Connect with us

Event

Kemanakah Wibu Akan Bernaung? C3AFA 2018 Menjadi AFA Indonesia Terakhir? #2019SemogaLanjut

Published

on

GwiGwi.com – Perhelatan Anime terbesar di Indonesia (dan Asia Tenggara), Anime Festival Asia atau AFA (sekarang C3AFA) yang akan segera diselenggarakan di Indonesia minggu ini, melalui akun resminya mengumumkan sebuah berita yang cukup menyedihkan. Pada akun facebook dari event yang akan diselenggarakan tahunan di Indonesia, dan pada tahun ini jatuh pada 31 Agustus 2018 – 2 September 2018 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD nanti, telah mengumumkan bahwa AFA Indonesia akan kemungkinan besar tutup usia pada tahun 2018 ini.

Desas-desus bahwa AFA Indonesia akan di-terminate memang sudah sering diperbincangkan sejak beberapa waktu. Namun demikian, AFA melalui Event Organizer yang sudah terkenal secara eksklusif memegang lisensi AFA, yaitu SOZO yang berbasis di Singapura, tetap senantiasa membawakan konten terbaik mereka ke tanah air untuk memenuhi rasa haus para penggemar anime (wibu) di tanah air. Namun, hari ini, sepertinya desas-desus tersebut sudah menjadi realisasi nyata.

Pihak penyelenggara, melalui akun Facebooknya AFA – Anime Festival Asia mengumumkan bahwa mereka tidak bisa memastikan kelanjutan dari C3 AFA 2019 dan seterusnya karena berbagai hal. Melalui tangkapan layar terbaru, postingan ini sudah memiliki 151 tanggapan komentar, dan sudah dibagikan sebanyak lebih dari 1000 kali.

Lalu dengan demikian, kemanakah nantinya para Wibu, Sulthan, Kanjeng Putri, dan sekawannya dapat bernaung demi memenuhi rasa haus akan konten Pop Culture mereka? Para fans pun mengutarakan rasa terimakasih, dan juga rasa sedih melalui kolom komentar dari postingan akun C3AFA Jakarta di akun resminya ini.

Memang di Indonesia, AFA bukan event pop culture Jepang satu-satunya. Pada bulan-bulan Agustus hingga November, kita disuguhkan dengan event-event luar biasa lainnya di Indonesia. Selain itu, pada bulan November, AFA Singapore (C3AFA) akan diselenggarakan di negara tetangga yang tidak terlalu jauh untuk soal lokasi. Namun demikian, AFA sudah menorehkan langkah besar, yang tidak dapat ditemukan pada event lain sehingga banyak meninggalkan bekas kenangan yang mendalam.

Jadi, apakah penyebabnya keputusan ini? Apakah ada pengaruh-pengaruh politik Indonesia ikut terjun didalamnya? Atau tingkat plagiarisme, penipuan, dan kasus-kasus drama lainnya (seperti bootleg) juga menjadi penyebab tutupnya usia AFA Indonesia?

Baca Juga:  Creators Super Fest 2019 akan kembali lagi! Kini hadir di dua kota besar Indonesia

Selain itu, apa mungkin merger dari AFA membuahkan hasil yang sedikit negatif? C3 dan AFA bekerjasama tahun lalu sehingga terlahirlah C3AFA sebagai rebranding baru. Lalu, tahun ini, C3AFA kembali melakukan merger dengan Gamestart Asia untuk berkolaborasi memperbesar kerajaan POP Culture di Asia Tenggara. Tapi, dengan perluasan ini, apakah fondasi yang menopangnya pun akhirnya runtuh? Akankah kejadian Pan American Airways, sebuah maskapai komersil asal Amerika yang bangkrut karena ambisi besar, namun perlahan runtuh karena target besarnya?

Hingga saat ini, semua hanya menjadi tanda tanya besar. Apa mungkin ini sebuah strategi marketing dari pihak AFA? Agar sesungguhnya mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak lagi? Atau mungkin nantinya AFA akan rebranding atau memiliki rencana lainnya di Indonesia?

Terkadang, semua berawal dari Halo dan Selamat Tinggal. AFA juga sudah menorehkan banyak kisah untuk saya pribadi yang bahkan membuat saya bisa tergabung dalam GwiGwi dan menjadi salah satu Editor dengan koneksi luas. Pertemanan, kenangan, merchandise dari AFA tentunya akan menjadi sebuah kisah yang takkan terlupakan bagi sebagian orang terutama yang sangat mencintai Pop Culture Jepang.

AFA Indonesia atau AFA Jakarta pun sebenarnya sudah selesai sejak berakhirnya C3AFA Jakarta 2017. Ini dikarenakan venue yang digunakan untuk tahun 2018 adalah venue yang berlokasi di Tangerang, lebih tepatnya di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Apakah ini indikasi bahwa sebenarnya, selanjutnya AFA akan dilaksanakan secara eksklusif di Tangerang? Atau mungkin pindah lokasi ke daerah lainnya? Kita tunggu saja nanti kelanjutannya. Yang pasti, jangan sampai kelewatan untuk menghadiri event C3AFA 2018, yang akan di selenggarakan di ICE BSD, pada 31 Agustus 2018 – 2 September 2018 nanti yah Gwiples!

Jangan lupa untuk ikutan Giveaway ticket untuk C3AFA 2018 nanti dengan mengakses tautan ini yah Gwiples!

Some other times, some other place, maybe … – FSPLUS, 2018 #2019SemogaLanjut

Baca juga: Ledakan Kemeriahan Musik BACK-ON di GJUI24

Freelancer serabutan yang demenannya beragam sampai tidak jelas kemana. Saat ini sedang berkutat sebagai Web Developer sembari mengupdate informasi tentang Gadget Teranyar yang biasanya berada di segmentasi affordable hingga high end flagship. Selain itu juga jadi Youtuber untuk GwiGwi. Kontak: fsp@giwgwi.com.

Lokal

Holiday Fest – Coswalk Indonesia di Airport Pertama! Angkasa Pura II Jakarta

Published

on

By

COSWALK DI AIRPORT?! Kenapa tidak? Kali ini kita lagi ke event Coswalk di Airport yang pertama kali diadakan di Halal Park Terminal 3 – Soekarno Hatta, Indonesia Jakarta. Coswalk ini diiringi oleh lagu-lagu Anisong yang cukup dikenal orang, dan tentunya yang unik adalah ini event jejepangan pertama yang diadakan di Airport di Indonesia.

Continue Reading

Event

Creators Super Fest 2019 akan kembali lagi! Kini hadir di dua kota besar Indonesia

Published

on

By

GwiGwi.com – SOZO dengan bangga mempersembahkan event Creators Super Fest (CSF) yang lebih besar dan menarik untuk tahun 2019! CSF akan diselenggarakan di 2 kota besar tahun ini, Surabaya (31 Agustus – 1 September 2019) di Chameleon Hall di Tunjungan Plaza, dan Jakarta (26 – 27 Oktober 2019) di SMESCO Exhibition Hall. SOZO (sozo.sg) paling dikenal sebagai organizer dari event C3 Anime Festival Asia Jakarta (C3AFAJKT) dan juga C3 Anime Festival Asia Singapura (C3AFASG).

CSF 2019 adalah event pop culture yang terdiri dari 4 pilar, Ilustrasi, Musik, Cosplay dan Game. Tahun ini acara ini akan membawakan illustrator popular, cosplayer yang beragam, atlit Esport, penampilan musik yang memukau dari DJ, turnamen game yang menegangkan, event komunitas, eksibisi interaktif, acara panggung dan tentunya berbagai merchandise resmi serta berbagai booth creator local terpilih!

Baca Juga:  Creators Super Fest 2019 akan kembali lagi! Kini hadir di dua kota besar Indonesia

Salah satu acara utama dari Creators Super Fest adalah “Art Duel”, lomba ilustrasi satu-lawan-satu dimana illustrator bertanding dalam sesi live drawing dengan waktu terbatas dan tema yang berbeda. Pemenang dari tiap ronde akan maju ke babak selanjutnya hingga final untuk memperebutkan kursi illustrator bergengsi! Format kompetisi baru yang menegangkan ini mengubah kegiatan tertutup menjadi sebuah olahraga dinamis yang dapat dinikmati semua orang! Selain ini masih banyak kegiatan yang akan diumumkan!

Kami mengundang para calon sponsor dan eksibitor yang mencari kesempatan unik untuk berinteraksi dengan pengunjung kami dengan menghubungi kami. Sementara itu, para fans dapat memantau website dan Facebook Page resmi kami untuk informasi lebih lanjut.

Continue Reading

Lokal

Ennichisai 2019, merasakan suasana festival Jepang asli di kawasan Blok M Jakarta

Published

on

GwiGwi.com – Tahun 2019 ini, Ennichisai kembali diadakan di kompleks Blok M Square pada tanggal 22-23 Juni 2019. Festival budaya Jepang yang tahun ini bertemakan “Unity” ini amat ramai dipenuhi masyarakat yang tertarik dengan budaya tradisional maupun pop dari negara Sakura tersebut. Jika membicarakan festival budaya tentunya juga banyak kios-kios yang berjualan makanan-minuman khas Jepang (kakigori, taiyaki, yuzu soda, ramen, yakitori, dan masih banyak lagi), merchandise anime-game, figures, hingga kios permainan: YoYo Tsuri (mengambil balon yoyo), Shateki (game menembak berhadiah), hingga permainan seperti pinball menggunakan bola baseball yang bertujuan mengumpulkan point sebanyak-banyaknya dan berkesempatan memenangkan kaos Hanshin Tigers.

Tidak ketinggalan pula sejumlah entertainer dan artis yang mengisi acara di panggung. Ada 3 panggung dengan acara yang berbeda-beda untuk menghibur pengunjung yaitu: Main Stage yang fungsinya menampilkan acara-acara kesenian Jepang seperti Shodo dan Taiko; Pop Stage yang menampilkan artis-artis pop dari Jepang; ada yang sudah berulang kali mengisi acara di Ennichisai dan ada juga yang baru pertama kali menampilkan show disini. Mereka yang mengisi acara antara lain adalah: AyuAyu, Ola Aphrodite, Tsukimomo, Magenta Rodeo, dan grup idol seperti: Enka Girls-Eguru(EGR), Colon dan Tercera Traps, serta performer-performer lainnya. Terakhir adalah Chika Stage yang menampilkan performer-performer lokal dengan pertunjukan khas Jepang.

Baca Juga:  Holiday Fest - Coswalk Indonesia di Airport Pertama! Angkasa Pura II Jakarta

Salah satu ritual khas yang wajib dilihat saat berkunjung ke Ennichisai adalah pawai Mikoshi, amatlah menggembirakan melihat peserta Indonesia dan Jepang bersama-sama memikul tandu kuil dan mengelilingi rute pawai, penonton dapat merasakan bahwa usaha dan kerja sama mereka dalam memanggul tandu yang berat tersebut . Suatu simbol kerjasama bilateral Indonesia-Jepang selama ini yang saling menguntungkan.

Sayangnya Ennichisai 2019 ini dikabarkan menjadi festival yang terakhir diadakan di Blok M. Masih belum ada kejelasan apakah di tahun 2020 ini festival itu masih diadakan atau tidak. Atau apakah lokasinya akan dipindah. Semoga saja Ennichisai masih bisa dilanjutkan karena dengan festival seperti ini, masyarakat Indonesia bisa merasakan budaya Jepang baik yang bersifat tradisional maupun modern.

Continue Reading
Advertisement SGCC 2019
Advertisement DICARI REPORTER
Advertisement

GwiGwi Space

GWIDEV

Trending