10 Wagashi Terunik dari Jepang

GwiGwi.com – Wagashi merupakan makanan manis dan kue tradisional asli Jepang. Namun sekarang kue lezat ini tidak hanya mengandalkan cita rasa saja, tapi juga penampilan. Karena itu tidak mengherankan jika kebanyakan wagashi memiliki bentuk yang lucu-lucu, yang akan membuat kamu tidak tega untuk memakannya. Masyarakat Jepang sudah banyak yang melakukan kreativitas terhadap kue ini sehingga membuatnya tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki penampilan yang menarik.

Berikut ini adalah wagashi terunik dari Jepang yang patut kamu cicipi.

1. Namagashi

Merupakan hidangan kue yang biasanya disediakan saat upacara teh. Biasanya dibentuk menyerupai bunga dan daun. Sengaja dijadikan seperti itu agar memiliki tema empat musim yang ada di Jepang. Namagashi juga disajikan dengan berbagai macam warna yang cerah.

Sumer: jpninfo.com
Sumer: jpninfo.com

2. Yokan

Merupakan agar-agar khas Jepang yang terdiri dari selai kacang merah. Warnanya cokelat kehitaman dan biasanya disajikan seperti balok kecil. Namun sekarang banyak orang Jepang yang membuatnya dengan bentuk yang lebih unik, salah satunya adalah yokan yang punya dua lapisan ini.

Sumber: blog.wagashi-net.de
Sumber: blog.wagashi-net.de

3. Monaka

Merupakan kue tradisional Jepang yang terdiri dari dua buah biskuit yang berisi selai kacang merah dan mochi. Bentuknya jadi seperti sandwich. Namun saat ini pun sudah banyak dikreasikan, misalnya ada yang berbentuk bunga.

Sumber: blog.umamimart.com
Sumber: blog.umamimart.com

4. Higashi

Baca Juga:  Fukushika Taro: Tidak perlu pintar berbahasa Jepang untuk belajar Shodo

Merupakan kue Jepang yang paling kering di antara kue yang lain. Terbuat dari tepung beras. Yang paling menarik adalah bentuknya yang variatif dan unik.

Sumber: kyotokitchen.net
Sumber: kyotokitchen.net

5. Oshiruko

Merupakan wagashi yang berair. Bisa juga disebut dengan sup kacang merah. Rasanya sangat manis dan lezat. Salah satu cafe di Jepang ada yang menyajikannya unik dengan seekor beruang.

Sumber: mogmog.us
Sumber: mogmog.us

6. Daifuku

Merupakan nama lain dari mochi. Pada umumnya berisi selai kacang merah. Daifuku biasanya disantap berbarengan dengan teh hijau. Seperti kue Jepang kebanyakan, daifuku juga disajikan dalam bentuk yang variatif.

Sumber: bakingintotheether.com
Sumber: bakingintotheether.com

7. Wasanbon

Merupakan permen asli Jepang yang sudah dikenal sejak 200 tahun lamanya. Yang paling menarik dari wasanbon adalah bentuknya yang bermacam-macam, seperti bentuk burung seperti ini.

Sumber: rocketnews24.com
Sumber: rocketnews24.com

8. Dorayaki

Kue yang disenangi doraemon ini sepertinya sudah kamu tahu. Umumnya berisi selai kacang merah. Namun saat ini isinya sudah bermacam-macam, mulai dari stroberi, cokelat, vanila, dan lainnya. Dorayaki pun ada yang dibentuk mirip beruang.

Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

9. Manju

Manju adalah bakpao versi Jepang. Isinya bisa bermacam-macam dan bentuknya umumnya bulat. Namun saat ini pun sudah dikreasikan dengan berbagai macam bentuk lucu yang membuat kamu gemas.

Sumber: visualizeus.com
Sumber: visualizeus.com

10. Jelly Hakuto

Merupakan makanan khas prefektur Okayama. Ini adalah agar-agar konvensional yang dibentuk menyerupai buah persik.

Sumber: mightysweet.com
Sumber: mightysweet.com