Review Film American Made, momen titik balik performa Tom Cruise

Gwigwi.com – Saat melihat Tom Cruise di poster film ini, Gue jadi keingat sama penampilan buruknya dalam The Mummy.

Sebenarnya enggak ada hubungannya sama sekali. Namun kegagalannya di film yang digadang-gadang bakal jadi pembuka Dark Universe-nya Universal ini tetap aja membekas. Tapi hal Ini sebenarnya bukan 100% tanggung jawab Tom Cruise, karena dia hanya berakting sesuai skenario dan arahan yang diberikan sutradara.

Nah, kalau kalian berpikir American Made bakal jadi film jelek lainnya yang dibintangi Tom Cruise, siap-siap aja kecewa, karena film ini benar-benar asik dan menghibur. Begitu juga Tom Cruise. Dia seolah-olah seperti  bangkit dari “kematiannya” dan kembali menjadi Tom Cruise yang udah lama kita tahu selama ini.

American Made adalah film biopik berdasarkan kisah nyata kehidupan Barry Seal, seorang pilot mahir yang bekerja di salah satu maskapai penerbangan Amerika Serikat. Hidupnya kemudian berubah total setelah dia direkrut menjadi agen CIA dan ditugasin untuk motret sarang-sarang komunis di Amerika Tengah.

Sayangnya, tantangan yang dia anggap udah cukup ekstrim malah menjadi lebih berat setelah Jorge Ochoa dan Pablo Escobar, bos kartel Medellin, gembong narkoba terbesar sepanjang sejarah asal Kolombia, merekrutnya sebagai kurir.

American Made merupakan kali kedua Tom Cruise untuk berakting di bawah arahan sutradara Doug Liman. Keduanya sama-sama sukses dalam film Edge of Tomorrow (2014). Liman sendiri juga sukses sebagai sutradara Mr. and Mrs. Smith, dan pernah menyutradarai franchise film Bourne.

Sutradara Doug Liman terlihat jelas. Kalau Dia bisa mengembalikan Tom Cruise seperti sedia kala seperti era kejayaannya dulu. Dia bisa berakting dengan asik dan ekspresif seperti masanya saat bermain dalam film Top Gun (1986).

Ditambah lagi unsur komedi dan nuansa ceria yang terlihat menonjol di film ini juga bikin kita bisa melihat sisi humoris Tom Cruise. Film ini Bisa menjadi bukti kalau Tom Cruise bukanlah aktor yang seburuk seperti yang ditunjukinnya dalam The Mummy. Terbukti lewat film ini ia sukses bersinar dan menunjukkan kepiawaiannya sebagai aktor yang serba bisa. Aktingnya terlihat alami, ditambah dengan pembawaannya yang tengil yang bikin kita kebawa suasana.

Sangat disayangkan, di film Ini Tom Cruise terlalu dominan. Bisa dibilang dia enggak butuh penampilan istimewa dari karakter-karakter lainnya. Meski begitu, penampilan aktor lain bukannya gak bagus. Mereka memang belum bisa mengimbangi Cruise. Namun mereka sukses bikin penontonnya terbawa suasana dengan akting dan chemistry yang terhitung baik.

American Made bukanlah film biopik yang ngebosenin kayak film-film sejenis lainnya. Doug Liman dan penulis skenario Gary Spinelli berani bikin cerita yang enggak “lurus” dan serius kayak film-film biopik kebanyakan. 

Menurut gue, keduanya sukses bikin film biopik yang ringan sekaligus menghibur. Dialognya dibikin seringan dan sepadat mungkin. Enggak ada dialog atau narasi panjang yang kadang gak penting kayak film biopik kebanyakan. Semua langsung to the point. Alur maju mundurnya juga disajikan dengan asik lewat perpaduan antara kronologi utama dengan rekaman VHS alias vlog Barry Seal. Mungkin adegan rekaman VHS agak terlihat membingungkan di bagian awal. Nanti juga kalian paham Seiring berjalannya film.

Penceritaan sejarah ini seringkali jadi kendala bagi beberapa film biopik karena dianggap ngebosenin dan bikin ngantuk. Nah, di American Made dibuat dengan ilustrasi unik dan lucu yang diisi dengan narasi dari Tom Cruise. Kalian juga bakal menemukan beberapa footage konferensi pers presiden Amerika Ronald Reagan yang bikin kesan jadul film ini makin terasa.

Secara keseluruhan American Made adalah film biopik yang enggak biasa. Film ini sukses menghibur penontonnya dengan gaya pengkisahan yang unik dan menarik. Semuanya berkat Tom Cruise yang berhasil membuktikan kalau dirinya belum habis lewat penampilan asiknya yang bikin kita semua optimis sama sekuel Top Gun kelak. Peran sutradara Doug Liman juga punya pengaruh besar buat film ini lewat arahannya yang apik ditambah tim produksi yang kompeten.

  • 63 Posts
  • 0 Comments
hello i'm an alien, cosplayer, gunplay builder, boardgames player, amateur bassist, movie blogger and a dreamer