Tips Fotografi Mainan untuk Pemula

GwiGwi.com – Kamu hobi mengoleksi mainan? Kalau iya, coba deh perluas hobimu dengan mempelajari toys photography. Seperti namanya, toys photography adalah seni memotret dengan mainan sebagai objek utamanya. Jika kamu tertarik untuk mempelajarinya, baca aja beberapa tips dari Colony berikut ini.

 

1. Pahami Artikulasi Figure-nya

Salah satu keunggulan action figure dibandingkan jenis mainan koleksi lainnya adalah adanya artikulasi. Artikulasi ini memungkinkan kamu untuk mengatur pose action figure sesuka hati. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu artikulasi dari figure yang kamu punya, karena artikulasi dalam setiap action figure bisa berbeda-beda tergantung ukuran, harga atau seri action figure tersebut. Jika sudah megetahui artikulasi yang terdapat dalam figure koleksimu, akan sangat mudah bagimu untuk mengatur pose dan konsep yang pas dalam melakukan fotografi mainan.

 

2. Cobalah Berbagai Konsep Unik

Cobalah untuk mengeksplor lebih banyak konsep foto yang mungkin dilakukan oleh mainan koleksimu. Misalnya,  konsep crossover di mana kamu bisa menggabungkan dua karakter yang sama sekali berbeda dalam sebuah frame. Seperti menggabungkan karakter Superman dengan Sailor Moon yang tidak akan mungkin ditemui di cerita aslinya. Bisa juga konsep out-of-character di mana pose yang kamu tampilkan berlawanan dengan image karakter yang selama ini banyak dikenal orang. Seperti pose para penjahat yang sedang melakukan selfie, pose para cewek imut yang bergaya ala preman dan lain sebagainya. Dengan konsep yang unik, tentu akan membuat hasil fotomu tampak lebih menarik.

 

3. Manfaatkan Sudut Kamera

Pemilihan angle atau sudut kamera sering memberikan efek besar terhadap objek mainan yang kamu foto. Berlatihlah dengan berbagai angle yang berbeda dan bandingkan hasilnya. Memanfaatkan angle sangatlah penting, terutama jika kamu ingin menonjolkan bagian tertentu atau memberikan kesan tertentu pada hasil fotomu.

Baca Juga:  10 Etika Dasar Ketika Berkunjung ke Kuil Yang Harus Kamu Ketahui

 

4. Perhatikan Background

Background juga sangat penting dalam membangun suasana dari fotografi mainan yang kamu lakukan. Dalam fotografi mainan, usahakan background tidak terlalu ramai, agar perhatian langsung tertuju kepada mainan tersebut. Namun jika kamu ingin memotret di keramaian, kamu bisa menggunakan teknik bokeh dan memfokuskannya pada objek mainannya.

 

5. Bergabung dengan Komunitas Fotografi Mainan

Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak seputar fotografi mainan, kamu bisa bergabung dengan berbagai komunitas yang ada, seperti ToygraphyID maupun Behind The Scene Toys Photography. Dalam komunitas mainan, kamu bisa melihat berbagai referensi foto-foto mainan keren dan juga memamerkan hasil foto milikmu. Bukan hanya ilmu baru, tapi kamu juga akan mendapatkan banyak teman baru yang sejalan dengan hobimu.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan ketika melakukan fotografi mainan. Jika kamu tertarik dengan fotografi mainan, kamu dapat berpatisipasi dalam toy photography challenge hasil kerja sama Colony dan komunitas ToygraphyID berikut.

Selain memenangkan total hadiah Rp 1.000.000, kamu juga dapat mendapatkan hadiah-hadiah lain yang tidak kalah menariknya dengan mengikuti on the spot toy photography challenge di Colony Collection Market: Toys & Games yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016 mendatang. Jadi, jangan sampai ketinggalan yah.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi [email protected].

Source :

Colony.co.id