Connect with us

Event

Interview Bersama Hiroaki Kato dan Yumi di CLAS:H Bandung

Published

on

GwiGwi.com – Pada acara CLAS:H di Bandung yang berlangsung pada 18 April 2015 lalu, Tim GwiGwi berkesempatan untuk mewawancarai Hiroaki Kato, dan juga Yumi. Hiroaki Kato adalah penyanyi asal Jepang, yang sangat cinta dengan Indonesia. Oleh karena itu, ia-pun seringkali meng-cover lagu asal Indonesia seperti Laskar Pelangi. Berkebalikan dengan Hiroaki, Yumi adalah penyanyi asal Bandung yang menggemari lagu Jepang. Ia-pun sudah debut di Jepang, dan juga merilis Album di Indonesia dan juga Jepang. Penasaran apa tanggapan mereka dengan beda budaya di Jepang dan juga di Indonesia? Yuk, kita lihat balasannya dari pertanyaan yang telah dipersiapkan.

Advertisements
Yumi - Penyanyi asal Indonesia

Yumi – Penyanyi asal Indonesia

Gimana menurut kalian Clas:H Bandung ini?

Hiroaki Kato : Oh, kalo saya sebagai orang Jepang senang sekali akrena banyak orang indonesia mencintai salah satu kebudayaan dari Jepang dan banyak yang cosplaynya bagus-bagus.

Yumi : Bagus  bagus bagus >.< bagus banget,bagus kan?

Hiroaki Kato : Yang bagus yang cosplay atau bahasa Indonesia ku?

Yumi : Dua-duanya

Sempet jadi juri kan tadi buat Anisong Contest,gimana menurut kalian?

Hiroaki Kato : Kalo buat Bandung, levelnya sangat tinggi,standarnya sangat tinggi,semuanya pintar menyanyi,pintar akting juga dan ekspresinya juga cukup bagus dibanding di tempat-tempat lain yang pernah saya ikut jadi juri, jadi Bandung ini memang kota seni juga ya,saya senang sekali bisa lihat performance mereka.

1

Perbedaannya Cosplay di Jepang sama di Bandung apa sih?

Hiroaki Kato : um… mungkin Cosplay di Indonesia lebih akrab dengan masyarakat mungkin ya,kalau di Jepang yang ikut cosplay itu orang yang… apa ya…

Yumi : Otaku?

Hiroaki Kato : Iya Otaku jugadan Spesial juga,tapi kalau di Indonesia… kan kalo di Jepang yang cosplay itu banyak saingannya jadi ada yang kurang akrab juga, tapi kalau di Indonesia satu komunitas itu sangat akrab dan orang-orangnya sepertinya senang saling bertukar cosplay dan pendapat tentang cosplay jadi saya senang yang seperti itu.

Yumi : Kalo ga salah di Jepang itu kalo yang cosplay-cosplay itu kalo yang kerja di perusahaan ga boleh sampe ketauan ya?

Hiroaki Kato : iya iya ada yang seperti itu juga.

Yumi : Kayanya mungkin cosplay di Indonesia itu lebih bebas ya.

Menurut Kalian perbedaan industri musik di Jepang dan Indonesia itu gimana?

Hiroaki Kato : Yang jelas kalau dunia musik, dari segi kualitas tidak begitu berbeda,musisi Indonesia juga banyak yang hebat dan ada World Class singer nya ada banyak juga. Khusus buat Industri Musik,di Jepang CD nya masih laku dan disana ga ada bajakannya, kalau di sini  kan bajakan banyak CD nya ga laku. Itu perbedaannya yang paling besar.

Yumi : Iya sama menurut saya juga gitu.

Buat Yumi nih, perform di Tokyo sama di Jakarta sama aja atau ada bedanya ga sih?

Yumi : Beda sih,beda beda

Hiroaki Kato : Pasti beda

Yumi : Beda soalnya kalau di Jepangnya sendiri, kalau di Jepang kan punya banyak Live House jadi buat Manula sampe yang muda kalau mereka masih pengen bermusik masih  bisa disitu,kalau di Indonesia kan ga ada yang nampung.

2

Buat Kato-san nih gimana sih ceritanya pertama kenal sama Tulus?

Hiroaki Kato : Oh itu, pertamanya kebetulan saya kenala sama dia lewat wartawan yang teman saya. Waktu itu saya nonton konsernya dia dan habis itu saya diajak ke Backstage dan ketemu sama dia. Anehnya disitu saya langsung akrab sama dia dan dua minggu setelahnya kita abreng jalan-jalan ke Jepang.

Ada Project ga sama Tulus?

Hiroaki Kato : Semoga ada ya tahun ini,ini lagi bahas kok aamiin aamiiin!!

Bakal banyak kolaborasi ga nih antara  Industri Musik Jepang dan Indonesia?

Hiroaki Kato : Kalau menurut saya sendiri saya ingin menjadi jembatan antara Indonesia dan Jepang dan saya sebagai musisi dari Jepang saya ingin lebih banyak lagi dan lebih sering lagi bersama artis-artis  Indonesia. Dana ini lagi mau mulai Project,saya lagi bikin lagu dan featuring dengan artis-artis Indonesia.

Baca Juga:  Hype Festival Gelar GOOD VIBRATIONS - Berdonasi sambil nonton Live Streaming DJ keren #DiRumahAja

Yumi : Kalo Yumi sih pinginnya orang-orang Jepang banyak yang tau kebudayaan Indonesia ga cuma Bali aja.

Apa sih yang bisa dipelajari dari musisi Indonesia dari Jepang dan dari Indonesia ke Jepang

Hiroaki Kato : Sebenarnya kalos aya sendiri ya sebagai musisi Jepang saya selalu belajar dari musisi Indonesia. Mereka penampilannya sangat bagus,vokalnya suaranya bakat untuk menciptakan lagunya, saya selalu belajar dari mereka. Saya belajarnya dari Letto awalnya,Kotak,Tulus. Saya akrabnya sama mereka jadi saya belajarnya dari mereka cara bikin musik dan menikmati musiknya.

Yumi : Kalo Yumi kebalikannya hahaha.

Sarannya buat musisi Indonesia?

Yumi : Kerja Keras!

Hiroaki Kato : Iya kerja keras pasti.

Yumi : Jangan pantang menyerah.

Hiroaki Kato : Iya karena kemampuan musisi Indonesia itu sangat tinggi. Menurut saya kalau seperti Tulus itu sudah World Standard. Jadi harus berani,harus kerja keras dan pantang menyerah untuk mewujudkan cita-citanya.

Yumi : If you have a dream, then you have to make it.

Hiroaki Kato : Whoaa kakkoii kakkoii!

Untuk Kato-san sendiri apa sih yang bikin Kato-san tertarik sama Indonesia?

Hiroaki Kato : oooh! Karena ada kalian!

Yumi: ciyeeeeeee

Hiroaki Kato : Awalnya saya diajakin teman belajar bahasa Indonesia waktu itu belum tahu Bali belum tahu Indonesia itu kaya gimana dan pertama kali saya kesini itu Jogja tahun 2006 sampai 2007. Disitu saya mulai tertarik Batikm,Gamelan dan orang Indonesia karena saya punya banyak teman Indonesia yang baik dan…. ga jelas… dan benar,baik dan benar. Jadi awalnya saya tertarik Batik dan Gamelan tapi lama-lama saya tertarik sama orangnya,masyarakatnya. Kalo Yumi?

Yumi : Jepang? Ikemen!

Hiroaki kato : Ikemen kaya gue hahahaha.

3

Kalo buat Kato-san masakan Indonesia favoritnya apa? kalo Yumi masakan Jepang favoritnya apa?

Hiroaki Kato : Oooo masakan Indonesia,kalo Bandung saya suka siomay. Ayam bakar,nasi uduk atau gudeg.

Yumi : Takoyaki! Tako suki!

Buat Yumi nih,gimana perasaannya bisa Perform di Jepang dan gimana antusiasme penontonnya?

Yumi : Perasaannya… beruntung banget ya. Saya ngerasa beruntung,orang Indonesia kan jarang gitu,maksudnya orang  Indonesia asli yang belum pernah itnggal di Jepang ke sana untuk tour kan sesuatu banget,jadi bangga lah. Antusiasmenya juga bagus sih,bagus banget,apalagi banyak Ikemennya xD

Terakhir nih,ada yang mau disampaikan?

Hiraki Kato : Jujur aja sebelum saya datang kesini, satu tahun yang lalu saya baru pindah ke Jakarta dari Tokyo, sebelum itu saya belum tahu kalo acara Jepang-jepangan itu begitu banyak di Indonesia. Jadi komunitas itu hidup kembnali ya mungkin,. Karena tahun 2006 saya waktu di Jogja komunitas Jepangan itu amsih hidup lalu katanya setelah itu sempat diserang deamam Korea dan Jepangan sempat kalah. Tapi perasaan saya akhir-akhir ini komunitas Jepangan itu hidup kembali ya,jadi saya mau mendukung komunitas itu dan saya sangat bangga juga bisa mengisi acara seperti itu.

Yumi : Orang Jepang kan lebih banyakan taunya Bali doang jadi masih kurang terkelna. Jadi Yumi  kesana itu ingin memperluas pengetahuan mereka kalau Indonesia itu ga cuma Bali,masih ada Bandung Jakarta yang makannya enak dan lain-lain.

Hiroaki Kato : Itu salah satu tujuan buat saya juga,mau memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Jepang.

Nah itulah jawaban-jawaban dari mereka. Walau keduanya sebenarnya bertolak belakang, dimana salah satunya adalah orang Jepang yang gemar menyanyikan lagu Indonesia, dan satunya lagi adalah orang Indonesia yang gemar menyanyikan lagu Jepang, mereka-pun dapat memberikan perspektif yang unik terutama untuk perkembangan musik di Indonesia baik itu lagu Indonesia asli, ataupun Anisong.

Sampai jumpa di interview berikutnya!

Freelancer serabutan yang demenannya beragam sampai tidak jelas kemana. Saat ini sedang berkutat sebagai Web Developer sembari mengupdate informasi tentang Gadget Teranyar yang biasanya berada di segmentasi affordable hingga high end flagship. Selain itu juga jadi Youtuber untuk GwiGwi. Kontak: [email protected]

Event

Hype Festival Gelar GOOD VIBRATIONS – Berdonasi sambil nonton Live Streaming DJ keren #DiRumahAja

Published

on

By

GwiGwi.com – Memasuki bulan ke tiga dimasa #WorkFromHome dan #DiRumahAja  pada saat global pandemi ini banyak sekali aktivitas atau kebiasaan dari hampir semua lapisan masyarakat ikut mengalami perubahan yang terjadi, mulai dari cara kita berkerja, cara kita berkegiatan, cara kita berdonasi hingga cara kita menikmati hiburan juga mengalami perubahan.

Advertisements

Kali ini Hype Festival yang merupakan salah satu promoter kenamaan di tanah air bekerjasama dengan Building Culture Movement (BCM) dan didukung oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (KemenparekrafIndonesia bersama-sama akan menggelar acara “GOOD VIBRATIONS”, yang merupakan sebuah festival musik dengan tujuan penggalangan dana, acara ‘live streaming’ pertama yang melibatkan 27 DJ Lokal dan Internasional di Indonesia.

Melalui festival musik amal ini, penonton akan disuguhkan penampilan yang seru dari para DJ ternama yang terlibat, selain itu para penonton juga diajak untuk berdonasi bersama untuk penggalangan dana (fundraising) melalui akun resmi kitabisa.com/bcmbergerak.

Seluruh donasi yang terkumpul akan dipergunakan untuk membantu para pekerja yang terdampak COVID-19 seperti para pekerja industi kreatif, pekerja seni, pekerja industri pariwisata, pekerja perhotelan, pekerja restoran, pekerja paruh waktu dan pekerja informal lainnya yang kesulitan memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari maupun kebutuhan kesehatan yang krusial.

Acara festival musik “GOOD VIBRATIONS” akan diselenggarakan secara ‘live streaming’  dari HYPE CHAMBER dan dapat disaksikan mulai tanggal 5 – 7 Juni 2020  (Jumat – Minggu) dan 12 – 14 Juni 2020 (Jumat – Minggu) melalui kanal Youtube dan Twitch (twitch.tv), informasi mengenai jadwal acara atau set times akan beritahukan lebih lanjut melalui laman resmi akun Instagram @hypefestivalid dan situs resmi www.letsgethype.asia

Baca Juga:  Seiyuu Megumi Ogata Gelar Siaran Konser Anisong Langsung Melalui Youtube Pada 6 Juni

Acara ini akan dimeriahkan oleh DJ Internasional seperti Andrew Rayel, Avao, Blinders, Christina Novelli, Firebeatz, Futuristic Polar Bears, Jerome Isma-Ae, Khomha, Myom, Sam Feldt, dan DJ Lokal Heroes seperti  Apsara, Dipha Barus, Hogi (Future10), House Cartel, Indra7, Irene Agustine, Kana & Mayo (Tripo 3000), LTN, Patricia Schuldtz, Pixiee, P.Joana, Redy, Six Pratama, Stan, W.W dan Yasmin.

Informasi lengkap mengenai acara GOOD VIBRATIONS:

Tajuk acara                  : GOOD VIBRATIONS
Tanggal acara              : 5 – 7 Juni 2020 (Jumat – Minggu)
  12 – 14 Juni 2020 (Jumat – Minggu)
  Mulai dari Jam 20.30 WIB
Tempat Acara              : Streaming at HYPE CHAMBEr
Kanal acara                  : Hype Festival YouTube Channel & Twitch Official Channel (twitch.tv)
Dipromotori oleh        : Hype Festival
Bekerjasama dengan  : Building Culture Movement (BCM)
   Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
Laman Instagram         : @hypefestivalid
Tagar resmi acara         : #goodVIBRATIONS #partyinpositivity  #letsgethype #bcmbergerak #bersamajagaindonesia #thoughtfulindonesia

Continue Reading

Event

Crunchyroll Expo 2020 Dibatalkan!

Published

on

GwiGwi.com – Berita sedih untuk semua orang yang menantikan Crunchyroll Expo. Acara fisik telah dibatalkan untuk memberikan penekanan pada kesehatan dan keselamatan penggemar, peserta, peserta pameran, tamu, dan anggota staf.

Advertisements

Keputusan akhirnya dibuat karena sifat tak terduga dari virus COVID-19, dan mereka yang membeli kamar hotel seharusnya sudah menerima email tentang pembatalan dan pengembalian uang pemesanan.

Rincian tambahan mengenai transfer tiket dan proses pengembalian dana akan tersedia di Situs web CRX akhir minggu ini. Peserta pameran Crunchyroll Expo harus mendengar langsung dari tim minggu ini, tetapi jangan ragu untuk menghubungi kontak CRX reguler Anda untuk membahas langkah selanjutnya.

Baca Juga:  Aniplex Inc. menggelar Aniplex Online Fest pada 4-5 Juli

Meskipun ini mengecewakan, kabar baiknya adalah sekarang kita miliki Crunchyroll Expo 2021. Tanggal telah ditetapkan untuk 6-8 Agustus 2021 di San Jose Convention Center, jadi tetap ikuti perkembangannya, dan tetap aman di luar sana!

Crunchyroll

Continue Reading

Event

Aniplex Inc. menggelar Aniplex Online Fest pada 4-5 Juli

Published

on

GwiGwi.com – Aniplex of America mengumumkan pada hari Kamis Aniplex Inc. akan menyelenggarakan bahasa Inggris “Aniplex Acara Online Fest “pada 4-5 Juli. Acara ini akan gratis untuk dihadiri dan akan ditayangkan Youtube.

Advertisements

Versi Cina dari festival virtual ini akan mengalir di bilibili.

Sally Amaki, anggota grup idola Jepang 22/7 (Nanabun no Nijūni), akan menjadi pembawa acara (MC) versi bahasa Inggris dari “Aniplex Fest Online.” Festival ini akan menandai debut Amaki sebagai pembawa acara di sebuah acara.

Situs webAniplex Fest Online ” menjelaskan acara:

Festival ini akan menampilkan beragam konten online termasuk acara bincang-bincang dengan staf dan pemeran dari anime populer, penampilan khusus dan pertunjukan langsung masa lalu dari artis musik, dan cerita di balik layar dari industri anime!

Acara ini akan menampilkan panel yang terdiri dari staf dan anggota pemeran dari banyak Pertunjukan dan permainan Aniplex. Tamu musik akan membuat penampilan khusus, dengan acara yang menyiarkan banyak pertunjukan live sebelumnya. Para artis dan band yang dipastikan akan berpartisipasi dalam acara tersebut adalah 22/7 (Nanabun no Nijūni), ASCA, ClariS, Eir Aoi, halca, Mashiro Ayano, ReoNa, TrySail, dan LiSA.

Funimation pada tanggal 4 Mei mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan konvensi anime virtual bernama the Funimation Con 2020 pada 3-4 Juli. Perusahaan menggambarkan acara tersebut sebagai “Aliran dua hari dari cosplay rapat, panel industri, sesi tanya jawab, dan banyak lagi. ”

Baca Juga:  PK Entertainment Mempersembahkan Indonesia Online Fest 2020 Festival Daring Terbesar Di Indonesia 15-17 Mei 2020

Anime Expo 2020, setelah pembatalannya pada bulan April, mengumumkan bahwa “Anime Expo Lite” akan berlangsung pada 3-4 Juli. Pada tanggal 27 Mei, staf acara mengungkapkan acara tersebut sebagai live streaming virtual.

Sumber: ANN

Continue Reading

Trending