Washi Egg Seni Menghias Telur Paskah Ala Jepang

GwiGwi.com – Paskah telah tiba, kamu pasti sudah siap untuk berburu telur-telur paskah! Paskah memang identik dengan telur yang berhiaskan gambar-gambar unik dan lucu, seperti biasa, orang Jepang membawa seni menghias telur ke level yang setingkat lebih tinggi. Jika biasanya menghias telur paskah menggunakan kuas dan cat, orang Jepang menggunakan washi atau kertas yang biasa digunakan untuk membuat origami, makanya di Jepang ada istilah washi egg atau telur paskah berhias kertas washi.

Sejarah Washi di Jepang

Kertas pertama kali ditemukan di Cina dan selang beberapa tahun akhirnya kertas sampai juga di Jepang yang kemudian dimodifikasi agar cocok dengan kebutuhan lokal dan ketersediaan material akhirnya terciptalah washi atau kertas dengan material unik yang sangat khas Jepang. Sejak saat itu, washi digunakan diberbagai macam kebutuhan sehari-hari, tak hanya untuk menulis tapi juga untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya termasuk berkontribusi pada seni menghias telur yang merupakan kebudayaan barat.

Apa Itu Washi Egg?

Washi egg adalah seni menghias telur menggunakan kertas washi. Teknik ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan material kertas washi yang sudah memiliki pola gambar dan telur tinggal dibungkus menggunakan kertas tersebut yang sudah diberi lem berwarna bening. Untuk hasil yang lebih maksimal bisa juga dilapisi dengan cat pernis agar hasil telur lebih cantik dan mengkilat serta tahan lebih lama. Selain itu agar jauh lebih menarik bisa juga ditambahkan glitter sehingga tampilan washi egg jauh lebih cantik.

Baca Juga:  Fukushika Taro: Tidak perlu pintar berbahasa Jepang untuk belajar Shodo

Washi Egg Vs Chiyogami Egg

Apa perbedaan antara washi egg dan chiyogami egg? Perbedaannya terletak pada jenis kertas yang digunakan. Jika washi egg menggunakan washi maka chiyogami egg menggunakan kertas nasi khas Jepang yang lebih tipis, setipis kertas tisu, dibandingkan dengan kertas washi sehingga lebih fleksibel.

Saat ini sudah banyak kelas dibuka bagi kamu yang tertarik mempelajari lebih dalam tentang seni membuat washi egg ataupun chiyogami egg karena dalam dunia seni tak ada batasan untuk mempelajari suatu keahlian. Washi egg hanyalah salah satu dari sekian banyak seni menghias telur karena selain Jepang juga terdapat banyak negara dengan seni menghias telur masing-masing seperti Rusia yang terkenal dengan Faberge Imperial Egg dan Ukraina terkenal dengan Pysanky.

  • 139 Posts
  • 0 Comments
Who Am I? Just A PROUD Full-time Mommy and Part-time Daydreamer.