Connect with us

Event

Comifuro 12 – Sebuah Cacatan, Akankah Menjadi Lebih Baik Lagi?

Published

on

GwiGwi.com – Comifuro tiap tahunnya menjadi ajang para kreator menjual hasil karyanya, tempat teman jauh atau komunitas bertemu dan berkumpul, serta menjadi tempat para cosplayer dan kameko menunjukan kebolehan mereka dalam memerankan karakter yang sedang mereka perlihatkan, atau bagi Kameko, membuat sebuah foto atau konten yang menakjubkan.

Maaf Anda Melihat Iklan

Tahun ini adalah perhelatan Comifuro yang ke 12, yang kembali diadakan di Balai Kartini ExpoJakarta, pada 23-24 Februari 2019. Akankah ini menjadi Comifuro yang mensinyalkan perubahan ke Comifuro berikutnya? Berikut adalah ulasan dari Gwiditor kita yang turut hadir merasakan keramaian dan keseruan acara tersebut.

Namun, agar sedikit lebih serius, kita akan membahas sedikit kekurangan event tersebut sebelum membahas yang lainnya.

Yang selalu menjadi keluhkesah dari para pengunjung setiap tahunnya ada beberapa hal yang perlu dicatat dan ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Keamanan dan kenyamanan. Dari keyword tersebut bisa sedikit ditebak bagaimanakah Comifuro dirasakan oleh para pengunjung. Setiap tahunnya, selalu ada kasus kecopetan, kehilangan dan semacamnya. Selain itu juga beberapa keluh kesah netizen yang juga hadir adalah lokasinya yang “kuning” dan juga mudah menjadi sumpek, apek dan gerah.

Hal-hal yang disebutkan sebenarnya bisa dilihat dari 2 perspektif yaitu, apakah berarti Panitia Comifuro harus bergegas memberikan solusi yang tepat jika Comifuro selanjutnya diadakan di lokasi yang sama, sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman, atau malah disini adalah waktunya Balai Kartini berbenah karena beberapa faktor tersebut merupakan fitur-fitur lokasi tersebut? Tidak bisa dipungkiri, dalam suasana padat, ramai, riuh, seru, dan sebagainya, pengunjung mudah terlena. Hal ini dimanfaatkan oleh tangan-tangan jahil yang terkadang, namanya kalap, akan sah-sah saja untuk mereka lakukan. Selain itu untuk masalah kenyamanan, justru bisa dibilang ini mungkin hal positif dari Comifuro dimana setiap tahunnya event ini menjadi semakin ramai, seru, dan meriah. Jadi, berikutnya adalah tinggal bagaimana cara pengunjung menyesuaikan diri untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Cukup sekian untuk kekurangannya yang akan kita bahas, berikutnya mari kita bahas hal-hal yang lebih menyenangkan 🙂

Comifuro, as the name suggested, adalah perhelatan pameran para kreator komik di Indonesia. Namun seiring tahun, Comifuro yang merupakan singkatan dari Comic Frontier banyak diisi dengan partisipasi circle (group yang menjual merchandise berbau pop-culture) yang lebih berfokus pada Poster, Gantungan Kunci, Artbook, dsbnya. Tergantung kita melihat dari perspektif yang mana, tapi overall menurut kita ini adalah hal yang bagus banget. Kenapa? Karena dengan adanya variasi yang lebih mungil, produksinya pun lebih mudah. Kemudian dengan adanya kemudahan produksi ini, membuat pilihan “jajan” menjadi lebih banyak, dan lebih affordable mengingat harga ganci bisa jadi cuman 1/4 dari sebuah komik atau lightnovel.

Baca Juga:  Saksikan Drama Medis yang Mendebarkan, Tokyo MER di Disney+ Hostar

Selain itu, tidak sedikit yang menjadikan Comifuro ini sebagai tempat berkumpul dengan teman yang sudah lama tidak ketemu, atau proses bertemunya sebuah komunitas online kearah face-to-face interaction. Sejujurnya, pada Comifuro 12 ini, saya (fsplus) merasa bahwa saya lebih banyak bertemu dengan kawan-kawan lama, atau komunitas, yang biasanya hampir tidak mungkin berinteraksi diluar komunikasi online. Ini dikarenakan kesibukan masing-masing selepas kuliah dan mulai sibuk dengan dunia pekerjaan. Comifuro pada awal tahun ini berhasil mempertemukan saya dengan teman-teman lama semasa kuliah dulu, karena pada 2 hari ini, kita mengkesampingkan beberapa waktu yang telah habis dengan pekerjaan, untuk bertemu di satu titik.

Melanjutkan dari point diatas, sebuah hobi yang belum lama ini saya tekuni yaitu fotografi-pun menantang saya untuk berkenalan dan berinteraksi dengan orang-orang baru disekitar, yang mungkin dulu tidak saya kenal. Ini menjadi nilai plus yang lebih lagi karena konotasi negatif “wibu” yang selalu mengurung diri di kamar, bisa terbukti sebaliknya dari kegiatan seperti Comifuro ini.

Selain itu juga, Comifuro ini telah berhasil menarik perhatian para Cosplayer-cosplayer lokal yang tidak ingin kalah dengan event serupa yang diadakan di tanah kelahiran anime yaitu Jepang, di COMIKET yang setiap tahunnya menarik perhatian dunia “wibu” dengan Coser-Coser cetar dari berbagai daerah dan negara. Para Kameko, atau fotografer yang berfokus pada Cosplay juga tidak mau kalah, sehingga setiap dari mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan karya terbaik yang bisa mereka hasilkan.

Jadi kesimpulannya, Comifuro 12 ini sangat baik jika digunakan sebagai dasar Comifuro kedepannya. Kesempatan untuk memperbaiki event ini masih sangat banyak, dan mengingat beberapa persaingan event di Indonesia-pun bisa disusul, apalagi sudah berkurang dengan hengkangnya Festival Anime terbesar di Indonesia, Comifuro menjadi salah satu pilihan utama untuk para penggemar Anime, dan Pop-Culture secara general terlepas dari kekurangan yang dikeluhkan diatas. Pun demikian, tidak banyak event yang mampu menampung antusiasme dan semangat para kreator-kreator lokal, dan telah membukakan kesempatan-kesempatan tanpa batas kepada para kreator untuk berkembang lebih lanjut lagi, dan mungkin perlaha mulai menitih karir dalam jalur karir di topik tersebut. Teruslah berkarya para kreator-kreator lokal, dan semangat yang terbaik untuk seluruh staff Comifuro terutama Comifuro 12 tahun ini.

Disclaimer: Artikel ini diciptakan sebagai catatan editorial post-event dari Comifuro 12. Seluruh ungkapan yang dituliskan bersifat pendapat pribadi, dan mungkin dapat berbeda dengan pendapat orang lain. Artikel ini dituliskan untuk menggambarkan suasana dan feels yang didapatkan dari acar tersebut.

Gallery Comifuro 12

This slideshow requires JavaScript.

Baca juga: Ratusan Kreator Siap Unjuk Kreativitas di Comic Frontier 12

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mancanegara

Metaverse Event pertama Sanrio “SANRIO Virtual Fes in Sanrio Puroland” dengan VRChat akan diadakan selama dua hari

Published

on

By

GwiGwi.com – Sanrio Co., Ltd. dan Sanrio Entertainment Co., Ltd. telah bekerja sama dengan VRChat Inc. (VRChat), perusahaan AS yang mengoperasikan platform VR sosial, akan mengadakan festival musik virtual, SANRIO Virtual Fes in Sanrio Puroland, pada 11 Desember (Sabtu) dan 12 Desember (Minggu), 17:00 – 22 :00 / B5 lantai 19:00-24:00 (JST) Gugenka Corporation dan 0b4k3, penyelenggara klub VR “GHOSTCLUB”, telah diundang sebagai direktur keseluruhan dari festival.

Maaf Anda Melihat Iklan

“SANRIO Virtual Fes in Sanrio Puroland” pertama di dunia akan menjadi festival musik di mana artis, artis virtual, dan karakter Sanrio akan tampil di ruang bawah tanah 5 lantai yang besar. Berbagai artis termasuk artis virtual seperti karakter Kizuna AI, Hatsune Miku, dan Sanrio akan tampil di ruang besar yang mencakup lima lantai bawah tanah. Ini akan menjadi salah satu acara metaverse terbesar di dunia dengan sensasi baru, di mana semua orang dari penggemar Sanrio hingga pengguna tingkat lanjut dapat menikmati musik secara langsung dan berkomunikasi satu sama lain secara virtual.

Baca Juga:  Saksikan Drama Medis yang Mendebarkan, Tokyo MER di Disney+ Hostar

SANRIO Virtual Fes di Sanrio Puroland, dapat dinikmati dengan mudah dengan smartphone, PC, dan perangkat lainnya. Orang-orang dapat terjun ke ruang virtual dengan menjadi karakter Sanrio dengan avatar asli untuk acara ini.

Di area pembayaran VRChat, pita Hello Kitty akan muncul saat avatar saling tos di ruang virtual. Selama pertunjukan musik langsung, orang dapat menikmati pertunjukan virtual yang unik seolah-olah artis berada tepat di depan mereka dalam pengalaman yang paling mendalam.

Di area komunikasi, akan ada toko yang menjual barang-barang asli eksklusif untuk acara ini.

Taman hiburan dan ruang virtual akan digabungkan oleh teknologi metaverse baru ini untuk menciptakan “SANRIO Virtual Fes di Sanrio Puroland”. Dan diharapkan kesempatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi banyak orang untuk mengenal karakter Sanrio dan mengunjungi Sanrio Puroland secara nyata.

© 2021 SANRIO CO., LTD. TOKYO, JAPAN 著作株式会社サンリオ

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

JIYUU MATSURI 2021 – Sabtu, 20 November 2021

Published

on

By

HIMA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Maaf Anda Melihat Iklan

Proudly Present :

🎊MAIN EVENT JIYUU MATSURI 2021🎊

Minasan bagaimana kabarnya hari ini??

Pastinya sudah tidak sabar ya untuk menyambut acara Main Event Jiyuu Matsuri tahun 2021 yang membawa tema TIME “To Improve Experience”🎉

di Main Event kali ini bakal seru loh Minasan, kita bisa mendapat pengetahuan melalui webinar, bincang-bincang hangat bersama Evelyn, dan seru-seruan bareng RedShift tentunya. 🤩

.

Yuk, jangan lupa catat tanggal nya ya!

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

.

Jangan lupa ajak teman-teman dan komunitas kamu untuk hadir bersama-sama dan nikmati suasan Jiyuu Matsuri 2021 😆

.

Klik Link berikut untuk info lebih lanjut https://linktr.ee/JiyuuMatsuriUNJ atau Cek Link di Profile Kami 🌟

 

Jiyuu Matsuri Webinar

Dalam rangka menyambut acara Jiyuu Matsuri tahun 2021 ini, kami akan mengadakan Jiyuu Matsuri Webinar 🎉
.
Ayo jangan lupa datang ya ke acara Jiyuu Matsuri tahun 2021 dan ajak teman-teman Minasan 😆

🎇WEBINAR : Tips And Trik Kuliah di Jepang dengan BEASISWA MEXT🎇

Pembicara:
Tuti Alawiyah, S.PD., M.A.

❗SAVE THE DATE❗

📅 Sabtu, 20 November 2021.
📍 Live On Youtube Jiyuu Matsuri UNJ
⏰ 10.30 – 11.35 AM

Baca Juga:  'DC League of Super-Pets' Rilis Video Trailer

💸HTM 💸
FREE!

Ayo Minasan jangan lupa dicatat tanggal dan waktunya, dan ajak teman-teman Minasan juga ya! 😆

🎇WEBINAR SHABERU : SHARING BERSAMA ZHAFIRA AQYLA Content Creator🎇

Dengan tema : “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi”
.
Pembicara:
Zhafira Aqyla (Awardee Of Mext Scholarship Award 2017-2021)

❗SAVE THE DATE❗

📅 Sabtu, 20 November 2021.
📍 Zoom Meeting
⏰ 13.00 WIB

Benefits
📄 E-Certificate
💡Ilmu yang bermanfaat
💰 Dooprize bagi kamu yang beruntung!

🚨Yuk, Segera Daftarkan Diri Kalian! 🚨

💸HTM 💸
Presale = 15k
OTS = 20k

Link Pendaftaran
https://bit.ly/WebinarJimat2021

TALKSHOW WITH EVELYN

Kenalan dan ngobrol bareng yuk Minasan dengan virtual youtuber asal Indonesia di TALKSHOW WITH EVELYN !🤩

❗SAVE THE DATE ❗

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

Guest Star

Guest Star yang akan tampil pada acara Jiyuu Matsuri tahun ini adalah…

[ RED SHIFT ]

Vocaloid Producer / DJ-VJ Performer

❗SAVE THE DATE ❗

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

 

=====================

🐣Twitter : @jimatUNJ

👥Facebook : Jiyuu Matsuri UNJ

📧Email : acara.jimat@gmail.com

📷Instagram : @jimatunj

📽Youtube : Jiyuu Matsuri UNJ

📩LINE@ : bit.ly/JimatUNJ

🎶TikTok :@jimatunj

===============

©HPD Jiyuu Matsuri 2021

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Mancanegara

‘Sony Music AnimeSongs ONLINE 2022’ Akan Siap Streaming 8 & 9 Januari 2022

Published

on

By

GwiGwi.com – Acara online bergaya festival “Sony Music AnimeSongs ONLINE 2022” akan disiarkan pada tanggal 8 dan 9 Januari, dengan total 14 artis papan atas dari Sony Music Japan yang akan membawakan lagu tema anime populer!

Maaf Anda Melihat Iklan

Ke-14 artis yang tampil adalah bagian dari Sony Music Japan dan telah menyanyikan sejumlah lagu tema populer dari berbagai anime dan periode waktu teratas, termasuk: FLOW for “NARUTO”. BLUE ENCOUNT untuk “My Hero Academia”, Eir Aoi untuk seri “SWORD ART ONLINE”, T.M.Revolution, yang merayakan hari jadinya yang ke-25, untuk “Mobile Suit Gundam SEED” dan banyak lagi!

Setiap hari akan menampilkan 7 artis. Streaming DAY 1 pada 8 Januari (Sabtu) akan menampilkan: Eir Aoi, KANA-BOON, Sayuri, sumika, TK dari Ling tosite sigure, Who-ya Extended, dan FLOW! Sementara itu, streaming DAY 2 pada 9 Januari (Minggu) akan menampilkan Aimer, Cö shu Nie, SPYAIR, CHiCO dengan HoneyWorks, T.M.Revolution, TrySail, dan BLUE ENCOUNT! Semua artis telah merilis komentar khusus tentang penampilan mereka yang akan datang.

Acara ini akan disiarkan di Jepang dan secara bersamaan ke negara dan wilayah lain melalui Stagecrowd. Sementara itu, versi editan dari penampilan masing-masing artis dari acara dua hari tersebut akan disiarkan mulai pukul 19:00 (Waktu Pasifik) pada 22 Januari 2022 melalui Veeps.

Penjualan tiket akan dimulai pada 10 Desember 2021. Jangan lewatkan “Sony Music AnimeSongs ONLINE 2022”!

【Official Website】    www.smanimesongs.jp/en/
【Official Twitter】    https://twitter.com/smasonline

【Event Information】
Nama Acara: Sony Music AnimeSongs ONLINE 2022
Penjualan Tiket: Mulai 10 Desember 2021

● Stagecrowd
Tanggal Waktu:
Hari Ke-1:  8 Januari 2022 (Sabtu): Buka 16:00 JST / Mulai 17:00 JST
Hari Ke-2:  9 Januari 2022 (Minggu): Buka 16:00 JST / Mulai 17:00 JST

Arsip: Hingga satu minggu setelah streaming berakhir

Harga tiket:
HARI 1:  8 Januari 2022: JPY 4.400 (termasuk pajak)
HARI 2:  9 Januari 2022: JPY 4.400 (termasuk pajak)
Dua hari: JPY 8.600 (termasuk pajak)

Negara & Wilayah: Jepang, AS, Inggris Raya, Jerman, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Thailand, Brasil, Meksiko, dan lainnya.

● Veeps (Edited Ver.)
Tanggal / Waktu: 【Versi Diedit. HARI 1 & Hari 2】 22 Januari 2022: Mulai 19:00 Waktu Pasifik
Arsip: Hingga satu hari setelah streaming berakhir
Harga Tiket: USD 20
Negara & Wilayah:  Seluruh Dunia (Kecuali China)

Daftar Tamu

【DAY1】8 Januari 2022 (Sabtu)

Eri Aoi https://www.aoieir.com/
FLOW: https://www.flow-official.jp/
KANA-BOON: https://www.kanaboon.com/
Sayuri: https://www.sayuri-official.com/
sumika: https://www.sumika-official.com/
TK from Ling tosite sigure: https://tkofficial.jp/
Who-ya Extended: https://www.wyxt.info/

【DAY2】9 Januari 2022 (Minggu

Aimer: https://www.aimer-web.jp/
BLUE ENCOUNT: https://blueencount.jp/
CHiCO with HoneyWorks: https://www.chicoxxx.com/
Cö shu Nie: https://coshunie.com/
SPYAIR: https://www.spyair.net/
T.M.Revolution: https://www.tm-revolution.com/
TrySail: https://trysail.jp/

Pesan Artis

● Eir Aoi
Pada tahun 2021, saya merayakan 10 tahun debut saya. Saya telah membuat setlist yang mencakup 10 tahun ini khusus untuk Anda. Saya akan bernyanyi dengan sepenuh hati untuk menjangkau semua orang yang menonton melalui layar. Silakan tonton konsernya! Sampai ketemu lagi!

● Aimer
Bagi saya, ini adalah konser online pertama untuk tahun 2022, dan merupakan kesempatan bagi saya untuk bernyanyi untuk semua orang di Jepang dan di seluruh dunia melalui layar — saya sangat menantikannya. Dari balada yang ingin saya nyanyikan dengan lembut, hingga lagu-lagu kuat yang secara alami mengisi saya dengan hasrat ketika saya bernyanyi, saya telah membuat setlist dengan berbagai lagu yang saya harap semua orang akan menikmatinya meskipun itu dalam waktu yang singkat.

Musik saya telah digunakan di banyak anime, dan lagu yang akan saya nyanyikan kali ini adalah lagu nostalgia dan kenangan yang membawa saya ke dunia baru dan mencapai tonggak baru. Dengan rasa syukur dan hormat pada karya-karya ini, saya akan menyanyikan setiap lagu dengan semua yang saya miliki sekarang. Terima kasih.

● KANA-BOON
Kami sangat bersyukur bisa mengisi setlist kami dengan semua theme song anime! Karena itu akan disiarkan ke luar negeri, kami berharap dapat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia melalui festival ini. Kami berharap semua orang di Jepang, setelah menonton ini, juga ingin melihat pertunjukan langsung kami secara langsung lagi!

Baca Juga:  Eternals dari Marvel Studios Tayang di Seluruh Bioskop Indonesia 10 November 2021

● Co shu Nie
Pertunjukan gaya Cö shu Nie — panggung penuh gairah yang penuh dengan antusiasme! Ini akan menjadi konser yang penuh dengan sorotan! Kami akan bermain sebanyak yang kami bisa untuk menunjukkan bahwa kami semua terhubung dengan musik, jadi silakan nikmati.

● Sayuri
Saya telah membuat setlist dengan lagu-lagu yang digunakan sebagai ending theme dari berbagai anime. Melalui penampilan saya, saya berharap lagu-lagu saya dalam bahasa Jepang dapat menjangkau orang-orang yang menyukai anime, tidak hanya di Jepang tetapi juga di seluruh dunia. Saya sangat menantikan acara ini mengalir ke dunia!

● SPYAIR
Kami telah dapat berkeliling dunia karena anime, dan kami telah terbantu dalam banyak hal oleh anime, jadi kami berharap kami dapat membagikan perasaan ini melalui lagu-lagu kami. Kami tersiksa dengan setlist terakhir karena ada terlalu banyak lagu yang ingin kami tampilkan, tetapi kami menciptakan sesuatu yang dapat dinikmati semua orang, jadi tolong nantikan itu!

● sumika
Konser ini penuh dengan highlight, salah satunya adalah setlist. Karena ini adalah “AnimeSongs ONLINE”, kami mencoba hal-hal yang belum pernah kami lakukan sebelumnya! Silakan menantikannya! Kami akan membawakan lagu-lagu kami dengan penuh semangat — ini adalah janji!

● CHiCO dengan HoneyWorks
“Sony Music AnimeSongs ONLINE 2022” akan disiarkan tidak hanya di Jepang tetapi juga di seluruh dunia, dan ini adalah pertama kalinya kami tampil untuk pemirsa global secara online, jadi kami gugup tetapi juga sangat menantikannya! Sorotan kami adalah bahwa kami akan membawa suasana konser seperti biasanya! Kami harap Anda dapat merasakan energi live CHiCO dengan musik HoneyWorks.

Dari semua kenangan indah dari ikatan lagu tema anime kami — itu pasti lagu debut kami “Sekai wa Koi Ni Ochiteiru”! Ketika suara nyanyian saya dimainkan secara real-time, dan ada orang lain yang mendengarkannya — saya merasa sangat senang menyaksikan momen yang saya rindukan, dan saya juga merasa malu yang tak terlukiskan! Tapi tolong nikmati lagu dan penampilan sambil mengingat karya anime! Terima kasih banyak!

● T.M.Revolution
Konser ini terutama tentang lagu tema anime dari Sony Music Labels. Saya berharap dapat menampilkan lagu-lagu yang menghubungkan antara Sony Music Labels dan lagu anime, jadi harap nantikan!

● TK from Ling tosite Shigure
Saya memainkan banyak lagu tie-up yang saya kuasai, seperti lagu pembuka dan penutup anime serta lagu tema film, jadi tolong nantikan itu! Itu diisi dengan lagu-lagu yang membuka kesempatan bagi orang untuk mendengarkan musik saya tidak hanya di Jepang tetapi juga di luar negeri. Saya akan berterima kasih jika barisan artis yang akan sulit dikumpulkan jika bukan karena streaming, akan menciptakan perjumpaan dengan musik baru untuk pemirsa di seluruh dunia.

● TrySail
Penampilan ini menggabungkan lagu-lagu dengan gaya yang berbeda, seperti lagu-lagu keren serta lagu-lagu yang energik! Kami pikir setlist ini adalah sesuatu yang akan membuat orang di seluruh dunia menghargai pesona TrySail, jadi kami harap Anda semua menikmatinya!

● Who-ya Extended
Kami akan menyanyikan banyak lagu anime di konser ini! Kami akan bersemangat di atas panggung, jadi tolong nantikan itu!

● BLUE ENCOUNT
Kami hanya menampilkan lagu tema anime! Kami ingin membawakan Anda permata di antara lagu-lagu anime yang sejauh ini telah ditangani oleh BLUE ENCOUNT. Ini akan menjadi pertunjukan yang akan membuat Anda berkeringat, jadi jika Anda ingin merasakan panasnya konser dari awal tahun baru, silakan lihat!

● FLOW
Setlist ini memberi tahu Anda seperti apa FLOW — termasuk penampilan lagu terbaru kami “DICE”! 2022 akan menjadi tahun tonggak sejarah bagi kami, karena kami mencapai peringatan 20 tahun debut kami, jadi kami berharap dapat memulai awal yang baik bersama kalian, melalui penampilan kami!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x