Connect with us

Cosplay

GwiCosMo: Miyuki Eru, Cosplay itu seperti menghidupkan Karakter Favorit

Published

on

GwiGwi.com –  GwiCosMo kembali lagi setelah sekian lama tak bersuara, kali ini GwiGwi sempat bertemu dengan salah satu cosplayer, Miyuki Eru. Miyuki Eru yang baru berumur 13 tahun dan berulang tahun pada 20 Juli ini menekuni hobi cosplaynya ini sejak bulan Januari 2014 dan bercita-cita menjadi cosplayer sekaligus fashion designer. GwiGwi juga sempat melakukan interview dengan Miyuki dan juga sesi foto dengan Miyuki saat Comifuro beberapa waktu lalu.

Miyuki-chan coba perkenalkan diri dong.
Miyuki Eru : Aku Miyuki Eru, 13 tahun dan ulang tahun tanggal 20 Juli.

Miyuki kok bisa suka cosplay ?
Miyuki Eru : Iya, emang dari umur 3 tahun kan aku udah jadi otaku, dan selalu pengen coba ngecosplay tapi ga pernah dibolehin sama mama papa karna masih kecil, dan kesampean ngecosplay baru sekarang. Bener-bener pengen ngecosplay itu pas ngeliat Kaname di AFA, keren banget.

Advertisements

comifuro-2015-(43-of-47)

Menurut Miyuki cosplay itu apa ?
Miyuki Eru : Cosplay itu singkatan “Costume Play” yg artinya memakai kostum berdasarkan karakter animasi atau karakter dari film-film dan bisa juga karakter buatan sendiri, atau banyak bilang yang bilang cosplay itu menghidupkan karakter favorit dari film atau anime.

Miyuki udah berapa lama cosplay?
Miyuki Eru : Aku cosplay udah dari Januari tahun lalu, jadi udah setahun.

comifuro-2015-(44-of-47)

Sejauh ini, kira-kira udah berapa character yang Miyuki udah cosplay-kan ?
Miyuki Eru : Aku udah cosplay 5 karakter, tapi 1 karakter ada yang banyak versinya dan ada juga yang original character.

Boleh tau apa aja characternya ?
Miyuki Eru : Ada Hatsune Miku, Elizabeth Midford, Rukia Kuchiki, Enderman Minecraft dan original character

comifuro-2015-(45-of-47)

Dari semua character yang miyuki cosplay in yang paling berkesan buat Miyuki yang mana?
Miyuki Eru : Cosplay yang paling berkesan menurutku itu Hatsune Miku, karena dari dulu aku suka banget sama Miku dan selalu pengen cosplay Miku, pas kesampean cosplay Miku itu bukan main snenengnya sampe kegirangan, dan emang Miku itu cosplay pertama ku dan yg paling sering ku pake ke event, ditambah karakter Miku cocok pake costume apapun.

Gimana sih kesan Miyuki pertama kali ikutan cosplay ?
Miyuki Eru : Aku senang banget pas pertama kali cosplay karna aku sangat ingin cosplay, dan pas pergi ke AFA 2013 aku liat banyak cosplayer.  Aku iri banget karna ga pernah kesampean ngecosplay, eh tiba-tiba papa lagi baiknya dan ngajak pergi nyari wig dan kimono, pas beli aku udah ga sabar pengen pulang langsung pengen coba. Dan aku yg tadinya benci makeup jd harus belajar makeup gara-gara cosplay, dan pas pertama kali ke event pake cosplay aku langsng berani karena aku orangnya emang percaya diri banget.

comifuro-2015-(46-of-47)

Kira-kira dari banyaknya cosplayer, cosplayer favorite Miyuki siapa nih ?
Miyuki Eru : Cosplayer favorite ku ada banyak, ada Kaname, Yuegene Fay, Touya Hibiki, pasangan Hana Baozi yg sweet abis, Reika dan Ying Tze

Yang paling Miyuki suka siapa ?
Miyuki Eru : yang paling ku suka Yuegene Fay

Kenapa Miyuki paling suka sama Yuegene Fay ?
Miyuki Eru : Karna pas baca biografi cosplaynya Yuegene aku tersentuh banget, dia dulu nya kutu buku yang ga ngerti apa-apa tapi setelah tau cosplay hidup nya jadi berubah, dia selalu menjadi motivasi cosplay ku. Dia udah cosplay 14 tahun dan kostum-kostume nya detail dan bagus banget, walaupun dia perempuan tapi keren karna bisa cosplay character laki-laki dengan bagusnya, aku aja sampe ketipu dan bingung tentang genre nya, ditambah makeup cosplay dia yang profesional, aku juga mulai ngejahit cosplay sendiri karena ngeliat kostum-kostum yg dia buat sendiri. Setiap kali aku down, pas ngeliat dia pasti aku langsung bangkit terus mulai kerjain project cosplay ku lagi, aku sampe pajang foto-foto cosplay dia di kamar bahkan ada yang sampe ku frame dan ku pasang di meja belajarku.

Baca Juga:  Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 Dibatalkan Karena COVID-19

Boleh tau ga cosplan Miyuki setelah ini ?
Miyuki Eru : Aku mau cosplay “Eve” dari serial manga “07-Ghost” , dan aku juga ikut grup cosplay project “No Game No Life” yang nantinya aku akan jadi “Stephaine Dola”

comifuro-2015-(47-of-47)

Biasanya Miyuki kalau cosplay karakter dari mana?Apakah anime/game/manga atau original ?
Miyuki Eru : Karakter yang aku cosplay dari mana-mana, selama aku suka dan karakternya bisa di cosplay pasti ku cosplay, Misalnya kayak Enderman, aku juga cosplay anime versionnya karna gampang dan ga perlu wig untuk cosplaynya karna warna rambutku udah hitam.

Kalo persiapan cosplay kayak costume, wig, dll biasanya miyuki persiapannya bagaimana?
Miyuki Eru : Kalo kostum sekarang aku mulai belajar ngejahit dan bikin prop sendiri, kalo wig aku ngumpulin uang sendiri, dan biasanya kalo misalkan uang ku belum cukup atau baju nya belum lengkap aku pakai cosplay yang lama, dan kadang kalo properti nya susah aku cari properti lain yang si karakter pake tentunya yang lebih mudah atau kalo memang ga ada aku beli atau cari yg mirip atau bisa juga buat sendiri pake props lain yang pas sama karakter nya.

Miyuki ada pengalaman naik ke atas panggung buat tampil atau lomba ga? cerita dikit dong.
Miyuki Eru : Pertama kali aku ikut lomba itu sewaktu hellofest, aku tau dari temen ku kalo ada lomba cosplay,Waktu itu aku dan teman-temanku cosplay anime kuroshitsuji, dan bisa dikatakan penampilan kita yg paling sederhana dan singkat dibanding peserta lain yang lebih bermodal dan penampilannya keren, jadi hal ini aku buat sebagai pengalaman pertama kali ikut lomba agar lebih baik selanjutnya. Aku juga pernah ikut lomba Fashion Show dan juga jadi MC di SD ku. Dan aku sempat ikut Halloween Costume Photo Competition di SMS, walaupun ga menang tapi aku ga kecewa karna aku ingin coba cosplay di mall juga.

comifuro-2015-(42-of-47)

Bagaimana pendapat keluarga Miyuki tentang Miyuki yang sekarang menjadi cosplayer ?
Miyuki Eru : Jujur saja sebenarnya orang tua ku tidak mendukungku ikut cosplay, setiap kali aku ngomong tentang cosplay pasti mama marah karna bilang kalau cosplay itu ngabisin uang, tapi walaupun memang benar aku tetap mau mewujudkan impianku yaitu menjadi cosplayer pro dan international kayak Yuegene. Tentunya menjadi cosplayer itu bukan mimpiku satu-satu nya, aku juga ingin menjadi fashion designer yang masih ada kaitannya dengan cosplay. Jadi walaupun mau orang tuaku marah kayak apapun aku tetap berusaha karna ini impianku sendiri.

Kalau teman-teman Miyuki ?
Miyuki Eru : Kalo teman-temanku memang banyak yang nge-judge, biasalah teman-teman sekolah memang banyak yang frontal. Tapi aku ga peduli karna ini hobi ku dan mereka ga tau susahnya menjadi cosplayer, aku ga nanggepin komen mereka. Dan karena cosplay aku juga dapat temen baru yang sehobi, pengalaman baru, dan belajar hal baru. Buatku ga ada ruginya ngecosplay.
Miyuki yang masih berumur 13 tahun ini sudah mengejar impiannya di dalam dunia cosplay dan walaupun dia mendapat kesulitan. Tentunya pasti hal ini tidak akan mudah tetapi Miyuki tetap berusaha.

Wah, hebat sekali ya Miyuki-chan !
Bagaimana menurut kalian tentang cosplayer yang satu ini ?

Oh ya, untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang Miyuki Eru kalian bisa mengikuti di social medianya :

Instagram : miyuki_eru

Facebook : Miyuki Eru

twitter: @MutiaraShafira2

Cure no: 372089

Blog: tatianaethren.wordpress.com

World Cosplay: Miyuki Eru

 

Advertisements

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

Cosplay

Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 Dibatalkan Karena COVID-19

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi untuk Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 mengumumkan pada hari Rabu bahwa penyelenggara telah memutuskan untuk membatalkan acara tersebut, karena efek dari penyakit virus corona baru (COVID-19).

Pengumuman tersebut menambahkan bahwa keadaan telah membuat penyelenggaraan acara panggung yang biasa dan pawai menjadi sulit, yang menyebabkan pembatalan. Acara ini sekarang akan menyelenggarakan streaming langsung acara online pertamanya pada Nico Nico Video pada tanggal 31 Oktober (Acara awalnya dijadwalkan pada tanggal 31 Oktober – 1 November.)

Baca Juga:  Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 Dibatalkan Karena COVID-19

Acara online juga akan mengadakan Cosplayer of the Year 2021 awards.  Chō Cospa Fes Stage akan berlangsung di Acara online Nico Nico Chō Kaigi April mendatang.

Ikebukuro Halloween Cosplay Fes membuat rekor 21.000 cosplayer dan 123.000 pengunjung tahun lalu.

Sumber:ANN

Advertisements
Continue Reading

Cosplay

Enako Cosplay Karakter ‘Rent-A-Girlfriend’ di Edisi Baru Majalah Weekly Shonen

Published

on

GwiGwi.com – Cosplayer dan Duta Cool Japan, Enako muncul dalam pemotretan pin-up halaman warna yang terinspirasi oleh seri Rent-A-Girlfriend dalam Majalah Weekly Shonen Edisi ke 37, yang dikirim di Jepang pada hari Rabu. Dia berpakaian sebagai heroine manga Chizuru Mizuhara untuk memperingati pemutaran perdana anime televisi pada hari Jumat.

Tema pemotretan adalah “kencan nyata”. Enako ditampilkan di tempat-tempat di mana kencan nyata dapat terjadi, seperti taman bunga atau kafe. Enako memposting tentang pemotretan pada blognya dan berkomentar: “Saya harap Anda dapat melihat foto-foto ini sambil membayangkan bagaimana rasanya pergi kencan yang tepat dengan Chizuru selama satu hari.”

Baca Juga:  Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 Dibatalkan Karena COVID-19

Enako telah sering mencosplaykan beberapa anime populer seperti The Quintessential Quintuplets di Weekly Shōnen Magazine, para gadis The Seven Deadly Sins, dan Hestia dari anime Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon? di Young Gangan. Dirinya juga seorang cosplayer resmi untuk serial Steins;Gate, Robotics;Notes dan Re:ZERO -Starting Life in Another World-, dan juga menyuarakan narator di anime pendek Otona no Bōguya-san.

 

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading

Cosplay

World Cosplay Summit 2020 Batalkan Acara Fisik, Pindah ke Online pada 1 & 2 Agustus

Published

on

GwiGwi.com – World Cosplay Summit Executive Office mengumumkan pada tanggal 12 Juni bahwa acara aslinya, yang semula dijadwalkan akan diadakan di Nagoya pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2020, dibatalkan dan akan diadakan sebagai acara online sebagai gantinya pada tanggal yang sama. Acara ini telah diadakan setiap tahun sejak 2003, dan cosplayer dari 40 negara dan wilayah di seluruh dunia berpartisipasi tahun lalu. Ini adalah pertama kalinya acara sebenarnya dibatalkan.

 

Pesan dari World Cosplay Summit Executive Office:

Terima kasih banyak atas dukungan Anda untuk World Cosplay Summit.

Advertisements

Sebagai hasil dari pertimbangan cermat dari berbagai aspek yang mungkin memengaruhi perayaan “World Cosplay Summit 2020” hingga saat ini, kami telah mengambil keputusan untuk membatalkan perayaan “World Cosplay Summit 2020” seperti yang direncanakan. untuk dilakukan di tempat termasuk “Oasis 21”. Kami sangat menyesal harus membuat pengumuman ini, dan meminta pengertian yang baik dari semua peserta yang dengan sabar menunggu perayaan acara tersebut.

Namun, ada begitu banyak cosplayer, fotografer, warga dan institusi lokal serta sponsor yang terus mendukung World Cosplay Summit, dan memikirkan apa yang sekarang bisa kita lakukan untuk menjaga nyala api ini tetap hidup sehingga kita semua bisa bertemu lagi di acara yang hebat tahun depan, kami telah memutuskan untuk mengubah format acara dan mengadakan “World Cosplay Summit 2020 Online” pada 1 Agustus (Sabtu) dan 2 Agustus (Minggu) 2020.

Detailnya akan diungkap pada “World Cosplay Summit 2020 Online Special Presentation” yang berlangsung pada pukul 19:00 tanggal 1 Juli (Rabu).

Sekalipun itu harus menjadi acara online, atau justru karena itu haruslah acara online, kami percaya bahwa itu memiliki potensi yang sangat besar untuk menyebarkan pesan positif.

“Menyembuhkan Jepang dan dunia dari Nagoya” Kami bermaksud melakukan tantangan sebuah proyek yang membuat dunia bersatu dan bekerja sama sebagai satu dalam penciptaan nilai-nilai baru. Karena itu, kami sangat menghargai bahwa Anda menaruh harapan tertinggi Anda pada “World Cosplay Summit 2020 Online”.

 

Baca Juga:  Ikebukuro Halloween Cosplay Fes 2020 Dibatalkan Karena COVID-19

 

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Trending