Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Smartphone

Xiaomi Terus Tumbuh di Masa Sulit, Pendapatan dan Laba Lampaui Konsensus Pasar

Published

on

GwiGwi.com – Xiaomi Corporation (“Xiaomi” atau “Group”; kode saham: 1810), perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, mengumumkan laporan keuangan kuartal II dan semester I tahun 2020. Dalam laporan tersebut, Xiaomi mencatatkan pendapatan dan keuntungan yang melampaui konsensus pasar.

Maaf Anda Melihat Iklan

Laporan ini diperoleh dari pengumuman hasil konsolidasi yang tidak diaudit untuk periode tiga bulan dan enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2020.

Rangkuman Laporan Keuangan Semester 1 2020 (Januari-Juni)

  • Pendapatan total mencapai 103,24 miliar renminbi (atau setara Rp219,7 triliun*), naik 7,9% year-on-year (YoY), melampaui konsensus pasar.
  • Laba kotor mencapai 15,26 miliar renminbi (atau setara Rp32,4 triliun*), naik 22,3% YoY.
  • Laba selama periode ini tercatat 6,65 miliar renminbi (atau setara Rp14,2 triliun*)naik 29,3% YoY, melampaui konsensus pasar.
  • Laba bersih yang disesuaikan dengan pengukuran non-IFRS mencapai 5,67 miliar renminbi (atau setara Rp12,1 triliun*), turun 0,7% tetapi tetap lebih baik dari konsensus pasar.
  • Pendapatan dari segmen smartphone tercatat sebesar 61,952 miliar renminbi (atau setara Rp131,7 triliun).
  • Pendapatan dari segmen produk IoT dan gaya hidup tercatat sebesar 28,237 miliar renminbi (atau setara Rp60,125 triliun*).
  • Pendapatan dari segmen layanan internet mencapai 11,808 miliar renminbi (atau setara Rp23,5 triliun*).
  • Pendapatan dari pasar internasional mencapai 48,861 miliar renminbi (atau setara Rp104,3 triliun*).

Rangkuman Laporan Keuangan Kuartal II 2020 (April-Juni)

  • Pendapatan total mencapai 53,54 miliar renminbi (atau setara Rp114,4 triliun*), tumbuh 3,1% YoY dan naik 7,7% dibanding kuartal sebelumnya (QoQ).
  • Laba kotor mencapai 7,70 miliar renminbi (atau setara Rp16,4 triliun*), naik 6,1% YoY dan 1,9% QoQ.
  • Laba selama kuartal ini mencapai 4,49 miliar renminbi (atau setara Rp9,5 triliun*), naik 129,8% YoY dan 108% QoQ.
  • Laba bersih yang disesuaikan dengan pengukuran non-IFRS mencapai 3,37 miliar renminbi (atau setara Rp7,1 triliun*), turun 7,2% YoY tetapi naik 46,6% QoQ.
  • Pendapatan dari segmen smartphone tercatat sebesar 31,628 miliar renminbi.
  • Pendapatan dari segmen produk IoT dan gaya hidup tercatat sebesar 15,253 miliar renminbi (atau setara Rp32,5 triliun*).
  • Pendapatan dari segmen layanan internet mencapai 5,908 miliar renminbi (atau setara Rp12,5 triliun*).
  • Pendapatan dari pasar internasional mencapai 24,029 miliar renminbi (atau setara Rp51,3 triliun*).

Ekosistem bisnis yang beragam dari Xiaomi membuatnya kokoh menghadapi ketidakpastian global akibat pandemi COVID-19 pada semester pertama, mencatatkan pendapatan dan keuntungan melampaui konsensus pasar, serta melanjutkan ekspansi. Belum lama ini, Xiaomi juga mendapatkan sejumlah pencapaian seperti masuk ke daftar Fortune Global 500 untuk kedua kalinya dengan kenaikan peringkat menjadi urutan 422. Menginjak usia ke-10 pada tahun ini, Xiaomi telah meningkatkan strategi inti menjadi “Smartphone X AIoT”, dengan bisnis AIoT yang berputar mengelilingi inti bisnis smartphone untuk merintis jalan menuju gaya hidup smart living.

Menyambut dekade selanjutnya, Xiaomi akan berpegang teguh pada tiga prinsip utama kami: Tidak pernah berhenti untuk mengeksplorasi dan berinovasi, terus menawarkan produk dengan rasio harga-terhadap-performa yang kuat, dan terus membuat produk yang keren sehingga semua orang di dunia bisa menikmati hidup yang lebih baik.

Mempertahankan Posisi Xiaomi di Pasar Smartphone Premium

Pada semester 1, pengapalan smartphone Xiaomi telah mencapai 23,8 juta unit. Menurut laporan dari Canalys, pada kuartal kedua 2020 Xiaomi menempati peringkat empat global dalam hal pengapalan smartphone, dan pangsa pasarnya mencapai 10,1%.

Di pasar internasional, pengapalan smartphone premium dengan harga jual 300 euro (atau setara Rp5,2 juta**) atau lebih, naik 99,2% YoY pada Q2. Didorong oleh proporsi penjualan dari smartphone mid hingga high end, rata-rata harga jual smartphone Xiaomi naik 11,8% YoY dan 7,5% QoQ.

Smartphone flagship dengan teknologi 5G yakni Mi 10 dan Mi 10 Pro yang diluncurkan pada Februari 2020 mencatatkan pengapalan yang melampaui 1 juta unit hanya dalam waktu dua bulan. Pada Agustus 2020, Xiaomi meluncurkan Mi 10 Ultra yang langsung menempati peringkat pertama DXOMARK saat peluncuran dengan skor 130 untuk rata-rata perfoma kamera. Penjualan Mi 10 Ultra melampaui 400 juta renminbi (atau setara Rp854 milyar*) dalam waktu 10 menit sejak diperkenalkan.

Xiaomi juga meresmikan pabrik pintar baru-baru ini dengan total investasi mencapai 600 juta renminbi (atau setara Rp1,2 triliun*), mengawali era manufaktur cerdas. Mi 10 Ultra merupakan model high-end  yang diproduksi secara massal di Pabrik Pintar Xiaomi.

Menyempurnakan Strategi Inti “Smartphone X AIoT” untuk Membangun Gaya Hidup Pintar

Pengapalan TV global dari Xiaomi mencapai 2,8 juta unit, mencatatkan pertumbuhan dibanding tahun sebelumnya meski sedikit turun jika dibandingkan rata-rata pasar TV. Menurut All View Cloud, pada kuartal kedua 2020, pengapalan TV Xiaomi ke China menempati peringkat pertama untuk enam kuartal berturut-turut dan ada di jajaran lima besar dunia.

Untuk memenuhi beragam permintaan dari konsumen di seluruh dunia, TV pintar Xiaomi masuk ke pasar-pasar baru, termasuk Polandia, Perancis, dan Italia pada kuartal kedua. Pada Juli 2020, Xiaomi menggelar peluncuran produk ekosistem global yang pertama dengan memperkenalkan sejumlah produk baru, termasuk Mi Smart Band 5, dan Mi True Wireless Earphones 2 Basic.

Baru-baru ini, CEO dan Pendiri Xiaomi, Lei Jun, menyebarkan surat kepada para karyawan, mengumumkan bahwa strategi inti Xiaomi akan ditingkatkan menjadi “Smartphone X AIoT” pada dekade berikutnya untuk mendorong manfaat sinergis, dengan smartphone tetap menjadi landasan bisnis Grup sementara AIoT akan membangun hidup pintar di sekitar smartphone agar Xiaomi bisa memimpin masa depan dari industri hidup pintar.

Hingga 30 Juni 2020, jumlah perangkat IoT yang terhubung ke platform IoT Xiaomi (kecuali smartphone dan laptop) mencapai 271 juta unit, naik 38,3% YoY. Jumlah pengguna yang memiliki lima atau lebih perangkat pintar yang terhubung ke platform IoT milik Xiaomi (kecuali smartphone dan laptop) tumbuh hingga 5,1 juta orang, atau tumbuh 63,9% YoY.

Pada kuartal kedua 2020, pengguna aktif bulanan dari MIUI tumbuh 23,3% YoY menjadi 343,5 juta pengguna sementara pengguna aktif bulanan di China sebanyak 109,7 juta.

Pasar Internasional Tumbuh Stabil di Tengah Tantangan

Menurut Canalys, pada kuartal kedua tahun 2020, pangsa pasar Xiaomi untuk pengapalan smartphone menempati peringkat lima besar di 50 negara dan wilayah, 25 pasar di antaranya mencapai tiga besar.

Pada Q2 2020, pandemi COVID-19 menyisakan dampak pada operasi Xiaomi di tingkat global. Pada April dan Mei 2020, sejumlah pasar penting melakukan kebijakan lockdown dan sangat berdampak pada penjualan. Seiring relaksasi pembatasan bisnis oleh pemerintah, penjualan secara nyata mulai pulih.

Pada Juli 2020, rata-rata jumlah aktivasi smartphone di pasar internasional (kecuali India) telah mencapai 120% dibandingkan kondisi sebelum pandemi pada Januari.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Smartphone

Kapasitas Memori Terbaik di Kelasnya, INFINIX HOT 12 Pro resmi meluncur dengan harga paling terjangkau

Published

on

By

GwiGwi.com – Brand smartphone yang memiliki visi untuk meng-empower anak muda, Infinix, kembali hadir dengan portofolio produk smartphone terbaru. Hari ini, Kamis (25/08/2022)  Infinix merilis Hot 12 Pro yang membawa kapasitas storage, performa yang gahar dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Maaf Anda Melihat Iklan

Infinix Hot 12 Pro hadir dengan spesifikasi khas Hot series yang unggul dari sisi baterai, RAM dan ROM, layar, dan performa secara keseluruhan. Diharapkan, Infinix Hot 12 Pro dapat memenuhi kebutuhan harian anak muda Indonesia yang memiliki mobilitas tinggi atau para gamers yang suka akan performa smartphone yang gahar.

“Infinix Hot 12 Pro  menghadirkan performa smartphone yang  gahar dengan kapasitas memori RAM dan ROM yang besar agar para pengguna dapat merasakan pengalaman smartphone yang memuaskan. Seperti menjadi signature seri Hot, Infinix Hot 12 Pro membuat pengguna mendapatkan smartphone untuk men-support permainan game mobile mereka, serta men-support produktivitas keseharian mereka ,” ucap Sergio Ticoalu sebagai Country Marketing Manager Infinix Indonesia.

Sisi memori menjadi salah satu fitur unggulan di Infinix Hot 12 Pro. Hadir dengan RAM 8GB yang dikawinkan dengan storage 128GB membuat pengguna dapat merasakan sensasi menggunakan smartphone yang lebih smooth, terutama untuk aktivitas gaming.

Kombinasi memori yang sudah besar, ditambah juga dengan baterai berkapasitas 5000mAh Power Monster plus teknologi 18W Fast Charge yang sanggup mendukung aktivitas pengguna selama sehari. Baterai besarnya juga sudah ditambah dengan teknologi power marathon yang dapat memperpanjang usia baterai.

Beralih ke sisi layar, Infinix Hot 12 Pro membawa layar super smooth dengan refresh rate 90Hz untuk menjamin pengalaman gaming yang fluid. Layarnya juga berukuran 6,6 inci yang menawarkan bidang pandang yang lebih lapang ke pengguna. Sektor display yang spesial ini sangat cocok bagi pengguna yang gemar bermain game adventure.

Sementara di otak pemrosesan, disematkan prosesor Unisoc T616 Tiger Performance yang menjanjikan performa maksimal. Untuk sisi fotografinya, Infinix Hot 12 pro menggunakan lensa utama 50MP Super Nightscape Camera untuk hasil foto maksimal di segala kondisi cahaya.

Fitur lainnya yang tak kalah penting tentu saja multi-functional  NFC. Dengan fitur ini, Infinix Hot 12 Pro dapat digunakan untuk mengisi saldo uang elektronik atau sekadar berbagai kontak, foto, atau video.

Bagi yang penasaran dengan smartphone ini, Infinix Hot 12 Pro sudah bisa didapatkan di Shopee mulai 29 Agustus pada sesi first sale. Pada sesi tersebut, Infinix Hot 12 Pro bisa dibeli dengan harga Rp 2.149.000.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Smartphone

Gebrak Pasar Lebih Luas, POCO Siap Bawa Lini Smartphone Cool Terbaru

Published

on

By

GwiGwi.com – Menggebrak pasar dengan smartphone performa ekstrem dan harga ekstrem adalah ciri khas POCO. Brand teknologi global yang populer di kalangan penggemar teknologi muda dunia ini akan merilis lini smartphone seri terbarunya untuk menjangkau Generasi Z dan Alpha yang mahir menggunakan gadget dan gemar berselancar di dunia maya.

Maaf Anda Melihat Iklan

Dalam seri terbarunya tersebut, POCO memastikan bahwa smartphone tersebut dapat mengoptimalkan kepuasan dalam mengakses berbagai platform entertainment dengan layar yang luas dan menemani aktivitas pengguna agar tetap eksis dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia menyatakan, “Terinspirasi gaya hidup anak muda Gen Z dan Alpha yang aktif dan dinamis, POCO akan kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan lini smartphone terbarunya dengan berbagai fitur cool yang dapat mendukung gaya hidup anak muda, dan tentunya dengan harga ekstrem yang selalu menjadi ciri khas produk POCO.”

Gaya hidup generasi Z dan generasi Alpha di rentang usia produktif antara 15-24 tahun di tahun 2022 ini sangat dekat dengan lingkungan yang serba digital.

McCrindle Research Centre, Australia (2020) mengatakan bahwa Gen Z dianggap mampu mengaplikasikan seluruh kegiatan pada satu waktu, seperti kegiatan bermain sosial media, berselancar dengan gadget, hingga mendengarkan musik secara bersamaan. Sama halnya dengan Gen Z, Gen Alpha juga disebut sebagai ‘penduduk digital’ dan menjadi generasi yang melek teknologi serta dikelilingi oleh teknologi yang mumpuni. Keduanya merupakan generasi yang selalu ingin memaksimalkan penggunaan waktu untuk berbagai hal yang penting.

Melihat karakteristik tersebut yang juga semakin meningkat populasinya, POCO berkomitmen menghadirkan smartphone yang akan menunjang aspirasi mereka dan segera untuk beraksi menggapai mimpi.

Intensitas Penggunaan Smartphone Tinggi Dorong POCO Bawa Lini Smartphone Terbaru

Berdasarkan laporan State of Mobile 2022 yang membahas tren pengguna smartphone dunia, didapatkan rata-rata waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia di depan smartphone mencapai lebih dari 5 jam dalam sehari, untuk mengakses berbagai macam aplikasi, seperti Youtube, TikTok, dan Instagram. Ditambah lagi sejak terjadinya pandemi, tercatat waktu yang dihabiskan untuk menonton melalui aplikasi video streaming naik 93 persen dibandingkan sebelum pandemi. Selain itu, data dari We Are Social (Januari, 2022), mengatakan bahwa 94,5% pengguna internet Indonesia memainkan video game, membuat Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain video game terbanyak ketiga di dunia.

Ini menunjukkan bahwa smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Bagi generasi saat ini, smartphone bukan hanya alat komunikasi saja, namun telah menjadi penunjang gaya hidup sehari-hari, mulai dari bersosialisasi, bertransaksi hingga mencari hiburan. Namun, kegiatan tersebut sering tertunda karena pengguna harus melakukan pengisian daya. Itulah mengapa pengguna membutuhkan baterai yang besar agar smartphone bisa aktif sepanjang hari dan leluasa dalam beraktivitas.

Gadget enthusiast Lucky Sebastian mengatakan, umumnya orang mengisi daya baterai smartphone mereka selama 1,5 hingga 4 jam sehari. Lama masa pengisian bergantung pada tegangan listrik yang dipakai dan apakah selama pengisian smartphone dipakai atau tidak. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang dalam sehari jika pengguna harus melakukan pengisian daya. Waktu 1,5 jam bisa digunakan untuk banyak hal, seperti mengikuti kelas online, menyelesaikan satu episode k-drama, atau bermain 5 ronde game PUBG.

“Baterai smartphone yang habis tentu akan sangat mengganggu aktivitas anak muda. POCO mengerti betul adanya kebutuhan untuk selalu terkoneksi. Seri terbaru dari POCO akan menjawab kebutuhan ini. Tunggu saja kehadirannya dalam waktu dekat,” tutup Andi.

Nantikan konfirmasi selengkapnya dari POCO Indonesia akan seri terbaru yang akan segera hadir di Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Smartphone

#POCOnyaPromo Kemerdekaan Ke-77 RI POCO F4 dan POCO F4 GT

Published

on

GwiGwi.com – POCO, brand teknologi populer di kalangan penggemar teknologi muda dunia, semakin mendukung anak muda Indonesia untuk semakin Fearless beraksi dengan memberikan promo terbatas untuk POCO F4 dan POCO F4 GT selama tanggal 17 – 21 Agustus 2022. Menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-77, POCO menawarkan potongan harga Rp 177.000 khusus di Xiaomi Store dan Erafone.

Maaf Anda Melihat Iklan

POCO F4 GT 12/256GB bisa didapatkan dengan harga Rp. 8.822.000 serta POCO F4 varian 6/128GB dengan harga Rp. 5.022.000 dan varian 8/256GB dengan harga Rp. 5.522.000.

POCO F4 GT menjadi incaran pengguna dengan chipset terkencang saat ini, SnapdragonⓇ 8 Gen 1, dan dilengkapi dengan L1+R1 Trigger pertama di POCO serta 120 Watt Hypercharge in-box. Dari sisi kamera, POCO F4 GT didukung 64 MP main camera dengan sensor Sony IMX686, 8MP ultra-wide camera, dan 2MP macro camera. Sementara, kamera depan dilengkapi 20MP front camera dengan sensor Sony IMX596. Ini yang membuat POCO F4 GT sebagai smartphone super flagship yang bisa memenuhi kebutuhan fotografi dan videografi bagi para penggemar gaming.

Selain itu, POCO F4 memiliki keunggulan utama di chipset kencang dan stabil SnapdragonⓇ 870 5G dan dilengkapi dengan peningkatan performa pada hi-res triple camera 64MP OIS dan 67 Watt Turbo Charger in-box. Hal ini lah yang menjadi daya tarik utama smartphone Fearless keluaran terbaru dari POCO bagi para penggemarnya.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x