Connect with us

Music

Eksklusif interview bersama nano “Saya Lebih Merdeka,” di C3 AFASG 2017

Published

on

GwiGwi.com – Gelaran C3 AFASG 2017 telah sukses dilaksanakan pada bulan November lalu.

Di tengah hiruk pikuk konvensi anime terbesar di Asia Tenggara ini, GwiGwi mendapatkan kesempatan untuk duduk bertatap muka dengan nano, sang penyanyi anisong kelahiran New York sebelum mengguncang konser I Love Anisong hari kedua (saking hypenya, rasanya Suntec lagi gempa). Penasaran dengan hasil interviewnya? Yuk scroll ke bawah!

 Bagaimana rasanya kembali ke Singapura?

Menyenangkan! Saya mengunjungi Singapura 3 tahun lalu dan seakan sudah begitu lama, rasanya sangat bahagia bisa berada di sini lagi. Saya cinta Singapura. Terakhir kali saya tampil, para audiensnya mengagumkan, dan sebagian dari mereka sudah menantikan seberapa banyak mereka akan bersenang-senang malam ini.

Nano semakin sering tampil di berbagai negara, boleh ceritakan pengalaman dan perasaan saat tampil di negara-negara tersebut?

Paspor saya penuh dengan stempel dari berbagai negara, dan saya senang karenanya. Lebih dari itu, saya senang melihat kultur yang berbeda, berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda, mempelajari hal yang belum saya tahu.

Saya lahir di Amerika, jadi saya sangat suka kultur-kultur yang berbeda. Melihat berbagai jenis fans, saya lihat tiap negara punya cara tersendiri untuk bersenang-senang dan kehebohannya sangat berbeda, saya beruntung bisa merasakan banyak jenis keramaian yang berbeda.

Beberapa waktu lalu konser nano di Indonesia batal (karena serangan bom), apa nano punya pesan kepada fans-fans Indonesia?

Saya syok dan sedih saat saya terpaksa untuk membatalkan konser Indonesia saya, tapi saya tau saat ini penggemar saya di Indonesia akan menunggu saya, dan saya sangat, sangat tidak sabar untuk kembali, jadi saya selalu berpikir tentang fans saya di sana, jadi saya mohon tunggu saja, saya akan pergi ke sana.

Tentang The Crossing, Hybrid Heart, dan My Liberation

Bisa diceritakan tentang album The Crossing?

Album saya The Crossing adalah album yang paling penting yang pernah saya buat karena saya merasa The Crossing menghubungkan masa lalu saya dengan kemungkinan tak terbatas di masa depan, dan saya rasa ini adalah langkah besar bagi saya untuk naik ke tingkat berikutnya, jadi sekarang ini tujuan saya adalah keep on going and keep on crossing.

 Bolehkah nano menceritakan lebih banyak mengenai lagu Hybrid Heart?

Ah ya, Hybrid Heart merupakan lagu yang penting bagi saya, saya senang sekali kalian menanyakannya. Lagu ini bukan termasuk lagu utama di dalam album saya, namun Hybrid Heart begitu spesial, karena saya lahir serta dibesarkan di Amerika, tetapi saya selalu merasa hati saya seperti terbentuk dari dua sisi berlainan: sisi Amerika dan Jepang.

Karena cara saya dibesarkan, tentu ada banyak tantangan yang saya hadapi. Semua emosi dan pengalaman tersebut saya tuangkan dalam Hybrid Heart. Tidak hanya mengenai tumbuh besar di Amerika, tapi juga tentang bagaimana memiliki dua sisi di dalam dirimu dan belajar untuk hidup dengan kenyataan itu.

Berdasarkan arti yang ada di dalam lagu tersebut, sisi mana yang lebih nano pilih? Jepang atau Amerika?

Jujur, saya berada diantara keduanya. Kadangkala bagian tertentu dalam diri saya tampak “sangat Amerika”, tapi di kesempatan berikutnya, saya merasa bagian lain terasa “sangat Jepang”. Saya merasa nyaman dan sulit untuk memilih salah satu saja. Sekarang ini saya rasa kedua sisi tersebut cukup seimbang.

Apa ada rencana untuk membuat PV untuk Hybrid Heart?

Sejauh ini belum ada rencana untuk membuat PV-nya, tapi kalau fans memang menginginkannya, ya tentunya akan saya pikirkan.

Dalam video klip My Liberation, terdapat dua orang yang sedang beradu pedang, apa sebenarnya makna dari hal tersebut?

Mereka semacam menunjukkan hitam dan putih di dalam diri kita. Jadi bisa dikatakan mirip dengan Hybrid Heart untuk beberapa aspek. Ada sisi baik maupun jahat, dan bagian yang jahat ini berusaha menarikmu, membuatmu kehilangan keberanian dalam melakukan sesuatu. Tapi kemudian sisi yang baik ingin melawan semuanya dan berupaya untuk merdeka, bebas. Itulah mengapa lagu ini berjudul My Liberation.

Baca Juga:  Saksikan Ayasa BanG Dream! Cover Lagu Tema KAGUYA-SAMA "DADDY! DADDY! DO!" Lengkap Dengan Cosplay

 

Tentang live, PV, dan penulisan lagu

 Teknologi saat ini semakin berkembang, apa nano punya teknologi yang ingin ditambahkan ke dalam konser agar semakin fun?

Saat saya melihat live artis-artis lain, ada hal-hal seperti 3D mapping, banyak teknologi yang dipakai dalam produksi live mereka. Saat ini saya ingin mencoba hal-hal baru dengan teknologi, tetapi yang paling penting adalah hubungan dengan fans, tidak peduli sesimpel suara tanpa sesuatu yang fancy, yang penting adalah terhubung dengan fans dan menyanyi dengan tulus dari hati. Saat ini saya puas dengan apa yang saya lakukan, tapi saya juga ingin mencoba 3D mapping atau lighting yang fancy.

Apakah nano lebih suka PV dalam bentuk animasi atau live-action?

Saya suka keduanya, karena keduanya membantu untuk menjelaskan hal-hal yang berbeda.

Kalau animasi, rasanya seperti mimpi (dreamlike), orang-orang bisa melihat sesuatu yang mungkin tidak dapat dilakukan di dunia nyata, penonton bisa ‘bermimpi’ dengan menonton animasinya.

PV live-action lebih realistis, jadi lebih terasa koneksinya, ‘I can relate to this’, jadi untuk lagu-lagu yang berbeda, tipe produksi yang cocok beda juga. Untuk saat ini, saya ingin lebih fokus terhadap realita, jadi saat ini saya lebih suka live action.

 Apakah nano lebih suka mengerjakan lagu anime atau non-anime?

Garis start saya yang memberi peluang pertama untuk saya adalah anime. Saya bersyukur bisa membawakan lagu-lagu anime, dan dengan menyanyikan lagu-lagu anime, saya bisa menulis lirik yang mungkin tidak bisa saya tulis tanpa cerita animenya, jadi saya akan melanjutkannya.

Saya juga suka membuat lagu saya sendiri, karena saya mendapatkan kebebasan penuh untuk mengekspresikan diri saya tanpa perlu memikirkan bagaimana mengekspresikan cerita lain.

Saya suka keduanya, dan saya rasa baik jika saya bisa mendapatkan keseimbangan dalam melakukan keduanya.

Lebih dekat dengan nano

Apa yang memotivasi serta menginspirasi nano untuk selalu menciptakan karya-karya yang luar biasa?

Hanya ada satu hal yang paling memotivasi saya: para penggemar. Sebab mereka selalu memberikan saya dukungan dan menyayangi saya. Ketika saya menerima pesan yang mengatakan bahwa lagu-lagu saya memberikan mereka keberanian, atau ketika saya sendiri merasa lagu saya dapat menyentuh orang lain, saat itulah saya terdorong untuk terus berkarya.

nano sering dikenal sebagai penyanyi anisong untuk anime-anime action, seperti Aoki Hagane no Arpeggio, bagaimana pendapat nano terhadap genre anime tersebut?

Saya suka series action yang saya kerjakan, banyak liriknya yang menceritakan tentang bertarung untuk diri sendiri, bertarung untuk orang lain, saya suka power di dalam animenya dan saya rasa cocok dengan musik saya, tapi tentunya saya ingin mencoba genre lainnya.

Dulu nano mempunyai ciri khas yaitu menutup wajah, tapi sekarang nano sudah menjadi lebih terbuka. Apa yang anda rasakan dari perubahan ini?

Saya merasa lebih bebas, dan seperti lagu saya (My Liberation, red.), saya merasa lebih merdeka. Saya mendapat kekuatan lebih untuk melakukan hal yang saya inginkan, menjangkau orang lebih banyak karena saya bisa melakukan live lebih sering, berinteraksi di media sosial, jadi membuka wajah saya memberi saya kekuatan dan opsi lebih, dan sekarang saya merasa senang saya melakukan itu.

Siapa artis non-Jepang favorit nano?

Saya mendengarkan lagu-lagu dari banyak artis, jadi saya tidak punya satu artis tertentu yang lagunya selalu saya dengarkan. Band pertama yang saya dengarkan dari orang tua adalah The Beatles tentunya, lalu saya mulai mendengarkan Avril Lavigne, Green Day, My Chemical Romance, banyak lagu-lagu rock.

Sebenarnya saya sering mendengarkan lagu-lagu klasik di rumah, sesuatu yang sering mengagetkan orang-orang.

Advertisements

Music

ClariS Merayakan Anniversary Ke-10 Debut Mereka dengan Dua Album Terbaik

Published

on

GwiGwi.com – Dalam memperingati ulang tahun kesepuluh debut utama mereka, duo anison ClariS akan merilis dua album terbaik baru yang berjudul “ClariS 10th Anniversary BEST” secara bersamaan pada 20 Oktober 2020. Ini akan menjadi album terbaik kedua mereka setelah “ClariS ~SINGLE BEST 1st~” pada bulan April 2015.

Album termasuk lagu hit mereka dirilis selama kegiatan sepuluh tahun mereka sejak 2010, termasuk lagu tema untuk serial anime TV populer, seperti Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Bangun ga Nai, Puella Magi Madoka Magica, Sensei Eromanga, dan masih banyak lagi. Edisi “Pink Moon” menampilkan warna dan motif gambar Clara, “Pastel Pink” dan “Moon,” sedangkan Edisi “Green Star” ini terinspirasi oleh Karen's “Pastel Green” dan “Star.”

“Situs Peringatan 10th ClariS” dibuka hari ini, permintaan lagu-lagu ClariS untuk dinyanyikan oleh Clara atau Karen sekarang diterima. Lagu-lagu yang dipilih akan dimasukkan dalam album terbaik.

Pesan dari Clara:

“Kami dipenuhi dengan perasaan bahagia bahwa kami akhirnya merayakan ulang tahun kesepuluh kami, mengingat kegiatan sepuluh tahun. Alasan kami mampu mencapai sejauh ini adalah berkat semua penggemar kami yang selalu mendukung kami. Kami berharap album terbaik kami akan menjadi sebuah karya yang dapat mengungkapkan rasa terima kasih kami. Dan kami menantikan untuk memulai yang baru pada ulang tahun kesepuluh kami, jadi silakan menantikannya! ”

Baca Juga:  Hinano Takashima, 14 Tahun, Menangkan Audisi Penyanyi OST DEEMO THE MOVIE

Pesan dari Karen:

“Hari peringatan sepuluh tahun kami akhirnya mendekat. Dengan kenangan yang telah kami kumpulkan dengan penggemar kami, kami akan mempersiapkan awal baru untuk menjadikannya tahun yang indah dan tak terlupakan …! Dan pada 21 Oktober, kami akan merilis album terbaik! Permintaan lagu-lagu yang Anda ingin kami nyanyikan solo sekarang diterima di “Situs Khusus Ulang Tahun ClariS ke-10, jadi saya akan senang jika Anda dapat memilih banyak. Mari kita bersenang-senang bersama! ”

 

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Music

Lagu OP Demon Slayer oleh LiSA Memuncaki Chart Karaoke Lagu Anime Jepang di Paruh Pertama Tahun 2020

Published

on

GwiGwi.com – Perusahaan yang berbasis di Nagoya, XING telah mengumumkan peringkat untuk lagu-lagu karaoke paling populer berdasarkan berapa kali dinyanyikan dalam layanan karaoke online seri JOYSOUND dan seri UGA antara 1 Januari dan 20 Juni 2020. JOYSOUND memulai layanannya pada tahun 1992 dan telah menjadi salah satu merek karaoke utama di Jepang, menawarkan lebih dari 310.000 lagu di industri karaoke.

Mengalahkan juara lama “A Cruel Angel's Thesis,” yang merupakan lagu karaoke paling populer di era Heisei Jepang (1992-2019), lagu anime/tokusatsu/game paling populer pada paruh pertama tahun 2020 adalah lagu LiSA “Gurenge,” tema OP untuk anime TV Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Lagu itu melonjak dari posisi ke-25 tahun lalu, mengambil tempat pertama untuk LiSA. Lagu ini juga berada di peringkat kedua di peringkat keseluruhan, di belakang “Pretender” oleh Official HIGE DANdism. Berkat kesuksesan besar lagu tersebut, LiSA telah menjadi penyanyi ketujuh yang paling populer di peringkat artis secara keseluruhan.

“Gurenge” dirilis secara digital pada tanggal 22 April 2019, kemudian single CD-nya diikuti sebagai single ke-15 pada tanggal 3 Juli. Ini telah dialirkan lebih dari 100 juta kali pada layanan berlangganan di seluruh dunia dan disertifikasi triple platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ) untuk melampaui 750.000 unduhan.

 

JOYSOUND: Ranking Lagu Anime/Tokusatsu/Game Yang Menempati Posisi 20 Besar di Paruh Pertama tahun 2020:

1 (25). “Gurenge” oleh LiSA (Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba)

2 (1). “Zankoku na Tenshi no Thesis/A Cruel Angel's Thesis” (Yoko Takahashi /Neon Genesis Evangelion)

3 (baru). “Yesterday” (Official Hige Dandism / HELLO WORLD

Baca Juga:  Sony Music dan JYP Entertainment Mengumumkan Anggota Grup “Nizi Project”

4 (2). “Himawari no Yakusoku” (Motohiro Hata /Stand By Me Doraemon)

5 (4).”Sugar Song to Bitter Step”(UNISON SQUARE GARDEN / Blood Blockade Battlefront)

6 (6). “Let It Go – Ari no Mama de” (Takako Matsu / Frozen Japanese dub edition)
7 (new). “Inferno” (Mrs. GREEN APPLE / Fire Force)
8 (3). “Peace Sign” (Kenshi Yonezu / My Hero Academia)
9 (7). “Single Bed” (Sharam Q / D・N・A2)
10 (9). “Touch” (Yoshimi Iwasaki / Touch)
11 (new). “Into The Unkown -Kokoro no mama ni-“ by Takako Matsu feat. Aurora (Frozen 2 Japanese theme song)
12 (10). “God Knows…” (Aya Hirano as Haruhi Suzumiya / The Melancholy of Haruhi Suzumiya)
13 (11). “Kimi no Shiranai Monogatari” (Supercell / Bakemonogatari)
14 (14). “Harunohi” (Aimyon / Crayon Shin-chan Honeymoon Hurricane -The Lost Hiroshi)
15 (16). “Sekai ga Owaru Madewa…” (WANDS / Slum Dunk)
16 (18). “Butter-fly” (Koji Wada / Digimon Adventure)
17 (13). “unravel” (TK from Ling tosite Sigure / Tokyo Ghoul)
18 (12). “A Whole New World” (Tomoya Nakamura and Haruka Kinoshita / Aladdin Japanese dub edition)
19 (15). “Doraemon” (Gen Hoshino / Doraemon the Movie 2018 Nobita's Treasure Island)
20 (5). “Uchiage Hanabi” (DAOKOxKenshi Yonezu / Fireworks, Should We See It from the Side or the Bottom?)

 

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Music

Penyanyi Anison ZAQ Posting MV Lagu OP ‘Muhyo & Roji’s Bureau of Supernatural Investigation’ Season 2

Published

on

GwiGwi.com – Pada hari pemutaran perdana anime di Jepang, penyanyi anison ZAQ juga memposting video musik penuh selama empat menit untuk “Inochi no Akashi” (A Proof of Life), lagu tema OP untuk musim kedua adaptasi anime TV manga fantasi Yoshiyuki Nishi Muhyo & Roji's Bureau of Supernatural Investigation.

Lagu ini akan dirilis sebagai single ke-19 pada 19 Agustus 2020. Ini adalah lagu tema pertamanya untuk waralaba anime Muhyo, dan menurut posting Twitter-nya untuk memperkenalkan klipnya, lagu itu direkam musim panas lalu, hampir satu tahun lalu. Tema video adalah “ikatan antara saudara-saudara.”

Baca Juga:  Tonton Klip Digest Konser "OVER THE HORIZON" dari Pengisi Suara Yuma Uchida

“Inochi no Akashi” MV lengkap:

Cover CD:

Foto artis baru:

Menyusul musim pertama 12-episode dua tahun yang lalu, anime TV musim kedua yang ditunggu-tunggu ditayangkan perdana di Animax di Jepang pada 7 Juli 2020.

PV terbaru menampilkan lagu OP:

Visual kunci:

 

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Trending