Connect with us

Event

Hal yang menarik ditemui di Comiket 87

Published

on

GwiGwi.com – Comic Market atau lebih dikenal sebagai Comiket adalah event doujinshi  terbesar di Jepang yang diadakan setahun 2 kali di Tokyo Big Sight convention center,  (pada saat musim panas – Natsukomi, dan pada saat musim dingin – Fuyukomi). Pertama kali diadakan pada tahun 1975 dengan hanya 32 circle yang berpatisipasi dan 600 pengunjung, pada Comiket 87 sendiri ada 11.700 doujin circle yang berpatisipasi dan dihadiri oleh hampir 560.000 pengunjung selama tiga hari. Event yang diadakan pada 28 sampai 30 Desember 2014 lalu ini bahkan memecahkan rekor pengunjung dua Fuyukomi sebelumnya (C85 520.000 dan C83 550.000).

Lalu apa saja hal yang menarik di comiket? Simak poin – poin berikut

  1. Comiket adalah sesuatu yg kolosal

Seperti yang disebutkan diatas, pengunjung comiket sangatlah banyak, hampir 500.000 lebih perhari selama 7 tahun terakhir, rata – rata 150.000 pengunjung perhari, bisa dibayangkan berapa panjang antrian orang yang ada di comiket? Bahkan beberpa orang rela menginap di luar Tokyo Big Sight agar bisa mendapatkan tempat di antrian. Meskipun beberapa tahun terakhir kegiatan menginap ini sudah dilarang, masih saja banyak orang yg melakukanya.

 

  1. Doujinshi adalah “harta karun”

Berbeda dengan konvensi konvensi berbau anime atau manga lainnya, poin utama dari Comiket adalah ekshibisi dan penjualan berbagai macam doujinshi dari berbagai macam anime, game, manga dan masih banyak lagi. Ya, berbagai doujinshi dari yang bisa dinikmati berbagai umur sampai dengan konten dewasa yang eksplisit dijual di event ini.

Ya, walaupun banyak salah kaprah mengasosiasikan doujinshi dengan konten dewasa, sebenarnya doujinshi berasal dari dunia sastra dan akademisi sebelum populer digunakan orang untuk mengekspresikan kesukaan mereka pada anime dan manga maupun produk –produk sub-kultur lainnya. Doujinshi adalah karya yang didanai dan diproduksi sendiri dalam berbagai bentuk seperti musik, game, manga, atau bahkan pakaian. Karena tujuan para pembuat doujinshi adalah mengekspresikan passion mereka bukan untuk mencari uang, hampir semua produk – produk doujinshi dibuat dalam jumlah yang terbatas. Meskipun, sangat naif kalau kita tidak mengakui para gadis mesum dan manga dengan konten dewasa bukan icon comiket.

 

  1. Variatif

Baik pengunjung dan doujin artist yang menghadiri comiket sangat bervariasi dari latar belakang sampai umur. Material doujinshi yang dijual pun sangat bervariasi, walau didominasi oleh manga, karya sastra, light novel, buku sejarah, alat olahraga, musik bahkan sampai pernak pernik militer dijual di Comiket.

 

  1. Gratis

Ya, untuk masuk ke Comiket tidak perlu melakukan reservasi ataupun menunggu antrian untuk membeli tiket masuk. Tidak perlu meyiapkan banyak uang untuk membeli tiket seperti konvensi lainnya, karena untuk masuk ke Comiket tidak dikenai biaya. Meskipun begitu para pengunjung disarankan untuk membeli katalog Comiket seharga 1800 yen yang beisi daftar lengkap semua partisipan, yang bisa membantu para pengunjung merencanakan “rute kunjungan” ke artist favorit mereka.

Baca Juga:  Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

 

 

  1. Perusahaan pun ikut berpartisipasi

Meskipun atraksi utama Comiket adalah ekshibisi dan penjualan doujinshi, ada beberapa area yang dikhususkan untuk booth perusahan yang berpatisipasi. Ada lebih dari 120 perusahaan dengan 150 booth berpatisipasi, dari publisher game, studio animasi, penerbit manga, produser musik, stasiun tv dan radio memamerkan produk – produk mereka.  Tak hanya itu, acara talk show, sesi pembagian tanda tangan dan jabat tangan, dan pembagian hadiah juga diadakan.

 

  1. Para Cosplayer yang Berdikasi

Para Cosplayer di Comiket memang selalu membuat orang dari seluruh dunia terkesima dengan dedikasi mereka. Kostum dengan detail yang luar biasa ataupun kostum mini super sexy pun bertebaran di Comiket kali ini. Meskipun suhu sangat dingin, para kosplayer tetap bersemangat berpose untuk orang – orang yang ingin mengambil foto mereka. (lebih lengkapnya tentang Cosplayer di C87 bisa dilihat artikel gwigwi yg ini).

 

  1. Musik Doujin yang Berkualitas

Masih termasuk dari bagian doujinshi, skena musik doujin menampakkan eksistensinya di Comiket. Ratusan circle membuat arrange musik touhou dengan berbagai genre seperti rock, metal, electronic, rap, dan jazz dengan kualitas yang tidak main – main. Tak hanya touhou, ada juga circle yang membuat arrange KanColle, musik anime & game, vocaloid bahkan lagu original mereka. Beberapa circle yang sudah cukup terkenal bahkan memiliki antrian super panjang dan barang yang mereka jual bisa ludes terjual dalam hitungan 2-3 jam saja.

RD-Sound

Panoram A Leaf

Yuuhei Catharsis

 

 

Advertisements

Event

Comiket 99 Resmi Dibatalkan, Dipindahkan Ke Golden Week 2021

Published

on

GwiGwi.com – Situs resmi Comic Market, dikenal sebagai Comiket, acara  penggemar terbesar di dunia, mengumumkan pada tanggal 12 Juli bahwa acara musim dingin, Comiket 99, akan dibatalkan karena coronavirus (COVID-19) dan kesulitan mengadakan acara setelah penundaan Olimpiade Tokyo 2020.

Di situs web, Komite Persiapan Pasar Komik menjelaskan bahwa mereka akan melewatkan acara musim dingin sebelum Tokyo Big Sight, di mana Comiket diadakan dua kali setahun, merilis ‘Protokol Kesehatan' coronavirus. Pedoman tersebut menjabarkan bagaimana acara dapat dijalankan selama pandemi, termasuk panduan jarak dan berapa banyak orang yang bisa berada di dalam aula pada satu waktu. Sebagai tanggapan, panitia mengadakan penelitian untuk melihat apakah mungkin untuk mengadakan acara di bawah pedoman baru dan sampai pada kesimpulan bahwa itu tidak, sehingga mereka maju membatalkan acara tersebut.

Selain itu, karena Halls Timur di Tokyo Big Sight saat ini dipasangkan untuk pertandingan Olimpiade, Comiket 99 akan diadakan selama empat hari, sama seperti Comiket 97 dulu. Tetapi acara tersebut tidak dapat dijamin ruang acara yang diperlukan karena mereka hanya memesan untuk acara tiga hari sebelum pandemi terjadi. Komite mencatat bahwa bahkan Makuhari Messe, yang berada di Chiba dan ruang acara terbesar kedua di Tokyo, tidak dapat mengakomodasi Comiket untuk hari-hari biasa yang diadakan pada bulan Desember.

Baca Juga:  Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

Karena itu, sebuah ‘Air Comiket' direncanakan akan diadakan selama liburan akhir tahun di tempat acara fisik, dan Comiket berikutnya dijadwalkan selama Golden Week pada tahun 2021. Informasi lebih lanjut tentang acara berikutnya akan dirilis pada musim gugur 2020.

Dalam pernyataan itu, panitia Comiket juga telah meminta dukungan pemerintah Jepang untuk acara, tempat, dan panitia selama waktu ini untuk meringankan beban biaya pembatalan, perubahan biaya tempat, dan biaya lainnya yang mungkin timbul sehingga acara seperti Comiket masih akan ada setelah pandemi berakhir.

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Event

Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi untuk acara Tokyo Game Show 2020 mengumumkan pada hari Kamis bahwa acara tersebut akan diadakan secara online mulai 23-27 September.

23 September akan menjadi hari kerja untuk diskusi bisnis saja. Acara ini menerima aplikasi untuk peserta pameran online. Acara ini berencana untuk menyelenggarakan aliran program, video, dan turnamen e-sports.

Staf konvensi mengumumkan pada bulan Mei bahwa acara fisik asli yang direncanakan 24-27 September dibatalkan karena pandemi penyakit coronavirus (COVID-19) yang baru. Acara ini dijadwalkan berlangsung di pusat Makuhari Messe Chiba.

Baca Juga:  Comiket 99 Resmi Dibatalkan, Dipindahkan Ke Golden Week 2021

Acara Tokyo Game Show terbaru berlangsung September lalu, dan diikuti 262.076 pengunjung selama empat hari. Itu kurang dari tahun 2018 sebesar 298.690 pengunjung, kehadiran tertinggi dalam catatan, tetapi lebih dari 2017 kehadiran 254.311.

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading

Event

Vibetronic Gelar ‘Quarantune Fest: Times New Normal’

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah kurang lebih 4 bulan lockdown dan PSBB, Indonesia kini mulai bersiap menyambut fase new normal di tengah pandemi virus corona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Dengan harapan untuk membangkitan semangat yang mulai padam setelah PSBB, Vibetronic kembali menggelar Quarantune Fest dengan membawa tema “Times New Normal

Quarantune Fest: Times New Normal merupakan event online kedua yang diadakan oleh Vibetronic, Circle DJ and Producer. Tema “Times New Normal” yang artinya “Saatnya Kehidupan Normal yang Baru” dipilih untuk mengajak para penonton dan pendengar event ini untuk memulai dan tetap bersemangat menjalankan rutinitasnya di tengah pandemi virus corona.

Berbeda dengan Quarantune Fest sebelumnya, tidak hanya diadakan di Server Discord Vibetronic, event ini juga akan berlangsung secara live streaming dengan durasi masing-masing partisipan yang lebih panjang. Melalui event ini,  Vibetronic kembali mengajak para Produser Musik dan siapapun untuk ikut berpartisipasi membuat Mixtape dan menunjukan karya mereka kepada pendengar dan penonton.

Baca Juga:  CREATORS SUPER STREAM Vol.2 Kembali di Akhir Juni Dengan Guest LINE UP Regional & Internasional

Event ini akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 27 dan 28 Juni 2020. Sebanyak 18 partisipan yang terpilih melalui proses audisi yang diadakan selama 2 minggu. Partisipan akan menunjukan perform mereka masing-masing baik secara live perform atau visual pada penonton di platform live streaming Twitch.tv. Selain itu, juga akan disediakan audio streaming di Server Discord Vibetronic bagi pendengar yang tidak dapat menonton di Twitch.

Yuk, mari kita sambut “New Normal” dengan terus bersemangat di event Quarantune Fest: Times New Normal, ajak teman-temanmu buat join di event ini!

Sosial Media Event

Website               : https://tnn.vibetronic.id
Discord Link        : https://vibetronic.id/discord
Live Streaming   : https://twitch.tv/vibetronic

Advertisements
Continue Reading

Trending