Connect with us

Event

Hal yang menarik ditemui di Comiket 87

Published

on

GwiGwi.com – Comic Market atau lebih dikenal sebagai Comiket adalah event doujinshi  terbesar di Jepang yang diadakan setahun 2 kali di Tokyo Big Sight convention center,  (pada saat musim panas – Natsukomi, dan pada saat musim dingin – Fuyukomi). Pertama kali diadakan pada tahun 1975 dengan hanya 32 circle yang berpatisipasi dan 600 pengunjung, pada Comiket 87 sendiri ada 11.700 doujin circle yang berpatisipasi dan dihadiri oleh hampir 560.000 pengunjung selama tiga hari. Event yang diadakan pada 28 sampai 30 Desember 2014 lalu ini bahkan memecahkan rekor pengunjung dua Fuyukomi sebelumnya (C85 520.000 dan C83 550.000).

Lalu apa saja hal yang menarik di comiket? Simak poin – poin berikut

  1. Comiket adalah sesuatu yg kolosal

Seperti yang disebutkan diatas, pengunjung comiket sangatlah banyak, hampir 500.000 lebih perhari selama 7 tahun terakhir, rata – rata 150.000 pengunjung perhari, bisa dibayangkan berapa panjang antrian orang yang ada di comiket? Bahkan beberpa orang rela menginap di luar Tokyo Big Sight agar bisa mendapatkan tempat di antrian. Meskipun beberapa tahun terakhir kegiatan menginap ini sudah dilarang, masih saja banyak orang yg melakukanya.

 

  1. Doujinshi adalah “harta karun”

Berbeda dengan konvensi konvensi berbau anime atau manga lainnya, poin utama dari Comiket adalah ekshibisi dan penjualan berbagai macam doujinshi dari berbagai macam anime, game, manga dan masih banyak lagi. Ya, berbagai doujinshi dari yang bisa dinikmati berbagai umur sampai dengan konten dewasa yang eksplisit dijual di event ini.

Ya, walaupun banyak salah kaprah mengasosiasikan doujinshi dengan konten dewasa, sebenarnya doujinshi berasal dari dunia sastra dan akademisi sebelum populer digunakan orang untuk mengekspresikan kesukaan mereka pada anime dan manga maupun produk –produk sub-kultur lainnya. Doujinshi adalah karya yang didanai dan diproduksi sendiri dalam berbagai bentuk seperti musik, game, manga, atau bahkan pakaian. Karena tujuan para pembuat doujinshi adalah mengekspresikan passion mereka bukan untuk mencari uang, hampir semua produk – produk doujinshi dibuat dalam jumlah yang terbatas. Meskipun, sangat naif kalau kita tidak mengakui para gadis mesum dan manga dengan konten dewasa bukan icon comiket.

 

  1. Variatif

Baik pengunjung dan doujin artist yang menghadiri comiket sangat bervariasi dari latar belakang sampai umur. Material doujinshi yang dijual pun sangat bervariasi, walau didominasi oleh manga, karya sastra, light novel, buku sejarah, alat olahraga, musik bahkan sampai pernak pernik militer dijual di Comiket.

 

  1. Gratis

Ya, untuk masuk ke Comiket tidak perlu melakukan reservasi ataupun menunggu antrian untuk membeli tiket masuk. Tidak perlu meyiapkan banyak uang untuk membeli tiket seperti konvensi lainnya, karena untuk masuk ke Comiket tidak dikenai biaya. Meskipun begitu para pengunjung disarankan untuk membeli katalog Comiket seharga 1800 yen yang beisi daftar lengkap semua partisipan, yang bisa membantu para pengunjung merencanakan “rute kunjungan” ke artist favorit mereka.

Baca Juga:  Ini dia Line Up Bintang Tamu untuk Creators Super Fest 2019 Surabaya & Jakarta!

 

 

  1. Perusahaan pun ikut berpartisipasi

Meskipun atraksi utama Comiket adalah ekshibisi dan penjualan doujinshi, ada beberapa area yang dikhususkan untuk booth perusahan yang berpatisipasi. Ada lebih dari 120 perusahaan dengan 150 booth berpatisipasi, dari publisher game, studio animasi, penerbit manga, produser musik, stasiun tv dan radio memamerkan produk – produk mereka.  Tak hanya itu, acara talk show, sesi pembagian tanda tangan dan jabat tangan, dan pembagian hadiah juga diadakan.

 

  1. Para Cosplayer yang Berdikasi

Para Cosplayer di Comiket memang selalu membuat orang dari seluruh dunia terkesima dengan dedikasi mereka. Kostum dengan detail yang luar biasa ataupun kostum mini super sexy pun bertebaran di Comiket kali ini. Meskipun suhu sangat dingin, para kosplayer tetap bersemangat berpose untuk orang – orang yang ingin mengambil foto mereka. (lebih lengkapnya tentang Cosplayer di C87 bisa dilihat artikel gwigwi yg ini).

 

  1. Musik Doujin yang Berkualitas

Masih termasuk dari bagian doujinshi, skena musik doujin menampakkan eksistensinya di Comiket. Ratusan circle membuat arrange musik touhou dengan berbagai genre seperti rock, metal, electronic, rap, dan jazz dengan kualitas yang tidak main – main. Tak hanya touhou, ada juga circle yang membuat arrange KanColle, musik anime & game, vocaloid bahkan lagu original mereka. Beberapa circle yang sudah cukup terkenal bahkan memiliki antrian super panjang dan barang yang mereka jual bisa ludes terjual dalam hitungan 2-3 jam saja.

RD-Sound

Panoram A Leaf

Yuuhei Catharsis

 

 

Event

Ini dia Line Up Bintang Tamu untuk Creators Super Fest 2019 Surabaya & Jakarta!

Published

on

By

GwiGwi.com – Ajang kreativitas anak muda di tahun ketiganya yang masih membawa pilar Art, Musik, Cosplayer dan Games : CREATOR SUPER FEST, bersiap membawa deretan LINE UP kreator regional dari negara Indonesia dan kreator negara ASIA, dari ranah Cosplay (Costume Player), Anisong Music, Doujin (Fan Art), Games dan masih banyak lagi dalam sebuah wadah kreativitas selama 2 hari di 2 (dua) kota!


  • Creator Super Fest 2019 : SURABAYA
    Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 Surabaya
    Sabtu & Minggu, 31 Agustus – 01 September 2019
  • Creator Super Fest 2019 : JAKARTA
    SMESCO Exhibition Hall Jakarta
    Sabtu & Minggu, 26 & 27 Oktober 2019

Ajang yang setiap tahunnya diramaikan lebih dari 11.000 Visitors, menjadi titik temu antar komunitas yang paling ditunggu seperti Komunitas Wibu (penggemar budaya jepang), Cosplayer (kostum player performance), Die Hard Gamers & Pop Culture Lovers.

Deretan Official LINE UP Performer dan Featured Guest di 2 hari ajang #CSF19 SURABAYA selengkapnya :

  1. Featured Guest Cosplayer : Mon (Taiwan)
  2. Featured Guest Cosplayer : Heyleydia (Thailand)
  3. Featured Guest Cosplayer : Nekonoi Katsu (Indonesia)

Mainkan lightstickmu dan bergoyang bersama setlist elektronik menghentak khas Anisong :

  1. Featured Guest Musician : D-Yama (from Akihabara Mogra) (Japan)
  2. Featured Guest Musician : Vibetronic (Indonesia)
  3. Featured Guest Musician : Soba (Indonesia)

Sensasi Virtual Talent paling populer di ASIA juga tak luput hadir di Main Stage #CSF19. Pengunjung Main Stage CSF dapat berekspresi dan berinteraksi live di sesi Talkshow bersama Virtual Talent favoritnya.

Baca Juga:  Ini dia Line Up Bintang Tamu untuk Creators Super Fest 2019 Surabaya & Jakarta!

Temukan update LINE UP Virtual Talent CSF19 di Official Web & FB Fanpage Creator Super Fest

2 hari Ajang Creator Super Fest tidak lengkap tanpa adanya kompetisi berbasis community, diantaranya pengunjung bisa mendaftar keikutsertaan untuk ikut berkompetisi dan beraksi di Main Stage CSF Surabaya & Jakarta, dengan mengikuti tiga kompetisi seru yang ditunggu setiap tahunnya: 

  • COSPLAY COMPETITION
  • ART DUEL BATTLE TOURNAMENT
  • GAMES TOURNAMENT

Pemenang kompetisi dapat membawa pulang hadiah berupa jutaan uang tunai persembahan dari CSF Official Sponsor – Tabungan Indie Account CIMB Niaga.

Daily Pass CSF19 bisa didapatkan di Official Web Tokopedia
Online (Early Bird) Rp 55.000 & On The Spot (di masing masing venue) Rp 68.000

Get connected with CREATORS SUPER FEST 2019 :
Official Site                            : http://creatorsuperfest.com/
Official Facebook                  : https://www.facebook.com/creatorssuperfest/
Official Hashtag                    : #CSF19
Exhibitor Email                     : csf@sozo.sg

Exhibitor Creator Super Fest membuka pendaftaran untuk Creator (Anime, Manga Comic, Toys & Hobby) & Corporate (Product, Game Publishers & Education) untuk kebutuhan Activation & Booth di Venue CSF Surabaya & Jakarta, kontak csf@sozo.sg untuk informasi lebih lanjut .

Continue Reading

Event

Gelar Jepang Universitas Indonesia ke-25 akan digelar 2-4 Agustus

Published

on

By

GwiGwi.com – Himpunan Mahasiswa Japanologi FIB UI kembali lagi tahun ini dengan festival budaya Jepang populer, Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI)! Pada penyelenggaraannya yang ke-25, GJUI memilih Timeless Memories sebagai tema untuk membangkitkan rasa nostalgia terhadap kebudayaan Jepang yang populer sejak tahun 90-an di Indonesia. GJUI 25 akan diadakan pada 2, 3, dan 4 Agustus 2019, di Universitas Indonesia, Depok.

Pada tahun ini, GJUI 25 mendatangkan bintang tamu internasional: Kei Takebuchi, artis solo asal Jepang yang terkenal melalui karirnya sebagai vokalis grup Goose.House. Selain Kei Takebuchi, sejumlah performer ternama lainnya seperti band The Heavenly Project, grup idol Shojo Complex, Nanairo Symphony, HYDRA, HoneybeaT, komunitas DJ Otagroove, serta solois Nia dari KAORI Nusantara juga siap meramaikan panggung GJUI 25. Penampilan yang dibawakan para performer dijamin akan membangkitkan rasa nostalgia penonton terhadap budaya Jepang!

Baca Juga:  Gelar Jepang Universitas Indonesia ke-25 akan digelar 2-4 Agustus

Tidak hanya pertunjukan musik, banyak rangkaian acara lainnya yang dapat dinikmati di GJUI 25. Dari lomba-lomba seperti dance cover dan cosplay, workshop budaya Jepang seperti karuta dan shodou bersama para pembicara ahli, berbagai pertunjukan budaya Jepang seperti yosakoi dan omikoshi, rumah hantu Jepang, bazaar kuliner dan aksesoris “Jejepangan”, dan masih banyak lagi! GJUI 25 juga menawarkan paket-paket Meet & Greet bersama Kei Takebuchi, lho!

Hari pertama dan kedua GJUI 25 akan diadakan di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia dan tidak dipungut biaya. Hari ketiga, dengan penampilan para bintang tamu, akan diadakan di Lapangan Parkir FPsiko-FISIP Universitas Indonesia, dengan tiket masuk on the spot seharga Rp40.000.

Yuk, datang dan ramaikan Gelar Jepang UI 25!

Website: www.gelarjepang.com
Twitter & Instagram: @gelarjepangui
Facebook: Gelar Jepang Universitas Indonesia
LINE@: @gelarjepang_ui

Continue Reading

Lokal

Holiday Fest – Coswalk Indonesia di Airport Pertama! Angkasa Pura II Jakarta

Published

on

By

COSWALK DI AIRPORT?! Kenapa tidak? Kali ini kita lagi ke event Coswalk di Airport yang pertama kali diadakan di Halal Park Terminal 3 – Soekarno Hatta, Indonesia Jakarta. Coswalk ini diiringi oleh lagu-lagu Anisong yang cukup dikenal orang, dan tentunya yang unik adalah ini event jejepangan pertama yang diadakan di Airport di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement SGCC 2019
Advertisement DICARI REPORTER
Advertisement

GwiGwi Space

GWIDEV

Trending