Connect with us

Lokal

#CSF18 Interview Kishida Mel, Saya suka dengan semangat Kreator Indonesia

Published

on

GwiGwi.com – Creator Super Fest 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Mei 2018 kemarin kembali menghadirkan tamu illustrator dari luar negeri yaitu Kishida Mel, Seorang illustrator Jepang yang dikenal dari karyanya dari franchise seperti Atelier Series, Blue Reflection hingga mendesain karakter dari anime Hasasaku Iroha. GwiGwi dan beberapa rekan media lainnya berkesampatan untuk mewawancarai Kishida Mel dan berikut wawancara nya

 Bagaimana Kesan anda setelah pertama kali datang ke Indonesia ?

Saya suka travelling dan hal pertama yang saya lakukan disini adalah mencoba makanan khas yang ada disini lalu orang orang yang ada di sini ( Indonesia ) itu ramah dan menyenangkan

 Apa yang membuat anda tertarik untuk menjadi seorang Illustrator seperti saat ini ?

Saat masih kecil saya suka sekali menggambar lalu pada umur 18 tahun saya membeli laptop dan melalui media sosial pada saat itu yang bernama BBS, saya menggunggah hasil gambar saya dan mendapatkan banyak respon positif hingga pada akhirnya saya terus melatih bergambar dan kemudian hasil gambar saya mulai diminati oleh perusahaan hingga menjadi seperti ini

 Sudah berapa lama anda menjadi seorang Illustrator ?

Kurang lebih sudah 13 tahun lamanya

 Apakah ada perbedaannya antara event di Jepang dengan di Indonesia ?

Secara teknis tidak terlalu jauh perbedaannya, yang membuat beda adalah Jepang adalah asal dari Otaku maka akan mudah dirasakan sementara di indonesia menyerap budaya tersebut sehingga menghasilkan suatu perbedaan pandangan yang berbeda namun bukan berarti dalam hal negatif dan itulah yang membuat menariknya event disini

 Bagaimana cara Anda dalam mendesain sautu karakter untuk sebuah proyek?

Dalam mendesain karakter, saya tidak hanya memikirkan desain sang karakternya saja. Saya juga memikirkan berbagai hal lainnya seputar karakter tersebut, seperti konsep tema dan cerita dari proyek yang sedang dikerjakan agar selaras

 Bagaimana cara anda membuat karya gamabr yang imut seperti sekarang ?

saya menggambar sesuai dengan apa yang saya sukai. Setiap orang punya fetish masing-masing, jadi karena kita suka hal tersebut kita menggambarkan sesuatu yang ditonjolkan dari hal yang kita sukai. Karena itu, menurut saya kita harus jujur pada diri sendiri dan mengetahui apa yang harus menjadi daya tarik dari suatu karakter

 Mengapa anda memilih untuk menggambar dengan desain Bishoujo ?

Pada awalnya saya menggambar dengan beragam style menggambar namun pada saat itu di Jepang, saya mendapatkan banyak tawaran untuk menggambar dengan style Bishoujo nya dan pada akhirnya saya jadi sering menggambar dengan style Bishoujo

 Apakah ada kesulitan tersendiri disaat diminta untuk menggambar karakter laki laki karena anda sering menggambar perempuan ?

kadang kadang ada, karena saya keseringan menggambar perempuan itu menjadi kesulitan tersendiri karena kehabisan ide untuk mendesain karakter perempuan baru.

 Menurut anda sebgai seorang Illustrator, dari segi pasar itu yang paling besar adalah di bidang mana ? apakah Manga, Game atau yang lain ? 

Bidang game adalah yang paling menjanjikan khususnya di bagian Mobile Game karena di bidang ini akan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan

 Jadi dunia Mobile Game akan menjadi masa depan bagi para Illustrator ? 

Mungkin kalau sekarang memang paling menjanjikan. Namun beberapa tahun lalu, tidak ada yang menyangka bahwa Mobile Game akan menjadi menarik seperti saat ini dan desainnya yang sudah 3D menjadikan sesuatu yang mahal dan berharga, namun saya masih belum bisa menebak bagaimana kondisi dalam jangka waktu 5 hingga 6 tahun ke depan

 Dari novel, game, atau anime yang pernah dibuat ilustrasi atau desain karakternya, yang manakah yang membuat anda memiliki hal yang berkesan ?

anime Hanasaku Iroha adalah yang berkesan karena  disaat menangani proyek ini, saya sampai melakukan riset ke lokasi di dunia nyatanya langsung yang terletak di daerah Kanazawa, perfektur Ishikawa. Karena anime tersebut, perfektur ini menjadi semakin terkenal di masyarakat. Para staf anime ini kemudian berinisiatif untuk menggelar festival matsuri di daerah ini yang sebelumnya hanya ada di animenya untuk semakin menarik pengunjung ke sana. Kesuksesan festival ini akhirnya meninggalkan kesan yang menyentuh bagi saya.

 Selain menggambar, anda juga dikenal melalui Cosplay nya yang aneh. apakah ada rencana untuk cosplay lagi di kemudian hari ?

Saya suka cosplay dengan konsep yang aneh karena sekedar iseng dan bercanda, tidak dibawa serius

 Apa ada kesan yang menarik selama bercosplay ?

Yang berkesan bagi saya itu cosplay Shimakaze dari Kantai Collection. Ceritanya dulu itu ada salah satu seiyuu anime ini yang akan bercosplay untuk suatu acara. Tetapi karena dia berhalangan, sang produser pun meminta saya untuk menggantikan sang seiyuu di acara tersebut. Setelah mencoba kostumnya, fotonya kemudian diedit dengan Photoshop. Foto ini sebenarnya akan dimuat untuk artikel di sebuah majalah cosplay, tetapi akhirnya malah terlanjut viral di media sosial. Setelah melihat wujud aslinya, banyak yang merasa tertipu dan hal tersebut masih saya ingat dalam-dalam sampai sekarang.

 Kenapa anda sebagai Illustrator berani memunculkan diri anda di hadapan publik ?

Saya sejak SMA mengikuti grup teater. Setelah lulus saya mendaftar ke satu agensi bakat dan sempat mendapat peran kecil di sebuah serial TV. Karena hal tersebut, saya sudah cukup terbiasa dengan berbagai sorotan yang ada. Bukan berarti saya ingin selalu terus menerus disorot setiap saat, ya. Namun, karena orang-orang cukup menyukai dan terhibur karena hal ini, akhirnya saya pun memutuskan untuk sering muncul ke publik.

 Adakah pesan untuk para Illustrator di Indonesia ?

Saya sudah berkeliling CSF dan melihat hasil para kreator di Indonesia itu lebih memiliki passion dan niat. Saya ingin bagi para ilustrator agar niatnya tersebut agar jangan sampai hilang, karena di sini memang ada bibit-bibitnya untuk menghasilkan suatu karya yang lebih baik

 Adakah tips dari anda untuk yang ingin terjun untuk menjadi seorang Illustrator ?

Saat ini tidak ada batasan dari negara manapun karena internet. Jika kamu ingin terjun dalam industri ini, berusaha saja, pasti akan berhasil.

 

Lokal

Menuju C3 Anime Festival Asia Singapore 2018, tahun ke-10 event Pop Culture terbesar di ASEAN

Published

on

By

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia Singapore 2018 (#C3AFASG18) kembali lagi di tahun 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 30 November hingga 2 Desember 2018 di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Sebagai pengelola, SOZO telah sukses menyelenggarakan event pop culture Jepang terbesar di Asia Tenggara selama 10 tahun.

“10 tahun lalu, festival anime menjadi mimpi kami untuk dapat diselenggarakan secara profesional bagi para penggemarnya, termasuk saya sendiri yang sangat menikmati acara ini. Festival ini telah tumbuh dengan 25.000 pengunjung pada tahun pertama hingga 100.000 pengunjung tahun lalu. Saat ini kami berfokus untuk menghadirkan sajian yang memuaskan para pengunjung melalui konten dari Jepang yang uptodate.”  kata Shawn Chin, Direktur Pengelola C3 AFA’s Organiser dan SOZO.

Baik penggemar lokal dan luar Singapura akan menikmati akhir pekan yang mendebarkan melalui konten premium yang akan tersedia di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Spesial anniversary ke-10 #C3AFASG18 akan memiliki konten menarik baik online maun offline, termasuk berbagai aktivitas eksklusif seperti event karpet merah dan sebuah lelang amal online. Festival di lokasi juga tak kalah menarik melalui aktivitas baru seperti pertunjukkan anime, bintang tamu spesial dan jajaran musisi yang akan meramaikan konser I Love Anisong serta tak ketinggalan lomba cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit Singapore Preliminaries.

Penayangan perdana Eksklusif dan Bintang Tamu

C3AFASG18 akan menghadirkan penayangan anime yang paling diantisipasi tahun ini. Secara eksklusif, C3AFASG18 akan tayangkan episode pertama Mob Psycho 100 II yang mana akan rilis pada bulan Januari 2019.

C3AFASG18 juga akan dibanjiri bintang tamu spesialnya diantaranya voice actors Rika Abe dan Erii Yamazaki (pengisi suara dua bersaudara Hresvelgr dan Materia dari anime Frame Arms Girl), Minami Tanaka (pengisi suara Mary Saotome dari Kakegurui XX), Haruka Terui (pengisi suara Sarah dari Gundam Build Divers), Atsushi Abe (pengisi suara Toma Kamijo dari A Certain Magical Index III), Ai Furihata dan Shuka Saito (pengisi suaraRuby Kurosawa dan You Watanabe dari Love Live! Sunshine!!), Ai Kayano (pengisi suara Alice dari Sword Art Online Alicization), Mimori Suzuko dan Momoyo Koyama (pengisi suara Hikari Kagura dan Karen Aijo dari Revue Starlight) dan Sumire Morohoshi (pengisi suara Emma dari The Promised Neverland).

Bintang tamu lainnya ada Eri Sasaki, seorang penyanyi yang lagi naik daun dengan lagu “Fuyubiyori” yang dibuat dan diaransemen sendiri, lagu tema dari anime Laid-Back Camp, dan nob-c, desain karakter dari The Price of Smiles sebuah project untuk perayaan anniversary ke-55 Tatsunoko Production, yang akan tayang pada bulan Januari 2019.

Merchandise eksklusif dan booth dengan tema unik

Sebuah booth eksklusif bertema Fate Grand Order, sebuah game RPG yang dikembangkan oleh FGO Projects, ELiGHTWORKS, Aniplex, dan Notes. Diangkat dari franchise Fate oleh TYPE-MOON. Di booth kamu bisa mendapat kesempatan giveaway dan foto bersama maskot Gudako.

Sebuah merchandise eksklusif seperti,T-shirt capsule collection dari Pop Team Epic, nendoroid Hatsune Miku dari Good Smile Company, Honkai Impact dari mi HoYo dan merchandise dari MUSE siap kamu bawa pulang.

Deretan cosplay terbaik akan berkumpul

C3AFASG18 akan kedatangan tamu cosplayer populer seperti Angie (Malaysia), Baozi & Hana (China), Hakken (Malaysia), Kaname☆ (Japan), Siutao (Hong Kong) dan Ying Tze (Malaysia). Selain itu juga ada HedY (Taiwan).

Pada tanggal 2 Desember 2018, empat tim akan beradu, Rithe & Kai, Melanie Joanne & Gearchi, Knife & Saiko, dan Disco Dandy & Jesmond, untuk berkesempatan menjadi wakil Singapura di kompetisi Cosplay Dunia di Jepang pada tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 nanti.

Continue Reading

Lokal

Save The Date JIYUU MATSURI 2018 kembali tanggal 3-4 November di Kampus A UNJ

Published

on

By

🎌HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta🎌 proudly presents:

🌈JIYUU MATSURI 2018🌈

🎊🌟”Art of Harajuku” 🌟🎊

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Jiyuu Matsuri mengambil tema unik yang terinspirasi dari kawasan populer di distrik Shibuya yaitu HARAJUKU ✨✨

Seperti yang kita ketahui, kawasan Harajuku sangat terkenal akan fashion, life style serta makanan yang yang unik dan kreatif sehingga banyak disorot oleh dunia loh~ 😆😆

Nahh, mau mencoba bagaimana keseruan tentang Harajuku? 💞💞

SAVE THE DATE!🎆🎆
📆: 3-4 November 2018
🏬: Kampus A, Universitas Negeri Jakarta

🎉🎉DIBUKA UNTUK UMUM DAN GRATIS🎉🎉

Jangan lupa disave posternya ya!! 😆😆
Jika mina-san bingung, admin siap kok menjawab pertanyaan kalian~👍👍

Atau kalian bisa hubungi:
☎SMS/Whatsapp:
Listya 082213671936 ✉LINE ID: listyeay

Ayo~ Ramaikan dan rasakan keseruan ala Harajuku di Jiyuu Matsuri 2018!! 😆😆 🎆🎆🌟🌟
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🐤 Twitter: @Jimatunj
👥 Facebook: Jiyuu Matsuri UNJ
🆔 Line: @jimatunj
📷 Instagram: @jimatunj
📹 Youtube: Jiyuu Matsuri UNJ
📧 Email: acara.jimat@gmail.com
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
©HPD JIYUU MATSURI 2018

Continue Reading

Lokal

Nihon Club SMAN 71 Jakarta siap gelar Sapta Eka no Bunkasai 5

Published

on

By

✨Nihon Club SMAN 71 Jakarta Presents
🌸Sapta Eka no Bunkasai 5🌸
👺Kamen no Utage👺

👺Let’s have fun and join our Banquet of Masquerade by registering our competition

The event will be held on
📅 Sabtu, 6 Oktober 2018
📍 SMAN 71 JAKARTA
🕣 OPEN GATE 08.30 AM
💸 Ticket OTS : Rp 20.000,-

💸Registration Fee
🍧Kakigori & Ramen🍲
💲Kakigori 🍧 15k
💲Ramen 🍲 25k
Contact👤Nathalie
📞081908335633
LINE : tata0205

👯‍♀️Coswalk👯‍♂️
💲IDR 10k
👤Chalifa
📞087780802589
LINE : chaleone

🎤Karaoke🎶
💲Solo IDR 30k
💲Team IDR 50k
👤Anastacia
📞085885650772
LINE : 220216abc

🖊Fanart✏
💲IDR 25k
👤Nathalie
📞081908335633
LINE : tata0205

👩‍🏫LCT📚
💲IDR 50k
👤Nathalie
📞081908335633
LINE : tata0205

🖋Kana📖
💲IDR 25k
👤Chalifa
📞087780802589
LINE : chaleone

✨GUEST STAR✨
🎤SHOJO COMPLEX
🎶 OTAGROOVE
🎸EGAO
🎵 NIWAKARAA

✨SPECIAL PERFORMANCE ✨
🎌ASOBU UNSADA
🎸MAKUZA
🎶EUPHORIA
🎵DANCE PERFORMANCE

And also
🖌WORKSHOP BY
@ARUGARTS & @LARASDIKOMIK
👻 OBAKE YASHIKI 👻
📚 COMIC ROOM 📚
🍜 JAPANESE FOOD,MERCH STAND 🍧

So, what are you waiting for? Mark the date📆 Put on your mask, and join our masquarede👺

For further information
👺Instagram : @sakanoka71
👺OA LINE : @adx8755k
👺Facebook : facebook.com/sakanoka71
👺Twitter : twitter.com/nihon71

Continue Reading

Trending