Connect with us

Event

POPCON Award beri penghargaan untuk film Indonesia

Published

on

GwiGwi.com – POPCON Award untuk film panjang Indonesia pun dilangsungkan pertama kalinya. Acara ini menjadi unsur dari usaha untuk melengkapi sekian banyak ajang penghargaan untuk film Indonesia yang telah diluncurkan.

Terdapat lima kelompok yang dihadirkan oleh Popcon Award dari Popcon Asia untuk film panjang Indonesia, yakni Most Memeable Film, Idola Kawula, Best Duet, Best Horror, dan Best Product Placement.

Film-film seperti Dilan 1990, Pengabdi Setan, Ayat-Ayat Cinta 2, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Posesif, Yo Wis Ben, dan Sebelum Iblis Menjemput, menjadi sejumlah judul yang masuk nominasi Popcon Award pertama ini.

Di samping penghargaan untuk film panjang, Popcon Asia pun tidak melupakan film-film pendek serta web-series. Kategori yang terdapat untuk film-film pendek dan web-series ialah Rising Filmmaker, Memorable Character, dan Outstanding Web-Series.

Khusus Popcon Award kelompok film panjang Indonesia, film pendek dan web-series, Popcon Asia 2018 menggondol nama-nama familiar untuk menjadi kurator. Sebut saja Adrian Jonathan Pasaribu pendiri dari Cinema Poetica, Stephany Josephine blogger “thefreakyteppy”, dan Candra Aditya reviewer film yang suka memakai gaya bahasa menggemaskan, serta suka menyaksikan detail-detail kecil dari film yang kadang terlewatkan.

“POPCON Award Film Panjang Indonesia ialah penghargaan yang diserahkan kepada film dan perfilman Indonesia, sebagai kebiasaan pop, mencetuskan cendekia dan talenta-talenta kreatif yang menjadi lokomotif dunia kreatif Indonesia di masa depan,” cerah Yenny Wangsawidjaja, CEO Popcon Inc dalam suatu siaran pers yang diterima Liputan6.com.

“Mengenai pemilihan kelompok yang unik ialah untuk memisahkan Popcon Awards Film Panjang Indonesia dengan event-event sejenis dan sekaligus untuk memberikan karakteristik tersendiri yang bakal dikenal oleh insan-insan perfilman Nusantara,” tambahnya.

Baca Juga:  Ratusan Kreator Siap Unjuk Kreativitas di Comic Frontier 12

Di samping Popcon Award bertajuk film, ada pun Comic Category, Game Category, dan untuk pertama kalinya ada nominasi Best Board game Of The Year yang akan membuat keadaan penutupan hari pertama Popcon Asia 2018 dilangsungkan meriah.

Pada tahun ini, Popcon Asia pun menampilkan konten-konten bertajuk film yang lebih banyak. Terdapat diskusi panel semua pemain dari film Foxtrot Six yang akan tayang mula 2019. Digelar pun peluncuran teaser trailer perdana dari Dreadout yang adalahfilm live-action pertama dari video game karya anak bangsa.

Bakal muncul pun para pemain film Generasi Micin Vs Kevin, serta kehadiran semua pemain Dear Nathan: Hello Salma, film drama remaja tahun 2017 yang pemeran utamanya aktor muda Jefri Nichol itu, meraih penghargaan bergengsi dari pesta rakyat film Bandung untuk kelompok pemeran utama lelaki terpuji film bioskop.

Tahun 2018 menjadi momen spesial untuk industri perfilman Tanah Air. Dalam masa-masa tiga tahun terakhir, jumlah pemirsa Film Indonesia semakin meningkat. Total pemirsa Film Indonesia pada 2016 sudah menjangkau 34,5 juta, atau bertambah lebih dari dua kali lipat dari tahun 2015, dan menjangkau 40,5 juta di tahun 2017. Pencapaian ini terus berlanjut di tahun 2018, dimana jumlah pemirsa Film Indonesia sepanjang Januari-Agustus saja telah tembus 36 juta.

Angka-angka luar biasa ini didukung oleh hadirnya film-film Indonesia yang semakin menarik dan menarik. Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (6,9 juta) dan Dilan 1990 (6,3 juta) bahkan menjadi film terlaris sepanjang masa, yang hanya dapat dikalahkan oleh Avengers: Infinity War (7,9 juta).

Event

Ratusan Kreator Siap Unjuk Kreativitas di Comic Frontier 12

Published

on

By

GwiGwi.com – Tonggak kebangkitan industri kreatif di Indonesia sudah semakin nampak di depan mata. Para kreator muda berbakat dari seluruh pelosok Indonesia kini mulai melahirkan hasil karya kreatifnya kepada masyarakat luas. Setiap pekan, ada ratusan judul komik baru dan animasi singkat hasil karya kreator dalam negeri yang dirilis kepada jutaan penggemar di media sosial. Semaraknya kreasi komik dan animasi karya kreator dalam negeri ini mewujudkan kembalinya acara Comic Frontier 12 di tahun ini.

Perkembangan industri kreatif di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran penyelenggaraan berbagai ekshibisi kreatif yang ada di Indonesia. Sebagai pelopor ekshibisi pasar kreatif terbesar di Indonesia, pada awal tahun 2019 ini Comic Frontier kembali diselenggarakan. Setelah hampir 7 tahun lamanya, pada tahun ini Comic Frontier ke-12 akan diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2019.

Sejak tahun 2012, Comic Frontier hadir sebagai wadah tempat para kreator lokal untuk tampil menghadirkan karya kreatifnya kepada para pengunjung dan sesama kreator yang hadir. Pada acara yang ke-12 ini ada sekitar 500 insan kreatif yang telah tergabung. Hadirnya ratusan insan kreatif ini semakin menambah semarak kreativitas yang ada di acara ini.

Para insan kreatif yang tergabung di Comic Frontier 12 terdiri dari berbagai macam latar belakang kreatif. Mulai dari kreator komik, illustrasi, musik, hingga game tergabung dalam acara ini. Selain itu berbagai komunitas kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia juga turut hadir serta menjadi bagian kemeriahan kreatif di acara ini.

Baca Juga:  Ratusan Kreator Siap Unjuk Kreativitas di Comic Frontier 12

Dengan adanya ratusan insan kreatif tergabung, para pengunjung bisa melihat berbagai produk kreatif karya para kreator berbakat dalam negeri dalam acara Comic Frontier 12. Tidak hanya itu saja, kehadiran ratusan kreator dalam satu wadah ini juga membuka kesempatan kolaborasi kreatif yang sangat lebar kepada seluruh kreator yang hadir. Tidak sedikit juga para penggemar karya kreatif yang datang untuk berkumpul bersama para kreator lain yang tergabung di berbagai komunitas kreatif yang ada.

Kolaborasi kreatif menjadi salah satu semangat utama dalam setiap penyelenggaraan Comic Frontier. Pada setiap acara Comic Frontier selalu berkolaborasi dengan kreator berbakat dari dalam negeri dalam pembuatan poster resminya. Untuk acara kali ini, poster resmi acara ini dipersembahkan oleh kreator dengan nama pena Lien Tsu.

Comic Frontier 12 akan diselenggarakan di gedung Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Tempat ini telah menjadi tempat penyelenggaraan Comic Frontier ke-9 di tahun 2017 hingga sekarang. Tiket masuk acara ini bisa dibeli dengan harga Rp30.000 di loket tiket yang dibuka langsung di tempat acara. Loket tiket mulai beroperasi sejak pagi guna mengantisipasi antrian pengunjung kreatif yang sudah sangat antusias menjadi bagian gerakan kreatif dalam acara ini.

Continue Reading

Event

Yuk intip Tokyo Comic Con 2018, surganya collectibles

Published

on

GwiGwi.com – Akhir pekan lalu, Tokyo Comic Con 2018 sukses di gelar di Makuhari Messe Chiba. Seperti apa keseruannya, kali ini gwimin baka share langsung foto-foto suasana disana dan pameran koleksi figur yang keren-keren.

Continue Reading

Lokal

Menuju C3 Anime Festival Asia Singapore 2018, tahun ke-10 event Pop Culture terbesar di ASEAN

Published

on

By

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia Singapore 2018 (#C3AFASG18) kembali lagi di tahun 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 30 November hingga 2 Desember 2018 di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Sebagai pengelola, SOZO telah sukses menyelenggarakan event pop culture Jepang terbesar di Asia Tenggara selama 10 tahun.

“10 tahun lalu, festival anime menjadi mimpi kami untuk dapat diselenggarakan secara profesional bagi para penggemarnya, termasuk saya sendiri yang sangat menikmati acara ini. Festival ini telah tumbuh dengan 25.000 pengunjung pada tahun pertama hingga 100.000 pengunjung tahun lalu. Saat ini kami berfokus untuk menghadirkan sajian yang memuaskan para pengunjung melalui konten dari Jepang yang uptodate.”  kata Shawn Chin, Direktur Pengelola C3 AFA’s Organiser dan SOZO.

Baik penggemar lokal dan luar Singapura akan menikmati akhir pekan yang mendebarkan melalui konten premium yang akan tersedia di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Spesial anniversary ke-10 #C3AFASG18 akan memiliki konten menarik baik online maun offline, termasuk berbagai aktivitas eksklusif seperti event karpet merah dan sebuah lelang amal online. Festival di lokasi juga tak kalah menarik melalui aktivitas baru seperti pertunjukkan anime, bintang tamu spesial dan jajaran musisi yang akan meramaikan konser I Love Anisong serta tak ketinggalan lomba cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit Singapore Preliminaries.

Penayangan perdana Eksklusif dan Bintang Tamu

C3AFASG18 akan menghadirkan penayangan anime yang paling diantisipasi tahun ini. Secara eksklusif, C3AFASG18 akan tayangkan episode pertama Mob Psycho 100 II yang mana akan rilis pada bulan Januari 2019.

C3AFASG18 juga akan dibanjiri bintang tamu spesialnya diantaranya voice actors Rika Abe dan Erii Yamazaki (pengisi suara dua bersaudara Hresvelgr dan Materia dari anime Frame Arms Girl), Minami Tanaka (pengisi suara Mary Saotome dari Kakegurui XX), Haruka Terui (pengisi suara Sarah dari Gundam Build Divers), Atsushi Abe (pengisi suara Toma Kamijo dari A Certain Magical Index III), Ai Furihata dan Shuka Saito (pengisi suaraRuby Kurosawa dan You Watanabe dari Love Live! Sunshine!!), Ai Kayano (pengisi suara Alice dari Sword Art Online Alicization), Mimori Suzuko dan Momoyo Koyama (pengisi suara Hikari Kagura dan Karen Aijo dari Revue Starlight) dan Sumire Morohoshi (pengisi suara Emma dari The Promised Neverland).

Baca Juga:  Ratusan Kreator Siap Unjuk Kreativitas di Comic Frontier 12

Bintang tamu lainnya ada Eri Sasaki, seorang penyanyi yang lagi naik daun dengan lagu “Fuyubiyori” yang dibuat dan diaransemen sendiri, lagu tema dari anime Laid-Back Camp, dan nob-c, desain karakter dari The Price of Smiles sebuah project untuk perayaan anniversary ke-55 Tatsunoko Production, yang akan tayang pada bulan Januari 2019.

Merchandise eksklusif dan booth dengan tema unik

Sebuah booth eksklusif bertema Fate Grand Order, sebuah game RPG yang dikembangkan oleh FGO Projects, ELiGHTWORKS, Aniplex, dan Notes. Diangkat dari franchise Fate oleh TYPE-MOON. Di booth kamu bisa mendapat kesempatan giveaway dan foto bersama maskot Gudako.

Sebuah merchandise eksklusif seperti,T-shirt capsule collection dari Pop Team Epic, nendoroid Hatsune Miku dari Good Smile Company, Honkai Impact dari mi HoYo dan merchandise dari MUSE siap kamu bawa pulang.

Deretan cosplay terbaik akan berkumpul

C3AFASG18 akan kedatangan tamu cosplayer populer seperti Angie (Malaysia), Baozi & Hana (China), Hakken (Malaysia), Kaname☆ (Japan), Siutao (Hong Kong) dan Ying Tze (Malaysia). Selain itu juga ada HedY (Taiwan).

Pada tanggal 2 Desember 2018, empat tim akan beradu, Rithe & Kai, Melanie Joanne & Gearchi, Knife & Saiko, dan Disco Dandy & Jesmond, untuk berkesempatan menjadi wakil Singapura di kompetisi Cosplay Dunia di Jepang pada tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 nanti.

Continue Reading