Connect with us

PlayStation Console

Sony akui siapkan penerus PlayStation 4

Published

on

GwiGwi.com – CEO Sony Kenichiro Yoshida mengonfirmasi bahwa mereka akan mengenalkan PlayStation baru, lapor Financial Times.

“Sekarang, apa yang dapat saya katakan ialah kita membutuhkan hardware generasi berikutnya,” kata Yoshida. Dia diadukan menolak guna mengonfirmasi apakah konsol PlayStation berikutnya bakal dinamai PlayStation 5.

Pernyataan Yoshida unik mengingat tingginya perkembangan pasar game mobile, yang tahun ini telah menjangkau lebih dari USD26 miliar (Rp395 triliun).

Sementara itu, pada Mei, PlayStation Head John Kodera menuliskan bahwa dia menyaksikan potensi dalam empiris bermain game portabel, lapor Variety.

Ketika itu, Kodera menuliskan bahwa meskipun game portabel mempunyai potensi, tersebut seharusnya dirasakan sebagai teknik lain untuk merasakan bermain game.

Baca Juga:  Playstation 5 Resmi Diluncurkan, Berikut Adalah Informasi, Spesifikasi dan Harganya!

Seiring dengan munculnya teknik baru untuk konsumen guna bermain game muncul keperluan akan pengembangan hardware yang memenuhi keperluan itu.

Konsol juga diduga akan menjadi tidak relevan, terutama sebab munculnya platform game streaming di cloud. Pada hari Senin, Microsoft mengenalkan teknologi streaming game “Project xLoud”.

Pada bulan Juni, CEO Ubisoft Yves Guillemot memperkirakan, layanan gstreaming game bakal menjadi lebih mudah diperoleh oleh semua gamer. Itu artinya, eksistensi hardware eksklusif game menjadi sesuatu yang tidak perlu.

“Akan terdapat satu konsol generasi baru, sesudah itu, anda akan masuk ke era streaming,” kata Guillemot saat itu.

Advertisements

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

Gaming

Playstation 5 Resmi Diluncurkan, Berikut Adalah Informasi, Spesifikasi dan Harganya!

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah ssebelumnya batal diperlihatkan pada tanggal 6 Juni 2020 lalu, Sony resmi memperlihatkan wujud asli Playstation 5 yang menandakan mulainya perang dunia konsol yang baru, pada The Next-Generation Console. Bagaimanakan wujudnya? Seperti apa spesifikasinya? dan Berapakah Harga Playstation 5 ini? Berikut adalah informasinya.

2 Model Console, Fisik dan Digital

Kali ini ada hal yang unik yang melengkapi peluncuran Playstation 5, yaitu dengan hadirnya 2 model sekaligus. Berbeda dari biasanya yang dimana Playstation meluncurkan versi FAT dan SLIM dari Playstation 5, kini Playstation meluncurkan opsi Playstation 5 dan Playstation 5 Digital Edition. Perbedaan keduanya terdapat dari hilang Disc Bay Blu-Ray pada PS5 Digital Edition, dan juga PS5 Digital Edition akan memiliki bentuk yang lebih tipis, dan lebih proporsianal jika dibandingkan dengan saudaranya. Ini menekankan bagaimana Sony dan juga Playstation kedepannya akan mendukung digital secara penuh, dengan adanya edisi ini. Namun demikian, bagi para kolektor fisik BluRay, tenang saja, kalian masih akan tetap bisa membeli edisi biasa, yang masih memiliki Disc Bay.

Lebih dari 20 Game Baru Diumumkan

Ada lebih dari 20 Game yang diumumkan bersama dengan Playstation 5, dan semuanya terlihat sangat menarik dan indah secara visual. Salah satu yang pertama kali diperlihatkan adalah hadirnya Gran Turismo 7 sebagai iterasi berikutnya Gran Turismo. Lalu Guerilla Games juga memperkenalkan sequel dari Horizon Zero Dawn yaitu dengan judul Horizon Forbdiden West.

Lalu ada juga Grand Theft Auto 5 Enhanced Edition yang menjadi salah satu bintang pada peluncurna PlayStation 5 kali ini dan menandakan ketiga kalinya game ini datang kembali lagi di Playstation setelah PS3, dan juga PS4. Demon Souls juga mendapatkan penyegaran baru pada Playstation 5 dan ini menjadi sambutan sangat baik dari para fans.

Ada banyak game menarik lainnya seperti ReturnalPragmataRatchet & ClankSackboy dan masih banyak game lainnya yang akan menandai era baru dalam dunia console gaming. Sony bisa dibilang tidak tanggung-tanggung pada kali ini dengan memperkenalkan lineup gamenya baik first-party maupun third-party yang akan membuat para fans segera ingin memiliki konsol ini dirumah mereka, terutama pada masa masih work from home seperti sekarang.

Spesifikasi Paling Canggih Saat Ini

Playstation 5 akan didukung dengan 8x Zen 2 Corse dengan clock speed 3.5GHz. Prosesor ini merupakan prosesor besutan AMD yang dibuat berdasarkan Ryzen 3000 Series Chips dengan arsitektor 7nm. Prosesor ini juga merupakan prosesor pilihan dari XBOX Series X yang sudah lebih dulu diperkenalkan oleh Microsoft. Playstation 5 juga akan memiliki GPU dengan kemampuan 10.28 Teraflops dari AMD RDNA 2 GPU yang diharapkan akan mendeliver performa terbaik, dengan resolusi 4K yang secara default akan menjadi kemampuan Playstation 5, tanpa harus menunggu iterasi versi Pro-nya.

Baca Juga:  Playstation 5 Resmi Diluncurkan, Berikut Adalah Informasi, Spesifikasi dan Harganya!

Untuk urusan memory, Playstation 5 akan memiliki RAM sebesar 16GB GDDR6 256-bit. Untuk storage, secara bawaan kalian akan mendapatkan versi 825GB melalui SSD, yang memang sebenarnya aneh melihat angka yang tidak bulat itu. Lalu kalau kalian ingin menambahkan storagenya lagi, Sony membeberkan bahwa PS5 akan mendukung SSD M.2 NVME yang tentunya lebih cepat dari SATA dan juga HDD yang sebelumnya sudah mentenagai Playstation 4. Sony juga sepertinya akan memiliki slot USB Type-A atau Type-C yang diletakan didepan bersamaan dengan Disc Baynya.

Tipe Spesifikasi
CPU 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (variable frequency)
GPU 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
GPU Architecture Custom RDNA 2
Memory/Interface 16GB GDDR6/256-bit
Memory Bandwidth 448GB/s
Internal Storage Custom 825GB SSD
IO Throughput 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
Expandable Storage NVMe SSD Slot
External Storage USB HDD Support
Optical Drive 4K UHD Blu-ray Drive

Backward Compatibility dengan Game PS4

Setelah lama menjadi impian, Playstation 5 akhirnya mengusung Backward compatibility. Walaupun ini bukan diumumkan pada peluncuran kali ini melainkan melalui pengumuman sebelumnya, namun ini dipastikan menjadi angin segar ditambah dengan kemampuan PS5 untuk ditambah lagi storagenya melalui NVME dan juga external drive. Benefit yang mungkin didapatkan dari backward compatibility ini adalah jika kalian belum punya PS4 Pro, maka kalian bisa mendapatkannya disini.

Harga yang Menarik untuk Gamers

Sony mengklaim bahwa harga SRP (Suggested Retail Price) untuk PS5 nantinya akan sangat menarik. Sebelumnya ada dugaan bahwa harganya akan berada di kisaran 500-700 US Dollar, dan akan diumumkan pada launching kali ini. Sayangnya Sony masih merahasiakan harga dari Playstation 5 ini. Kita pun tidaj busa memberikan estimasi harga rupiahnya. Namun jika pattern serupa PS4, harusnya Sony bisa memberikan Regional Pricing yang sangat baik untuk Indonesia.

Bagaimana Gwiples? Tertarik untuk membeli PS5? Atau malah akan tetep beli PS4 aja karena lebih affordable?

Advertisements
Continue Reading

PlayStation Console

Sony Jadwalkan Showcase PS5 Akan Streaming pada 11 Juni

Published

on

GwiGwi.com – Minggu lalu, Sony menunda acara tanggal 4 Juni untuk showcase PlayStation 5. Pada saat itu tidak ada tanggal baru, tetapi semua itu dilakukan untuk membiarkan suara-suara yang lebih penting didengar di tengah-tengah protes Black Lives Matter setelah kematian George Floyd di tangan kepolisian Minneapolis.

Sementara protes berlanjut, Sony memutuskan tanggal baru untuk acara tersebut, mengantarkan showcase “Future of Gaming” untuk 11 Juni pukul 13.00 Waktu Pasifik. Kamu dapat mengikutinya di Situs web PlayStation, Twitch, dan Youtube.

Baca Juga:  Playstation 5 Resmi Diluncurkan, Berikut Adalah Informasi, Spesifikasi dan Harganya!

Di PlayStation Blog, Direktur Senior SIE Content Communications Sid Shuman mengklarifikasi bahwa program yang sudah direkam ini “akan disiarkan pada 1080p dan 30 frame per detik,” yang membantu memudahkan proses produksi acara. Shuman menambahkan bahwa game akan terlihat lebih baik di PS5 dengan TV 4K, dan merekomendasikan untuk memakai headphone untuk menikmati pekerjaan audio acara.

Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

PlayStation Console

Buntut Gejolak Kematian George Floyd, Sony Tunda Acara PlayStation 5

Published

on

GwiGwi.com – Beberapa hari yang lalu kami memposting tentang Rencana Sony untuk acara online PlayStation 5, yang menjanjikan tampilan di jajaran awal game konsol. Sekarang, mengingat peristiwa saat ini yang penuh gejolak dan protes di seluruh negara setelah kematian George Floyd di tangan polisi Minneapolis, acara telah ditunda.

Sony menunda acara karena alasan yang tepat ini. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di akun Twitter resmi PlayStation, perusahaan mengatakan mereka tidak merasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk perayaan. Sebaliknya, mereka “ingin mundur dan membiarkan suara-suara yang lebih penting didengar.”

Acara ini awalnya dijadwalkan untuk 4 Juni jam 1:00 siang PDT. Kami pasti akan memperbarui ketika showcase PS5 dijadwal ulang.

Baca Juga:  Playstation 5 Resmi Diluncurkan, Berikut Adalah Informasi, Spesifikasi dan Harganya!

 

Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Trending