Connect with us

Nintendo Console

Review Game Nintendo Switch, Arena of Valor, ketika moba analog resmi di konsol

Published

on

GwiGwi.com – Portingan game mobile bukanlah hal yang baru pada Nintendo Switch. Konsol hibrida ini dibanjiri banyak judul game yang menarik perhatian para pengguna ponsel pintar, tapi hanya ada beberapa judul yang mampu menyaingi kehebatan game MOBA fenomenal, Arena of Valor. Arena of Valor adalah salah satu game dengan pengguna terbanyak, 200 juta, dan sekarang menjadi salah satu game yang dilombakan dalam turnamen eSport. Kalian mungkin tidak mengenali AoV meski AoV punya pemain aktif sebanyak 80 juta orang tiap harinya. Meski begitu, AoV adalah game besar dan versi portingan ke Switch juga berita yang besar.

Meski sangat terkenal di china, AoV tidak begitu terkenal di barat tapi Tencent punya rencana besar untuk versi Nintendo Switch dengan memberikan versi portingan ini dengan remake yang serius. Versi portingan ini bukan sekedar kopian ala kadarnya dari versi ponsel pintar, dengan dukungan hardware yang lebih mumpuni, tampilah AoV mengalami peningkatan yang signifikan dari model karakter sampai dinamika pencahayaan yang lebih halus dan nyaman dilihat. Tencent bahkan menugaskan tim pembuat yang berbeda untuk menggarap versi Nintendo Switch ini, meski begitu dengan adanya perubahan2 ini berarti tidak ada kesempatan untuk bermain lintas platform.

Pada dasarnya, AoV adalah MOBA klasik (Tencent juga merupakan pemilik developer Riot Games yang membuat League of Legends yang bisa dijadikan rujukan). Bermain 1 vs 1 atau 5 vs 5, kalian akan menggunakan mode pandangan top-down untuk mengendalikan hero pilihan kalian dalam usaha menghancurkan core tim musuh di sisi map yang lain (tentunya sambal melindungi core tim kalian). Tiap map dibagi menjadi 3 kanal, dengan tiap kanal dilindungi tower pertahanan.

Tower pertahanan ini akan menyerang semua target yang mendekat, jadi kunci permainan adalah dengan menunggu pasukan yang dikendalikan AI (atau lebih dikenal dengan sebutan minions) untuk mendistraksi serangan tower saat kalian menyerang. Kadang dalam permainan, kalian akan lebih sering meyerang sedikit demi sedikit di 1 sisi untuk menghancurkan tower ini meskipun musuh kadang bisa menyerang balik di sisi lain. Menjaga tower kalian tetap berdiri bukan hanya salah satu bagian dari taktik bertahan, tapi juga membantu hero kalian tetap hidup karena tower-tower ini punya HP dan akan memulihkan sebagian HP hero kalian. Jadi bergantian dalam menyerang dan bertahan adalah hal yang wajib dilakukan.

Ada 39 hero yang bisa kalian pilih, yang menunjukkan kalua AoV sudah bertahan cukup lama di pasar mobile game dan seberapa besar support yang didapat AoV sejak peluncurannya. Hero – hero ini dibagi dalam kategori yang familiar (tank, warrior, mage, dll), kalian harus mempelajari mekanisme penggunaan hero – hero “main” agar kalian bisa mengganti pilihan kalian di lobby sebelum memulai permainan. Hal ini perlu kalian lakukan supaya komposisi tim kalian tidak kacau balau karena game ini adalah game yang mengandalkan kerja sama tim. Kalua kalian tidak mempelajari dan menggunakan fitur on-screen message, seperti kemampuan untuk membuat penanda di map agar tim kalian segera menuju ke arah penanda tadi, kalian akan mati dengan cepat.

Baca Juga:  Review Film Spies in Disguise, Aksi Spionase Kocak yang Sangat Menghibur

Hal yang paling menonjol adalah bagaimana Tencent sukses mendadopsi control AoV ke JoyCon/Pro Controller yang digunakan Switch, juga bagaimana Tencent membuat tiap fungsi tombol seperti mengambil item, mengeluarkan serangan disaat yang tepat mudah digunakan. Penggunaan tombol-tombol yang ada di Switch terasa sangat natural, bahkan kalian bisa melihat-lihat kondisi map dengan menekan salah satu titik di map saat kalian menunggu hero kalian respawn.

Kalian bisa meng-upgrade serangan-serangan ini dengan menekan tombol X saat ada notifikasi pada setiap pertandingan atau kalian bahkan bisa mengatur agar semuanya bisa diupgrade dan dibeli secara otomatis sehingga kalian bisa fokus pada pertarungan, kalua kalian memang tidak begitu tertarik mengatur status hero kalian. Meski status hero-hero kalian sudah diatur sedemikian rupa untuk menjaga keseimbangan saat dimainkan di konsol, ada banyak hal-hal yang bisa kalian pelajari. Hal-hal ini tidak serumit seperti dalam League of Legends, tapi memang AoV memakai sebagian sistem dari LoL dalam system mereka.

Meski dipresentasikan dengan baik, AoV tetap memiliki kekurangan. Salah satu contohnya adalah saat kalian memilih karakter, game terasa melambat. Juga cara AoV memuat profil dari tiap pemain saat menyiapkan pertandingan bisa membuat waktu menunggu jadi sangat lama. Suara dari tiap-tiap hero juga terasa biasa saja, tapi desain hero2nya (meski ada beberapa yang terlihat membosankan) sangatlah bagus. Bahkan ada dukungan ke beberapa karakter dari DC Comic. AoV dijalankan pada 30fps, walau kadang ada penurunan performa saat ada banyak hero di satu layar secara bersamaan, tapi tidak begitu mempengaruhi kenikmatan bermain.

Hal yang perlu diingat adalah AoV bisa dimainkan dengan gratis, jadi kalian bisa mengunduh game ini dan langsung bermain. Kalian juga bisa memainkan hero-hero yang sekarang tersedia, meski kalian hanya bisa menaikkan level profisiensi hero yang kalian miliki saja. Kalian bisa membuka hero-hero ini seiring berjalannya waktu, tapi kalua kalian ingin benar-benar segera memakai hero-hero yang kalian sukai, kalian harus rajin mencari gold dalam game atau kalian bisa memebelinya dengan uang. Tencent mengkonfirmasi kalua kalian tidak memerlukan subskripsi Nintendo Switch Online untuk memainkan AoV, jadi kalian bisa memainkan game ini tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan ada mode permainan special bernama Hook Wars dimana kalian bisa menggunakan Joy-Cons untuk memainkan mini-game bebasis motion-control yang tersedia pada akhir pekan.

Kesimpulan

Tencent berharap port konsol AoV bisa membawa kesuksesannya di dunia gaming ponsel pintar ke Nintendo Switch dan dengan gameplay dan konsep MOBA yang solid dan bisa dimainkan dengan gratis, tak ada alasan untuk tidak bisa mencapai kesuksesan yang sama dalam bulan-bulan atau tahun-tahun mendatang. Meski memiliki masalah teknis saat dirilis, hal tersebut tidak menafikan fakta bahwa Switch punya game MOBA yang solid sekarang. Salah satu game ponselpintar paling ramai dimainkan di dunia sekarang ada di Switch, hal yang patut dirayakan.

Gaming

5 Seri Terbaik Game The Legend of Zelda yang Wajib Dicoba!

Published

on

GwiGwi.com – Bagi anak gaming era 90an pasti sudah tak asing dengan nama Zelda. Serial game yang dikenal dari konsol nintendo ini, mampu menarik perhatian pecinta gaming. The Legend of Zelda dibuat pada tahun 1986, game ini di desain oleh Shigeru Miyamoto yang juga membuat Mario Bros. Zelda sendiri adalah nama karakter permaisuri di game tersebut, dan Link adalah tokoh utama yang berperan sebagai Hero.

Mulai dari 1986 dan hingga kini ada banyak sekali franschise seri dari game tersebut. Mulai dari konsol Famicom, NES, SNES, hingga Nintendo Switch pasti ada saja game Zelda yang dirilis. Tapi ada beberapa game The Legend of Zelda terbaik loh yang wajib kamu coba. Ini dia 5 seri terbaik game The Legend of Zelda yang wajib kalian coba

1. The Legend of Zelda : Ocarina of Time

Game ini adalah seri ke 5 dalam grafik 3D. Dirilis pada konsol nintendo 64 pada tahun 1998. Game dengan genre petualangan ini, menceritakan Link yang harus menyelamatkan tanah fantasi Hyrule dari upaya kejahatan Raja Ganondorf. Aksi 3D yang menarik dan musik soundtrack yang bagus, menjadikan game ini layak untuk dicoba. Hal ini terbukti dengan meroketnya penjualan yang terjual hingga 820.000 kopi di Jepang sendiri.

2. The Legend of Zelda : Majora’s Mask

Game ini pertama kali rilis pada tahun 2000 di konsol nintendo 64. Game ini menawarkan petualangan yang sangat kompleks. Link harus menyelamatkan dunia hanya dengan waktu tiga hari saja. Ditambah dengan beberapa puzzle yang harus diselesaikan. Kehadiran kekuatan topeng juga menjadi daya tarik game ini, Link bisa mengganti karakter apa saja dengan memakai topeng.

Game ini disambut baik oleh kritikus games karena grafiknya yang bagus, dan ceritanya yang rumit. The Legend of Zelda : Majora’s Mask berhasil terjual sekitar 3,3 juta kopi di seluruh dunia. Kesuksesan game ini membuat Nintendo untuk merilis ulang pada nintendo 3DS pada tahun 2015.

Baca Juga:  Review Film Cats, Indah Lagunya namun Seram Wujudnya

3. The Legend of Zelda : Spirit Tracks

Nah bagi yang punya konsol nintendo DS, game The Legend of Zelda : Spirit Tracks wajib banget dicoba. Game ini rilis pada tahun 2009 di konsol nintendo DS dimana cara bermainnya bisa menggunakan dengan stylus. Grafis dari game ini cukup bagus walau dengan karakter kartun. Namun game ini mempunyai alur cerita yang menarik, yaitu harus menyelamatkan kota dari ulah jahat. Dengan menaiki kereta uap, kita bisa merasakan sensai layaknya masinis kereta.

4. The Legend of Zelda : Breath of The Wild

Tahun 2017 merupakan lahirnya game ini, yang bisa dimainkan di konsol nintendo Wii U. Game ini pertama kali menghadirkan konsep open world. Pemain bisa menjelajahi dunia Hyrule dengan sangat luas, pemain juga bisa membuat karakter Link berlari, memanjat, berenang hingga berburu. Namun sayang, kurang lakunya nintendo Wii U, game ini tidak terlalu booming.

Namun saat nintendo Switch keluar, The Legend of Zelda : Breath of Wild dirilis ulang kembali dan menyabet penghargaan game terbaik tahun 2019, dengan terjual lebih dari 15 juta kopi diseluruh dunia.

5. The Legend of Zelda : Link Awakening

Nah yang lagi banyak dibicarakan adalah seri The Legend of Zelda : Link’s Awakening. Sebenarnya game ini dirilis pertama kali pada tahun 1993 pada konsol GameBoy. Dengan grafis yang hanya hitam putih saat itu, lalu game ini di remake kembali pada konsol GameBoy Color untuk merasakan sensasi bermain dengan penuh warna.

Karena game ini terlalu bagus, akhirnya Nintendo memutuskan untuk meremake kembali untuk konsol nintendo switch pada tahun 2019 ini. Tentu dengan grafis yang lebih baik dan imut, membuat pemain nostalgia sekali.

Gak harus Super mario bros saja yang punya game bagus. Serial Zelda juga sangat menantang untuk dimainkan. Nah itulah 5 serial game The Legend of Zelda yang wajib kamu coba. Apakah gwiples sudah memainkan semua game diatas?

 

 

Continue Reading

Event

Event Terbaru Winter Wonderland dari Overwatch Telah Dibuka!

Published

on

GwiGwi.com – untuk kalian para pemain Overwatch, Ini saat yang tepat untuk berpesta sambil melakukan serangkaian aktivitas musim dingin! Winter Wonderland 2019 telah dibuka untuk PC, Xbox One, PS4, dan Nintendo Switch. Hadiah baru akan tersedia tahun ini, jadi, jangan lupa untuk log in dari tanggal 12 Desember hingga 3 Januari untuk menambah koleksimu!

MODE BARU: SNOWBALL DEATHMATCH

  • Event Winter Wonderland tahun ini mendatangkan mode game mini, bernama “Snowball Deathmatch.”
  • Ini adalah game 8-pemain, free-for-all deathmatch dimana semua pemain akan bermain sebagai Mei dengan senjata yang telah dimodifikasi, mirip seperti yang ia bawa di Snowball Offensive.
  • Mei akan mendapatkan ability baru dalam mode permainan ini, yaitu “Catch” – yang dapat digunakan untuk menangkap bola salju milik lawan, jika berhasil, akan menambahkan jumlah amunisi yang kamu miliki.
  • Pemain yang berhasil mendapatkan 15 eliminasi akan menjadi pemenang!
Baca Juga:  Review Film Cats, Indah Lagunya namun Seram Wujudnya

WEEKLY CHALLENGE

  • Weekly Challenge akan kembali hadir dalam Winter Wonderland, dapatkan hadiah spesial terbatas dengan memenangkan 9 pertandingan.
  • Hadiah termasuk beragam player icon, spray, dan skin Epic!
    • Minggu 1: Ugly Sweater Soldier:76 (Epic)
    • Minggu 2: Holly Moira (Epic)
    • Minggu 3: Snow Angel Mercy (Epic)
    • Menangkan hadiah tambahan dan Blizzard Balance dengan mendaftar di halaman event weekly Challenge!
    • 12 Hari penuh dengan Christmas Challenge
      • Daftarkan diri di halaman event weekly challenge
      • Event sosial akan diumumkan pada tanggal 13 Desember melalui halaman Facebook Overwatch SEA
      • Selesaikan challenge untuk memenangkan Nintendo Switch dan banyak lagi!

COSMETIC BARU

  • 4 Skin Legendary
    • Jotunn Doomfist
    • Mountain Man McCree
    • Rat King Reaper
    • Rime Sigma
  • 3 Skin Epic
  • Player Icon, Spray

Saksikan video peluncuran Winter Wonderland 2019, yang akan menampilkan cosmetic baru yang akan tersedia selama event

Continue Reading

Gaming

Pre Order Asphalt 9: Legends Untuk Switch Sudah Dibuka dan GRATIS

Published

on

GwiGwi.com – Pemimpin dalam pengembangan dan penerbitan game Gameloft, mengumumkan bahwa Asphalt 9: Legends, entri terbaru dalam waralaba balap mobil yang paling banyak diunduh, dan mendapatkan multi-penghargaan di dunia, akhirnya tersedia untuk pre-order untuk Nintendo Switch ™ di Nintendo eShop. Asphalt 9: Legends akan diluncurkan di seluruh dunia sebagai game gratis untuk diunduh pada 8 Oktober 2019.

Asphalt 9: Legends for Nintendo Switch diluncurkan dengan semua kesenangan arcade dan mode gameplay dari rilis asli, termasuk permainan online, kru multipemain, mobil berlisensi terkenal di dunia dan trek menakjubkan melalui kampanye pemain tunggal yang kuat. Asphalt 9: Legends diluncurkan dengan hampir 60 mobil super dan hiper termasuk beberapa mobil tercepat, terlangka, dan paling bergengsi yang pernah dibuat, seperti Bugatti Chiron, McLaren P1 dan Lamborghini Terzo Millennio. Sedangkan untuk versi mobile dan PC game, Gameloft akan memperbarui Asphalt 9: Legends dengan konten baru dari waktu ke waktu, termasuk mobil dan trek baru.

Selain itu, Asphalt 9: Legends for Nintendo Switch memperkenalkan fitur-fitur eksklusif, seperti multiplayer layar terpisah lokal dan mode Quick Race baru, dimainkan offline dan online. Permainan ini mendukung hingga 8 pemain dalam permainan online gratis-untuk-semua dan hingga empat layar pemain lokal. Fungsionalitas layar terbagi memungkinkan pemain untuk balapan di 41 trek yang tersedia, dengan hingga tiga lawan lokal dengan mode gameplay offline baru.
Opsi kontrol dirancang agar sesuai dengan Nintendo Switch, memungkinkan untuk berbagai gaya permainan, menggunakan pengontrol Nintendo Switch Joy-Con ™, Pengendali Nintendo Switch ™ Pro, kontrol gerakan gyroscopic, kontrol layar sentuh, atau Touchdrive ™ inovatif, pendekatan baru untuk kontrol pengendaraan yang menambah lapisan keputusan strategis untuk kesenangan sematadi arena balap.

Baca Juga:  Review Film Dolittle, Sang Dokter datang Membawa Tawa

Eksklusif untuk versi Nintendo Switch dari Asphalt 9: Legends adalah decal biru dan merah untuk BMW Z4 LCI E89, tersedia untuk semua pemain untuk dibuka. Akhirnya, Asphalt 9: Legends for Nintendo Switch bebas untuk diunduh, dan keanggotaan Nintendo Switch Online tidak diperlukan untuk mengunduh dan bermain online. Gameloft membawa standar tertinggi mengenai monetisasi freemium dan pemain akan dapat menikmati game dan membuka semua konten tanpa melakukan pembelian dalam game.

Continue Reading

Trending