Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Lokal

Gelar Jepang Universitas Indonesia siap dengan gelaran ke-24 bersama duo rock Jepang, BACK-ON

Published

on

GwiGwi.com – Depok – Gelar Jepang Universitas Indonesia, festival budaya Jepang yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi FIB UI kembali lagi tahun ini! Dalam penyelenggaraannya yang ke-24, Gelar Jepang Universitas Indonesia 24 (GJUI 24) mengusung tema Luminous Japan dan berupaya untuk menampilkan budaya pop Jepang yang meriah dan gemerlap namun tidak kehilangan ciri khas budayanya.

Maaf Anda Melihat Iklan

Tahun ini, GJUI24 mendatangkan bintang tamu internasional yang sangat spesial yaitu BACK-ON, duo rock Jepang yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia J-Rock dan anisong. Selain itu, ada deretan pengisi panggung yang siap memeriahkan acara, diantaranya komunitas DJ Otagroove, grup idol Shojo Complex, Nanairo Symphony, visual kei band HYDRA, dan band-band lainnya seperti Tokyolite dan Amakusa. Line-up performer GJUI24 yang beragam akan memamerkan berbagai sisi budaya pop Jepang yang unik di panggung GJUI24.

Keseruan rangkaian acara GJUI24 tidak berhenti di pertunjukan musik saja. Ada lomba-lomba seperti dance cover dan cosplay, workshop informatif dengan pembicara ahli yang membahas berbagai topik dari masakan Jepang, komik, hingga seiyuu,  berbagai pertunjukan budaya Jepang seperti omikoshi dan bon odori, rumah hantu Jepang, foto yukata dan masih banyak lagi. Dan tentunya, akan banyak cosplayer yang hadir di GJUI 24 untuk ditemui dan diajak berfoto!

Baca Juga:  Liputan Ideafast 2022 Hari Terakhir

Hari pertama dan kedua GJUI24 akan diadakan di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia dan tidak dipungut biaya. Hari ketiga, dengan performance dari para bintang tamu GJUI24, akan diadakan di Lapangan Parkir FPsiko-FISIP Universitas Indonesia dan dikenakan biaya tiket masuk. Saat ini, tiket presale II bisa didapatkan di gerai Indomaret terdekat, secara online di ticketing-gelarjepang.com dan secara COD sesuai jadwal yang terdapat di lini masa media sosial GJUI24 seharga Rp30.000,00. Tiket hari ketiga tersedia on the spot seharga Rp50.000,00.

Gelar Jepang UI juga menawarkan paket-paket Meet & Greet bersama BACK-ON lho! Cek detailnya di www.gelarjepang.com atau media sosial resmi GJUI24.

Ayo seru-seruan di Gelar Jepang UI 24!

More info at

Twitter/IG: @gelarjepangui

[email protected]: @gelarjepang_ui

Facebook: Gelar Jepang Universitas Indonesia

Website: www.gelarjepang.com

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lokal

Liputan Ideafast 2022 Hari Terakhir

Published

on

GwiGwi.com – Di hari terakhir IDEAFEST 2022 saya baru tiba di sore hari. Bisa dibilang telat. Saat saya mengira isinya adalah tentang “dakwah” motivasi, networking, etc, ternyata memang ada, tapi yang melenceng jauuuh dari itu lebih dominan. Karena hari itu dikhususkan untuk LUCU FEST yang diselenggarakan Majelis Lucu Indonesia (MLI).

Maaf Anda Melihat Iklan

Saya melesat ke STAND UP COMEDY STAGE di mana komika Gautama di sesi KOMEDI CERDAS sedang berlangsung. Sebelumnya saya tidak pernah menonton langsung aksi stand up orang indonesia. Saya hanya pernah menonton spesial komedian AS di Netflix seperti Chris Tucker dan Dave Chapelle. Saya tak bisa bilang saya menikmati tapi saya jadi paham pesonanya dan sebenarnya cukup kaget melihat begitu baaanyak kursi terpenuhi penikmat komedi ini.

Di Ruang Cendrawasih sedang ada Cinta Laura yang sedang berbagi cara pandangan hidupnya seperti; harus berinvestasi pada diri sendiri juga lead a purposeful life/berkehidupan yang bermakna.

Dengan aksen rada englishnya yang khas, dia juga bercerita tentang bagaimana screen time penggunaan Handphone hanya berkisar 2,5 jam selama seminggu. Bangga dengan prestasinya ini, dia mengajak penonton untuk berbuat yang sama dan menikmati berbagai keindahan hidup di luar sana.

Saya kemudian berpindah ke NOICE PODCAST ROOM dan duduk menunggu sesi yang saya tak sangka ada dan selalu diam-diam berharap bisa melihat langsung, yakni sesi BERBEDA TAPI BERSAMA dengan Habib milenieal Husein Jafar Al Hadar yang sedang tren berkat konten PEMUDA TERSESAT (dakwah komedi Habib dengan tandem Coki dan Tretan Muslim).

Bertemakan Logika dan Agama, Habib mengobrol dengan Cania Citta Irlanie yang terkenal karena pandangan out of the box sekulernya. Cania berpendapat soal relativitas moral dan bagaimana orang baru bisa menerima fakta itu benar kalau ada bukti realitasnya.

Habib Jafar berkata orang yang berpegang pada logika salah satu tantangannya adalah berpikir kehidupan itu bebas sebebas-bebasnya.

“Padahal menurut gua, kebebasan itu akan dibatasi paling tidak oleh kebebasan orang lain agar tidak saling tabrak..,” tukasnya.

Dialog ini sesekali diselipi candaan nyentil khas Habib yang sepertinya belajar dari Coki dan Tretan Muslim. Seperti saat membahas sikap sok merasionalisasi hal tidak rasional dalam Islam dengan contoh atom yang dikira Zarah (partikel terkecil dalam bahasa Al-Qur'an),

“Terus orang-orang Islam yang sok-sok open minded, ‘Oh, Zarah itu berarti atom,' ketika yang terkecil itu atom. Tapi ketika perkembangan science kemudian berkembang dan yang terkecil bukan lagi atom, lu mau ke mana? Apa Al-Qur'an-nya salah? Bahaya kan? Jadi Cania gua,” canda Habib yang disambut gelak tawa penonton.

Baca Juga:  PENDAFTARAN KOMPETISI FILM PENDEK DI YOUNG TALENT MOVIE FESTIVAL 2022 TINGGAL 10 HARI LAGI

Di akhir dialog, Habib menyampaikan tujuan tema dan mengundang Cania, “Makanya gua bilang kan, gua butuh orang seperti Cania sebenarnya. Untuk membersihkan mitos-mitos yang berkeliaran di sekitar gua yang mengatasnamakan agama. Di sana sebenarnya fungsi logika, fungsi science, itu di sana, membersihkan mitos-mitos yang mengatasnamakan agama..”

Dialog selesai, saya menghampiri Habib untuk berfoto. Beliau memang sehangat impresi saya dari berbagai video dakwahnya. Meskipun telat dan tak full nyemplung LUCU FEST ini, pertemuan kecil tersebut terasa worth it sekali.

Kemudian acara utama yang tampaknya paaling ditunggu fans MLI, SPECIAL NIGHT yang menampilkan Dodit Mulyanto, trio GJLS; Hifdzi, Rispo dan Rigen, Stand Up Perdana Deddy Corbuzier dan penutup ultimate-nya, show panggung terakhir Coki dan Tretan Muslim.

Sesi Dodit yang menghangatkan suasana membuat saya akhirnya tertarik stand up komika Indonesia, tapi follow up-nya oleh GJLS yang terkesan kacau mungkin mematikan rasa itu. Stand Up Deddy lebih ke curhat bukan berkomedi rasanya. Aksi panggung terakhir Coki dan Muslim? Gilani parah.

Dark jokes Coki dan celetukan lucu Muslim digas penuh. Puncaknya saat Muslim memanggil teman-teman cacatnya (mereka sudah berdamai dengan kondisi mereka kata Muslim) untuk beraksi. Its insane and i think everybody is losing it. Laugh like crazy.

Hal yang paling berkesan dari hari terakhir IDEA FEST ini adalah pentingnya bertemu offline. Beberapa kali saya ingin memotret atau merekam lebih banyak tapi saya tahan karena ingin menikmati langsung acaranya.

Dave Chapelle pernah bilang pada fans yang ingin berfoto, “Kita di sini bukan untuk berfoto tapi membuat memori.”

Melihat, mendengar dan meresapi langsung wejangan Habib Jafar tanpa melalui gadget adalah pengalaman yang tak tergantikan resolusi layar setinggi apa pun.

Para public figure ini yang punya keberanian lebih menghadapi orang banyak are human nonetheless. Bukan karakter fiksi di layar yang tidak hidup, manusia yang layak dihargai dan dihormati. Mungkin itu salah satu gunanya mendatangi acara offline begini dan mungkin saya bisa dapat manfaat lebih banyak kalau tidak telat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Liputan Ideafest 2022 Hari Ke-2

Published

on

GwiGwi.com – Sabtu 26 November padahal bermaksud menghadiri Ideafest namun tak disangka ada acara kampanye politik juga berlangsung di GBK pada hari yang sama sehingga lalu lintas ke JCC jadi super macet belum lagi banyaknya sampah di sekitaran GBK. Setelah penuh perjuangan, akhirnya penulis dapat masuk ke lokasi Ideafest 2022. Jadwal Ideafest pada hari itu penuh dengan Ideatalk yang topiknya bervariasi seperti branding, lingkungan, sosmed, seni, dll.

Maaf Anda Melihat Iklan

Penulis sempat menghadiri Talkshow “ Reimagining The Nation’s Food Sources and Its Potential” dengan narasumber: dr. Driando dari Tempe Movement dan Jonathan Kurniadi dari Leanlab. Talkshow ini membahas alternatif makanan pokok yang sehat, terjangkau semua kalangan, dan dapat dibudidayakan secara local. Salah satunya adalah pengembangan tempe dari kacang-kacangan selain kacang kedelai sehingga tidak selalu bergantung pada kedelai import. Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak tantangan untuk mewujudkan impian ini karena kultur yang sudah lama melekat di masyarakat serta kepentingan politik dan ekonomi.

Baca Juga:  Liputan Ideafest 2022 Hari Ke-2

Pada talkshow lain yang tidak kalah seru adalah “Is Doomsday Really Coming ? Entering 2023 With Cautions” yang narasumbernya Pak Chatib Basri dan Raymond Chin yang membahas isu resesi 2023. Untungnya bagi kita semua ya Gwiple, Pak Chatib bilang bahwa kemungkinan yang terjadi adalah perlambatan ekonomi dan bukan resesi sehingga tidaklah perlu cemas berlebihan.

Pelaksanaan acara-acara termasuk lancar pada hari itu walaupun adanya kemacetan karena acara politik di GBK, pemeriksaan tiket QR juga minim kendala. Layout booth yang banyak menawarkan produk-produk sponsor sudah rapi dan tidak sampai mengganggu alur lalu lintas pengunjung.

Ideafest tahun ini amat menyenangkan dan banyak menambah wawasan, semoga pada tahun 2023 juga dapat terlaksana dengan baik.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Pokémon Festival Jakarta Siap Digelar Mulai 8 Desember 2022

Published

on

GwiGwi.com – AKG Entertainment siap menggelar Festival Pokémon terbesar di Indonesia. Event bertajuk Pokémon Festival Jakarta ini akan berlangsung mulai 8 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Festival ini akan menjadi acara Pokémon terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

“Tahun ini, kami siap menghadirkan Pokémon Festival di Jakarta. Kami optimistis Pokémon Festival Jakarta tidak hanya menjadi destinasi akhir tahun bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga penggemar Pokémon di Asia Tenggara,” kata Christina Lim, General Manager AKG Entertainment, penyelenggara Pokémon Festival Jakarta.

“Penyelenggaraan Pokémon Festival Jakarta pada tahun ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan Pokémon di Indonesia. Tidak hanya berbagai merchandise Pokémon yang banyak diminati, saat ini komunitas Pokémon Game Kartu Koleksi juga terus tumbuh di berbagai daerah di Indonesia,” tambah Christina.

Mengusung tema #MainBarengPokémon, Pokémon Festival Jakarta diharapkan dapat mengumpulkan para penggemar Pokémon lewat berbagai aktivitas dan kompetisi. Beberapa di antaranya adalah kompetisi lari Pokémon Run, lomba Pokémon Dance untuk anak usia 4-6 tahun, Pikachu Parade, serta Meet & Greet dengan maskot Pokémon setiap akhir pekan.

Serangkaian turnamen dan event Pokémon Game Kartu Koleksi juga telah disiapkan bagi para pemain Pokémon Game Kartu Koleksi, lengkap dengan kartu-kartu promo spesial yang dapat dikoleksi. Regional League Pokémon Game Kartu Koleksi juga akan diadakan pada 15 Desember di Menara Indomaret yang dapat diakses lewat PIK Avenue. Ada juga stan Pokémon GO dan Pokémon UNITE bagi pengunjung festival untuk bermain game Pokémon bersama komunitas pecinta Pokémon.

Baca Juga:  Pokémon Festival Jakarta Siap Digelar Mulai 8 Desember 2022

Pokémon Festival Jakarta dapat terselenggara berkat dukungan dari The Pokémon Company dan Agung Sedayu Group. Sebagai sponsor, The Pokémon Company membantu kami merencanakan dan merancang festival. Sementara, di sisi lain, Agung Sedayu Group telah mendedikasikan Pantai Indah Kapuk untuk menjadi arena untuk Pokémon Festival Jakarta,” ujar Christina. “Sepanjang Desember hingga awal Januari, kami mengundang masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara untuk datang dan bermain bersama Pokémon di PIK Avenue dan PIK Golf Island.”

Tidak dikenakan biaya masuk untuk datang ke Pokémon Festival Jakarta. Pengunjung bisa langsung datang dan berkeliling di area festival. Jadwal acara dan informasi seputar festival dapat dilihat melalui laman resmi http://pokemonfestival-id.com, serta media sosial @pokemonofficial.id. (DION/AKG)

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x