Connect with us

Gaming

Review Game : Kantai Collection Kai, Kapal Moe Portable

Published

on

GwiGwi.com – Penggemar kapal-kapal moe, berbahagialah! Karena setelah diundur sejak tahun 2014, kini game besutan Kadokawa dan juga DMM.com yang populer, Kantai Collection melalui versi PS Vita-nya, Kantai Collection Kai, resmi dirilis di Jepang pada 18 Februari 2016 lalu. Game ini bisa dibilang merupakan salah satu game yang paling dinanti para teitoku yang telah mengumpulkan waifu kapal-kapal moe-nya baik melalui versi browser maupun arcade. Pengundurannya yang “selalu” berdekatan dengan tanggal seharusnya game ini rilis, membuat orang-orang bertanya, akhirnya sudah maju? Apakah KanColle Kai ini dapat menghidupi ekspektasi para teitoku? Yuk, kita tilik dari Review Game Kantai Collection Kai berikut.

Maaf Anda Melihat Iklan

2016-02-20-204320

*JENG JERENG JENG JENG* Seperti biasa pastinya dimulai dengan lagu theatrical war orchestra yang penuh semangat. Opening dari game ini juga sebenarnya cukup menarik, namun sayangnya karena keterbatasan yang dimiliki Vita (ya Sony, bahkan PS Vita butuh kemampuan screenrecording seperti milik PS4) menyebabkan recording tidak memungkinkan dan … kehilangan moment untuk memperlihatkan “indahnya” opening dari KanColle Kai ini. Mari kita bongkar satu-per-satu mengenai Kantai Collection Kai ini.

About

Kantai Collection Kai adalah game besutan DMM.com dan juga Kadokawa untuk PS Vita yang merupakan adaptasi dari seri yang sama, Kantai Collection yang dapat dimainkan via Browser. Kantai Collection bisa dibilang sebagai salah satu pemain utama di DMM yang mempopulerkan “moefikasi” dari benda mati yang mungkin awalnya tidak terpikirkan banyak orang. Hal ini memicu “saudara” lainnya kantai collection seperti Pedang Ganteng (Touken Ranbu), Alat Berat Moe, Pokemon Moe, hingga Gigi .. Moe (dunia ini sudah terkontaminasi sepertinya).

Setelah melalui proses delay yang cukup lama, sejak 2014, Kantai Collection Kai resmi dirilis untuk PS Vita pada 18 Februari 2016 lalu. Perilisannya bisa dianggap hangat-hangat tapi tanggung (ya, ada peribahasa lainnya tapi tidak enak disebut). Hal ini disebabkan oleh karena hype-nya yang sudah menurun akibat pemunduran tanggal rilisnya itu. Namun kini, KanColle Kai resmi mendarat bagi pemegang console underdog Sony (berlaku dibeberapa negara saja. Di Jepang, PS Vita merupakan console yang cukup populer terutama dikalangan “otaku” karena banyaknya dan beragamnya pilihan game).

Perlu diingat, akan ada beberapa perbedaan dengan versi Browser tentunya, dan juga untuk saat ini hanya berada di Region 2/Japan, sehingga kedepannya mungkin akan cukup sulit untuk mencari game ini di Indonesia, dan versi digital hanya bisa di dapat pada PSN Account Region 2 juga.

Gameplay

2016-02-20-204345

Tentunya game ini dimulai dengan memilih starter kita. Disinilah kita mulai bisa melihat perbedaan KanColle Kai dengan model Browsernya. Disini terdapat 2 mode. Di kiri, kita akan bisa memilih “starter” eksklusif dari KanColle Kai yaitu 3 bersaudara Light Cruiser Sendai, Naka, dan juga Jintsu. Di opsi yang kanan, kita dapat memulai game dengan starter “dedek-dedek” di kelas Destroyer seperti Inazuma, Fubuki, Sazanami, Murakumo, dan Samidare. Namun bukan hanya itu, ada beberapa tambahan yang … kurang begitu saya kenal (cek wiki saja).

Light Cruiser Starter

This slideshow requires JavaScript.

Destroyer Starter

This slideshow requires JavaScript.

Berikutnya kita akan diberikan waktu untuk memasukan nama kita. Disini tidak harus berbahasa Jepang, jadi silahkan bebas memilih inisial favorit kalian.

2016-02-20-204339

Setelah ini, beberapa hal akan cukup terlihat familiar bagi returning player KanColle versi Browser-nya. Akan ada 2 screen utama yang disebut sebagai HQ atau Flagship Command dan juga yang saya sebut War Map.

Flagship Command

2016-02-20-203003

Disini adalah tempat kita dapat berinteraksi dengan “kapal” kita. Disini adalah tempat untuk me-refuel and re-armed para gadis, membuat peralatan dan kapal baru, memilih quest, menyusun squadron, dan juga meng-upgrade para gadis. Dengan menekan L, kita dapat melihat opsi lain yang lebih bersifat ke setting dan setup.

2016-02-20-203837

Ring ditengah akan berubah menjadi orange saat masuk ke bagian ini. Disini kalian bisa save progress kalian, mengatur audio, melihat catatan koleksi kapal, dan juga merubah penampakan HQ kalian.

Baca Juga:  Metronomik mengumumkan game audio-centric Ondeh Ondeh

This slideshow requires JavaScript.

Para gadis kapal disini akan bergerak (secara tetap. Tidak ada perubahan seiring waktu untuk saat ini. Mungkin akan bertambah seiring waktu?) dan menyambut kalian dengan hangat. Namun, apabila para gadis kapal “rusak”, CG mereka akan berhenti dan berubah kembali menjadi 2D.

War Map

2016-02-20-203013

Inilah yang mungkin paling berbeda dengan KanColle di Browser. Para gadis kapal tetap dianimasikan disini jadi kalian akan melihat sesuatu yang lebih fresh. Perbedaan paling mencolok adalah layout sebelum dan selama peperangan. Disini kita dipaksa untuk seddikit lebih tactical sehingga KanColle berubah menjadi game berbasis Turn-Based Strategy.  Maksudnya disini adalah akan ada fase turn-end yang memakan waktu 1 hari in-game (bukan 24 jam dunia nyata) yang menggantikan timer yang kita temui di KanColle Browser.

12715323_10201399754671961_6777651888418133890_n

Sebagai contoh, disini timer yang biasanya dalam Jam : Menit : Detik, berubah menjadi Hari. Ini memakan waktu turn kalian, dan turn ini habis saat kita memilih opsi turn-end. Dalam 1 hari, Squadron / Fleet hanya bisa melakukan 1 hal antara berekspedisi, pergi perang, atau melakukan excercise. Excersise disini juga menggantikan PvP yang bisa kita temukan di browser.

2016-02-21-083207

PvP berubah menjadi Fleet vs Fleet yang kita miliki dan berada di 1 region

Battle

This slideshow requires JavaScript.

Diatas adalah step-by-step Battle Phase dari KanColle Kai. Menurut saya walaupun tidak berbentuk Full3DCG seperti yang ditemukan di versi Arcade, saya cukup merasa takjub karena ini bisa dibilang sangat berbeda experience-nya dengan KanColle Browser.

Story

2016-02-20-203038

Seperti versi Browser, sebenarnya story dari KanColle Kai itu begitu-begitu saja. Namun, memang inilah KanColle. Storynya yang merupakan sedikit twist fiktif dari sejarah yang dikemas dengan karakter-karakter moe yang diperjuangkan untuk di”cincinkan”

Summary and Verdict

Verdict

Kantai Collection akhirnya sudah dapat kita nikmati on-the-go dengan dirilisnya Kantai Collection Kai. Namun, dengan adanya delay berkali-kali, mungkin sudah mulai membuat fans merasa jenuh. Dengan beberapa peningkatan disana-sini membuat KanColle Kai menyenangkan untuk dimainkan bagi para fans kapal moe.

2016-02-20-204220

Beberapa penurunan dan kekecewaan memang ditemukan pada game ini, namun ini tidak menutup kemungkinan untuk Kadokawa dan DMM untuk meningkatkan lagi kualitas game portable mereka kedepannya karena potensial gamme ini memang ada. Sayangnya kurangnya komitmen Kadokawa dan DMM untuk meluncurkan game ini meningkatkan keraguan tentang apakah Kadokawa dan DMM bisa melanjutkan project ini di Portable.

2016-02-20-203650

Secara keseluruhan, it's a great game but, there's still some room for improvement. Walau ada beberapa player yang mengutarakan kekecewaannya terhadap game ini, perlu diingat bahwa game is for fun. Not for perfection. Jadi, bagi kalian yang ingin memainkan game ini, just buy, play and enjoy itkarena game ini cukup fun untuk dinikmati di waktu senggang.

Oh yah, bagi kalian yang sudah melakukan Pre-Order game ini, pastikan kalian mendapatkan 1st Edition Bonus yah 🙂 Bonusnya apa? Bonusnya adalah ……

 

Yaps. Kalian akan mendapatkan ClearFile Holder dengan gambar POI (Yuudachi) yang imut pake bangets sebagai perayaan dan ucapan valentine dari Kadokawa dan DMM 😀

Sebagai penutup, have some cutie Hibiki 🙂

2016-02-21-092035

FSP+ Signing Out~!

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mobile Gaming

Sambut Kolaborasi PUBG Mobile x Gundala

Published

on

By

GwiGwi.com – PUBG Mobile membuat sebuah terobosan terbaru yaitu berkolaborasi dengan Bumilangit Entertainment yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang entertainment berbasis IP karakter superhero terbesar di Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

Dengan mengusung tema Pahlawan Tanah Air, PUBG Mobile x Gundala menjadi sebuah kolaborasi apik yang dihadirkan demi memenuhi keinginan para komunitas dan para fans untuk memeriahkan semarak kampanye Indo Pride.

“Berkolaborasi merupakan salah satu bentuk terobosan kami untuk membuat PUBG Mobile selalu diminati oleh para fans serta komunitas yang ada di Indonesia.” kata Jenny Zhuang, Country Manager PUBG Mobile Indonesia.
Ia juga menambahkan bahwa dengan berkolaborasi bersama Gundala merupakan langkah yang tepat untuk membawa pop culture di ranah internasional.

“Dengan adanya kolaborasi ini, menunjukkan bahwa PUBG Mobile selalu membuka peluang untuk berkolaborasi dengan industri lainnya.”
Keberhasilan Gundala industri budaya pop tanah air dan kesuksesan PUBG Mobile dalam mengembangkan industri game mobile akan menghasilkan kolaborasi menarik didalam gim PUBG Mobile, mulai dari In-Game Item hingga projek kolaborasi konten video digital.

Selain itu, aktor ternama yang memerankan Gundala, Abimana Aryasatya juga mengatakan, “Sebuah kebanggaan bagi saya sebagai pemeran Gundala, karena dipilihnya Gundala untuk berkolaborasi dengan industri game mobile dan menjadi sebuah kebanggan bagi saya juga menjadi salah satu kolaborator pertama lokal yang bekerjasama dengan di industri ini bersama PUBG Mobile.”

Baca Juga:  Demo COGEN: Sword of Rewind ‘Special Mission’ sekarang tersedia untuk Xbox Series, PS4, Xbox One, dan PC

“Kolaborasi ini diharapkan memberi dampak yang positif bagi komunitas, fans, maupun penonton setia Gundala dan juga untuk membuat kita semakin kreatif dalam berkarya!” ujar Abimana Aryasatya.

Dengan adanya kolaborasi ini menunjukkan bahwa PUBG Mobile terus melakukan sebuah terobosan baru untuk bisa memberikan yang terbaik kepada para fans dan juga komunitas, memberikan  dukungan  terhadap  industri pop culture tanah  air, dan juga menandakan bahwasa PUBG Mobile sangat terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai industri di tanah air kedepannya.

“Kami selaku perusahaan pemilik IP dari Gundala sangatlah bangga akan akan kolaborasi ini, terlebih Gundala akan menjadi karakter superhero pertama di Asia Tenggara yang akan hadir di PUBG Mobile. Kolaborasi ini kami harapkan dapat menjadi sebuah jalan baru bagi kami para pelaku industri kreatif nasionall untuk tetap semangat dalam berkarya karena karakter nasional juga bisa berkompetisi di dunia internasional.” Bismarka Kurniawan, CEO dan Founder Bumilangit Entertainment.

Bumilangit juga mengharapkan kolaborasi ini akan meningkatkan kecintaan kepada karakter IP nasional sebagai bagian dari pengembangan industri kreatif di Indonesia. Industri kreatif mempunyai peranan penting dalam pembangunan ekonomi dan dapat menjadi salah satu kekuatan ekspor nasional.

Kolaborasi PUBG Mobile X Gundala akan dimulai pada tanggal 3 Desember 2021 serentak di dalam game PUBG Mobile.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Rayakan 20 Tahun Utawarerumono Dengan Game ‘Monochrome Moebius’

Published

on

GwiGwi.com – AQUAPLUS ungkap sedang menggarap game baru berjudul Monochrome Moebius: Toki no Taika untuk merayakan ulang tahun ke-20 dari franchise Utawarerumono. Game ini rencannya akan diluncurkan tahun depan. Belum diungkap platform mana yang akan dibuat.

Penulis kepala waralaba Utawarerumono, Suga Munemitsu dikreditkan untuk konsep dan skrip asli game. Ilustrator mi mendesain karakternya. Desainer karakter Tatsuki Amazuyu dan Misato Mitsumi dikreditkan untuk desain karakter asli. Komposer AQUAPLUS, Naoya Shimokawa sedang menggubah musiknya.

Maaf Anda Melihat Iklan

AQUAPLUS merilis game Utawarerumono asli pada tahun 2002 untuk PC. Game ini menginspirasi serial anime televisi 2006 dan serial anime video asli 2009.

Baca Juga:  Razer Mengumumkan mengenai Razer Kaira Pro dan Kaira untuk Playstation.

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Game horor survival open world ‘Wronged Us’ diumumkan untuk konsol dan PC

Published

on

GwiGwi.com – Delusional Studio telah mengumumkan Wronged Us, sebuah game horor survival dunia terbuka yang direncanakan untuk dirilis di konsol dan PC. Direncanakan untuk rilis pada tahun 2023. Konsol khusus tidak diumumkan.

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Deskripsi game oleh Delusional Studios:

Game open world horor bertahan hidup orang ketiga.

Wronged Us adalah game berbasis cerita sinematik yang berlatar di kota kecil. Pemain akan menjelajahi kota yang terperinci dan ditinggalkan, menghadapi kengerian psikologis, memecahkan teka-teki, dan melawan monster di sepanjang jalan. Pemain akan bebas menjelajahi berbagai bagian kota dan berinteraksi dengan berbagai NPC.

Baca Juga:  Metronomik mengumumkan game audio-centric Ondeh Ondeh

Menurut situs resmi Delusional Studio, Wronged Us “masih sangat awal dalam pengembangan.” Telah bekerja sebagai proyek pengembangan solo selama satu setengah tahun, dan mempekerjakan staf untuk menyelesaikan proyek.

Pengembang mengutip open world Dark Souls dan desain pencarian NPC, cerita Silent Hill, latar, dan suasana, dan gameplay dan mekanika sebagai inspirasi inti untukResident Evil Wronged Us.

Tonton trailer teaser gameplay di bawah ini. Lihat satu set tangkapan layar di galeri.

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x