Connect with us

Lokal

#CSF18 Interview Kishida Mel, Saya suka dengan semangat Kreator Indonesia

Published

on

GwiGwi.com – Creator Super Fest 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Mei 2018 kemarin kembali menghadirkan tamu illustrator dari luar negeri yaitu Kishida Mel, Seorang illustrator Jepang yang dikenal dari karyanya dari franchise seperti Atelier Series, Blue Reflection hingga mendesain karakter dari anime Hasasaku Iroha. GwiGwi dan beberapa rekan media lainnya berkesampatan untuk mewawancarai Kishida Mel dan berikut wawancara nya

 Bagaimana Kesan anda setelah pertama kali datang ke Indonesia ?

Saya suka travelling dan hal pertama yang saya lakukan disini adalah mencoba makanan khas yang ada disini lalu orang orang yang ada di sini ( Indonesia ) itu ramah dan menyenangkan

 Apa yang membuat anda tertarik untuk menjadi seorang Illustrator seperti saat ini ?

Saat masih kecil saya suka sekali menggambar lalu pada umur 18 tahun saya membeli laptop dan melalui media sosial pada saat itu yang bernama BBS, saya menggunggah hasil gambar saya dan mendapatkan banyak respon positif hingga pada akhirnya saya terus melatih bergambar dan kemudian hasil gambar saya mulai diminati oleh perusahaan hingga menjadi seperti ini

 Sudah berapa lama anda menjadi seorang Illustrator ?

Kurang lebih sudah 13 tahun lamanya

 Apakah ada perbedaannya antara event di Jepang dengan di Indonesia ?

Secara teknis tidak terlalu jauh perbedaannya, yang membuat beda adalah Jepang adalah asal dari Otaku maka akan mudah dirasakan sementara di indonesia menyerap budaya tersebut sehingga menghasilkan suatu perbedaan pandangan yang berbeda namun bukan berarti dalam hal negatif dan itulah yang membuat menariknya event disini

 Bagaimana cara Anda dalam mendesain sautu karakter untuk sebuah proyek?

Dalam mendesain karakter, saya tidak hanya memikirkan desain sang karakternya saja. Saya juga memikirkan berbagai hal lainnya seputar karakter tersebut, seperti konsep tema dan cerita dari proyek yang sedang dikerjakan agar selaras

 Bagaimana cara anda membuat karya gamabr yang imut seperti sekarang ?

saya menggambar sesuai dengan apa yang saya sukai. Setiap orang punya fetish masing-masing, jadi karena kita suka hal tersebut kita menggambarkan sesuatu yang ditonjolkan dari hal yang kita sukai. Karena itu, menurut saya kita harus jujur pada diri sendiri dan mengetahui apa yang harus menjadi daya tarik dari suatu karakter

 Mengapa anda memilih untuk menggambar dengan desain Bishoujo ?

Pada awalnya saya menggambar dengan beragam style menggambar namun pada saat itu di Jepang, saya mendapatkan banyak tawaran untuk menggambar dengan style Bishoujo nya dan pada akhirnya saya jadi sering menggambar dengan style Bishoujo

 Apakah ada kesulitan tersendiri disaat diminta untuk menggambar karakter laki laki karena anda sering menggambar perempuan ?

kadang kadang ada, karena saya keseringan menggambar perempuan itu menjadi kesulitan tersendiri karena kehabisan ide untuk mendesain karakter perempuan baru.

 Menurut anda sebgai seorang Illustrator, dari segi pasar itu yang paling besar adalah di bidang mana ? apakah Manga, Game atau yang lain ? 

Bidang game adalah yang paling menjanjikan khususnya di bagian Mobile Game karena di bidang ini akan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan

Baca Juga:  #CSF18 Interview DJ D-Yama, Makanan di Indonesia itu enak enak

 Jadi dunia Mobile Game akan menjadi masa depan bagi para Illustrator ? 

Mungkin kalau sekarang memang paling menjanjikan. Namun beberapa tahun lalu, tidak ada yang menyangka bahwa Mobile Game akan menjadi menarik seperti saat ini dan desainnya yang sudah 3D menjadikan sesuatu yang mahal dan berharga, namun saya masih belum bisa menebak bagaimana kondisi dalam jangka waktu 5 hingga 6 tahun ke depan

 Dari novel, game, atau anime yang pernah dibuat ilustrasi atau desain karakternya, yang manakah yang membuat anda memiliki hal yang berkesan ?

anime Hanasaku Iroha adalah yang berkesan karena  disaat menangani proyek ini, saya sampai melakukan riset ke lokasi di dunia nyatanya langsung yang terletak di daerah Kanazawa, perfektur Ishikawa. Karena anime tersebut, perfektur ini menjadi semakin terkenal di masyarakat. Para staf anime ini kemudian berinisiatif untuk menggelar festival matsuri di daerah ini yang sebelumnya hanya ada di animenya untuk semakin menarik pengunjung ke sana. Kesuksesan festival ini akhirnya meninggalkan kesan yang menyentuh bagi saya.

 Selain menggambar, anda juga dikenal melalui Cosplay nya yang aneh. apakah ada rencana untuk cosplay lagi di kemudian hari ?

Saya suka cosplay dengan konsep yang aneh karena sekedar iseng dan bercanda, tidak dibawa serius

 Apa ada kesan yang menarik selama bercosplay ?

Yang berkesan bagi saya itu cosplay Shimakaze dari Kantai Collection. Ceritanya dulu itu ada salah satu seiyuu anime ini yang akan bercosplay untuk suatu acara. Tetapi karena dia berhalangan, sang produser pun meminta saya untuk menggantikan sang seiyuu di acara tersebut. Setelah mencoba kostumnya, fotonya kemudian diedit dengan Photoshop. Foto ini sebenarnya akan dimuat untuk artikel di sebuah majalah cosplay, tetapi akhirnya malah terlanjut viral di media sosial. Setelah melihat wujud aslinya, banyak yang merasa tertipu dan hal tersebut masih saya ingat dalam-dalam sampai sekarang.

 Kenapa anda sebagai Illustrator berani memunculkan diri anda di hadapan publik ?

Saya sejak SMA mengikuti grup teater. Setelah lulus saya mendaftar ke satu agensi bakat dan sempat mendapat peran kecil di sebuah serial TV. Karena hal tersebut, saya sudah cukup terbiasa dengan berbagai sorotan yang ada. Bukan berarti saya ingin selalu terus menerus disorot setiap saat, ya. Namun, karena orang-orang cukup menyukai dan terhibur karena hal ini, akhirnya saya pun memutuskan untuk sering muncul ke publik.

 Adakah pesan untuk para Illustrator di Indonesia ?

Saya sudah berkeliling CSF dan melihat hasil para kreator di Indonesia itu lebih memiliki passion dan niat. Saya ingin bagi para ilustrator agar niatnya tersebut agar jangan sampai hilang, karena di sini memang ada bibit-bibitnya untuk menghasilkan suatu karya yang lebih baik

 Adakah tips dari anda untuk yang ingin terjun untuk menjadi seorang Illustrator ?

Saat ini tidak ada batasan dari negara manapun karena internet. Jika kamu ingin terjun dalam industri ini, berusaha saja, pasti akan berhasil.

 

Event

Yuk Intip Keseruan Creator Super Fest 2018 di Pullman Grand Ballroom, 12 – 13 May 2018!

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah tahun lalu, Creator Super Fest pertama kali diadakan oleh tim yang sama dibalik Anime Festival Asia yaitu SOZO, tahun ini event yang berfokus dengan karya-karya para kreator lokal kembali hadir tentunya dengan konten yang lebih meriah. Event Creator Super Fest ini diadakan pada 12 – 13 May 2018 di Pullman Grand Ballroom yang berlokasi di Pullman Hotel, Central Park, Jakarta Barat, dihadiri oleh para penggemar Pop Culture baik JPOP maupun Western mulai dari para kreator, merch-hunter dan juga Cosplayer. Seperti apa keseruannya? Yuk simak liputan dari TIm GwiGwi dibawah ini.

Event yang dimeriahkan oleh para Kreator Lokal dan Mancanegara

Salah satu fokus utama yang dimiliki oleh Creator Super Fest adalah para kreator yang hadir baik untuk mengajarkan kreator-kreator baru melalui workshop yang menarik, hingga menjual merchandise yang menjadi incaran para fans.

Mulai dari komikus yang cukup ramai diperbincangkan di Indonesia seperti Maghfire, Alchemaniac, Dini Marlina, dan yang lainnya, hingga DJ yang cukup dikenal baik di Indonesia maupun diluar Indonesia seperti Redshift, DJ Soba, Lazurite. Tentunya tidak sampai disitu saja, artist mancanegara pun turut hadir seperti Kishida Mel yang merupakan illustrator dari Atelier Rorona dan juga Blue Reflection, D-YAMA, dan juga Kaguya Luna yang merupakan artist Youtuber Virtual atau yang sering disebut virtualyucuba (Virtual Youtuber).

Kehadiran para kreator yang berasal dari Indonesia maupun luar neger ini pun membuat kemeriahan yang luar biasa bagi para pengunjung Creator Super Fest akhir pekan lalu.

Selain kehadiran Guest, banyak merchandise yang jadi incaran!

Tentunya Creator Super Fest menjadi ajang para kreator untuk melakukan penjualan merchandise hasil karya mereka. Para kreator yang hadir menjajakan dagangan mereka-pun beragam. Mulai dari kreator lokal hingga luar negeri. Poster, Ganci (Gantungan Kunci), Doujinshi, Artbook, dan banyak lainnya hadir dan siap untuk dibeli oleh para pengunjung.

Selain itu, beberapa perusahaan turut hadir untuk meramaikan acara seperti Addonit yang merupakan perusahaan yang menyediakan stylus untuk berbagai perangkat mulai dari Android, iOS, dan juga Windows, re:ON yang merupakan publisher komik di Indonesia, Wacom dan lainnya hadir dan tentunya memiliki penjualan dan promosi khusus yang hanya dapat ditemukan di acara tersebut.

Baca Juga:  #CSF18 Interview DJ D-Yama, Makanan di Indonesia itu enak enak

Cosplayer pun turut menjadi bagian dari kemeriahan

Event pop culture tanpa kehadiran cosplayer tentunya kurang meriah. Disitulah mengapa Cosplayer turut ambil bagian dari keseruan event Creator Super Fest ini. Cosplayer yang hadir pun beragam. Mulai dari cosplayer yang sudah memiliki nama besar dalam dunia cosplay dan menjadi Guest Cosplayer dalam acara ini seperti SiuTao, Hakken Ryou, dan juga Clarissa Punipun hingga cosplayer yang hadir baik untuk mengikuti perlombaan cosplay yang diadakan ataupun hanya berkunjung dan menikmati suasana event yang meriah.

Para kameko pun membuat lobby acara menjadi semakin meriah dimana para kameko turut membuka sesi foto bersama para cosplayer yang tertarik untuk difoto oleh para kameko baik profesional maupun masih mempelajari cara-cara menjadi kameko.

Gallery Cosplay #CSF2018

This slideshow requires JavaScript.

Event yang meriah, dan tentunya dinantikan setiap tahunnya.

Menjadi event yang dinanti tiap tahunnya oleh para penikmat Pop Culture tidaklah mudah dan Creator Super Fest menjadi event yang cukup dinantikan oleh para penggiat Pop Culture. Berfokus kepada para kreator yang dapat memperlihatkan kebolehan mereka dalam menggambarkan kembali konten-konten Pop Culture mereka masing-masing dengan style yang unik.

Walaupun memang Creator Super Fest adalah bagian dari AFA, event tersebut telah meraih kesuksesan tanpa dampak langsung yang diberikan dari AFA karena sepertinya event ini dibuat oleh Tim SOZO yang berbasis di Indonesia dan menjadi event tersendiri yang sering menjadi panutan.

Bagaimana Gwiples? Bagi yang hadir, yuk berbagi kisah keseruan kalian dikolom komentar, dan bagi yang belum dapat hadir, semoga bisa mendapatkan gambaran tentang event ini dan tentunya jangan lupa untuk hadir di Creator Super Fest selanjutnya yah!

Video Highlights Creator Super Fest 2018, Pullman Grand Ballroom, 12 – 13 May 2018

See you on the next one~ fsplus signing out~

Baca juga: C3 AFA Jakarta (C3AFAJKT), Kembali Dengan Yang Baru di Venue Baru!

Continue Reading

Lokal

Bersiaplah Untuk CLAS:H Yogyakarta 2018!

Published

on

GwiGwi.com  Seusai meramaikan kota Surabaya pada tanggal 17-18 Februari 2018 dan hadir kota Bandung tanggal 15 April 2018 kemarin, event tahunan CLAS:H (Cosplay Live Action Show Hybrid) akan melanjutkan roadshow ke Yogyakarta. CLAS:H Yogyakarta 2018 akan diselenggarakan pada 12 Mei 2018 di Jogja Expo Center, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 35.000,- yang bisa didapatkan di hari H event. Seluruh roadshow CLAS:H 2018 sendiri akan menjadi event yang spesial karena termasuk ke dalam peringatan 60 tahun persahabatan Jepang dan Indonesia serta didukung oleh Japan Embassy, Japan Foundation, Jetro dan juga JNTO. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada berbagai macam kompetisi yang digelar oleh CLAS:H:

• ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix)
AJang bagi para cosplayer untuk menambawakan penampilan selama 3 menit dengan konsep yang telah disiapkan oleh masing-masing tim. Satu tim sendiri wajib terdiri dari 2 orang. Pemenang dari kIGCP kemudian otomatis melaju ke grand final yang diadakan di Ennichisai Jakarta (30 Juni – 1 Juli 2018) untuk pemilihan wakil Indonesia pada World Cosplay Summit 2018 di Nagoya.

• Anisong Competition
Para peserta berkompetisi dalam menyanyikan lagu dari anime/tokusatsu sembari meng-cosplay-kan karakter dari serial yang dinyanyikan. Pemenang dari kompetisi ini juga berhak mengikuti grand final di Ennichisai Jakarta.

• Seiyuu Contest
Dalam kontes ini, para peserta diharuskan mengisi suara karakter dari salah satu serial anime layaknya seiyuu/voice actor.

• Odorite Competition
Lomba dance yang mewajibkan kontestan untuk menari menggunakan latar belakang lagu J-Pop serta membawa koreografi hasil karya masing-masing peserta.

Baca Juga:  #CSF18 Interview DJ D-Yama, Makanan di Indonesia itu enak enak

 

CLAS:H Yogyakarta 2018 juga membawa 2 guest internasional dan beberapa guest lokal yaitu:

  • Melochin

Salah satu artis odorite dari situs Nico Nico Douga yang terkenal dengan gayanya yang penuh semangat dan
ceria. Koreografi tarian Melochin yang simpel dan terkesan lucu membuat karya-karyanya sangat populer di komunitas odottemita.

  • Usako

Cosplayer asal Jepang yang memiliki banyak followers serta telah meng-cosplay-kan banyak karakter tampan dalam berbagai photoshoot.

  • John Switch, wakil Indonesia pada World Cosplay Summit 2015.
  • Yonchan, rekan satu tim John Switch dalam mengikuti World Cosplay Summit 2015.
  • Lola Zieta, wakil Indonesia untuk Tokyo Game Show 2016.
  • Rian CYD, mewakili Indonesia dan berhasil menjadi juara 1 pada event World Cosplay Summit 2016 serta merupakan juara 3 Polymanga – Global Easter Cosplay Competition di Switzerland.
  • Dimboyz, wakil Indonesia untuk ajang World Cosplay Summit 2017.
  • Wawa, bersama Dimboyz menjadi perwakilan Indonesia pada World Cosplay Summit 2017.

Selain itu, untuk semakin memeriahkan acara, sebagai MC dari CLAS:H Yogyakarta 2018, akan hadir Viviyona JKT 48 dan Sokorahen Genki, komedian asal Jepang yang kini tinggal di Indonesia.

Informasi teknis lainnya mengenai CLAS:H Yogyakarta 2018 bisa kalian lihat di:

Website: http://clashcosplay.com
Facebook: fb.com/clashcosplay

Yuk, persiapkan diri kalian untuk datang ke CLAS:H Yogyakarta 2018!

Continue Reading

Event

Creators Super Fest 2018, Lebih Seru dengan Creative Line Up & Konten Ngepop!

Published

on

By

GwiGwi.com – Ajang tahunan kreator Lokal Tanah Air & Regional Asia CREATORS SUPER FEST 2018 akan digelar untuk kedua kalinya di tanggal 12 – 13 Mei 2018 di Grand Ballroom Pullman, Central Park, Jakarta. Puluhan penampil hadir dari dalam dan luar negeri di edisi kali ini, yang akan sukses menjadi ajang tahunan kedua yang paling ditunggu.

Gemerlap Tahun Kedua Ajang Creators Super Fest 2018 Akan Menjadi Pusat Kreativitas Konten dari Berbagai Negara, Termasuk: Indonesia, Jepang, Singapura, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, dan masih banyak lagi

Selain dimeriahkan lebih dari 100 Creators Exhibition Booth, mari berkenalan dengan deretan Official Line Up dan Guest Star di dua hari ajang #CSF18 :

Dari kategori Cosplay yang sangat populer, ada nama-nama besar dari dalam dan luar negeri yang akan menyapa para fans di #CSF18, mereka adalah:

  1. Hakken Ryou (Malaysia)
  2. SiuTao (Hongkong)
  3. Clarissa Punipun (Indonesia)

Sedangkan dalam kategori elemen kreatif berikutnya, yaitu Art, akan hadir banyak seniman besar dan karya-karyanya, baik lokal maupun internasional. Mereka adalah:

  1. Kishida Mel (Japan)
  2. Alchemaniac (Indonesia)
  3. Adelia Maghfirare (Not So Silent Night) (Indonesia)
  4. Dini Marlina (re:ON Comics) (Indonesia)
  5. Erfan Fajar (Kill Starter) (Indonesia)
  6. Jessica Kholinne (Code Monkey Save World) (Indonesia)

Tidak ketinggalan juga, kategori Musik akan diramaikan oleh bintang tamu musisi-musisi yang datang dari dalam dan luar negeri, yang pastinya akan mengobati kerinduan para fans akan panggung Anibeats di #CSF18:

  1. D-Yama (from Akihabara Mogra) (Japan)
  2. Lazurite (Indonesia)
  3. Soba (Indonesia)
  4. REDSHiFT (Indonesia)

Aksi panggung kali ini akan jadi sangat unik karena datangnya seorang kreator dan YouTuber Indonesia yang populer karena mampu menciptakan konten musik unik menggunakan Google Translate, Heiakim. Simak tips-tips menarik untuk meracik lagu ala Heiakim di panggung utama Creators Super Fest 2018!

Baca Juga:  #CSF18 Interview DJ D-Yama, Makanan di Indonesia itu enak enak

Selain itu akan ada juga penampilan unik dari Virtual Youtuber yang sedang sangat terkenal di Jepang dan seluruh dunia, yaitu Kaguya Luna. Luna akan tampil secara langsung di layar panggung CSF dan menyapa para penggemarnya yang hadir di acara nanti

Dua hari #CSF18 akan menyajikan tiga pilar kreativitas’, yaitu: ART, MUSIC PERFORMANCE. Selain itu, menampilkan karya-karya terbaik dan memperkenalkan produk terbaru dari para pencipta konten dan perusahaan,  yang terdiri dari: anime, komik, toys, games, publishers, edukasi, serta segudang jenis konten kreatif, pop culture dan hiburan lainnya.

Selain Pop Exhibition, Workshop, Talkshow, Meet & Greet, Creator Act, Musician Performance, dan sederet aktivitas Lokal & Regional lain yang sudah populer sebelumnya, salah satu keseruan baru yang akan ditampilkan di Main Stage adalah: ART DUEL. Adu gambar antar illustrator sudah sering diadakan secara daring, tapi format secara live diyakini akan jadi acara yang ditunggu-tunggu dan menarik minat artist (seni ilustrasi) & kreator baik pemula maupun profesional.

Event Pop Culture juga bakal terasa tidak lengkap tanpa adanya kompetisi COSPLAY. Oleh karena itu, COSPLAYER COMPETITION tahun ini digadang-gadang akan tetap menjadi best gathering spot bagi penggemar karakter film, komik, budaya Jepang & Anime.

HTM (Harga Tiket Masuk) #CSF18 adalah Rp 62.500 (Pre Sale) dan Rp 70.000 (On The Spot), dan kabar baiknya, tiket sudah dapat dibeli di http://creatorsuperfest.com/tickets/ dan juga di mitra lain yang sudah bergabung seperti Go-Tix Event

Get connected with CREATORS SUPER FEST 2018 :

Official Site                          : http://creatorsuperfest.com/

Official Facebook               : https://www.facebook.com/creatorssuperfest/

Official Hashtag                 : #CSF18

Exhibitor Email                   : csf@sozo.sg

Lihat informasi mengenai Creators Super Fest 2017 di link berikut – Creator Super Fest, Menunjukan Kehebatan Artist-Artist Lokal

Continue Reading

Trending