Connect with us

Smartphone

LG V30SThinQ, Debut di MWC2018 Dengan Teknologi AI

Published

on

GwiGwi.com – LG Electronics (LG) memperkenalkan smartphone pertamanya yang dilengkapi dengan teknologi ThinQ dalam ajang tahunan Mobile World 2018 yang diadakan di kota Barcelona, SpanyolThinQ dapat dijumpai pada perangkat smartphone keluaran terbaru, yaitu LG V30SThinQ menggunakan LG V30 sebagai platform utamanya. Hadirnya teknologi ThinQ pada LG V30SThinQ ini memastikan jika keseluruhan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat bekerja dalam satu sistem tersebut.

Pengoperasian teknologi AI pada ThinQ dirancang agar mengikuti perilaku pengguna atau user smartphone saat ini. Ini untuk memastikan agar teknologi AI pada LG V30SThinQ dapat digunakan lebih mudah. Hal ini sesuai dengan visi besar perusahaan untuk mengembangkan teknologi AI terdepan dengan tetap mempertimbangkan sisi kemudahan pengoperasian penggunanya.

ThinQ sendiri pertama kali dikembangkan untuk perangkat rumah tangga (Home Appliances) milik LG dan menjalani debut di ajang internasional Consumer Electronics Show (CES) tahun 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Langkah LG dalam mengembangkan teknologi berbasis AI memberikan hasil optimal dalam pengoperasian fitur-fitur pada smartphone, dan sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Pengembangan tersebut berfokus pada dua bidang utama, yaitu pengenalan suara (Voice Recognition) dan Kamera.

Voice AI : Perintah Menggunakan Suara

Melalui fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi dan mengubah pengaturan pada smartphone melalui perintah suara (Voice Command). Berkolaborasi dengan Google Assistant, Voice AI yang menjadi pengembangan milik LG secara eksklusif ini, mampu untuk secara langsung merujuk pengaturan secara spesifik tanpa harus membuka pilihan menu pengaturan.

Vision AI : Memotret Menjadi Lebih Intuitif

Pengembangan Vision AI menawarkan tiga fitur kamera cerdas terbaru, yaitu AI CAM, QLens, dan Bright Mode yang secara otomatis dapat meningkatkan kemampuan kamera dari tingkatan dasar yang cocok digunakan bagi pemula hingga tingkatan yang lebih kompleks seperti kamera bagi pengguna professional.

AI CAM dapat menganalisa objek dalam layar smartphone dan merekomendasikan mode pemotretan yang optimal di antara delapat kategori, yaitu Potret, makanan, hewan peliharaan, pemandangan, kota, bunga, matahari terbit, matahari terbenam. Setiap mode dapat meningkatkan karakteristik objek dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti sudut pandang, pencahayaan, warna, pantulan, dan tingkat kejenuhan.

QLens hadir lebih canggih dalam mengenali gambar. Teknologi AI pada kamera  ini dapat memindai kode QR untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja secara online. Cukup menggunakan QLens untuk memotret jenis produk yang ingin dibeli, lalu kemudian smartphone secara otomatis akan memberikan informasi terkait produk tersebut, seperti: rekomendasi tempat untuk membeli produk tersebut secara online dengan harga yang paling murah hingga pilihan alternatif jika produk yang diinginkan sedang tidak tersedia. Pengguna juga dapat menggunakan pencarian gambar dengan QLens untuk melihat gambar, fashion, dan selebriti yang serupa, atau informasi rinci seperti bangunan dan patung yang menjadi landmark kota.

Baca Juga:  Huawei Nova 3i Resmi Mendarat di Indonesia. Berapa Harganya?

Khusus untuk pengambilan gambar pada kondisi minim cahaya, LG telah melengkapi LG V30SThinQ denan fitur Bright Mode. Fitur Bright Mode menggunakan algoritma untuk mencerahkan gambar tanpa gangguan, tidak seperti kebanyakan kamera pada smartphone yang alih-alih hanya mengukur cahaya ambient.

Peningkatan dalam Kapasitas Penyimpanan dan Pilihan Warna

Membawa pengalaman lebih baik dalam penggunakan smartphone, LG V30SThinQ hadir dengan RAM 6 GB untuk performance yang lebih baik. Dari sisi penyimpanan hingga 128GB dan LG V30S+ThinQ dengan kapasitas penyimpanan hingga 256 GB. keduanya masing-masing dilengkapi microSD yang dapat menyimpan data hingga 2TB.

LG V30SThinQ memiliki tingkat ketahanan yang melewati 14 tes MIL-STD810G dari Departemen Pertahanan AS untuk memastikan ketangguhan perangkat LG V30SThinQ dan tetap menjadi smartphone tertpisi dan teringan di kategori smartphone, dengan luas display ukuran 6 inch.

LG V30SThinQ tampil dengan dua pilihan warna, yaituL Moroccan Blue dan Platinum Gray.

Memperluas Pengalam Menggunakan Smartphone AI

Pengenalan teknologi AI di LG V30SThinQ menjadi langkah awal di strategi besar perusahaan untuk menciptakan lebih banyak smartphone cerdas yang menempatkan kebutuhan konsumen sebagai prioritas utama.

“LG kembali mengukuhkan diri sebagai yang terdepan melalui pengenalan smartphone LG V30SThinQ yang dilengkapi dengan teknologi AI. Tidak hanya canggih, teknologi AI yang kami perkenalkan pada LG V30SThinQjuga dipastikan mudah dalam pengoperasiannya,” kata Hwang Jeong-hwan, presiden LG Mobile Communications Company. “Tak berhenti disini, LG berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi AI untuk menjamin pengalaman penggunaan smartphone yang lebih baik,”  tutup Hwang Jeong-hwan.

Pengunjung dapat melihat secara langsung LG V30SThinQ   di booth LG Hall 3 of Fira Gran Via dari tanggal 26 Feb – 1 Maret.

Key Specifications:

  • Chipset: Qualcomm® Snapdragon ™ 835 Mobile Platform
  • Display: 6.0-inch 18:9 QuadHD+ OLED FullVision Display (2880 x 1440/538ppi)
  • Memory:

– V30SThinQ: 6GBRAM / 128GB ROM / microSD (up to 2TB)

– V30S+ThinQ: 6GB RAM / 256GBROM / microSD (up to 2TB)

  • Camera:

– Rear Dual: 16MP Standard Angle (F1.6 / 71°) / 13MP Wide Angle (F1.9 / 120°)

– Front: 5MP Wide Angle (F2.2 / 90°)

  • AI: AI CAM / QLens / Bright Mode / AI Haptic / Google Assistant
  • Battery: 3300mAh
  • Operating System: Android 8.0 Oreo
  • Size: 151.7 x 75.4 x 7.3mm
  • Weight: 158g
  • Network: LTE-A 4 Band CA
  • Connectivity Wi-Fi 802.11 a, b, g, n, ac / Bluetooth 5.0 BLE / NFC / USB Type-C 2.0 (3.1 compatible)
  • Colors: New Moroccan Blue, New Platinum Gray
  • Other: IP68 Water and Dust Resistant / MIL-STD 810G Compliant/ 32-bit Hi-Fi Quad DAC / HDR10 / Crystal Clear Lens/Google Daydream / UX 6.0+ / Voice Recognition / Face Recognition / Fingerprint Sensor / Qualcomm® Quick Charge™ 3.0 Technology / Wireless Charging

Source : LG Electronics

Smartphone

Honor Bawa Generasi Ketiga Ponsel Pintar dengan Artificial Intelligence (AI)

Published

on

By

GwiGwi.com – Sejak akhir tahun lalu, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi salah satu agenda bagi para pelaku industri di bidang teknologi, termasuk di industri ponsel pintar. Dengan meningkatnya trend AI, banyak pelaku/perusahaan teknologi berkomitmen untuk menyematkan teknologi AI dalam ponsel pintar. Memiliki tiga generasi ponsel pintar AI dalam portofolio produknya, Honor menjadi salah satu pemimpin dalam tren ini dengan memperkenalkan ponsel pintar AI generasi ketiga, Honor 10, yang baru saja diluncurkan di Indonesia minggu lalu (2/8).

Sebagai merek elektronik (e-brand) ponsel pintar terkemuka, Honor lebih berfokus pada generasi muda. Menurut James Yang, Presiden Honor Indonesia, semua produk yang diluncurkan oleh Honor menjadi pelopor untuk tiga bidang utama: teknologi baru, estetika yang menawan, serta harga yang terjangkau bagi generasi muda. “Kami terbilang cukup cepat dalam menjelajahi kemungkinan penerapan AI dalam ponsel pintar,” ujar Yang. “Kami telah memperkenalkan hasil penelitian kami kepada para konsumen pada tahun 2016, saat kami meluncurkan Honor Magic untuk merayakan ulang tahun kami yang ketiga. Ponsel ini menjadi pelopor dengan menggabungkan AI yang dirancang untuk memahami dan menganalisis data penggunanya untuk memberikan fitur interaktif yang cerdas. Hal ini merupakan contoh yang luar biasa untuk komitmen Honor dalam mengembangkan penggunaan teknologi secara terus-menerus di area yang belum terjamah.”

Honor meluncurkan Honor Magic pada bulan Desember 2016, dan ini pertama kalinya sistem AI disematkan dalam sebuah ponsel pintar. Teknologi AI menawarkan pengalaman baru kepada para penggunanya, dan sambutan dari penggemar gawai juga begitu luar biasa, yang mana ini merupakan awal baru bagi era ponsel pintar berteknologi AI. Sejak tahun 2007, ketika iPhone pertama kali diperkenalkan, untuk hal popularitas, tidak ada ponsel pintar lainnya yang dapat dibandingkan dengan Honor Magic di seluruh industri ponsel pintar.

Pada tahun 2016, peluncuran Honor Magic membuka era AI yang mendapatkan respon positif dari para pelaku industri. Selain meningkatkan performa ponsel pintar tradisional, teknologi AI pada Honor View 10 juga memberikan pengalaman baru untuk fitur fotografi pada ponsel pintar. Teknologi ini secara cerdas dapat mengidentifikasi 13 pemandangan/skenario dan secara otomatis menerapkan parameter yang disesuaikan dengan pemandangan tersebut tanpa harus mengeditnya sendiri secara manual, bahkan seorang pemula pun dapat mengambil foto layaknya fotografer profesional. Terjemahan offline juga merupakan salah satu fitur penting AI lainnya, yang mana Honor View 10 dapat melakukan terjemahan bersifat real-time dalam bentuk paragraf untuk 50 bahasa yang berbeda dalam beberapa detik saja.

Memiliki ambisi untuk masuk dalam jajaran tiga besar merek ponsel pintar di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun kedepan dan menjadi ponsel pintar yang paling dicintai oleh konsumen Indonesia, Honor terus berinovasi dan memperkenalkan Honor 10, ponsel pintar AI generasi ketiga, yang minggu lalu diluncurkan di Indonesia. Melanjutkan keberhasilan pendahulunya, teknologi AI yang digunakan dalam Honor 10 menjadi lebih luas lagi. Teknologi AI dalam Honor 10 mampu menunjang fitur-fitur fotografi, menghadirkan beragam fungsi kepada para pengguna, seperti AI scene recognition, semantic image segmentation, high optical zooms, ultra-fast shutter speed, portrait mode, dan portrait Bokeh effect. Dengan semakin meningkatnya kemampuan fotografi di ponsel pintar ini, pengguna Honor 10 dapat menikmati pengalaman fotografi AI yang semakin beragam dan pengalaman fotografi profesional dalam genggamannya.

Baca Juga:  Huawei Nova 3i Resmi Mendarat di Indonesia. Berapa Harganya?

Lensa ganda 24MP+16MP yang disematkan pada Honor 10 dikembangkan dan didukung oleh prosesor Neural Processing Unit (NPU) dalam chipset Kirin 970, yang mana dapat mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori secara real-time. Teknologi ini mampu mengenali garis luar berbagai objek di sekitarnya, seperti langit, tanaman, manusia atau bahkan air terjun, dan mengidentifikasi lokasinya secara langsung. Fitur ini didukung oleh teknologi Semantic Image Segmentation yang pertama kali digunakan untuk industry ponsel pintar, yang memungkinkan Honor 10 untuk mengenali beberapa objek yang terdapat dalam satu gambar. Hal inilah yang membuat Honor 10 berbeda dari ponsel pintar lainnya. Fitur-fitur dalam Honor 10 yang menjadi pelopor di industr ponsel pintar ini menerapkan parameter khusus untuk setiap foto secara real-time ketika pengguna mengambil gambar, membuat setiap foto yang dipotret terlihat seperti foto profesional hanya dengan satu sentuhan jari saja. Di masa yang akan datang, ponsel pintar AI generasi selanjutnya milik Honor akan memberikan pengalaman AI yang lebih baik lagi.

Honor telah menjadi pelopor di industri ponsel pintar dan teknologi AI selama beberapa tahun dan telah memiliki fondasi yang kokoh tentang bagaimana ponsel pintar AI seharusnya bekerja di masa yang akan datang. Nantinya, ekosistem AI diharapkan dapat lebih terbuka dan luas, di mana para produsen ponsel pintar akan mempertimbangkan pemanfaatan kemampuan AI dalam memproses dan mempelajari, untuk melibatkan konsumen dengan cara yang lebih intuitif, yang memungkinkan mereka untuk merasakan pengalaman hidup yang lebih mudah berkat teknologi AI.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran Honor 10 di Indonesia, sejak 3 Agustus 2018, Honor juga menampilkan iklan digital luar ruangan (out-of-home advertising/OOH) yang ditayangkan secara live di layar LED Mall Taman Anggrek, yang merupakan layar LED terbesar di Asia.

Honor juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Honor Fans, untuk menciptakan gaya hidup generasi muda di Indonesia. Pada bulan Mei, Honor menghelat kompetisi bermain game yang melibatkan lebih dari 60 fans di Indonesia untuk merasakan kemampuan bermain game dengan menggunakan Honor 7X. Sebelum peluncuran Honor 10 minggu lalu, Honor Fans yang terpilih juga menjelajahi kota Jakarta, termasuk Monumen Nasional (Monas), untuk merasakan pengalaman fotografi AI dengan menggunakan Honor 10.

James Yang berjanji akan mempersembahkan lebih banyak kejutan untuk para penggemar Honor dan ia sangat optimis serta bersemangat untuk pertumbuhan dan ambisi Honor di pasar Indonesia. “Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, Honor berencana untuk menjadi satu dari tiga merek ponsel pintar terbesar di Indonesia,” ucap Yang. “Dengan memperkenalkan Honor 10, sebuah produk yang tak tertandingi dengan nilai yang tak terkalahkan, kami percaya bahwa kami dapat mencapai tujuan kami, serta menjadi salah satu merek ponsel pintar yang paling dicintai oleh konsumen Indonesia,” tutup Yang.

Continue Reading

Smartphone

Psst, Diam-Diam Xiaomi Buka Authorized Mi Store Baru di Lippo Karawaci!

Published

on

By

GwiGwi.com – Xiaomi biasanya “heboh” soal pembukaan Authorized Mi Store mereka di mall-mall di Indonesia. Namun kali ini, sepertinya Xiaomi mau kasih “kejutan” dengan membuka Authorized Mi Store disebuah lokasi yang sangat dekat dengan saya, yaitu di Supermall Karawaci, Tangerang.

Sejak dibukanya Authorized Mi Store di Summarecon Serpong, terkadang saya bertanya “Kok Xiaomi ga buka di Supermall Karawaci yang ada e-Centernya yah?” e-Center sendiri adalah salah satu lokasi pusat smartphone yang cukup besar (mungkin terbesar) di Tangerang, Banten, yang sangat aktif dalam soal jual-beli elektronik terutama smartphone disini. Namun, pertanyaan saya baru saja terjawab hari ini saat sedang berkunjung lalu melihat sebuah lambang oranye dan putih terbentang dengan sangat jelas di depan mata.

Ketika masuk, memang terlihat seperti Mi Authorized Store yang pernah saya hadiri sebelumnya seperti di RoxySummarecon Mall Serpong, dan juga di Gandaria City. Akan tetapi, jika dibandingkan, saya merasa bahwa toko ini aga “bingung”. Salah satu alasan adalah saya tidak melihat antrian Mi Fans yang biasanya mengular saat sebuah toko Xiaomi baru saja dibuka disebuah lokasi. Saya pun sempat berbincang dengan salah satu staff toko, dan terlontar sebuah pertanyaan “Mas, ini Official Store kan yah?” Sontak staff tersebut menyampaikan dengan halus, “Iya kok mas, saya aja dulu dari cabang Summarecon” dan lalu saya percaya kalau ini memanglah sebuah toko Xiaomi official sebagiamana mestinya.

Ketidakhadiran acara Grand Opening yang biasanya diramaikan dengan baju merah-orange lengkap dengan logo MI dan juga tanpa kehadiran Steven Shi selaku Country Manager Xiaomi di Indonesia, membuat toko ini sedikit kehilangan esensi dari nama Xiaomi itu sendiri. Namun hal ini bisa saja berubah. Mungkin Xiaomi saat ini sedang mempersiapkan Grand Opening bersamaan dengan akan hadirnya Mi A2 dan Mi A2 Lite ke Indonesia, atau mungkin ada bumbu rahasia yang masih sedang digodok matang oleh Xiaomi sendiri.

Baca Juga:  Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite Resmi Dirilis, Berapa Harganya?

Xiaomi tidak memberikan informasi tentang kehadiran toko ini melalui sosial medianya seperti biasanya. Terlebih lagi, diakui bahwa beberapa barang display belum hadir, namun dipastikan bahwa Authorized Mi Store di Lippo Karawaci ini adalah salah satu yang terbesar, dan juga akan memiliki stok yang lebih lengkap kedepannya. Nah bagi kalian Gwiples yang sangat menyukai merk ini, jangan ragu-ragu, langsung saja datang ke e-Center lantai dasar dipintu akses utama dari dalam mall, dan kalian akan bisa langsung menemukan Authorized Mi Store ini, mencicipi perangkat dan aksesoris Xiaomi yang tersedia, dan langsung khilaf tapi hati-hati yah.. jangan sampai kecanduan, hehe…

Gallery Xiaomi Authorized Mi Store Supermall Karawaci, Lippo Karawaci/Lippo Village, Tangerang, Banten.

Continue Reading

Smartphone

Review dan Hands On Honor 10 AI, Harga 7 Juta Kece Abis?

Published

on

By

GwiGwi.com – Honor 10 AI adalah perangkat yang dibawa oleh Honor ke Indonesia demi memenuhi kebetuhan masyarakat Indonesia yang ingin Smartphone canggih tapi tidak membuat bolong kantong dengan harga premium. Apakah harga 7 juta cukup “kece” untuk warna yang menarik dan juga sejumlah fitur AI baik secara software atau hardware? Tonton video hands on dan review dari acara launching Honor 10 di Jakarta tanggal 2 Agustus 2018 kemarin!

Continue Reading

Trending