Connect with us

Music

Idol Jepang Akan Merubah Bisnis Hiburan Dunia

Published

on

GwiGwi.comAKB48, Momoiro Clover Z, EXILE, Morning Musume. 15, SUPER☆GiRLS, Kanjani∞, Arashi, Perfume, dan masih banyak lainnya adalah contoh beberapa Idol Group yang ada di Jepang. Tentunya selain mereka yang namanya sudah terkenal di Jepang, masih banyak idol group lain yang masih “kecil” dan beberapa berstatus idol group lokal. Perkembangan idol group yang sangat pesat di Jepang tentunya sangat menambah warna dalam dunia hiburan di Jepang. Disana kabarnya hampir tiap tahun selalu muncul idol group baru. Karena hal tersebut maka tidak kaget bila saat ini dunia hiburan Jepang hampir di dominasi oleh idol group. Dominasi inilah yang akhirnya nanti mampu merubah industri hiburan di Jepang. Bagaimana tidak, saat ini disetiap acara musik di Jepang, hampir pasti selalu ada idol grup yang ikut tampil.

IGNITION, sebuah media publikasi digital menulis kekuatan dan kemampuan para idol grup dari Jepang, khususnya AKB48. Diartikel tersebut mereka menulis tentang kekuatan idol grup tersebut yang akan merubah industri hiburan di dunia. Dan berikut adalah artikel tersebut

Siapa Idolmu?Apa itu Japanese Idol?

Siapa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata “idol”?Justin Bieber?One Direction? Tidak perlu diragukan lagi, bahwa mereka selalu tampil dengan luar bisaa, mempunyai fans yang tersebar di seluruh dunia, dan beberapa cerita sukses lainnya. Tetapi, ketika di Jepang, ketika masyarakat Jepang mendengar kata Idol maka AKB48 lah yang ada dibenak mereka saat ini.

Advertisements

AKB48 ©AKS

Pertanyaan berikutnya, apa yang akan orang orang dari negara lain katakan ketika mereka pertama kali tahu tentang AKB48?

“Mengapa anggotanya begitu banyak? Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu”

“Mereka menggunakan (pakaian) yang sama, jadi saya tidak bisa membedakan mereka”

“Dalam music video mereka, mereka terlhat sangat muda, dan bahkan hamper bisa menari dan menyanyi”

Sebenarnya, ketika pertama kali AKB48 tampil, banyak masyarakat Jepang yang berpikiran sama, dan tidak ada satunpun mereka membayangkan bahwa mereka akan sukses. Tetapi sekarang, ketika grup musik paling popular hanya mampu menjual sekitar 100.000 keping CD mereka, AKB mampu menjual CD mereka secara konstan diatas 1 juta keping.

Baca Juga:  Daftar Peserta Diumumkan Untuk "Kompetisi Menyanyi No. 1 Grup AKB48" Ke-3

Pada chart penjualan CD pada tahun 2013, AKB48 dan sister grupnya berhasil menempati posisi 7 besar. Jika kita hanya menghitung hasil penjualan dari AKB48 saja, mereka telah menjual CD lebih dari 79 Juta Dollar, 53 Juta Dollar DVD dan Blu-ray disc, dan mereka juag berhasil menjual habis tiket konser mereka di sebuah venue terbesar di Jepang dengan kapasitas sekitar 70.000 orang.

Semenjak kesuksesan AKB48. Idol grup wanita di Jepang meningkat secara pesat. Hingga saat ini jumlahnya hampir mencapai 1.000 grup. Idol group, baik wanita maupun pria pangsa pasarnya telah berkembang mencapai 800 Juta Dollar dengan nilai pertumpuhan rata-rata 10%. Pada dasarnya, dengan adanya idol group tersebut, industri hiburan di Jepang, mau tidak mau harus mengikuti tren tersebut.

Perkiraan pergerakan pangsa pasar idol ($1 = 100yen)

Merosotnya perekomonian dunia, dan adanya model bisnis baru yang bebas menyebabkan bisnis musik dan hiburan juga ikut merosot. Hanya beberapa dari mereka yang mampu untuk bertahan, dan bagi yang mengalami kesulitan mencoba untuk menemukan talenta baru untuk diorbitkan.

Jepang juga mengalami permasalahan yang sama. Merosotnya kondisi ekonomi yang berkepanjangan, adanya perdagangan bebas sangat tidak menguntungkan. Bagaimanpun, karena adanya begitu banyak idol group, industri hiburan di Jepang mampu menghindari keterpurakan tersebut.

Orang-orang diseluruh dunia harus melihat hal tersebut dan bertanya-tanya “Apa yang sebenarnya terjadi di Jepang?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan fokus pada idol group wanita, membedah cara bisnis mereka, dan mengungkap bagaimana mereka mampu untuk merubah industri hiburan di Jepang. Saya rasa hal ini akan menjadi petunjuk yang bagus bagi industri hiburan di dunia untuk menemukan kesuksesannya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana idol merubah industri hiburan, saya telah menyusun beberapa rekomendasi lagu idol dalam bentuk playlist di Youtube yang akan saya jelaskan lebih detail nanti.

Sekarang silahkan duduk, dan  nikmati dengan santai beberapa lagu idol Jepang dibawah ini. Hal ini sangat membantu kalian dalam memahami isi artikel ini.

Advertisements

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

48G Corner by KSK48

Lihat Matsui Rena Di Majalah Traveling TABIIRO vol. 140

Published

on

By

GwiGwi.com – Majalah perjalanan Jepang TABIIRO vol. 140 sudah keluar, yang menampilkan catatan perjalanan dan wawancara Matsui Rena's Lake Kawaguchiko (di Prefektur Yamanashi). Silakan kunjungi situs web resmi: https://tabiiro.jp/monthly/202010/

Video terkait:

.

Sumber

Advertisements
Advertisements
Continue Reading

Music

King Gnu Menyanyikan Lagu Tema Drama ’35 -sai no Shoujo’

Published

on

By

GwiGwi.com – King Gnu akan bertanggung jawab atas lagu tema untuk drama NTV 35-sai no Shoujo, yang tayang perdana pada 10 Oktober.

Drama ini berfokus pada seorang wanita bernama ‘Imamura Nozomi' (Shibasaki Kou), yang bangun dari koma setelah 25 tahun. Meskipun dia berusia 35 tahun, dia masih bertingkah seperti dia berumur sepuluh tahun.

Untuk drama tersebut, King Gnu menulis lagu baru berjudul “Sanmon Shosetsu.”Setelah membaca naskahnya, Tsuneta Daiki (Vo, G) bertemu dan mendiskusikannya dengan penulis naskah Yukawa Kazuhiko dan produser Ohira Futoshi beberapa kali untuk menghasilkan lagu. Kalian akan bisa mendengar “Sanmon Shosetsu” untuk pertama kalinya saat drama ini menayangkan episode pertamanya pada 10 Oktober.

Baca Juga:  Wow Begini Penampilan Seksi Eks-AKB48 Mariya Suzuki Untuk Photobook Pertamanya

Sumber: (1)

Advertisements
Continue Reading

Music

Miura Daichi Akan Merilis Single Ke-27, ‘Antelope’

Published

on

By

GwiGwi.com – Miura Daichi akan merilis single barunya “Antelop” pada 11 November.

Single ke-27 Miura akan menyertakan lagu utama, “Yours,” yang dirilis secara digital pada bulan Juni, dan satu lagu lagi. Ini akan tersedia untuk pembelian dalam tiga jenis: CD-Only, CD + DVD, dan CD + Blu-ray. DVD dan Blu-ray akan berisi video musik untuk “Antelope” serta “Video koreografi” untuk “Yours.”

[Antelope]

CD

  • Antelope
  • Yours

Total 3 lagu

DVD / Blu-ray

  • Antelope -Music Video-
  • Yours -Choreo Video-
Baca Juga:  HYDE Rilis OP Anime 'NOBLESSE' Yang Dinyanyikan oleh Jaejoong

Sumber: (1)

Advertisements
Continue Reading

Trending