Connect with us

Japan

Yuk Nikmati Pengalaman Ritual Minum Teh Ala Jepang

GwiGwi.com – Kalau kamu punya kesempatan berkunjung ke Jepang, jangan cuma mikirin shopping di kawasan Harajuku tapi tidak ada salahnya juga mempelajari budaya lokal dan salah satunya adalah ritual minum teh ala Jepang yang sudah sangat terkenal.

Memulai Ritual Minum Teh

Jangan berfikir ritual minum teh semudah memesan teh di restoran karena ternyata budaya yang diturunkan secara turun temurun ini memiliki etika dan adat yang sangat kental dan tidak sembarangan. Jika kamu sudah memutuskan untuk ikut dalam ritual ini jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin berikut ini:

  • Datanglah lebih awal karena ritual minum teh seringnya dilakukan secara berkelompok, dengan datang lebih awal kamu dapat memastikan bahwa orang lain tidak akan menunggumu. Sebagai gantinya kamu bisa menikmati secangkir teh panas ketika menunggu tamu-tamu yang lain.
  • Lakukan ritual pembersihan. Walaupun ritual ini dilakukan secara simbolis yaitu dengan mencuci tangan, kaki dan mulut guna membersihkan debu-debu dari dunia luar tapi merupakan salah satu ritual penting sebelum ritual utama dilaksanakan.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan masuk ke Tea House dimana di sana terletak ruangan-ruangan minum teh tempat ritual akan dilaksanakan.
  • Jangan heran ketika melihat pintu kecil tempat kamu memasuki ruang minum teh karena pintu itu ternyata memang didesain sedemikian rupa sehingga kamu harus menunduk ketika memasuki ruangan, hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada host atau si penerima tamu yang akan melayani kamu selama proses ritual minum teh berlangsung.
  • Setelah itu kamu akan dipersilahkan untuk duduk di atas lantai yang beralaskan tatami dengan posisi duduk di atas tumit kaki.
  • Setelah semua tamu duduk, sang host akan memasuki ruangan dan ritual penyajian teh dimulai.
Baca Juga:  Tips Liburan Ke Jepang Dengan Hemat

Ritual Utama Meminum Teh

Cara meminum teh memang sangat unik yaitu host akan mulai membersihkan peralatan minum teh di depan para tamu dan mulai menyiapkan teh di dalam mangkuk khusus minum teh. Setelah siap, mangkuk akan diberikan kepada tamu utama baru kemudian secara bergiliran minum dalam mangkuk yang sama. Ketika sampai pada giliranmu ini yang harus kamu lakukan:

  • Ambil mangkuk teh yang disuguhkan padamu sambil membungkuk.
  • Angkat mangkuk teh dan kemudian kagumi desain mangkuk teh sebelum memutar mangkuk tersebut dan mulai menyicipi teh.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk mengelap pinggiran mangkuk sampai bersih sebelum diserahkan kepada tamu berikutnya.

Bagaimana unik bukan? Tapi jangan harap kamu bisa minum teh sebanyak-banyaknya karena inti dari mengikuti ritual ini adalah mempelajari budayanya bukan tentang minum teh sebanyak yang kamu inginkan.

Japan

Tips Liburan Ke Jepang Dengan Hemat

Jepang adalah salah satu negara dengan destinasi wisata yang sangat banyak dan hal ini adalah salah satu faktor menarik yang menjadikan Jepang sebagai destinasi wisata yang dipiih oleh turis dari seluruh dunia.

Destinasi wisata yang di tawarkan oleh negara matahari terbit ini antara lain adalah  wisata belanja, wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata teknologi. Dan masih banyak lagi.

jika anda berniat untuk berlibur ke Jepang, maka ada beberapa hal yang harus anda persiapkan dari jauh hari agar pengalaman berlibur yang anda dapatkan bisa terasa lebih menyenangkan, contoh hal yang bisa anda persiapkan tersebut seperti destinasi wisata yang ingin dikunjungi, cara menjangkau destinasi tersebut, hingga biaya yang bisa anda hemat ketika berada di sana.

Oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa tips agar liburan anda di Jepang bisa menjadi lebih menyenangkan.

  1. Melakukan Perencanaan

Melakukan perencanaan berlbur ini sangatlah penting, apalagi jika destinasi yang anda tuju berada di luar negeri maka perencanaan yang matang sangatlah dibutuhkan khususnya dalam membeli tiker pesawat.

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah anda bisa melakukan pembelian tiket pada waktu 6 bulan hingga 9 bulan sebelum keberangkatan.

  1. Waktu Check-in Penginapan

Jika anda tiba di Jepang pada waktu pagi tidak perlu terlalu khawatir untuk langsung check-in. Karena waktu check-in di Jepang itu berbeda dari waktu Check-in di Indonesia.

Di Jepang waktu Check-in nya adalah jam 3 sore jadi jika anda tiba pada pagi hari maka anda bisa langsung menikmati waktu seharian di jepang dengan mengunjungi tempat wisata sambil menunggu waktu chcek-in.

  1. Smartphone Dan Internet
Baca Juga:  Tips Liburan Ke Jepang Dengan Hemat

Jika anda melakukan liburan ke Jepang dan tidak mengerti bahasa Jepang sama sekali maka smarthphone dan internet adalah hal yang bisa menjadi penolong anda, khususnya jika anda tersesat atau sedang memilih makanan yang halal.

  1. JR Pass

JR pass atau japan rail pass adalah kartu yang bisa anda gunakan untuk bisa menggunakan kereta cepat atau shinkasen di Jepang. JR Pass ini sangatlah penting untuk anda yang sedang berlibur ke Jepang karena JR Pass akan membantu anda untuk mengunjungi destinasi wisata yang ingin anda kunjungi.

  1. Makanan Di Convenience Store

Tips berlibur ke jepang selanjutnya adalah untuk mencari makan di Jepang. Makanan yang tersedia di Convenience Store atau minimarket ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur namun tetap hemat.

Makanan yang tersedia pun sangat beragam dan rasa yang ditawarkan pun tidak kalah enak dari restauran yang ada, harga makanan di mini market ini berkisar antara 30 ribu sampai 40 ribuan saja.

Continue Reading

Japan

Tips Persiapan Solo Traveling Ke Jepang Ala Backpacker

GwiGwi.com – Jepang adalah negara maju yang terkenal karena banyak kelebihan yang dimilikinya dan salah satunya adalah objek wisata yang menarik dan menjadi daya tarik untuk turis manca negara.

Namun karena di Jepang hampir semuanya memiliki harga yang mahal, apakah mungkin untuk berlibur ke jepang ala backpacker? jawabannya sangat mungkin! Dan untuk berlibur ke Jepang secara hemat ada banyak hal yang harus anda persiapkan. Mau tau apa saja persiapan yang kamu butuhkan? simak informasinya di bawah ini ya.

  1. Menyusun Itinerary

Dalam mempersiapkan budget yang akan kamu keluarkan kamu harus mempersiapkan itinerary yaitu menentukan berapa lama akan stay disana, tempat apa saja yang akan dituju, dimana tempat menginapnya, dan biaya makan sehari-hari. Perlu di ingat, semakin lama waktu berliburnya maka akan semakin banyak uang yang harus dikeluarkan.

  1. Cek Transportasi Di Jepang

Dalam berlibur ke Jepang dan menghemat biaya, kita harus bisa menggunakan transportasi umum yang ada. Kita harus mengetahui tempat, rute perjalanan, tempat transit, serta biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan transportasi tersebut.

Hal ini harus kamu persiapkan dengan baik, agar kamu bisa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti tersesat misalnya. Jika kamu sampai tersesat tentu saja biaya yang akan kamu keluarkan akan lebih besar.

  1. Cek Musim Dan Temperatur Di Jepang
Baca Juga:  Tips Liburan Ke Jepang Dengan Hemat

Temperatur dan musim yang sedang berlangsung di Jepang ini juga adalah informasi yang sangat vital, dan kita bisa mengecek hal tersebut dari internet, kan zaman sudah canggih.

Dengan mengetahui iklim, musim, dan suhu yang ada, kita bisa memperkirakan tempat wisata apa yang akan kita kunjungi agar perjalanan kamu bisa tetap menyenangkan walau terhambat musim.

  1. Booking Semua Akomodasi Yang Kamu Butuhkan

Jika kamu ingin berlibur ke Jepang, biasakan selalu melakukan reservasi secara online, beberapa hal yang bisa kamu revervasi secara online adalah hotel, kereta, bus, dan pocket wifi.

Dan biasakan untuk tidak menunda-nunda waktu reservasi, karena jika semakin dekat dengan hari H liburan maka biaya yang kamu butuhkan pun akan semakin besar juga.

  1. Menukarkan Uang Rupiah Menjadi Yen

Sebelum berangkat berlibur ke Jepang, ada baiknya kita menukarkan uang rupiah ke yen dari jauh jauh hari. Karena nilai tukar uang itu selalu berubah ubah maka kita harus cermat agar bisa mendapatkan nilai tukar terbaik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pakai ketika ingin berlibur ke Jepang ala Backpacker, semoga bermanfaat.

Continue Reading

Event

Shadowverse Mengumumkan Liga E-Sports Resmi di Asia Tenggara dan Oceania

GwiGwi.com – Cygames dan Eliphant, penyelenggara Gamestart Asia mengumumkan bahwa pemain Shadowverse di Asia Tenggara dan Oceania dapat mengikuti kualifikasi Shadowverse World Grand Prix untuk pertama kalinya, dan berkesempatan memenangkan 1 JUTA USD atau setara dengan 13,7 Juta Rupiah.

SEAO Esports Circuit akan diselenggarakan dibawah BEast of the East esports dan divisi produksi live dari Eliphant. Akan ada 6 pool $1,000 dan satu $1,000 Wildcard yang akan diselenggarakan online, dan satu $10,000 World Circuit Offline Tournament dimana semuanya akan menjadi kesempatan masuk dalam SEAO Contenders Cup. Contenders Cup ini nantinya akan diselenggarakan sebagai bagian dari GameStart 2018, yang merupakan konvensi gaming terbesar di Singapura yang akan berlangsung selama 13 hingga 14 Oktober. Pemenang Contenders Cup akan berkesempatan untuk mencoba kesuksesan mereka mendapatkan 1 Juta USD pada World Grand Prix yang nantinya akan diselenggarakan di Jepang pada akhir tahun.

Shadowverse sudah menjadi aplikasi yang populer dan menjadi raja game esports di Jepang. Permainan strategy kartu ini sudah di-unduh sebanyak lebih dari 16 Juta kali dan mengundang 8,000 pengunjung pada esports lokal yang terakhir kali diselenggarakan. Kali ini kesempatan para pemain di Asia Tenggara untuk bisa menjadi bagian dari game tersebut.

Kami sangat senang untuk dapat mengembangkan kegiatan esports ini di Asia Tenggara dan juga Oceania” ucap Yuito KimuraGame Producer and Executive Director at Cygames. “Kami juga sangat senang untuk menyambut para pemain dari region ini kedalam World Grand Prix. Kami berharap untuk menciptakan turnamen skala global, dan kami juga berharap dapat membuat ekosistem yang cukup baik untuk kedua region itu agar para pemain dapat berkompetisi ditingkat yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga:  Tips Persiapan Solo Traveling Ke Jepang Ala Backpacker

Kami sangat senang menjadi bagian dari expansi Cygames ke region SEAO (South East Asia and Oceania),” kata Koh Yung TekEsports Director, Eliphant. “Dan kami akan sangat menantikan hubungan baik dalam jangka panjang dengan komunitas, talents dan juga para sponsor untuk membangun ekosistem esports shadowverse the region ini.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini, dan ingin tahu bagaimana cara untuk dapat mengikuti kualifikasinya, silahkan buka tautan dari link ini – https://bit.ly/2E37EBA

Berikut juga adalah jadwal dari SEAO Esports.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dari website resmi Shadowverse Open yaitu https://shadowverseopen.com.

Yuk segera mainkan Shadowverse dan asah kemampuan kalian Gwiples. Untuk mendownload Shadowverse, silahkan download melalui link dibawah ini sesuai dengan perangkat kalian:

Apple App Store: http://bit.ly/ShadowverseIOS

Google Play Store: http://bit.ly/ShadowverseAndroid

Steam: http://bit.ly/ShadowversePC

Continue Reading

Trending