Connect with us

Berita Anime & Manga

Perhelatan Comic Frontier 13 Hadirkan Para Insan Kreatif Muda Indonesia tanggal 7-8 September

Published

on

GwiGwi.com – Comic Frontier hadir untuk membangun industri kreatif di Indonesia. Mempertemukan para insan kreatif yang terus berkarya, perhelatan ini  menjadi ajang untuk unjuk karya para kreator muda Indonesia. Menghadirkan berbagai kreasi komik dan animasi karya para kreator kreatif dalam negeri, kehadiran acara ini selalu dinanti oleh para penikmat budaya populer. Antusiasme yang luar biasa tersebut, akhirnya mewujudkan perhelatan Comic Frontier 13 pada September mendatang.

Sejak pertama kali dilaksanakan, Comic Frontier telah hadir sebagai wadah bagi para kreator lokal untuk unjuk karya kreatif kepada para pengunjung dan sesama kreator yang hadir. Acara Comic Frontier 13 ini menghadirkan lebih dari 500 insan kreatif yang akan bergabung dan menambah semarak meriah yang ada di acara ini. Comic Frontier 13 membuka kesempatan untuk terjadinya kolaborasi kepada seluruh insan kreatif yang hadir dalam perhelatan ini. Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang berkumpul bagi para penggemar karya kreatif untuk bertemu dengan para kreator yang mereka kagumi.

Menyemarakkan semangat kreativitas yang ada di Comic Frontier 13, dalam acara ini juga akan diadakan beberapa workshop yang membahas mengenai pengembangan karya kreatif. Salah satu workshop yang ada di acara ini adalah tentang “Etika Membangun Circle” yang dibawakan oleh Afdhal Gamalsyah Putra, founder dari Creatrip. Selain itu lembaga kursus bahasa Jepang dan manga Ikuzo! juga akan mengadakan workshop tentang profesionalisme dalam berkarya.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan oleh para kreator untuk menunjukkan karyanya di Comic Frontier 13. Dalam acara ini pengunjung juga bisa menunjukkan bakatnya dalam Utattemita Session yang diadakan di panggung utama. Utattemita Session adalah sesi khusus selama 2 jam (dari jam 10.00-12.00) di mana seluruh pengunjung bisa berkaraoke dan bahkan melakukan live dubbing. Untuk mengikuti Utattemita Session ini para pengunjung diharuskan melakukan registrasi karena slot yang dibuka terbatas.

Perhelatan Comic Frontier ke-13 juga dimeriahkan oleh berbagai insan kreatif, salah satunya adalah Nanairo Symphony. Grup vokal yang beranggotakan 7 penyanyi berbakat ini menyanyikan berbagai lagu anime di berbagai perhelatan pop kultur di Indonesia. Nanairo Symphony juga aktif merilis karya pada kanal youtube resmi mereka yang beralamat di https://www.youtube.com/nanairosymphony.

Selain itu, Comic Frontier 13 juga disemarakan oleh grup orkestra Waltzio Edutainment. Dikenal sebagai grup orkestra yang sering memainkan lagu soundtrack dari film karya studio animasi Ghibli seperti My Neighbor Totoro, membuat mereka dikenal di kalangan penggemar animasi Ghibli. Kepopuleran yang dimiliki juga membuat mereka diundang menjadi bintang tamu pada eksibisi khusus film animasi karya studio animasi Ghibli yang dilaksanakan di Jakarta. Selain itu, grup orkestra ini juga dikenal sering memainkan lagu soundtrack dari berbagai game JRPG klasik.

Baca Juga:  Review Comifuro 13, Acara 2x Setahun Yang Jadi Penutup "COMIKET" Indonesia 2019

Terakhir, Comic Frontier yang selalu menghadirkan aksi penutup dari DJ untuk mengajak para pengunjung mengguncang panggung pada akhir perhelatan ini. Kini, Comic Frontier 13  akan mengundang seorang DJ asal Jepang, yaitu DJ Sunamori dan DJ Misawa. yang dikenal sebagai DJ yang khusus membawakan berbagai musik dan lagu bernuansa Pop Culture. Tentu saja, kehadiran DJ Sunamori akan menjadi puncak kesemarakan acara Comic Frontier 13.

Sebagai Perhelatan yang menghadirkan berbagai insan kreatif, Comic Frontier 13 ini, turut menghadirkan dua kreator web comic berbakat asal Indonesia. Keduanya akan berbagai pengalaman mereka kepada para pengunjung yang hadir. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan kedua kreator web comic tersebut dalam perhelatan ini.

Kreator pertama adalah pengarang web comic berjudul He is Gynophobic. Diterbitkan di platform Ciayo, web comic ini bercerita tentang seorang remaja pria bernama Afrizky Budiutomo yang selalu menjauh dari perempuan. Tanpa disangka, dirinya malah bertemu dengan seorang gadis bernama Oksa yang terobsesi dengan dirinya. Bagi yang ingin bertegur sapa dengan kreator, kalian dapat langsung menuju ke laman resmi yang beralamat di https://www.facebook.com/heisgynophobic/ dan https://www.instagram.com/heisgynophobic/.

Komikus kedua adalah Kreator dari web comic berjudul Rika Si Preman Sekolah yang saat ini juga diterbitkan di platform Ciayo. Rika si Preman Sekolah merupakan web comic yang menceritakan petualangan absurd Rika bersama dengan teman-temannya di sekolah yang dipenuhi oleh kejadian menarik serta mengundang tawa dari para pembaca. Kalian juga bisa bertegur sapa dengan kreator dari Rika si Preman Sekolah melalui laman resminya di https://www.facebook.com/rikappuchino/ dan https://www.instagram.com/rikappuchino/.

Perhelatan Comic Frontier 13 akan diselenggarakan pada 7 – 8 September mendatang di gedung Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Lokasi ini telah menjadi tempat penyelenggaraan Comic Frontier sejak 2017 hingga saat ini. Tiket masuk acara dijual dengan harga Rp 30.000 melalui loket tiket yang dibuka di lokasi acara dilaksanakan. Loket tiket mulai beroperasi sejak pagi hari untuk mengantisipasi antrian panjang dari para pengunjung yang sangat antusias menyambut ajang yang mempertemukan insan kreatif ini.

Berita Anime & Manga

Selain Pocari Sweat, GO-JEK dan Bukalapak Pun Punya Animasi!

Published

on

By

GwiGwi.com – Pocari Sweat belum lama ini membuat suatu TVC atau TV Commercial yang cukup menarik dengan judul Bintang SMA. Namun demikian, ternyata bukan hanya Pocari Sweat saja loh yang punya Iklan Animasi a-la Makoto Shinkai, namun ternyata ada juga untuk GO-JEK, aplikasi transportasi online paling populer karya anak bangsa, dan juga BUKALAPAK, yang merupakan salah satu e-commerce asli karya anak bangsa yang cukup terkenal. Seperti apa animasi tersebut?

Walau memang bukan official melainkan karya dari studio lokal di Indonesia yaitu Renaria Animation (facebook) yang ternyata merupakan studio pembuat Web Series Animation, Musik, dan juga Komik. Pada tahun 2017 lalu, studio ini membuat sebuah animasi untuk GO-JEK (makanya masih menggunakan logo lama), dengan style yang cukup indah layaknya karya dari Makoto Shinkai yang baru-baru ini filmnya ditayangkan di Indonesia dengan judul Weathering with You atau Tenki no Ko. Dengan lighting dan art-design dari dunia “GO-JEK” dalam animasi berjudul Little Things ini seakan membuat kita melihat GO-JEK dan Indonesia dari perspektif yang berbeda bak berada dalam sebuah film karya Shinkai sendiri.



Animasi tersebut dibuat dalam rangka campaign kompetisi pembuatan film oleh GO-JEK yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, dan ternyata juga diselenggarakan pada tahun 2017 Silam dengan tema Hidup Tanpa Batas.Jun-D selaku animator tunggal dari video ini mengerjakan videonya selama 1 Bulan, dengan waktu 8 jam perharinya. Ia juga menulis sendiri script serta musiknya dilansir dari AkibaNation

Baca Juga:  Review Comifuro 13, Acara 2x Setahun Yang Jadi Penutup "COMIKET" Indonesia 2019

Selain GO-JEK, Renaria Animation juga pernah membuat video untuk BUKALAPAK pada kompetisi #FESTIVALIKLANBUKALAPAK yang dipublikasikan pada 22 Oktober 2016 silam. Style-nya pun juga mengisahkan sebuah relasi unik antara “pengantar barang” yang bisa menjadi pahlawan karena semua dimulai oleh hal kecil.



Karya anak bangsa terutama dalam dunia animasi terkadang masih kurang tersorot. Namun demikian, serupa seperti Studio Game, sebenarnya Indonesia memiliki beberapa studio berkualitas yang bahkan sudah sempat membantu studio-studio animasi ternama seperti DisneyKyoto Animation, dan juga A1 Studio. Namun demikian, memang terkadang “animasi” masih terlalu erat dengan audiens anak-anak sehingga terlihat kurang menjanjikan dan kurang berkembang.

Bintang SMA sendiri merupakan iklan TV dari perusahaan pembuat minuman Isotonik asal Jepang yang sudah sangat terkenal yaitu Pocari Sweat dimana perusahaan utamanya adalah Otsuka. Iklan ini ditujukan sebagai “opening” dari Ajang Pencarian Bakat atau Kompetisi Talent Show untuk memperlihatkan bahwa aktif sudah harus dimulai sedari muda. Talent Show yang berbasis online ini sendiri melibatkan talenta-talenta muda berbakat di Indonesia seperti Tasya Farasya, Rendy Pandugo, Ernest Prakarsa, Zee Zee Shahab, dan Gading Marten.

Youtube Renaria Animation: https://www.youtube.com/channel/UCf4MqOM5LP2p3_y0Hq85D_Q

Facebook Renaria Animation: https://www.facebook.com/renariaanimation/

 

Continue Reading

Berita Anime & Manga

Pocari Sweat Bintang SMA Ajang Pencarian Bakat Online di Indonesia

Published

on

By

GwiGwi.com – Remaja memiliki segudang potensi dan talenta emas yang bila dikembangkan akan membawa dirinya menuju tangga kesuksesan. Masa remaja adalah fase kehidupan paling berkesan dimana gejolak semangat meraih impian berada dalam tahap paling memuncak. Semangat dan tekad untuk meraih impian akan menjadi sebuah tantangan.

Untuk itu, Pocari Sweat mengajak remaja Indonesia khususnya siswa/i SMA dan sederajat untuk berani berkeringat meraih mimpi melalui kompetisi bertajuk Bintang SMA, sebuah kegiatan talent show berbasis online terbesar di IndonesiaPemenang utama dari kompetisi ini akan menjadi bintang iklan Pocari Sweat Indonesia. “Melalui ajang Bintang SMAPocari Sweat ingin memotivasi remaja Indonesia untuk keluar dari zona nyaman merekaWaktu remaja singkat, sehingga perlu dimanfaatkan sebaik mungkin dengan mewujudkan bakat dan mimpinya,” ujar Ricky Suhendar selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka saat ditemui pada acara Press Conference Bintang SMA hari ini.

Ricky Suhendar lebih lanjut menjelaskan bahwa Pocari Sweat memahami perlu adanya sebuah wadah untuk mengembangkan bakat remaja Indonesia dalam berbagai bidang. Bintang SMA siap mewujudkan berbagai jenis bakat, minat dan passion.

Kompetisi Bintang SMA terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah online submission. Peserta akan mengunggah video penampilan bakat melalui akun Instagram pribadi dengan menandai akun Instagram official Pocari Sweat @pocariid. Dalam postingan tersebut peserta wajib menuliskan motivasi mereka serta tagar #BintangSMA pada caption. Tahap ini sudah dimulai sejak 7 September 2019 bersamaan dengan diluncurkannya TVC Pocari Sweat Bintang SMA dan akan ditutup pada 30 September 2019. Tahap kedua, peserta terseleksi menjadi 50 besar. Pada tahap ini, mereka akan diberikan tantangan untuk membuat video bersama support system seperti keluarga, teman, atau sahabat. Peserta kemudian diseleksi lagi menjadi 10 besar dan akan mengikuti workshop pada 25-27 Oktober 2019 di Jakarta. Workshop ini untuk mempersiapkan penampilan mereka di  Grand Final pada acara Pocari Sweat Festival, 16 November 2019 mendatang.

Baca Juga:  Pocari Sweat Bintang SMA Ajang Pencarian Bakat Online di Indonesia

Bintang SMA melibatkan nama-nama besar di Indonesia yang berpengalaman di bidangnya sebagai juri, yaitu Tasya Farasya, Rendy Pandugo, Ernest Prakarsa, Zee Zee Shahab, dan Gading Marten.

Sebagai salah satu juri Bintang SMA, Rendy Pandugo mengaku bangga menjadi saksi bagi lahirnya seorang bintang dan menyampaikan pendapatnya mengenai pentingnya untuk memulai dan mewujudkan mimpi, “Dreams make live worth living. Ketika kita lagi berjuang, percayalah mimpi yang kita punya adalah alasan utama yang membuat kita tetap melangkah maju,” ujar Rendy.

Zee Zee Shahab yang juga hadir pada acara Press Conference Bintang SMA mengungkapkan bahwa kompetisi ini adalah kesempatan emas bagi para anak muda Indonesia, khususnya siswa/i SMA sederajat. “Kompetisi Bintang SMA ini bisa menjadi langkah awal anak-anak muda Indonesia ke depannya, bukan tentang siapa yang jadi juara, tapi siapa yang berani berkeringat dan membangun tekad untuk meraih mimpinya,” jelas Zee Zee.

“Harapan kami melalui Bintang SMAPocari Sweat dapat menjadi penyegar dan penyemangat bagi remaja Indonesia untuk berani berkeringat dan menggapai mimpi,” tutup Ricky Suhendar.

Continue Reading

Serial Anime

Sekuel Anime Populer yang Tayang Musim Gugur 2019

Published

on

GwiGwi.com – Sekuel anime populer adalah anime yang ditunggu selain serial anime terbaru. Anime-anime di bawah ini mendulang kesuksesan sehingga dibuat kelanjutannya. Kamu yang mengikuti serial sekuel anime ini dari awal, pasti sangat menunggu kehadiran anime-anime ini yang akan tayang sebentar lagi. Sekuel anime apa saja yang akan tayang musim gugur 2019 ini? Yuk disimak!

1. Nanatsu no Taizai Season 3

Setelah sekian lama, sekuel anime Nanatsu no Taizai akan hadir di musim gugur 2019 ini. Mengisahkan tentang Meliodas dan kawan-kawannya yang sekarang akan berhadapan dengan musuh terkuat. Kamu yang sudah membaca komiknya pasti akan penasaran bagaimana pertarungan-pertarungan keren di sana akan dianimasikan. Akan ada banyak musuh kuat yang Meliodas dan kawan-kawan lawan sekaligus. Mampukah mereka mengalahkan serangan bertubi-tubi itu?

2. Chiyafuru Season 3

Setelah sukses dengan musim sebelumnya akhirnya kisah terbaru Chiyafuru kembali akan bisa kamu nikmati di musim gugur tahun ini. Chifuyu mengalami luka di jari tangan kanannya, dan akhirnya harus dioperasi. Namun, hal tersebut tidak membuatnya menyerah untuk mengikuti pertandingan karuta selanjutnya yang sebentar lagi akan diselenggarakan. Melawan mereka yang memiliki hobi yang sama denganmu ternyata bukanlah hal yang mudah.

3. Ani ni Tsukeru Kusuri wa Nai! Season 3

Anime bergenre komedi ini punya cerita yang kocak tentang hubungan aneh kakak-beradik. Adiknya galak dan tukang mukul, tapi ia juga sebenarnya sayang sama sang kakak. Mereka menjalani kehidupan seperti biasa, tapi ada saja hal yang membuat mereka berdua terlibat masalah. Anime ini terkesan rumit karena mengusung banyak tema, tapi karena komedinya yang cukup kental, di sepanjang perjalanan kamu pasti akan tertawa sendiri melihat tingkah mereka yang aneh-aneh.

Baca Juga:  Selain Pocari Sweat, GO-JEK dan Bukalapak Pun Punya Animasi!

4. My Hero Academia Season 4

Di sekuel anime terbarunya ini, para calon pahlawan kini mulai magang. Memang untuk menjadi pahlawan sejati, mereka harus mengikuti berbagai macam prosedur yang cukup rumit. Sayangnya hal tersebut dibarengi dengan kemunculan musuh baru yang akan membuat Midoriya harus berhadapan dengannya. Musuh kali ini lebih kuat dari musuh-musuh yang pernah mereka hadapi sebelumnya.

5. Shokugeki no Souma Season 4

Merupakan musim terakhir dari Shokugeki no Souma. Setelah tamat di musim panas tahun ini, akhirnya anime Shokugeki no Souma musim terakhir tayang juga di musim gugur tahun ini. Souma Yukihara bertekad untuk bisa lebih hebat dari ayahnya dalam urusan masak-memasak. Kali ini ia akan berhadapan dengan lawan tangguh. Semua orang penasaran bagaimana ia bisa mengatasi lawan tersebut.

Baca Juga

Continue Reading

Trending