilai member yang dikirim ke AKB48 melewati sebuah audisi. Sebelumnya, semua member diminta untuk presentasi mengenai apa yang dapat disumbangkan untuk menyokong 60 tahun persahabatan Jepang-Indonesia. Terutama, dari profesinya sebagai member JKT48.

Dia meyakinkan manajemen bila sudah belajar Bahasa Jepang. Di samping itu, Stefi yang sudah menikmati di seluruh tim JKT48 dinamakan sebagai nilai tambah. Termasuk, lolos jadi senbatsu single Uza. ’’Aku ucapkan prestasi di JKT48. Mulai dari trainee 15 bulan, Tim T 15 bulan, Tim KIII 15 bulan dan kini di Tim J,’’ jelasnya.

Sedangkan di AKB48, Sayaya menuliskan tidak terdapat proses audisi. Dia tidak tahu mengapa yang terpilih untuk ke Jakarta. Namun, Sayaya tidak mempersoalkan itu. Sebab, dia menyatakan pernah ke Jakarta dan suka. ’’Aku akan menyerahkan yang terbaik. Menunjukkan Sayaya yang bekerja keras di sini,’’ tandasnya.

Lantas, apakah pertukaran tersebut membuat Sayaya otomatis menggantikan Stefi di Tim J dan Stefi masuk ke Tim 4 AKB48? Sampai berita ini diturunkan belum terdapat kepastian. Manajemen belum menyatakan apakah otomatis seperti itu. Sebab, belum tahu pun Sayaya bakal berlatih setlist teater apa di JKT48.

Continue Reading

Idol Group

Momoiro Clover Z Rilis Single Digital Tiap Bulan Sampai Desember

Published

on

By

GwiGwi.com – Momoiro Clover Z bakal merilis digital single masing-masing bulan dari bulan Agustus sampai Desember. Video teaser untuk proyek ini sudah diunggah ke YouTube resmi mereka.

Grup ini bakal merilis lagu baru masing-masing bulan untuk persiapan album baru yang diberi judul “MOMOIRO CLOVER Z,” yang bakal diluncurkan pada bulan Mei tahun depan. Dalam teaser tersebut, peminat dapat menyaksikan cuplikan dari konser live mereka ‘Momoiro Clover Z 10th Anniversary Diamond Four -in Momokyo Dome-‘ yang diselenggarakan pada bulan Mei di Tokyo Dome.

Baca Juga:  Pertukaran pelajar aka member, Sayaya gabung JKT48 dan Stefi masuk AKB48

Continue Reading

Idol Group

Honey Popcorn, girlband Yua Mikami sukses gelar Fanmeet ‘Plus Plus’

Published

on

By

GwiGwi.com – Honey Popcorn sukses menyelesaikan pertemuan penggemar pertama mereka. Grup yang disusun dari pemain JAV ini sebelumnya memberitahukan bahwa mereka akan menyelenggarakan fanmeeting cuma-cuma dengan rate umur 19+ di J-Hall di Mapo-gu, Seoul pada 7 Juli. Ini adalah pertama kalinya Honey Popcorn bertemu dengan fans mereka di Korea semenjak debut lewat lagu “Bibidi Babidi Boo” di bulan Maret.

Selama fan meeting, ketiga personel memainkan lagu utama mereka itu, serta lagu “First Kiss”, dan “Pretty Lie” yang pun ada di mini album debut mereka. Mereka pun menyiapkan peragaan kejutan dan bermain game bareng penggemar mereka.

Baca Juga:  Pertukaran pelajar aka member, Sayaya gabung JKT48 dan Stefi masuk AKB48

Setelah acara yang sukses, Honey Popcorn menyatakan, “Kami menunggu untuk bertemu fans kami di Korea. Kami paling senang untuk mengindikasikan apa yang kami siapkan dan pertemuan peminat ini sangat mengasyikkan sehingga kami tidak menyadari waktu sudah berlalu. Berikutnya kami akan mengindikasikan diri yang lebih baik. Kami hendak menghabiskan masa-masa yang mengasyikkan dengan fans kami di Korea lagi. ”

Continue Reading

Trending