Connect with us

Tech & life

Microchip Menghadirkan Kontroler maXTouch Otomotif paling kecil untuk Smart Surfaces dan Layar Multi Fungsi

Published

on

GwiGwi.com – Untuk membantu dan memudahkan pengalaman berkendara saat ini, pabrik otomotif menerapkan layar sentuh selain dari tampilan pusat hiburan (Center Infotainment Display). Mendukung aplikasi dari tampilan sekunder dengan fitur terbaru, Microchip Technology Inc. (Nasdaq: MCHP) hari ini mengumumkan tambahan dari portfolio maXTouch yang memimpin pasar dengan famili kontroler sentuh MXT288UD yang baru, kontroler layar sentuh otomotif kemasan paling kecil di industri. Perangkat MXT288UD-AM dan MXT144UD-AM menawarkan mode daya rendah, ketahanan pada cuaca, dan deteksi sentuhan sarung tangan di layar multi-fungsi, panel sentuh dan layar pintar untuk kendaraan, sepeda motor, e-bike, dan layanan car-sharing.

Permukaan sentuh sekunder dapat ditempatkan di interior mobil dan eksterior kendaraan motor, seperti setang, pintu, cermin elektronik, kenop kontrol, roda kemudi, di antara kursi atau sandaran tangan. Dengan paket kecil VQFN56 kelas otomotif 7x7mm dari famili MXT288UD, pemasok tingkat satu sekarang bisa mengurangi ruang papan hingga 75 persen dan meminimalkan komponen dan kebutuhan secara keseluruhan untuk aplikasi ini – sekaligus melebihi persyaratan untuk kinerja sentuh yang unggul dan terpercaya di pasar. Mode wait-for-touch dengan daya rendah, mengkonsumsi kurang dari 50 µA, tetap responsif untuk pengguna, bahkan ketika layar mati untuk menghemat daya atau mengindari distraksi pengemudi di malam hari. Sistem akan terbangunkan oleh sentuhan di mana saja di permukaan sentuh.

Selain itu, perangkat MXT288UD dan MXT 144UD-AM memungkinkan deteksi dan pelacakan sarung tangan tebal multi-jari melalui berbagai macam bahan dan ketebalan, seperti kulit, kayu atau permukaan yang tidak rata – bahkan di tengah kelembapan. Biasanya, konstan dielektrik dari bahan lapisan atas ini akan membatasi sentuhan, namun perangkat ini memberikan solusi unik untuk secara handal mendeteksi dan melacak multi jari dengan signal-to-nose ratio (SNR) tinggi dan melalui skema akusisi diferensial paten. Contohnya, didalam aplikasi car-sharing, fungsi sentuh yang handal ini membantu pengguna mengakses mobil dari luar dengan melacak koordinat sentuhan pada tampilan eksterior di keadaan apapun, seperti hujan, salju atau panas yang ekstrim. Sepeda motor dan kendaraan bermotor lainnya juga diuntungkan dari desain tahan cuaca tersebut. Sebagai solusi kunci, famili MXT288UD menawarkan firmware terjamin, dikembangkan sesuai dengan proses Automotive SPICE® dan berkualitas AEC-Q100 – memudahkan untuk pabrik otomotif saat ini untuk berintegrasi ke dalam sistem yang berada di risiko yang lebih rendah dengan waktu yang lebih cepat ke pasar.

Baca Juga:  Gelar Tech Trend Talk, realme Ungkap Strategi Produk AIoT 1+4+N Yang Segera DiImplementasikan Di Indonesia

“Produsen peralatan asli otomotif berupaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui permukaan pintar dan layar multi fungsi, sekaligus masih menyediakan lingkungan yang nyaman dan bebas gangguan,” kata Fanie Duvenhage, Vice President, Human Machine Interface and Touch Function Group Microchip. “Mengatasi kebutuhan ini di pasar, Microchip membangun portfolio solusi layar sentuh otomotif yang sudah terdepan dengan famili kontroler sentuh MXT288UD terbaru – menghadirkan peningkatan kerja dan pengehematan biaya terhadap paket kontroler sentuh kelas otomotif paling kecil di industri”

Alat Pengembangan dan Servis Desain

Bantuan untuk kedua software dan hardware tersedia. Alat Sotware termasuk maXTouch Studio dan maXTouch analyzer. Untuk hardware MXT288UD, yang ditawarkan meliputi kit evaluasi dengan papan sirkuit cetak (PCB) dan panel sentuh kapasitif 5”, sedangkan kit evaluasi untuk MXT144UD meliputi papan sirkuit cetak degan panel sentuh kapasitif 2.9”. Untuk kedua perangkat, jembatan papan sirkuit cetak disertakan dengan koneksi USB untuk berinteraksi dengan komputer ketika menjalankan maXTouch Studio.

Harga dan Ketersediaan

Keluarga kontroler sentuh MXT288UD tersedia saat ini dalam produksi masal. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi representative penjualan Microchip, distributor resmi di seluruh dunia, atau kunjungi website Microchip.

Advertisements
Advertisement
Click to comment

Tech & life

Likee Persembahkan Challenge #LifeWithGoPay untuk Menantang Kreativitas Para Pengguna

Published

on

By

GwiGwi.com – Likee, platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek menghadirkan challenge #LifeWithGoPay untuk mengasah kreativitas para penggunanya yang terinspirasi dari pemakaian uang elektronik sehari-hari. Challenge #LifeWithGoPay ini mengajak para pengguna Likee untuk berekspresi lewat video pendek yang kreatif dan menarik, menceritakan kegiatan kegiatan yang dapat mereka lakukan menggunakan GoPay agar hidup lebih praktis.

“Likee ingin membantu brand untuk dapat menjangkau lebih banyak audiens, melalui platform yang kami miliki. Kami berkomitmen untuk mengajak orang-orang untuk mengabadikan kehidupan mereka dengan kreatif, serta memberikan pengalaman yang menarik dan kreatif bagi pengguna dan juga brand. Melalui kolaborasi #LifeWithGoPay, kami juga ingin mengajak para Likers (pengguna Likee) untuk memasuki era baru dengan memenuhi kebutuhan secara elektronik E-Life (electronic life). Likee bukan hanya sekadar hiburan daring tetapi, juga sebuah komunitas yang memperhatikan kehidupan orang-orang,” ujar Kelly Zhang, Country Manager of Likee Indonesia.

Dengan berpartisipasi dalam challenge ini, pengguna Likee juga mendapatkan kesempatan untuk memenangkan voucher cashback 50% di Codashop.com dan voucher cashback Rp10.000 di Alfamart senilai total 80 juta rupiah, challenge akan berlangsung hingga 20 Juli, 2020 di aplikasi Likee.

Baca Juga:  Gelar Tech Trend Talk, realme Ungkap Strategi Produk AIoT 1+4+N Yang Segera DiImplementasikan Di Indonesia

Selain itu, Likee juga menghadirkan mini game “Likee Milyader” untuk mendapatkan pengalaman menjadi seorang miliarder dan menunjukkan kekayaan di media sosial. Pengguna dapat menghabiskan uang virtual sebesar 300 miliar untuk melihat berapa banyak barang yang dapat mereka peroleh. Klik ‘beli’ untuk membuat daftar belanja, dan share ke akun IG untuk mendapatkan kesempatan memenangkan iPhone XR, kupon GoPay, dan hadiah lainnya.

Sebagai platform pembuatan video pendek, Likee menghadirkan wadah bagi pengguna untuk senantiasa menciptakan konten menarik dan engaging. Berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi pengguna agar dapat membuat video menarik dan merekam momen yang mengesankan, Likee juga menduduki peringkat pertama dalam deretan “Top 10 Breakout Apps” menurut laporan App Annie tahun 2019. Selain itu, Likee mendapatkan posisi keenam dalam daftar “Top Apps Overall Worldwide” di Q1 tahun 2020 menurut Sensor Tower. Likee memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik, di mana pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge. #SaatnyaKamuBersinar dengan wujudkan ide-ide kreatif di Likee!

Advertisements
Continue Reading

Tech & life

Gelar Tech Trend Talk, realme Ungkap Strategi Produk AIoT 1+4+N Yang Segera DiImplementasikan Di Indonesia

Published

on

By

GwiGwi.com – realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda berkomitmen untuk terus membawa produk tech trendsetter baik itu smartphone atau perangkat AIoT yang membawa trendsetting technology dan trendsetting design di segmennya masing-masing. Untuk memperkuat posisi sekaligus membuktikan diri ke pasar Tanah Air akan keandalan realme dalam memenuhi permintaan para konsumen, realme memiliki strategi baru yang berfokus pada pemenuhan teknologi kaum muda secara menyeluruh.

realme sendiri cukup produktif di pasar Indonesia dengan meluncurkan tujuh smartphone sepanjang semester I tahun 2020 yang disesuaikan dengan kebutuhan anak muda di Indonesia. Mulai dari segmen entry-level hingga flagship level, realme berfokus untuk membawa trendsetting technology dan trendsetting design dengan harga terbaik di seluruh segmennya. realme bahkan membuat kejutan dengan meluncurkan realme Narzo, seri terbaru realme yang menargetkan pasar anak muda khususnya Generasi Z yang berfokus pada kebutuhan gaming dan hiburan.

Tahun 2020, realme tidak hanya ingin fokus ke smartphone tetapi realme juga ingin membangun ekosistem produk AIoT-nya secara cepat dan berkesinambungan. Hingga saat ini, realme telah meluncurkan 5 perangkat AIoT berupa perangkat smart audio dan perangkat smart wearable di Indonesia. Kedua kategori produk AIoT realme tersebut dengan cepat disukai oleh pengguna gadget di Indonesia. Contohnya realme Band, secara cepat menjadi produk AIoT dengan Penjualan Terbaik di Shopee melalui flash sale setelah diluncurkan. dan realme Band juga menjadi penjualan Smart Wearable AIoT Brand No. 2 di Shopee.

Di semester kedua tahun 2020, realme masih akan berfokus untuk mengembangkan teknologi kamera dan baterai. Dalam hal kamera, realme secara konsisten mengembangkan teknologi pengambilan foto malam hari atau Super Nightscape hingga desain modul kamera yang berbentuk kotak seperti layaknya modul kamera kekinian. Dalam hal baterai, realme juga mengembangkan pengisian daya cepat bertajuk UltraDart 125 Watt yang dapat mengisi 33% baterai hanya dalam waktu 3 menit. Untuk pengisian daya cepat ini realme memperhatikan dengan seksama tiga aspek: aspek kecepatan, aspek keamanan dan aspek kemudahan untuk dipakai oleh protokol pengisian daya manapun. Selain itu, di semester 2 tahun 2020 pula, realme akan berusaha agar teknologi pengisian daya cepat bisa dipakai di seluruh segmen produk, termasuk segmen entry-level sekalipun.

Di semester 2 tahun 2020, realme juga berencana akan meluncurkan smartphone 5G ke Indonesia. Saat ini realme telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti penyedia chipset, operator di Indonesia dan beberapa pihak lainnya untuk mempercepat implementasi jaringan 5G di Indonesia. realme sendiri telah menjelma menjadi perusahaan teknologi yang membawa Best 5G Solution di dunia dan siap untuk menjadi advisor implementasi jaringan 5G di Indonesia.

Baca Juga:  Gelar Tech Trend Talk, realme Ungkap Strategi Produk AIoT 1+4+N Yang Segera DiImplementasikan Di Indonesia

realme selalu mendengarkan kebutuhan pengguna smartphone muda di Indonesia. Saat ini, banyak pengguna yang menginginkan smartphone dengan baterai besar demi pengalaman menggunakan smartphone yang maksimal setiap harinya. Untuk itu dalam waktu dekat, realme akan meluncurkan smartphone dengan kapasitas baterai besar 6000mAh pertama dalam jajaran produk realme.

Untuk menggapai tujuan menjadi merek AIoT dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia serta merek AIoT Favoritnya Anak Muda, realme berencana membawa lebih banyak produk AIoT ke Indonesia. realme bahkan akan membawa realme Smart TV pada semester 2 tahun 2020.

realme juga memperkenalkan strategi baru “1+4+N”. Strategi ini akan membantu realme untuk menambahkan portofolio pada produk smartphone dan AloT. Strategi ini memiliki tiga landasan:

  • 1 Core: Di realme, smartphone akan selalu menjadi inti dari pada portofolio produk yang akan menjadi poin utama dari ekosistem AIoT realme. Jadi, semua produk AloT akan tekoneksi dan diatur dalam realme smartphone. Ditambah dengan aplikasi realme Link, smartphone realme akan menjadi perangkat premium dengan kemudahannya mengatur berbagai produk AIoT.
  • 4 Smart Hubs: Ide ini dimunculkan untuk membantu konsumen dalam mengatur dan mengkontrol lebih banyak lagi produk AloT secara bersamaan melalui smartphone. Karena itu, sektor ini telah dibagi menjadi 4 kategori – Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch, dan Smart Speaker. realme telah memperkenalkan realme Buds Air, realme Buds Air Neo, realme Buds Q, realme Band dan realme Watch di Indonesia. Nantinya, realme akan memperkenalkan produk-produk lain yang tidak kalah luar biasa dalam kategori Smart Speaker, bersama dengan jam tangan pintar yang lebih stylish, TV dengan teknologi tinggi dan ponsel yang lebih pintar. Seperti smartphone, AIoT realme menawarkan banyak portofolio di berbagai segmentasi, mulai dari entry-level hingga flagship level.
  • Produk N AIoT: ‘N’ merepresentasikan komitmen realme untuk memberikan banyak produk baru di sektor AIoT dan lifestyle untuk penggemar realme, termasuk berbagai aksesoris mulai dari charger dalam mobil, tas punggung dengan kapasitas besar yang stylish.

Advertisements
Continue Reading

Tech & life

Review Telkomsel Orbit, Menarik? Perbandingan Kecepatan dengan KartuHalo dan by.U

Published

on

By

GwiGwi.com – Telkomsel Orbit merupakan salah satu produk Telkomsel untuk layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WIFI dengan kualitas jaringan selular, serta paket data tanpa perlu berlangganan. Layanan ini mirip dengan XL Home dari XL Axiata.

Telkomsel Orbit bukanlah layanan internet berbasiskan kabel fiber. Melainkan memanfaatkan jaringan seluler 4G milik Telkomsel. Layanan ini memang diperuntukkan bagi segmen keluarga, terutama yang tinggal di wilayah yang tak tercover jaringan kabel (fixed line) atau serat optik.

Internet bisa dipakai selama 24 jam penuh. Router tersebut juga dapat digunakan hingga 32 perangkat sekaligus melalui jaringan WiFi.

Untuk pembelian perangkat internet rumah ini, bisa melalui website resmi Telkomsel Orbit. Dari situ, kita bisa memilih jenis modem (Orbit Star atau Orbit Max) dan extra kuota untuk pembelian awal ini.

Produk Telkomsel Orbit

Di masa awal kehadirannya ini, Telkomsel Orbit hadir dalam dua jenis produk, yakni Orbit Star dan Orbit Max. Apa saja kelebihan dari masing-masing produk?

Orbit Star

Harga: Rp729.000 selama masa promosi. Setelah masa promosi usai, harga menjadi Rp999.000.

Ini merupakan paket produk standar Telkomsel Orbit di awal kehadiran layanan tersebut. Dengan membeli Orbit Star, kamu akan mendapatkan modem WiFi Huawei B311 dan bonus kuota internet 50 GB untuk satu bulan.

Beberapa spesifikasi untuk modem Huawei B311 ini adalah:
– Ukuran modem: 101 x 126 x 36 mm.
– Tingkat kecepatan: DL/UL Cat 4.
– Tipe modem: 2×2 MIMO LTE.
– Teknologi WiFi: 2.4 GHz WiFi.
– Jumlah pengguna yang didukung bersama-sama: 32 pengguna.

Dari spesifikasi di atas, terlihat paket Orbit Star tampak untuk penggunaan yang tidak terlalu berat. Kecepatannya tidak terlalu tinggi, yakni hanya di Cat 4 saja. Teknologi WiFi yang digunakan juga baru 2.4 GHz WiFi yang mengandalkan kekuatan sinyal dibandingkan kecepatan.

Oleh karena itu, Orbit Star tampaknya lebih cocok untuk kegiatan belajar dan bekerja dari rumah, tanpa dibarengi dengan hiburan. Sebaiknya, belajar dan bekerja tidak dilakukan bersama-sama dengan hiburan. Jika tetap dilakukan bersama-sama, kecepatannya bisa saja tidak optimal.

 

Orbit Max

Harga: Rp2.399.000 selama masa promosi. Setelah masa promosi usai, harga menjadi Rp2.599.000.

Ini merupakan paket produk Telkomsel Orbit tertinggi saat ini. Kamu akan mendapatkan modem WiFi Huawei B818 dan juga bonus kuota data internet sebesar 150 GB untuk 90 hari.

Beberapa spesifikasi singkat untuk modem Huawei B818 adalah:
– Ukuran modem: 103 x 103 x 225 mm.
– Tingkat kecepatan: DL Cat19/UL Cat 13
– Tipe modem: 4×4 MIMO LTE
– Teknologi WiFi: 2.4 GHz & 2.5 GHz
– Jumlah pengguna yang didukung bersama-sama: 64 pengguna.

Dari spesifikasi di atas, dapat dilihat bahwa Telkomsel Orbit Max cocok bagi kamu yang mencari kecepatan dan kuota data besar. Dijamin internet akan tetap cepat saat digunakan bersama-sama, entah itu untuk belajar, bekerja, dan hiburan. Dukungan download yang mencapai Cat 19 dan dukungan teknologi 2.5 GHz membuat modem WiFi tersebut kencang dan kuat.


Harga Paket Data Telkomsel Orbit

Di awal setelah membeli salah satu paket di atas, kamu memang mendapatkan paket data internet yang cukup besar. Kamu akan mendapatkan 50 GB di 30 hari pertama Orbit Star dan 150 GB di 90 hari pertama Orbit Max.

Setelah kuota internet itu habis, tentunya kamu mau membeli paket data dari Telkomsel. Nah, sebagai dasar pertimbangan kamu, mari kita simak harga paket data Telkomsel Orbit ini.

Nama Paket Harga Promosi Harga Setelah Promosi Usai
30 GB (cocok untuk kegiatan sosial media dan browsing standar) Rp65.000 Rp130.000
50 GB(cocok untuk main game online) Rp80.000 Rp165.000
100 GB (cocok untuk streaming video) Rp130.000 Rp260.000

Oh ya, pembelian dan cek sisa kuota paket data bisa kamu lakukan langsung di aplikasi Telkomsel Orbit ya. Aplikasi tersebut tersedia di iOS dan Android.


Cara Berlangganan

Langsung saja, kali ini Gwimin akan mencoba salah satu produk Orbit Star. Orbit Star hadir dengan modem 4G Huawei B311 dan ekstra kuota 50Gb untuk 30 hari.

Sebelum mulai berlangganan pastikan cek dahulu ketersedian jaringan di daerahmu, buka halaman Cek Jangkauan Layanan Orbit. Masukkan alamat kamu dan otomatis website akan memberitahu ketersedian jaringannya. Sebenarnya secara logika jika ada Jaringan Telkomsel di alamat kamu, maka jarigan Orbit pun pasti tersedia.

Baca Juga:  Gelar Tech Trend Talk, realme Ungkap Strategi Produk AIoT 1+4+N Yang Segera DiImplementasikan Di Indonesia

Setelah itu, pilih produk Orbit yang diinginkan, pilih Orbit Star di harga Rp. 799.000 atau Orbit Max di harga Rp. 2.399.000 kemudian Login atau Daftar Baru seperti biasa. Masukkan alamat kamu dan pilih metode pengiriman, untuk saat ini masih terdapat promo gratis ongkos kirim hingga Rp. 20.000. Jangan lupa selesaikan pembayaran agar Orbit kamu dikirim.

Sembari menunggu datang kamu dapat menginstall aplikasi My Orbit yang tersedia untuk Android dan untuk iOS masih coming soon. Di Aplikasi kamu dapat melihat proses pengiriman Orbit kamu.


Isi Kotak

Dalam paket Orbit Star terdapat Unit, Buku Manual, Kabel LAN, Kabel Power.

Desain modem Huawei B311 berwarna putih dengan Logo Telkomsel Orbit, tak ada Logo Huawei. Pada bagian belakang terdapat colokan LAN dan Power.

Disisi kiri belakang ada SIM Slot yang tentunya sudah terisi SIM Card Telkomsel Orbit yang kali ini masih merupakan kartu SimPATI yang terdaftar sebagai nomor telkomsel Orbit. Pada isi kotak juga terdapat bungkus packaging nomor SimPATI nomornya perlu disimpan untuk keperluan Isi Paket Data.

Dibagian belakang juga terdapat colokan antena, antena dapat kamu beli terpisah untuk menambah kekuatan sinyal modem menangkap jaringan.

Pada sisi depan terdapat beberapa led indikator yaitu (ki-ka) Power Indicator, Network Status Indicator, Wi-Fi Indicator, LAN/WAN Indicator, Signal Strength Indicator. Pada sisi atas ada tombol Power dan WPS.


Cara Aktivasi

Sebelumnya koneksikan Wifinya nama Wifi dan Password default dapat dilihat pada bagian bawah Modem.

Selanjutnya Buka aplikasi My Orbit kamu dan pilih aktivasi, otomatis aplikasi akan melakukan aktivasi, kamu perlu melakukan pendaftaran sim card di aplikasi dengan memasukkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga.

Pada aplikasi My Orbit kamu dapat melihat informasi kuota paket data, mengganti Nama WiFi dan Password Modem, Membeli Paket data.


Review Kualitas Jaringan

Untuk kualitas jaringan Orbit Star, Gwimin membandingkan dengan Telkomsel KartuHalo dan by.U. Kedua produk ini merupakan produk telkomsel yang juga menggunakan jaringan Telkomsel tentunya.

Kondisi penggunaan di kamar lantai 1 untuk rumah 2 lantai daerah Tangerang. Modem Orbit Star menunjukkan kualitas sinyal penuh Tiga Bar dengan Network Status LED berwarna Cyan ini berarti kualitas jarigan 4G/LTE.

Speed test pertama, kecepatan download 6.12Mbps dan upload 0.19Mbps bisa dibilang ini cukup mengecewakan. Dengan kondisi yang sama KartuHalo di ponsel android menghasilkan kecepatan download 17.6Mbps dan upload 0.37Mbps. Bagaimana dengan by.U? download 3Mbps dan Upload 0.18Mbps.

Perbandingan Speed

Download Upload
Orbit 6.12Mbps 0.19Mbps
KartuHalo 17.6Mbps 0.37Mbps
by.U 3Mbps 0.18Mbps

Kebetulan Gwimin memiliki antena speed booster bertipe induksi, posisi antena di atap dengan kabel induksi ke kamar. Jika modem Orbit Star dipakaikan antena dengan model induksi ini, hasil kecepatan download dan upload naik signifikan, kecepatan download 17.3Mbps dan upload 11.3Mbps.

Bagaimana Dengan Kualitas Gaming?

Gwimin mencoba bermain game mobile Arena of Valor, dari percobaan 3 match, di match ke-3 Gwimin mengalami kendala yang mana kualitas Ping yang tadinya sekitar 40ms menjadi 400ms. Kondisi ini berlangsung kurang lebih 5menitan yang kemudian kembali normal.

Tentunya ini sangat mengecewakan bagi kamu gamer yang membutuhkan kualitas internet stabil dan ping berlatensi rendah. Namun bagi kamu yang suka streaming kendala ini tidak masalah.


Kesimpulan

Kesimpulan Gwimin, untuk prioritas Jaringan sepertinya KartuHalo masih utama disusul Orbit Star kemudian by.U. Dengan menambah antena eksternal terbukti mampu meningkatkan kualitas kecepatan internet.

Dengan paket data yang masih promo maka dapat dikatakan Telkomsel Orbit merupakan layanan internet dengan pilihan paket data termurah saat ini.

Disclaimer! lokasi menentukan kualitas jaringan, jadi jika lokasi berbeda mungkin saja kualitas yang dihasilkan berbeda.

Jadi apakah layak dibeli?

Gwimin berkesimpulan Telkomsel Orbit sangat rekomendasi dimiliki bagi kamu yang berdomisili didaerah yang memiliki jaringan Telkomsel yang kuat dan tak terjangkau layanan internet broadband kabel/fiber optik. Paket data yang masih promo menjadi salah satu pertimbangan kuat untuk berlangganan Telkomsel Orbit saat ini.

Klik link Telkomsel Orbit sekarang untuk promo tambahn kuota paket data. Yuk berlangganan Telkomsel Orbit sekarang.

Advertisements
Continue Reading

Trending