Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Music

Single #sukinanda AKB48 boleh saja puncaki Oricon, tapi DAOKO × 米津玄師 menangkan banyak hati pendengarnya

Published

on

GwiGwi.com – Sebut saja akhir dari sebuah era. Minggu lalu, singel ke 49 AKB48 “#sukinanda” terjual lebih dari 1 juta kopi dan memuncaki daftar singel Oricon. Selain menjadi lagu pertama yang menduduki peringkat pertama yang menyertakan hashtag pada judulnya, lagu ini juga membuat AKB48 melampaui Ayumi Hamasaki sebagai penyanyi wanita yang menjual singel terbanyak di sejarah musik Jepang.

Maaf Anda Melihat Iklan

Penggemar AKB48 senang. Penggemar Ayumi melewati siklus mirip kubler-ross secara online dimulai dari marah (AKB48 bukanlah seni), negosiasi (AKB adalah grup, ayumi cuma satu orang) dan semi-penerimaan (Ayumi tetap lebih baik). Pada awalnya, banyak orang yang bingung dengan keputusan Oricon untuk menyamakan grup dan penyanyi solo dalam ranking ini, sebelum akhirnya menerima keputusan tersebut.

Pergantian ini tidak bisa dihindari. Seperti yang banyak orang tahu sejak AKB48 mulai memuncaki daftar ranking sejak tahun 2009, AKB sudah lama meningkatkan penjualan dengan cara merilis beberapa versi dari satu singel atau memasukkan merchandise dalam albun seperti tiket meet & greet atau tiket voting pada pemilihan tahunan AKB48. Penggemar garis keras membeli banyak kopi untung mendukung grup favorit mereka atau juga mendapatkan barang-barang bonusnya. Kesuksesan AKB48 ditenagai oleh para penggemar yang penuh passion daripada penggemar musik secara general.

Tapi strategi ini nalah menjadi norma dari musik pop secara global pada tahun 2010an. AKB48 jelas lebih terdepan dari tren saat itu, jadi menyalahkan aspek gimmick ini adalah hal yang tidak perlu (tapi kalian harus melakukan hal yang perlu lakukan, penggemar Ayumi).

Selain di industri Jpop, hal ini juga biasa dilakukan oleh industri Kpop dan mulai dilakukan juga di Amerika Serikat dimana grup seperti Metallica menaiki daftar rangking penjualan karena penjualan albumnya menyertakan tiket konser. Sementara itu Taylor Swift, baru-baru ini memakai strategi ini yang telah dikembangkan lebih jauh, dengan memperbolehkan penggemarnya yang melakukan banyak aktivitas seperti membeli merchandise atau mencuitkan tentang musiknya, untuk maju dalam daftar tunggu pada konsernya yang akan datang.

Tetapi cerita ini menjadi pertanda berakhirnya sebuah era dimana ranking tradisional mempunyai sebuah arti ataupun nilai. Meski penggemarnya saling ribut, baik Ayumi dan AKB48 tidak terlalu relevan beberapa tahun terakhir ini, selain skandal yang terjadi pada mereka. Meski “#sukinanda” memuncaki Oricon pada minggu pertamanya, #sukinanda juga cepat lengser dari daftar ranking Oricon. Diantara jeda dari rilisnya, memuncaki dan jatuhnya singel AKB48, sebuah lagu menunjukkan bagaimana musik sampai ke penikmat musik secara umum. Daoko dan Kenshi Yonezu telah memuncaki berbagai situs streaming dan daftar ranking musik Youtube selama berminggu-minggu dengan Uchiage Hanabi meraih 32juta view dalam satu bulan. Lagu ini muncul di TV, radio, dan bahkan membuat Daoko, yang muncul baru-baru saja ini, muncul pada billboard di Shibuya Crossing. Lagu ini hanya menduduki peringkat 9 di Oricon, tapi di lanskap musik Jepang yang baru, berada di peringkat 9 bukanlah tanda-tanda sukses.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

48G Corner by KSK48

Single Ke-30 SKE48 ditunda

Published

on

GwiGwi.com – Grup idola Jepang SKE48 telah mengumumkan single ke-30 mereka. Namun, grup tersebut sekarang telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan dapat memenuhi tanggal rilis yang direncanakan karena penundaan produksi. Seluruh karyawan kini bekerja lebih keras untuk menyongsong tanggal perilisan baru, 5 Oktober 2022.

Maaf Anda Melihat Iklan

Ini akan menjadi single terakhir dari anggota generasi ketiga SKE48 Suda Akari, yang telah mengumumkan kelulusannya dari grup. Lagu kelulusannya akan muncul di versi Type-A. Anggota SKE48 Generasi ke-5 Furuhata Nao, yang juga ingin lulus dari grup, tidak muncul dengan lagu kelulusannya sendiri di single; sebagai gantinya, dia merilis single solo baru, “Hikari Sasu.”

senbatsu

Aoumi Hinano, Inoue Ruka, Kitagawa Yoshino, Sakamoto Marin, Nomura Miyo, Ego Yuna, Hidaka Yuzuki, Asai Yuka, Kamata Natsuki, Kumazaki Haruka, Sato Kaho, Suenaga Oka, Sugawara Maya, Suda Akari, Takahata Yuki, Hayashi Mirei, Aoki Rika dan Ota Ayaka

AKB48i

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Music

PUNPEE dan BIM Akan Merilis EP Kolaborasi

Published

on

By

GwiGwi.com – Pada tanggal 3 Agustus, PUNPEE dan BIM akan merilis EP kolaborasi “Syonen Jidai.” Rilisan lima lagu ini menampilkan kolaborasi “Jammin'97” dengan ZEEBRA, yang memulai debutnya pada tanggal 31 Juli di “FUJI ROCK FESTIVAL '22.”

Maaf Anda Melihat Iklan

Sehubungan dengan perilisan EP, PUNPEE dan BIM telah mengembangkan video lirik animasi untuk “Kids Return,” lagu pembuka EP. Video animasinya mirip dengan video lofi YouTube yang populer.

PUNPEE & BIM「焦年時代」配信ジャケット

 

  1. Kids Return
  2. トローチ (Troche)
  3. Jammin’97 feat. ZEEBRA
  4. Night Rider
  5. 蛍火 (Hotarubi)

Sumber

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Music

Hey! Say! JUMP Luncurkan MV ‘Fate or Destiny’

Published

on

By

GwiGwi.com – Hey! Say! JUMP telah memulai debut video musik untuk “Fate or Destiny.”

Maaf Anda Melihat Iklan

Ini akan muncul di album studio kesembilan grup, “FILMUSIC!,” yang akan dirilis pada 24 Agustus. Ini adalah lagu tema untuk drama ‘Junai Dissonance' yang menampilkan anggota Nakajima Yuto, dan lagu ini menggambarkan keberanian seseorang menghadapi mereka. takdir atau takdir.

Video tersebut memiliki adegan di pantai serta cuplikan di sebuah hotel kosong. Dalam adegan hotel, para anggota menyampaikan “keragu-raguan” dan “kesepian” dengan kedewasaan.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x