Connect with us

Smartphone

LG V30SThinQ, Debut di MWC2018 Dengan Teknologi AI

Published

on

GwiGwi.com – LG Electronics (LG) memperkenalkan smartphone pertamanya yang dilengkapi dengan teknologi ThinQ dalam ajang tahunan Mobile World 2018 yang diadakan di kota Barcelona, SpanyolThinQ dapat dijumpai pada perangkat smartphone keluaran terbaru, yaitu LG V30SThinQ menggunakan LG V30 sebagai platform utamanya. Hadirnya teknologi ThinQ pada LG V30SThinQ ini memastikan jika keseluruhan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat bekerja dalam satu sistem tersebut.

Pengoperasian teknologi AI pada ThinQ dirancang agar mengikuti perilaku pengguna atau user smartphone saat ini. Ini untuk memastikan agar teknologi AI pada LG V30SThinQ dapat digunakan lebih mudah. Hal ini sesuai dengan visi besar perusahaan untuk mengembangkan teknologi AI terdepan dengan tetap mempertimbangkan sisi kemudahan pengoperasian penggunanya.

ThinQ sendiri pertama kali dikembangkan untuk perangkat rumah tangga (Home Appliances) milik LG dan menjalani debut di ajang internasional Consumer Electronics Show (CES) tahun 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Langkah LG dalam mengembangkan teknologi berbasis AI memberikan hasil optimal dalam pengoperasian fitur-fitur pada smartphone, dan sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Pengembangan tersebut berfokus pada dua bidang utama, yaitu pengenalan suara (Voice Recognition) dan Kamera.

Voice AI : Perintah Menggunakan Suara

Melalui fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi dan mengubah pengaturan pada smartphone melalui perintah suara (Voice Command). Berkolaborasi dengan Google Assistant, Voice AI yang menjadi pengembangan milik LG secara eksklusif ini, mampu untuk secara langsung merujuk pengaturan secara spesifik tanpa harus membuka pilihan menu pengaturan.

Vision AI : Memotret Menjadi Lebih Intuitif

Pengembangan Vision AI menawarkan tiga fitur kamera cerdas terbaru, yaitu AI CAM, QLens, dan Bright Mode yang secara otomatis dapat meningkatkan kemampuan kamera dari tingkatan dasar yang cocok digunakan bagi pemula hingga tingkatan yang lebih kompleks seperti kamera bagi pengguna professional.

AI CAM dapat menganalisa objek dalam layar smartphone dan merekomendasikan mode pemotretan yang optimal di antara delapat kategori, yaitu Potret, makanan, hewan peliharaan, pemandangan, kota, bunga, matahari terbit, matahari terbenam. Setiap mode dapat meningkatkan karakteristik objek dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti sudut pandang, pencahayaan, warna, pantulan, dan tingkat kejenuhan.

QLens hadir lebih canggih dalam mengenali gambar. Teknologi AI pada kamera  ini dapat memindai kode QR untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja secara online. Cukup menggunakan QLens untuk memotret jenis produk yang ingin dibeli, lalu kemudian smartphone secara otomatis akan memberikan informasi terkait produk tersebut, seperti: rekomendasi tempat untuk membeli produk tersebut secara online dengan harga yang paling murah hingga pilihan alternatif jika produk yang diinginkan sedang tidak tersedia. Pengguna juga dapat menggunakan pencarian gambar dengan QLens untuk melihat gambar, fashion, dan selebriti yang serupa, atau informasi rinci seperti bangunan dan patung yang menjadi landmark kota.

Baca Juga:  OPPO R17 Pro Resmi Hadir di Indonesia, Spesifikasi dan Harga

Khusus untuk pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya, LG telah melengkapi LG V30SThinQ denan fitur Bright Mode. Fitur Bright Mode menggunakan algoritma untuk mencerahkan gambar tanpa gangguan, tidak seperti kebanyakan kamera pada smartphone yang alih-alih hanya mengukur cahaya ambient.

Peningkatan dalam Kapasitas Penyimpanan dan Pilihan Warna

Membawa pengalaman lebih baik dalam penggunakan smartphone, LG V30SThinQ hadir dengan RAM 6 GB untuk performance yang lebih baik. Dari sisi penyimpanan hingga 128GB dan LG V30S+ThinQ dengan kapasitas penyimpanan hingga 256 GB. keduanya masing-masing dilengkapi microSD yang dapat menyimpan data hingga 2TB.

LG V30SThinQ memiliki tingkat ketahanan yang melewati 14 tes MIL-STD810G dari Departemen Pertahanan AS untuk memastikan ketangguhan perangkat LG V30SThinQ dan tetap menjadi smartphone tertpisi dan teringan di kategori smartphone, dengan luas display ukuran 6 inch.

LG V30SThinQ tampil dengan dua pilihan warna, yaituL Moroccan Blue dan Platinum Gray.

Memperluas Pengalam Menggunakan Smartphone AI

Pengenalan teknologi AI di LG V30SThinQ menjadi langkah awal di strategi besar perusahaan untuk menciptakan lebih banyak smartphone cerdas yang menempatkan kebutuhan konsumen sebagai prioritas utama.

“LG kembali mengukuhkan diri sebagai yang terdepan melalui pengenalan smartphone LG V30SThinQ yang dilengkapi dengan teknologi AI. Tidak hanya canggih, teknologi AI yang kami perkenalkan pada LG V30SThinQjuga dipastikan mudah dalam pengoperasiannya,” kata Hwang Jeong-hwan, presiden LG Mobile Communications Company. “Tak berhenti disini, LG berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi AI untuk menjamin pengalaman penggunaan smartphone yang lebih baik,”  tutup Hwang Jeong-hwan.

Pengunjung dapat melihat secara langsung LG V30SThinQ   di booth LG Hall 3 of Fira Gran Via dari tanggal 26 Feb – 1 Maret.

Key Specifications:

  • Chipset: Qualcomm® Snapdragon ™ 835 Mobile Platform
  • Display: 6.0-inch 18:9 QuadHD+ OLED FullVision Display (2880 x 1440/538ppi)
  • Memory:

– V30SThinQ: 6GBRAM / 128GB ROM / microSD (up to 2TB)

– V30S+ThinQ: 6GB RAM / 256GBROM / microSD (up to 2TB)

  • Camera:

– Rear Dual: 16MP Standard Angle (F1.6 / 71°) / 13MP Wide Angle (F1.9 / 120°)

– Front: 5MP Wide Angle (F2.2 / 90°)

  • AI: AI CAM / QLens / Bright Mode / AI Haptic / Google Assistant
  • Battery: 3300mAh
  • Operating System: Android 8.0 Oreo
  • Size: 151.7 x 75.4 x 7.3mm
  • Weight: 158g
  • Network: LTE-A 4 Band CA
  • Connectivity Wi-Fi 802.11 a, b, g, n, ac / Bluetooth 5.0 BLE / NFC / USB Type-C 2.0 (3.1 compatible)
  • Colors: New Moroccan Blue, New Platinum Gray
  • Other: IP68 Water and Dust Resistant / MIL-STD 810G Compliant/ 32-bit Hi-Fi Quad DAC / HDR10 / Crystal Clear Lens/Google Daydream / UX 6.0+ / Voice Recognition / Face Recognition / Fingerprint Sensor / Qualcomm® Quick Charge™ 3.0 Technology / Wireless Charging

Source : LG Electronics

News

16 Januari, OPPO Segera Merilis Kamera 10x Optical Zoom

Published

on

By

GwiGwi.com – OPPO pada tahun 2017 di MWC (Mobile World Congress) hadir tanpa smartphone tapi mengenalkan konsep 5x Optical Zoom. Sekarang OPPO sudah siap memperkenalkan lossless zoom baru hingga 10x Optical Zoom. OPPO sudah mulai mengundang media untuk hadir pada pengumuman tersebut pada 16 Januari 2019, di Beijing, China.

Saat ini, setup lensa 5x yang dulu diperkenalkan adalah kamera dengan 5 element dan diikuti dengan prisma bersudut 90 derajat yang memantulkan cahaya langsung ke sensor kamera. Lalu kemudian ada unit OIS yang dipasang pada ujungnya sehingga akan dapat tetap bekerja walau zoom yang dipakai adalah zoom paling maksimal.

OPPO R17 Pro Membuka Pre Order di Indonesia

Sumber dari China memberikan informasi yang sedikit abu-abu apakah nantinya OPPO akan memiliki perangkat yang bisa langsung dijual dalam pasar luas ataukah hanya mendemokan teknologinya. Ini terbukti dari kenyataannya, OPPO belum pernah merilis smartphone dengan 5x Optical Zoom sehingga bisa saja yang diperlihatkan adalah sebuah demo saja nantinya.

Baca Juga:  Unboxing Dan Quick Review ASUS Zenfone Max Pro M2, Beneran Gaming?

Baca Juga: OPPO A7 Indonesia Mulai Pre-Order. Berikut Spesifikasi dan Harganya.

Continue Reading

News

Samsung Galaxy M Segera dirilis Di India, Jawaban Samsung Melawan Xiaomi?

Published

on

By

GwiGwi.com – Samsung akan mengumumkan perangkat barunya di India dengan kode Galaxy M. Mungkinkah ini jawaban Samsung dari kekalahannya sekarang di pasar India oleh Xiaomi?

Samsung melalui poster teranyarnya, mengumumkan bahwa sebuah perangkat baru di kelas menengah dengan nama Galaxy M akan segera diumumkan di India pada 28 Januari 2019. Samsung mengumumkan ini melalui poster yang dipasangkannya di Amazon India. Kemungkinan seri ini akan memiliki 3 model smartphone secara total yaitu M10, M20, M30. Ketiga peringkat tersebut akan mengusung bentuk layar baru dari Samsung dengan nama Infivity-V.

Pengumuman ini muncul seiring tergusurnya Samsung dari kompetitor asal negeri China di India. Menurut data teranyar, Xiaomi telah menyalip Samsung di pasar India sejak Q4 2017, dan masih bertahan dengan 5 point pada Q3 2018.

Spesifikasi jelas tentang smartphone ini masih cukup ditutupi, namun dari poster yang sudah di tampilkan melalui Amazon memperlihatkan nantinya Galaxy M akan memiliki dual-rear cameras, fingerprint pada bagian belakang, charging port dari USB Type-C, dan sebuah colokan headphone 3.5mm. Harga untuk smartphone ini diprediksi akan mulai dari 140 USD, setara 1.8 Juta Rupiah, hingga 280 USD atau 3.9 Juta Rupiah dan akan didukung dengan baterai yang besar serta quick charging.

Baca Juga:  Samsung Galaxy M Segera dirilis Di India, Jawaban Samsung Melawan Xiaomi?

Tahun lalu, Samsung sudah memulai untuk melawan kembali produsen smartphone dari China dengan cara menggunakan mid-range mereka sebagai tempat meletakan fitur-fitur baru sebelum disandingkan dengan smartphone Flagship mereka. Galaxy A9 menjadi smartphone pertama dengan 4 lensa kamera dalam 1 smartphone, dan Galaxy A8s menjadi perangkat pertama dengan model baru infinity display yaitu Infinity-O Display. Kira-kira apa yah fitur menantang dari Galaxy M selain Infinity-V Display nantinya? Kita tunggu saja yah apakah smartphone ini juga akan mendarat ke Indonesia.

Baca juga: Xiaomi Mi Play, Seri Baru Lagi Dari Xiaomi dengan Fitur Internet Gratis! Harga dan Spesifikasi Indonesia

Continue Reading

News

Redmi Note 7, Monster 48 Megapiksel Pertama Redmi Xiaomi, Spesifikasi dan Harga

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah “berpisah dari Xiaomi, Redmi sudah siap memperkenalkan perangkat terbaru mereka yaitu Redmi Note 7. Menyasar kedaerah spesifikasi dengan prosesor yang sudah sangat “padat”, Redmi yakin bahwa pilihannya menghadirkan kamera “monster” 48 Megapiksel dan harga yang sangat bersaing, bisa membawa merk yang dulunya adalah sebuah seri dari Xiaomi lebih sukses. Berikut adalah spesifikasi dan harganya.

Setelah sekian lama hadir dalam bentuk teaser, akhirnya smartphone dengan resolusi sensor kamera sebesar 48 megapiksel dari seri Redmi yang sekarang sudah menjadi brand independen resmi dirilis. Walau dengan fokus spesifikasi yang sangat menarik ini, nyatanya Redmi Note 7 ternyata adalah perangkat budget.

Dari segi desainnya, terlihat bahwa Redmi Note 7 mengikuti guideline desain baru dari Xiaomi sejak Xiaomi Mi Play yang dirilis belum lama waktu yang lalu. Dengan back-cover kaca 2.5D dengan warna gradasi membuat smartphone ini terlihat paling premium tanpa embel-embel “mirip kaca”. Di bagian belakangnya juga tersedia fingerprint, sayang sekali karena ternyata bukan in-display. Bagian belakang ini juga adalah rumah untuk kamera 48 Megapiksel-nya dengan aparture F/1.8, ditemani oleh depth-sensor 5 Megapiksel.

Selain itu untuk Notch didepannya pun serupa dengan Mi Play yang hanya berbentuk bulat pada bagian kamera saja (atau lebih dikenal sebagai waterdrop notch). dengan kamera selfie 13 megapiksel single-lens walaupun di seri Redmi Note 6 Pro yang dirilis beberapa waktu lalu dipamerkan bahwa Xiaomi mulai menggunakan total 4 kamera, 2 depan dan 2 belakang. Tidak ada sensor Face Recognition seperti yang ditemukan di POCOPHONE F1.

Baca Juga:  Redmi Note 7, Monster 48 Megapiksel Pertama Redmi Xiaomi, Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi lainnya adalah bentang layar 6.3 inci dengan rasio 19.5:9 1080p, Prosesor sejuta umat Qualcomm Snapdragon 660 AIE, baterai sebesar 4,000mAh, USB Type-C untuk charging dan komunikasi melalui kabel, serta headphone jack 3.5mm (untungnya masih ada).

Soal harga, Redmi Note 7 ini membuat kagum dengan harga terendah dengan konfigurasi 3/32GB mulai dari 150$ atau sekitar 2.1 Juta rupiah, hingga 200$ atau 2.8 Juta Rupiah untuk versi paling atas RAM 6GB dan Memori penyimpanan 64GB. Dengan harga segini, spesifikasi yang didapatkan serupa atau bahkan lebih baik (hanya untuk hitungan kamera yah) dibandingkan kompetitor lain yang merilis perangkatnya lebih dulu beberapa bulan yang lalu dengan harga mulai dari 2.9 Juta.

Xiaomi Indonesia melalui cuitannya pun sudah mulai memberikan spekulasi bahwa perangkat ini akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat, namun belum diketahui kapankah akan didatangkan.

Baca juga: Xiaomi Mi 8 Lite Full Review | kerasa flagshipnya

Continue Reading

Trending