Connect with us

Music

Idol Jepang Akan Merubah Bisnis Hiburan Dunia

Published

on

GwiGwi.comAKB48, Momoiro Clover Z, EXILE, Morning Musume. 15, SUPER☆GiRLS, Kanjani∞, Arashi, Perfume, dan masih banyak lainnya adalah contoh beberapa Idol Group yang ada di Jepang. Tentunya selain mereka yang namanya sudah terkenal di Jepang, masih banyak idol group lain yang masih “kecil” dan beberapa berstatus idol group lokal. Perkembangan idol group yang sangat pesat di Jepang tentunya sangat menambah warna dalam dunia hiburan di Jepang. Disana kabarnya hampir tiap tahun selalu muncul idol group baru. Karena hal tersebut maka tidak kaget bila saat ini dunia hiburan Jepang hampir di dominasi oleh idol group. Dominasi inilah yang akhirnya nanti mampu merubah industri hiburan di Jepang. Bagaimana tidak, saat ini disetiap acara musik di Jepang, hampir pasti selalu ada idol grup yang ikut tampil.

IGNITION, sebuah media publikasi digital menulis kekuatan dan kemampuan para idol grup dari Jepang, khususnya AKB48. Diartikel tersebut mereka menulis tentang kekuatan idol grup tersebut yang akan merubah industri hiburan di dunia. Dan berikut adalah artikel tersebut

Siapa Idolmu?Apa itu Japanese Idol?

Siapa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata “idol”?Justin Bieber?One Direction? Tidak perlu diragukan lagi, bahwa mereka selalu tampil dengan luar bisaa, mempunyai fans yang tersebar di seluruh dunia, dan beberapa cerita sukses lainnya. Tetapi, ketika di Jepang, ketika masyarakat Jepang mendengar kata Idol maka AKB48 lah yang ada dibenak mereka saat ini.

AKB48 ©AKS

Pertanyaan berikutnya, apa yang akan orang orang dari negara lain katakan ketika mereka pertama kali tahu tentang AKB48?

“Mengapa anggotanya begitu banyak? Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu”

“Mereka menggunakan (pakaian) yang sama, jadi saya tidak bisa membedakan mereka”

“Dalam music video mereka, mereka terlhat sangat muda, dan bahkan hamper bisa menari dan menyanyi”

Sebenarnya, ketika pertama kali AKB48 tampil, banyak masyarakat Jepang yang berpikiran sama, dan tidak ada satunpun mereka membayangkan bahwa mereka akan sukses. Tetapi sekarang, ketika grup musik paling popular hanya mampu menjual sekitar 100.000 keping CD mereka, AKB mampu menjual CD mereka secara konstan diatas 1 juta keping.

Baca Juga:  Iriyama Anna Umumkan Kelulusan Pada Bulan Maret 2022

Pada chart penjualan CD pada tahun 2013, AKB48 dan sister grupnya berhasil menempati posisi 7 besar. Jika kita hanya menghitung hasil penjualan dari AKB48 saja, mereka telah menjual CD lebih dari 79 Juta Dollar, 53 Juta Dollar DVD dan Blu-ray disc, dan mereka juag berhasil menjual habis tiket konser mereka di sebuah venue terbesar di Jepang dengan kapasitas sekitar 70.000 orang.

Semenjak kesuksesan AKB48. Idol grup wanita di Jepang meningkat secara pesat. Hingga saat ini jumlahnya hampir mencapai 1.000 grup. Idol group, baik wanita maupun pria pangsa pasarnya telah berkembang mencapai 800 Juta Dollar dengan nilai pertumpuhan rata-rata 10%. Pada dasarnya, dengan adanya idol group tersebut, industri hiburan di Jepang, mau tidak mau harus mengikuti tren tersebut.

Perkiraan pergerakan pangsa pasar idol ($1 = 100yen)

Merosotnya perekomonian dunia, dan adanya model bisnis baru yang bebas menyebabkan bisnis musik dan hiburan juga ikut merosot. Hanya beberapa dari mereka yang mampu untuk bertahan, dan bagi yang mengalami kesulitan mencoba untuk menemukan talenta baru untuk diorbitkan.

Jepang juga mengalami permasalahan yang sama. Merosotnya kondisi ekonomi yang berkepanjangan, adanya perdagangan bebas sangat tidak menguntungkan. Bagaimanpun, karena adanya begitu banyak idol group, industri hiburan di Jepang mampu menghindari keterpurakan tersebut.

Orang-orang diseluruh dunia harus melihat hal tersebut dan bertanya-tanya “Apa yang sebenarnya terjadi di Jepang?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan fokus pada idol group wanita, membedah cara bisnis mereka, dan mengungkap bagaimana mereka mampu untuk merubah industri hiburan di Jepang. Saya rasa hal ini akan menjadi petunjuk yang bagus bagi industri hiburan di dunia untuk menemukan kesuksesannya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana idol merubah industri hiburan, saya telah menyusun beberapa rekomendasi lagu idol dalam bentuk playlist di Youtube yang akan saya jelaskan lebih detail nanti.

Sekarang silahkan duduk, dan  nikmati dengan santai beberapa lagu idol Jepang dibawah ini. Hal ini sangat membantu kalian dalam memahami isi artikel ini.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Music

FEMM mengumumkan album baru yang mengejutkan, ‘Tokyo Ex Machina’!

Published

on

GwiGwi.com – Duo manekin FEMM yang terkenal dengan lagu mereka ‘Fxxk Boyz Get Money', yang dengan cepat membuat mereka mendapatkan basis penggemar di Amerika Serikat, Eropa dan seluruh dunia. Album debut mereka ‘Femm-Isation' mencapai Top 10 di chart Album Dunia Billboard di Amerika dan dipilih sebagai Album Indie Terbaik di toko HMV di Inggris.

Album terbaru mereka ‘Tokyo Girls Anthem' dirilis bulan lalu, pada Desember 2021, dikemas dengan berbagai macam lagu rap yang dibuat bekerja sama dengan produser hip-hop yang aktif secara global seperti Boys Noize dan Star Boy. Sekarang, FEMM telah membuat pengumuman mengejutkan bahwa mereka merilis album ketiga mereka ‘Tokyo Ex Machina'.

Video musik untuk lagu baru ‘We Got Each Other' juga baru saja dirilis.

‘We Got Each Other’ music video:

 

Album baru ini juga menampilkan pilihan kolaborator bintang dari Eropa, AS, dan Asia: Jenna Andrews, yang mengerjakan lagu sukses BTS ‘Butter'; John Ryan serta ikut mengerjakan banyak lagu dengan One Direction, Maroon 5 dan Rita Ora; Kolaborator Doja Cat Kool Kojak; Danny L Harle, yang merupakan kohort Charli XCX dan Rina Sawayama; dan Woo Min Lee, yang telah mengerjakan beberapa lagu untuk TWICE.

Artwork album dibuat oleh Liam Wong, yang masuk dalam daftar ‘30 Under 30’ Forbes dan yang sebelumnya membuat video musik dan foto jaket untuk single FEMM ‘Tic Toc’. Foto berjudul ‘Neo Tokyo', mengingatkan getaran cyberpunk klasik dari ‘AKIRA' dan ‘Blade Runner' akan menarik perhatian para penggemar karya konsep artis Syd Mead.

Baca Juga:  Nakayama Kinni-kun mengcover lagu ‘Muscles Please!’, yang berkolaborasi dengan Singing Cosplayer Hikari

Lagu pembuka album, ‘We Got Each Other', menggabungkan suara punk tahun 1990-an yang sangat populer tahun lalu di Amerika Serikat dan Eropa. Lirik yang manis tapi  sedih di mana kedua penyanyi saling menghibur karena patah hati turut menyampaikan pesan yang emosional, mengingatkan pada gerakan girls rock yang terjadi di tahun 90-an dan '00-an.

Disutradarai oleh Julie Giesen, video tersebut berani tampil girly, dan dimulai dengan dua anggota FEMM mendarat di distrik Shibuya Tokyo. Saat manekin disikat oleh gelombang sihir animasi, penampilan mereka berubah menjadi sesuatu yang belum pernah kita lihat dari FEMM sebelumnya. Saat mereka mengunjungi arcade dan arena bowling, para anggota – yang dikenal dengan sikap dingin mereka – benar-benar tersenyum! Apakah mereka sedang bermimpi, atau apakah mereka telah dibawa ke dunia fantasi?

Dalam waktu dekat, video musik untuk lagu ‘Outta The Clouds' dan ‘Crystal Ball' akan menyusul, serta video untuk ‘Crawl Away', lagu yang menyatukan kembali FEMM dengan produser ‘Fxxk Boyz Get Money' mereka Pat Lukens, dan video untuk lagu populer ‘Falling For A Lullaby'. Nantikan setiap pengumuman baru yang datang.

FEMM telah menarik perhatian dari banyak media global, dan video mereka telah mendapat pujian dari musisi Venezuela Arca yang memuji avatar dalam video sebelumnya yang dibuat dengan kolaborator visual Aphex Twin Weirdcore. Saat dunia menghadapi pandemi yang sedang berlangsung, FEMM menyiarkan Japonisme abad ke-21 mereka ke seluruh dunia.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Music

Nakayama Kinni-kun & Singing Cosplayer Hikari Rilis Video musik lagu cover ‘Muscles Please!’ dari anime “How Heavy Are the Dumbbells You Lift?”

Published

on

GwiGwi.com – Komedian dan binaragawan Jepang Nakayama Kinni-kun telah merilis musik dan video cover lagu ‘Muscles Please!' di seluruh dunia pada tanggal 26 Januari. Dia membuat video cover lagu ini sebagai kolaborasi dengan penyanyi cover, Singing Cosplayer Hikari, yang aktif di internasional.

Tautan ke layanan streaming musik: https://lnk.to/musclesplease_cover

Nakayama Kinni-kun dikenal sebagai Youtuber populer yang memiliki lebih dari 1,4 juta subscriber di saluran YouTube-nya yang disebut, “The Kinniku TV【The Muscle TV】”.

Singing Cosplayer Hikari juga terkenal dengan aktivitasnya sebagai YouTuber yang telah merilis aktivitasnya ke dunia. Dia telah merilis 25 lagu cover secara total dan lagu-lagunya telah dilihat lebih dari 8,1 juta kali. Lagu cover ‘Yume To Hazakura' menduduki peringkat No.1 di tangga lagu J-POP di 14 negara.

Dalam video musik dari lagu cover “Muscles Please!” mereka menunjukkan latihan otot pasangan dan menari dengan lucu dan video musik ini telah dirilis di kedua saluran YouTube mereka.

Lagu asli ‘Muscles Please!’ adalah lagu tema pembuka dari anime TV “How Heavy Are the Dumbbells You Lift?”. Lagu anime ini sangat populer baik di dalam maupun di luar Jepang dan telah dilihat lebih dari 240 juta kali di YouTube.

Baca Juga:  Shinozaki Ayana akb48 bergabung dengan Agensi OMG

Video musik yang merupakan kolaborasi antara Nakayama Kinni-kun dan Singing Cosplayer Hikari ini tayang setiap hari Sabtu sebagai lagu penutup dari program TV “Doyou wa nani suru?” sampai akhir Maret.

Acara TV nasional ini, “Doyou wa nani suru?” ada di Kansai Telecasting dan Fuji Television Network dari 08:30 hingga 09:55 (Waktu Jepang).

Lagu ini juga disiarkan melalui program radio toko FamilyMart yang disebut “Mix Fam with your voice”, dari pukul 23:00 hingga 04:59 hingga akhir Januari. Family Mart adalah rantai waralaba toko serba ada Jepang dan memiliki 16.000 toko di Jepang.

Dengan kemunculan mereka di media, lagu cover mereka semakin diminati dan jumlah orang yang melihat mereka berdua menari bersama untuk latihan di TikTok, dan di YouTube Shorts mereka berdua, telah meningkat. Ngomong-ngomong, Singing Cosplayer Hikari sendiri yang menciptakan koreografinya. Tarian lucu mereka telah mendapatkan perhatian.

 

Versi lengkap dari video musik ‘Muscles Please!’ telah dirilis sebagai lagu dan video pada tanggal 26 Januari yang telah dinantikan oleh para penggemar Nakayama Kinni-kun dan Singing Cosplayer Hikari. Silakan periksa!

Coba juga tiru tarian mereka dengan lagu cover mereka ‘Muscles Please!' di TikTok!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Music

Yasuda Kana mengumumkan kelulusannya dari AKB48

Published

on

By

GwiGwi.com – Yasuda Kana telah mengumumkan kelulusannya dari AKB48.

Anggota generasi ke-16 itu menjelaskan, “Saya minta maaf karena mengejutkan Anda dengan pengumuman mendadak ini. Saya telah menemukan sesuatu yang baru yang ingin saya coba dan merasa kuat untuk bekerja keras ke arah itu, jadi saya telah memutuskan untuk lulus.” Dia berteriak kepada para penggemarnya, “Terima kasih banyak telah menemukan saya dan mendukung saya!

Yasuda dijadwalkan lulus pada pertengahan Maret.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x