Connect with us

Gaming

[World Of Gaming Djogja Battle Royale] Seluk beluk ESPORTS serta perkembangannya di Indonesia

Published

on

GwiGwi.com – ESPORTS adalah sebuah fenomena yang sedang ‘happening' di era globalisasi modern saat ini. Jika kita dulu mengenal pertandingan game hanyalah sebuah pertandingan yang FUN dan hanya untuk keisengan atau mengisi waktu luang, namun setelah adanya istilah ESPORTS, sekarang bermain game saja sudah bisa menjadi sebuah pekerjaan dan menghasilkan uang.

Maaf Anda Melihat Iklan

ESPORTS sendiri adalah sebuah kepanjangan dari Electronic SPORTS dimana jenis jenis sports atau olahraga yang dijadikan sebuah basic pertandingan adalah sebuah game. Hal ini pun langsung menjadi suatu hal yang trending dipara kalangan gamers dan kawula muda.

Namun masih banyak yang terlena akan persepsi dan cara pandang akan ESPORTS yang salah oleh para Gamers, perlu adanya edukasi dan sosialisasi lebih lanjut akan hal ini agar tidak salah mengambil keputusan jika ingin berkecimpung atau terlibat dalam ESPORTS.

Filosofi ESPORTS, salah satu dari bagian acara di World Of Gaming Djogja Battle Royale yang diselenggarakan pada tanggal 16 dan 17 September 2017 tersebut memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada lebih dari 200 mahasiswa dan pelajar di kota Yogyakarta. Dengan dipandu oleh Host yaitu Gerry Eka dan Nona Berlian, dan narasumber yang beragam seperti Sarah ‘Viloid' Olivia, ESPORTS Influencer dan juga Gisma ‘Melon' Priayudha seorang Shoutcaster nomor 1 di Indonesia, serta Dedy Irvan selaku CEO dan juga Founder dari website Jagatreview.com

Seminar diawali dengan talkshow bersama Melon. Disana dia bercerita tentang awal dirinya yang menjadi sebuah Caster atau Komentator saat masih berprofesi menjadi Operator Warnet. Dan dia juga bercerita bagaimana perkembangan ESPORTS di Indonesia terutama ditempat dia tinggal yaitu di Malang.

“Dulu belum banyak orang yang tahu soal caster ataupun komentator. Ngecast juga dulu ga dibayar dan susah nyari spotnya. Tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu mulai berkembang dari jalan bareng banyak studio broadcasting. Dan sekarang pun bisa dipercaya memiliki Broadcasting Studio sendiri dengan nama MoobaTV.”
– Gisma ‘Melon' Priayudha

Lalu berlanjut ke narasumber wanita satu satunya dan yang paling muda yaitu Sarah Viloid. Disana dia bercerita tentang pengalamannya selama menjadi influencer dan tanggapan dari orang orang terdekatnya seperti sekolah dan lingkungan rumah tentang karirnya di dunia ESPORTS.

Baca Juga:  Demo COGEN: Sword of Rewind ‘Special Mission’ sekarang tersedia untuk Xbox Series, PS4, Xbox One, dan PC

“Dulu sebelum punya PC sendiri biasanya main game itu mesti pergi ke Warnet. Mama sama Papa ga pernah ngelarang aku buat main ke Warnet dengan catatan bahwa tugas sekolah sudah harus selesai dan nilai tidak boleh jelek. Dan sampai sekarang pun setelah punya PC sendiri juga gpp main lama lama, asal bisa bertanggung jawab. Dan malah Mama selalu dukung untuk karirku di ESPORTS karena ini merupakan aktivitas yang positif menurut dia.”
– Sarah ‘Viloid' Olivia

Yang terakhir namun salah satu yang terbaik yaitu Dedy Irvan, salah satu tech reviewer terkemuka di Indonesia. Beliau lebih banyak bercerita tentang pentingnya penggunaan Hardware dan Peripheral bagi para atlit ESPORTS. Dan memaparkan detail serta studi kasusnya.

“Banyak pemain game sekarang beranggapan bahwa untuk menjadi Atlit ESPORTS itu tidak perlu memiliki Gaming Gear untuk bermain. Ini adalah sebuah mindset yang salah. Gaming Gear atau Hardware yang sesuai dengan karakteristik masing masing player dapat menunjang performa dari sang player tersebut. Semakin tinggi performa sang player maka semakin tinggi juga kesempatan untuk pemain itu memenangkan pertandingan. Inilah yang kadang gagal dilihat oleh para teman teman yang baru ingin memasuki dunia ESPORTS, mereka sering kali menganggap hal ini hanyalah sebuah menjadi kebutuhan sekunder. Padahal ini adalah kebutuhan Primer yang diperlukan untuk setiap atlit ESPORTS untuk sukses disetiap pertandingan dan kompetisi.”
– Dedy Irvan, CEO and Founder Jagatreview.com

Selain talkshow yang dipandu oleh Host, para peserta seminar juga berkesempatan untuk bertanya langsung ke mereka mengenai banyak hal tentang ESPORTS terutama di Indonesia. Salah satu dari bagian acara World Of Gaming Djogja Battle Royale ini berhasil mendapatkan banyak respond Positif dari banyak kalangan mulai dari Player, Pengunjung dan bahkan Mahasiswa Kampus serta Pelajar yang ada di kota Yogyakarta. Dengan adanya hal ini, semoga edukasi dan sosialisasi tentang ESPORTS Indonesia semakin luas dan merata ke seluruh Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mobile Gaming

Sambut Kolaborasi PUBG Mobile x Gundala

Published

on

By

GwiGwi.com – PUBG Mobile membuat sebuah terobosan terbaru yaitu berkolaborasi dengan Bumilangit Entertainment yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang entertainment berbasis IP karakter superhero terbesar di Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

Dengan mengusung tema Pahlawan Tanah Air, PUBG Mobile x Gundala menjadi sebuah kolaborasi apik yang dihadirkan demi memenuhi keinginan para komunitas dan para fans untuk memeriahkan semarak kampanye Indo Pride.

“Berkolaborasi merupakan salah satu bentuk terobosan kami untuk membuat PUBG Mobile selalu diminati oleh para fans serta komunitas yang ada di Indonesia.” kata Jenny Zhuang, Country Manager PUBG Mobile Indonesia.
Ia juga menambahkan bahwa dengan berkolaborasi bersama Gundala merupakan langkah yang tepat untuk membawa pop culture di ranah internasional.

“Dengan adanya kolaborasi ini, menunjukkan bahwa PUBG Mobile selalu membuka peluang untuk berkolaborasi dengan industri lainnya.”
Keberhasilan Gundala industri budaya pop tanah air dan kesuksesan PUBG Mobile dalam mengembangkan industri game mobile akan menghasilkan kolaborasi menarik didalam gim PUBG Mobile, mulai dari In-Game Item hingga projek kolaborasi konten video digital.

Selain itu, aktor ternama yang memerankan Gundala, Abimana Aryasatya juga mengatakan, “Sebuah kebanggaan bagi saya sebagai pemeran Gundala, karena dipilihnya Gundala untuk berkolaborasi dengan industri game mobile dan menjadi sebuah kebanggan bagi saya juga menjadi salah satu kolaborator pertama lokal yang bekerjasama dengan di industri ini bersama PUBG Mobile.”

Baca Juga:  Game 'Jump Force' Akan Tutup Layanan Online dan Penjualan Digital

“Kolaborasi ini diharapkan memberi dampak yang positif bagi komunitas, fans, maupun penonton setia Gundala dan juga untuk membuat kita semakin kreatif dalam berkarya!” ujar Abimana Aryasatya.

Dengan adanya kolaborasi ini menunjukkan bahwa PUBG Mobile terus melakukan sebuah terobosan baru untuk bisa memberikan yang terbaik kepada para fans dan juga komunitas, memberikan  dukungan  terhadap  industri pop culture tanah  air, dan juga menandakan bahwasa PUBG Mobile sangat terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai industri di tanah air kedepannya.

“Kami selaku perusahaan pemilik IP dari Gundala sangatlah bangga akan akan kolaborasi ini, terlebih Gundala akan menjadi karakter superhero pertama di Asia Tenggara yang akan hadir di PUBG Mobile. Kolaborasi ini kami harapkan dapat menjadi sebuah jalan baru bagi kami para pelaku industri kreatif nasionall untuk tetap semangat dalam berkarya karena karakter nasional juga bisa berkompetisi di dunia internasional.” Bismarka Kurniawan, CEO dan Founder Bumilangit Entertainment.

Bumilangit juga mengharapkan kolaborasi ini akan meningkatkan kecintaan kepada karakter IP nasional sebagai bagian dari pengembangan industri kreatif di Indonesia. Industri kreatif mempunyai peranan penting dalam pembangunan ekonomi dan dapat menjadi salah satu kekuatan ekspor nasional.

Kolaborasi PUBG Mobile X Gundala akan dimulai pada tanggal 3 Desember 2021 serentak di dalam game PUBG Mobile.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Rayakan 20 Tahun Utawarerumono Dengan Game ‘Monochrome Moebius’

Published

on

GwiGwi.com – AQUAPLUS ungkap sedang menggarap game baru berjudul Monochrome Moebius: Toki no Taika untuk merayakan ulang tahun ke-20 dari franchise Utawarerumono. Game ini rencannya akan diluncurkan tahun depan. Belum diungkap platform mana yang akan dibuat.

Penulis kepala waralaba Utawarerumono, Suga Munemitsu dikreditkan untuk konsep dan skrip asli game. Ilustrator mi mendesain karakternya. Desainer karakter Tatsuki Amazuyu dan Misato Mitsumi dikreditkan untuk desain karakter asli. Komposer AQUAPLUS, Naoya Shimokawa sedang menggubah musiknya.

Maaf Anda Melihat Iklan

AQUAPLUS merilis game Utawarerumono asli pada tahun 2002 untuk PC. Game ini menginspirasi serial anime televisi 2006 dan serial anime video asli 2009.

Baca Juga:  Dukung Pertumbuhan Esports di Level Komunitas, UniPin Cari Partner Resmi untuk Bergabung dengan UNITY Tribes

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Game horor survival open world ‘Wronged Us’ diumumkan untuk konsol dan PC

Published

on

GwiGwi.com – Delusional Studio telah mengumumkan Wronged Us, sebuah game horor survival dunia terbuka yang direncanakan untuk dirilis di konsol dan PC. Direncanakan untuk rilis pada tahun 2023. Konsol khusus tidak diumumkan.

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Deskripsi game oleh Delusional Studios:

Game open world horor bertahan hidup orang ketiga.

Wronged Us adalah game berbasis cerita sinematik yang berlatar di kota kecil. Pemain akan menjelajahi kota yang terperinci dan ditinggalkan, menghadapi kengerian psikologis, memecahkan teka-teki, dan melawan monster di sepanjang jalan. Pemain akan bebas menjelajahi berbagai bagian kota dan berinteraksi dengan berbagai NPC.

Baca Juga:  Prediksi Pemenang PMPL SEA Championship S4 Menurut Bangpen, Bro Pasta, dan Windy Amalia Bareng realme GT Neo2

Menurut situs resmi Delusional Studio, Wronged Us “masih sangat awal dalam pengembangan.” Telah bekerja sebagai proyek pengembangan solo selama satu setengah tahun, dan mempekerjakan staf untuk menyelesaikan proyek.

Pengembang mengutip open world Dark Souls dan desain pencarian NPC, cerita Silent Hill, latar, dan suasana, dan gameplay dan mekanika sebagai inspirasi inti untukResident Evil Wronged Us.

Tonton trailer teaser gameplay di bawah ini. Lihat satu set tangkapan layar di galeri.

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x