Connect with us

News

Begini Cara Orang Jepang merayakan hari Valentine

Published

on

GwiGwi.com – Hmm kalian sudah punya rencana apa di hari Valentine? ini sudah masuk minggu valentine yang katanya minggu yang paling membahagikan. Bagaimana cara kamu merayakan valentine? pasti punya cara atau ritual masing-masing kali ya untuk merayakan hari valentine. Nah, kali ini gwimin mau share tentang bagaimana orang Jepang merayakan hari valentine.

Kebudayaan merayakan hari Valentine pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1957 oleh seorang eksekutif dari perusahaan Mary Chocolate. Dia percaya bahwa hari Valentine merupakan hari dimana para wanita memberikan cokelat kepada para pria. Perusahaan tersebut memulai penjualan yang agresif pada tahun 1958, promosi berjalan sukses dan semakin dikenal oleh orang Jepang hingga menjadi budaya yang populer di Jepang.

Di Jepang, pada umumnya hari dimana para wanita memberikan hadiah, yang biasanya cokelat kepada para pria. Kalau lihat di anime-anime atau drama-drama Jepang umumnya wanita Jepang itu pemalu untuk menyatakan cintanya. Nah justru di momen Valentine inilah dimanfaatkan sang wanita sebagai kesempatan baik untuk menyatakan perasaan mereka. Para wanita Jepang akan dengan semangat membuat cokelat buatan mereka sendiri dengan sekreatif dan seenak mungkin untuk diberikan kepada pria yang mereka cintai. Tentu saja, momen ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan cokelat, toko roti dan toko cemilan untuk membuat cokelat unik bahkan cokelat yang bisa dikostumisasi oleh sang pembeli, hal ini terbukti sukses, karena saat ini banyak wanita yang tidak banyak waktu untuk membuat cokelat.

Advertisements

Bagaimana? keren bukan, pasti banyak diantara kamu yang ingin diberikan cokelat oleh wanita Jepang bukan!! Ada istilah yang disebut Giri-choko atau kewajiban cokelat, maksudnya disini para wanita wajib memberikan cokelat kepada pria tanpa harus ada perasaan mencintai. Nah untuk yang namanya memberikan cokelat kepada pria yang mereka sayangi sebutannya Honmei-choko. Kembali ke Giri-choko, pria yang dimaksud disini seperti, kolega, rekan kerja, teman pria yang hanya dalam hal ini berteman saja. Sebenarnya konsep seperti ini biasa ditemui sehari-hari, karena di Jepang sendiri budaya saling memberi sering dilakukan. Ketika seseorang membantu kamu, kamu juga wajib untuk memberikan bantuan dikemudian hari kepada orang tersebut. Khusus untuk sahabat atau teman dekat biasanya ada juga sebutannya Tomo-choko, sesuai namanya teman cokelat.

Baca Juga:  Game "Captain Tsubasa: Rise of New Champions" Rilis Trailer Peluncuran

Honmei-choko yang saya sebutkan sebelumnya, biasa berupa cokelat yang spesial. Kenapa spesial? karena cokelat ini dibuat sendiri oleh sang wanita dengan sepenuh hati. Tabu untuk memberikan cokelat yang dibeli jadi ditoko-toko. Kepada orang spesial, cokelat spesial juga yang harus diberikan. Mau nantinya rasanya enak atau tidak enak, yang terpenting adalah perasaan yang wanita curahkan dalam bentuk cokelat tersebut. Sang pria juga harus menghargai pemberian cokelat tersebut.

Nah sekarang bagaimana dengan sang pria? kalau Valentine di Jepang hari dimana sang wanita memberi cokelat, kalau sang pria mau memberi cokelat ada hari lain. Di Jepang disebut hari Putih atau White Day, tepat sebulan setelah hari Valentine yaitu 14 Maret. Pada White Day, pria wajib memberikan hadiah kembali kepada wanita yang telah memberikan mereka hadiah pada hari Valentine. Sama dengan namanya, cokelat yang umumnya diberikan ialah cokelat berwarna putih. Selain cokelat, biasanya bunga dan permen atau hadiah lainnya juga diberikan. Baik hari Valentine dan White Day, sama dirayakan di Jepang, suasananya begitu terasa di pusat perbelanjaan. White Day ini juga dirayakan di Korea, China dan Taiwan.

source about, japantravelinfo, japanful, gambar dari google

Advertisements

Japan

Krispy Kreme Dougnuts Jepang Hadirkan Donat Halloween

Published

on

GwiGwi.com – Halloween tiba di Krispy Kreme Dougnuts di Jepang pada tanggal 16 September dengan koleksi donat bertema “monster HARVEST”. Tersedia hingga 1 November, lineup seram ini menggabungkan pilihan rasa musim gugur Jepang seperti labu dan ubi ungu.

Koleksi donat ada di sini untuk menempatkan kita dalam semangat Halloween yang menyenangkan dan lebih awal. Donat jack-o'-lantern Krispy Kreme Jepang yang populer kembali tahun ini, begitu pula donat kucing hitam baru yang pertama kali tiba tahun lalu. Rasa ubi ungu yang benar-benar baru juga diperkenalkan ke menu pada 1 September.

Puding Labu Jack-o'-lantern | ¥ 240 (Sebelum Pajak)

Advertisements

Donat jack-o'-lantern dibuat semakin nikmat untuk Halloween 2020 dengan menggunakan labu dari Hokkaido dan mengisinya dengan puding lembut ala Jepang.

Baca Juga:  Yuk Berkenalan Dengan Produk Apple Baru Ini di Apple Event September!

Black Cat Caramel | ¥ 250 (Sebelum Pajak)

Seekor kucing hitam yang dibuat dengan mata cokelat putih besar dan wajah cokelat hitam dengan potongan almond renyah dan diisi dengan krim karamel.

Muchimochi Ubi Jalar Ungu Mont Blanc | ¥ 240 (Sebelum Pajak)

Donat ubi ungu yang gurih, kenyal, dan panas ini dibuat dengan irisan ubi jalar dan dilapisi gula halus. Disajikan panas yang membuat rasanya semakin kuat.

Halloween Dozen (12 Donat) | ¥ 2.000 (Sebelum Pajak)

Edisi Paket Halloween tidak hanya berisi dua donat dari masing-masing diatas, tetapi juga donat “Taburan Cokelat” dan “Original Glazed®” Krispy Kreme yang populer.

Kotak Mini Halloween (20 Donat) | ¥ 2.000 (Sebelum Pajak)

Ada juga kotak warna-warni berisi 20 donat versi mini.

MoshiMoshi

Advertisements
Continue Reading

Japan

Starbucks Jepang Memperkenalkan “Candied Sweet Potato Frappuccino”

Published

on

GwiGwi.com – Starbucks Coffee Jepang telah mengungkapkan minuman kedua dalam rangkaian minuman Artful Autumn @ Starbucks®. “Candied Sweet Potato Frappuccino®” akan dirilis di cabang Starbucks di Jepang pada tanggal 23 September 2020.

Candied Sweet Potato Frappuccino® Ubi Jalar | Ukuran Tall Saja – ¥ 590

Setiap minuman dibuat menggunakan cincang utuh dan campuran daigaku imo manisan ubi jalar Jepang untuk menyajikan cita rasa musim gugur itu, dengan warna emas marmernya yang juga mengingatkan pada daun musim gugur. Di atasnya diberi krim kocok, biji wijen hitam, dan sirup ubi.

Advertisements
Baca Juga:  Game "Captain Tsubasa: Rise of New Champions" Rilis Trailer Peluncuran

Benar-benar minuman pencuci mulut yang sempurna untuk diminum saat musim berganti.

 

MoshiMoshi

Advertisements
Continue Reading

News

Promosi Spesial realme Indonesia Buat Pelajar! Beli realme 7, realme 7i Murah!

Published

on

By

GwiGwi.com – realme membawa sebuah promosi menarik buat kalian para pelajar. Pada acara launching realme 7 dan realme 7i, realme memberikan promosi yang cukup menarik buat kalian para pelajar, yang membutuhkan smartphone untuk mendukung School from Home yang semakin digalakan, terutama dengan kondisi Jakarta yang kembali memasuki masa PSBB. Nah apa sih Promonya?

Promo yang diberikan oleh oleh realme kali ini adalah untuk kalian, pelajar yang masih dalam jenjang pendidikan, mulai dari SD, sampai dengan Kuliah, kalian bisa mendapatkan potongan 200 ribu rupiah, untuk pembelian realme 7 atau realme 7i kalian. Bagaimana cara mendapatkan potongannya ini? Berikut adalah caranya:

  1. Foto diri kalian bersama dengan kartu pelajar kalian yang masih aktif.
  2. Mengirimkan email ke [email protected]
  3. Melalui Email itu nantinya kalian akan mendapatkan voucher/coupon yang bisa kalian gunakan untuk pembelian realme 7 Series kalian melalui website realme.com
  4. Jika sudah, tinggal lakukan pembayaran dan tunggu smartphone terbaru kalian sampai di tempat kalian, dan langsung enjoy smartphone kalian untuk pembelajaran jarak jauh, dan kalau sudah selesai, kalian juga bisa melakukan hal kece di smartphone realme 7 dan realme 7i seperti main game, menikmati konten multimedia, dan juga membuat konten kreatif dengan kamera 64MP Power Masternya!
Baca Juga:  Yuk Berkenalan Dengan Produk Apple Baru Ini di Apple Event September!

 

Jadi jangan sampai kelewatan promo ini yah Gwiples! Terutama buat kalian yang masih belajar, dan butuh smartphone untuk pembelajaran jarak jauh kalian!

Advertisements

Baca Juga: Bersiap Flash Sale Realme 7i Pada 18 September! Ini Bocoran Harganya!

Advertisements
Continue Reading

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending