Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Music

Interview Lia, Apabila Saya Tidak Mengangkat Telfon Saat Itu, Mungkin Saya Tidak Disini Sekarang

Published

on

GwiGwi.com – Lia adalah salah satu penyanyi ANISONG yang bisa dibilang cukup senior. Pengalaman yang dimilikinya benar-benar luar biasa, dan awal karirnya bermula karena sesuatu yang menarik. Kali ini Tim GwiGwi berkesempatan menginterview Lia di Festival terbesar di Asia Tenggara, Anime Festival Asia Singapore 2015! Yuk langsung disimak!

Maaf Anda Melihat Iklan

“It's recording already :D” – Lia

 Anda sudah aktif sebagai penyanyi selama 15 tahun. Bagaimana perasaan anda sejauh ini berhasil melanjutkan karir anda sebaik ini dan bisakah beri tahu tentang rencana anda di masa depan?

Sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa menyanyi selama ini. Saya benar-benar mengapresiasi semua dukungan dari fans di seluruh dunia,dan ini pertama kalinya saya ke Singapura, saya benar-benar senang untuk bisa berada disini dan berkesempatan untuk menyanyi di luar negri. Sebenarnya ini merupakan pertama kalinya saya bernyanyi di festival animasi di luar negri, kedepannya saya berharap untuk bisa berkesempatan untuk menyanyi di negara lain juga. Tolong undang saya yah dimanapun 😀

maxresdefault

 Sekarang anda banyak sekali menyanyikan lagu untuk Key Animation. Bagaimana perbedaannya menurut anda?

Perbedaannya yah, genrenya berbeda dan menurut saya suara saya lebih cocok untuk lagu di suatu animasi. Ini benar-benar sebuah tantangan untuk menyanyikan genre yang berbeda, dan saya sangat suka mencoba hal-hal baru, jadi saya tertarik untuk mencoba hal-hal yang lain sebanyak mungkin. Menurut saya ini menyenangkan.

 Anda sudah banyak berkolaborasi dengan Jun Maeda. Apa yang anda alami selama bekerja dengannya?

Pertama kali saya bertemu dia itu di Osaka di sebuah studio visual arts, dan dia merupakan orang yang benar-benar pendiam. Dengan rambutnya yang panjang, menutupi matanya, tinggi, seperti sebuah bayangan yang tinggi. Saya merekam lagu pertama bersamanya yang berjudul “Natsukage” / “Nostalgia“, dan saya bertanya “Bagaimana anda ingin saya menyanyikannya?” dia berkata “Mungkin seperti suara soprano, seperti anak laki-laki menyanyi” dengan suara yang pelan. Lalu saya membalas “oke … “. Komunikasinya sedikit sulit pada awalnya karena dia sedikit pemalu, namun sekarang dia mulai lebih mudah bergaul, dan menurut saya ini benar-benar luar biasa karena dia benar-benar berubah. Sekarang dia mulai berbicara kepada media, bahkan bernyanyi dan bermain gitar pada sebuah Live, jadi menurut saya itu benar-benar perubahan yang besar. Dia sudah berubah (kearah yang baik) karena dia sudah mulai terbuka pada dunia. Tapi dia benar-benar orang yang sangat baik.

ExB0dzt

 Apakah anda memiliki rencana untuk bekerja kembali dengan Jun Maeda di masa depan?

Well, ini tergantung dia (Jun Maeda) sih. Saya berharap dia punya sesuatu untuk saya lagi, dimana Charlotte, dia ingin saya menyanyikan Opening-nya benar-benar membuat saya terkejut karena saya benar-benar merasa terhormat karena diberikan kesempatan untuk menyanyi di projeknya lagi. Saya berharap dia akan mengajak saya lagi suatu saat di masa depan.

 Bagaimana perasaan anda saat anda diberitahu bahwa anda diikutsertakan dalam project Charlotte ini?

Saya benar-benar terkejut dan saya merasa benar-benar terhormat untuk bisa diikutsertakan. Sekarang banyak sekali artist yang bermunculan di Jepang. Saya merupakan salah satu “Generasi Tua” sekarang. Namun Maeda-san meminta saya untuk menyanyikan lagu di Charlotte ini dan saya sangat senang dan terkejut.

 Lagu manakah dari Key yang benar-benar memberikan kesan kepada anda?

Wah ini benar-benar sulit. Lagu pertama yang saya nyanyikan adalah “Tori no Uta” dan ini benar-benar sulit dalam proses rekamannya. Ini berlangsung di Los Angeles, California. Saya dulu tinggal di situ, dan disanalah saya mendapatkan telfon, apakah saya ingin bernyanyi untuk Key. Saat itu saya tidak tahu apa-apa tentang Key, namun saya bilang ya, lalu saya menyanyikan 3 lagu dalam 2 hari. Tori no Uta punya banyak sekali chorus seperti harmoni dan lainnya, jadi saya harus menyanyikannya berkali-kali dan saya hampir menangis karena saya berpikir “Saya tidak bisa melakukannya lagi”. Namun karena bantuan dari staff dan yang lainnya, saya berhasil menyelesaikannya. Saya benar-benar tidak membayangkan bahwa saya bisa sepopuler ini. Sekarang orang-orang di dunia mengenal Tori no Uta, dan Lia sebagai penyanyinya. Saya benar-benar bersyukur saya melakukan rekaman itu dan saya tidak akan berada disini tanpa kejadian itu. Jadi Tori no Uta adalah lagu yang paling mengejutkan untuk saya.

 Sekarang anda sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak perempuan. Bagaimana anda mengatur antara pekerjaan dan keluarga?

Ini benar-benar sulit. Saya sekarang memiliki 2 anak, 1 berusia 5 tahun (anak perempuan) dan 1 lagi berusia 2 tahun (anak laki-laki). Yang berusia laki-laki benar-benar “gila (crazy)” seperti monster kecil. Memang sulit mengatur keduanya disaat yang bersamaan, jadi saya mencoba untuk berkonsentrasi 1 per 1. Saat ini, saya hanya berfokus pada menyanyi (untuk AFASG) jadi sekarang saya adalah Lia, dan saat saya dirumah saya adalah “Mommy“, saya merasa seperti orang yang berbeda. Saya minta maaf pada anak-anak saya (hehe..) tapi saat ini saya melupakan keadaan menjadi seorang ibu, karena kalau tidak semuanya bisa “kacau”. Sulit untuk melakukannya bersamaan, jadi saat ini saya sedang menukar pikiran saya (switched my mind).

Baca Juga:  Matsuda Rina akan menjadi Kapten Baru Sakurazaka46

 Apa yang mendorong anda untuk menjadi seorang artist?

Memiliki fans, bertemu fans, selalu menginspirasi saya, karena ternyata banyak orang diluar disana yang mau mendengarkan lagu saya dan jika tidak ada satupun, mungkin saya berpikir saya hanya bernyanyi untuk senang-senang saja. Namun karena ada fans yang menyukai lagu saya, itu membuat saya ingin untuk tetap bernyanyi.

featured_Lia

 

 Seperti yang anda bilang sebelumnya, anda suka mencoba banyak hal, dan saat ini sudah bekerja untuk banyak produksi anime. Apakah aspek yang paling penting dari sebuah theme song?

Animasi memiliki cerita yang menarik. Saat menyanyi yang saya pikirkan adalah semoga saya tidak mendorong diri saya kedalam musik. Saya mendengarkan apa kata produsernya, penulisnya terhadap musik itu dan saya akan berusaha menyesuaikan untuk musiknya. Mencoba membuat lagu itu “Lia banget” namun juga saya memberikan effort sebesar mungkin agar sesuai dengan dunia anime itu sendiri (contohnya maeda saya sebut “Maeda World” karena dia seperti memiliki dunianya sendiri) sehingga saya ingin membuatnya seperti sebuah lukisan dimana produser awalnya membuat dalam hitam putih, lalu saya beri warna melalui suara saya. Jadi inilah effort yang saya berikan sebaik mungkin.

 Anda juga sudah memberikan suara anda kepada sebuah vocaloid yaitu IA. Apa yang menginspirasi anda untuk melakukan itu dan apakah pendapat anda tentang Vocaloid?

Awalnya, Presiden dari perusahaan manajemen saya (dia merupakan manager pertama saya), menawarkan saya setelah saya memilki anak pertama saya, apakah saya mau membuat sebuah vocaloid setelah dirinya mengetahui tentang keberadaan vocaloid. Lalu saya jawab tidak. Saya tidak ingin ada yang “seperti saya” karena saya disini. Lalu dia berkata “Ya, sekarang kan kamu sudah punya anak, dan mungkin ingin istirahat kan?” dalam sekejap saya membalas “Ya!“. Dia menyinggung bahwa “Mungkin vocaloid bisa membantu kamu, karena saat kau tidak bekerja, dia (IA) bisa bekerja untukmu“. Kemudian saya berpikir mungkin itu ide yang bagus. Inilah awal sebenarnya dari IA. Sekarang, ini benar-benar berhasil. IA berada diluar sana bekerja, lalu saya dirumah, masak dan segalanya. Sekarangorang mengenal IA, namun banyak juga yang tidak tahu bahwa itu adalah suara saya, sehingga saya harus memberitahu mereka bahwa itu suara saya. Jadi, awalnya untuk saya cukup menakutkan untuk memiliki sebuah vocaloid karena mungkin dia bisa lebih populer daripada saya, mungkin orang akan melupakan saya. Namun saya sekarang menyadari bahwa ada keseimbangan antara kami berdua. Dan saya diberikan dukungan dari presiden saya bahwa “Tidak akan ada yang bisa mengalahkan Lia yang sesungguhnya” jadi saya mempercayai kata-katanya sehingga terlahirlah vocaloid ini. Semoga orang mencintai saya dan juga mencintai vocaloid (IA).

img10850

 Apakah ada lagu dari IA yang anda favoritkan?

Tahun ini IA mengadakan konser di Jepang, dan dia menyanyikan lagu baru berjudul “Diamond Days“, saat saya mendengarkannya, saya mengakui bahwa itu benar-benar lagu yang bagus. Saya berpikir mungkin saya akan meng-cover lagu IA ini.

 Bisakah ceritakan masa anda di Los Angeles dan apakah ada moment yang tak terlupakan?

Saya bersekolah di Boston, dan saya lulus dari major dalam performanceprofesional music, dan saat itu juga saya pindah ke Los Angeles. Karena saya memiliki ijin visa selama 1 tahun, saya ingin mencoba sesuatu yang berbeda disana dan disitu saya merekam demo saya. Menulis, merekam dan segalanya di sebuah studio. Studio itu modelnya home studio yang dimiliki oleh seorang teman saya dari sekolah. Kemudian saya ditelfon oleh Key dimana mereka ingin menyewa studionya, bukan saya (hehe..), dan kemudian saya menerjemahkannya karena pemiliknya bukan orang Jepang, dan Key tidak berbicara bahasa Inggris, namun mereka ingin membawa penyanyi dari Jepang dan merekam di studio. Tapi itu dibatalkan, jadi mereka bertanya kepada saya apakah saya bisa bernyanyi untuk kami. Lalu saya membalas “Tapi kalian belum mendengarkan saya bernyanyi“. Mereka (Key) belum pernah mendengarkan saya menyanyi sebelumnya dan kemudian saya berpikir mungkin mereka kurang profesional karena menanyakan saya yang bahkan mereka belum pernah dengar. Saya mengirimkan rekaman yang saya lakukan di studio saat itu, kemudian mereka menyukainya, jadi itulah awal dari pekerjaan saya sekarang.

DSC01146

Sebenarnya ini adalah sebuah kejadian tak terduga saat saya mengangkat telfon. Saya tidak pernah berpikir bahwa itu yang akan mengarahkan saya ke sekarang ini, seperti Tori no Uta yang benar-benar sukses. Salah satu sepupu saya mengetahui Tori no Uta, dan ia terkejut saat diberitahukan bahwa itu saya. Saya berfikir mungkin saya cukup terkenal haha.. Jadi yah, itulah yang membuat saya sekarang.

Pembawaan Lia saat di interview benar-benar menyenangkan. Dengan senyuman dan tawanya yang cukup lepas, membuat suasana interview pun tidak tegang. Hal yang mengejutkan bagi kita kayanya adalah suatu kejadian yang tidak disengaja bisa membuat Lia sesukses ini loh Gwiple! Sukses selalu yah Lia!

See you on next interview!

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

48G Corner by KSK48

Motomura Aoi mengumumkan Kelulusan dari HKT48

Published

on

GwiGwi.com – Anggota pendiri HKT48, Motomura Aoi mengumumkan kelulusannya dari grup pada 26 November 2022 pada konser “HKT48 11th Anniversary LIVE 2022” di Fukuoka Civic Hall.

Maaf Anda Melihat Iklan

Dia akan lulus dari grup pada musim panas 2023. Setelah Shimono Yuki yang mengumumkan kelulusannya pada akhir September 2022, anggota terakhir HKT48 Generasi 1 akan lulus dari grup.

AKB48i

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Music

INTO1 SANTA melanjutkan kesuksesannya di Tiongkok dengan menulis lagu baru yang ambisius berjudul ‘I’m from…’

Published

on

GwiGwi.com – Mengikuti popularitasnya yang melonjak berkat acara sangat hit di Tiongkok ‘CHUANG2021’ dimana ia membentuk boyband INTO1, artis dari Jepang INTO1 SANTA telah merilis single baru ‘I’m from…’ pada 25 November.

Maaf Anda Melihat Iklan

Konsep lagu ini dipilih sendiri oleh INTO1 SANTA dan menampilkan lirik autobiografi yang menceritakan kisahnya. Diatur dengan melodi mengalir yang indah dan berdasarkan pengalaman hidup INTO1 SANTA sendiri sejauh ini, liriknya mengungkapkan pentingnya dia mengejar mimpinya, sambil menunjukkan rasa terima kasih kepada keluarga, teman, dan penggemar yang telah mendukungnya selama ini.

Komentar dari INTO1 SANTA

“Lagu ini menceritakan kisahku. Seperti yang tertulis di judulnya “I'm from…” (Aku dari…), lagu ini didasarkan dari pengalamanku di masa lalu. Pengalaman-pengalaman ini hanya dapat dicapai dengan dukungan keluarga, teman-teman, dan kalian. Mereka semua telah memungkinkan saya untuk menjadi diri saya saat ini – serta mencintai diri saya sendiri.”

“Aku harap kalian juga dapat terus melakukan apa yang kalian sukai. Jika kalian bekerja keras untuk mencapai impian kalian, upaya kalian akan dihargai dengan cara tak terduga yang tak terhitung jumlahnya. Dan saat kalian mengejar impian kalian, jangan pernah lupa untuk merawat dan menghargai keluarga dan teman di sekitar kalian”

 “Aku harap kalian bisa menikmati lagu ini.”

​​Foto sampul diambil khusus untuk perilisan single ini, dan ini memiliki hubungan dengan liriknya, mengabadikan INTO1 SANTA di depan dinding yang dipenuhi pesan grafiti dan foto yang mengekspresikan “masa lalu, masa depan, dan masa kini” miliknya.

Baca Juga:  Aimyon akan mengadakan tur nasional musim semi mendatang

INFORMASI RILIS

INTO1 SANTA

Single Baru ‘I’m from…’

Dirilis 25 November 2022

Link Streaming dan Download:  https://avex.lnk.to/INTO1SANTAIAmFrom

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Music

PSYCHIC FEVER dari EXILE TRIBE Menangkan Next Generation Global Awards di KPOP Genie Music Awards 2022

Published

on

GwiGwi.com – PSYCHIC FEVER dari EXILE TRIBE, grup penampilan vokal beranggotakan 7 orang, telah memenangkan penghargaan ‘Next Generation Global’ di antara artis K-Pop lainnya yang telah memukau dunia tahun ini di 2022 GENIE MUSIC AWARDS (GMA). Upacara tersebut diselenggarakan oleh platform musik utama Korea GENIE MUSIC.

Maaf Anda Melihat Iklan

“GMA” adalah upacara penghargaan K-pop yang diselenggarakan oleh GENIE MUSIC, platform musik utama Korea. Ada beberapa kategori penghargaan, dan setiap penghargaan ditentukan oleh streaming lagu, penilaian oleh para ahli, dan voting penggemar.

The Next Generation Global Award, yang baru saja diterima oleh PSYCHIC FEVER, diberikan kepada artis yang memimpin tren dan diharapkan menjadi artis paling menjanjikan berikutnya – musisi yang menarik perhatian signifikan baik di dalam negeri maupun internasional. Video pertunjukan di upacara penghargaan sekarang tersedia di saluran YouTube resmi PSYCHIC FEVER.'

Baca Juga:  Single Terakhir Saito Asuka Sebagai Anggota Senbatsu Nogizaka46 Terungkap

PSYCHIC FEVER bersama dengan BALLISTIK BOYZ dari EXILE TRIBE baru-baru ini memindahkan basis aktivitas mereka ke Thailand pada bulan September, dan bekerja sama dengan rapper dan produser musik terkemuka Thailand, F.HERO, pemimpin dalam industri musik Thailand. Kedua grup tersebut dijadwalkan tampil di Big Mountain Music Festival 12, salah satu festival musik terbesar di Asia Tenggara pada Desember ini.

Selain itu, masa tinggal grup di Thailand telah dikembangkan menjadi serial realitas YouTube baru, ‘New School Breakin'. Serial ini mendokumentasikan para anggota PSYCHIC FEVER dan BALLISTIK BOYZ dari EXILE TRIBE menghadapi tantangan sehari-hari di Thailand, dan belajar lebih banyak tentang budaya Thailand, dengan misi untuk memenangkan hati penggemar Thailand dan bekerja sama dengan produser musik industri T-POP .

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x