Connect with us

Event

HelloFest, Wahana penuh imajinasi dari beragam komunitas kreatif lokal

Published

on

GwiGwi.com – Berbagai event pop culture memang sedang menjamur di Indonesia, namun yang bisa bertahan sampai bertahun – tahun masih bisa dihitung dengan jari, diantaranya adalah HelloFest Anima Expo yang sudah dilaksanakan dalam satu dekade.

Maaf Anda Melihat Iklan

Militansi dan antusias dari kreator muda untuk terlibat di HelloFest terus meningkat. Terbukti dari jumlah kreasi yang masuk dalam kompetisi film pendeknya mencapai 1000 karya lebih. Selain itu HelloFest menciptakan istilah KostuMasa yang artinya massa berkostum. Sebuah kategori bagi pecinta cosplay atau pengguna pakaian imajinatif. Tahun ini jumlah pendaftar sudah mencapai batas maksimal yaitu 2000 orang dalam waktu 1 bulan. Tidak hanya dari Jakarta saja yang terlibat, namun KostuMasa dari Gresik, Tasikmalaya, Malang, Tegal, Lampung, hingga Pontianak antusias untuk hadir. “Kami sangat senang dengan respon besar para cosplayer namun kita terpaksa harus menutup pendaftaran lebih awal untuk quota kompetisi KostuMasa karena keterbatasan durasi panggung yang tersedia” ujar Arie Octaviani, festival director dari HelloFest.

hellofest-day-1-gwigwi-1

Wahyu Aditya, sebagai Founder & Chairman HelloFest & Aki Isoyama, seorang produser film asal Jepang pada konferensi pers Hellofest 10 Hari Pertama

 

Pamor HelloFest yang tinggi di kalangan anak muda pecinta film membuat banyak produser ingin terlibat menyemarakan acara ini. Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai produser film akan mengusung semua bintang utama seperti Nicholas Saputra, Reza Rahardian hingga Eva Celia menggunakan kostum dari besutan film terbaru mereka, Pendekar Tongkat Emas. Penonton dapat menyaksikan presentasi spesial mereka dengan merilis trailer terbaru dan salah satu adegan film yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di event manapun.

Maraknya fenomena Youtube artist di Indonesia akibat perkembangan teknologi juga tidak luput dari rangkaian program event ini. HelloFest mengundang beragam Youtubers lokal untuk menjadikan ajang ini tempat memperkenalkan channel Youtube mereka dan sebagai momen untuk merilis video terbaru yang belum pernah tayang di internet. Beberapa Youtubers yang akan tampil antara lain Bayu Skak, SOS Project, Outwit. Inc, Edho Zell, Ashila, Natasha Farani, Eka Gustiwana hingga Last Child. Selain menampilkan video terbaru, beberapa diantaranya akan melakukan “performance” sesuai keahliannya, dari bermusik hingga sit down comedy.

Acara Unjuk Rasa Animasi dan Konten Lokal menjadi salah satu inisiatif HelloFest untuk memperkenalkan kreasi terbaru dalam format komik, games hingga animasi dari production house lokal. Diharapkan melalui panggung HelloFest, karya mereka dapat dikenal lebih luas oleh publik. Beberapa studio dan kreator yang akan terlibat adalah Rigarts Studio, Kolam Komik, Nusantarangers dan Komik Setan Jalanan.

hellofest-day-1-gwigwi-4

Suasana Penonton di Main Stage yang menghadirkan Big Screen untuk “Hellofest Movies”

HelloFest juga memberikan jabatan kehormatan bagi kreator muda yang sudah dianggap matang dalam berkarya dan telah memberi inspirasi. Jabatan itu bernama HelloFest Master. Ada 5 sosok yang sudah diberikan “title” tersebut, yaitu Faza Meonk, Achmad Rofiq, Firman Widyasmara, Aditya Prabaswara dan Chikita Fawzi. Sebagian dari mereka akan mempresentasikan projek terbarunya di panggung utama, selain itu pengunjung juga dapat berinteraksi langsung di area ekhibisi yang sudah disediakan secara berbeda oleh HelloFest. “Jabatan HelloFest Master diberikan sengaja kepada generasi muda agar bisa memberi inspirasi kepada teman yang lain tanpa jarak umur yang terlalu jauh” ujar Wahyu Aditya founder HelloFest.

Bentuk kegiatan untuk mewadahi dan mempromosikan kreator muda dibidang konten secara konsisten masih bisa dikatakan kurang, karena itu pihak HelloFest menggandeng Bank Mandiri yang telah mengembangkan program Wirausaha Muda Mandiri sejak tahun 2007 untuk membantu meningkatkan minat generasi muda menjadi contentpreneur. “Potensi industri kreatif dibidang konten sangat besar, sudah saatnya masyarakat Indonesia menikmati karya komik, games hingga animasi dari kreator lokal. Beberapa bibitnya bisa kita saksikan di HelloFest” ujar Rohan Hafas, selaku Group Head Corporate Secretary Bank Mandiri.

hellofest-day-1-gwigwi-3

Para Cosplayer lokal yang bsia ditemui di Hellofest

Komposisi utama event ini adalah meng”exposure” karya baru dari Indonesia namun pemberian keragaman referensi dari berbagai negara juga dirasa penting. HelloFest menyajikan artis Jepang dengan konsep idol group 2.5 dimensi bernama Roli Angels dimana karakter nyata dengan karakter komiknya dibuat dalam satu benang merah akan melakukan mini konser. Selain itu Bastien Dubois seorang dari animator nominasi Piala Oscar berasal dari Perancis, akan melakukan presentasinya tentang perkembangan animasi di eropa.

Kegiatan di area pameran juga tidak kalah seru, Banyak booth kreatif menyajikan karya unik dalam bentuk aksesoris, t-shirt hingga action figure. Ekhibisi kali ini juga bertujuan untuk mengedukasi pengunjung membiasakan berbelanja dengan konsep cashless. Bank Mandiri menawarkan berbagai macam alternatif pembayaran mulai dari kartu debit, penggunaan fiesta point hingga kartu nirsentuh “e-money” sehingga pembeli tidak direpotkan dengan uang kembalian. Khusus untuk produk e-money, pihak Bank Mandiri akan merilis desain special yang sudah dirancang oleh komunitas KDRI-HelloMotion.

berbagai aktivitas kreatif dapat diikuti oleh pengunjung HelloFest. Pihak dr.m sebagai agency yang menaungi “Youtube artist” diantaranya Raditya Dika dan SkinnyIndonesian24 akan menyediakan area khusus bagi anak muda yang ingin melakukan video blogging secara spontan. Bentuk vlogging yang menarik dalam durasi sekitar 1 menit akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop di kantor Youtube Indonesia. Selain itu beberapa studio animasi lokal besar akan melakukan perekrutan on the spot untuk pengunjung yang ingin berkarier sebagai animator. Beragam komunitas kreatif juga diakomodir untuk melakukan “gathering”. “HelloFest bagaikan wahana penuh inspirasi dari imajinasi berbagai komunitas di Indonesia” tutup Waditya, inisiator HelloFest.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Event

Mengintip NAISHO: Toki wo Kakeru, Event Jepang yang Diselenggarakan oleh UKM K3J UNIKA Atma Jaya!

Published

on

GwiGwi.com – Pada tanggal 31 Juli sampai 1 Agustus 2021 silam, Kelompok Kerja Kebudayaan Jepang (K3J), yaitu salah satu unit kegiatan mahasiswa UNIKA Atma Jaya Jakarta menggelar sebuah pagelaran Jepang (bunkasai) yang bernama NAISHO. NAISHO biasa diadakan setiap tahun, namun pada tahun lalu acara ini dibatalkan karena pandemi COVID-19. Akhirnya, NAISHO kembali pada tahun ini dengan konsep acara daring yang dapat diakses melalui live streaming di channel Youtube “NAISHO UAJ”. Tahun ini, NAISHO memiliki tajuk “Toki wo Kakeru”, yang bermakna sebuah pencampuran antara budaya Jepang tradisional dengan modern.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pada hari pertama, Sabtu (31/07), acara dibuka oleh MC NAISHO, yaitu Zelva  dan Karin yang juga sebagai pemandu berjalannya acara NAISHO selama 2 hari. Acara  pun dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan, dimulai dari El Chris Natalia (dosen pembimbing K3J), Alvin Winata (ketua UKM K3J), dan Nathasya Cornelia (ketua  panitia NAISHO). Sebagai pembuka, K3J juga turut menampilkan tarian tradisional Jepang yaitu Soran Bushi.

Di hari pertamanya, NAISHO memperkenalkan beberapa komunitas yang  bergabung di dalam acara seperti AMV Indonesia, Shogi Indonesia, osu! Indonesia dan ASOBU UNSADA. Selain perkenalan komunitas, NAISHO juga menyuguhkan benkyou, belajar  bersama seputar budaya Jepang bersama Ibu Indah. Ibu Indah membawakan 2 materi  untuk NAISHO, yaitu Washi Ningyo dan Chanoyu. Dalam materi Washi Ningyo, Ibu  Indah menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat boneka kertas Jepang. Selanjutnya,  dalam materi Chanoyu, Ibu Indah menjelaskan dan mempraktekkan tata cara upacara  minum teh Jepang, dari persiapan hingga selesai.

Tidak lupa, NAISHO juga mendatangkan 2 guest stars yaitu Hira Dazzle dan  Babymetal Surabaya (BMS). Hira Dazzle membawakan 2 performance yang salah  satunya ialah lagu Senbonzakura, lagu hits Vocaloid! Sedangkan untuk Babymetal  Surabaya, mereka membawakan 5 dance cover performance, salah satunya adalah lagu  Megitsune. Banyak fans yang hype dengan pembawaan mereka karena penampilannya  yang energik. Selain melakukan performance, mereka juga melakukan sesi QnA dengan MC dan para penonton melalui live chat sebelum menutup acara hari pertama.

Pada hari kedua, Minggu (01/08), acara kembali dibuka oleh MC NAISHO. Untuk acara hari kedua, NAISHO lebih difokuskan pada showcase dan pengumuman  pemenang lomba yang telah diselenggarakan. NAISHO telah menyelenggarakan 3  jenis lomba pada 2 bulan sebelum acara dimulai yaitu singing competition, fan art  competition, dan cosplay competition. Juri-juri tiap lomba juga ikut memeriahkan acara ini dan memberikan berbagai feedback kepada beberapa pesertanya.

Juri-juri tersebut  antara lain Okami Ken dan Nella untuk singing competition, Ellenic dan Auwi untuk  fan art competition, serta KATZE dan Risa untuk cosplay competition. Tiap lomba  memiliki 3 pemenang utama yang dipilih langsung oleh para jurinya. Selain  melakukan feedback, tiap-tiap juri lomba juga melakukan QnA kepada MC, para  peserta lomba, dan penonton melalui live chat. 

Tidak hanya di hari pertamanya, pada kesempatan kali ini NAISHO juga  mengundang 2 guest stars lagi untuk mengisi acara. Untuk hari keduanya, NAISHO  mengundang Hyakushiki, REi Agara, dan Okami Ken yang juga merupakan juri singing  competition. Hyakushiki merupakan sebuah band lokal asal Malang yang membawakan lagu-lagu Jepang, terutama Anisong. Mereka membawakan 3 performance untuk mengisi NAISHO kali ini, salah satunya adalah lagu opening anime yang hits beberapa tahun lalu, Blend S! Kemudian dilanjutkan dengan performance dari Okami Ken dan REi Agara sebagai finale dari acara NAISHO tahun ini. Penonton dari acara langsung membanjiri kolom live chat karena premiere performancenya yang sangat meriah dan membakar semangat. Dalam performancenya, mereka juga menyelinginya dengan QnA bersama penonton di live chat. Para penonton dapat  bertanya seputar bernyanyi kepada mereka dan mendapatkan jawaban atau feedback dari mereka. Tidak jarang juga mereka bercanda bersama para MC sehingga mengundang tawa para penonton.

Pada akhirnya, NAISHO ditutup oleh MC dengan ucapan terima kasih dan  recap acara selama 2 hari. Walaupun acara diselenggarakan secara daring namun cukup membuat insight kepada para penonton yang ingin mengetahui bunkasai atau sekedar mengobati kerinduan terhadap event jejepangan. Tidak lupa juga, kita  mendapatkan materi yang berguna baik dari benkyou maupun komunitas dan guest starnya. Semoga NAISHO ada lagi di tahun depan ya!

 

 

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Comic Frontier gelar ‘Comivuro’, Pasar Kreatif Indonesia secara Virtual

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah berselang setahun tidak diadakan akibat pandemi yang melanda, perhelatan pasar kreatif Indonesia Comic Frontier (Comifuro) akan segera kembali hadir pada 17 – 18 Juli mendatang. Kini, Comifuro untuk pertama kali diadakan sebagai event virtual bertajuk “Comic Frontier Virtual (Comivuro)” yang diperuntukan bagi para insan yang telah rindu dengan kemeriahan pasar doujinshi

Maaf Anda Melihat Iklan

Comivuro merupakan event online pertama yang dilaksanakan oleh Comifuro, oleh sebab itu venue acara pun akan dilakukan secara virtual. Comivuro akan diadakan di dua tempat secara bersamaan, yakni “Main Stage” yang menggunakan platform live stream di YouTube serta channel Discord sebagai “Virtual Space” untuk Circle dan pengunjung umum.

“Main Stage” dan “Virtual Space” ini akan menjadi kesatuan bagi partisipan dan circle untuk saling berinteraksi. Tidak hanya berinteraksi melalui chat di aplikasi Discord, Partisipan dan Circle juga bisa terlibat langsung dalam konten acara yang disiarkan secara langsung melalui live stream, sehingga pengunjung tidak hanya menonton tapi bisa ikut serta aktif di event ini dan merasakan sedikit pengalaman berada di event offline. 

Comivuro akan dimeriahkan oleh para Virtual Youtuber alias VTuber yang akan menghibur kalian selama perhelatan berlangsung. Acara ini mengusung penggabungan dunia nyata dengan dunia virtual di mana acara akan dipandu oleh MC dari dunia nyata bersama dengan MC dari dunia virtual. Di hari pertama, Naocchi sebagai MC dari dunia nyata akan ditemani oleh Kureiji Ollie dan Ayunda Risu dari Hololive Indonesia menjadi pembawa acara akan menemani pada hari pertama Comivuro. Tidak ketinggalan Airani Iofifteen yang memeriahkan sesi Live Drawing di hari pertama, serta Pavolia Reine dan Anya Melfissa sebagai guest stars pada sesi Talkshow dan Moona Hoshinova yang akan mengadakan live virtual concert di hari kedua. 

Tak kalah meriah, di hari kedua acara akan dipandu oleh Luthfi sebagai perwakilan dari dunia nyata yang ditemani oleh Riksa Dhirendra dari Liver NIJISANJI ID sebagai pembawa acara virtual di Comivuro. Turut hadir Siska Leontyne dan Layla Alstroemeria dari NIJISANJI ID yang akan menjadi Guest Star dalam sesi Talkshow. 

Tidak hanya itu, Comivuro juga menggandeng para Virtual YouTuber independen yaitu Evelyn VTuber, Chloe Pawapua, Reynard Blanc dan Lily Ifeta yang akan menggelar konser virtual di hari pertama. Sedangkan di hari kedua, Comivuro juga kedatangan perwakilan dari Muse Indonesia selaku distributor anime legal di Indonesia untuk mengadakan sebuah acara Talkshow.

Comivuro akan kembali menghadirkan Diskusi Panel yang diperuntukan bagi teman-teman fans, komunitas, akademisi hingga podcaster yang ingin berbincang dan berdiskusi dengan topik seputar budaya populer. Nantinya, Diskusi Panel akan dilakukan secara online melalui Conference Call dengan panelist terpilih yang akan disiarkan melalui livestream video di YouTube Comifuro. Selain itu, sesi tanya jawab selama Diskusi Panel pun bisa dilakukan melalui fitur live chat yang tersedia ketika melakukan Livestream. 

Comivuro juga mengadakan kontes online yang menarik, yakni NIJISANJI ID Fanart Contest dan Gangster Cosplay Photo Content. NIJISANJI ID Fanart Content diperuntukan bagi kreator yang ingin membuat Fanart dari karakter para Liver NIJISANJI ID. Nantinya beberapa submisi terpilih akan di-review secara langsung oleh Layla Alstroemeria dan Siska Leontyne saat acara berlangsung.

Sedangkan, Gangster Cosplay Photo Content diperuntukan bagi siapapun yang memiliki passion dalam ber-cosplay. Sesuai dengan tema yang diusung, partisipan bisa melakukan submisi foto cosplay bertemakan Gangster terbaik miliknya. Nantinya beberapa submisi foto terpilih akan di-review juga secara langsung oleh para pembawa acara di hari pertama yaitu Naocchi, Kureiji Ollie dan Ayunda Risu.

Comivuro turut menghadirkan para DJ dari OtaGroove yang akan mengadakan “Virtual Party” melalui Comivuro DJ Night yang berlangsung pada hari pertama, 17 Juli 2021. Penampilan live dari teman-teman OtaGroove akan disiarkan secara langsung melalui Twitch dalam tautan berikut ini: https://www.twitch.tv/otagroove

Bagi kalian yang memang sudah rindu dengan kemeriahan dari pasar kreatif Comic Frontier,  pastikan diri kalian tidak melewatkan perhelatan Comivuro yang akan dilaksanakan secara virtual melalui pada 17 – 18 Juli mendatang, ya!

Kalian bisa mengikuti acara ini secara langsung melalui channel youtube Comic Frontier di https://www.youtube.com/user/ComicFrontier. Sedangkan, untuk market area dan virtual stage, kalian bisa join ke server Discord Comifuro di link berikut ini: https://discord.com/invite/ytg54yR.

Sampai jumpa di Comic Frontier Virtual!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

PK Entertainment dan GoTix akan Gelar Festival Animeland secara Virtual pada bulan Agustus

Published

on

By

GwiGwi.com – Perusahaan event management PK Entertainment bersama platform ticketing GoTix, yang merupakan bagian dari ekosistem Gojek, dalam waktu dekat akan mempersembahkan Festival Animeland. Festival satu atap J-Pop yang fokus pada Anime, J-Pop, Cosplay, dan E-sports ini merupakan persembahan bagi para  penggemar budaya Jepang di seluruh Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

Festival Animeland akan berlangsung secara virtual pada tanggal 21 – 22 Agustus 2021, menampilkan berbagai entertainer dan brand dari Indonesia serta Jepang. Melalui Animeland Virtual City, para penonton dapat merasakan suasana Akihabara yang merupakan distrik berbelanja barang elektronik ternama di Tokyo, dalam bentuk virtual. Di samping itu, akan ditampilkan juga distrik khas lainnya di Jepang yang terkenal dengan maid cafe dan pertokoan yang sangat dekat bagi para pecinta anime dan game.

GwiGwi.com – Secara keseluruhan, Kolaborasi antara PK Entertainment dan GoTix ini menawarkan beragam konten sepanjang festival dua hari, seperti belanja, talk show dengan content creator, pertunjukan khusus artis Anime Jepang top, serta kompetisi di berbagai turnamen e-sports. Semua konten tersebut dirancang khusus bagi para penggemar budaya Jepang yang semakin berkembang di Indonesia.

Berbagai produk dan layanan ekosistem Gojek turut meramaikan Animeland Virtual City dalam festival tersebut. Para penonton dapat menikmati kuliner yang nikmat, mudah, dan aman dengan mencicipi beragam kuliner khas Jepang nan lezat persembahan Merchant GoFood di GoFood Street Akihabara yang juga menawarkan promo spesialPara penonton pun dapat melakukan pembayaran dengan mudah melalui e-wallet GoPay di Virtual Shop dan Creative Market. GoTix sendiri akan menggelar GoTix Stage dengan setidaknya tiga jam konten eksklusif per hari yang menampilkan dua artis Jepang, yang dapat penonton saksikan langsung melalui livestream GoPlay Live.

Adapun dua kompetisi juga akan dihelat menjelang berlangsungnya Festival Animeland, yaitu:

  1. Kompetisi E-Sports, bekerja sama dengan Drivals Tekken Team dan PKMN-ID untuk menyelenggarakan turnamen nasional Tekken 7 dan Pokemon TCG Online. Babak penyisihan kompetisi akan berlangsung dari 18 – 20 Agustus 2021 dan final pada 21 – 22 Agustus 2021.
  2. Cosplay Competition bekerja sama dengan CLAS:H, salah satu komunitas cosplay yang paling dicintai di Indonesia, akan menghadirkan beragam konten tentang cosplay yang berfokus pada karakter Anime, J-Pop culture, dan Gaming.
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

CryptoTab Browser

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x