Connect with us

Cosplay

GwiCosMo #CSF18: SiuTao, Enjoy cosplay dan percaya diri!!

Published

on

GwiGwi.com – Pada Creator Super Fest 2018, GwiGwi dan beberapa Media lain berkesempatan untuk mengobrol dengan SiuTao, cosplayer cantik dari Hong Kong, berikut perbincangannya.

 Apa yang membuat SiuTao tertarik untuk terjun menjadi cosplayer pada pertama kalinya?
Awalnya saya memang suka menggambar manga, lalu ada teman saya yang mengajak saya untuk mencoba cosplay, sejak saat itu saya jadi suka dengan cosplay.

 Apakah cosplay menjadi pekerjaan bagi Anda?
Cosplay bukan pekerjaan utama saya, saya ada pekerjaan lain, cosplay hanya sebagai hobby.

Apa yang anda sukai dari bercosplay?
Seringkali saya cosplay untuk melampiaskan lelah saya di pekerjaan saya, dengan cosplay saya dapat menjadi tokoh kesukaan saya, dengan cosplay juga saya bisa bertemu banyak orang di even-event.

 Sudah berapa lama menjadi cosplayer?
Kira-kira sudah 14 tahun, berarti sudah sejak tahun 2004.

 Berapa kira-kira jumlah tokoh karakter yang sudah pernah dicosplaykan?
Kira-kira 80 karakter.

 Apa 3 karakter yang paling disukai yang pernah dicosplaykan oleh SiuTao?
Rem dari anime Re:Zero, Kaga dari anime Kancolle dan Sendai dari anime Kancolle

Sekarang sedang cosplay tokoh apa? dan kenapa?
Kaguya Luna!! Seorang Vtuber, saya memilih kostum ini karena kaguya luna itu cute sekali dan kaguya luna itu selalu gembira jadi saya suka.

 Apakah pernah crossdress dan sebagai tokoh apa?
Saya pernah beberapa kali crossdress, salah satunya Deku dari anime My Hero Academia.

Apa yang menjadi pertimbangan untuk memilih tokoh karakter yang akan dicosplaykan?
Pointnya sih pertama saya suka karakter tersebut dan karakter tersebut “bisa”dicosplaykan oleh saya, jadi kalau sepertinya karakter itu tidak cocok dengan saya dan hasilnya nanti tidak maksimal, maka tidak akan saya cosplaykan. Sepertinya tidak mungkin saya menjadi karakter cosplay yang ganteng-ganteng seperti yang sering dicosplaykan oleh Hakken Ryou

 Apakah karakter yang dicosplaykan berpengaruh ke diri SiuTao sendiri?
Menurut saya “Bercosplay” adalah menjadi karakter tersebut, jadi kalau kebetulan sifat kamu dengan karakter yang kamu pilih untuk cosplay sama, itu bagus. Kalau tidak sama menurut saya sebaiknya kamu harus berusaha untuk menjadi si karakter itu.

 Apa hal tersusah dalam bercosplay? Make up? Membuat kostumnya? atau saat membuat sketsa kostumnya?
Paling sulit itu kostumnya, terutama saat membuat polanya dan memilih bahan untuk kostumnya.

 Adakah suka dan duka selama cosplay?
Sebetulnya tidak banyak pengalaman buruk selama saya cosplay, namun salah satunya yang sering membuat saya sedih adalah saat group photo session ada beberapa teman yang tidak jadi datang.

 Apakah kamu mendukung cosplay sebagai pekerjaan utama? Misalnya orang lain menjadikan cosplay sebagai pekerjaan utama?
Selama anda suka dengan cosplay dan penghasilan dari pekerjaan cosplay cukup bagi anda saya rasa itu bagus. Namun bagi saya sendiri di Hongkong penghasilan dari cosplay saja tidak cukup, harus menjadi seorang cosplayer yang terkenal sekali baru bisa mendapat penghasilan yang cukup dari cosplay.

Adakah tips atau saran untuk teman-teman yang ingin bercosplay?
Enjoy cosplay dan percaya diri!! Jangan terlalu memikirkan bagaimana menjadi terkenal.

 Bagaimana kesan anda selama di Indonesia?
Untuk Jakarta sendiri ini pertama kali saya datang, sebelumnya saya pernah datang ke event di Bandung, yang saya rasakan orang Indonesia itu ramah dan lucu-lucu, funny!!

 Bagaimana tanggapan SiuTao mengenai fans di Indonesia?
Kalau melihat facebook saya banyak sekali fans Indonesia yang komen di Facebook saya, komen mereka semuanya ramah-ramah.

 Ada pesan untuk fans SiuTao di Indonesia?
Kalau bukan karena kalian semua Siutao bukan Siutao sekarang ini, terima kasih!!

Demikian wawancara kami dengan SiuTao, untuk yang penasaran dengan SiuTao jangan lupa untuk like Facebook dan follow Instagram SiuTao.

Facebook SiuTao
Instagram SiuTao

Cosplay

#C3AFAJKT2018 Clarissa Punipun: “Fans Indonesia Memang Spesial!”

Published

on

GwiGwi.com ー Cosplayer asal Indonesia, Clarissa Punipun, akan kembali ikut meramaikan perhelatan C3 AFA Jakarta tahun ini sebagai guest star. Punipun akan muncul dalam beberapa stage maupun booth di AFA untuk melakukan photo session, cosplay showcase, maupun piano performance. Meski sedikit terhambat dengan kondisi matanya sehingga tidak dapat ber-cosplay menggunakan lensa kontak, ia tetap merasa senang untuk tampil di event ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Beberapa waktu lalu Punipun memang telah mengumumkan di media sosial bahwa dirinya akan cukup lama tidak mengenakan lensa kontak karena alasan kesehatan dan larangan dokter, sehingga ia meminta maaf jika cosplay-nya saat ini tampak kurang akurat.

Punipun sebagai Platelet-chan dari anime “Cells at Work”. Meski sedang dilarang memakai lensa kontak, tetap saja terlihat kawaii ya!

Sebagai cosplayer Indonesia yang telah dikenal di dunia internasional, Puni tidak pernah lupa untuk menyemangati para cosplayer lainnya agar terus berkarya serta memiliki rasa percaya diri. “Kita juga harus fokus pada pengembangan diri daripada mengurusi hal-hal yang tidak penting seperti drama,” ia menambahkan.

Selain menggeluti cosplay maupun musik, Punipun juga sangat suka dengan games. Akhir-akhir ini ia rutin mengadakan live streaming sembari bermain games. Puni mengaku senang dapat berinteraksi dengan followers-nya serta bermain bersama. Ngomong-ngomong soal followers dan fans, bagi seorang Clarissa Punipun bagaimana sih perasaannya terhadap para fans di Indonesia sendiri?

Fans dari Indonesia merupakan fans yang sangat spesial. Kenapa? Karena mereka selalu mendukung karyaku dan berkat mereka aku bisa tumbuh besar,” Puni menjelaskan. Ia juga menyatakan bahwa tidak sedikit fans yang menjadi cukup akrab dengannya seperti seorang teman karena sering sekali berinteraksi.

Nah, buat kalian yang ingin bertemu dengan cosplayer imut yang satu ini, yuk datang ke C3 AFA Jakarta 2018! Berikut adalah jadwal dari Clarissa Punipun selama 3 hari AFA berlangsung.

Terakhir, jangan lupa pula untuk membagikan keseruanmu di AFA bersama Clarissa Punipun dan guest lainnya serta tag sosial media GwiGwi juga ya! See you!

Continue Reading

Cosplay

#C3AFAJKT2018 Baozi dan Hana: “Kami merindukan Indonesia!”

Published

on

GwiGwi.com ー Setelah lama tidak berpartisipasi dalam event-event yang ada di Asia Tenggara, cosplayer asal China, Baozi dan Hana, kembali hadir dalam event C3 AFA Jakarta 2018. Keduanya mengaku senang dan tidak ragu untuk kembali datang ke Indonesia karena merindukan fans mereka di sini. Namun ada sedikit perbedaan, karena Baozi dan Hana tidak hanya datang untuk sekadar menjadi guest star, tetapi mereka juga akan menyelenggarakan sebuah make-up workshop. “Kami harap kali ini kami mampu mengajarkan gaya make-up yang cute untuk semuanya! Banyak tips make-up berguna yang ingin kami bagikan kepada kalian,” jelas Baozi dan Hana.

Berkaitan dengan make-up, Baozi dan Hana pun membagikan beberapa hal menarik mengenai brand make-up mereka, Flower Knows. Kebetulan sekali koleksi terbaru dari Flower Knows yaitu Kingyo Hanabi (Goldfish Fireworks), dirilis bertepatan dengan periode pelaksanaan AFA. Goldfish Fierworks sendiri merupakan seri major mereka yang pertama dalam semester kedua tahun ini. Di dalamnya terdapat palet eyeshadow besar dan juga lipstick tipis. Untuk packaging Goldfish Fireworks, Baozi dan Hana juga tidak segan berkolaborasi dengan seorang ilustrator populer di China sehingga hasilnya terlihat sangat indah.

Salah satu contoh produk dari serial Kingyo Hanabi

Selain itu baik Baozi maupun Hana juga sedang memulai kegiatan baru lain yaitu membuat video di YouTube. Bagi duo cosplayer ini, awalnya cukup sulit untuk mencoba sesuatu yang tidak biasa.

Tetapi memproduksi konten-konten berupa video bertema make-up adalah satu hal yang selalu ingin Hana lakukan, karena itulah mereka terus terdorong untuk membuatnya. “Kami berdua terus berusaha untuk semakin berkembang dalam hal ini. Setiap video harus dipersiapkan matang-matang dengan topik serta produk bagus yang ingin dibagikan kepada audiens. Namun hal yang terpenting adalah kami sangat menerima masukan dari semua orang mengenai konten apa yang ingin mereka lihat dari kami.”

Baozi menambahkan bahwa Hana jugalah yang secara general menentukan topik-topik yang akan mereka ulas. Menurutnya Hana memiliki begitu banyak ide mengenai video-video tersebut dan sangat bekerja keras dalam setiap proses produksi. Tidak hanya mengenai make-up, Baozi dan Hana ingin pula mencoba untuk mengunggah video yang cenderung mengarah ke topik lifestyle. Meskipun begitu mereka tetap akan memperbanyak video tutorial mengenai make-up.

Untuk cosplay sendiri, saat ini mereka berdua memiliki rencana untuk meng-cosplaykan karakter-karakter dari animasi China berjudul 魔道祖师 (The Founder of Diabolism). “Serialnya bagus sekali, dan kami pun terkejut karena banyak fans di Facebook yang tertarik untuk melihat cosplay kami dari animasi ini! Harap tunggu kelanjutan progress kami untuk cosplay-nya, ya.”

Terakhir, tidak lupa Baozi dan Hana juga memberikan tips bermanfaat untuk para cosplayer yang ingin menjadi lebih baik.

“Jangan terlalu stres dalam ber-cosplay. Kami telah melakukan hal ini bertahun-tahun tapi selalu ada area yang kami rasa tidak terlalu kami kuasai. Kami harap kaliam semua bisa lebih memfokuskan perhatian pada momen-momen menyenangkan dalam dunia cosplay. Just enjoy and relax!

Continue Reading

Cosplay

Ini dia 6 Cosplayer Tamu Utama yang hadir di C3AFA Jakarta 2018

Published

on

By

GwiGwi.com – Enam cosplayers regional – lokal terfavorit & terpopuler dipastikan akan hadir di gelaran pop culture terbesar se Asia C3AFA Jakarta – 31 August sampai dengan 2 September 2018.

Aza Miyuko dari Korea Selatan, Baozi & Hana dari China, Clarissa Punipun dari Indonesia, Luffly dari Hongkong, Ola Aphrodite dari Indonesia dan Thames Malerose dari Thailand.

Aza Miyuko – South Korea

Aza Miyuko adalah si cantik perwakilan cosplayer dari Korea Selatan. memiliki 380,000 fans di Facebook, Twitter dan Instagram. Cosplay Aza yang paling khas adalah Cosplay Ahri dari LOL dan D.Va dari Overwatch.

Aza tidak hanya membawakan cosplay karakter game, tapi juga beberapa karakter dari berbagai seri animasi. Demi cosplay-nya, ia juga sangat detil tentang implementasi karya aslinya dan kemampuan aktingnya.

Belakangan ini ia berusaha untuk masuk ke area lain seperti broadcasting dan syuting CG, dan juga menjadi topik perbincangan di Youtube.

Official Instagram

Baozi & Hana - China

Baozi
Baozi yang tampan dan karismatik adalah bagian dari duo Baozi & Hana. Mereka telah berhasil mengumpulkan fanbase yang sangat besar di China dan sekarang mulai menarik perhatian fans di seluruh dunia.
Baozi mulai menjadi terkenal setelah menjadi karakter Makoto (dari anime Free!). Baozi menyukai pembuatan prop cosplay dan kadang membuat sendiri properti yang dipakai dengan kostumnya

Official Instagram

Hana
Hana yang lucu dan pemalu adalah bagian dari duo Baozi & Hana. Mereka telah berhasil mengumpulkan fanbase yang sangat besar di China dan sekarang mulai menarik perhatian fans di seluruh dunia. Ia mulai menjadi terkenal setelah menjadi karakter dari Kuroko no Basket. Hana hobi bereksperimen dengan makeup. Ia bisa menciptakan berbagai tampak dengan sekali usapan kuasnya. Ia dan Baozi memulai brand kosmetik mereka sendiri, Flower Knows

Official Instagram

Clarissa Punipun – Indonesia

Clarissa Punipun adalah cosplayer, gamer dan Anisong enthusiast dari Jakarta. Ia memulai bercosplay dan membuat prop sejak 2006, membuatnya menjadi salah satu figur paling dikenal di dunia cosplay. Ia juga suka membawa karakternya ke dunia nyata via karakter cosplay nya dan memainkan lagu anisong favoritnya di cover piano/drum/cello.

Melalui cosplay dan musik, ia telah diundang ke berbagai event di Asia seperti Jepang, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan berbagai tempat di Indonesia

Punipun menjadi Official Cosplayer untuk re:ON comics di tahun 2015 dan menjadi perwakilan Indonesia untuk Kurate Gakuen Moe Ambassador di Fukuoka di tahun 2017. Tidak hanya di dunia cosplay, ia juga dikenal sebagai Brand Ambassador di Asus Republic of Gamer di tahun 2018. Punipun bercita-cita untuk membawa angin segar untuk komunitas melalui bakat (dan pipi bulatnya!)

Official Instagram

Luffy – Hong Kong

Cosplayer dari Hongkong yang multitalenta , Luffy sangat populer dan mendapatkan atensi fansnya di Honoka Series dan Love Live! School Idol Project.

Selain menyukai memiliki hobi dance dan performer, Luffly adalah bagian dari V-Project Group dan menyukai dance performance dalam karakter cosplay!.
C3AFAJKT adalah kali pertamakanya Luffly hadir di Indonesia.

Official Instagram

Ola Aphrodite – Indonesia

Cosplayer muda dan berbakat dari tanah air. Ola Aphrodite telah memulai karirnya sejak umur 5 tahun. Ketertarikannya di bidang tarik suara (ya, cosplayer ini bisa menyanyi!) membuat Ola bergabung dengan Idol Group – Shojo Complex di 2016.

Ola Aphrodite telah lulus sekolah dan fokus sebagai cosplayer sejak tahun 2013, dia telah diundang sebagai Guest Cosplayer serta penari di berbagai negara Asia sejak 2016, seperti: Thailand, Singapura, Ho Chi Minh (Vietnam), Hanoi (Vietnam), Sabah (Malaysia), Kuala Lumpur (Malaysia), Cosplay Mania (Phiiliphines) & Winter Comiket 2017 di Japan.

Official Instagram

Thames Malerose – Thailand

Cosplayer serba bias asal Bangkok, Thailand, Thames Malerose selain memiliki hobi utama sebagai cosplayer ini – menekuni kesibukannya sebagai model, designer, music komposer and actor. Tergabung dalam  group band rock Thailand – Malerose.

Thames Malerose sangat teliti saat membuat kostum dan propnya. Dikenal dengan sebutan – Bintang baru di Asia, Thames Malerose sudah diundang ke berbagai acara di berbagai negara dan bekerja dengan berbagai perusahaan sebagai cosplayer untuk mempromosikan brand mereka.

Official Instagram

Continue Reading

Trending