Connect with us

Event

Hal yang menarik ditemui di Comiket 87

Published

on

GwiGwi.com – Comic Market atau lebih dikenal sebagai Comiket adalah event doujinshi  terbesar di Jepang yang diadakan setahun 2 kali di Tokyo Big Sight convention center,  (pada saat musim panas – Natsukomi, dan pada saat musim dingin – Fuyukomi). Pertama kali diadakan pada tahun 1975 dengan hanya 32 circle yang berpatisipasi dan 600 pengunjung, pada Comiket 87 sendiri ada 11.700 doujin circle yang berpatisipasi dan dihadiri oleh hampir 560.000 pengunjung selama tiga hari. Event yang diadakan pada 28 sampai 30 Desember 2014 lalu ini bahkan memecahkan rekor pengunjung dua Fuyukomi sebelumnya (C85 520.000 dan C83 550.000).

Lalu apa saja hal yang menarik di comiket? Simak poin – poin berikut

  1. Comiket adalah sesuatu yg kolosal

Seperti yang disebutkan diatas, pengunjung comiket sangatlah banyak, hampir 500.000 lebih perhari selama 7 tahun terakhir, rata – rata 150.000 pengunjung perhari, bisa dibayangkan berapa panjang antrian orang yang ada di comiket? Bahkan beberpa orang rela menginap di luar Tokyo Big Sight agar bisa mendapatkan tempat di antrian. Meskipun beberapa tahun terakhir kegiatan menginap ini sudah dilarang, masih saja banyak orang yg melakukanya.

 

  1. Doujinshi adalah “harta karun”

Berbeda dengan konvensi konvensi berbau anime atau manga lainnya, poin utama dari Comiket adalah ekshibisi dan penjualan berbagai macam doujinshi dari berbagai macam anime, game, manga dan masih banyak lagi. Ya, berbagai doujinshi dari yang bisa dinikmati berbagai umur sampai dengan konten dewasa yang eksplisit dijual di event ini.

Ya, walaupun banyak salah kaprah mengasosiasikan doujinshi dengan konten dewasa, sebenarnya doujinshi berasal dari dunia sastra dan akademisi sebelum populer digunakan orang untuk mengekspresikan kesukaan mereka pada anime dan manga maupun produk –produk sub-kultur lainnya. Doujinshi adalah karya yang didanai dan diproduksi sendiri dalam berbagai bentuk seperti musik, game, manga, atau bahkan pakaian. Karena tujuan para pembuat doujinshi adalah mengekspresikan passion mereka bukan untuk mencari uang, hampir semua produk – produk doujinshi dibuat dalam jumlah yang terbatas. Meskipun, sangat naif kalau kita tidak mengakui para gadis mesum dan manga dengan konten dewasa bukan icon comiket.

 

  1. Variatif

Baik pengunjung dan doujin artist yang menghadiri comiket sangat bervariasi dari latar belakang sampai umur. Material doujinshi yang dijual pun sangat bervariasi, walau didominasi oleh manga, karya sastra, light novel, buku sejarah, alat olahraga, musik bahkan sampai pernak pernik militer dijual di Comiket.

 

  1. Gratis

Ya, untuk masuk ke Comiket tidak perlu melakukan reservasi ataupun menunggu antrian untuk membeli tiket masuk. Tidak perlu meyiapkan banyak uang untuk membeli tiket seperti konvensi lainnya, karena untuk masuk ke Comiket tidak dikenai biaya. Meskipun begitu para pengunjung disarankan untuk membeli katalog Comiket seharga 1800 yen yang beisi daftar lengkap semua partisipan, yang bisa membantu para pengunjung merencanakan “rute kunjungan” ke artist favorit mereka.

Baca Juga:  Foto-foto liputan keseruan Winter Comiket 96

 

 

  1. Perusahaan pun ikut berpartisipasi

Meskipun atraksi utama Comiket adalah ekshibisi dan penjualan doujinshi, ada beberapa area yang dikhususkan untuk booth perusahan yang berpatisipasi. Ada lebih dari 120 perusahaan dengan 150 booth berpatisipasi, dari publisher game, studio animasi, penerbit manga, produser musik, stasiun tv dan radio memamerkan produk – produk mereka.  Tak hanya itu, acara talk show, sesi pembagian tanda tangan dan jabat tangan, dan pembagian hadiah juga diadakan.

 

  1. Para Cosplayer yang Berdikasi

Para Cosplayer di Comiket memang selalu membuat orang dari seluruh dunia terkesima dengan dedikasi mereka. Kostum dengan detail yang luar biasa ataupun kostum mini super sexy pun bertebaran di Comiket kali ini. Meskipun suhu sangat dingin, para kosplayer tetap bersemangat berpose untuk orang – orang yang ingin mengambil foto mereka. (lebih lengkapnya tentang Cosplayer di C87 bisa dilihat artikel gwigwi yg ini).

 

  1. Musik Doujin yang Berkualitas

Masih termasuk dari bagian doujinshi, skena musik doujin menampakkan eksistensinya di Comiket. Ratusan circle membuat arrange musik touhou dengan berbagai genre seperti rock, metal, electronic, rap, dan jazz dengan kualitas yang tidak main – main. Tak hanya touhou, ada juga circle yang membuat arrange KanColle, musik anime & game, vocaloid bahkan lagu original mereka. Beberapa circle yang sudah cukup terkenal bahkan memiliki antrian super panjang dan barang yang mereka jual bisa ludes terjual dalam hitungan 2-3 jam saja.

RD-Sound

Panoram A Leaf

Yuuhei Catharsis

 

 

Event

Yuk intip Tokyo Comic Con 2018, surganya collectibles

Published

on

GwiGwi.com – Akhir pekan lalu, Tokyo Comic Con 2018 sukses di gelar di Makuhari Messe Chiba. Seperti apa keseruannya, kali ini gwimin baka share langsung foto-foto suasana disana dan pameran koleksi figur yang keren-keren.

Continue Reading

Lokal

Menuju C3 Anime Festival Asia Singapore 2018, tahun ke-10 event Pop Culture terbesar di ASEAN

Published

on

By

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia Singapore 2018 (#C3AFASG18) kembali lagi di tahun 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 30 November hingga 2 Desember 2018 di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Sebagai pengelola, SOZO telah sukses menyelenggarakan event pop culture Jepang terbesar di Asia Tenggara selama 10 tahun.

“10 tahun lalu, festival anime menjadi mimpi kami untuk dapat diselenggarakan secara profesional bagi para penggemarnya, termasuk saya sendiri yang sangat menikmati acara ini. Festival ini telah tumbuh dengan 25.000 pengunjung pada tahun pertama hingga 100.000 pengunjung tahun lalu. Saat ini kami berfokus untuk menghadirkan sajian yang memuaskan para pengunjung melalui konten dari Jepang yang uptodate.”  kata Shawn Chin, Direktur Pengelola C3 AFA’s Organiser dan SOZO.

Baik penggemar lokal dan luar Singapura akan menikmati akhir pekan yang mendebarkan melalui konten premium yang akan tersedia di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Spesial anniversary ke-10 #C3AFASG18 akan memiliki konten menarik baik online maun offline, termasuk berbagai aktivitas eksklusif seperti event karpet merah dan sebuah lelang amal online. Festival di lokasi juga tak kalah menarik melalui aktivitas baru seperti pertunjukkan anime, bintang tamu spesial dan jajaran musisi yang akan meramaikan konser I Love Anisong serta tak ketinggalan lomba cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit Singapore Preliminaries.

Penayangan perdana Eksklusif dan Bintang Tamu

C3AFASG18 akan menghadirkan penayangan anime yang paling diantisipasi tahun ini. Secara eksklusif, C3AFASG18 akan tayangkan episode pertama Mob Psycho 100 II yang mana akan rilis pada bulan Januari 2019.

C3AFASG18 juga akan dibanjiri bintang tamu spesialnya diantaranya voice actors Rika Abe dan Erii Yamazaki (pengisi suara dua bersaudara Hresvelgr dan Materia dari anime Frame Arms Girl), Minami Tanaka (pengisi suara Mary Saotome dari Kakegurui XX), Haruka Terui (pengisi suara Sarah dari Gundam Build Divers), Atsushi Abe (pengisi suara Toma Kamijo dari A Certain Magical Index III), Ai Furihata dan Shuka Saito (pengisi suaraRuby Kurosawa dan You Watanabe dari Love Live! Sunshine!!), Ai Kayano (pengisi suara Alice dari Sword Art Online Alicization), Mimori Suzuko dan Momoyo Koyama (pengisi suara Hikari Kagura dan Karen Aijo dari Revue Starlight) dan Sumire Morohoshi (pengisi suara Emma dari The Promised Neverland).

Baca Juga:  Foto-foto liputan keseruan Winter Comiket 96

Bintang tamu lainnya ada Eri Sasaki, seorang penyanyi yang lagi naik daun dengan lagu “Fuyubiyori” yang dibuat dan diaransemen sendiri, lagu tema dari anime Laid-Back Camp, dan nob-c, desain karakter dari The Price of Smiles sebuah project untuk perayaan anniversary ke-55 Tatsunoko Production, yang akan tayang pada bulan Januari 2019.

Merchandise eksklusif dan booth dengan tema unik

Sebuah booth eksklusif bertema Fate Grand Order, sebuah game RPG yang dikembangkan oleh FGO Projects, ELiGHTWORKS, Aniplex, dan Notes. Diangkat dari franchise Fate oleh TYPE-MOON. Di booth kamu bisa mendapat kesempatan giveaway dan foto bersama maskot Gudako.

Sebuah merchandise eksklusif seperti,T-shirt capsule collection dari Pop Team Epic, nendoroid Hatsune Miku dari Good Smile Company, Honkai Impact dari mi HoYo dan merchandise dari MUSE siap kamu bawa pulang.

Deretan cosplay terbaik akan berkumpul

C3AFASG18 akan kedatangan tamu cosplayer populer seperti Angie (Malaysia), Baozi & Hana (China), Hakken (Malaysia), Kaname☆ (Japan), Siutao (Hong Kong) dan Ying Tze (Malaysia). Selain itu juga ada HedY (Taiwan).

Pada tanggal 2 Desember 2018, empat tim akan beradu, Rithe & Kai, Melanie Joanne & Gearchi, Knife & Saiko, dan Disco Dandy & Jesmond, untuk berkesempatan menjadi wakil Singapura di kompetisi Cosplay Dunia di Jepang pada tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 nanti.

Continue Reading

Lokal

Save The Date JIYUU MATSURI 2018 kembali tanggal 3-4 November di Kampus A UNJ

Published

on

By

🎌HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta🎌 proudly presents:

🌈JIYUU MATSURI 2018🌈

🎊🌟”Art of Harajuku” 🌟🎊

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Jiyuu Matsuri mengambil tema unik yang terinspirasi dari kawasan populer di distrik Shibuya yaitu HARAJUKU ✨✨

Seperti yang kita ketahui, kawasan Harajuku sangat terkenal akan fashion, life style serta makanan yang yang unik dan kreatif sehingga banyak disorot oleh dunia loh~ 😆😆

Nahh, mau mencoba bagaimana keseruan tentang Harajuku? 💞💞

SAVE THE DATE!🎆🎆
📆: 3-4 November 2018
🏬: Kampus A, Universitas Negeri Jakarta

Baca Juga:  Foto-foto liputan keseruan Winter Comiket 96

🎉🎉DIBUKA UNTUK UMUM DAN GRATIS🎉🎉

Jangan lupa disave posternya ya!! 😆😆
Jika mina-san bingung, admin siap kok menjawab pertanyaan kalian~👍👍

Atau kalian bisa hubungi:
☎SMS/Whatsapp:
Listya 082213671936 ✉LINE ID: listyeay

Ayo~ Ramaikan dan rasakan keseruan ala Harajuku di Jiyuu Matsuri 2018!! 😆😆 🎆🎆🌟🌟
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🐤 Twitter: @Jimatunj
👥 Facebook: Jiyuu Matsuri UNJ
🆔 Line: @jimatunj
📷 Instagram: @jimatunj
📹 Youtube: Jiyuu Matsuri UNJ
📧 Email: acara.jimat@gmail.com
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
©HPD JIYUU MATSURI 2018

Continue Reading