Connect with us

Gaming

Review : Final Fantasy XIII

Published

on

Cepat, artistik, dan linear. Itulah kata-kata yang saya gunakan untuk menggambarkan game Final Fantasy 13. Sebagai salah satu serial game terpopuler, dengan dengan 13 seri utama sejak tahun 1987 (tepatnya sejak jaman Nintendo Entertaiment System), Final Fantasy tidak saja menjadikan RPG sebagai salah satu genre favorit saya, tetapi juga revolusi dari videogame sendiri. Game yang dirilis untuk PS3 dan Xbox 360 ini beberapa waktu lalu juga dijual di Steam loh,jadi kalian yang terkendala masalah konsol bisa membeli game ini di Steam dan memainkannya di PC kesayangan kalian. Seperti apakah game yang satu ini?

Cepat

Game ini menghadirkan sistem pertarungan baru bernama Command Synergy Battle . Musuh langsung dapat dilihat, memberikan anda pilihan untuk bertarung atau melarikan diri. Ketika dimulai pertarungan anda mengontrol salah satu karakter dan dua karakter lainnya otomatis (1 Party terdiri dari 3 orang). Ketika karakter diam, gauge untuk menyerang akan terisi secara otomatis, dimana gauge ini digunakan untuk membuat opsi seperti menyerang atau mengeksekusi spell maupun skill. Berbeda dengan seri sebelumnya, dimana gauge hanya dapat melalakukan satu opsi – kemudian menunggu penuh lagi, gauge ini dapat diakumulasikan, Misalnya ketika anda dapat menggunakan spell fire kemudian attack, atau melakukan membuat pertarungan jadi lebih cepat dan menarik dari seri sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu aspek menarik dari game ini adalah Paradigms. Secara sederhana saya menyebut Paradigms  “job system” yang dapat diatur. Jobs system terbagi menjadi enam yaitu: Commando –  Ravager – Sentinel – Saboteur – Synergist – Medic. Sebagai contoh commando memiliki skill menyerang yang bagus untuk menghasilkan damage tinggi, sedangkan synergist berfungsi seperti support yang menyerang menggunakan spell buff dan Medic berfungsi seperti Healer, yang berfungsi untuk menyembuhkan karakter. Paradigms dapat diganti baik diluar maupun selama pertarungan, sehingga anda dapat mengubah strategi bertarung dengan cepat. Secara keseluruhan sistem ini cukup inovatif dan memberikan pengalaman berbeda dibanding seri sebelumnya.

Baca Juga:  Game 'Death end re;Quest 2' untuk Switch Siap Diluncurkan

 

 

Artisitik

Sebagai seri Final Fantasy pertama di generasi ini, grafis game ini terlihat sangat mengagumkan. Seluruh dunia terlihat sangat detil, mulai dari karakter, kota, bahkan menu screen. Wow! Bahkan detil wajah seluruh karakter terlihat sangat sinkron. Desain monster pun terlihat jauh lebih indah. Square-enix tampak dapat memaksimalkan kualitas grafis sehingga game ini terlihat seperti film berjalan di dalam game.

 

 

Untuk dubbing bisa dikatakan kualitas jempolan, seluruh suara terlihat berkarakter dan sesuai dengan perannya masing-masing (Note: saya memainkan yang versi Jepang).

Musik, meskipun tidak teralu mengenang, battle theme dari Final Fantasy 13 ini bisa dikatakan cukup adiktif dan membuat anda ingin terus-menerus bertarung.

 

Linear

Jika anda menginginkan game dimana terdapat banyak mini-game , maka game ini tidak cocok untuk anda. Selama waktu sekitar 25 – 30 jam, anda hanya dihadapkan pada berjalan di beberapa tempat, melewati kota dengan sedikit cerita, kemudian balik ke pertarungan kembali. Setelah itu, anda baru mendapatkan beberapa side-quest, tanpa mini-game. Sebagai salah satu penggemar serial ini sejak era PS1, tentu saya sedikit kecewa tanpa adanya minigame menantang, seperti Chocobo Racing – FF7, Tetra Master – FF9, atau Blitzball – FF10. Tetapi jika anda tidak menyukai hal yang kompleks dan ingin langsung menamatkan game, hal ini bukan masalah besar.

 

Kesimpulan

Final Fantasy 13 menghadirkan standar kualitas genre RPG yang dengan kualitas grafis memukau dan sistem pertarungan yang inovatif. Akan tetapi untuk penggemar hardcore Final Fantasy, mungkin akan merasa kecewa dengan tidak adanya mini-game serta terbatasnya eksplorasi yang bisa dilakukan dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mobile Gaming

FIFA Mobile Baru Sudah Datang! Musim Baru di Tahun 2022 Hadirkan Pengalaman Bermain Sepak Bola yang Lebih Nyata

Published

on

By

GwiGwi.com – Musim baru di tahun 2022 dari EA SPORTS FIFA Mobile sudah dimulai pada 18 Januari 2022. Ada beragam update dan fitur baru yang ikut hadir dalam musim baru dari game mobile yang  mengangkat olahraga sepak bola ini.

Rilis perdana pada tahun 2016, pada update baru ini, FIFA Mobile akan mendapat perubahan yang signifikan, khususnya dari sisi grafis, visual, gameplay, dan audio sehingga meningkatkan otentisitasnya serta pengalaman bermain terbaik bagi gamer sekaligus para pecinta sepak bola di seluruh dunia.

“Hari ini menandai awal dari masa depan FIFA Mobile, memberikan puluhan juta pemain di seluruh dunia pengalaman sepak bola yang benar-benar revolusioner dan fleksibilitas untuk menikmati permainan dari berbagai perangkat,” kata Lawrence Koh, Head of EA SPORTS FIFA Mobile.

Game mobile yang  sudah mendapatkan lisensi dari klub dan para pemain papan atas dunia ini menawarkan pengalaman bermain sepak bola pada perangkat mobile yang autentik, mudah diakses dimana saja, dan aksi sepak bola yang imersif atau nyata.

Susun Ultimate Team™ milikmu, ajak teman-teman untuk bermain dan jadilah pemain favoritmu atau gunakan tim terkenal dunia. Main dalam liga papan atas dunia, seperti Premier League, LaLiga, Major League Soccer (MLS), Serie A, Bundesliga hingga Ligue 1.

Pilih tim terbaik dengan lebih dari 15.000 pemain. Tantang teman-temanmu dalam pertandingan real-time 11 lawan 11. Latih pemain bintangmu sendiri dan raih kemenangan!

Rasakan juga keseruan bertanding dalam kompetisi sepak bola bergengsi dalam melawan tim-tim terbaik dunia, yaitu UEFA Champions League dan UEFA Europa League

Baca Juga:  Type-Moon Umumkan Port Game 'Mahoutsukai no Yoru' untuk PS4 & Switch

Peningkatan yang dilakukan pada FIFA Mobile, antara lain stadion baru dan pencahayaan di siang hari, audio komentator dengan banyak pilihan bahasa, dan suara efek stadion seperti keramaian hingga yel-yel atau keseruan penonton.

Didukung oleh engine game yang telah ditingkatkan, visual dari FIFA Mobile juga telah ditingkatkan sehingga memberikan lebih banyak detail kepada pemain melalui layar ponsel selama pertandingan.

Pemain yang menggunakan perangkat mobile high-end terbaru akan dapat menyesuaikan pengaturannya untuk merasakan pengalaman bermain dalam kualitas 60 FPS sehingga permainan akan tampil lebih halus dan responsif. Lihat spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk kualitas grafis terbaik DISINI.

Adapun fitur baru yang dihadirkan pada game mobile yang bisa dimainkan secara gratis di Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS ini, yaitu mekanisme stamina dan pergantian pemain kunci, pengaturan tim serta perencanaan pemain kunci, dan lainnya.

“Pembaruan besar-besaran untuk FIFA Mobile telah dilakukan selama bertahun-tahun,” kata Jace Yang, General Manager EA China. “Kami telah mendengarkan feedback dari para pemain di seluruh dunia yang telah menginformasikan fitur dan peningkatan baru pada pengalaman bermain game, membantu kami menciptakan salah satu pengalaman sepak bola paling imersif dan autentik di perangkat mobile.”

Tinggalkan bukti tim terbaikmu pada buku sejarah sepak bola! Bangun tim yang penuh dengan legenda, dengan 100 pemain ikon terbesar sepak bola, mulai dari Pele dan Zidane hingga Maradona dan Paolo Maldini.

Ayo main FIFA Mobile sekarang! Untuk download silakan KLIK DISINI.

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Karakter DLC Kurogiri diumumkan untuk ‘My Hero One’s Justice 2’

Published

on

GwiGwi.com – Penerbit Bandai Namco dan pengembang Byking telah mengumumkan karakter DLC My Hero One's Justice 2, Kurogiri. Tanggal rilis tidak diumumkan.

 

My Hero One's Justice 2 sekarang tersedia untuk PlayStation 4, Xbox One, Switch, dan PC melalui Steam.

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Microsoft akan mengakuisisi Activision Blizzard

Published

on

GwiGwi.com –  Microsoft akan mengakuisisi Activision Blizzard senilai $68,7 miliar.

 

Akuisisi ini mencakup Activision Blizzard dan semua anak perusahaannya, seperti Activision Publishing, Blizzard Entertainment, Beenox, Demonware, Digital Legends, High Moon Studios, Infinity Ward, King, Major League Gaming, Radical Entertainment, Raven Software, Sledgehammer Games, Toys for Bob, Treyarch, dan setiap tim lainnya.

Waralaba yang diperoleh dalam akuisisi meliputi: Call of Duty, Warcraft, Candy Crush, Tony Hawk’s Pro Skater, Overwatch, Spyro, Hearthstone, Guitar Hero, Crash Bandicoot, StarCraft,dan masih banyak lagi.

Activision Blizzard akan terus beroperasi secara independen hingga transaksi ditutup. Bobby Kotick akan terus menjabat sebagai CEO-nya. Setelah kesepakatan ditutup, bisnis Activision Blizzard akan melapor ke Phil Spencer, CEO Microsoft Gaming.

Baca Juga:  'SNK vs. Capcom: Card Fighters' Clash' sekarang tersedia untuk Switch

Setelah ditutup, Microsoft akan menambahkan “game Activision Blizzard sebanyak yang kami bisa” ke Xbox Game Pass, termasuk judul baru dan judul katalog belakang.

Menurut Spencer, “Game Activision Blizzard dinikmati di berbagai platform dan kami berencana untuk terus mendukung komunitas tersebut di masa depan.”

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x