Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Event

Hal yang menarik ditemui di Comiket 87

Published

on

GwiGwi.com – Comic Market atau lebih dikenal sebagai Comiket adalah event doujinshi  terbesar di Jepang yang diadakan setahun 2 kali di Tokyo Big Sight convention center,  (pada saat musim panas – Natsukomi, dan pada saat musim dingin – Fuyukomi). Pertama kali diadakan pada tahun 1975 dengan hanya 32 circle yang berpatisipasi dan 600 pengunjung, pada Comiket 87 sendiri ada 11.700 doujin circle yang berpatisipasi dan dihadiri oleh hampir 560.000 pengunjung selama tiga hari. Event yang diadakan pada 28 sampai 30 Desember 2014 lalu ini bahkan memecahkan rekor pengunjung dua Fuyukomi sebelumnya (C85 520.000 dan C83 550.000).

Maaf Anda Melihat Iklan

Lalu apa saja hal yang menarik di comiket? Simak poin – poin berikut

  1. Comiket adalah sesuatu yg kolosal

Seperti yang disebutkan diatas, pengunjung comiket sangatlah banyak, hampir 500.000 lebih perhari selama 7 tahun terakhir, rata – rata 150.000 pengunjung perhari, bisa dibayangkan berapa panjang antrian orang yang ada di comiket? Bahkan beberpa orang rela menginap di luar Tokyo Big Sight agar bisa mendapatkan tempat di antrian. Meskipun beberapa tahun terakhir kegiatan menginap ini sudah dilarang, masih saja banyak orang yg melakukanya.

 

  1. Doujinshi adalah “harta karun”

Berbeda dengan konvensi konvensi berbau anime atau manga lainnya, poin utama dari Comiket adalah ekshibisi dan penjualan berbagai macam doujinshi dari berbagai macam anime, game, manga dan masih banyak lagi. Ya, berbagai doujinshi dari yang bisa dinikmati berbagai umur sampai dengan konten dewasa yang eksplisit dijual di event ini.

Ya, walaupun banyak salah kaprah mengasosiasikan doujinshi dengan konten dewasa, sebenarnya doujinshi berasal dari dunia sastra dan akademisi sebelum populer digunakan orang untuk mengekspresikan kesukaan mereka pada anime dan manga maupun produk –produk sub-kultur lainnya. Doujinshi adalah karya yang didanai dan diproduksi sendiri dalam berbagai bentuk seperti musik, game, manga, atau bahkan pakaian. Karena tujuan para pembuat doujinshi adalah mengekspresikan passion mereka bukan untuk mencari uang, hampir semua produk – produk doujinshi dibuat dalam jumlah yang terbatas. Meskipun, sangat naif kalau kita tidak mengakui para gadis mesum dan manga dengan konten dewasa bukan icon comiket.

 

  1. Variatif

Baik pengunjung dan doujin artist yang menghadiri comiket sangat bervariasi dari latar belakang sampai umur. Material doujinshi yang dijual pun sangat bervariasi, walau didominasi oleh manga, karya sastra, light novel, buku sejarah, alat olahraga, musik bahkan sampai pernak pernik militer dijual di Comiket.

 

  1. Gratis

Ya, untuk masuk ke Comiket tidak perlu melakukan reservasi ataupun menunggu antrian untuk membeli tiket masuk. Tidak perlu meyiapkan banyak uang untuk membeli tiket seperti konvensi lainnya, karena untuk masuk ke Comiket tidak dikenai biaya. Meskipun begitu para pengunjung disarankan untuk membeli katalog Comiket seharga 1800 yen yang beisi daftar lengkap semua partisipan, yang bisa membantu para pengunjung merencanakan “rute kunjungan” ke artist favorit mereka.

Baca Juga:  Kreator Lokal Bawa Pulang Peralatan Buat Konten Dari Bstation, GRATIS!

 

 

  1. Perusahaan pun ikut berpartisipasi

Meskipun atraksi utama Comiket adalah ekshibisi dan penjualan doujinshi, ada beberapa area yang dikhususkan untuk booth perusahan yang berpatisipasi. Ada lebih dari 120 perusahaan dengan 150 booth berpatisipasi, dari publisher game, studio animasi, penerbit manga, produser musik, stasiun tv dan radio memamerkan produk – produk mereka.  Tak hanya itu, acara talk show, sesi pembagian tanda tangan dan jabat tangan, dan pembagian hadiah juga diadakan.

 

  1. Para Cosplayer yang Berdikasi

Para Cosplayer di Comiket memang selalu membuat orang dari seluruh dunia terkesima dengan dedikasi mereka. Kostum dengan detail yang luar biasa ataupun kostum mini super sexy pun bertebaran di Comiket kali ini. Meskipun suhu sangat dingin, para kosplayer tetap bersemangat berpose untuk orang – orang yang ingin mengambil foto mereka. (lebih lengkapnya tentang Cosplayer di C87 bisa dilihat artikel gwigwi yg ini).

 

  1. Musik Doujin yang Berkualitas

Masih termasuk dari bagian doujinshi, skena musik doujin menampakkan eksistensinya di Comiket. Ratusan circle membuat arrange musik touhou dengan berbagai genre seperti rock, metal, electronic, rap, dan jazz dengan kualitas yang tidak main – main. Tak hanya touhou, ada juga circle yang membuat arrange KanColle, musik anime & game, vocaloid bahkan lagu original mereka. Beberapa circle yang sudah cukup terkenal bahkan memiliki antrian super panjang dan barang yang mereka jual bisa ludes terjual dalam hitungan 2-3 jam saja.

RD-Sound

[youtube id=”gtnsfUZPEF0″ width=”600″ height=”340″ position=”left”]

Panoram A Leaf

[youtube id=”XXcfn2GJ1eE” width=”600″ height=”340″ position=”left”]

Yuuhei Catharsis

[youtube id=”kejms1DxTII” width=”600″ height=”340″ position=”left”]

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Event

IdeaFest 2022 “Reality Re:defined” Acara Kolaborasi Akbar Ratusan Insan dan Komunitas Industri Kreatif Indonesia Resmi Digelar

Published

on

GwiGwi.com – Kembali tunjukkan komitmen untuk memberikan wadah kolaborasi transformatif untuk ide segar para insan dan komunitas kreatif, IdeaFest 2022 sebagai gelaran milik komunitas kreatif Indonesia hadir dengan beragam program kolaborasi yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Sesuai dengan tema “Reality Re:defined” yang diusung tahun ini, IdeaFest 2022 bekerja sama dengan lebih dari 180 pelaku kreatif, lebih dari 30 komika, dan lebih dari 30 tenant kuliner untuk menghadirkan lebih dari 100 sesi dan lebih dari puluhan experiential booth. Program IdeaFest 2022 meliputi Conference, IdeaTalks, Utopia Blok:verse, IdeaFest Music, Lucu Fest, Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, NexSpace pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Maaf Anda Melihat Iklan

Menyambut datangnya optimisme baru dalam fase transisi menuju masa endemi, IdeaFest mengedepankan berbagai peluang baru yang dapat berkontribusi dalam akselerasi ekonomi kreatif Indonesia. IdeaFest 2022 yang kembali dilaksanakan secara offline  membahas berbagai isu terkini melalui program-program inspiratif sebagai wadah untuk menghubungkan dan mengembangkan potensi masyarakat. Tak hanya itu, perhelatan ini akan menjadi fasilitator pelaku industri kreatif nasional maupun internasional untuk berbagi ide, wawasan, hiburan, dan aneka terobosan kreatif yang dapat meningkatkan kolaborasi yang impactful.

Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto memaparkan bahwa IdeaFest 2022 percaya bahwa melalui kolaborasi, komunitas kreatif di Indonesia dapat bergerak bersama untuk menciptakan karya yang berdampak bagi ekonomi negara dalam jangka panjang. “Setelah berhadapan dengan pandemi selama lebih dari dua tahun, kini dunia perlahan pulih dengan sendirinya, dan kami sadar kemajuan teknologi saat ini menjadikan kolaborasi lebih bebas hambatan. IdeaFest 2022 bermitra dengan berbagai komunitas dan program partners dalam upaya memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi akan menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat sehari-hari kedepannya pasca pandemi. Sehingga setiap hal yang dihadirkan tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki daya guna dan manfaat secara sustainable.” ucap Ben.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia turut mengapresiasi IdeaFest sebagai collaborative platform untuk mendorong perkembangan industri kreatif yang saat ini memiliki persentase yang besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Saat ini, Kemenparekraf Indonesia memiliki 17 subsektor ekonomi kreatif yang sedang aktif berkembang. Kemenparekraf sendiri sedang mendorong upscaling, rescaling, dan yang paling penting newscaling. Kalau kita melihat dari data yang kita punya sekarang, sektor yang memberikan kontribusi terbesar ke ekonomi Indonesia, ekonomi kreatif menempati posisi ketiga. Oleh karena itu, gunakan IdeaFest 2022 untuk meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia sekaligus peningkatan taraf hidup masyarakat. IdeaFest menjadi platform yang dibutuhkan saat ini untuk menghadirkan inovasi, adaptasi, kolaborasi untuk generasi Indonesia.” ujar Sandiaga.

Diselenggarakan selama empat hari, IdeaFest 2022 akan menghadirkan pengalaman lebih intim dengan pengunjung secara langsung. Menyisiri spektrum-spektrum industri kreatif, perhelatan ini juga akan mengajak pengunjung untuk membahas Web 3 dan aplikasi blockchain dalam ekosistem industri di Blok:verse serta mempersembahkan hiburan dari nama-nama terkemuka dalam panggung IdeaFest Music dan Lucu Fest. Melalui sinergi yang terbangun, keseluruhan rangkaian acara diharapkan dapat membawa kegembiraan lebih jauh dengan memperluas jangkauan khalayak industri kreatif Indonesia.

Baca Juga:  Kreator Lokal Bawa Pulang Peralatan Buat Konten Dari Bstation, GRATIS!

Pada gelaran tahun ini, IdeaFest 2022 memiliki jajaran tim Braintrust yang secara khusus mengkurasi berbagai isu dan fenomena spesifik, seperti Art, Women Interest, Fashion & Streetwear, Media & Advertising, Content, Urban & Culture, Wellness, Entrepreneurship, Music, Activism & ESG, Lifestyle, dan Design.

Berkomitmen untuk memberikan kolaborasi tak terlupakan, IdeaFest 2022 menggandeng sejumlah partner antara lain Double Deer Group, Indozone, Majelis Lucu Indonesia (MLI), Makna, Manual Jakarta, Pemimpin.id, TFR, Volix, Utopia, 11th Space dan lain sebagainya. Bersama para partner, IdeaFest mempersembahkan deretan program inspiratif untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu, IdeaFest 2022 juga turut mengundang seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami. Selain dikenal sebagai seniman dengan deretan karya dan kolaborasi bergengsi, Takashi juga merupakan pelopor dari Clone X – X Murakami. Pada gelaran IdeaFest tahun ini, IdeaFest menghadirkan sosok maskot metahuman bernama Drea sebagai host. Mulai hari ini, pengunjung akan disambut dengan teknologi mutakhir ini dan berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan Drea saat memasuki entrance utama dari IdeaFest 2022.

Selain berbagai program menarik di atas, IdeaFest 2022 juga mengajak pengunjung untuk re:cultivate potensi mereka dan re:connect dengan ratusan figur inspiratif melalui Conference dan IdeaTalks. Dalam gelaran Conference, IdeaFest 2022 mempersembahkan satu hari yang khusus mengajak pengunjung untuk untuk membahas berbagai fenomena terkini bersama para game-changer lintas industri di Indonesia seperti Aji Handoko, Cinta Laura Kiehl, Denica Flesch, Edward Tirtanata, Manoj Punjabi, Maudy Ayunda, Muhammad Sadad, serta puncak acara yang menghadirkan seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami.

Pengunjung juga dapat menikmati beragam diskusi menarik yang penuh dengan ide dan terobosan mutakhir dalam IdeaTalks bersama Alamanda Shantika, Andra Matin, Ariel Tatum, Ario Pratomo, Erika Richardo, Ferry Irwandi, Iben M.A., Iyas Lawrence, Raymond Chin, WD Willy, Vidi Aldiano, Gita Wirjawan, Nadiem Makarim, dan Dwi Sasetyaningtyas, berbagai penampilan komedi oleh Tretan Muslim, Coki, Deddy Corbuzier, GJLS, dan Dodit Maulana, serta penampilan di IdeaFest Music oleh Aulion, RAN, dan Feel Koplo.

Melalui program dan pembicara yang dihadirkan, IdeaFest 2022 diharapkan dapat menjadi referensi terkini bagi insan kreatif dan menciptakan kolaborasi lintas industri. Kegiatan IdeaFest 2022 turut dimeriahkan oleh beberapa sponsor yang berpartisipasi pada penyelenggaraan tahun ini seperti official e-commerce partner Blibli, Unilever, Indomie, Pop Mie, Indomilk Susu Steril, Chitato Lite, BCA, dan masih banyak lagi.

IdeaFest merupakan salah satu Intellectual Property dari Samara Live. Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2022 silakan kunjungi website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

Pendaftaran Acara Young Talent Movie Festival Resmi Ditutup!

Published

on

GwiGwi.com – Menutup tanggal 20 November kemarin, tahap pendaftaran acara Young Talent Movie Festival telah resmi berakhir. Kali ini, para peserta akan memasuki tahap selanjutnya, yaitu verifikasi data dan pengunggahan karya.

Maaf Anda Melihat Iklan

Perlu diketahui, kompetisi ini secara resmi dibuka sejak 1 November 2022. Adapun sebelum melakukan verifikasi dan unggah karya, peserta yang terdaftar diwajibkan untuk mengikuti proses technical meeting pada 21 November 2022. Dalam waktu tersebut, syarat, ketentuan, dan segala macam petunjuk teknis akan dijelaskan lebih lengkap.

Setelah itu, peserta dapat mendaftarkan karya mereka mulai dari tanggal 21 hingga 23 November. Para pemenang terbaik akan diumumkan pada Malam Puncak Acara pada tanggal 3 Desember 2022. 

Young Talent Movie Festival merupakan bentuk apresiasi TALENTHUB KEMNAKER bersama CINEVERSE terhadap minat dan bakat “Generasi Muda” atas ide-ide dan kreativitas mereka yang tak terbatas. Acara ini akan meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya penghargaan dan perlindungan karya intelektual.

Young Talent Movie Festival ditujukan untuk mahasiswa dan masyarakat umum di bawah 25 tahun. Para peserta tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti kompetisi. Dalam acara ini, peserta dapat mengumpulkan beragam tema atau genre film pendek. Kategori film pendek akan dibagi menjadi 2, yaitu: Film Pendek dan Film Pendek Animasi.

Baca Juga:  Pendaftaran Acara Young Talent Movie Festival Resmi Ditutup!

TALENTHUB KEMNAKER merupakan sebuah Gerakan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak muda khususnya pada generasi millenials dan Gen Z di bidang kreatif dan digital. Adapun CINEVERSE merupakan platform dan portal media online yang membahas berita seputar film, mulai dari review film, berita film terkini, dan semua hal yang berkaitan tentang dunia perfilman, baik industri perfilman di Indonesia maupun internasional.

Melalui kolaborasi ini, kami nantikan karya-karya film pendek terbaik kalian di Young Talent Movie Festival 2022. Untuk informasi lebih lanjut, pantau terus sosial media Cineverse (@cineverse.id) di Instagram, Twitter, atau Facebook.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Pokémon Festival Jakarta Siap Digelar Mulai 8 Desember 2022

Published

on

GwiGwi.com – AKG Entertainment siap menggelar Festival Pokémon terbesar di Indonesia. Event bertajuk Pokémon Festival Jakarta ini akan berlangsung mulai 8 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Festival ini akan menjadi acara Pokémon terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

“Tahun ini, kami siap menghadirkan Pokémon Festival di Jakarta. Kami optimistis Pokémon Festival Jakarta tidak hanya menjadi destinasi akhir tahun bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga penggemar Pokémon di Asia Tenggara,” kata Christina Lim, General Manager AKG Entertainment, penyelenggara Pokémon Festival Jakarta.

“Penyelenggaraan Pokémon Festival Jakarta pada tahun ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan Pokémon di Indonesia. Tidak hanya berbagai merchandise Pokémon yang banyak diminati, saat ini komunitas Pokémon Game Kartu Koleksi juga terus tumbuh di berbagai daerah di Indonesia,” tambah Christina.

Mengusung tema #MainBarengPokémon, Pokémon Festival Jakarta diharapkan dapat mengumpulkan para penggemar Pokémon lewat berbagai aktivitas dan kompetisi. Beberapa di antaranya adalah kompetisi lari Pokémon Run, lomba Pokémon Dance untuk anak usia 4-6 tahun, Pikachu Parade, serta Meet & Greet dengan maskot Pokémon setiap akhir pekan.

Serangkaian turnamen dan event Pokémon Game Kartu Koleksi juga telah disiapkan bagi para pemain Pokémon Game Kartu Koleksi, lengkap dengan kartu-kartu promo spesial yang dapat dikoleksi. Regional League Pokémon Game Kartu Koleksi juga akan diadakan pada 15 Desember di Menara Indomaret yang dapat diakses lewat PIK Avenue. Ada juga stan Pokémon GO dan Pokémon UNITE bagi pengunjung festival untuk bermain game Pokémon bersama komunitas pecinta Pokémon.

Baca Juga:  TALENTHUB KEMNAKER BERKOLABORASI DENGAN CINEVERSE HADIRKAN ACARA YOUNG TALENT MOVIE FESTIVAL 2022

Pokémon Festival Jakarta dapat terselenggara berkat dukungan dari The Pokémon Company dan Agung Sedayu Group. Sebagai sponsor, The Pokémon Company membantu kami merencanakan dan merancang festival. Sementara, di sisi lain, Agung Sedayu Group telah mendedikasikan Pantai Indah Kapuk untuk menjadi arena untuk Pokémon Festival Jakarta,” ujar Christina. “Sepanjang Desember hingga awal Januari, kami mengundang masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara untuk datang dan bermain bersama Pokémon di PIK Avenue dan PIK Golf Island.”

Tidak dikenakan biaya masuk untuk datang ke Pokémon Festival Jakarta. Pengunjung bisa langsung datang dan berkeliling di area festival. Jadwal acara dan informasi seputar festival dapat dilihat melalui laman resmi http://pokemonfestival-id.com, serta media sosial @pokemonofficial.id. (DION/AKG)

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x