Connect with us

Japan

Yuk Nikmati Pengalaman Ritual Minum Teh Ala Jepang

Published

on

GwiGwi.com – Kalau kamu punya kesempatan berkunjung ke Jepang, jangan cuma mikirin shopping di kawasan Harajuku tapi tidak ada salahnya juga mempelajari budaya lokal dan salah satunya adalah ritual minum teh ala Jepang yang sudah sangat terkenal.

Memulai Ritual Minum Teh

Jangan berfikir ritual minum teh semudah memesan teh di restoran karena ternyata budaya yang diturunkan secara turun temurun ini memiliki etika dan adat yang sangat kental dan tidak sembarangan. Jika kamu sudah memutuskan untuk ikut dalam ritual ini jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin berikut ini:

  • Datanglah lebih awal karena ritual minum teh seringnya dilakukan secara berkelompok, dengan datang lebih awal kamu dapat memastikan bahwa orang lain tidak akan menunggumu. Sebagai gantinya kamu bisa menikmati secangkir teh panas ketika menunggu tamu-tamu yang lain.
  • Lakukan ritual pembersihan. Walaupun ritual ini dilakukan secara simbolis yaitu dengan mencuci tangan, kaki dan mulut guna membersihkan debu-debu dari dunia luar tapi merupakan salah satu ritual penting sebelum ritual utama dilaksanakan.
  • Setelah itu kamu akan diarahkan masuk ke Tea House dimana di sana terletak ruangan-ruangan minum teh tempat ritual akan dilaksanakan.
  • Jangan heran ketika melihat pintu kecil tempat kamu memasuki ruang minum teh karena pintu itu ternyata memang didesain sedemikian rupa sehingga kamu harus menunduk ketika memasuki ruangan, hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada host atau si penerima tamu yang akan melayani kamu selama proses ritual minum teh berlangsung.
  • Setelah itu kamu akan dipersilahkan untuk duduk di atas lantai yang beralaskan tatami dengan posisi duduk di atas tumit kaki.
  • Setelah semua tamu duduk, sang host akan memasuki ruangan dan ritual penyajian teh dimulai.
Baca Juga:  Jepang akan larang drone terbang di sekitar lokasi Olimpiade dan Paraolimpiade 2020 Tokyo

Ritual Utama Meminum Teh

Cara meminum teh memang sangat unik yaitu host akan mulai membersihkan peralatan minum teh di depan para tamu dan mulai menyiapkan teh di dalam mangkuk khusus minum teh. Setelah siap, mangkuk akan diberikan kepada tamu utama baru kemudian secara bergiliran minum dalam mangkuk yang sama. Ketika sampai pada giliranmu ini yang harus kamu lakukan:

  • Ambil mangkuk teh yang disuguhkan padamu sambil membungkuk.
  • Angkat mangkuk teh dan kemudian kagumi desain mangkuk teh sebelum memutar mangkuk tersebut dan mulai menyicipi teh.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk mengelap pinggiran mangkuk sampai bersih sebelum diserahkan kepada tamu berikutnya.

Bagaimana unik bukan? Tapi jangan harap kamu bisa minum teh sebanyak-banyaknya karena inti dari mengikuti ritual ini adalah mempelajari budayanya bukan tentang minum teh sebanyak yang kamu inginkan.

Japan

Jepang akan larang drone terbang di sekitar lokasi Olimpiade dan Paraolimpiade 2020 Tokyo

Published

on

By

GwiGwi.com – Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk melarang drone terbang di sekitar area penyelengaraan Olimpiade dan Para Olimpiade 2020 Tokyo.

Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan terorisme. Pemerintah bekerjasama dengan petugas polisi untuk membantu mengamankan drone yang melanggar, boleh dihancurkan jika kedapatan terbang didaerah yang sudah dilarang.

Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang melarang terbang drone di sembarang tempat, seperti tempat-tempat pemukiman, dan lokasi pemerintahan, namun untuk area olahraga masih belum semua.

“Ada kemungkinan drone membawa alat peledak ataupun cairan yang berbahaya di lokasi, tetapi sulit untuk melarangnya dengan aturan yang berlaku sekarang,” ungkap juru bicara pemerintah Jepang.

Baca Juga:  Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Hokkaido, Jepang

Continue Reading

Japan

Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Hokkaido, Jepang

Published

on

By

GwiGwi.com – Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Pulau Hokkaido di Jepang, Senin (5/11) dini hari. Dilansir AFP, gempa itu berpusat di kedalaman 8 kilometer atau 107 kilometer unsur timur laut Kota Shibetsu.

Berdasarkan keterangan dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), bisa jadi ada korban jiwa dampak gempa tersebut. Di samping itu, gempa pun mengakibatkan kehancuran banuntukn walau tak terlampau banyak.

Gempa ini terjadi sejumlah bulan sesudah gempa berkekuatan 6,6 magnitudo mengguncang Hokkaido di bulan September. Sehingga merangsang tanah longsor, lokasi tinggal runtuh dan menewaskan lebih dari 40 orang.

Baca Juga:  Seorang guru Jepang resign dari kerjaan setelah ketahuan bekerja sebagai prostitusi

Jepang adalahnegara yang terdapat di empat lempeng tektonik. Selain tersebut setiap tahun selalu merasakan sejumlah gempa yang relatif lumayan ganas.
Namun dengan konsep banuntukn tahan gempa serta pondasi yang kuat, terkadang gempa berkekuatan besar melulu membuat lokasi tinggal mengalami kehancuran kecil.

Continue Reading

Japan

Seorang guru Jepang resign dari kerjaan setelah ketahuan bekerja sebagai prostitusi

Published

on

By

GwiGwi.com – Dewan Pendidikan kota Osaka mengumumkan pengunduran diri seorang guru dari Sekolah Menengah Atas setelah ketahuan dirinya bekerja part-time dibisnis prostitusi.

Menurut Dewan Pendidikan, guru berumur 27 tahun ini bekerja paruh waktu di sebuah bisnis “kesehatan” dimana pekerjanya mengenakan kostum dan memberikan jasa seksual oral. Bu guru ini dilaporkan telah bekerja dari bulan April hingga September, dengan pendapatan 80.000 yen per bulan.

Dirinya juga bergabung bisnis MLM yang menjual alat kosmetik dan perlengkapan toilet. Atas keterlibatannya ini, dewan Pendidikan mengungkapkan bahwa guru ini telah menyalahi Undang-Undang Layanan Publik Lokal.

Baca Juga:  Jepang akan larang drone terbang di sekitar lokasi Olimpiade dan Paraolimpiade 2020 Tokyo

Guru ini ketahuan setelah Dewan Pendidikan banyak laporan mencurigakan. Sejak April, si guru sering meminta guru lain untuk menggantinya mengajar. Guru ini juga mengakui dia melakukan ini karena harus melunasi utang-utangnya.

Sebenarnya, si guru diskors selama 3 bulan, namun dirinya memilih mengundurkan diri.

“Saya mengakui kesalahan saya, hal ini akan menjadi dampak buruk bagi anak didik.” Ungkap si Guru.

Continue Reading

Trending