Connect with us

Event

HelloFest, Wahana penuh imajinasi dari beragam komunitas kreatif lokal

Published

on

GwiGwi.com – Berbagai event pop culture memang sedang menjamur di Indonesia, namun yang bisa bertahan sampai bertahun – tahun masih bisa dihitung dengan jari, diantaranya adalah HelloFest Anima Expo yang sudah dilaksanakan dalam satu dekade.

Militansi dan antusias dari kreator muda untuk terlibat di HelloFest terus meningkat. Terbukti dari jumlah kreasi yang masuk dalam kompetisi film pendeknya mencapai 1000 karya lebih. Selain itu HelloFest menciptakan istilah KostuMasa yang artinya massa berkostum. Sebuah kategori bagi pecinta cosplay atau pengguna pakaian imajinatif. Tahun ini jumlah pendaftar sudah mencapai batas maksimal yaitu 2000 orang dalam waktu 1 bulan. Tidak hanya dari Jakarta saja yang terlibat, namun KostuMasa dari Gresik, Tasikmalaya, Malang, Tegal, Lampung, hingga Pontianak antusias untuk hadir. “Kami sangat senang dengan respon besar para cosplayer namun kita terpaksa harus menutup pendaftaran lebih awal untuk quota kompetisi KostuMasa karena keterbatasan durasi panggung yang tersedia” ujar Arie Octaviani, festival director dari HelloFest.

 

Pamor HelloFest yang tinggi di kalangan anak muda pecinta film membuat banyak produser ingin terlibat menyemarakan acara ini. Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai produser film akan mengusung semua bintang utama seperti Nicholas Saputra, Reza Rahardian hingga Eva Celia menggunakan kostum dari besutan film terbaru mereka, Pendekar Tongkat Emas. Penonton dapat menyaksikan presentasi spesial mereka dengan merilis trailer terbaru dan salah satu adegan film yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di event manapun.

Maraknya fenomena Youtube artist di Indonesia akibat perkembangan teknologi juga tidak luput dari rangkaian program event ini. HelloFest mengundang beragam Youtubers lokal untuk menjadikan ajang ini tempat memperkenalkan channel Youtube mereka dan sebagai momen untuk merilis video terbaru yang belum pernah tayang di internet. Beberapa Youtubers yang akan tampil antara lain Bayu Skak, SOS Project, Outwit. Inc, Edho Zell, Ashila, Natasha Farani, Eka Gustiwana hingga Last Child. Selain menampilkan video terbaru, beberapa diantaranya akan melakukan “performance” sesuai keahliannya, dari bermusik hingga sit down comedy.

Acara Unjuk Rasa Animasi dan Konten Lokal menjadi salah satu inisiatif HelloFest untuk memperkenalkan kreasi terbaru dalam format komik, games hingga animasi dari production house lokal. Diharapkan melalui panggung HelloFest, karya mereka dapat dikenal lebih luas oleh publik. Beberapa studio dan kreator yang akan terlibat adalah Rigarts Studio, Kolam Komik, Nusantarangers dan Komik Setan Jalanan.

HelloFest juga memberikan jabatan kehormatan bagi kreator muda yang sudah dianggap matang dalam berkarya dan telah memberi inspirasi. Jabatan itu bernama HelloFest Master. Ada 5 sosok yang sudah diberikan “title” tersebut, yaitu Faza Meonk, Achmad Rofiq, Firman Widyasmara, Aditya Prabaswara dan Chikita Fawzi. Sebagian dari mereka akan mempresentasikan projek terbarunya di panggung utama, selain itu pengunjung juga dapat berinteraksi langsung di area ekhibisi yang sudah disediakan secara berbeda oleh HelloFest. “Jabatan HelloFest Master diberikan sengaja kepada generasi muda agar bisa memberi inspirasi kepada teman yang lain tanpa jarak umur yang terlalu jauh” ujar Wahyu Aditya founder HelloFest.

Bentuk kegiatan untuk mewadahi dan mempromosikan kreator muda dibidang konten secara konsisten masih bisa dikatakan kurang, karena itu pihak HelloFest menggandeng Bank Mandiri yang telah mengembangkan program Wirausaha Muda Mandiri sejak tahun 2007 untuk membantu meningkatkan minat generasi muda menjadi contentpreneur. “Potensi industri kreatif dibidang konten sangat besar, sudah saatnya masyarakat Indonesia menikmati karya komik, games hingga animasi dari kreator lokal. Beberapa bibitnya bisa kita saksikan di HelloFest” ujar Rohan Hafas, selaku Group Head Corporate Secretary Bank Mandiri.

Komposisi utama event ini adalah meng”exposure” karya baru dari Indonesia namun pemberian keragaman referensi dari berbagai negara juga dirasa penting. HelloFest menyajikan artis Jepang dengan konsep idol group 2.5 dimensi bernama Roli Angels dimana karakter nyata dengan karakter komiknya dibuat dalam satu benang merah akan melakukan mini konser. Selain itu Bastien Dubois seorang dari animator nominasi Piala Oscar berasal dari Perancis, akan melakukan presentasinya tentang perkembangan animasi di eropa.

Kegiatan di area pameran juga tidak kalah seru, Banyak booth kreatif menyajikan karya unik dalam bentuk aksesoris, t-shirt hingga action figure. Ekhibisi kali ini juga bertujuan untuk mengedukasi pengunjung membiasakan berbelanja dengan konsep cashless. Bank Mandiri menawarkan berbagai macam alternatif pembayaran mulai dari kartu debit, penggunaan fiesta point hingga kartu nirsentuh “e-money” sehingga pembeli tidak direpotkan dengan uang kembalian. Khusus untuk produk e-money, pihak Bank Mandiri akan merilis desain special yang sudah dirancang oleh komunitas KDRI-HelloMotion.

berbagai aktivitas kreatif dapat diikuti oleh pengunjung HelloFest. Pihak dr.m sebagai agency yang menaungi “Youtube artist” diantaranya Raditya Dika dan SkinnyIndonesian24 akan menyediakan area khusus bagi anak muda yang ingin melakukan video blogging secara spontan. Bentuk vlogging yang menarik dalam durasi sekitar 1 menit akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop di kantor Youtube Indonesia. Selain itu beberapa studio animasi lokal besar akan melakukan perekrutan on the spot untuk pengunjung yang ingin berkarier sebagai animator. Beragam komunitas kreatif juga diakomodir untuk melakukan “gathering”. “HelloFest bagaikan wahana penuh inspirasi dari imajinasi berbagai komunitas di Indonesia” tutup Waditya, inisiator HelloFest.

Advertisement

Event

AFA ID 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! di Jakarta Convention Centre (JCC)

Published

on

By

Afa Id 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir Di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! Di Jakarta Convention Centre (jcc)

www.gwigwi.com – Anime Festival Asia Indonesia, yang telah dinantikan selama lima tahun, akan menghidupkan kembali Jakarta. Acara ini, yang direncanakan untuk berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC Senayan) dari tanggal 3 hingga 5 Mei 2024, menjanjikan penggemar pengalaman yang lebih mendalam dan menggembirakan di dunia anime, komik, dan game.

Selain pengumuman yang menggembirakan ini, festival ini juga meluncurkan karya visual utama acara, yang dibuat oleh ilustrator Jepang terkenal LAM. LAM adalah desainer karakter untuk banyak anggota Hololive Indonesia, termasuk Kureiji Ollie!

Afa Id 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir Di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! Di Jakarta Convention Centre (jcc)

Desain Baru Seika (Maskot AFA Indonesia 2024)
Oleh Ilustrator Terkenal Jepang, LAM (https://twitter.com/ramdayo1122)

Visual utamanya menampilkan Seika, karakter utama Anime Festival Asia, yang dikelilingi oleh fitur Indonesia yang ikonik. Ini termasuk siluet Monas—Monumen Nasional Indonesia—di latar belakangnya, Rafflesia Arnoldii di atasnya, dan motif batik di syal dan ikat pinggangnya. Koper Seika dihiasi dengan stiker logo AFA yang ikonik serta tag yang menampilkan simbol budaya Indonesia. Semua ini menyatu dengan pose Seika yang siap bepergian saat ia berkeliling Indonesia ditemani oleh burung nasional Elang Jawa. Visual yang dikemas dengan baik ini menetapkan suasana acara dan melambangkan kreativitas dan hiburan yang luar biasa yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Untuk Anime Festival Indonesia 2024, SOZO, promotor hiburan Jepang terkemuka di Asia Tenggara, bekerja sama dengan PK Entertainment, promotor dan agensi kreatif terkemuka di Indonesia, untuk memiliki Anime Festival Asia. Acara ini akan menawarkan lebih banyak acara selama dua hari yang penuh dengan kemeriahan untuk menambah kegembiraan atas kembalinya festival ini.

Di area pameran seluas 11.000 meter persegi, para pengunjung dapat menantikan berbagai kegiatan di Day Stage, seperti pameran anime, sesi talkshow, dan masih banyak lagi, yang akan memberikan pengalaman yang lebih mendalam ke dunia budaya pop Jepang. Festival ini juga akan menjadi tuan rumah bagi ratusan peserta pameran, yang menampilkan perpaduan antara pemain properti intelektual (IP) utama, kreator, cosplayer, dan masih banyak lagi, yang menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk menikmati

Akiba Stage akan menampilkan artis lokal, internasional, dan regional, serta berbagai pameran merek lainnya untuk meningkatkan suasana. Segmentasi ini menjanjikan perpaduan hiburan dan musik yang dinamis yang memenuhi selera yang beragam dari komunitas anime dan lainnya.

Cosplayer HAKKEN yang terkenal di seluruh dunia akan mengadakan Fan Meet World Tour yang sangat dinanti-nantikan di Indonesia di AFA Indonesia. Tiket untuk tur ini akan dijual secara terpisah. Akan memukau penggemar dengan kehadiran tamu cosplay terkenal seperti Clarissa Punipun, Thames Malerose, dan Byoru!

Afa Id 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir Di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! Di Jakarta Convention Centre (jcc)

Afa Id 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir Di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! Di Jakarta Convention Centre (jcc)

Mengumumkan fase pertama artis JPOP dan Anisong yang akan tampil di Stage Concert, para penggemar dapat menantikan pengisi acara yang menggemparkan! I LOVE ANISONG akan kembali pada hari Sabtu bersama Liyuu, NANO, Ayaka Ohashi, dan banyak lagi!

SACRA MUSIC FES. akan hadir untuk pertama kalinya di Indonesia pada hari Minggu! Penggemar dapat menonton ASCA, ClariS, Sangatsu no Phantasia, Shuka Saito, dan Who-ya Extended! dengan sponsor Crunchyroll!

Afa Id 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir Di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! Di Jakarta Convention Centre (jcc)

Afa Id 2024 Anime Festival Asia Kembali Hadir Di Indonesia, 3 – 5 Mei 2024! Di Jakarta Convention Centre (jcc)

Paket akan diluncurkan secara bertahap. Yang pertama akan menjadi Paket VIP Early Bird 2 Hari, yang akan tersedia dari 16 hingga 25 Maret dengan harga mulai dari 2,5 juta rupiah (belum termasuk pajak dan biaya tambahan). Dengan paket eksklusif ini, Anda akan memiliki akses VIP Konser selama dua hari, yang mencakup pameran dan ruangan. Anda juga akan memiliki keistimewaan Fast Lane, serta lanyard dan pass edisi terbatas.

Dapatkan tiketnya sekarang juga melalui : https://animefestival.asia/afaid24/ticketing

Dapatkan tiketnya sekarang juga melalui : https://animefestival.asia/afaid24/ticketing

Segera akan ada tiket untuk Exhibition + Stage, Exhibition Exclusive, VIP Concerts, dan Concert GA. Segera akan ada konten menarik lainnya yang akan diumumkan, jadi jangan lupa untuk memantau perkembangannya! Kunjungi Anime Festival Asia Indonesia 2024 di Facebook, Instagram, X, dan sekarang di Tiktok.

Para penggemar dan pelaku industri akan sangat menghargai AFA Indonesia 2024. Di kota paling dinamis di Asia Tenggara, acara ini akan menjadi perayaan lengkap anime, musik, dan budaya pop.

Continue Reading

Event

Antusiasme Tinggi, Penjualan Tiket In-Game Pokémon GO Melonjak Hingga 130% untuk Pikachu’s Indonesia Journey

Published

on

Antusiasme Tinggi, Penjualan Tiket In Game Pokémon Go Melonjak Hingga 130% Untuk Pikachu’s Indonesia Journey

www.gwigwi.com – Setelah berhasil melaksanakan Pokémon Festival di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, pada akhir tahun 2022, Pokémon kembali menyapa penggemarnya di Nusantara dengan Pikachu’s Indonesia Journey yang diselenggarakan pada tanggal 2 dan 3 Maret 2024, di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali. 

Para Pelatih Pokémon GO, sebutan untuk pemainnya, turut merasakan kemeriahan Pikachu’s Indonesia Journey. Hal ini dibuktikan dengan lonjakan penjualan tiket in-game mencapai 130 persen dari target semula, di mana sebanyak 90 persen pembeli merupakan Pelatih mancanegara. 

Selama acara berlangsung, game berbasis Augmented Reality (AR) tersebut menghadirkan pengalaman bermain yang flawless. Pelatih juga berkesempatan menjadi yang pertama mendapatkan dua Pokémon edisi Indonesia spesial, yaitu Pikachu berkemeja Batik dan Pikachu terbang berbalon spesial. 

APAC Lead of Emerging Market Niantic, Inc., Refael Siregar menekankan pentingnya menonjolkan budaya negara tuan rumah di setiap kesempatan. “Pikachu’s Indonesia Journey berhasil menyatukan elemen budaya Indonesia, terutama motif batik, dengan dunia Pokémon. Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan dampak positif yang signifikan pada pariwisata Indonesia sekaligus memperkuat keberadaan Pokémon GO di Indonesia,” katanya. 

“Kami berharap kehadiran Pikachu’s Indonesia Journey dapat menumbuhkan dan mendorong sektor pariwisata Indonesia. Ekosistem yang kuat antara The Pokémon Company, Pokémon GO, AKG, Garuda Indonesia, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka peluang besar bagi pengembangan destinasi pariwisata di negara ini. Kolaborasi ini tidak hanya memberikan pengalaman unik kepada para pelatih Pokémon GO, tetapi juga menciptakan sinergi positif dengan upaya mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata,” lanjutnya. 

Tak kalah menarik, para Pelatih juga memperoleh berbagai bonus in-game, menjalankan Penelitian Spesial, menangkap Pokémon Legendaris (Latias dan Latios), dan mendapatkan Kartu Lokasi berlatar belakang Monumen Bajra Sandhi. 

Acara ini juga mempersembahkan serangkaian aktivitas yang menarik. Beberapa di antaranya adalah Pokémon Run, Pikachu Splash Show, Pikachu EDM, Pikachu Meet and Greet, Pikachu Parade, serta penampilan spesial Pikachu dan JKT48. Antusiasme tak hanya datang dari dalam negeri, banyak turis mancanegara yang turut hadir dan menambah semaraknya acara ini. 

Corporate Officer Asia Business Division of The Pokémon Company, Susumu Fukunaga mengungkapkan, “Kami sangat antusias menyambut seluruh penggemar Pokémon di Indonesia

untuk Pikachu’s Indonesia Journey ini. Kami berharap dapat berbagi kegembiraan dengan masyarakat Bali dan menciptakan momen tak terlupakan bersama Pokémon.” 

Setelah Bali, Pikachu’s Indonesia Journey akan terus menjelajahi Nusantara dengan berkunjung ke kota lainnya, yaitu Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan ini, Instagram @Pokémon, dan Facebook Pokémon. 

Continue Reading

Event

Bstation Anime Carnival 2023 Sukses Buka Tahun dengan Meriah

Published

on

Bstation Anime Carnival 2023 Sukses Buka Tahun Dengan Meriah

gwigwi.com – Pada tanggal 13 & 14 Januari 2024, BStation Indonesia mengadakan Bstation Anime Carnival 2023 yang bertempat di Atrium Mal Artha Gading. Festival tahun ini dimeriahkan oleh para bintang Cosplayer seperti Yukimo, Punipun, Haruna, dan masih banyak lagi; ada juga award untuk para creator terbaik yang telah bergabung di Bstation, kompetisi-kompetisi untuk bidang Cosplay, Anisong, serta Coswalk. Tidak ketinggalan juga penampilan-penampilan keren dari para performer seperti Shirai Metal yang mengcover Baby Metal, Easy, Akemi, Yugen, dan masih banyak lagi yang amat menghibur pengunjung.

Anime Festival tidaklah lengkap tanpa menonton bersama anime yang sudah dilisensi oleh Muse Indonesia sebagai salah satu official partner event ini yang salah satunya adalah episode 1 Sokushi Cheat ga Saikyou Sugite, Isekai no Yatsura ga Marude Aite ni Naranai yang tipikal genre isekai (MC terlalu OP) tapi penuh kekocakan.

Festival ini dapat berjalan lancar dengan dukungan official partner antara lain: Muse Indonesia, Gopay, Unipin, Mobile Legend, Lapak Gaming, Garena, dan Black Clover (mobile). Para official partner ini memberikan banyak door prize dan pengunjung juga dapat mengikuti stamp rally untuk mendapatkan kesempatan memperoleh aneka hadiah. Walaupun area festival cukup terbatas namun antusiasme pengunjung (baik para otaku maupun awam) amatlah tinggi. Satu masukan bagi panitia, kiranya pada festival berikutnya saat kontes anisong, display dapat menampilkan cuplikan anime dari lagu yang dibawakan.

Terima kasih kepada Bstation Anime Carnival 2023 yang telah membuka event awal tahun dengan meriah, semoga festival berikutnya Gwiples dapat kembali menghadiri festival Bstation ini sebagai salah satu platform anime besar di Indonesia.

Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending