Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Tech & life

Review RAZER Nommo Pro, Gaming Speaker yang Bikin Berasa Punya Home Theater!

Published

on

GwiGwi.com – Siapa sih yang ga kenal Razer? Brand yang fokus utamanya mendukung pengalaman Gamers biar semakin sempurna dengan segudang peripheralsnya? Nah salah satunya tentu aja Audio. Saat ini gw juga lagi nyobain Razer Hammerhead True Wireless Pikachu Limited Edition. Namun yang akan dibahas kali ini adalah saudaranya di kategori audio juga yang lebih jagoan, yaitu si Razer Nommo Pro. Berikut adalah Reviewnya.

Maaf Anda Melihat Iklan

Sebelumnya apa sih Razer Nommo itu? Razer Nommo adalah gaming speaker system dari Razer, yang berbentuk silinder pada kedua satelitenya. Nah pada versi pro, Razer memberikan sedikit upgrade lagi dengan menanamkan Tweeter pada kedua speaker utamanya, dan menambahkan subwoofer dalam setupnya.

Design dan Build Quality

By design, ketiga set ini bisa dibilang cukup jumbo. Ditotal beratnya mencapai 13 kilo lebih, dan mungkin tidak selalu cocok dalam kondisi, terutama dalam kondisi meja yang cukup minimalist atau sempit. Untungnya pada meja review kita masih bisa squeze in setup ini, dan Subwoofer berada di atas meja. Idealnya memang seharusnya berada di bawah biar meja kerja atau meja gaming tidak terlalu bergetar. Desaiunnya cukup selaras dan masuk kedalam gaming setup apapun yang kalian miliki. Untuk build quality sendiri, mayoritas bahannya adalah plastik premium, yang dirangkai sangat solid oleh razer. Selain itu ke 3 set ini diberikan finish berwarna hitam doff, dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Sayangnya kalau ruangan kalian mudah berdebu, ceritanya tentu jadi berbeda. Oh yah, gamers, kalian akan sangat dimanjakan, karena Razer juga sudah memberikan RGB Lighting pada base stand kedua speakernya yang memberikan aksen tersendiri. DI subwoofernya, sama masih minimalis juga dengan material dan finish yang sama. Subwoofernya ini memiliki ukuran yang cukup besar dan menjadi central connectivity dari setup Nommo Pro sendiri. Menemani ketiga setnya ada sebuah controller, yang digunakan untuk operasional.

Konektivitas

Di soal connectivity, Razer Nommo Pro punya opsi yang hampir lengkap banget untuk semua jenis perangkat. Yang masih butuh analog, 3.5mm AUX IN tersedia disini. Yang mau digital? Tentu saja ada koneksi via USB dan juga Optic untuk kualitas audio digital terbaik yang kalian inginkan. Yang terakhir, wireless? Nommo Pro juga punya berkat koneksi Bluetooth 4.2 yang bisa terhubung dengan perangkat apapun selama itu adalah koneksi Bluetooth. Tidak hanya input sebenarnya, karena dari Nommo Pro ini juga tersedia output. Kalian bisa menghubungkan earphone melalui 3.5mm Headphone Jack yang terdapat di Controller Pucknya jadi kalian bisa dengan cepat merubah output dari speakernya, ke earphone kalian jika memang dibutuhkan. 

Software

Di soal software dan navigasi, Nommo Pro dapat dikendalikan dengan 3 cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan Controller Pucknya. Disini ada tombol untuk on off, serta Control Wheel untuk menaikan volume. Mode switch juga bisa dilakukan dengan menekan tombol paling bawah di controllernya, diantara headphone dan aux in. Kemudian yang kedua adalah Via Razer Synapse. Razer Synapse adalah aplikasi Control Panel dari Razer, dan akan otomatis terinstalasi, jika kalian menghubungkan USB dari Nommo Pro ke PC Windows kalian, maupun Mac. Dalam case ini gw koneksikan ke Laptop ROG Strix G17 dari ASUS. Hal paling simple disini yang bisa kalian lakukan adalah mengatur volume, bass, dan juga Audio enhancement. Selain itu kalian juga bisa mengganti mode input disini, walaupun USB tetap terhubung utama ke laptop/komputer kalian. Kemudian kalian juga bisa mengontrol lightingnya disini, serta mengadjust audio profile sesuka hati kalian. Razer Synapse ini juga bisa menjadi hub kalau kalian punya lebih dari 1 perangkat Razer. Yang terakhir adalah via Nommo Pro app yang bisa kalian install melalui smartphone baik Android maupun iOS. Disini mirip dengan synapse, namun terbatas hanya untuk audio control saja, dan tidak bisa mengganti mode input. Namun ini cukup simple dan ringkas jika yang dilakukan adalah untuk merubah volume, bass, dan audio enhancement saja. Pengalaman dengan controll ini dari semua paling simple menggunakan aplikasi saja dikombinasikan dengan control puck. Walau synapse memang lengkap, tapi gw sendiri lebih sering menghabiskan waktu bersama control puck dan nommo pro app saja yang straight to the point.

Audio Quality

Kemudian pastinya tentang audio quality. Hal yang menarik pada Nommo Pro ini tidak sebatas hanya di performa sebagai speaker gaming. Untuk kalian yang masih bosen dirumah dan kangen kualitas film sekelas bioskop, Nommo Pro bisa memberikan itu. Melalui sistem 2.1 Channelnya, speaker ini sudah disertifikasi juga oleh THX dan juga Dolby Audio, 2 kelas sertifikasi paling mainstream di bioskop. Tweeter berukuran 20mm yang dimilikinya mampu mendeliver Highs yang solid, sementara speaker utama memberikan balance antara mids dan highs, dan tentunya low dapat dihandle oleh subwoofer yang berukuran cukup besar ini. Kombinasi ini, kalau sesuai fungsinya untuk gaming, dapat memberikan pengalaman cinematis yang sangat pleasent. Bermain Call of Duty Modern Warfare terkesan lebih nyata dengan setiap dentuman dan hiss dari senjata dapat dideliver dengan baik oleh ketiga pabrik suara ini. Intinya sih memberikan level imersitifitas yang jauh lebih baik ketimbang speaker non gaming standard. Main genshin Impact juga lebih sedap tentunya karena audio dari musik instrumentalnya dapat terdengar dengan sangat merdu. Karena ga terbatas dengan Digital saja, gw pun nyobain untuk main game rhythm di Switch yaitu Musynx, dengan speaker ini berkat koneksi 3.5mm AUX IN nya dan hasilnya tentu saja sangat memuaskan bagi penggemar genre Future Bass. Ngomongin soal musik, tentunya Nommo Pro juga bisa digunakan untuk itu, dan in a good way. Dengan audio streaming service yang baik misal Spotify, Apple Music, atau yang paling standar sekalipun Youtube Music, hasil audio yang dihasilkan akan sangat jelas untuk ketiga sektor audio. Wajar sih karena masing-masing area dihandle oleh spesifikasi yang ditargetkan untuk mengcover spektrum itu. Vocal dan juga Treble dapat tersampaikan dengan baik, dan lows atau bassnya terdengar tetap solid. Cuman mungkin terkada bisa terjadi distorsi yang cukup signifinak, karena penggunaan subwoofer itu sendiri juga dan pantulan suara audionya. Namun tidak hanya musik, karena pengalaman menikmati film pun bisa diberikan dengan experience terbaik oleh Razer Nommo Pro. Contohnya disini 6 Underground di Netflix, setiap dentuman actionnya dapat dirasakan, bak sedang berada di bioskop. 

Baca Juga:  Razer dan Panerai Mengumumkan Kemitraan nya dengan Conservation International

Sample Audio – Video

Harga dan Ketersediaan

Lalu untuk harga dan ketersediaan. Well, to be honest as expected dari Merk Gaming Focused ini, harga yang ditawarkan Razer selalu berada di kelasan premium, dan tentu saja, Razer Nommo Pro dibanderol dengan harga yang premium juga. Ngomongin build dan kualitas yang ditawarkan Nommo Pro memang sangat solid, walau sebelumnya kita memang belum pernah mencicipi performa Nommo yang reguler. Sebagai All-Rounder, Nommo Pro juga bisa dinikmati oleh non gamers. Harga yang ditawarkannya sendiri adalah 9.499 Juta rupiah, berdasarkan harga resminya Razer di Razer Flagship Store pada Marketplace Tokopedia. Harga ini memang cukup tajam, dan mungkin tidak akan langsung menarik bagi sebagian gamers dan penggunanya. Namun razer sendiri yakin bahwa ini bukan hanya untuk gamers, namun buat pecinta audio secara keseluruhan

Kesimpulan

Kalau mau disimpulkan, it's been a while sejak gw melihat aksesoris audio gaming seberani ini. Speaker terkadang tidak selalu menjadi aksesoris yang fundamental, karena kebanyakan gamers pun menyukai opsi untuk memasang headset ketimbang menggunakan speaker. Razer pun memiliki jajaran Headset yang cukup menarik juga, terutama Baracuda X yang belom lama ini dirilis dan sudah menarik perhatian gw. Namun sejak keterbatasan ruang gerak dikarenakan pandemi covid, penggunaan headset berjangka panjang selama bekerja maupun gaming session, terkadang membuat fatigue juga di telinga, dan oleh karena itu, kesempatan mencoba dan mereview si Nommo Pro ini menjadi angin segar untuk gw sendiri dan tidak menutupi kemungkinan untuk kita memasukannya ke wishlist pembelian kita berikutnya. Audio quality yang diberikan oleh Nommo Pro ini above and beyond. Terutama penggemar Musik dengan bermacam genre, maupun user yang banyak menghabiskan waktu menikmati segudang film yang tersedia di netflix. Tweeter, Speaker, dan juga Subwoofernya bekerja secara sinergis dengan baik untuk memproduksi suara yang memberikan experience diatas rata-rata gaming speaker, ataupun speaker home setup secara general. Namun memang ini bukan tanpa kekurangan. Kualitas yang bagus, tentu hanya bisa dicapai dengan space yang cukup besar yang dibutuhkan si Nommo Pro. Mencari positioning dan juga space yang tepat mungkin akan sedikit PR untuk user yang punya space terbatas. Selain itu harga yang dibanderol oleh Razer terutama di Indonesia cukup flagship class, sehingga mungkin tidak jarang user memilih alternatif lain, bahkan termasuk Nommo 2.0 yang juga dirilis oleh Razer sebagai versi lebih sederhananya. Nommo Pro memang bukan untuk semua orang, namun kualitasnya baik secara build maupun audio, dapat memuaskan semua orang, dan menurut gw, itu adalah selling point terbaik yang dapat diberikan oleh Razer Nommo Pro ini.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Tech & life

WhatsApp sekarang memungkinkan untuk menyembunyikan gambar profil dan terakhir terlihat dari orang-orang tertentu

Published

on

GwiGwi.com – WhatsApp terkenal membutuhkan waktu lama untuk meluncurkan fitur-fitur baru. Sebagai gambaran, baru saja WhatsApp mengambil langkah signifikan untuk membuat aplikasi lebih menarik bagi individu yang menghargai peningkatan privasi.

Maaf Anda Melihat Iklan

WhatsApp mulai mengembangkan pengaturan privasi baru tahun lalu. Ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan foto profil mereka, informasi terakhir terlihat, dan informasi tentang diri mereka sendiri dari orang-orang tertentu di daftar kontak mereka. Tentu saja, itu tidak tersedia untuk semua orang karena itu adalah “fitur beta.” Sekarang Google telah mengumumkan peluncuran global resmi untuk perangkat Android dan iOS.

WhatsApp

 

WhatsApp mendapatkan lebih banyak fitur privasi

Untuk gambar profil, terakhir dilihat, dan tentang info, hanya ada tiga opsi privasi hingga sekarang. “Semua orang, Kontak Saya, dan Tidak Ada” adalah tiga kategori. Sekarang ada opsi keempat yang disebut “Kontak saya kecuali …” Menariknya, fitur ini telah tersedia dalam pengaturan Status Privasi untuk beberapa waktu.

Baca Juga:  Razer Mengumumkan Razer Kishi V2

Seperti biasa, fungsionalitas mengikuti “logika WhatsApp,” yang menyatakan bahwa “jika Anda tidak mengizinkan orang lain untuk melihat informasi Anda, Anda juga tidak akan dapat melihat informasi mereka.” Jadi, ingatlah bahwa jika Anda membatasi informasi seseorang akses ke Gambar Profil Anda, Terlihat Terakhir, dan Tentang informasi hanya untuk satu orang, Anda tidak akan dapat melihat data orang tersebut.

Anehnya, WhatsAppn juga memperkenalkan beberapa opsi panggilan grup. Ini memungkinkan pengguna untuk membisukan orang lain sambil juga mengirim pesan kepada orang-orang tertentu selama panggilan grup. Ketika seseorang bergabung dengan panggilan grup di luar layar, sebuah spanduk akan muncul.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Tech & life

DeepL Translator Menyambut Hadirnya Bahasa Indonesia

Published

on

By

GwiGwi.com – Perusahaan AI terkuat di Jerman yang memelopori kualitas terjemahan instan paling akurat di dunia, DeepL, kini merangkul Indonesia. Setelah menjadi alat penerjemahan pilihan di Eropa dan Amerika Utara, DeepL dengan cepat meraih popularitas di Asia. Dengan ditambahkannya bahasa Indonesia, DeepL memungkinkan penerjemahan ke dalam 28 bahasa dan sebaliknya, termasuk bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan Jerman.

Maaf Anda Melihat Iklan

DeepL telah merevolusi dunia machine translation melalui teknologi jaringan neural yang unik. Timnya yang terdiri dari para ahli matematika dan insinyur telah melatih jaringan-jaringan ini untuk mendeteksi dan menerjemahkan kerumitan-kerumitan bahasa dengan tingkat akurasi serta nuansa bahasa yang tak tertandingi oleh berbagai penerjemah AI mana pun. Jaringan-jaringan ini bahkan mampu memahami terminologi spesifik industri, sehingga mentransformasikan cara perusahaan-perusahaan global menjalankan bisnisnya. Beragam organisasi juga dapat dengan mudah menggunakan aneka layanan DeepL untuk menerjemahkan baik dokumen maupun surat elektronik untuk berkomunikasi dengan para pelanggan di seluruh dunia.

Siapa pun dapat menggunakan DeepL Translator secara gratis di DeepL.com melalui web dan berbagai aplikasi desktop (Windows dan Mac). Para pengguna juga dapat menerjemahkan  kapan pun dan di mana pun dengan menggunakan aplikasi seluler gratis pada aplikasi iOS atau Google Play. Semua layanan penerjemahan DeepL telah dioptimalkan untuk hasil yang terbukti lebih cepat, akurat, dan efisien.

Baca Juga:  Razer Mengumumkan Produk Terbaru: Barracuda Family

“Penambahan bahasa Indonesia telah membuka layanan kami ini untuk jutaan pengguna lainnya baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Saya sangat gembira karena penambahan bahasa Indonesia mendekatkan kami pada misi perusahaan kami yaitu mendobrak hambatan bahasa serta menjembatani kesenjangan budaya. Sebagai sebuah perusahaan AI, kami ingin sekali melampaui batas-batas teknologi—namun, tujuan utama kami sederhana: menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia,” ujar CEO Dr. Jaroslaw Kutylowski.

Akurasi DeepL didukung oleh blind studies bersama para ahli bahasa profesional, yang lebih memilih terjemahan DeepL tiga hingga enam kali lebih sering daripada terjemahan berbagai kompetitor AI terkemuka lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai kajian serta studi-studi kasus bisnis ini dapat ditemukan di situs web resmi DeepL.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Tech & life

Razer Mengumumkan Produk Terbaru: Barracuda Family

Published

on

GwiGwi.com – Razer™, brand lifestyle terkemuka didunia untuk para gamer, hari ini mengumumkan Barracuda dan Barracuda Pro terbaru, bersama dengan pembaruan dari Barracuda X yang ada. Keluarga baru headset gaming dengan street-style hadir dengan teknologi mutakhir untuk menghadirkan suara paling murni bagi para gamer baik di rumah atau di luar.

Maaf Anda Melihat Iklan

Menampilkan Hybrid Active Noise Cancellation Technology (ANC), Barracuda Pro memberikan pengalaman audio tanpa gangguan di semua tempat, sehingga ideal untuk sesi permainan yang intens dan membutuhkan fokus maksimal, serta bagi siapa saja yang ingin menikmati musik di luar ruangan tanpa gangguan apa pun dari dunia luar.

Menggunakan Razer SmartSwitch Dual Wireless, Barracuda Pro dapat dihubungkan ke dua perangkat secara bersamaan, memindahkan koneksi tanpa hambatan di antara keduanya sesuai kebutuhan. Hal tersebut memungkinkan para pengguna untuk bermain game di PC mereka, dan hanya dengan menekan satu tombol dapat mengalihkan Barracuda Pro untuk menerima panggilan tanpa perlu melepas koneksi antar perangkat. Semua model Barracuda mendukung konektivitas Razer HyperSpeed Wireless (2.4GHz) dan Bluetooth 5.2, untuk performa gaming berkecepatan tinggi dan kenyamanan Bluetooth yang mobile-friendly.

“Barracuda Pro adalah headset hybrid yang serba bisa,” kata Chris Mitchell, Head of the PC Gaming Division Razer. “Baik itu setup gaming utama di rumah atau playlist musik favorit Anda saat bepergian, Barracuda Pro menggabungkan kenyamanan headphone lifestyle yang praktis bersama dengan fitur gaming berkinerja tinggi yang dapat kamu harapkan di headset gaming Razer, untuk menciptakan pengalaman tanpa kompromi, dikemas dalam desain premium yang ramping.”

Baik melakukan komunikasi dalam game atau berbicara dengan keluarga dan teman di telepon, Barracuda Pro memberikan komunikasi suara yang jernih berkat adanya mikrofon dual beamforming noise-cancelling yang terintegrasi, dan telah diprogram dengan baik untuk pengambilan vokal puncak. Mic pada Barracuda Pro selanjutnya didukung oleh tiga tingkat active noise-suppression, yang dapat dipilih melalui Razer Audio App sebagai aplikasi pendamping.

Driver Razer TriForce Bio-Cellulose 50mm baru yang ditampilkan di Barracuda Pro menghadirkan soundscape yang kaya, alami, dan detail. Untuk suara yang murni, headset ini memiliki amplifier built-in, THX Achromatic Audio Amplifier (THX AAATM) kelas dunia, untuk memastikan distorsi ultra-low, rasio signal-to-noise yang ditingkatkan, rentang dinamis yang lebih besar, output daya yang lebih baik, serta lebih detail dan jelas bagi para pecinta musik. Headset ini juga menawarkan THX® Spatial Audio, memberikan proporsi akustik yang sangat baik dalam game untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam kepada para gamer dan audio seperti aslinya dan tentunya mendengarkan musik dan film juga.

Headset hybrid dengan suara kelas atas

Razer Barracuda terbaru juga diumumkan bersamaan dengan Barracuda Pro pada hari ini. Menampilkan driver TriForce Titanium 50mm Razer dan THX Spatial Audio, Barracuda menghadirkan suara yang detail dan punchy, menghidupkan film dan game. FlowKnit Memory Foam headband dan bantalan earcup memungkinkan pemakaian yang nyaman dalam jangka panjang, dengan kontrol on-headset yang mudah dijangkau untuk akses ke fungsi headset.

Baca Juga:  WhatsApp sekarang memungkinkan untuk menyembunyikan gambar profil dan terakhir terlihat dari orang-orang tertentu

Barracuda juga dilengkapi konektivitas Razer SmartSwitch Dual Wireless dan mikrofon Beamforming terintegrasi dengan peredam bising, untuk memberi pengguna headset nirkabel yang serbaguna, kompatibel dengan beberapa perangkat untuk penggunaan hingga 40 jam dengan sekali pengisian baterai. Untuk perangkat lama, Barracuda juga mendukung input analog 3,5 mm.

Lawan sepanjang hari untuk penggunaan sehari-hari

Razer Barracuda X yang diperbarui juga ikut melengkapi keluarga produk Barracuda. Dukungan Bluetooth penuh telah ditambahkan melalui penyertaan Razer SmartSwitch Dual Wireless, sementara masa pakai baterai telah lebih dari dua kali lipat dan sekarang memberikan hingga 50 jam penggunaan dengan satu kali pengisian.

Dengan mikrofon cardioid HyperClear yang dapat dilepas, Driver Razer Triforce 40mm, dan dukungan untuk 7.1 Surround Sound, Barracuda X adalah headset gaming multi-platform serbaguna yang ringan dan sempurna.

Headset Barracuda Pro, Barracuda, dan Barracuda X adalah tambahan terbaru dari pilihan wireless headset Razer yang populer, menggunakan teknologi-teknologi paten terbaru seperti SmartSwitch, dan THX AAA™, menawarkan pengalaman yang superior kepada penggunanya. Dengan headset yang memungkinkan pengguna menikmati musik dan gaming yang bisa terkoneksi lebih dari satu perangkat secara bersamaan, line up Razer Barracuda terbaru merupakan pilihan yang sempurna sebagai pendamping bagi semua yang membawa suara kemanapun mereka pergi.

 

TENTANG RAZER BARRACUDA PRO

  • Razer SmartSwitch Dual Wireless (2.4GHz and BT)
  • Hybrid Active Noise Cancellation (ANC) Technology
  • Razer TriForce Bio-Cellulose 50mm Drivers
  • THX Achromatic Audio Amplifier (THX AAA™)
  • THX Spatial Audio
  • Dual Integrated Noise-Cancelling Microphones
  • Plush Leatherette Memory Foam Cushions
  • Berat: 340g
  • Daya Tahan Baterai: 40 Jam
  • USB-C Charging

 

TENTANG RAZER BARRACUDA

  • Razer SmartSwitch Dual Wireless (2.4GHz and BT) and 3.5 Analog.
  • Razer TriForce Titanium 50mm Drivers
  • THX Spatial Audio
  • Dual Integrated Noise-Cancelling Microphones
  • FlowKnit Memory Foam Cushions
  • Berat: 300g
  • Daya Tahan Baterai: 40 Jam
  • USB-C Charging

 

TENTANG RAZER BARRACUDA X

  • Razer SmartSwitch Dual Wireless (2.4GHz and BT) and 3.5 Analog.
  • Razer TriForce 40mm Drivers
  • 1 Surround Sound
  • Detachable Razer HyperClear Cardioid Mic
  • FlowKnit Memory Foam Cushions
  • Berat: 250g
  • Daya Tahan Baterai: 50 Jam
  • USB-C Charging

 

HARGA & KETERSEDIAAN

Barracuda Pro – Rp 4,299,000

Razer Barracuda Pro sudah tersedia di berbagai kanal online dan offline, seperti Razer.com, RazerStores, dan distributor resmi Razer.

Barracuda – Rp 2,799,000

Razer Barracuda sudah tersedia di berbagai kanal online dan offline, seperti Razer.com, RazerStores, dan distributor resmi Razer.

Barracuda X – Rp 1,699,000

Razer Barracuda X sudah tersedia di berbagai kanal online dan offline, seperti Razer.com, RazerStores, dan distributor resmi Razer.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x