Di Jepang Ternyata Ada Hari Gunung Lho!

GwiGwi.com – Jepang terkenal sebagai negara  inovasi yang juga kaya akan kecantikan alamnya. Masyarakat dunia saat ini tak lagi mampu hidup tanpa kultur populer yang dibawa oleh masyarakat Jepang seperti J-Pop, karoke, anime, manga, sake dan tentunya sushi. Bahkan tak sedikit orang yang menganggap hal tersebut sebagai lifestyle atau gaya hidup. Namun dibalik kepopuleran kulturnya, Jepang juga menyimpan sisi kelam kehidupan masyarakatnya. Jepang terkenal dengan masyarakatnya yang pekerja keras, ternyata itu bukan sekedar pernyataan saja. Data mengatakan bahwa masyarakat Jepang ternyata memiliki jam kerja yang sangat panjang dalam seminggu dengan rata-rata hanya 9 hari cuti per tahun. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa tingkat bunuh diri di Jepang relatif lebih tinggi, sekitar 60 persen lebih tinggi dari rata-rata data global.

Apa itu Hari Gunung atau Mountain Day?

Hari Gunung adalah hari libur nasional terbaru di Jepang, pertama kali dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2016 lalu. Dari namanya yaitu Hari Gunung, pemerintah Jepang menyarankan pada masyarakatnya untuk memanfaatkan hari tersebut sebagai kesempatan untuk mengapresiasi alam terutama gunung. Awalnya beberapa klub pencinta gunung yang menyarankan Hari Gunung dijadikan libur nasional dan ide ini ternyata juga didukung oleh para pengikut Shinto yaitu agama terbesar di Jepang yang mengatakan bahwa berdasarkan tradisi Shinto, Kami (Dewa Shinto) mendiami tempat-tempat seperti danau, sungai dan juga gunung. Mengapresiasi gunung berarti sama halnya dengan mengapresiasi dewa mereka. Dengan adanya banyak dukungan akhirnya pada tahun 2014 diputuskan bahwa Hari Gunung adalah hari libur nasional terbaru di Jepang yaitu Hari Gunung.

Baca Juga:  Yuk Habiskan dan Rayakan Musim Panas di Jepang!

Hari Gunung sendiri memiliki arti yang lebih dari sekedar mengapresiasi alam tapi sebagai hari libur diharapkan masyarakat Jepang memanfaatkan kesempatan ini menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat sambil menikmati alam. Mungkin kita juga bisa mengambil ide ini dari pada menghabiskan hari libur di mall atau taman bermain sebaiknya ajak keluarga untuk pergi kamping atau sekedar piknik makan siang di alam terbuka sambil belajar hal-hal baru tentang alam sekitar.

  • 139 Posts
  • 0 Comments
Who Am I? Just A PROUD Full-time Mommy and Part-time Daydreamer.