Yuk Nikmati Pengalaman Ritual Minum Teh Ala Jepang

GwiGwi.com – Kalau kamu punya kesempatan berkunjung ke Jepang, jangan cuma mikirin shopping di kawasan Harajuku tapi tidak ada salahnya juga mempelajari budaya lokal dan salah satunya adalah ritual minum teh ala Jepang yang sudah sangat terkenal.

Memulai Ritual Minum Teh

Jangan berfikir ritual minum teh semudah memesan teh di restoran karena ternyata budaya yang diturunkan secara turun temurun ini memiliki etika dan adat yang sangat kental dan tidak sembarangan. Jika kamu sudah memutuskan untuk ikut dalam ritual ini jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin berikut ini:

  • Datanglah lebih awal karena ritual minum teh seringnya dilakukan secara berkelompok, dengan datang lebih awal kamu dapat memastikan bahwa orang lain tidak akan menunggumu. Sebagai gantinya kamu bisa menikmati secangkir teh panas ketika menunggu tamu-tamu yang lain.
  • Lakukan ritual pembersihan. Walaupun ritual ini dilakukan secara simbolis yaitu dengan mencuci tangan, kaki dan mulut guna membersihkan debu-debu dari dunia luar tapi merupakan salah satu ritual penting sebelum ritual utama dilaksanakan.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan masuk ke Tea House dimana di sana terletak ruangan-ruangan minum teh tempat ritual akan dilaksanakan.
  • Jangan heran ketika melihat pintu kecil tempat kamu memasuki ruang minum teh karena pintu itu ternyata memang didesain sedemikian rupa sehingga kamu harus menunduk ketika memasuki ruangan, hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada host atau si penerima tamu yang akan melayani kamu selama proses ritual minum teh berlangsung.
  • Setelah itu kamu akan dipersilahkan untuk duduk di atas lantai yang beralaskan tatami dengan posisi duduk di atas tumit kaki.
  • Setelah semua tamu duduk, sang host akan memasuki ruangan dan ritual penyajian teh dimulai.
Baca Juga:  Prediksi Awal Jadwal Mekar Sakura Tahun 2018 di Jepang

Ritual Utama Meminum Teh

Cara meminum teh memang sangat unik yaitu host akan mulai membersihkan peralatan minum teh di depan para tamu dan mulai menyiapkan teh di dalam mangkuk khusus minum teh. Setelah siap, mangkuk akan diberikan kepada tamu utama baru kemudian secara bergiliran minum dalam mangkuk yang sama. Ketika sampai pada giliranmu ini yang harus kamu lakukan:

  • Ambil mangkuk teh yang disuguhkan padamu sambil membungkuk.
  • Angkat mangkuk teh dan kemudian kagumi desain mangkuk teh sebelum memutar mangkuk tersebut dan mulai menyicipi teh.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk mengelap pinggiran mangkuk sampai bersih sebelum diserahkan kepada tamu berikutnya.

Bagaimana unik bukan? Tapi jangan harap kamu bisa minum teh sebanyak-banyaknya karena inti dari mengikuti ritual ini adalah mempelajari budayanya bukan tentang minum teh sebanyak yang kamu inginkan.

  • 140 Posts
  • 0 Comments
Who Am I? Just A PROUD Full-time Mommy and Part-time Daydreamer.