Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Berita Anime & Manga

Review Manga : UTSUHO

Published

on

Cover Utsuho volume 1.

Judul : UTSUHO
Pengarang : Yuuki Inuma
Penerbit : Elex Media Komputindo
Volume : 10 (masih berlanjut)

Maaf Anda Melihat Iklan

 

“Utsuho dikenal sebagai seorang anak yang suka berbohong dan selalu mengakibatkan bencana sangat besar. Utsuho yang dibesarkan di sebuah desa anak yatim piatu oleh seorang biksu, tidak pernah menyesali perbuatannya. Akhirnya sang biksu mendapat ide mengarahkan Utsuho untuk membantu orang, dengan harapan dia akan hidup jujur! Ternyata, dia menggunakan trik kejahatan dan penipuan untuk kebaikan.”

Itu tadi sedikit ringkasan cerita yang tercantum dalam Utsuho volume 1 edisi Bahasa Indonesia yang diterbitkan Elex Media Komputindo. Hanya membaca ringkasan yang singkat, padat dan jelas tadi sudah cukup untuk membuat saya langsung membeli volume 1 tanpa perlu pikir panjang, dan masih terus mengikuti sampai sekarang. Apalagi saya punya kebiasaan membeli komik-komik yang jarang dikenal atau istilahnya kurang mainstream, dan Utsuho masuk dalam kriteria ini. Sebenarnya komik ini sudah lumayan lama diterbitkan, tahun 2013, dan sampai saat ini sudah diterbitkan sampai volume 10 di Indonesia. Tapi, 10 volume masih terasa sedikit kalau dibandingkan dengan di Jepang sana yang sudah diterbitkan lebih dari 20 volume, kalau saya tidak keliru. Bagi kalian yang tertarik untuk membacanya, silakan disimak sedikit review singkat dari saya.

Karakter-karakter dalam komik UTSUHO . Dari bawah-tengah berlawanan arah jarum jam: Utsuho (Pochi di depannya), Neya, Iwashi, Hikae, Uzume, Minamo, Chouza, Yakuma.

 UTSUHO atau berjudul asli Itsuwaribito Utsuho (Utsuho si Penipu) adalah komik ciptaan Yuuki Inuma yang pertama kali diterbitkan tahun 2009 di Jepang. Komik ini bercerita tentang seorang remaja laki-laki bernama Azako Utsuho, seorang yatim piatu yang dibesarkan oleh seorang biksu di Desa Kojie. Desa Kojie adalah sebuah desa yang dibangun oleh Biksu Osho yang berisi anak-anak yatim piatu dari seluruh negeri. Utsuho mempunyai masa lalu yang pahit karena seluruh anggota keluarganya dibunuh oleh sekawanan Itsuwaribito, sehingga menyebabkan Utsuho menjadi seorang yatim piatu. Itsuwaribito adalah istilah di komik ini yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang melakukan pencurian, penipuan dan perampokan. Namun secara garis besar Itsuwaribito digunakan untuk menjuluki seorang penipu, karena seorang Itsuwaribito di komik ini tidak selalu merampok dan membunuh. Kematian seluruh anggota keluarganya membuat Utsuho dihantui rasa bersalah yang besar karena Utsuho kecil yang polos dan jujur menceritakan seluruh kondisi rumahnya secara detail pada sekawanan Itsuwaribito. Hal tersebut membuat mereka tanpa banyak kesulitan merampok dan menjarah rumah keluarga Utsuho sekaligus membunuh seluruh anggota keluarganya. Utsuho yang merasa bersalah, akhirnya menjadi trauma dan tidak pernah berkata jujur lagi sejak kejadian itu. Biksu Osho berusaha untuk mengarahkan Utsuho agar selalu berkata jujur namun dia tetap saja bandel dan selalu berkata bohong.

Utsuho bertekad menyelamatkan orang banyak dengan kebohongan setelah kematian Biksu Osho.

Suatu hari Desa Kojie diserang oleh sekawanan Itsuwaribito. Seluruh anak-anak dan orang dewasa di desa dibantai tanpa ampun, termasuk Biksu Osho. Hanya Utsuho yang berhasil selamat setelah mengalahkan seluruh kawanan Itsuwaribito yang ternyata dipimpin oleh Iriya, seorang Itsuwaribito yang menyamar menjadi penduduk desa. Kematian dan kata-kata terakhir Biksu Osho menginspirasi Utsuho untuk berbuat sama seperti yang dilakukan sang biksu, yaitu menyelamatkan jiwa ribuan orang. Utsuho bertekad menjadi seorang Itsuwaribito yang melakukan kebohongan baik dan menyelamatkan orang-orang di seluruh negeri. Dalam perjalanannya, Utsuho bertemu banyak kawan yang memutuskan untuk ikut serta mengembara bersamanya. Misalnya Pochi, seekor anak cerpelai atau rakun (?) yang bisa berbicara. Ada juga Yakuma, seorang dokter yang dilihat sekilas tidak jelas dia laki-laki atau perempuan. Atau Neya, seorang gadis manis yang punya cita-cita membangun desa impian, dan masih banyak lagi orang-orang yang akan ikut mengembara bersama Utsuho.

Baca Juga:  Golden Kamuy Season 4 Menunda Episode 43-39 Karena Meninggalnya Anggota Staf

 

Kalau memang berbohong bisa menyelamatkan seseorang, 

maka menurutku itu adalah kebohongan yang baik. -Azako Utsuho-

 

Banyak hal yang aneh dan misterius yang terjadi dalam perjalanan Utsuho dan kawan-kawan. Tapi ada satu hal yang benar-benar memberi warna pada jalan cerita komik ini, yaitu legenda harta karun Kokonotsu. Selama ini harta karun Kokonotsu dianggap hanya sekedar legenda belaka, akan tetapi banyak desas-desus yang menyebutkan bahwa Kokonotsu ternyata memang nyata dan benar-benar ada. Legenda Kokonotsu sendiri bercerita tentang seseorang yang mendapat 9 buah harta dari Dewa, namun seorang penipu berhasil menipunya, membunuhnya dan kemudian merebut harta pemberian Dewa tersebut (*Kokonotsu, secara terminologi berarti 9 buah). Legenda tentang Kokonotsu sendiri dianggap masih misterius, bahkan ada yang mengatakan bahwa legenda yang beredar tidak lengkap dan masih ada kelanjutan yang jarang diceritakan. Utsuho dan kawan-kawan akhirnya tertarik untuk membuktikan keberadaan 9 harta karun Kokonotsu yang tersebar di seluruh negeri sekaligus memecahkan misteri yang menyelimuti legenda itu. Secara keseluruhan komik ini menarik dan layak untuk diikuti. Sekarang saya berharap agar UTSUHO juga diangkat ke layar kaca alias dibuat versi animasi. Satu lagi, jangan lupa beli komik yang asli di toko buku terdekat ya!

 

Pochi dan Azako Utsuho

Neya Muito

Koshiro Yakuma

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
5 1 vote
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Manga

Manga ‘code: nostra’ M karya Yuma Ando akan Tamat di Volume 4

Published

on

GwiGwi.com – Pada tanggal 18 November, volume ketiga dari manga code: nostra oleh Yuma Ando dan Hideyuki Akashi mengungkapkan bahwa volume keempat, yang akan keluar pada Maret 2023, akan menjadi angsuran terakhir.

Maaf Anda Melihat Iklan

Manga tersebut menceritakan kisah seorang pria yang tidak menarik bernama Jin Kamiya yang memperoleh komputer kuantum bernama “Nostra” yang memiliki kemampuan untuk meramal masa depan. Jin percaya dia telah memperoleh keterampilan curang yang tidak ada duanya, tetapi dia sebenarnya menghadapi serangkaian keputusan keji.

Baca Juga:  Trailer Anime 'Kaina of the Great Snow Sea' Ungkap Detail Baru Siap Debut 11 Januari

Pada Desember 2021, Ando dan Akashi menerbitkan manga tersebut di Majalah Young Mingguan Kodansha. Pada tanggal 6 April, Kodansha merilis volume pertama dari sebuah karya kompilasi di Jepang.

Source ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Manga

Manga ‘Ashita no Esa Kimi Dakara’ karya Kiminori Wakasugi akan Berakhir di Volume Berikutnya

Published

on

GwiGwi.com – Volume ke-10 dari manga Ashita no Esa Kimi Dakara karya Kiminori Wakasugi, yang akan diterbitkan pada Mei 2023, akan menandai kesimpulan dari seri tersebut, penulis mengungkapkan di akun Twitter-nya pada 18 November.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pada April 2018, Wakasugi menerbitkan bab pertama manga di Majalah Muda Bulanan Kodansha. Pada 18 November, perusahaan merilis volume kesembilan. Sekolah tempat monster misterius muncul adalah fokus dari manga “academy survival”.

Manga Drunk Jiangshis terakhir diterbitkan oleh Wakasugi di majalah Young Animal milik Hakusensha pada Oktober 2021. Saat ini ada dua volume manga.

Baca Juga:  Review Film Black Panther: Wakanda Forever, More emotionally charge and stronger sequel

Young Animal menerbitkan manga Rhyming Man pada Mei 2017; Wakasugi mengakhirinya pada Desember 2018.

Pada tahun 2010, Wakasugi mengakhiri manga Detroit Metal City miliknya, baik film live-action dan anime orisinal sama-sama terinspirasi oleh manga.

Semua Esper Dayo! oleh Wakasugi mulai diterbitkan pada tahun 2009 dan berakhir pada tahun 2015. Serial televisi aksi langsung, spesial, film, dan serial web semuanya terinspirasi oleh manga.

 

Sources:  ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Berita Anime & Manga

Anime NieR: Automata Ver 1.1a Mengungkapkan Atsumi Tanezaki sebagai Lily

Published

on

GwiGwi.com – Video “Promotion File 006”, yang menampilkan android Lily yang disuarakan oleh Atsumi Tanezaki, telah ditayangkan sejak Sabtu di situs web resmi NieR:Automata Ver 1.1a, adaptasi anime televisi dari game role-playing aksi NieR:Automata dari Square Game Enix dan Platinum. Gambar android ini di unit tahanan tanah juga disediakan oleh situs web.

Penayangan perdana anime Januari 2023 akan menampilkan pemeran berikut:

Maaf Anda Melihat Iklan
  • Yui Ishikawa sebagai 2B
  • Natsuki Hanae sebagai 9S
  • Hiroki Yasumoto sebagai Pod 042
  • Kaoru Akiyama sebagai Pod 153
  • Chiaki Kanou sebagai Commander
  • Keiko Isobe sebagai Operator 60
  • Meari Hatsumi sebagai Operator 210
  • Aoi Yūki sebagai Pascal
  • Daisuke Namikawa sebagai Adam
  • Tatsuhisa Suzuki sebagai Eve

Anime ini disutradarai oleh Ryouji Masuyama (Blend S, Hello WeGo!) di A-1 Pictures, dan Masuyama juga bertanggung jawab atas komposisi seri bersama Yokō Tarō dari game aslinya. Karakternya dibuat oleh Jun Nakai, yang juga merupakan animator utama. Musiknya ditulis oleh MONACA.

Baca Juga:  Review Anime School Life, Youkoso Jutsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e Season 2

Deskripsi, menurut Square Enix:

Android 2B, 9S, dan A2 berjuang untuk merebut kembali distopia berbasis mesin yang telah diambil alih oleh mesin kuat di NieR: Automata.

Makhluk mekanik dari planet lain telah mengusir umat manusia dari Bumi. Perlawanan manusia mengerahkan pasukan pasukan android untuk menghancurkan penjajah dalam upaya terakhir untuk merebut kembali planet ini. Saat ini, konflik antara robot dan android sedang berkecamuk. Konflik yang mungkin segera mengungkap kebenaran yang telah lama terlupakan tentang alam semesta.

Pada bulan Februari 2017, versi PlayStation 4 dari NieR: Automata dirilis di Jepang. Pada Maret 2017, dirilis di Amerika Utara dan Eropa. Pada bulan Maret 2017 dan Juni 2018, Square Enix meluncurkan game tersebut untuk PC melalui Steam dan Xbox One. Pada 6 Oktober, game tersebut tersedia untuk Nintendo Switch. Lebih dari 6 juta eksemplar game telah terjual secara total di seluruh distribusi fisik dan digital.

Sources: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x