Connect with us

Nintendo Console

Review Game Nintendo Switch, Arena of Valor, ketika moba analog resmi di konsol

Published

on

GwiGwi.com – Portingan game mobile bukanlah hal yang baru pada Nintendo Switch. Konsol hibrida ini dibanjiri banyak judul game yang menarik perhatian para pengguna ponsel pintar, tapi hanya ada beberapa judul yang mampu menyaingi kehebatan game MOBA fenomenal, Arena of Valor. Arena of Valor adalah salah satu game dengan pengguna terbanyak, 200 juta, dan sekarang menjadi salah satu game yang dilombakan dalam turnamen eSport. Kalian mungkin tidak mengenali AoV meski AoV punya pemain aktif sebanyak 80 juta orang tiap harinya. Meski begitu, AoV adalah game besar dan versi portingan ke Switch juga berita yang besar.

Meski sangat terkenal di china, AoV tidak begitu terkenal di barat tapi Tencent punya rencana besar untuk versi Nintendo Switch dengan memberikan versi portingan ini dengan remake yang serius. Versi portingan ini bukan sekedar kopian ala kadarnya dari versi ponsel pintar, dengan dukungan hardware yang lebih mumpuni, tampilah AoV mengalami peningkatan yang signifikan dari model karakter sampai dinamika pencahayaan yang lebih halus dan nyaman dilihat. Tencent bahkan menugaskan tim pembuat yang berbeda untuk menggarap versi Nintendo Switch ini, meski begitu dengan adanya perubahan2 ini berarti tidak ada kesempatan untuk bermain lintas platform.

Pada dasarnya, AoV adalah MOBA klasik (Tencent juga merupakan pemilik developer Riot Games yang membuat League of Legends yang bisa dijadikan rujukan). Bermain 1 vs 1 atau 5 vs 5, kalian akan menggunakan mode pandangan top-down untuk mengendalikan hero pilihan kalian dalam usaha menghancurkan core tim musuh di sisi map yang lain (tentunya sambal melindungi core tim kalian). Tiap map dibagi menjadi 3 kanal, dengan tiap kanal dilindungi tower pertahanan.

Tower pertahanan ini akan menyerang semua target yang mendekat, jadi kunci permainan adalah dengan menunggu pasukan yang dikendalikan AI (atau lebih dikenal dengan sebutan minions) untuk mendistraksi serangan tower saat kalian menyerang. Kadang dalam permainan, kalian akan lebih sering meyerang sedikit demi sedikit di 1 sisi untuk menghancurkan tower ini meskipun musuh kadang bisa menyerang balik di sisi lain. Menjaga tower kalian tetap berdiri bukan hanya salah satu bagian dari taktik bertahan, tapi juga membantu hero kalian tetap hidup karena tower-tower ini punya HP dan akan memulihkan sebagian HP hero kalian. Jadi bergantian dalam menyerang dan bertahan adalah hal yang wajib dilakukan.

Ada 39 hero yang bisa kalian pilih, yang menunjukkan kalua AoV sudah bertahan cukup lama di pasar mobile game dan seberapa besar support yang didapat AoV sejak peluncurannya. Hero – hero ini dibagi dalam kategori yang familiar (tank, warrior, mage, dll), kalian harus mempelajari mekanisme penggunaan hero – hero “main” agar kalian bisa mengganti pilihan kalian di lobby sebelum memulai permainan. Hal ini perlu kalian lakukan supaya komposisi tim kalian tidak kacau balau karena game ini adalah game yang mengandalkan kerja sama tim. Kalua kalian tidak mempelajari dan menggunakan fitur on-screen message, seperti kemampuan untuk membuat penanda di map agar tim kalian segera menuju ke arah penanda tadi, kalian akan mati dengan cepat.

Baca Juga:  Review Film Dua Garis Biru, penyampaian sebuah pesan yang dikemas dengan fun

Hal yang paling menonjol adalah bagaimana Tencent sukses mendadopsi control AoV ke JoyCon/Pro Controller yang digunakan Switch, juga bagaimana Tencent membuat tiap fungsi tombol seperti mengambil item, mengeluarkan serangan disaat yang tepat mudah digunakan. Penggunaan tombol-tombol yang ada di Switch terasa sangat natural, bahkan kalian bisa melihat-lihat kondisi map dengan menekan salah satu titik di map saat kalian menunggu hero kalian respawn.

Kalian bisa meng-upgrade serangan-serangan ini dengan menekan tombol X saat ada notifikasi pada setiap pertandingan atau kalian bahkan bisa mengatur agar semuanya bisa diupgrade dan dibeli secara otomatis sehingga kalian bisa fokus pada pertarungan, kalua kalian memang tidak begitu tertarik mengatur status hero kalian. Meski status hero-hero kalian sudah diatur sedemikian rupa untuk menjaga keseimbangan saat dimainkan di konsol, ada banyak hal-hal yang bisa kalian pelajari. Hal-hal ini tidak serumit seperti dalam League of Legends, tapi memang AoV memakai sebagian sistem dari LoL dalam system mereka.

Meski dipresentasikan dengan baik, AoV tetap memiliki kekurangan. Salah satu contohnya adalah saat kalian memilih karakter, game terasa melambat. Juga cara AoV memuat profil dari tiap pemain saat menyiapkan pertandingan bisa membuat waktu menunggu jadi sangat lama. Suara dari tiap-tiap hero juga terasa biasa saja, tapi desain hero2nya (meski ada beberapa yang terlihat membosankan) sangatlah bagus. Bahkan ada dukungan ke beberapa karakter dari DC Comic. AoV dijalankan pada 30fps, walau kadang ada penurunan performa saat ada banyak hero di satu layar secara bersamaan, tapi tidak begitu mempengaruhi kenikmatan bermain.

Hal yang perlu diingat adalah AoV bisa dimainkan dengan gratis, jadi kalian bisa mengunduh game ini dan langsung bermain. Kalian juga bisa memainkan hero-hero yang sekarang tersedia, meski kalian hanya bisa menaikkan level profisiensi hero yang kalian miliki saja. Kalian bisa membuka hero-hero ini seiring berjalannya waktu, tapi kalua kalian ingin benar-benar segera memakai hero-hero yang kalian sukai, kalian harus rajin mencari gold dalam game atau kalian bisa memebelinya dengan uang. Tencent mengkonfirmasi kalua kalian tidak memerlukan subskripsi Nintendo Switch Online untuk memainkan AoV, jadi kalian bisa memainkan game ini tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan ada mode permainan special bernama Hook Wars dimana kalian bisa menggunakan Joy-Cons untuk memainkan mini-game bebasis motion-control yang tersedia pada akhir pekan.

Kesimpulan

Tencent berharap port konsol AoV bisa membawa kesuksesannya di dunia gaming ponsel pintar ke Nintendo Switch dan dengan gameplay dan konsep MOBA yang solid dan bisa dimainkan dengan gratis, tak ada alasan untuk tidak bisa mencapai kesuksesan yang sama dalam bulan-bulan atau tahun-tahun mendatang. Meski memiliki masalah teknis saat dirilis, hal tersebut tidak menafikan fakta bahwa Switch punya game MOBA yang solid sekarang. Salah satu game ponselpintar paling ramai dimainkan di dunia sekarang ada di Switch, hal yang patut dirayakan.

Nintendo Console

Pokemon Sword dan Pokemon Shield akan Hadir di Nintendo Switch

Published

on

By

GwiGwi.com – Inovasi gim terbaru akan muncul untuk semua penggemar Pokemon di semua dunia. Sekitar akhir 2019, dua gim Pokemon terbaru mempunyai nama Pokemon Sword dan Pokemon Shield akan tersedia di perlengkapan Nintendo Switch.

“Tahun ini, kami menghadirkan petualangan baru Pokemon untuk Anda semua,” kata Presiden sekaligus CEO The Pokemon Company, Tsunekazu Ishihara lewat pemberitahuan video, Rabu (27/2).

Pokemon dan Nintendo pun merilis cuplikan permainan yang mengindikasikan kehadiran tiga Pokemon baru. Pemain dapat memilih di antara dari ketiganya sebagai rekan di mula permainan, yakni Scorbunny, Sobble, dan Grookey.

Produser gim ialah Junichi Masuda yang telah bekerja di perusahaan semenjak Pokemon kesatu kali muncul di Nintendo Game Boy. Dia menyinggung kedua gim pendatang baru tersebut sangat bertolak belakang dari pendahulunya, seperti Pokemon Let’s Go, Pikachu!, dan Let’s Go, Eevee!.

Pokemon Sword dan Pokemon Shield ialah pembaruan kesatu sesudah serial gim Pokemon Sun dan Pokemon Moon muncul di Nintendo 3DS pada 2016. Pengarah gim, Shigeru Ohmori, menyinggung Sword dan Shield seperti sisi bertolak belakang pada sekeping koin.

Baca Juga:  Review Film Annabelle Comes Home, punya jumpscare yang menghentak

Kedua gim bahwasannya menawarkan empiris permainan serupa. Bedanya ialah alur cerita, interaksi dan pertukaran Pokemon, pun isi dari Pokedex alias katalog Pokemon. Terkait lokasi, Sword dan Shield sama-sama dilangsungkan di wilayah mempunyai nama Galar.

“Galar ialah wilayah luas dengan situasi geografis beragam. Pedesaan yang indah, kota-kota kontemporer, dataran luas, dan pegunungan yang tertutup salju,” ujar Ohmori, seperti dikutip dari laman Time.

Kabar itu diberitahukan sepekan sesudah Presiden Nintendo Amerika Reggie Fil-Aime menyimpulkan pensiun. Tidak melulu melalui gim, tahun ini Pokemon juga muncul menyapa peminat lewat film laga hidup Pokemon: Detective Pikachu yang tayang Mei 2019.

Continue Reading

Nintendo Console

Modern Combat Blackout Kini Tersedia di Nintendo Switch

Published

on

By

GwiGwi.com – Gameloft, pemimpin dalam pengembangan dan penerbitan game mobile, mengumumkan bahwa Modern Combat Blackout, dari waralaba penentu FPS seluler, sekarang tersedia di Nintendo eShop untuk Nintendo Switch.

Dengan grafik yang tak tertandingi, sembilan kelas unik untuk dikuasai, banyak keterampilan dan senjata yang dapat disesuaikan, pertempuran daring 12 pemain yang mendebarkan, dan mode cerita yang mengadu domba pemain melawan teroris di seluruh dunia, Modern Combat Blackout membawa aksi yang tak terkendali ke Nintendo Switch termasuk:

  • PILIH FAVORIT KELAS ANDA: Temukan gaya bermain yang cocok untuk Anda di antara sembilan kelas yang dapat disesuaikan agar pemain dapat naik level melintasi pemain tunggal dan multi pemain, termasuk Assault, Heavy, Recon, Sniper, Dukungan, Bounty Hunter, Sapper, X1-Morph atau Kommander.
  • MULTIPLAYER BERKUASA TINGGI: Menyerang untuk bentrokan epik di Pertempuran Tim dan pertandingan Free-For-All online.
  • KAMPANYE INTENSE SOLO: Mainkan misi Spec-Ops yang menantang untuk adrenalin yang nyata. Misi cerita yang serba cepat dengan berbagai tantangan akan membawa pemain dari Tokyo ke Venesia.
  • PROGRESI YANG TIDAK DIAKTIFKAN: Kemajuan karakter dalam mode apa pun mengarah ke yang lain, jadi mainkan solo atau multipemain dan kemampuan menonton yang berkembang.
  • KONTROL PRIBADI: Kontrol intuitif, sangat dapat disesuaikan memungkinkan pemain untuk bertarung seperti yang mereka inginkan untuk pengalaman konsol sejati.
Baca Juga:  Review Film Spider-Man: Far From Home, dilema Peter Parker dalam pencarian jati diri

Modern Combat Blackout tersedia dengan harga $ 19, 99, secara eksklusif di Nintendo eShop untuk Nintendo Switch.

di sini.

Continue Reading

Nintendo Console

Modern Combat Blackout Akan Tiba Di Nintendo Switch

Published

on

By

GwiGwi.com – Gameloft, pemimpin dalam pengembangan dan penerbitan game mobile, mengumumkan peluncuran Modern Combat Blackout di Nintendo Switch ™ mendatang. Berdasarkan Modern Combat 5 yang populer, yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali di perangkat seluler, Modern Combat Blackout menghadirkan aksi intens dan grafik yang memukau ke sistem Nintendo Switch.

Modern Combat 5 adalah tolok ukur untuk aksi FPS pada perangkat seluler dengan grafiknya yang tak tertandingi dan sembilan kelas unik untuk dikuasai dalam mode multiplayer atau dalam kampanye pemain tunggal yang intens. Modern Combat Blackout menghadirkan fitur-fitur yang menjadikan permainaan ini sukses di ponsel dan dirancang khusus untuk Nintendo Switch:

  • PILIH FAVORIT KELAS ANDA: Temukan gaya bermain yang cocok untuk Anda di antara sembilan kelas yang dapat disesuaikan agar pemain dapat naik level melintasi pemain tunggal dan multiplayer, termasuk Assault, Heavy, Recon, Sniper, Support, Bounty Hunter, Sapper, X1-Morph atau Commander.
  • MULTIPLAYER BERKUASA TINGGI: Menyebarkan pasukan untuk bentrokan epik di Pertempuran Tim dan pertandingan Free-For-All online.
  • KAMPANYE INTENSE SOLO: Mainkan misi Spec-Ops yang menantang untuk adrenalin yang nyata. Misi cerita yang serba cepat dengan berbagai tantangan akan membawa pemain dari Tokyo ke Venesia.
  • PROGRESI YANG TIDAK DIAKTIFKAN: Kemajuan karakter dalam mode apa pun, permainan solo atau multiplayer dan kemampuan menonton yang berkembang.
  • KONTROL PRIBADI: Kontrol intuitif, sangat dapat disesuaikan memungkinkan pemain untuk bertarung seperti yang mereka inginkan untuk pengalaman konsol sejati.
Baca Juga:  Review Film Toy Story 4, berhasil membuat kita nangis lagi?

“Waralaba Modern Combat adalah tolok ukur untuk game FPS di ponsel sejak angsuran pertama dirilis pada 2009,” ujar Carlos Zarate, Manajer Game untuk Modern Combat Blackout di Gameloft. “Kami sangat senang membawa franchise Modern Combat kami yang sukses ke pemain Nintendo Switch dan meminta mereka menemukan pengalaman tunggal dan multiplayer yang kuat.”

Modern Combat Blackout akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang dengan harga $ 19, 99, secara eksklusif di Nintendo eShop untuk Nintendo Switch.

Continue Reading
Advertisement SGCC 2019
Advertisement DICARI REPORTER
Advertisement

GwiGwi Space

GWIDEV

Trending