Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Lokal

Liputan Ideafast 2022 Hari Terakhir

Published

on

GwiGwi.com – Di hari terakhir IDEAFEST 2022 saya baru tiba di sore hari. Bisa dibilang telat. Saat saya mengira isinya adalah tentang “dakwah” motivasi, networking, etc, ternyata memang ada, tapi yang melenceng jauuuh dari itu lebih dominan. Karena hari itu dikhususkan untuk LUCU FEST yang diselenggarakan Majelis Lucu Indonesia (MLI).

Maaf Anda Melihat Iklan

Saya melesat ke STAND UP COMEDY STAGE di mana komika Gautama di sesi KOMEDI CERDAS sedang berlangsung. Sebelumnya saya tidak pernah menonton langsung aksi stand up orang indonesia. Saya hanya pernah menonton spesial komedian AS di Netflix seperti Chris Tucker dan Dave Chapelle. Saya tak bisa bilang saya menikmati tapi saya jadi paham pesonanya dan sebenarnya cukup kaget melihat begitu baaanyak kursi terpenuhi penikmat komedi ini.

Di Ruang Cendrawasih sedang ada Cinta Laura yang sedang berbagi cara pandangan hidupnya seperti; harus berinvestasi pada diri sendiri juga lead a purposeful life/berkehidupan yang bermakna.

Dengan aksen rada englishnya yang khas, dia juga bercerita tentang bagaimana screen time penggunaan Handphone hanya berkisar 2,5 jam selama seminggu. Bangga dengan prestasinya ini, dia mengajak penonton untuk berbuat yang sama dan menikmati berbagai keindahan hidup di luar sana.

Saya kemudian berpindah ke NOICE PODCAST ROOM dan duduk menunggu sesi yang saya tak sangka ada dan selalu diam-diam berharap bisa melihat langsung, yakni sesi BERBEDA TAPI BERSAMA dengan Habib milenieal Husein Jafar Al Hadar yang sedang tren berkat konten PEMUDA TERSESAT (dakwah komedi Habib dengan tandem Coki dan Tretan Muslim).

Bertemakan Logika dan Agama, Habib mengobrol dengan Cania Citta Irlanie yang terkenal karena pandangan out of the box sekulernya. Cania berpendapat soal relativitas moral dan bagaimana orang baru bisa menerima fakta itu benar kalau ada bukti realitasnya.

Habib Jafar berkata orang yang berpegang pada logika salah satu tantangannya adalah berpikir kehidupan itu bebas sebebas-bebasnya.

“Padahal menurut gua, kebebasan itu akan dibatasi paling tidak oleh kebebasan orang lain agar tidak saling tabrak..,” tukasnya.

Dialog ini sesekali diselipi candaan nyentil khas Habib yang sepertinya belajar dari Coki dan Tretan Muslim. Seperti saat membahas sikap sok merasionalisasi hal tidak rasional dalam Islam dengan contoh atom yang dikira Zarah (partikel terkecil dalam bahasa Al-Qur'an),

“Terus orang-orang Islam yang sok-sok open minded, ‘Oh, Zarah itu berarti atom,' ketika yang terkecil itu atom. Tapi ketika perkembangan science kemudian berkembang dan yang terkecil bukan lagi atom, lu mau ke mana? Apa Al-Qur'an-nya salah? Bahaya kan? Jadi Cania gua,” canda Habib yang disambut gelak tawa penonton.

Baca Juga:  Fortune Light Festival “Japan Week Festival” Siap Diselenggarakan

Di akhir dialog, Habib menyampaikan tujuan tema dan mengundang Cania, “Makanya gua bilang kan, gua butuh orang seperti Cania sebenarnya. Untuk membersihkan mitos-mitos yang berkeliaran di sekitar gua yang mengatasnamakan agama. Di sana sebenarnya fungsi logika, fungsi science, itu di sana, membersihkan mitos-mitos yang mengatasnamakan agama..”

Dialog selesai, saya menghampiri Habib untuk berfoto. Beliau memang sehangat impresi saya dari berbagai video dakwahnya. Meskipun telat dan tak full nyemplung LUCU FEST ini, pertemuan kecil tersebut terasa worth it sekali.

Kemudian acara utama yang tampaknya paaling ditunggu fans MLI, SPECIAL NIGHT yang menampilkan Dodit Mulyanto, trio GJLS; Hifdzi, Rispo dan Rigen, Stand Up Perdana Deddy Corbuzier dan penutup ultimate-nya, show panggung terakhir Coki dan Tretan Muslim.

Sesi Dodit yang menghangatkan suasana membuat saya akhirnya tertarik stand up komika Indonesia, tapi follow up-nya oleh GJLS yang terkesan kacau mungkin mematikan rasa itu. Stand Up Deddy lebih ke curhat bukan berkomedi rasanya. Aksi panggung terakhir Coki dan Muslim? Gilani parah.

Dark jokes Coki dan celetukan lucu Muslim digas penuh. Puncaknya saat Muslim memanggil teman-teman cacatnya (mereka sudah berdamai dengan kondisi mereka kata Muslim) untuk beraksi. Its insane and i think everybody is losing it. Laugh like crazy.

Hal yang paling berkesan dari hari terakhir IDEA FEST ini adalah pentingnya bertemu offline. Beberapa kali saya ingin memotret atau merekam lebih banyak tapi saya tahan karena ingin menikmati langsung acaranya.

Dave Chapelle pernah bilang pada fans yang ingin berfoto, “Kita di sini bukan untuk berfoto tapi membuat memori.”

Melihat, mendengar dan meresapi langsung wejangan Habib Jafar tanpa melalui gadget adalah pengalaman yang tak tergantikan resolusi layar setinggi apa pun.

Para public figure ini yang punya keberanian lebih menghadapi orang banyak are human nonetheless. Bukan karakter fiksi di layar yang tidak hidup, manusia yang layak dihargai dan dihormati. Mungkin itu salah satu gunanya mendatangi acara offline begini dan mungkin saya bisa dapat manfaat lebih banyak kalau tidak telat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lokal

Fortune Light Festival “Japan Week Festival” Siap Diselenggarakan

Published

on

GwiGwi.com – Setelah pada awal Desember 2022 kita sudah mengunjungi salah satu event akhir tahun bertajuk “Pop Kulture Fest” di Atrium Pannakukang Square. Kini bersamaan dengan peringatan tahun baru Imlek, Parfait Organizer, Infinity Square dan Reality Project menyelenggarakan event yang bertajuk Fortune Light Festival pada 13 Januari sampai 09 Februari 2023.

Maaf Anda Melihat Iklan

Khusus pada tanggal 28 dan 29 Januari 2023, Fortune Light Festival akan menyelenggaran “Japan Week Festival” yang berisi acara mulai J-Song Competition yang dijurikan oleh Drummer Profesional “Dody” dan Coswalk Competition yang dijurikan oleh dua Cosplayer Kondang “Ar Rai”dan “Wawo”. Pada acara kali ini didukung oleh beberapa komunitas jejepangan Makassar yakni Wibu PNUP, Weeb Unhas, dan Wibu Umi. Special Perfomance oleh Pianis yang bertalenta “Nekoraka Anipianis” dan Grup Cover Idol “Jetava”.

Baca Juga:  Review Anime Spy x Family Part 2

Jadi tunggu apalagi, mari meramaikan Fortune Light Festival “Japan Week Festival” pada 28 dan 29 Januari 2023. Banyak hadiah menarik melalui mini game disaat festival berlangsung ya.

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Temukan Fantasimu di Gelaran MyShowtime – Frosteria Magic 2022!

Published

on

By

GwiGwi.com – Apa itu fantasi? Kita mungkin memahaminya sebagai bentuk khayalan atau suatu imajinasi, yang intinya memungkinkan orang untuk lepas dari batas realita serta menjadi siapapun dan apapun yang mereka mau. Begitu pula dalam dunia cosplay yang dapat mewujudkan fantasi kita untuk menjadi jagoan super, karakter anime favorit, sampai sosok magis impian ke dalam kehidupan nyata.

Maaf Anda Melihat Iklan

Lewat event terbaru dari MyShowtime, platform komunitas dan rumah bagi content creator Indonesia untuk menuangkan kreativitas, yang bertajuk Frosteria Magic 2022, mengajak seluruh komunitas maupun para kreator konten dalam mewujudkan fantasimu di momen penghujung tahun ini!

Bebaskan imajinasimu dan berkreasi seunik mungkin untuk mengajak seluruh fans serta komunitas lainnya dengan segala hal bernuansa magis yang ingin kamu wujudkan dalam dunia nyata. Segera registrasi dirimu dan ikutan kompetisi cosplay online di MYSHOWTIME!

Proses pendaftaran tidak akan dipungut biaya sepeserpun dan dibuka hingga batas akhir pengiriman konten di tanggal 23 Desember 2022. Pihak Admin MyShowtime kemudian akan memilih salah satu foto untuk dibuatkan frame bertemakan event (untuk semua peserta), sebagai konten foto yang dikonteskan via Instagram (@myshowtimeofficial).

Simak ketentuan event dan mekanisme voting pemilihan pemenang dari event Frosteria Magic 2022, berikut ini:

1. Peserta harus terdaftar sebagai member MyShowtime (register via situs resminya) dan membuat profil Content Creator MyShowtime.

Baca Juga:  Review Anime Mob Psycho 100 III

2. Peserta mengupload konten berupa foto dan video untuk dilombakan melalui tools yang tersedia ke dalam profil miliknya masing-masing.

3. Tim Admin MyShowtime akan memilih satu foto untuk diedit dalam frame sesuai tema event, dan kemudian diupload pada akun resmi IG MyShowtime (@myshowtimeofficial).

4. Selama periode event (fase voting) dari tanggal 24 Desember 2022 – 3 Januari 2023, peserta dapat mempromosikan konten lomba miliknya di IG MyShowtime kepada para pengikutnya untuk mendapatkan LIKE.

5. Di akhir periode event, pada tanggal 4 Januari 2023, tim Admin MyShowtime akan menentukan pemenang yang terpilih berdasarkan jumlah LIKE terbanyak.

Menariknya, selain menyediakan total hadiah uang sebesar 10 juta rupiah untuk tiga pemenang event:

Juara 1: Rp5.000.000
Juara 2: Rp3.000.000
Juara 3: Rp2.000.000

MyShowtime juga menyediakan program apresiasi kepada user selama event Frosteria Magic 2022 di MyShowtime yang turut berkontribusi dengan membeli konten para peserta.

Content Buyers' Program akan mengundi sejumlah user di akhir periode event untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik bernilai total 5 juta Rupiah!

Pantau terus info terbaru dari event Frosteria Magic 2022 melalui postingan di akun Instagram MyShowtime. Jika masih ada pertanyaan terkait event, bisa langsung menghubungi Admin MyShowtime via Direct Message. Bersiaplah untuk mewujudkan fantasimu!

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Liputan Ideafest 2022 Hari Ke-2

Published

on

GwiGwi.com – Sabtu 26 November padahal bermaksud menghadiri Ideafest namun tak disangka ada acara kampanye politik juga berlangsung di GBK pada hari yang sama sehingga lalu lintas ke JCC jadi super macet belum lagi banyaknya sampah di sekitaran GBK. Setelah penuh perjuangan, akhirnya penulis dapat masuk ke lokasi Ideafest 2022. Jadwal Ideafest pada hari itu penuh dengan Ideatalk yang topiknya bervariasi seperti branding, lingkungan, sosmed, seni, dll.

Maaf Anda Melihat Iklan

Penulis sempat menghadiri Talkshow “ Reimagining The Nation’s Food Sources and Its Potential” dengan narasumber: dr. Driando dari Tempe Movement dan Jonathan Kurniadi dari Leanlab. Talkshow ini membahas alternatif makanan pokok yang sehat, terjangkau semua kalangan, dan dapat dibudidayakan secara local. Salah satunya adalah pengembangan tempe dari kacang-kacangan selain kacang kedelai sehingga tidak selalu bergantung pada kedelai import. Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak tantangan untuk mewujudkan impian ini karena kultur yang sudah lama melekat di masyarakat serta kepentingan politik dan ekonomi.

Baca Juga:  Review Anime Mob Psycho 100 III

Pada talkshow lain yang tidak kalah seru adalah “Is Doomsday Really Coming ? Entering 2023 With Cautions” yang narasumbernya Pak Chatib Basri dan Raymond Chin yang membahas isu resesi 2023. Untungnya bagi kita semua ya Gwiple, Pak Chatib bilang bahwa kemungkinan yang terjadi adalah perlambatan ekonomi dan bukan resesi sehingga tidaklah perlu cemas berlebihan.

Pelaksanaan acara-acara termasuk lancar pada hari itu walaupun adanya kemacetan karena acara politik di GBK, pemeriksaan tiket QR juga minim kendala. Layout booth yang banyak menawarkan produk-produk sponsor sudah rapi dan tidak sampai mengganggu alur lalu lintas pengunjung.

Ideafest tahun ini amat menyenangkan dan banyak menambah wawasan, semoga pada tahun 2023 juga dapat terlaksana dengan baik.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x