Connect with us

Event

HelloFest, Wahana penuh imajinasi dari beragam komunitas kreatif lokal

Published

on

GwiGwi.com – Berbagai event pop culture memang sedang menjamur di Indonesia, namun yang bisa bertahan sampai bertahun – tahun masih bisa dihitung dengan jari, diantaranya adalah HelloFest Anima Expo yang sudah dilaksanakan dalam satu dekade.

Militansi dan antusias dari kreator muda untuk terlibat di HelloFest terus meningkat. Terbukti dari jumlah kreasi yang masuk dalam kompetisi film pendeknya mencapai 1000 karya lebih. Selain itu HelloFest menciptakan istilah KostuMasa yang artinya massa berkostum. Sebuah kategori bagi pecinta cosplay atau pengguna pakaian imajinatif. Tahun ini jumlah pendaftar sudah mencapai batas maksimal yaitu 2000 orang dalam waktu 1 bulan. Tidak hanya dari Jakarta saja yang terlibat, namun KostuMasa dari Gresik, Tasikmalaya, Malang, Tegal, Lampung, hingga Pontianak antusias untuk hadir. “Kami sangat senang dengan respon besar para cosplayer namun kita terpaksa harus menutup pendaftaran lebih awal untuk quota kompetisi KostuMasa karena keterbatasan durasi panggung yang tersedia” ujar Arie Octaviani, festival director dari HelloFest.

hellofest-day-1-gwigwi-1

Wahyu Aditya, sebagai Founder & Chairman HelloFest & Aki Isoyama, seorang produser film asal Jepang pada konferensi pers Hellofest 10 Hari Pertama

 

Pamor HelloFest yang tinggi di kalangan anak muda pecinta film membuat banyak produser ingin terlibat menyemarakan acara ini. Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai produser film akan mengusung semua bintang utama seperti Nicholas Saputra, Reza Rahardian hingga Eva Celia menggunakan kostum dari besutan film terbaru mereka, Pendekar Tongkat Emas. Penonton dapat menyaksikan presentasi spesial mereka dengan merilis trailer terbaru dan salah satu adegan film yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di event manapun.

Maraknya fenomena Youtube artist di Indonesia akibat perkembangan teknologi juga tidak luput dari rangkaian program event ini. HelloFest mengundang beragam Youtubers lokal untuk menjadikan ajang ini tempat memperkenalkan channel Youtube mereka dan sebagai momen untuk merilis video terbaru yang belum pernah tayang di internet. Beberapa Youtubers yang akan tampil antara lain Bayu Skak, SOS Project, Outwit. Inc, Edho Zell, Ashila, Natasha Farani, Eka Gustiwana hingga Last Child. Selain menampilkan video terbaru, beberapa diantaranya akan melakukan “performance” sesuai keahliannya, dari bermusik hingga sit down comedy.

Acara Unjuk Rasa Animasi dan Konten Lokal menjadi salah satu inisiatif HelloFest untuk memperkenalkan kreasi terbaru dalam format komik, games hingga animasi dari production house lokal. Diharapkan melalui panggung HelloFest, karya mereka dapat dikenal lebih luas oleh publik. Beberapa studio dan kreator yang akan terlibat adalah Rigarts Studio, Kolam Komik, Nusantarangers dan Komik Setan Jalanan.

hellofest-day-1-gwigwi-4

Suasana Penonton di Main Stage yang menghadirkan Big Screen untuk “Hellofest Movies”

HelloFest juga memberikan jabatan kehormatan bagi kreator muda yang sudah dianggap matang dalam berkarya dan telah memberi inspirasi. Jabatan itu bernama HelloFest Master. Ada 5 sosok yang sudah diberikan “title” tersebut, yaitu Faza Meonk, Achmad Rofiq, Firman Widyasmara, Aditya Prabaswara dan Chikita Fawzi. Sebagian dari mereka akan mempresentasikan projek terbarunya di panggung utama, selain itu pengunjung juga dapat berinteraksi langsung di area ekhibisi yang sudah disediakan secara berbeda oleh HelloFest. “Jabatan HelloFest Master diberikan sengaja kepada generasi muda agar bisa memberi inspirasi kepada teman yang lain tanpa jarak umur yang terlalu jauh” ujar Wahyu Aditya founder HelloFest.

Bentuk kegiatan untuk mewadahi dan mempromosikan kreator muda dibidang konten secara konsisten masih bisa dikatakan kurang, karena itu pihak HelloFest menggandeng Bank Mandiri yang telah mengembangkan program Wirausaha Muda Mandiri sejak tahun 2007 untuk membantu meningkatkan minat generasi muda menjadi contentpreneur. “Potensi industri kreatif dibidang konten sangat besar, sudah saatnya masyarakat Indonesia menikmati karya komik, games hingga animasi dari kreator lokal. Beberapa bibitnya bisa kita saksikan di HelloFest” ujar Rohan Hafas, selaku Group Head Corporate Secretary Bank Mandiri.

hellofest-day-1-gwigwi-3

Para Cosplayer lokal yang bsia ditemui di Hellofest

Komposisi utama event ini adalah meng”exposure” karya baru dari Indonesia namun pemberian keragaman referensi dari berbagai negara juga dirasa penting. HelloFest menyajikan artis Jepang dengan konsep idol group 2.5 dimensi bernama Roli Angels dimana karakter nyata dengan karakter komiknya dibuat dalam satu benang merah akan melakukan mini konser. Selain itu Bastien Dubois seorang dari animator nominasi Piala Oscar berasal dari Perancis, akan melakukan presentasinya tentang perkembangan animasi di eropa.

Kegiatan di area pameran juga tidak kalah seru, Banyak booth kreatif menyajikan karya unik dalam bentuk aksesoris, t-shirt hingga action figure. Ekhibisi kali ini juga bertujuan untuk mengedukasi pengunjung membiasakan berbelanja dengan konsep cashless. Bank Mandiri menawarkan berbagai macam alternatif pembayaran mulai dari kartu debit, penggunaan fiesta point hingga kartu nirsentuh “e-money” sehingga pembeli tidak direpotkan dengan uang kembalian. Khusus untuk produk e-money, pihak Bank Mandiri akan merilis desain special yang sudah dirancang oleh komunitas KDRI-HelloMotion.

berbagai aktivitas kreatif dapat diikuti oleh pengunjung HelloFest. Pihak dr.m sebagai agency yang menaungi “Youtube artist” diantaranya Raditya Dika dan SkinnyIndonesian24 akan menyediakan area khusus bagi anak muda yang ingin melakukan video blogging secara spontan. Bentuk vlogging yang menarik dalam durasi sekitar 1 menit akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop di kantor Youtube Indonesia. Selain itu beberapa studio animasi lokal besar akan melakukan perekrutan on the spot untuk pengunjung yang ingin berkarier sebagai animator. Beragam komunitas kreatif juga diakomodir untuk melakukan “gathering”. “HelloFest bagaikan wahana penuh inspirasi dari imajinasi berbagai komunitas di Indonesia” tutup Waditya, inisiator HelloFest.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mancanegara

GUEST TALK#06 NASUO☆ ANIME SONGS PARTY!

Published

on

ANIME SONGS PARTY! https://www.joqr.co.jp/party/
Join and SING with us! #ANIMESONGSPARTY
GUEST TALK#06 NASUO☆

This is the video of the guest talk of NASUO☆ with hosts,Yohei Onishi and SING Cosplayer Hikari.
It was aired on May 8 (Sunday), 2022.

【NASUO☆ Information】
https://www.nasuo.tv/
https://www.youtube.com/channel/UCBe2…

https://www.instagram.com/naaasuooo/
https://www.tunecore.co.jp/artists/nasuo
https://nasuo.official.ec/
https://nasuo.bitfan.id/

– “HONEY JET COASTER” (opening theme song of the TV anime “Shikimori's Not Just a Cutie”) has been available since May 25, 2022 (Wednesday).
https://store.nbcuni.co.jp/s/nbcu/ite…

– Radio archive of NASUO☆'s guest appearances (radiko)
https://www.joqr.co.jp/timefree/party…
*Sunday, May 8 – Sunday, May 15, 20:30 (Japan time), JAPAN ONLY

“ANIME SONGS PARTY!”
This is a new fan-participation type program that connects the whole world with anime-songs.
We will invite guests every week and upload studio session videos from the Nippon Cultural Broadcasting's radio studio for the whole world!
Official website: https://www.joqr.co.jp/party/

[ We are looking for videos of cover songs of anime songs.]
The program is looking for your cover song videos and cover performance videos of anime songs!
You are welcome to participate as a soloist or in a band, or in a session uSING original karaoke material prepared by this program!

– Your Name on this radio program
– URL of video where we can watch your anime song covers
– Message to the program

Please fill out the above and email your anime song cover to [email protected]
We will introduce it in our radio and YouTube programs. We look forward to hearing from you!
*Please upload your work with the hashtag #ANIMESONGSPARTY .
*Our staff will contact you before we introduce you.
*Please refrain from uploading any audio or video that infringes on any rights.

[ Program Information ]
ANIME SONGS PARTY!
Nippon Cultural Broadcasting FM91.6MHz/AM1134kHz/radiko.jp
Every Sunday 8:30pm-8:45pm(Japan time)

– Personality
Yohei Onishi
SING Cosplayer Hikari

– mail address
[email protected]
*If you'd like to make a guest appearance on this show, we'd love to hear from you!

[ Program Information ]
https://www.joqr.co.jp/party/
https://www.joqr.co.jp/timefree/party…
https://www.youtube.com/channel/UCeMY…

https://www.tiktok.com/@animesongsparty
https://www.instagram.com/animesongsp…

[ Overseas Partner Media Information ]
– ANIME NEWS NETWORK (North America)
https://www.animenewsnetwork.com/
https://www.youtube.com/c/animenewsne…

– HYPER JAPAN (UK)

Home


https://www.youtube.com/HYPERJAPANOff…

– manga-news (France)
https://www.manga-news.com/
https://www.youtube.com/c/manganews

– GwiGwi (Indonesia)

Pop Culture Digital Magazine | Anime & Manga


https://www.youtube.com/c/GwiGwiCom

[ YOHEI ONISHI Information ]
https://onishi-yohei.mystrikingly.com/
https://www.youtube.com/user/gaobe
https://www.instagram.com/onishi_yohe…

[ SING Cosplayer Hikari Information ]
https://www.youtube.com/c/SING
https://www.tiktok.com/@SING
https://www.instagram.com/SING

https://www.facebook.com/SING

© Nippon Cultural Broadcasting Inc. All rights reserved.

#ANIMESONG

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Mancanegara

“ANIME SONGS PARTY!” Undang Pelantung OP “Tate no Yuusha no Nariagari Season 2” “MADKID”

Published

on

GwiGwi.com – “ANIME SONGS PARTY!” adalah program radio yang menghubungkan seluruh dunia dengan lagu anime oleh Nippon Cultural Broadcasting (tayang setiap hari Minggu jam 20:30-20:45 (waktu standar Jepang)).

Program ini mengundang berbagai bintang tamu dan menampilkan sesi studio lagu-lagu anime dari studio radio setiap minggu. Pada program yang akan ditayangkan tanggal 15 Mei (Minggu) dan 22 Mei (Minggu) akan hadir bintang tamu YOU-TA dan LIN dari dance & vocal group yang terdiri dari 5 orang “MADKID”.

Bintang tamu kali ini, MADKID adalah grup beranggotakan 5 orang yang terdiri dari 2 rapper dan 3 vokalis. MADKID telah melakukan major debut di tahun 2018. Lagu mereka “RISE” yang merupakan lagu opening “Tate no Yuusha no Nariagari”, saat ini mencapai lebih dari 25 juta play di YouTube.

Tahun 2020 MADKID berpisah dengan kantor manajemen sebelumnya dan memulai aktivitasnya di kantor manajemen baru yang didirikan oleh salah satu anggotanya sendiri. MADKID juga berhasil mencapai target mereka di tahun 2022 yaitu tampil di Animelo Summer Live.

Lagu opening anime “Tate no Yuusha no Nariagari Season 2”, “Bring Back” oleh MADKID akan rilis pada tanggal 18 Mei (Rabu). Dalam program ini MADKID akan bercerita tentang daya tarik lagu-lagu anime dan juga menampilkan sesi studio lagu anime dari studio radio Nippon Cultural Broadcasting.

Rekaman dari sesi studio tersebut akan ditayangkan pada channel YouTube “ANIME SONGS PARTY!” setelah penayangan radionya. Saat ini “ANIME SONGS PARTY!” menerima pesan atau pertanyaan untuk MADKID. Kirimkan pesan atau pertanyaan kamu melalui email [email protected]

Saat ini sesi studio oleh Nasuo☆ , bintang tamu pada tanggal 1 Mei (Minggu) sudah dapat disaksikan. Nasuo☆ menyanyikan lagu opening anime “Kawaii dake ja Nai Shikimori-san”, “Honey Jet Coaster” bersama MC, Yohei Onishi dan Hikari Hinata.

https://www.youtube.com/watch?v=w2lzxU82zkU&ab_channel=GwiGwi

“ANIME SONGS PARTY!” bekerja sama dengan media dan event seputar budaya anime Jepang di luar negeri seperti “Anime News Network (Amerika Serikat)”,”Manga News (Prancis)”,”HYPER JAPAN (Inggris)”,”GwiGwi (Indonesia)” untuk mempromosikan berbagai konten seperti video yang ditayangkan pada YouTube dan juga rekaman sesi studio agar dapat dinikmati oleh penggemar lagu anime di seluruh dunia. Selain itu juga “ANIME SONGS PARTY!” mengundang penggemar lagu anime di seluruh dunia untuk ikut serta dalam program ini melalui berbagai platform seperti YouTube dan TikTok. Dengan tema “menikmati lagu anime bersama” program ini akan menampilkan lagu-lagu anime yang dinyanyikan atau ditampilkan oleh para pendengar dan penggemar lagu anime dari Jepang maupun luar negeri.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Mancanegara

“ANIME SONG PARTY!” Undang Youtuber Nasuo☆

Published

on

GwiGwi.com – “ANIME SONGS PARTY!” adalah program radio yang menghubungkan seluruh dunia dengan lagu anime oleh Nippon Cultural Broadcasting (tayang setiap hari Minggu jam 20:30-20:45 (waktu standar Jepang)). Program ini mengundang berbagai bintang tamu dan menampilkan sesi studio lagu-lagu anime dari studio radio setiap minggu. Pada program yang akan ditayangkan tanggal 1 Mei (Minggu) dan 8 Mei (Minggu) akan hadir bintang tamu seorang YouTube singer populer, Nasuo☆.

Bintang tamu kali ini, Nasuo☆ adalah seorang YouTube singer yang mengunggah berbagai video terutama video cover di channel YouTube sendiri “Nasuo☆ Chan Neru”. Nasuo☆ yang menyanyikan berbagai lagu dari lagu yang ceria hingga lagu ballad, mendapat banyak dukungan terutama dari kalangan muda berumur 10-20 tahun. Saat ini subscriber channel Nasuo☆ sudah melebihi 350,000 dan masih terus bertambah.

Nasuo☆ juga memiliki berbagai pencapaian seperti terpilih menjadi finalis “Road to Music Station Ultra Audition”, tampil dalam acara “HALLOWEEN PARTY 2016” oleh “VAMPS” yang dipandu “hyde” vokalis L'Arc〜en〜Ciel, ternominasi sebagai “BestSHOWROOMER” (bidang musik tahun 2016) dan lain-lain. Pada tanggal 25 Mei (Rabu) lagu opening anime “Kawaii dake ja Nai Shikimori-san”, “Honey Jet Coaster” oleh Nasuo☆ akan rilis.

Dalam program ini Nasuo☆ akan bercerita tentang daya tarik lagu-lagu anime dan juga menampilkan sesi studio lagu anime dari studio radio Nippon Cultural Broadcasting. Rekaman dari sesi studio tersebut akan ditayangkan pada channel YouTube “ANIME SONGS PARTY!” setelah penayangan radionya. Saat ini “ANIME SONGS PARTY!” menerima pesan atau pertanyaan untuk Nasuo☆.

Kirimkan pesan atau pertanyaan kamu melalui email [email protected] Saat ini sesi studio oleh Yuna Fukinbara , bintang tamu pada tanggal 17 April (Minggu) sudah dapat disaksikan. Yuna menyanyikan lagu opening anime “Kyoukai Senki” part 2, “Overload” bersama MC, Yohei Onishi dan Hikari Hinata. ※Yuna Fukinbara juga akan menjadi bintang tamu tanggal 24 April (Minggu).

“ANIME SONGS PARTY!” bekerja sama dengan media dan event seputar budaya anime Jepang di luar negeri seperti “Anime News Network (Amerika Serikat)”,”Manga News (Prancis)”,”HYPER JAPAN (Inggris)”,”GwiGwi (Indonesia)” untuk mempromosikan berbagai konten seperti video yang ditayangkan pada YouTube dan juga rekaman sesi studio agar dapat dinikmati oleh penggemar lagu anime di seluruh dunia. Selain itu juga “ANIME SONGS PARTY!” mengundang penggemar lagu anime di seluruh dunia untuk ikut serta dalam program ini melalui berbagai platform seperti YouTube dan TikTok. Dengan tema “menikmati lagu anime bersama” program ini akan menampilkan lagu-lagu anime yang dinyanyikan atau ditampilkan oleh para pendengar dan penggemar lagu anime dari Jepang maupun luar negeri.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x