Connect with us

Lokal

#CSF18 Interview Kishida Mel, Saya suka dengan semangat Kreator Indonesia

Published

on

GwiGwi.com – Creator Super Fest 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Mei 2018 kemarin kembali menghadirkan tamu illustrator dari luar negeri yaitu Kishida Mel, Seorang illustrator Jepang yang dikenal dari karyanya dari franchise seperti Atelier Series, Blue Reflection hingga mendesain karakter dari anime Hasasaku Iroha. GwiGwi dan beberapa rekan media lainnya berkesampatan untuk mewawancarai Kishida Mel dan berikut wawancara nya

 Bagaimana Kesan anda setelah pertama kali datang ke Indonesia ?

Saya suka travelling dan hal pertama yang saya lakukan disini adalah mencoba makanan khas yang ada disini lalu orang orang yang ada di sini ( Indonesia ) itu ramah dan menyenangkan

 Apa yang membuat anda tertarik untuk menjadi seorang Illustrator seperti saat ini ?

Saat masih kecil saya suka sekali menggambar lalu pada umur 18 tahun saya membeli laptop dan melalui media sosial pada saat itu yang bernama BBS, saya menggunggah hasil gambar saya dan mendapatkan banyak respon positif hingga pada akhirnya saya terus melatih bergambar dan kemudian hasil gambar saya mulai diminati oleh perusahaan hingga menjadi seperti ini

 Sudah berapa lama anda menjadi seorang Illustrator ?

Kurang lebih sudah 13 tahun lamanya

 Apakah ada perbedaannya antara event di Jepang dengan di Indonesia ?

Secara teknis tidak terlalu jauh perbedaannya, yang membuat beda adalah Jepang adalah asal dari Otaku maka akan mudah dirasakan sementara di indonesia menyerap budaya tersebut sehingga menghasilkan suatu perbedaan pandangan yang berbeda namun bukan berarti dalam hal negatif dan itulah yang membuat menariknya event disini

 Bagaimana cara Anda dalam mendesain sautu karakter untuk sebuah proyek?

Dalam mendesain karakter, saya tidak hanya memikirkan desain sang karakternya saja. Saya juga memikirkan berbagai hal lainnya seputar karakter tersebut, seperti konsep tema dan cerita dari proyek yang sedang dikerjakan agar selaras

 Bagaimana cara anda membuat karya gamabr yang imut seperti sekarang ?

saya menggambar sesuai dengan apa yang saya sukai. Setiap orang punya fetish masing-masing, jadi karena kita suka hal tersebut kita menggambarkan sesuatu yang ditonjolkan dari hal yang kita sukai. Karena itu, menurut saya kita harus jujur pada diri sendiri dan mengetahui apa yang harus menjadi daya tarik dari suatu karakter

 Mengapa anda memilih untuk menggambar dengan desain Bishoujo ?

Pada awalnya saya menggambar dengan beragam style menggambar namun pada saat itu di Jepang, saya mendapatkan banyak tawaran untuk menggambar dengan style Bishoujo nya dan pada akhirnya saya jadi sering menggambar dengan style Bishoujo

 Apakah ada kesulitan tersendiri disaat diminta untuk menggambar karakter laki laki karena anda sering menggambar perempuan ?

kadang kadang ada, karena saya keseringan menggambar perempuan itu menjadi kesulitan tersendiri karena kehabisan ide untuk mendesain karakter perempuan baru.

 Menurut anda sebgai seorang Illustrator, dari segi pasar itu yang paling besar adalah di bidang mana ? apakah Manga, Game atau yang lain ? 

Bidang game adalah yang paling menjanjikan khususnya di bagian Mobile Game karena di bidang ini akan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan

 Jadi dunia Mobile Game akan menjadi masa depan bagi para Illustrator ? 

Mungkin kalau sekarang memang paling menjanjikan. Namun beberapa tahun lalu, tidak ada yang menyangka bahwa Mobile Game akan menjadi menarik seperti saat ini dan desainnya yang sudah 3D menjadikan sesuatu yang mahal dan berharga, namun saya masih belum bisa menebak bagaimana kondisi dalam jangka waktu 5 hingga 6 tahun ke depan

 Dari novel, game, atau anime yang pernah dibuat ilustrasi atau desain karakternya, yang manakah yang membuat anda memiliki hal yang berkesan ?

anime Hanasaku Iroha adalah yang berkesan karena  disaat menangani proyek ini, saya sampai melakukan riset ke lokasi di dunia nyatanya langsung yang terletak di daerah Kanazawa, perfektur Ishikawa. Karena anime tersebut, perfektur ini menjadi semakin terkenal di masyarakat. Para staf anime ini kemudian berinisiatif untuk menggelar festival matsuri di daerah ini yang sebelumnya hanya ada di animenya untuk semakin menarik pengunjung ke sana. Kesuksesan festival ini akhirnya meninggalkan kesan yang menyentuh bagi saya.

 Selain menggambar, anda juga dikenal melalui Cosplay nya yang aneh. apakah ada rencana untuk cosplay lagi di kemudian hari ?

Saya suka cosplay dengan konsep yang aneh karena sekedar iseng dan bercanda, tidak dibawa serius

 Apa ada kesan yang menarik selama bercosplay ?

Yang berkesan bagi saya itu cosplay Shimakaze dari Kantai Collection. Ceritanya dulu itu ada salah satu seiyuu anime ini yang akan bercosplay untuk suatu acara. Tetapi karena dia berhalangan, sang produser pun meminta saya untuk menggantikan sang seiyuu di acara tersebut. Setelah mencoba kostumnya, fotonya kemudian diedit dengan Photoshop. Foto ini sebenarnya akan dimuat untuk artikel di sebuah majalah cosplay, tetapi akhirnya malah terlanjut viral di media sosial. Setelah melihat wujud aslinya, banyak yang merasa tertipu dan hal tersebut masih saya ingat dalam-dalam sampai sekarang.

 Kenapa anda sebagai Illustrator berani memunculkan diri anda di hadapan publik ?

Saya sejak SMA mengikuti grup teater. Setelah lulus saya mendaftar ke satu agensi bakat dan sempat mendapat peran kecil di sebuah serial TV. Karena hal tersebut, saya sudah cukup terbiasa dengan berbagai sorotan yang ada. Bukan berarti saya ingin selalu terus menerus disorot setiap saat, ya. Namun, karena orang-orang cukup menyukai dan terhibur karena hal ini, akhirnya saya pun memutuskan untuk sering muncul ke publik.

 Adakah pesan untuk para Illustrator di Indonesia ?

Saya sudah berkeliling CSF dan melihat hasil para kreator di Indonesia itu lebih memiliki passion dan niat. Saya ingin bagi para ilustrator agar niatnya tersebut agar jangan sampai hilang, karena di sini memang ada bibit-bibitnya untuk menghasilkan suatu karya yang lebih baik

 Adakah tips dari anda untuk yang ingin terjun untuk menjadi seorang Illustrator ?

Saat ini tidak ada batasan dari negara manapun karena internet. Jika kamu ingin terjun dalam industri ini, berusaha saja, pasti akan berhasil.

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lokal

Comic Frontier Virtual 2 Kembali Lagi, Hadirkan Pengalaman Event Offline dalam Ranah Virtual

Published

on

GwiGwi.com – Ajang ekshibisi kreatif terbesar di Indonesia, Comic Frontier kembali hadir diselenggarakan secara daring (online) untuk kedua kalinya. Comic Frontier Virtual 2 (Comivuro 2) diselenggarakan pada hari Sabtu & Minggu, 18 & 19 Desember 2021. Pada penyelenggaraan kali ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati siaran langsung konten acara utama melalui kanal YouTube dan berinteraksi melalui media sosial saja karena di event kali ini seluruh pengunjung bisa saling bertemu dan berinteraksi satu sama lain dalam venue virtual.

 

Bertemu secara online dalam venue virtual

Untuk menghadirkan venue virtual ini Comivuro 2 bekerja sama dengan pengembang ruang virtual interaktif Rabbit Sky. Dalam venue virtual ini ada 7 (tujuh) hall ekshibisi dan 1 (satu) area panggung utama yang bisa dikunjungi. Ada lebih dari 400 kreator yang bisa dikunjungi secara virtual dalam area ekshibisi di mana pengunjung bisa melihat berbagai katalog karya kreatif melalui interaksi virtual. Sedangkan di area panggung utama pengunjung bisa menyaksikan konten acara utama yang disiarkan secara langsung.

Venue virtual Comivuro 2 ini bisa diakses dari perangkat apapun baik itu smartphone, laptop, tablet hingga PC. Pengunjung tidak perlu mengunduh atau memasang program apapun karena venue virtual ini bisa diakses langsung melalui web browser. Untuk mengunjungi venue virtual ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun, cukup mengunjungi link comifuro.rabbitsky.io untuk bisa menikmati seluruh venue virtual dari event ini.

 

Dimeriahkan oleh beragam talenta virtual

Mengusung konsep virtual, konten acara utama di Comivuro 2 juga diramaikan dengan berbagai talenta virtual. Pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 pengunjung akan disambut oleh Mythia Batford sang vampir idol virtual yang menjadi MC di hari tersebut. Virtual live concert juga akan diselenggarakan di hari Sabtu dengan penampilan dari Rora Meeza sang kucing alien dari Alterly serta empat sekawan virtual YouTuber (VTuber) dari agensi independen Re:Memories yaitu Evelyn sang pemberi moodbooster virtual, Chloe Pawapua sang penyihir yang tidak bisa melakukan sihir, Reynard Blanc sang siluman rubah tampan serta Lily Ifeta sang malaikat imut yang jatuh ke Bumi.

Kemudian di hari Minggu, 19 Desember 2021 talenta virtual dari agensi hololive Indonesia hadir untuk memeriahkan acara Comivuro 2. Ayunda Risu, sang gadis tupai ajaib akan menemani para pengunjung sebagai MC di hari Minggu. Ada juga sang putri merak Pavolia Reine yang akan menjadi bintang tamu untuk membawakan sesi kelas bahasa Jepang serta mengadakan Meet & Greet bagi pengunjung yang sudah membeli tiket Meet & Greet tersendiri. Jaret Fajrianto, karakter virtual yang semula berawal dari karakter komik 4 panel Ghosty’s Comic juga turut hadir di hari Minggu untuk menghadirkan sebuah persembahan yang istimewa untuk seluruh pengunjung.

 

Bernyanyi bersama di Utattemita Online

Kemeriahan acara Comivuro 2 juga bisa diikuti di platform Discord dengan kegiatan Utattemita Online, sebuah sesi karaoke online yang diadakan di server Discord. Dalam kegiatan ini para peserta yang terdaftar bisa bebas bernyanyi secara online. Sesi Utattemita Online ini diadakan selama dua hari pada hari Sabtu-Minggu, 18-19 Desember 2021.

 

Comifuro Radio dan Diskusi Panel hadir di Comivuro 2

Tidak hanya menghadirkan wadah untuk berkreasi, Comivuro 2 juga menjadi tempat untuk berdiskusi dan berbagi opini mengenai berbagai hal seputar pop kultur. Di acara ini akan diadakan sesi Comifuro Radio dan Diskusi Panel. Comifuro Radio adalah sesi live podcast yang menjadi program rutin dari Comic Frontier yang diadakan di server Discord Comic Frontier Square. Sesi live podcast ini akan hadir di Comivuro 2 dengan membawakan tema mengenai kondisi industri komik Indonesia di kala pandemi pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 dan tema monetisasi cosplay dengan narasumber Tanfidz T. penulis komik dan anggota Asosiasi Komik Indonesia. Di hari Minggu, 19 Desember 2021 Comifuro Radio akan membawakan tema monetisasi cosplay di Indonesia dengan narasumber Zhuge Kamiya, pengamat dan pegiat cosplay di Indonesia.

Sesi Diskusi Panel kembali hadir di Comivuro 2 dengan kehadiran dua panelis yang telah terpilih berdasarkan proses seleksi yang telah dijalankan. Panelist pertama yang akan membawakan diskusi di hari Sabtu, 18 Desember 2021 adalah DekaBig, Dewon dan haretalayla. Tema diskusi yang dibawakan adalah “VTuber, Antara Idola dan Teman: Analisis Hubungan Parasosial”. Panelist kedua yang akan membawakan diskusi di hari Minggu, 19 Desember 2021 adalah Rubio Gunawan dengan topik diskusi “Mengasah Kreativitas dengan Tabletop RPG: Studi Kasus Popularitas D&D di Dunia Industri Kreatif”. Kedua sesi Diskusi Panel ini akan diselenggarakan di jam 13:00-14:00 WIB.

 

DJ Party sebagai penutup acara

Sudah menjadi tradisi bagi Comic Frontier untuk menutup acara dengan menyelenggarakan DJ Party.  Di Comivuro 2 ini tradisi tersebut kembali dihadirkan di mana akan ada dua DJ Party yang diselenggarakan sebagai penutup acara di masing-masing hari. Di hari pertama acara akan ditutup dengan DJ Party dari Rabbit Sky Virtual Party 2021 yang disiarkan secara langsung pada alamat twitch.tv/otagroove . Untuk di hari kedua acara akan ditutup dengan Comivuro 2 After Party dari grup DJ Vibetronic yang disiarkan secara langsung pada alamat twitch.tv/vibetronic.

 

Kemeriahan Virtual yang bisa diakses dari mana saja

Dengan banyaknya variasi konten dan rangkaian acara di Comivuro 2, event online ini bisa dikunjungi dan diakses dari mana saja. Rangkaian acara utama bisa ditonton secara langsung di YouTube, pengunjung juga bisa menemui para kreator di venue virtual dan berinteraksi dengan komunitas di Discord. Dengan beragam experience ini, Comivuro 2 tidak hanya menjadi wadah untuk para kreator berkreasi, tetapi juga menjadi wadah bagi fans dan komunitas untuk saling berinteraksi, dan tempat di mana kolaborasi terjadi.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

JIYUU MATSURI 2021 – Sabtu, 20 November 2021

Published

on

By

HIMA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Proudly Present :

🎊MAIN EVENT JIYUU MATSURI 2021🎊

Minasan bagaimana kabarnya hari ini??

Pastinya sudah tidak sabar ya untuk menyambut acara Main Event Jiyuu Matsuri tahun 2021 yang membawa tema TIME “To Improve Experience”🎉

di Main Event kali ini bakal seru loh Minasan, kita bisa mendapat pengetahuan melalui webinar, bincang-bincang hangat bersama Evelyn, dan seru-seruan bareng RedShift tentunya. 🤩

.

Yuk, jangan lupa catat tanggal nya ya!

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

.

Jangan lupa ajak teman-teman dan komunitas kamu untuk hadir bersama-sama dan nikmati suasan Jiyuu Matsuri 2021 😆

.

Klik Link berikut untuk info lebih lanjut https://linktr.ee/JiyuuMatsuriUNJ atau Cek Link di Profile Kami 🌟

 

Jiyuu Matsuri Webinar

Dalam rangka menyambut acara Jiyuu Matsuri tahun 2021 ini, kami akan mengadakan Jiyuu Matsuri Webinar 🎉
.
Ayo jangan lupa datang ya ke acara Jiyuu Matsuri tahun 2021 dan ajak teman-teman Minasan 😆

🎇WEBINAR : Tips And Trik Kuliah di Jepang dengan BEASISWA MEXT🎇

Pembicara:
Tuti Alawiyah, S.PD., M.A.

❗SAVE THE DATE❗

📅 Sabtu, 20 November 2021.
📍 Live On Youtube Jiyuu Matsuri UNJ
⏰ 10.30 – 11.35 AM

💸HTM 💸
FREE!

Ayo Minasan jangan lupa dicatat tanggal dan waktunya, dan ajak teman-teman Minasan juga ya! 😆

🎇WEBINAR SHABERU : SHARING BERSAMA ZHAFIRA AQYLA Content Creator🎇

Dengan tema : “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi”
.
Pembicara:
Zhafira Aqyla (Awardee Of Mext Scholarship Award 2017-2021)

❗SAVE THE DATE❗

📅 Sabtu, 20 November 2021.
📍 Zoom Meeting
⏰ 13.00 WIB

Benefits
📄 E-Certificate
💡Ilmu yang bermanfaat
💰 Dooprize bagi kamu yang beruntung!

🚨Yuk, Segera Daftarkan Diri Kalian! 🚨

💸HTM 💸
Presale = 15k
OTS = 20k

Link Pendaftaran
https://bit.ly/WebinarJimat2021

TALKSHOW WITH EVELYN

Kenalan dan ngobrol bareng yuk Minasan dengan virtual youtuber asal Indonesia di TALKSHOW WITH EVELYN !🤩

❗SAVE THE DATE ❗

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

Guest Star

Guest Star yang akan tampil pada acara Jiyuu Matsuri tahun ini adalah…

[ RED SHIFT ]

Vocaloid Producer / DJ-VJ Performer

❗SAVE THE DATE ❗

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

 

=====================

🐣Twitter : @jimatUNJ

👥Facebook : Jiyuu Matsuri UNJ

📧Email : acara.jimat@gmail.com

📷Instagram : @jimatunj

📽Youtube : Jiyuu Matsuri UNJ

📩LINE@ : bit.ly/JimatUNJ

🎶TikTok :@jimatunj

===============

©HPD Jiyuu Matsuri 2021

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

MERCON kembali adakan Anime/Game Online Convention di penghujung tahun 2021!

Published

on

GwiGwi.com – Menyambut antusiasme pecinta anime, game dan karya seni di acara perdananya Desember lalu, MERCON kembali hadir untuk memeriahkan akhir tahun 2021 melalui online convention kedua dengan tema isekai! Kali ini, para pengunjung yang akrab disapa dengan sebutan Meeple (Mercon People) diajak masuk ke Mercon Valley untuk mengikuti petualangan Merry. K dan Duar-kun, duo maskot Mercon yang akan bersaing untuk memenangkan kompetisi di acara Market Festival pada tanggal 3-5 Desember 2021!

Pada festival ini, 60 sirkel artis akan menghadirkan sederet merchandise dan karya seni terbaik mereka serta promo eksklusif selama acara berlangsung. Sirkel tersebut akan dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu Tim Merry dan Tim Duar-kun. Meeple dapat membantu tim pilihannya memenangkan kompetisi melalui voting, pembelian merchandise, dan posting di media sosial menggunakan hashtag khusus (#tim_Merry bagi pendukung Merry dan #tim_duarkun bagi pendukung Duar-Kun). Tiga voters beruntung dari tim pemenang akan mendapatkan berbagai hadiah eksklusif dari MERCON dan para artis!

Tidak hanya itu, acara utama MERCON juga dimeriahkan oleh kreator lokal ternama yang berkecimpung di bidang ilustrasi, webtoon, game, cosplay hingga tamu V-tuber spesial! Diantaranya adalah Leo Avero, concept artist dari One Pixel Studio yang ikut mensukseskan proyek kolaborasi Coldplay x BTS berjudul ‘My Universe’. Tirapuw & Hievasp, penulis & artis dari webtoon ‘Seven Years Later’. Vinrylgrave, ilustrator semi-realis yang akan membawakan workshop mengenai value pada ilustrasi. Brian TZ, co-founder Koomik, platform web-komik yang mewadahi komikus lokal untuk berkarya dan berpenghasilan dari submisi komiknya. Juga Rora Meeza, v-tuber manis bersuara merdu yang akan menggelar konser di hari acara, serta masih banyak lagi!

Selama bulan November, MERCON juga akan mengadakan lomba gambar yang disponsori oleh Wacom dengan total hadiah lebih dari 3 juta rupiah! Selain itu, ada kejutan dari Koomik dan Sushiroll bagi Meeple di acara utama!

Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi website utama Mercon di mercon.carrd.co atau follow media sosial @onmercon di Instagram/Facebook/Twitter agar tidak ketinggalan berbagai keseruan di acara MERCON 2021! Sampai jumpa di Mercon Valley!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x