Connect with us

Event

Hal yang menarik ditemui di Comiket 87

Published

on

GwiGwi.com – Comic Market atau lebih dikenal sebagai Comiket adalah event doujinshi  terbesar di Jepang yang diadakan setahun 2 kali di Tokyo Big Sight convention center,  (pada saat musim panas – Natsukomi, dan pada saat musim dingin – Fuyukomi). Pertama kali diadakan pada tahun 1975 dengan hanya 32 circle yang berpatisipasi dan 600 pengunjung, pada Comiket 87 sendiri ada 11.700 doujin circle yang berpatisipasi dan dihadiri oleh hampir 560.000 pengunjung selama tiga hari. Event yang diadakan pada 28 sampai 30 Desember 2014 lalu ini bahkan memecahkan rekor pengunjung dua Fuyukomi sebelumnya (C85 520.000 dan C83 550.000).

Maaf Anda Melihat Iklan

Lalu apa saja hal yang menarik di comiket? Simak poin – poin berikut

  1. Comiket adalah sesuatu yg kolosal

Seperti yang disebutkan diatas, pengunjung comiket sangatlah banyak, hampir 500.000 lebih perhari selama 7 tahun terakhir, rata – rata 150.000 pengunjung perhari, bisa dibayangkan berapa panjang antrian orang yang ada di comiket? Bahkan beberpa orang rela menginap di luar Tokyo Big Sight agar bisa mendapatkan tempat di antrian. Meskipun beberapa tahun terakhir kegiatan menginap ini sudah dilarang, masih saja banyak orang yg melakukanya.

 

  1. Doujinshi adalah “harta karun”

Berbeda dengan konvensi konvensi berbau anime atau manga lainnya, poin utama dari Comiket adalah ekshibisi dan penjualan berbagai macam doujinshi dari berbagai macam anime, game, manga dan masih banyak lagi. Ya, berbagai doujinshi dari yang bisa dinikmati berbagai umur sampai dengan konten dewasa yang eksplisit dijual di event ini.

Ya, walaupun banyak salah kaprah mengasosiasikan doujinshi dengan konten dewasa, sebenarnya doujinshi berasal dari dunia sastra dan akademisi sebelum populer digunakan orang untuk mengekspresikan kesukaan mereka pada anime dan manga maupun produk –produk sub-kultur lainnya. Doujinshi adalah karya yang didanai dan diproduksi sendiri dalam berbagai bentuk seperti musik, game, manga, atau bahkan pakaian. Karena tujuan para pembuat doujinshi adalah mengekspresikan passion mereka bukan untuk mencari uang, hampir semua produk – produk doujinshi dibuat dalam jumlah yang terbatas. Meskipun, sangat naif kalau kita tidak mengakui para gadis mesum dan manga dengan konten dewasa bukan icon comiket.

 

  1. Variatif

Baik pengunjung dan doujin artist yang menghadiri comiket sangat bervariasi dari latar belakang sampai umur. Material doujinshi yang dijual pun sangat bervariasi, walau didominasi oleh manga, karya sastra, light novel, buku sejarah, alat olahraga, musik bahkan sampai pernak pernik militer dijual di Comiket.

 

  1. Gratis

Ya, untuk masuk ke Comiket tidak perlu melakukan reservasi ataupun menunggu antrian untuk membeli tiket masuk. Tidak perlu meyiapkan banyak uang untuk membeli tiket seperti konvensi lainnya, karena untuk masuk ke Comiket tidak dikenai biaya. Meskipun begitu para pengunjung disarankan untuk membeli katalog Comiket seharga 1800 yen yang beisi daftar lengkap semua partisipan, yang bisa membantu para pengunjung merencanakan “rute kunjungan” ke artist favorit mereka.

 

 

  1. Perusahaan pun ikut berpartisipasi

Meskipun atraksi utama Comiket adalah ekshibisi dan penjualan doujinshi, ada beberapa area yang dikhususkan untuk booth perusahan yang berpatisipasi. Ada lebih dari 120 perusahaan dengan 150 booth berpatisipasi, dari publisher game, studio animasi, penerbit manga, produser musik, stasiun tv dan radio memamerkan produk – produk mereka.  Tak hanya itu, acara talk show, sesi pembagian tanda tangan dan jabat tangan, dan pembagian hadiah juga diadakan.

 

  1. Para Cosplayer yang Berdikasi

Para Cosplayer di Comiket memang selalu membuat orang dari seluruh dunia terkesima dengan dedikasi mereka. Kostum dengan detail yang luar biasa ataupun kostum mini super sexy pun bertebaran di Comiket kali ini. Meskipun suhu sangat dingin, para kosplayer tetap bersemangat berpose untuk orang – orang yang ingin mengambil foto mereka. (lebih lengkapnya tentang Cosplayer di C87 bisa dilihat artikel gwigwi yg ini).

 

  1. Musik Doujin yang Berkualitas

Masih termasuk dari bagian doujinshi, skena musik doujin menampakkan eksistensinya di Comiket. Ratusan circle membuat arrange musik touhou dengan berbagai genre seperti rock, metal, electronic, rap, dan jazz dengan kualitas yang tidak main – main. Tak hanya touhou, ada juga circle yang membuat arrange KanColle, musik anime & game, vocaloid bahkan lagu original mereka. Beberapa circle yang sudah cukup terkenal bahkan memiliki antrian super panjang dan barang yang mereka jual bisa ludes terjual dalam hitungan 2-3 jam saja.

RD-Sound

Panoram A Leaf

Yuuhei Catharsis

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Mancanegara

Zombieland Saga LIVE ~FranChouChou Saga yo tomoni waite kure~

Published

on

By

GwiGwi.com – Acara LIVE terbesar dalam sejarah anime TV “Zombieland Saga Revenge”, “Zombieland Saga LIVE -FranChouChou Saga yo tomoni waite kure” akan diadakan!

Maaf Anda Melihat Iklan

Dalam LIVE ini, Kana Hanazawa, yang muncul di season 2 anime sebagai Franchouche No.7, YUZURIHA Maizi, juga akan muncul.

Pengisi Acara:

  • Kaede hondo (sebagai Sakura Minamoto)
  • Asami Tano (sebagai Saki Nikaido)
  • Risa Taneda (sebagai Ai Mizuno)
  • Maki Kawase (sebagai Junko Konno)
  • Rika Kinugawa (sebagai Yugiri)
  • Minami Tanaka (sebagai Lily Hoshikawa)
  • Penampilan khusus: Kana Hanazawa (Yuzuriha Maizi)

Tanggal Streaming
17/10 (Minggu) 13:00
*Tidak akan ada streaming arsip.
*Tanggal streaming adalah waktu Jepang (JST).
Harap dicatat waktu streaming akan berbeda tergantung pada area Anda

Harga: Rp. 172.000
Beli tiket disini: https://gwigwi.zaiko.io/_item/343362

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

Mengintip NAISHO: Toki wo Kakeru, Event Jepang yang Diselenggarakan oleh UKM K3J UNIKA Atma Jaya!

Published

on

GwiGwi.com – Pada tanggal 31 Juli sampai 1 Agustus 2021 silam, Kelompok Kerja Kebudayaan Jepang (K3J), yaitu salah satu unit kegiatan mahasiswa UNIKA Atma Jaya Jakarta menggelar sebuah pagelaran Jepang (bunkasai) yang bernama NAISHO. NAISHO biasa diadakan setiap tahun, namun pada tahun lalu acara ini dibatalkan karena pandemi COVID-19. Akhirnya, NAISHO kembali pada tahun ini dengan konsep acara daring yang dapat diakses melalui live streaming di channel Youtube “NAISHO UAJ”. Tahun ini, NAISHO memiliki tajuk “Toki wo Kakeru”, yang bermakna sebuah pencampuran antara budaya Jepang tradisional dengan modern.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pada hari pertama, Sabtu (31/07), acara dibuka oleh MC NAISHO, yaitu Zelva  dan Karin yang juga sebagai pemandu berjalannya acara NAISHO selama 2 hari. Acara  pun dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan, dimulai dari El Chris Natalia (dosen pembimbing K3J), Alvin Winata (ketua UKM K3J), dan Nathasya Cornelia (ketua  panitia NAISHO). Sebagai pembuka, K3J juga turut menampilkan tarian tradisional Jepang yaitu Soran Bushi.

Di hari pertamanya, NAISHO memperkenalkan beberapa komunitas yang  bergabung di dalam acara seperti AMV Indonesia, Shogi Indonesia, osu! Indonesia dan ASOBU UNSADA. Selain perkenalan komunitas, NAISHO juga menyuguhkan benkyou, belajar  bersama seputar budaya Jepang bersama Ibu Indah. Ibu Indah membawakan 2 materi  untuk NAISHO, yaitu Washi Ningyo dan Chanoyu. Dalam materi Washi Ningyo, Ibu  Indah menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat boneka kertas Jepang. Selanjutnya,  dalam materi Chanoyu, Ibu Indah menjelaskan dan mempraktekkan tata cara upacara  minum teh Jepang, dari persiapan hingga selesai.

Tidak lupa, NAISHO juga mendatangkan 2 guest stars yaitu Hira Dazzle dan  Babymetal Surabaya (BMS). Hira Dazzle membawakan 2 performance yang salah  satunya ialah lagu Senbonzakura, lagu hits Vocaloid! Sedangkan untuk Babymetal  Surabaya, mereka membawakan 5 dance cover performance, salah satunya adalah lagu  Megitsune. Banyak fans yang hype dengan pembawaan mereka karena penampilannya  yang energik. Selain melakukan performance, mereka juga melakukan sesi QnA dengan MC dan para penonton melalui live chat sebelum menutup acara hari pertama.

Pada hari kedua, Minggu (01/08), acara kembali dibuka oleh MC NAISHO. Untuk acara hari kedua, NAISHO lebih difokuskan pada showcase dan pengumuman  pemenang lomba yang telah diselenggarakan. NAISHO telah menyelenggarakan 3  jenis lomba pada 2 bulan sebelum acara dimulai yaitu singing competition, fan art  competition, dan cosplay competition. Juri-juri tiap lomba juga ikut memeriahkan acara ini dan memberikan berbagai feedback kepada beberapa pesertanya.

Juri-juri tersebut  antara lain Okami Ken dan Nella untuk singing competition, Ellenic dan Auwi untuk  fan art competition, serta KATZE dan Risa untuk cosplay competition. Tiap lomba  memiliki 3 pemenang utama yang dipilih langsung oleh para jurinya. Selain  melakukan feedback, tiap-tiap juri lomba juga melakukan QnA kepada MC, para  peserta lomba, dan penonton melalui live chat. 

Tidak hanya di hari pertamanya, pada kesempatan kali ini NAISHO juga  mengundang 2 guest stars lagi untuk mengisi acara. Untuk hari keduanya, NAISHO  mengundang Hyakushiki, REi Agara, dan Okami Ken yang juga merupakan juri singing  competition. Hyakushiki merupakan sebuah band lokal asal Malang yang membawakan lagu-lagu Jepang, terutama Anisong. Mereka membawakan 3 performance untuk mengisi NAISHO kali ini, salah satunya adalah lagu opening anime yang hits beberapa tahun lalu, Blend S! Kemudian dilanjutkan dengan performance dari Okami Ken dan REi Agara sebagai finale dari acara NAISHO tahun ini. Penonton dari acara langsung membanjiri kolom live chat karena premiere performancenya yang sangat meriah dan membakar semangat. Dalam performancenya, mereka juga menyelinginya dengan QnA bersama penonton di live chat. Para penonton dapat  bertanya seputar bernyanyi kepada mereka dan mendapatkan jawaban atau feedback dari mereka. Tidak jarang juga mereka bercanda bersama para MC sehingga mengundang tawa para penonton.

Pada akhirnya, NAISHO ditutup oleh MC dengan ucapan terima kasih dan  recap acara selama 2 hari. Walaupun acara diselenggarakan secara daring namun cukup membuat insight kepada para penonton yang ingin mengetahui bunkasai atau sekedar mengobati kerinduan terhadap event jejepangan. Tidak lupa juga, kita  mendapatkan materi yang berguna baik dari benkyou maupun komunitas dan guest starnya. Semoga NAISHO ada lagi di tahun depan ya!

 

 

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Comic Frontier gelar ‘Comivuro’, Pasar Kreatif Indonesia secara Virtual

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah berselang setahun tidak diadakan akibat pandemi yang melanda, perhelatan pasar kreatif Indonesia Comic Frontier (Comifuro) akan segera kembali hadir pada 17 – 18 Juli mendatang. Kini, Comifuro untuk pertama kali diadakan sebagai event virtual bertajuk “Comic Frontier Virtual (Comivuro)” yang diperuntukan bagi para insan yang telah rindu dengan kemeriahan pasar doujinshi

Maaf Anda Melihat Iklan

Comivuro merupakan event online pertama yang dilaksanakan oleh Comifuro, oleh sebab itu venue acara pun akan dilakukan secara virtual. Comivuro akan diadakan di dua tempat secara bersamaan, yakni “Main Stage” yang menggunakan platform live stream di YouTube serta channel Discord sebagai “Virtual Space” untuk Circle dan pengunjung umum.

“Main Stage” dan “Virtual Space” ini akan menjadi kesatuan bagi partisipan dan circle untuk saling berinteraksi. Tidak hanya berinteraksi melalui chat di aplikasi Discord, Partisipan dan Circle juga bisa terlibat langsung dalam konten acara yang disiarkan secara langsung melalui live stream, sehingga pengunjung tidak hanya menonton tapi bisa ikut serta aktif di event ini dan merasakan sedikit pengalaman berada di event offline. 

Comivuro akan dimeriahkan oleh para Virtual Youtuber alias VTuber yang akan menghibur kalian selama perhelatan berlangsung. Acara ini mengusung penggabungan dunia nyata dengan dunia virtual di mana acara akan dipandu oleh MC dari dunia nyata bersama dengan MC dari dunia virtual. Di hari pertama, Naocchi sebagai MC dari dunia nyata akan ditemani oleh Kureiji Ollie dan Ayunda Risu dari Hololive Indonesia menjadi pembawa acara akan menemani pada hari pertama Comivuro. Tidak ketinggalan Airani Iofifteen yang memeriahkan sesi Live Drawing di hari pertama, serta Pavolia Reine dan Anya Melfissa sebagai guest stars pada sesi Talkshow dan Moona Hoshinova yang akan mengadakan live virtual concert di hari kedua. 

Tak kalah meriah, di hari kedua acara akan dipandu oleh Luthfi sebagai perwakilan dari dunia nyata yang ditemani oleh Riksa Dhirendra dari Liver NIJISANJI ID sebagai pembawa acara virtual di Comivuro. Turut hadir Siska Leontyne dan Layla Alstroemeria dari NIJISANJI ID yang akan menjadi Guest Star dalam sesi Talkshow. 

Tidak hanya itu, Comivuro juga menggandeng para Virtual YouTuber independen yaitu Evelyn VTuber, Chloe Pawapua, Reynard Blanc dan Lily Ifeta yang akan menggelar konser virtual di hari pertama. Sedangkan di hari kedua, Comivuro juga kedatangan perwakilan dari Muse Indonesia selaku distributor anime legal di Indonesia untuk mengadakan sebuah acara Talkshow.

Comivuro akan kembali menghadirkan Diskusi Panel yang diperuntukan bagi teman-teman fans, komunitas, akademisi hingga podcaster yang ingin berbincang dan berdiskusi dengan topik seputar budaya populer. Nantinya, Diskusi Panel akan dilakukan secara online melalui Conference Call dengan panelist terpilih yang akan disiarkan melalui livestream video di YouTube Comifuro. Selain itu, sesi tanya jawab selama Diskusi Panel pun bisa dilakukan melalui fitur live chat yang tersedia ketika melakukan Livestream. 

Comivuro juga mengadakan kontes online yang menarik, yakni NIJISANJI ID Fanart Contest dan Gangster Cosplay Photo Content. NIJISANJI ID Fanart Content diperuntukan bagi kreator yang ingin membuat Fanart dari karakter para Liver NIJISANJI ID. Nantinya beberapa submisi terpilih akan di-review secara langsung oleh Layla Alstroemeria dan Siska Leontyne saat acara berlangsung.

Sedangkan, Gangster Cosplay Photo Content diperuntukan bagi siapapun yang memiliki passion dalam ber-cosplay. Sesuai dengan tema yang diusung, partisipan bisa melakukan submisi foto cosplay bertemakan Gangster terbaik miliknya. Nantinya beberapa submisi foto terpilih akan di-review juga secara langsung oleh para pembawa acara di hari pertama yaitu Naocchi, Kureiji Ollie dan Ayunda Risu.

Comivuro turut menghadirkan para DJ dari OtaGroove yang akan mengadakan “Virtual Party” melalui Comivuro DJ Night yang berlangsung pada hari pertama, 17 Juli 2021. Penampilan live dari teman-teman OtaGroove akan disiarkan secara langsung melalui Twitch dalam tautan berikut ini: https://www.twitch.tv/otagroove

Bagi kalian yang memang sudah rindu dengan kemeriahan dari pasar kreatif Comic Frontier,  pastikan diri kalian tidak melewatkan perhelatan Comivuro yang akan dilaksanakan secara virtual melalui pada 17 – 18 Juli mendatang, ya!

Kalian bisa mengikuti acara ini secara langsung melalui channel youtube Comic Frontier di https://www.youtube.com/user/ComicFrontier. Sedangkan, untuk market area dan virtual stage, kalian bisa join ke server Discord Comifuro di link berikut ini: https://discord.com/invite/ytg54yR.

Sampai jumpa di Comic Frontier Virtual!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x