Tradisi Unik Merayakan Valentine’s Day di Jepang

GwiGwi.com – Valentine’s Day di Jepang tergolong unik, tidak seperti di negara-negara lainnya dimana saat Valentine penjualan coklat akan melejit naik, tapi tidak di Jepang, karena wanita Jepang terbiasa membuat coklat sendiri untuk orang-orang terkasih mereka saat Valentine’s Day jadi yang melejit naik justru adalah penjualan bahan-bahan serta alat-alat untuk membuat coklat.

Mengenal Tradisi Valentine’s Day dan White Day di Jepang

Yang unik dari tradisi Valentine’s Day di Jepang adalah hanya para wanita yang membelikan coklat bukan sebaliknya seperti yang umumnya dilakukan oleh hampir di seluruh negera dimana pria lebih umum memberikan coklat kepada wanita pujaan mereka. Namun tidak di Jepang, hanya pada White Day pada tanggal 14 Maret tepat satu bulan setelah Valentine’s Day barulah para pria memberikan coklat pada sang wanita sebagai balasan dari coklat yang mereka terima saat Valentine’s Day. Well, tidak harus coklat, kadang juga bunga, permen dan pernak-pernik White Day lainnya.

Tradisi Valentine’s Day di Jepang cukup kuat bahkan sampai ada istilah “Giri-choco” dan “Honmei-choco” karena memang memberikan coklat pada saat Valentine’s Day sudah menjadi budaya di Jepang. Giri-choco sendiri adalah jenis coklat yang diberikan kepada teman, sahabat, atasan atau teman dekat laki-laki tanpa niat romantis sama sekali namun sebaliknya Honmei-choco hanya diperuntukan untuk cinta sejati seperti pacar atau suami. Nah, untuk Honmei-choco ini wanita Jepang tidak akan membelinya di toko tapi akan membuatnya sendiri karena menurut mereka bukan cinta sejati namanya kalau coklat yang diberikan sebagai hadiah Valentine’s Day dapat dengan mudah dibeli di toko-toko coklat.

Baca Juga:  Mentos rasa Matcha ini cuma ada di Jepang!

Merayakan Valentine’s Day di Jepang

Jika kamu punya kesempatan untuk berada di Jepang saat Valentine’s Day, coba deh ikut dan amati kebiasaan orang-orang Jepang untuk mempersiapkannya. Coba kunjungi beberapa pusat-pusat perbelanjaan seperti Mitsukoshi, Isetan dan Marui dan kamu pasti menemukan bagian khusus dimana semua pernak-pernik Valentine’s Day dijual.

Tradisi Valentine’s Day di Jepang sangat kuat bahkan sudah menjadi budaya negara ini jadi jangan heran ya kalau lagi jalan-jalan ke Jepang pada pertengahan bulan Januari sampai awal bulan Februari dan melihat para wanita Jepang baik tua dan muda memenuhi pusat perbelanjaan dan sibuk belanja bahan-bahan untuk coklat dan perlengkapan untuk membuatnya.

  • 139 Posts
  • 0 Comments
Who Am I? Just A PROUD Full-time Mommy and Part-time Daydreamer.