Connect with us

Japan

Di Jepang Ternyata Ada Hari Gunung Lho!

Published

on

GwiGwi.com – Jepang terkenal sebagai negara  inovasi yang juga kaya akan kecantikan alamnya. Masyarakat dunia saat ini tak lagi mampu hidup tanpa kultur populer yang dibawa oleh masyarakat Jepang seperti J-Pop, karoke, anime, manga, sake dan tentunya sushi. Bahkan tak sedikit orang yang menganggap hal tersebut sebagai lifestyle atau gaya hidup. Namun dibalik kepopuleran kulturnya, Jepang juga menyimpan sisi kelam kehidupan masyarakatnya. Jepang terkenal dengan masyarakatnya yang pekerja keras, ternyata itu bukan sekedar pernyataan saja. Data mengatakan bahwa masyarakat Jepang ternyata memiliki jam kerja yang sangat panjang dalam seminggu dengan rata-rata hanya 9 hari cuti per tahun. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa tingkat bunuh diri di Jepang relatif lebih tinggi, sekitar 60 persen lebih tinggi dari rata-rata data global.

Apa itu Hari Gunung atau Mountain Day?

Hari Gunung adalah hari libur nasional terbaru di Jepang, pertama kali dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2016 lalu. Dari namanya yaitu Hari Gunung, pemerintah Jepang menyarankan pada masyarakatnya untuk memanfaatkan hari tersebut sebagai kesempatan untuk mengapresiasi alam terutama gunung. Awalnya beberapa klub pencinta gunung yang menyarankan Hari Gunung dijadikan libur nasional dan ide ini ternyata juga didukung oleh para pengikut Shinto yaitu agama terbesar di Jepang yang mengatakan bahwa berdasarkan tradisi Shinto, Kami (Dewa Shinto) mendiami tempat-tempat seperti danau, sungai dan juga gunung. Mengapresiasi gunung berarti sama halnya dengan mengapresiasi dewa mereka. Dengan adanya banyak dukungan akhirnya pada tahun 2014 diputuskan bahwa Hari Gunung adalah hari libur nasional terbaru di Jepang yaitu Hari Gunung.

Baca Juga:  Fashion Terbaru Jepang yang Membawa Suasana Tradisional Terasa Kembali

Hari Gunung sendiri memiliki arti yang lebih dari sekedar mengapresiasi alam tapi sebagai hari libur diharapkan masyarakat Jepang memanfaatkan kesempatan ini menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat sambil menikmati alam. Mungkin kita juga bisa mengambil ide ini dari pada menghabiskan hari libur di mall atau taman bermain sebaiknya ajak keluarga untuk pergi kamping atau sekedar piknik makan siang di alam terbuka sambil belajar hal-hal baru tentang alam sekitar.

Japan

Fashion Terbaru Jepang yang Membawa Suasana Tradisional Terasa Kembali

Published

on

By

GwiGwi.com – Samurai-Style merupakan fashion terbaru Jepang yang beberapa tahun terakhir ini sedang menjadi sorotan. Bagaimana tidak, desain pakaian modern namun terinspirasi dari pakaian tradisional tersebut membuat tampilan menjadi unik.

Takahiro Sato yang merupakan desainer Samurai Style dari brand Kuden, mengatakan kalau ia terinspirasi saat menemukan kimono dan set haori hakama miliknya yang pernah ia kenakan. Ada kenangan sekaligus nilai tradisional yang ia rasakan.

Sehingga gagasan untuk bisa menghidupkan kembali pakaian tersebut terlahir dan Kuden mulai membuat rancangan style tersebut.

Baca Juga:  Takanawa Gateway, Nama Stasiun Baru di Yamanote Line, Tokyo

Meskipun Samurai Style ini merupakan pakaian tradisional namun penampilan orang yang mengenakannya tetap bergaya dan unik. Sehingga tidak heran bila banyak yang meminatinya apalagi para pencita mode.

Continue Reading

Japan

Rika Kihira, Atlet Ice Skating Muda Asal Jepang Memenangkan Grand Prix Final

Published

on

By

GwiGwi.com – Pemain Ice Skating muda asal Jepang, Rika Kihira yang masih berusia 16 tahun memenangkan Grand Prix Final dengan meraih skor gabungan 233,12.

Biarpun sebelumnya mengalami sedikit kesalahan, tersandung ketika melakukan lompatan, namun skor tersebut tetap melampaui skor yang pernah didapatkan di pertandingan sebelumnya  224,31.

Kihira termotivasi memenangkan pertandingan  karena kegagalan yang pernah ia dapatkan pada musim lalu. Ia berjanji pada dirinya sendiri tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah ia buat saat pertandingan Ice Skating pada musim ini.

Baca Juga:  Untuk mengakhiri "Karoshi" Jepang mulai mengadopsi Jam Istirahat Tetap

Sementara untuk posisi kedua diraih oleh Alina Zagitova dari Rusia dengan poin 225,53. Kompetisi Ice Skating ini sepenuhnya diikuti oleh atlet perempuan asal Jepang dan Rusia.

Continue Reading

Japan

Takanawa Gateway, Nama Stasiun Baru di Yamanote Line, Tokyo

Published

on

By

GwiGwi.com – Sebuah stasiun di Jepang, yang berada di Jalur Yamanote tengah dalam proses pembangunan sejak bulan Februari 2018. Pembangunan dilakukan antara Shinagawa dan Tamachi, dengan titik pemberhentiannya ada di Tokyo Pusat.

Stasiun ini akan menjadi yang terbaru di Jalur Yamanote setelah Stasiun Nishi-Nippori yang pernah dibuka pada tahun 1971.

Sementara itu jalur kereta yang sedang dibangun akan diberikan nama “Takanawa Gateway” disampaikan oleh JR East selaku perusahaan kereta api yang bertanggung jawab atas pembangunan tersebut. Nama diambil berdasarkan putusan yang diajukan oleh publik.

Baca Juga:  Fashion Terbaru Jepang yang Membawa Suasana Tradisional Terasa Kembali

Dari nama tersebut JR East berharap Takanawa Gateway bisa menjadi salah satu pusat transportasi utama. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Haneda Tokyo. Akan ada banyak orang yang membutuhkan transportasi kereta api sebagai pilihan tepat dan cepat.

Continue Reading

Trending