Connect with us

Nintendo Console

Review Game Nintendo Switch, Arena of Valor, ketika moba analog resmi di konsol

Published

on

GwiGwi.com – Portingan game mobile bukanlah hal yang baru pada Nintendo Switch. Konsol hibrida ini dibanjiri banyak judul game yang menarik perhatian para pengguna ponsel pintar, tapi hanya ada beberapa judul yang mampu menyaingi kehebatan game MOBA fenomenal, Arena of Valor. Arena of Valor adalah salah satu game dengan pengguna terbanyak, 200 juta, dan sekarang menjadi salah satu game yang dilombakan dalam turnamen eSport. Kalian mungkin tidak mengenali AoV meski AoV punya pemain aktif sebanyak 80 juta orang tiap harinya. Meski begitu, AoV adalah game besar dan versi portingan ke Switch juga berita yang besar.

Meski sangat terkenal di china, AoV tidak begitu terkenal di barat tapi Tencent punya rencana besar untuk versi Nintendo Switch dengan memberikan versi portingan ini dengan remake yang serius. Versi portingan ini bukan sekedar kopian ala kadarnya dari versi ponsel pintar, dengan dukungan hardware yang lebih mumpuni, tampilah AoV mengalami peningkatan yang signifikan dari model karakter sampai dinamika pencahayaan yang lebih halus dan nyaman dilihat. Tencent bahkan menugaskan tim pembuat yang berbeda untuk menggarap versi Nintendo Switch ini, meski begitu dengan adanya perubahan2 ini berarti tidak ada kesempatan untuk bermain lintas platform.

Pada dasarnya, AoV adalah MOBA klasik (Tencent juga merupakan pemilik developer Riot Games yang membuat League of Legends yang bisa dijadikan rujukan). Bermain 1 vs 1 atau 5 vs 5, kalian akan menggunakan mode pandangan top-down untuk mengendalikan hero pilihan kalian dalam usaha menghancurkan core tim musuh di sisi map yang lain (tentunya sambal melindungi core tim kalian). Tiap map dibagi menjadi 3 kanal, dengan tiap kanal dilindungi tower pertahanan.

Tower pertahanan ini akan menyerang semua target yang mendekat, jadi kunci permainan adalah dengan menunggu pasukan yang dikendalikan AI (atau lebih dikenal dengan sebutan minions) untuk mendistraksi serangan tower saat kalian menyerang. Kadang dalam permainan, kalian akan lebih sering meyerang sedikit demi sedikit di 1 sisi untuk menghancurkan tower ini meskipun musuh kadang bisa menyerang balik di sisi lain. Menjaga tower kalian tetap berdiri bukan hanya salah satu bagian dari taktik bertahan, tapi juga membantu hero kalian tetap hidup karena tower-tower ini punya HP dan akan memulihkan sebagian HP hero kalian. Jadi bergantian dalam menyerang dan bertahan adalah hal yang wajib dilakukan.

Ada 39 hero yang bisa kalian pilih, yang menunjukkan kalua AoV sudah bertahan cukup lama di pasar mobile game dan seberapa besar support yang didapat AoV sejak peluncurannya. Hero – hero ini dibagi dalam kategori yang familiar (tank, warrior, mage, dll), kalian harus mempelajari mekanisme penggunaan hero – hero “main” agar kalian bisa mengganti pilihan kalian di lobby sebelum memulai permainan. Hal ini perlu kalian lakukan supaya komposisi tim kalian tidak kacau balau karena game ini adalah game yang mengandalkan kerja sama tim. Kalua kalian tidak mempelajari dan menggunakan fitur on-screen message, seperti kemampuan untuk membuat penanda di map agar tim kalian segera menuju ke arah penanda tadi, kalian akan mati dengan cepat.

Hal yang paling menonjol adalah bagaimana Tencent sukses mendadopsi control AoV ke JoyCon/Pro Controller yang digunakan Switch, juga bagaimana Tencent membuat tiap fungsi tombol seperti mengambil item, mengeluarkan serangan disaat yang tepat mudah digunakan. Penggunaan tombol-tombol yang ada di Switch terasa sangat natural, bahkan kalian bisa melihat-lihat kondisi map dengan menekan salah satu titik di map saat kalian menunggu hero kalian respawn.

Kalian bisa meng-upgrade serangan-serangan ini dengan menekan tombol X saat ada notifikasi pada setiap pertandingan atau kalian bahkan bisa mengatur agar semuanya bisa diupgrade dan dibeli secara otomatis sehingga kalian bisa fokus pada pertarungan, kalua kalian memang tidak begitu tertarik mengatur status hero kalian. Meski status hero-hero kalian sudah diatur sedemikian rupa untuk menjaga keseimbangan saat dimainkan di konsol, ada banyak hal-hal yang bisa kalian pelajari. Hal-hal ini tidak serumit seperti dalam League of Legends, tapi memang AoV memakai sebagian sistem dari LoL dalam system mereka.

Meski dipresentasikan dengan baik, AoV tetap memiliki kekurangan. Salah satu contohnya adalah saat kalian memilih karakter, game terasa melambat. Juga cara AoV memuat profil dari tiap pemain saat menyiapkan pertandingan bisa membuat waktu menunggu jadi sangat lama. Suara dari tiap-tiap hero juga terasa biasa saja, tapi desain hero2nya (meski ada beberapa yang terlihat membosankan) sangatlah bagus. Bahkan ada dukungan ke beberapa karakter dari DC Comic. AoV dijalankan pada 30fps, walau kadang ada penurunan performa saat ada banyak hero di satu layar secara bersamaan, tapi tidak begitu mempengaruhi kenikmatan bermain.

Hal yang perlu diingat adalah AoV bisa dimainkan dengan gratis, jadi kalian bisa mengunduh game ini dan langsung bermain. Kalian juga bisa memainkan hero-hero yang sekarang tersedia, meski kalian hanya bisa menaikkan level profisiensi hero yang kalian miliki saja. Kalian bisa membuka hero-hero ini seiring berjalannya waktu, tapi kalua kalian ingin benar-benar segera memakai hero-hero yang kalian sukai, kalian harus rajin mencari gold dalam game atau kalian bisa memebelinya dengan uang. Tencent mengkonfirmasi kalua kalian tidak memerlukan subskripsi Nintendo Switch Online untuk memainkan AoV, jadi kalian bisa memainkan game ini tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan ada mode permainan special bernama Hook Wars dimana kalian bisa menggunakan Joy-Cons untuk memainkan mini-game bebasis motion-control yang tersedia pada akhir pekan.

Kesimpulan

Tencent berharap port konsol AoV bisa membawa kesuksesannya di dunia gaming ponsel pintar ke Nintendo Switch dan dengan gameplay dan konsep MOBA yang solid dan bisa dimainkan dengan gratis, tak ada alasan untuk tidak bisa mencapai kesuksesan yang sama dalam bulan-bulan atau tahun-tahun mendatang. Meski memiliki masalah teknis saat dirilis, hal tersebut tidak menafikan fakta bahwa Switch punya game MOBA yang solid sekarang. Salah satu game ponselpintar paling ramai dimainkan di dunia sekarang ada di Switch, hal yang patut dirayakan.

Advertisement

Nintendo Console

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Bakal Punya Board Game di Switch

Published

on

By

Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Bakal Punya Board Game Di Switch

www.gwigwi.com – Tanjiro dan kawan-kawan sedang mengambil istirahat yang sangat dibutuhkan dalam game baru sambil menunggu musim berikutnya dari anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba — Mezase! Saikyo Taishi! adalah board game baru yang menurut Aniplex akan diluncurkan di Nintendo Switch di Jepang pada tahun 2024.

Trailer pengumuman untuk permainan papan kompetitif Demon Slayer, yang mendukung hingga empat pemain dan memungkinkan untuk dimainkan secara online, ditampilkan di bawah.

Untuk seni kotak permainan, studio anime ufotable membuat ilustrasi baru untuk Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Bakal Punya Board Game Di Switch

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Bakal Punya Board Game Di Switch

Continue Reading

Nintendo Console

Nintendo Switch Bukan Lebih dari 1 Miliar Game Terjual karena Penjualan Lambat

Published

on

By

Nintendo Switch Bukan Lebih Dari 1 Miliar Game Terjual Karena Penjualan Lambat

www.gwigwi.com – Hari ini, Nintendo merilis laporan tahunannya untuk periode yang berakhir Maret 2023 kepada investor, menguraikan bagaimana kinerja perusahaan Jepang untuk sebagian besar tahun 2022 dan awal 2023. Sejak laporan pada Februari 2023, yang mencakup akhir kuartal ketiga pada bulan Desember 2022, beberapa metrik penjualan telah berubah secara signifikan. Namun, satu tonggak penting terungkap: Nintendo Switch adalah konsol Nintendo pertama yang terjual lebih dari 1 miliar unit perangkat lunak.

Dengan 1,036 miliar eksemplar terjual, konsol ini adalah yang kedua dalam sejarah yang menjual 1 miliar unduhan perangkat lunak, hanya tertinggal dari PlayStation 2 yang mencapai 1,5 miliar unduhan. Nintendo telah mengonfirmasi bahwa Switch telah menjual 125,66 juta unit, dengan perkiraan 15 juta unit terjual pada tahun berikutnya, turun dari 17,97 juta unit terjual pada tahun sebelumnya. Ini menggemakan posisi Switch di belakang PlayStation 2 dalam penjualan konsol juga.

Dengan Nintendo Switch memasuki tahun keenam, pendapatan kotor turun 6,4% dari tahun sebelumnya 946 miliar yen menjadi 885,4 miliar yen (US$6,55 miliar). Menurut Nintendo, hal ini dikarenakan penjualan yang menurun secara global akibat usia Switch, inflasi global, dan kekurangan chip yang terjadi di awal tahun fiskal.

Selain itu, menurut Nintendo, penjualan bersih akan turun dari 1,601 triliun yen (Rp. 167T) pada tahun fiskal 2023 menjadi 1,45 triliun yen pada tahun fiskal 2024 karena kemungkinan stabilisasi yen, penuaan Switch yang sedang berlangsung, dan faktor lainnya. Laporan tersebut mencatat fakta bahwa angka-angka ini dihitung dengan asumsi tidak ada perangkat keras baru yang akan dirilis pada tahun fiskal mendatang.

Switch Lite, sistem tanpa TV, dan OLED, model dengan layar lebih tajam dan masa pakai baterai lebih lama, adalah dua pembaruan signifikan untuk Nintendo Switch yang telah dibuat sejak pertama kali dijual pada 3 Maret 2017 .

Continue Reading

Nintendo Console

Game Pokémon Scarlet/Violet Perkenalkan Pokémon Greavard

Published

on

GwiGwi.com – YouTube resmi Pokémon mulai menayangkan dua film baru untuk Pokémon Scarlet dan Violet pada hari Selasa. Pokémon Scarlet dan Violet adalah koleksi terbaru dalam waralaba game Pokémon. Video tersebut memperkenalkan tipe anjing hantu baru Pokémon Greavard; yang pertama adalah klip rekaman yang ditemukan, sedangkan yang kedua adalah trailer biasa.

Game ini akan debut di seluruh dunia di Nintendo Switch pada 18 November.

Maaf Anda Melihat Iklan

Salah satu dari tiga cerita utama permainan akan terdiri dari delapan tugas gym yang khas. Tidak ada jalur yang ditentukan sebelumnya di Pokémon Scarlet/Violet, sehingga pemain dapat mengunjungi gym dalam urutan apa pun. Selain itu, akan ada “Perburuan Harta Karun” di wilayah Paldea yang baru. Sampul baru Koraidon dan Miraidon yang legendaris dapat dikendarai seperti sepeda untuk berkeliling bumi. Pendamping legendaris yang disediakan tergantung dari versi game yang dimiliki.

Game ini akan menampilkan fenomena Terastal baru di mana Pokémon dapat Terastallize, berubah menjadi versi seperti permata dari diri mereka sendiri dan meningkatkan kekuatan gerakan mereka. Semua Pokemon dapat Teratallize. Saat Terastallizing, Pokémon tertentu akan berubah jenis dan mengambil bentuk yang berbeda. Pikachu berubah menjadi tipe Terbang dengan balon di punggungnya, dan Eevee dapat berubah menjadi beberapa jenis Tera selain bentuk tipe Normalnya. Dengan maksimal tiga pemain lain, pengguna dapat bergabung dalam Tera Raids untuk melawan Pokémon Terastallized. Dalam konfrontasi ini, semua peserta dapat menyerang secara bersamaan. Union Circle mengizinkan permainan kooperatif di luar Tera Raids.

Source: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending