Connect with us

News

Nokia Resmi Memperkenalkan Nokia 8.1 di Dubai, Upgrade atau Downgrade?

Published

on

GwiGwi.com – HMD Global selaku produsen smartphone merk Finlandia, Nokia, baru saja resmi mengumumkan Nokia 8.1 di Dubai. Perangkat ini menjadi penerus Nokia 7 Plus dan juga Nokia 8 dimana Nokia 7 Plus adalah generasi lebih baru. Nokia 8.1 memiliki titik harga yang sama dengan Nokia 7 Plus namun dengan beberapa upgrade di sektor-sektor tertentu. Seperti apa Nokia 8.1 ini? Apakah worth the Upgrade?

Salah satu upgrade signifikan dari Nokia 8.1 jika dibandingkan dengan Nokia 7 Plus adalah penggunaan Qualcomm Snapdragon 710 dengan 8 otak Kryo 360, dan ditemani oleh Adreno 616 sebagai GPU-nya. Nokia mengklaim bahwa dengan menggunakan Snapdragon 710, Nokia 8.1 mampu mencapai peningkatan hingga 35% di segi grafis, dan juga 20% secara keseluruhan jika dibandingkan dengan Nokia 7 Plus. Sayangnya, ini berarti adalah sebuah downgrade dari perangkat Nokia dengan nama serupa yaitu Nokia 8 (2017) yang memiliki chipset kelas flagship yaitu Snapdragon 835.

Untuk perihal layar, Nokia menyematkan layar 6.18inci FHD+ (FullHD+) dengan sertifikasi HDR10 untuk memberikan kualitas layar yang lebih cerah dan sinematik. Nokia 8.1 ini didukung dengan RAM sebesar 4GB dan memori penyimpanan internal sebesar 64GB. Selain itu Nokia juga menyematkan baterai yang cukup oke yaitu dengan besar 3500mAh dan mendukung Fast Charging. Nokia juga menyematkan 2 hal yang sudah mulai hilang di beberapa perangkat kompetitor yaitu slot MicroSD hingga 400GB, dan juga colokan earphone 3.5mm Jack.

Baca Juga:  Xiaomi Play, gaming smartphone Xiaomi akan rilis 24 Desember?

Soal Kamera, Nokia 8.1 memiliki kamera belakang dengan sensor 12megapiksel f/1.8 dengan Sony IMX 363 dengan Zeiss Optics dan juga kamera portrait 13 megapiksel yang diklaim mampu memberikan kualitas foto studio. Kamera utamanya memiliki sensor ukuran 1.4 micron pixel, dan juga kali ini sudah mendukung OIS. Kamera depan didukung oleh kamera 20 megapiksel dengan teknologi four-to-one yang membuat kamera ini memiliki performa yang cukup baik di kondisi low-light. Fitur dari Nokia yaitu Bothie yang memanfaatkan kamera depan dan belakang sekaligus juga turut hadir disini.

Soal Body, Nokia 8.1 terbuat dari Aluminium 6000 yang membuat smartphone ini cukup durable untuk penggunaan sehari-hari hingga sedikit extreme.  Namun, tanpa perlindungan extra untuk air.

Dengan Android One, Nokia 8.1 memiliki seluruh fitur yang telah diberikan Google untuk Android Pie di dalam perangkat ini. Perangkat ini juga menjadi perangkat pertama Nokia dengan Android Pie sejak boxnya dibuka.

Nokia mempersiapkan smartphone ini dengan harga 450 usd atau sekitar 6,5 juta rupiah dan akan hadir dalam 3 warna yaitu Iron/Steel, Blue/Silver, and Steel/Copper. Nokia juga dikabarkan akan segera meluncurkan perangkat ini ke beberapa negara Global termasuk salah satunya adalah India. Belum ada kabar apakah Nokia 8.1 ini akan hadir di Indonesia juga dan berapa harganya. Mungkin kita tunggu saja.

Baca juga: Dua Gadget dengan Daya Tahan Baterai Terbaik Saat Ini

Freelancer serabutan yang demenannya beragam sampai tidak jelas kemana. Saat ini sedang berkutat sebagai Web Developer sembari mengupdate informasi tentang Gadget Teranyar yang biasanya berada di segmentasi affordable hingga high end flagship. Selain itu juga jadi Youtuber untuk GwiGwi. Kontak: fsp@giwgwi.com.

Advertisement
Click to comment

Japan

Fashion Terbaru Jepang yang Membawa Suasana Tradisional Terasa Kembali

Published

on

By

GwiGwi.com – Samurai-Style merupakan fashion terbaru Jepang yang beberapa tahun terakhir ini sedang menjadi sorotan. Bagaimana tidak, desain pakaian modern namun terinspirasi dari pakaian tradisional tersebut membuat tampilan menjadi unik.

Takahiro Sato yang merupakan desainer Samurai Style dari brand Kuden, mengatakan kalau ia terinspirasi saat menemukan kimono dan set haori hakama miliknya yang pernah ia kenakan. Ada kenangan sekaligus nilai tradisional yang ia rasakan.

Sehingga gagasan untuk bisa menghidupkan kembali pakaian tersebut terlahir dan Kuden mulai membuat rancangan style tersebut.

Baca Juga:  Realme U1 Mendarat di Indonesia! Berikut Spesifikasi dan Harganya

Meskipun Samurai Style ini merupakan pakaian tradisional namun penampilan orang yang mengenakannya tetap bergaya dan unik. Sehingga tidak heran bila banyak yang meminatinya apalagi para pencita mode.

Continue Reading

Japan

Rika Kihira, Atlet Ice Skating Muda Asal Jepang Memenangkan Grand Prix Final

Published

on

By

GwiGwi.com – Pemain Ice Skating muda asal Jepang, Rika Kihira yang masih berusia 16 tahun memenangkan Grand Prix Final dengan meraih skor gabungan 233,12.

Biarpun sebelumnya mengalami sedikit kesalahan, tersandung ketika melakukan lompatan, namun skor tersebut tetap melampaui skor yang pernah didapatkan di pertandingan sebelumnya  224,31.

Kihira termotivasi memenangkan pertandingan  karena kegagalan yang pernah ia dapatkan pada musim lalu. Ia berjanji pada dirinya sendiri tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah ia buat saat pertandingan Ice Skating pada musim ini.

Baca Juga:  Asus Zenfone Max Pro M2 akan rilis 11 Desember 2018 sebagai smartphone gaming?

Sementara untuk posisi kedua diraih oleh Alina Zagitova dari Rusia dengan poin 225,53. Kompetisi Ice Skating ini sepenuhnya diikuti oleh atlet perempuan asal Jepang dan Rusia.

Continue Reading

News

Samsung Galaxy A8s, Smartphone Infinity-O Pertama Rilis di China!

Published

on

By

GwiGwi.com – Samsung baru saja memperkenalkan smartphone pertama mereka dengan kamera in-display, yaitu Galaxy A8s di China. Berapa harganya kira-kira? Berikut adalah spesifikasinya.

Galaxy A8s ditenagai oleh prosesor dari Qualcomm Snapdragon 710 dan dibalut bersama dengan opsi RAM 6GB atau 8GB. Untuk perihal penyimpanan, Galaxy A8s memiliki memori penyimpanan internal sebesar 128GB, dan bisa ditambah dengan memori external melalui microSD hingga 512GB. Kamera utama Galaxy A8s memiliki setup yang sama persis dengan Galaxy A7, sedangkan untuk kamera depan, Samsung menyematkan sensor sebesar 24 megapiksel yang tertanam dalam layar.

Galaxy A8s saat ini berada dalam trend baru yang kemungkinan menjadi trend smartphone di tahun 2019 setelah layar dengan poni atau notch sudah menjadi trend di 2018 sejak diperkenalkan pertama kali di iPhone X. 2 perangkat yang sudah memiliki trend “hole-punch” yaitu Galaxy A8s dan juga Honor View 20. Nantinya layar hole-punch ini akan menjadi rumah baru kamera selfie, dengan konsep yang berbeda dari pendekatan yang digunakan oleh OPPO Find X ataupun Xiaomi Mi Mix 3.

Baca Juga:  Realme U1 Mendarat di Indonesia! Berikut Spesifikasi dan Harganya

Untuk soal harga, Samsung belum siap memperlihatkannya. Samsung juga belum memberitahukan apakah nantinya smartphone ini akan dirilis secara luas, atau terbatas mungkin hanya di China saja. Namun mengingat Galaxy A8 Star yang sudah muncul di Indonesia setelah sebelumnya hanyak eksklusif di China, mungkin Galaxy A8s ini nantinya akan hadir juga di Indonesia.

Baca juga: Dua Gadget dengan Daya Tahan Baterai Terbaik Saat Ini

Continue Reading

Trending