Connect with us

Berita Anime & Manga

FEATURED: Hal ini yang membuktikan Koutetsujou no Kabaneri mirip dengan Attack on Titan

Published

on

GwiGwi.com – Koutetsujou no Kabaneri (aka Kabaneri of the Iron Fortress) adalah salah satu anime yang paling mencolok pada season musim semi 2016 ini, akan tetapi banyak kritikus yang mengatakan kalau anime ini memiliki terlalu banyak aspek yang mirip dengan anime Attack on Titan untuk dapat dikatakan sukses. Jadi seberapa mirip sebenarnya dua anime? Mari kita lihat.

kabaneri

Anime buatan noitaminA, Koutetsujou no Kabaneri, disebut-sebut banyak orang sebagai versi Steampunk vs Zombie dari anime Attack on Titan. Kedua seri anime ini juga dibuat oleh studio yang sama, Wit studio dan memiliki banyak aspek yang mirip. Meski sejauh ini baru dua episode yang tayang di TV, kabaneri menduduki ranking 97 dengan skor 8.50 di MyAnimeList, menjadikannya anime paling menjanjikan akhir-akhir ini. Tapi, kalau anime ini begitu populer, kenapa banyak fans yang merasa tidak puas dengan minimnya orisinalitas di anime ini? Di artikel ini kita akan melihat kemiripan yang jelas antara dua anime untuk mengetahui apakah Kabaneri mampu menghibur para fans seperti Attack on Titan atau bahkan memberikan lebih dan melampaui Attack on Titan.

Kabane vs Titan

kabane-titan

Di kedua dunia, baik Kabaneri dan Titan, ada monster-monster yang mengancam keberlangsungan umat manusia. Monster-monster jahat ini sangat agresif dan memiliki rasa lapar tak terpuaskan akan daging manusia. Di Kabaneri, monster-monster ini berwujud humanoid mirip zombie yang disebut Kabane. Mereka memburu manusia dan menginfeksi manusia melalui luka gigitan atau cakaran, menularkan virus yang merubah korban menjadi kabane. Monster-monster mirip zombie ini memiliki kulit keabu-abuan, mata merah, garis merah menyala di tubuh mereka dan jantung yang terlihat seperti membara yang sulit dihancurkan. Kabane juga sepertinya lebih pintar dan bergerak lebih cepat daripada titan. Akan tetapi, ada beberapa tipe titan yang masing memiliki kemampuan dan kepintaran yang berbeda. Wujud titan juga tidak semengerikan kabane dan terlihat lebih mirip manusia biasa-berukuran raksasa dan punya kemampuan merusak yang sangat besar tentunya. Kabane dan Titan mirip dalam aspek rasa lapar yang tak terpuaskan akan daging manusia, asal usul yang misterius dan wujud menyerupai manusia.

Stasiun vs Dinding Raksasa

station-wals

Untuk melindungi keberlangsungan hidup mereka, umat manusia di kedua anime ini mendirikan Stasiun dan Dinding Raksasa. Adalah hal yang mustahil untuk tidak membandingkan kedua aspek ini karena fungsi mereka sama persis. Akan tetapi, Stasiun terhubung dengan dunia luar melalui jembatan-jembatan yang dilewati kereta-kereta sementara dinding raksasa di Attack on Titan tidak memiliki ini karena dindingnya sangatlah tinggi (tapi dinding ini punya gerbang dan menara pengawas). Di kedua anime ini, dunia di dalam stasiun/dinding adalah satu-satunya tempat aman untuk hidup yang dari ancaman yang mampu membuat umat manusia punah. Kedua hal ini mirip karena gaya pembangunan dan tujuan pembangunan kedua bangunan ini sama.

Baca Juga:  Teaser Anime 'Tabi Hani' Mengungkap Lebih Banyak Staf, Lagu Tema, Debut 2022

Tsunaki Zutsu vs 3D gear

tsuranilo-3d

Tsuranuki Zutsu adalah senjata yang menggabungkan uap bertekanan tinggi dan bubuk mesiu. Ikoma, sang protagonis kabaneri, menciptakan alat ini untuk bisa menghancurkan jantung baja kabane. Sementara itu, 3D gear bukanlah sebuah senjata, tapi perlengkapan yang memungkan para prajurit untuk bergerak cepat dan menggunakan pedang disaat yang sama. Tsuranuki zutsu menggunakan uap sementara 3D gear menggunakan gas. Kedua alat ini mirip baik cara mereka dipakai juga karena dua alat ini adalah satu-satunya cara untuk membunuh kabane dan titan. Dua alat ini mirip karena keunikan mereka, cara mereka dipakai dan tenaga yang menggerakkan mereka.

Ikoma vs Eren

ikoma-eren

Kedua tokoh ini memiliki penampilan yang sangat berbeda, tetapi kedua protagonis ini mempunyai sifat yang mirip: sama-sama keras kepala, penuh keyakinan, nekat, bernafsu dan impulsif. Selain itu, Ikoma dan Eren sama-sama melihat orang yang mereka cintai dibunuh oleh kabane/titan. Hal ini menjadi sumber tekad mereka untuk melenyapkan monster-monster itu. Ikoma bisa dibilang lebih terampil karena mampu membuat Tzuranuki Zutsu, selain itu dia juga lebih punya simpati dan kebencian yang tak terlalu besar pada kabane karena dia pernah menyebutkan bahwa dia ingin menyelamatkan korban yang sudah terinfeksi daripada langsung membunuh mereka. Mereka mirip karena: sifat dan alasan balas dendam.

Kabaneri vs Titan shifter

kabaneri-titan

Hal lain yang sangat mirip adalah ada orang-orang yang mampu berubah dan memiliki kekuatan musuh. Kabaneri adalah orang-orang yang terinfeksi virus tp mampu menghentikan virus sebelum menginfeksi otak mereka dan berubah menjadi sesuatu di antara manusia dan kabane. Titan shifter adalah orang-orang yang mampu berubah menjadi titan dengan di picu oleh luka fisik. Perbedaan besar keduanya adalah kabaneri tidak bisa berubah menjadi manusia, sementara titan shifter dapat berganti-ganti antara wujud manusia dan titan. Mereka mirip karena: peningkatan kemampuan tempur dan penyembuhan, kontrol diri dan kondisi kelelahan sesusah menggunakan kekuatan mereka.

Kesimpulan

Ya, bisa dibilang Kabaneri dan Attack on Titan punya beberapa hal yang mirip tapi, bukan berarti dua anime ini sama persis dan kabaneri disebut sebagai kopian dari Attack on Titan. Daripada fokus pada kemiripan dua anime ini, mungkin lebih baik jika para fans fokus pada keunikan kabaneri yang memperlihatkan pendekatan steampunk yang berbeda dalam menangani ancaman dari luar (kabane) dan ancaman dari dalam kumpulan manusia sendiri (tak adanya empati, ketakutan dll). Perlu diingat baru dua episode kabaneri yang tayang di TV, jadi kita hanya bisa menunggu dan melihat bagaimana Kabaneri membuktikan usahanya untuk mengalahkan Attack on Titan.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
1 Comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Anime & Manga

Anime ‘Yasuke’ Dinominasikan untuk NAACP Image Award, Film Animasi ‘Summit of the Gods’ Raih Lumiere Award

Published

on

GwiGwi.com – NAACP mengumumkan nominasi untuk 53rd NAACP Image Awards, dan terungkap bahwa anime Yasuke karya LeSean Thomas dan MAPPA telah dinominasikan untuk Seri Animasi Oustanding. 53rd NAACP Image Awards akan berlangsung pada 26 Februari pukul 8:00 malam. EST di BET.

Film animasi Prancis-Luksemburg dari manga The Summit of the Gods (Kamigami no Itadaki) karya Jiro Taniguchi memenangkan kategori Film Animasi Terbaik di Lumières International Press Awards Prancis.

Anime Yasuke memulai debutnya pada April 2021 di seluruh dunia di Netflix.

Netflix memiliki hak tayang film The Summit of the Gods di luar Prancis, Benelux, China, Jepang, dan Korea. Netflix merilis film tersebut di bioskop AS tertentu pada 24 November dan di bioskop Inggris tertentu pada 26 November. Film ini mulai streaming di Netflix pada 30 November.

Baca Juga:  Pengisi Suara Tanjiro, Natsuki Hanae Mengisolasi Diri Karena Kemungkinan Kontak Dekat COVID-19

Film tersebut diputar pada bulan Juli di Festival Film Cannes sebagai bagian dari Seleksi Resmi, dan dibuka di bioskop di Prancis pada tanggal 22 September dengan judul Le Sommet des dieux. Film ini juga membuka Animation Is Film Festival di Los Angeles pada 22 Oktober.

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Berita Anime & Manga

Anime ‘Shenmue’ Mengungkapkan Trailer, Pemeran, Visual, dan Jadwal Tayang

Published

on

GwiGwi.com – Crunchyroll mengumumkan pada hari Rabu bahwa Shenmue the Animation, adaptasi serial anime dari seri game Shenmue karya Yu Suzuki, akan tayang perdana pada 6 Februari pukul 12:30 EST di Crunchyroll dan Adult Swim. Toonami akan menayangkan acara di Amerika Utara dengan dub bahasa Inggris, dan Crunchyroll akan streaming versi subtitle bahasa Inggris di seluruh dunia di luar Jepang dan Cina. Crunchyroll merilis trailer untuk anime tersebut.

Crunchyroll juga mengungkapkan pengisi suara Jepang dan Inggris acara tersebut (beberapa pengisi suara Jepang belum diumumkan):

  • Masaya Matsukaze (Jepang) dan Austin Tindle (Inggris) sebagai Ryo Hazuk
  • Takahiro Sakurai (Jepang) dan Scott Gibbs (Inggris) sebagai Lan Di
  • Natalie Rial (Inggris) sebagai Shenhu
  • Cat Thomas (Inggris) sebagai Nozomi Harasaki
  • Jeremy Gee (Inggris) sebagai Guizhang Chen
  • Greg Ayres (Inggris) sebagai Chai
  • Bryson Baugus (Inggris) sebagai Wong
  • Luci Christian (Inggris) sebagai Joy
  • Christine Auten (Inggris) sebagai Xiuying Hong / Lishao Tao
  • Cody House (Bahasa Inggris) sebagai Ren
  • Joe Daniels (Inggris) sebagai Dou Niu
Baca Juga:  TBS Investasikan 2.5 Miliar Yen di Studio Anime Seven Arcs

Sinopsis:

1986, Yokosuka. Ryo Hazuki telah dilatih untuk menguasai Jujitsu Gaya Hazuki di bawah ayahnya yang keras di Dojo Hazuki sejak kecil. Namun, suatu hari seorang pria misterius bernama Lan Di membunuh ayahnya dan mengambil “cermin” yang dilindungi ayahnya. Ryo bertekad untuk menemukan kebenaran di balik pembunuhan ayahnya, tetapi segera menemukan dirinya terjebak dalam perang antara organisasi bawah tanah…. Bepergian dari Yokosuka ke Hong Kong, perjalanan panjang Ryo dimulai!

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Manga

Manga Tokyo Revengers Mencapai 50 Juta Peredaran

Published

on

GwiGwi.com – Akun Twitter resmi Kodansha untuk manga Tokyo Revengers karya Ken Wakui mengumumkan pada hari Rabu bahwa manga tersebut memiliki lebih dari 50 juta kopi yang beredar setelah cetakan baru pada hari Selasa.

Angka di atas bukan statistik penjualan. Manga ini telah merilis 40 juta kopi lebih banyak dalam bentuk cetak atau digital sejak animenya tayang perdana April lalu, tetapi semua 40 juta kopi belum terjual.

Kodansha baru mengumumkan manga yang telah beredar lebih dari 40 juta kopi pada September 2021, empat bulan lalu.

Baca Juga:  10 Karakter Anime Shonen Terbaik Dalam 10 Tahun Terakhir

Manga memiliki 5 juta kopi yang beredar pada September 2020, sekitar 8 juta kopi pada Februari 2020, sekitar 10 juta kopi pada akhir Maret 2021 (sebelum pemutaran perdana anime), lebih dari 14,5 juta kopi pada Mei 2021, lebih dari 25 juta kopi pada Juni 2021, dan lebih dari 32 juta eksemplar beredar pada Juli 2021.

Wakui meluncurkan manga di Majalah Shonen Mingguan Kodansha pada Maret 2017, dan Kodansha menerbitkan volume ke-25 manga pada 17 Desember.

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x