Barang Koleksi Paling Banyak Diburu!

GwiGwi.com – Sebagian orang memang lebih suka membelanjakan barang yang dirasa perlu saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun tidak jarang juga ada orang yang berani menghamburkan puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya untuk mengoleksi barang tertentu. Apa saja barang koleksi tersebut?

Berikut kami sajikan beberapa barang koleksi yang paling diburu beserta tokoh yang mengoleksinya!

 

1. Tas

Barang Koleksi yang Paling Banyak Diburu!

Selain sekadar menyimpan barang bawaan, tas kini turut menjadi fashion yang wajib menemani wanita di setiap acara, khususnya bagi kaum sosialita.

Berdasarkan penelusuran selebupdate, Nagita Slavina mengoleksi berbagai tas Hermes yang dipercaya bernilai ratusan juta rupiah. Berikut beberapa koleksi tas Nagita Slavina yang tertangkap kamera:

  • Hermes Gold Togo Kelly: 252 juta
  • Hermes Kelly Sellier: 306 juta
  • Hermes Constance 18 Rose: 185 juta
  • Hermes Swift Mini Constance Orange H: 174 juta

 

2. Sepatu

Barang Koleksi yang Paling Banyak Diburu!

Satu lagi fashion yang tidak lepas dari gaya hidup masyarakat. Pilihan warna, bahan, dan tipe sepatu umumnya harus disesuaikan dengan jenis acara yang akan didatangi. Hal ini mendorong kebanyakan orang untuk memiliki lebih dari satu sepatu. Bagi sebagian wanita, sudah menjadi sebuah kelaziman jika memiliki lemari yang dipenuhi dengan puluhan sepatu kesukaannya.

Salah satu presenter TV Indonesia, Ayu Dewi ternyata mengoleksi berbagai brand sepatu berikut yang tergolong mahal untuk mendukung penampilannya sebagai selebriti:

  • Sophia Webster: 7,1 juta rupiah
  • Chiarra Ferragni Ungu: 10,5 juta rupiah
  • GIVENCHY: 13,7 juta rupiah
  • Sneaker FENDI: 15,6 juta rupiah
  • GUCCI: 24 juta rupiah

 

3. Uang Kuno

Sejak diciptakan sebagai alat pembayaran yang menggantikan sistem tukar menukar barang, uang dicetak menyesuaikan mata uang yang berlaku di negara tertentu. Pada tahun tertentu, jumlah uang yang dicetak hanya dalam batasan tertentu. Hal ini yang membuat beberapa kolektor memilih untuk mengoleksi dan berinvestasi di uang kuno.

Di Indonesia, terdapat beberapa komunitas online maupun offline yang sampai sekarang masih aktif berburu untuk melengkapi ‘markas’ koleksi mereka. Salah seorang kolektor uang kuno, Mayor Sabaruddin Barus, mengakui telah menjelajahi seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke demi mencari edisi uang kuno yang berbeda.

Berikut beberapa koleksi Sabaruddin saat diwawancarai oleh tim Viva:

  • Uang cetakan Gubernur Provinsi Sumatera tahun 1947 – 1949: Ditawar 100 juta dan tidak dilepas olehnya.
  • 300 lembar uang kertas lainnya yang masing-masing seharga 5 Ribu hingga 50 juta rupiah.

 

4. Barang Antik

Barang Koleksi yang Paling Banyak Diburu!

Beberapa barang peninggalan sejarah menjadi buruan bagi kolektor karena pembuatannya yang sesuai dengan kesenian dan khas pada zaman tertentu. Misalnya seperti lemari maupun cawan yang digunakan oleh keluarga kerajaan, maupun senjata pada masa peperangan.

Andrew Andi Widjaya, seorang kolektor asal Malang memiliki sebuah rumah berukuran 1000 meter persegi yang dipenuhi oleh perabotan barang antik. Setiap harinya Andrew menghabiskan waktu 4-5 jam untuk mencari informasi tentang barang antik. Ia bahkan memiliki 33 pegawai yang disebarkan di berbagai daerah dan ditugaskan mencari barang antik.

Berikut beberapa barang antik yang menghiasi rumah Andrew saat dijumpai tim radarmalang:

  • Dua gentong peninggalan Tiongkok tahun 1368
  • Tongkat komando Presiden Soekarno
  • Barang antik peninggalan Sultan Pakubuwono IX dan X
  • Secara total, terdapat sekitar 5.000 barang antik kuno dan 400 pusaka berupa keris, tombak, serta pedang.

 

5. Jam Tangan

Barang Koleksi yang Paling Banyak Diburu!

Meskipun fungsi jam tangan yang sudah tergantikan karena adanya jam digital di setiap smartphone, aksesoris yang satu ini tetap diminati oleh kaum pria maupun wanita untuk melengkapi penampilan. Meskipun beberapa produsen seperti Rolex dan Fossil memasarkan jam tangan dengan nilai jual yang tinggi, hal tersebut tidak menyurutkan niat para pengguna untuk mengoleksi seri yang dijual terbatas.

Selebriti tanah air, Raffi Ahmad mendapatkan jam tangan berlapis berlian senilai 2 miliar rupiah dari Hotman Paris sebagai hadiah pernikahan. Selain itu, Raffi bersama Nagita juga mengoleksi beberapa brand jam berikut:

  • Franck Muller : 178 juta rupiah.
  • Jaquet Droz : 240 juta rupiah.
  • deLaCour : 216 juta rupiah

 

6. Autograph / Tandatangan

Barang Koleksi yang Paling Banyak Diburu!

Mendapatkan tandatangan dari seorang Artis idola bisa jadi mudah untuk diburu. Namun beda cerita jika tandatangan yang dikumpulkan berjumlah ratusan. Hal ini dilakukan oleh Andi Setiadi yang tidak hanya mendapatkan tandatangan, tetapi juga menyurati tokoh-tokoh penting dan negarawan. Beberapa nama tokoh yang Andi miliki seperti: Tony Blair, Dalai Lama, Hillary Clinton, Presiden RI Ke-3 B.J Habibie, dan masih banyak lagi.

 

7. Mainan

Mendengar kata mainan mungkin yang terlintas adalah barang yang paling banyak diburu oleh anak-anak. Namun nyatanya, koleksi mainan justru melibatkan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal ini-lah yang membuat koleksi mainan justru aktif dilakukan oleh para kaum dewasa yang notabene berada di usia produktif. Selain sebagai pajangan, mainan juga bisa menjadi wadah investasi loh!

Salah satu kolektor mainan ternama adalah Robby Hamdani, ia menempatkan kebanyakan koleksi mainan Action Figure berbagai ukuran di sebuah ruangan khusus di rumahnya. Di sana, pria yang aktif berburu mainan ini menempatkan berbagai koleksi seperti pesawat Millenium Falcon berdiameter 60 cm. Robby pernah merogoh kantong sebanyak US$ 680 (8,5 juta rupiah) untuk memasukkan DeLorean Marty McFly ke dalam ‘museum’ kecilnya.

 

Itulah berbagai barang koleksi yang paling banyak diburu. Untuk kamu yang suka dengan barang koleksi Toys & Games, kamu bisa bertemu dan berkumpul dengan para komunitas di acara Colony Collection Market: Toys & Games yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu juga bisa berburu barang-barang koleksi mainan seperti Action Figure, Die Cast, LEGO dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi [email protected].

Source :

Colony.co.id