Connect with us

Gaming

Turnamen eSports Internasional SEACA Hasilkan Atlet eSports Kelas Dunia

Published

on

GwiGwi.com – Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) resmi berakhir hari ini. Ajang penutupan turnamen eSports terbesar di Asia Tenggara ini yang digelar oleh UniPin eSports dari tanggal 17 hingga 21 Oktober di Mall Taman Anggrek Jakarta Barat ini, berhasil menarik atensi cukup besar dari penggiat eSports di Jakarta dan sekitarnya. Tidak kurang ribuan remaja hingga dewasa, bahkan orangtua menemani putra-putrinya turut serta menyaksikan perhelatan yang digelar secara penuh dari pagi hingga malam selama lima hari berturut-turut ini.

Kepadatan pengunjung Mal Taman Anggrek Jakarta saat menyaksikan turnamen eSports South East Asia Cyber Arena(SEACA) yang diselrnggarakan UniPin eSports pada 21 Oktober 2018

Kurang lebih 230 atlet eSports, baik dari dalam maupun luar negeri ini bertarung memperebutkan hadiah senilai 1.4 Miliar Rupiah. SEACA sendiri mempertandingkan game – game populer antara lain; Mobile Legends, Arena of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battleground (PUBG), Point Blank dan DOTA 2. Beberapa atlet eSports dari kawasan ASEAN seperti Malaysia, Phililpines, Thailand dan Vietnam juga turut berpartisipasi dalam event ini.

Pemberian sambutan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, pada closing ceremony SEACA 2018

Besarnya perhatian penggiat eSports dalam turnamen ini sesuai dengan analisa lembaga riset asal Belanda Newzoo, yang menyebutkan Indonesia termasuk salah satu diantara 6 negara(Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia dan Vietnam) besar yang memiliki lebih dari 98% penggiat eSports di kawasan ini. Asia Tenggara sendiri merupakan kawasan yang memiliki pertumbuhan eSports lebih cepat dibandingkan kawasan lainnya di dunia.

Penandatanganan baju UniPin eSports oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (kanan) didampingi CEO UniPin, Ashadi Ang (kiri)

Pemberian baju UniPin eSports yang telah ditandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, kepada salah satu penonton turnamen eSports SEACA 2018

CEO sekaligus Co-Founder UniPin Ashadi Ang, menyebutkan bahwa pesatnya pertumbuhan eSports di Asia Tenggara ini menjadi alasan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industry eSports di kawasan ini. “ Melalui SEACA kami ingin menjadikan Indonesia sebagai penghubung sekaligus pusat eSports di kawasan SEA (Southeast Asia). UniPin melalui UniPin eSports memiliki misi ingin mempromosikan serta mengedukasi eSports sebagai gaya hidup sehat. SEACA adalah salah bentuk edukasi yang kami lakukan. Kami ingin para gamers memiliki gaya hidup sehat dan disiplin, memiliki jam istirahat yang lebih teratur. Bahkan, kami fasilitasi mereka untuk berkompetisi secara professional melalui SEACA dan kami juga berikan hadiah.”

Pemberian sambutan oleh CEO UniPin, Ashadi Ang pada closing ceremony SEACA 2018

“Kami sadar kami tidak akan mampu berjalan sendirian untuk mewujudkan impian kami menjadikan industry eSports Indonesia terbesar di Asia Tenggara. Oleh karena itu, kami menggandeng banyak pihak dari sponsor hingga partner kami untuk mewujudkan hal ini, dankami berterima kasih pada pihak-pihak yang telah mendukung SEACA. Kami menyadari masih banyak yang harus dibenahi, dan ini

Pencabutan pedang oleh CEO UniPin, Ashadi Ang, yang sekaligus menjadi simbol ditutupnya pagelaran turnamen eSports SEACA 2018

jadi pekerjaan rumah yang harus kami bereskan. Harapan kami dukungan pemerintah lebih besar lagi kedepannya agar eSports lebih berkembang di tanah air. Kami ingin SEACA bisa menjadi event tahunan dan menjangkau wilayah yang lebih luas, sehingga dapat menghasilkan atlet-atlet eSports berkualitas dunia dari seluruh penjuru tanah air. Bangga dong kalau atlet terbaik di SEACA bisa ikut Asian Games dan dapat medali emas,” tambah Ashadi.

Foto bersama segenap panitia penyelenggara SEACA 2018 bersama dengan grup musik RAN

Di acara SEACA ini, turut menghadirkan kompetisi World Electronic Sports Games (WESG) dengan total hadiah sebesar USD 5.500.000, dimana pemenangnya akan dikirim untuk bertanding mewakili Indonesia di kancah Internasional yang grand final-nya akan diselenggarakan di China.

Foto bersama CEO UniPin, Ashadi Ang, bersama dengan para pemenang game Mobile Legends pada turnamen SEACA 2018

Grup musik RAN ikut menyemarakkan closing ceremony turnamen eSports SEACA 2018 yang diselenggarajan oleh UniPin eSports

Kompetisi Cosplay serta penampilan group music RAN juga turut meramaikan acara penutupan SEACA. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. UniPin Voucher Game Online dan UniPin eSports mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang meliput acara ini serta para sponsor diantaranya adalah Indomaret, Nimo TV, AMD, Logitech G, Wings Group, Sakuku, Western Digital, DX Racer, LG, Bali Fiber, dan Honor yang telah mendukung acara SEACA 2018.

Baca Juga:  Review Game Banner Of The Maid, Tactical RPG yang Revolusioner

PlayStation Console

Ini dia spesifikasi PS5

Published

on

By

GwiGwi.com – Semalam Sony akhirnya membeberkan spesifikasi dari konsol generasi terbarunya yaitu PS5 (PlayStation 5). Tagar #PS5Reveal ramai tapi justru berisi respon negatif. Alasannya, Sony hanya memberikan info spesifikasi tapi tetap merahasiakan bentuk konsol tersebut.

Presentasi mengenai spesifikasi PS5 dilakukan oleh Lead Hardware PlayStation, Mark Cerny. Sama seperti kompetitornya, Xbox Series X, PS5 mengandalkan prosesor custom dari AMD. Konsol ini menggunakan AMD Zen 2 versi custom dengan delapan-core dengan performa 3,5GHz.

Kartu grafisnya alias GPU juga masih menggunakan milik AMD versi custom. Komponen ini menggunakan arsitektur AMD RDNA2 yang menjanjikan perfroma rendering hingga 10,268 TFLOPs dengan 36 compute units dan performa 2,23GHz.

Kapasitas RAM yang disediakan adalah 16GB GDDR6 dengan kapasitas penyimpanan berbasis SSD 825GB yang jadi kebanggaan Sony. PS5 dikalim punya kemampuan loading super cepat dibandingkan PS4 maupun kompetitornya.

PS4 dan konsol generasi sebelumnya memang masih mengandalkan memori penyimpanan berbasis HDD. Dijelaskan bahwa penggunaan SSD di PS5 bisa memberikan bandwidth 5GBps dan loading time 2GB dalam waktu 0,27 detik.

Jadi proses loading dan sejenisnya di dalam game menjadi sangat cepat. Beberapa waktu lalu Sony mengklaim bahwa game di konsol mereka akan hampir tidak memiliki waktu loading. Di PS4 yang masih menggunakan HDD tersedia bandwidth kisaran 50-100MBps dan loading time 20 detik untuk data 1GB.

Baca Juga:  Kesempatan Terakhir Untuk Berpartisipasi Dalam eFootball PES 2020 Mobile Community Tournament Resmi yang Pertama di Indonesia

Cerny juga menyebutkan bahwa SSD yang terpasang menggunakan jenis NVMe SSD sehingga mendukung upgrade kapasitas. Namun, pengguna harus memiliki SSD dengan kemampuan yang sama seperti versi standar yaitu menyediakan kecepatan 5,5GBps.

Selain itu tersedia dukungan koneksi USB hard drives alias memori eksternal untuk tambahan kapasitas. Mengingat kecepatan koneksi fitur ini akan lebih lambat ketimbang SSD yang terpasang maka USB hard drive ditujukan untuk memainkan game dari PS4.

Kecanggihan dari PS5 terletak di teknologi AMD SmartShift yang diterapkan di prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU). Teknologi ini membuat CPU dan GPU secara pintar membagi performa masing-masing sesuai beban kerja atau game yang dimainkan.

Jadi performa atau frekuensi dari CPU dan GPU yang disebutkan di atas bisa lebih tinggi atau boost clock. Disebutkan bahwa PS5 bisa menyajikan kualitas grafis yang nyata hampir sekelas PC. Cerny menyebutkan bahwa GPU di konsol ini juga menggunakan hardware accelerated ray-tracing AMD yang seperti diterapkan di PC.

Ya, presentasi Sony semalam mengenai PS5 memang lebih banyak mengenai hal teknis. Tidak heran apabila banyak gamer yang kecewa bahkan dibuat bingung dengan kemampuan konsol generasi terbaru Sony tersebut. Mereka hanya penasaran bentuk dari PS5.

Continue Reading

Mobile Gaming

Serial Komik Populer MARVEL, House of X & Powers of X, Hadir di MARVEL Future Fight

Published

on

By

GwiGwi.com – Netmarble hari ini mengumumkan bahwa update yang terinspirasi dari serial buku komik X-Men “House of X” dan “Powers of X”, yaitu tentang Charles Xavier dan para mutan yang membuat aturan dunia baru di Krakoa dan menampakkan diri mereka ke seluruh dunia, telah ditambahkan ke game mobile terkenal MARVEL Future Fight. Selain itu, beragam karakter baru, peningkatan gameplay, dan uniform bertema House of X juga telah ditambahkan dan bisa dikoleksi oleh para Agent.

Uniform baru yang hadir pada update ini di antaranya adalah House of X Uniform untuk Wolverine dan Magneto, Marvel Girl Uniform untuk Jean Grey, dan Nimrod the Lesser Uniform untuk Sentinel. Selain itu, ada juga tiga karakter baru bertema House of X, yaitu Professor X, Mystique, dan Mister Sinister. 

Sebagai tambahan, Professor X memiliki Ultimate Skill baru dan kini bisa diupgrade ke Tier-3. Fitur Awaken Potential telah hadir untuk Mystique, sementara fitur Buka Potential telah tersedia untuk Professor X, Mystique, dan Mister Sinister. Pembaruan lainnya terdiri dari update pada Misi Akademi S.H.I.E.L.D dan pembaruan tutorial.

Update kali ini juga memperkenalkan “Squad Battle” ke MARVEL Future Fight. Squad Battle adalah sebuah mode game baru tempat para pemain bisa bertarung melawan Agent lain untuk mendapatkan skor battle dengan membuat tim Super Hero yang memenuhi syarat tertentu. Pemain dibagi menjadi enam League dan mereka harus bertarung melawan satu sama lain agar bisa mencapai League yang lebih tinggi. League akan direset setiap minggu, sementara naik, turun, atau ketetapan promosi ditentukan oleh rank setiap League.

MARVEL Future Fight telah merayakan ulang tahun ke-4 dengan 100 juta pemain yang tersebar di seluruh dunia. Game ini tersedia di App Store® dan Google Play™. 

Continue Reading

Mobile Gaming

Netmarble Resmi Rilis Game Kuis Gambar Koongya Draw Party Pada 26 Maret 2020

Published

on

By

GwiGwi.com – Perusahaan game mobile global Netmarble Corp, hari ini mengumumkan bahwa game kuis real-time kreatif baru KOONGYA Draw Party akan resmi dirilis di seluruh dunia pada 26 Maret mendatang.

KOONGYA Draw Party adalah game kuis gambar koplak yang menawarkan beragam kuis gambar lucu dan seru yang bisa dibuat, dinilai, dan dibagikan kepada semua orang. Fitur unik yang hadir pada game ini mempermudah pemain untuk menemukan dan membagikan ide-ide brilian mereka. KOONGYA Draw Party langsung mencapai total download no. 1 di App Store dan Google Play di Korea Selatan dua minggu setelah perilisannya. Dengan lebih dari 30 juta kuis yang dibuat oleh pemain sejak 8 Agustus 2019, KOONGYA Draw Party telah berkembang secara luas melalui seluruh jenis media sosial sehingga menghasilkan kepopuleran besar yang terus berlanjut hingga mencapai 500.000 pengguna harian yang aktif, dan juga menjadi game baru populer no.1 di Korea Selatan di kalangan pemain berumur 20-an pada tahun 2019.

KOONGYA Draw Party menawarkan beragam fitur game untuk para pemain di platform mobile. Pemain bisa mendapatkan hadiah dan juga KOONGYA, maskot dari game KOONGYA Draw Party yang memiliki skill untuk meningkatkan booster in-game di dalam Mode Stage. Sementara di Mode Adventure, para pemain bisa menjelajahi daerah sekitar mereka dan menemukan kuis gambar berdasarkan lokasi. Ada juga Mode Party dengan fitur buat playroom hingga delapan orang, di mana pemain bisa menggambar secara bergantian dan menebak kuis satu sama lain.

Pra-registrasi kini telah tersedia di  App Store dan Google Play. Ikuti KOONGYA Draw Party di Facebook.

Continue Reading

Trending