Connect with us

Japan

7 Makanan Khas Musim Panas di Jepang

Published

on

GwiGwi.com – Musim panas di Jepang biasanya identik dengan yukata dan hanabi. Tapi tentu saja tidak sampai di situ karena Jepang juga memiliki makanan khas musim panas. Menunya pun beragam sehingga kamu pun jadi punya banyak pilihan. Selain enak, makanan khas musim panas ini tentu dapat mendinginkan tubuh mereka yang rata-rata kepanasan.

Kalau kamu berencana liburan di Jepang saat musim panas, kamu sebaiknya mengonsumi makanan khas musim panas ini. Kira-kira apa saja ya? Yuk, disimak listnya.

1.  Nagashi Somen

Advertising
Advertising

Merupakan mi khas Jepang yang disajikan dalam keadaan dingin. Kadang di dalam mangkuknya ditambahkan es batu agar dinginnya lebih tahan lama. Yang paling asyik, memakan somen yang diletakkan di atas bambu yang cukup panjang. Kamu pun bisa memakannya beramai-ramai dengan yang lain. Somen sendiri rasanya bermacam-macam. Baru-baru ini ada yang dicampur dengan kuah kare.

2. Ayu

Merupakan makanan khas musim panas yang biasa tersedia di festival-festival musim panas Jepang. Berupa ikan yang dibakar di atas arang. Rasanya manis dan gurih. Biasanya dihidangkan menggunakan stik sehingga kamu bisa langsung melahapnya.

3. Garigari-kun

Yang ini pasti kamu sudah cukup familier. Merupakan es krim batangan sederhana yang cuma ada di Jepang. Meski bentuknya simpel, tapi banyak disukai masyarakat Jepang terutama saat musim panas tiba. Terdapat berbagai macam rasa yang cukup beragam. Harganya pun termasuk murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang 60 yen saja untuk membelinya.

4. Kakigori

Kakigori juga cukup banyak dikonsumsi saat musim panas tiba. Di Indonesia biasa disebut sebagai es serut. Biasanya kakigori dihidangkan dengan mencampurkan berbagai macam rasa sirup. Jika ingin menambah rasa, bisa ditambahkan mochi, cincau, kacang merah, atau potongan buah-buahan segar. Saat musim panas memang paling pas mengonsumsi es-es manis seperti ini.

5. Hiyayakko

Atau biasa disebut dengan tahu dingin. Bentuk tahunya sangat lembut. Ini merupakan menu makanan yang cukup tua di Jepang, tapi masih difavoritkan hingga sekarang. Biasanya untuk menambah rasa dicampurkan berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, daun bawang, dan bonito.

6. Hiyashi Chuka

Merupakan salad khas Jepang yang disajikan dengan berbagai macam bahan makanan dan tentu dalam keadaan dingin. Biasanya terdiri dari potongan ayam, mi, mentimun, wortel, dan masih banyak lagi. Lalu dicampur dengan kecap dan cuka. Karena terdiri dari banyak bahan makanan, mangkok berisi Hiyashi Chuka ini pun jadi sangat berwarna.

7. Shingen Mochi

Makanan manis yang enak ini merupakan makanan khas prefektur Yamanashi. Bentuknya unik, seperti tetesan air raksasa. Biasanya disajikan dalam keadaan dingin, dicampur dengan lelehan gula merah.

Advertisement

Japan

Bunuh Diri Anak di Jepang mencapai Rekor Tertinggi pada Tahun 2022

Published

on

By

GwiGwi.com – Menurut data pemerintah yang dirilis pada hari Selasa, rekor 514 siswa SD, SMP, dan SMA Jepang melakukan bunuh diri pada tahun 2022, memecahkan rekor tertinggi sebelumnya yaitu 499 yang tercatat pada tahun 2020. Pandemi virus corona diduga menjadi penyebab tren kenaikan tersebut.

Menurut data, kasus bunuh diri perempuan naik selama tiga tahun berturut-turut, naik 67 dari tahun sebelumnya menjadi 7.135.

Dikutip dari Japan Today, tingkat bunuh diri secara keseluruhan naik 874 menjadi 21.881, dengan kasus bunuh diri laki-laki mengalami kenaikan pertama dalam 13 tahun dengan 14.746 kasus, naik 807 dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2022, 354 siswa SMA, 143 siswa SMP, dan 17 siswa SD semuanya bunuh diri.

Pandemi virus corona, yang dimulai pada tahun 2020, mungkin masih berdampak pada sebagian orang, menurut seorang pegawai kementerian yang mengerjakan strategi pencegahan bunuh diri.

“Kami akan memantau situasi dengan hati-hati dan memperdalam analisis kami, termasuk dampak virus corona,” kata pejabat itu.

Jumlah bunuh diri per 100.000 orang naik menjadi 17,5, naik 0,8 dari tahun 2021.

Menurut kategori usia, mereka yang berusia 50-an melakukan bunuh diri paling banyak (4.093, meningkat 475 dari tahun sebelumnya), dan mereka yang berusia 80-an juga mengalami peningkatan yang mencolok (276 menjadi 2.490).

12.774 kasus bunuh diri, atau sebagian besar kasus bunuh diri tahun lalu, disebabkan oleh masalah kesehatan, yang diikuti oleh kesulitan keluarga (4.775) dan masalah ekonomi dan kehidupan pribadi (4.697). 2.968 masalah terkait dengan ketenagakerjaan.

Angka bunuh diri Badan Kepolisian Nasional digunakan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan untuk menyusun data.

Continue Reading

Japan

Bunga sakura mekar lebih awal di Tokyo

Published

on

By

GwiGwi.com – Ibukota Jepang telah menyaksikan mekarnya bunga sakura pertama kali. Sejak statistik disimpan, tidak pernah ada mekar sedini ini.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pohon ceri benchmark tipe Somei-yoshino di Kuil Yasukuni di pusat kota Tokyo memiliki 11 tunas yang terbuka pada hari Selasa, menurut Badan Meteorologi.

Musim sakura Tokyo secara resmi dimulai enam hari lebih awal dari tahun sebelumnya dan sepuluh hari lebih awal dari rata-rata. Tunas paling awal sejak catatan disimpan dimulai pada tahun 1953, dan diikat dengan tahun 2020 dan 2021.

Baca Juga:  Bunuh Diri Anak di Jepang mencapai Rekor Tertinggi pada Tahun 2022

Cuaca hangat di bulan Maret, menurut perwakilan dari observatorium Tokyo, dan pemanasan global juga dapat menjadi penyebab yang berkontribusi. Bunganya mudah mekar, menurut dia, karena hanya ada empat kuncup yang terbuka pada hari Senin.

Mekarnya bunga secara lengkap diperkirakan terjadi antara tanggal 21 dan 24 Maret.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Japan

Mantan Perdana Menteri Jepang Abe meninggal setelah ditembak saat berkampanye di Nara

Published

on

By

GwiGwi.com – Dua hari sebelum pemilihan umum, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, 67, ditembak dan dibunuh pada hari Jumat saat memberikan pidato kampanye di kota barat Nara, menurut sebuah sumber di partai yang berkuasa.

Maaf Anda Melihat Iklan

Menurut polisi, seorang pria berusia 41 tahun menyerang perdana menteri terlama di Jepang dari belakang saat dia berbicara di depan Stasiun Yamato-Saidaiji di Kintetsu Railway sekitar pukul 11:30. Dia akhirnya jatuh ke tanah setelah dua tembakan ditembakkan. dipecat. Dia dibawa dengan ambulans ke rumah sakit dengan darah di pakaiannya.

Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara, ditahan di tempat karena dicurigai mencoba membunuh seseorang, menurut polisi. Sumber-sumber pemerintah mengklaim bahwa tersangka adalah mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim.

Yamagami dilaporkan oleh polisi prefektur Naha mengatakan, “Ini bukan dendam terhadap keyakinan politik mantan Perdana Menteri Abe.

Organisasi manajemen darurat melaporkan bahwa Abe, yang menjabat sebagai perdana menteri dari 2010 hingga 2020, juga terluka dan berdarah di sisi kanan lehernya dengan pendarahan internal yang terbukti di sisi kiri dadanya.

Perdana Menteri Fumio Kishida berbicara menentang penembakan mantan pemimpin itu dengan “kata-kata sekuat mungkin” setelah terbang dari Prefektur Yamagata, tempat dia berkampanye, ke kantornya di Tokyo. Dia menambahkan bahwa tindakan biadab seperti itu tidak boleh ditoleransi.

Dia mengklaim bahwa tidak jelas mengapa penyerang melakukannya.

Selain mendukung seorang kandidat dalam pemilihan Dewan Penasihat pada hari Minggu, Abe, ketua lama Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, berada di kota ketika insiden itu terjadi. Penonton sedang mendengarkan pidatonya di luar stasiun kereta api.

Seorang reporter dari Kyodo News yang hadir di acara tersebut mengamati penyerang mendekati Abe saat dia berbicara sebentar sebelum menembaknya.

Tiba-tiba, para penonton mengeluarkan serangkaian teriakan keras, dan Abe jatuh ke tanah. Petugas polisi segera menahan Yamagami.

Abe terbaring di tanah dengan mata terpejam, dan seorang anggota tim kampanye terlihat panik mencoba untuk menghidupkannya kembali dengan menekan dadanya dengan kedua tangan. Warga sekitar meminta bantuan medis.

Di Jepang, negara dengan undang-undang senjata yang kuat, penembakan jarang terjadi.

Ketika penyerang Abe menembakkan senjatanya, menghasilkan ledakan yang bisa disamakan dengan ledakan dan asap putih membubung ke udara. Setelah itu, aroma mesiu dapat dirasakan.

Reporter itu mengklaim bahwa laras senjata itu tampaknya dirakit.

Tanggapan pemerintah atas insiden tersebut kemudian dibahas oleh Kishida dan para menteri kabinetnya.

Ketika ditanya tentang pengaruh potensial pada politik Jepang, Kishida menjawab bahwa momen tersebut tidak cocok untuk dipertimbangkan dan menambahkan bahwa tidak ada keputusan yang dibuat mengenai bagaimana menangani hari Minggu yang tersisa dalam kampanye.

Abe, yang lahir dari keluarga politik terkenal, bekerja sebagai sekretaris ayahnya sebelum terpilih untuk menjabat di DPR pada 1993. Ayahnya adalah mantan Menteri Luar Negeri Shintaro Abe.

Sebelum kembali menjabat pada 2012, ia menjabat sebagai perdana menteri untuk periode singkat antara 2006 dan 2007. Setelah hampir delapan tahun, karena masalah kesehatan, ia mengundurkan diri.

Dia menerapkan kebijakan ekonomi “Abenomics” selama masa jabatan keduanya sebagai presiden, yang mencakup pelonggaran moneter yang signifikan, stimulus fiskal, dan reformasi struktural untuk memerangi deflasi dan menghidupkan kembali ekonomi negara yang lesu.

Abe bekerja untuk memajukan perubahan konstitusional Konstitusi pasifis Jepang sementara juga berusaha untuk memperkuat kemitraan keamanan Jepang dengan Amerika Serikat dan meningkatkan keunggulan internasional Jepang.

Rahm Emanuel, duta besar Amerika untuk Jepang, mengungkapkan “kesedihan dan kengeriannya” atas penembakan itu.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending