Connect with us

Gaming

Global Game Jam 2018 Kembali Tantang Developer Game Indonesia Unjuk Kebolehan

Published

on

GwiGwi.com – Game developer lokal yang tersebar di 12 kota di Indonesia akan berpartisipasi dalam Global Game Jam® (GGJ), pada 26-28 Januari 2018. Global Game Jam® (GGJ) adalah acara pembuatan game terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Global Game Jam, Inc., dan berlangsung serentak di beragam lokasi (Jam Site) yang tersebar di seluruh dunia. Acara yang sudah memasuki tahun ke-10 ini adalah hackathon untuk game developer. Indonesia telah terdaftar dan berpartisipasi sejak tahun 2014, dan Global Game Jam di Indonesia tahun ini berlangsung dengan dukungan HP Inc.

Maaf Anda Melihat Iklan

GGJ bertujuan memberikan kesempatan unik bagi komunitas game di seluruh dunia untuk menantang kemampuan dan cara bekerja mereka dalam waktu yang terbatas. Sejak pertama kali diadakan, GGJ telah menetapkan mekanisme yang sama yaitu membuat game prototype sesuai tema dan batasan waktu yang telah ditentukan, secara serentak. Para developer ditantang untuk merancang, mengembangkan, hingga menguji game dalam rentang waktu 48 jam sejak tema tahunan diumumkan di masing-masing Jam Site. Karya cipta yang dihasilkan di GGJ diharapkan dapat menjadi inspirasi dan memberikan berbagai gagasan baru untuk industri game dunia.

“Global Game Jam adalah sebuah gerakan dari pelaku industri game Indonesia dan dunia untuk membangkitkan semangat dalam mengembangkan game secara kolektif. Dukungan dari berbagai pihak sangat berarti bagi perkembangan industri game di Indonesia, maka kami senang tahun ini GGJ di Indonesia didukung oleh HP, dengan semangat inovasi yang diusungnya dan komitmennya untuk mengembangkan industri gaming di Indonesia,” kata Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Narenda Wicaksono.

Acara ini tidak terlepas dari berkembangnya industri game di dunia, di mana setiap tahunnya jumlah peserta (Jammer) dan lokasi GGJ terus meningkat, hingga tahun lalu tercatat lebih dari 36.000 peserta dari 95 negara di dunia, di antaranya Indonesia. Di antara peserta GGJ di Indonesia tahun lalu pun terdaftar dua nama besar developer game Indonesia yaitu, Agate Studio dan Toge Productions. Semangat inovasi dan kolaborasi yang diusung GGJ berbuah positif, dan pada tahun 2017, para developer Indonesia pun turut menyumbangkan 102 game. Selain mengembangkan game, hackathon skala global ini juga menjadi ajang bagi komunitas game untuk saling mengenal, berkumpul, bertukar pikiran, dan membuka kesempatan bagi mereka berkembang.

Baca Juga:  Razer Mengumumkan mengenai Razer Kaira Pro dan Kaira untuk Playstation.

Pendaftaran GGJ 2018 telah dibuka sejak 1 November 2017 melalui situs resmi GGJ. Peserta dapat memilih bergabung dengan Jam Site tertentu, dan mereka dapat melihat rundown acara, serta fasilitas apa saja yang disediakan masing-masing Jam Site.

Peserta dapat menguji game yang mereka buat dengan OMEN by HP workstations yang tangguh dan tersedia eksklusif di Jam Site Jakarta.“Kami senang bisa mendukung platform yang menghubungkan developer game pemula hingga profesional, sekaligus berperan aktif dalam mengembangkan industri e-sports di Indonesia. Dengan dukungan akses terhadap produk gaming HP yang dilengkapi teknologi terdepan, kami yakin para gamer dan developer di Indonesia dapat terus berinovasi dan mengasah kemampuan mereka untuk mendominasi arena gaming internasional,” kata David Tan, President Director HP Indonesia.

Di tanah air GGJ 2018 akan diselenggarakan di 12 lokasi berikut pada 26-28 Januari 2018:
● Jakarta (Lyto HQ)
● Depok (DiLo Depok)
● Bekasi (DiLo Bekasi)
● Bandung (Institut Teknologi Bandung)
● Semarang (Universitas Negeri Semarang)
● Solo (Solo Technopark)
● Kediri (SK Coffee Lab)
● Yogyakarta (ISI Yogyakarta, Bantul)
● Malang (DiLo Malang)
● Salatiga (Educa Studio HQ)
● Surabaya (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
● Bali (STMIK Primakara)

Tentang Global Game Jam
Global Game Jam adalah sebuah acara tahunan yang diadakan secara serentak di seluruh dunia sejak tahun 2009 dan dikelola oleh Global Game Jam,Inc. Di sini para developer game, profesional atau pemula, dapat berkumpul dan berkolaborasi bersama membuat sebuah game, baik itu digital maupun boardgame, dalam waktu hanya 48 jam di satu tempat, dan harus mengikuti suatu tema tertentu.

Situs resmi Global Game Jam: https://globalgamejam.org/
Facebook Global Game Jam: https://www.facebook.com/GlobalGameJam/
Situs resmi HP: http://www.hp.com/id

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mobile Gaming

Game Mobile ‘Saga of Tanya the Evil’ Akan Berakhir pada Januari 2022

Published

on

GwiGwi.com – Melalui Twitter game mobile Yōjo Senki – Madōshi Kaku Tatakaeri (Saga of Tanya the Evil – Such the Mages Did Clash) berdasarkan seri novel Carlo Zen dan Shinobu Shinotsuki yang berjudul Saga of Tanya the Evil (Yōjo Senki) mengumumkan bahwa game akan mengakhiri layanan pada 17 Januari.

Maaf Anda Melihat Iklan

Yōjo Senki – Madōshi Kaku Tatakaeri diluncurkan pada Desember 2020. Game ini didasarkan pada cerita anime, tetapi memiliki peristiwa cerita orisinal. Game gratis untuk dimainkan di perangkat iOS dan Android, tetapi dengan pembelian item dalam game.

Baca Juga:  BREAK ARTS II untuk PS4 akan diluncurkan pada 2 Desember

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Game Final Fantasy XIV Kini Memiliki 25 Juta Akun Terdaftar

Published

on

GwiGwi.com – Square Enix ungkap bahwa game Final Fantasy XIV kini memiliki 25 juta akun terdaftar di seluruh dunia.

Maaf Anda Melihat Iklan

Ekspansi game “Endwalker”  akan dirilis pada 7 Desember. Mereka yang memiliki Early Access ke ekspansi baru memperoleh akses pada hari Jumat.

Square Enix merilis Final Fantasy XIV Online untuk komputer pribadi pada bulan September 2010. Setelah mendapat kritik dari penggemar, perusahaan tersebut mengungkapkan versi terbaru dari game berjudul Final Fantasy XIV: A Realm Reborn yang menambahkan dunia dan cerita baru. Final Fantasy XIV: A Realm Reborn diluncurkan di PC Windows dan PS3 pada Agustus 2013, dan kemudian di PS4 pada April 2014. Aplikasi pendamping gim untuk iOS dan Android diluncurkan pada Agustus 2019.

Baca Juga:  Razer Mengumumkan mengenai Razer Kaira Pro dan Kaira untuk Playstation.

Square Enix merilis ekspansi pertama untuk Final Fantasy XIV: A Realm Reborn, berjudul “Heavensward,” pada Juni 2015. Ekspansi kedua, “Stormblood,” diluncurkan pada Juni 2017. Ekspansi ketiga, “Shadowbringers,” diluncurkan pada Juli 2019. Game ini diluncurkan untuk PlayStation 5 pada 25 Mei.

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

PlayStation Console

Saingi Xbox Game Pass, Sony akan Luncurkan Layanan Baru untuk PlayStation di Musim Semi 2022

Published

on

GwiGwi.com – Situs web berita Bloomberg melaporkan pada hari Jumat bahwa Sony berencana untuk meluncurkan layanan baru pada musim semi 2022 yang akan menyaingi layanan Microsoft Xbox Game Pass.

Maaf Anda Melihat Iklan

Menurut laporan tersebut, layanan tersebut akan tersedia untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5, dan akan memungkinkan pengguna membayar biaya bulanan untuk mengakses katalog game modern dan klasik. Bloomberg menyatakan rencananya termasuk sistem berlangganan tiga tingkat. Tingkat pertama akan menampilkan manfaat PlayStation Plus yang ada, tingkat kedua akan menawarkan judul PS4 dan PS5, dan tingkat ketiga akan menambahkan demo yang diperluas, streaming game, dan katalog game PlayStation 1-3 dan PlayStation Portable.

Laporan tersebut menyatakan bahwa layanan tersebut diberi nama kode “Spartacus,” dan akan menggabungkan layanan PlayStation Plus dan PlayStation Now dari Sony saat ini. Bloomberg menyatakan dokumen yang ditinjau “menyarankan” Sony akan menghapus PlayStation Now tetapi akan mempertahankan PlayStation Plus.

Baca Juga:  Razer Mengumumkan mengenai Razer Kaira Pro dan Kaira untuk Playstation.

PlayStation Plus diperlukan untuk banyak game multipemain online, dan layanan ini juga menawarkan beberapa game gratis setiap bulannya. PlayStation Now memungkinkan pelanggan untuk melakukan streaming atau mengunduh game lama.

Sony tidak menanggapi permintaan komentar dari Bloomberg.

Xbox Game Pass adalah layanan yang memungkinkan pengguna membayar biaya berlangganan bulanan untuk mengakses perpustakaan game tanpa perlu membelinya satu per satu. Layanan ini diluncurkan pada Juni 2017, dan saat ini memiliki lebih dari 18 juta pelanggan.

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x