Connect with us

News

Selamat Datang iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Berikut Spesifikasi dan Harganya di Indonesia!

Published

on

GwiGwi.com – Apple baru saja mengumumkan perangkat terbarunya di Steve Jobs Theatre pagi ini yaitu iPhone 11 dan iPhone 11 Pro yang merupakan penerus dari lini iPhonenya. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Apple menayangkan keynote mereka di YouTube dan juga website mereka sendiri. Seperti apa perangkat terhangat Apple ini? Berikut adalah detail, spesifikasi, dan harganya.

iPhone 11

iPhone XR sudah menjadi salah satu perangkat best-selling selama setahun terakhir dan memang merupakan versi yang lebih menarik daripada seri XS sebelumnya. Perangkat ini memiliki target “anak muda banget” dan memiliki konsep gabungan seperti iPhone 5C bercampur dengan iPhone SE dengan style-nya yang warna warni seperti 5C, namun memiliki kemampuan yang setara dengan kakaknya yang lebih besar. iPhone 11, mengikuti jejak XR dengan warna-warni yang nyentrik, namun tidak mengorbankan performa utama seperti SoC yang digunakan oleh perangkat ini, baterai yang juga mendapatkan upgrade serta fitur-fitur dan kualitas fotografi yang iPhone banget.

iPhone 11 ini akan ditenagai oleh Apple A13 Bionic sebagai SoCnya yang digadang sebagai prosesor tercepat dalam sebuah smartphone. Biasanya klaim ini bisa dibilang sangat benar, karena setiap tahunnya, SoC dari Apple memang walau tidak terbentuk dari the latest and the greatest dari industri SoC, Chip buatan Apple ini mampu melibas semua flagship Android yang ada di pasaran. Selain itu ada juga tambahan sebuah lensa baru untuk kameranya yaitu kamera Ultra-Wide, seperti trend yang sudah cukup lama beredar pada perangkat Android di pasaran. Dengan bergabungnya Lensa Ultra-Wide, iPhone 11 bisa jadi upgrade yang cukup worth-it dari iPhone XR yang bergantung hanya pada 1 buah lensa kamera saja.

Untuk urusan display, layarnya masih menggunakan LCD sama seperti iPhone XR, dengan bentang 6.1 inci dan masih bernama Liquid Retina display. Walau belum menggunakan layar OLED seperti kakanya dan pendahulunya seperti iPhone X, XS dan XS Max, sepertinya iPhone 11 ini tetap memiliki kualitas yang cukup oke dan sepertinya menjadi salah satu pembeda paling jauh selain kamera jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro.

Nantinya iPhone 11 ini akan dibanderol dengan harga mulai dari 699 USD atau setara dengan 9.8 Jutaan rupiah, yang membuatnya menjadi iPhone paling murah, bahkan dengan harga yang lebih murah juga jika dibandingkan dengan XR yang dibanderol dengan harga mulai dari 749 USD. Namun demikian, harga Indonesianya belum dapat dikonfirmasi saat ini karena memang belum akan mendarat di Indonesia.

iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max

Penamaan dari iPhone 11 tahun ini memang sedikit aneh. Sehingga sepertinya Apple memutuskan untuk memberi nama iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max sebagai penerus dari iPhone XS dan juga XS Max. iPhone 11 Pro memiliki beberapa upgrade yang cukup signifikan jika dibandingkan seri sebelumnya.

Baca Juga:  Review Comifuro 13, Acara 2x Setahun Yang Jadi Penutup "COMIKET" Indonesia 2019

Sama seperti iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max memiliki SoC Apple A13 Bionic, sehingga seharusnya ketiganya memiliki performa yang serupa. Selain itu 11 Pro mendapatkan sedikit upgrade di segi layar dengan hadirnya Super Retina XDR” OLED display yang memiliki teknologi yang serupa dengan Pro XDR Display dari Apple yang sempat viral karena harga stand-nya.

Untuk soal Kamera, disinilah dimana 11 Pro menjadi menarik. Dengan setup Triple Camera, dimana selain Lensa Normal dan Telephoto, kali ini iPhone seri atas ini memiliki tambahan dengan lensa Ultra Wide, sama seperti iPhone 11. Memang setup kameranya sedikit membingungkan karena Apple memilih desain seperti fidget spinner tidak begitu simetris seperti biasanya dimana setupnya lurus kebawah atau kesamping (dan juga sudah dimiliki beberapa perangkat Android Flagship).

Untuk harga 11 Pro akan mulai dari 999 USD atau sekitar 14 Jutaan Rupiah, sedangkan 11 Pro Max akan mulai dibanderol dengan harga 1099 USD atau sekitar 15 Jutaan Rupiah.

Selain spesifikasi inti yang ada diatas, dimana keduanya menggunakan A13 Bionic, seluruh seri iPhone mendapatkan upgrade disegi baterai, dan digadang akan memiliki All Day Battery, walau hingga saat ini, belum diketahui berapakah ukuran baterainya.

Selain iPhone, ada Apple Watch Series 5, iPad 2019, Apple Arcade dan Apple TV+

Selain mengumumkan iPhone 11, Apple juga membagikan informasi seputar upgrade dari Apple Watch Seri 5 yang mendapatkan upgrade di segi optimalisasi dan fitur dimana sekarang Apple Watch dapat menyimpan lagu kedalamnya sehingga dapat langsung memutar lagu. Selain itu juga, Apple Watch sekarang bisa dipakai untuk mengangkat telephone.

Untuk iPad-nya, iPad generasi ke-7 memiliki bentang layar yang lebih luas, yaitu 10.2 Inci, dukungan smart keyboard dan juga Apple Pencil, serta yang menarik adalah harganya yang tetap di kisaran 329 USD.

Apple Arcade dan Apple TV+ menjadi service yang gencar diperkenalkan oleh Apple dengan adanya game-game berkualitas tinggi, serta Serial Film yang tak kalah menarik dari Original Series di Streaming Service lainnya.

Kedepannya seharusnya semua hal yang diumumkan oleh Apple hari ini akan dapat dijumpai di Indonesia juga terutama untuk seri iPhone-nya yang tentu akan menjadi Trending di Indonesia. Namun demikian, seluruh harga yang diberikan adalah estimasi dengan kurs Dollar yang ada saat ini, dan bisa saja berubah sesuai kenaikan atau penurunan kurs dan juga pajak yang berlaku.

Yang manakah yang bakalan membuat kalian Hype banget?

Freelancer serabutan yang demenannya beragam sampai tidak jelas kemana. Saat ini sedang berkutat sebagai Web Developer sembari mengupdate informasi tentang Gadget Teranyar yang biasanya berada di segmentasi affordable hingga high end flagship. Selain itu juga jadi Youtuber untuk GwiGwi. Kontak: fsp@giwgwi.com.

Advertisement
Click to comment

News

Hands on dan Impresi Realme 5 dan Realme 5 Pro Indonesia! Harganya kurang dari 2 Juta!

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah sebelumnya sukses dengan seri-seri sebelumnya, Realme Indonesia telah resmi meluncurkan Realme 5 dan Realme 5 Pro ke Indonesia. Seperti seri sebelumnya, yaitu Realme 3, seri Realme 5 memiliki sejumlah peningkatan yang tentunya mendatangkan fitur-fitur baru yang tidak kalah menarik dibandingkan smartphone sekelasnya bahkan lebih lagi. Dengan tagline Realme 5 Quad Camera PowerHero dan Realme 5 Pro Quad Camera SpeedMaster serta harga yang terjangkau mulai dari 1.9 Jutaan, tentunya keluarga Realme 5 wajib menjadi perhatian. Berikut adalah hands-on serta first-impression-nya.

Realme 5, Si Adik Yang Menarik Perhatian

Realme 5 adalah si paling kecil dari keluarga Realme 5. Dengan bentang layar 6.5 inci HD+, Qualcomm Snapdragon 665 dengan GPU Adreno 610, 4 buah lensa kamera yaitu lensa ultra wide-angle 119° (8MP), kamera utama (12MP), lensa portrait (2MP) dan lensa ultra-macro (2MP), sedangkan untuk kamera depan AI 13MP. Selain itu terdapat 3 buah konfigurasi kepasitas penyimpanan serta RAM mulai dari 3GB+32GB, 3GB+64GB, serta 4GB+128GB, yang membuat smartphone ini memang paling kecil secara kelas, tetapi memiliki memory yang tidak kalah besar.

Selain itu untuk soal warna, terdapat 2 warna untuk si Realme 5 ini yaitu warna Crystal Blue dan Crystal Purple dengan pola diamond, yang membuat penampilan si Realme 5 ini cukup menawan. Realme 5 juga sudah dibuat splash proof sehingga bisa tahan cipratan air saat hujan dan serupanya. Tapi jangan dibawa berenang karena tidak ada rating IP Water Proof/Water Resistant.

Secara performa Realme 5 cukup responsif walau affordable. Sepertinya memang kita sudah tinggal di masa dimana smartphone dalam rentang harga 2 Jutaan bisa dibilang cukup responsif dan tidak membuat gregetan saat di operasikan. Dengan menggunakan ColorOS 6 berbasis Android 9.0 Pie, yang baru ditingkatkan pada desain, fungsi manajemen hotspot dan mendukung fungsi Google AR Core. Peningkatan desain akan diberikan ke sistem lockscreen, layar home dan halaman notifikasi yang lebih luas, dan bahasa desain realme yang lebih dekat dengan pengalaman Android stock. Fungsi real privacy dapat membantu pengguna menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya ke dalam ruang privasi, terlindungi oleh sidik jari. Fungsi manajemen hotspot akan membantu mengatur kecepatan dan penggunaan jaringan hotspot. Nantinya, semua pembaruan ini akan datang ke semua smartphone realme melalui OTA.

Realme 5 Pro, Speedmaster karena Prosesornya

Realme 5 Pro menjadi “raja” yang hadir pada peluncuran smartphone ini. Dengan rentang harga 3 jutaan, membuat Realme 5 Pro bersanding dengan sang kakak yaitu Realme X. Perbedaan utamanya adalah pada susunan kameranya dimana ada 4 buah lensa yang sangat berguna untuk disetiap situasi.

Realme 5 Pro memiliki layar yang sedikit lebih kecil dari Realme 5, yaitu 6.3 inci FullHD, Qualcomm Snapdragon 712 AIE ditemani oleh GPU Adreno 616, membuat pengalaman berinteraksi dengan dunia virtual di Realme 5 Pro sangatlah menawan. Game-game akan dengan sangat mudah dijalankan secara maksimal di smartphone ini. Soal gaming, Realme Hyper Boost 2.0 disampaikan oleh Realme bahwa dapat meningkatkan performa gaming selevel e-sports karena adanya kecerdasan yang membantu mengoptimalisasi performa si Realme 5 Pro.

Soal memory, Realme 5 Pro ini bisa dibilang cukup cepat dengan RAM LPDDR4x dan juga memori penyimpanan yang sudah UFS2.1. Hal ini membuat performa dari Realme 5 Pro untuk soal multitasking, respond, dan juga transfer data yang cepat. Selain itu keduanya dapat meningkatkan efisiensi konsumsi daya hingga 35%.

Secara desain, Realme 5 Pro tidak kalah menawan jika dibandingkan dengan si Realme 5. Terdapat dua opsi warna yaitu Sparkling Blue dan Crystal Green. Yang lebih menarik lagi, si Realme 5 Pro sudah menggunakan USB Type-C, dan mendukung Fast Charging USB Type-C 18 Watt dengan VOOC Flash Charge 3. Untuk mencapai charging tercepatnya, Realme 5 Pro juga sudah diberikan langsung charger 18 wattnya didalam box penjualan. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mencari charger yang sesuai.

Soal fitur yang unggul di keduanya

Urusan baterai, Realme 5 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan versi Pronya yaitu sebesar 5.000mAh. Sedangkan untuk Realme 5 Pro hanya 4.035mAh, namun sudah mendukung VOOC Flash Charge 3, yang sejujurnya bisa jadi salah satu metode pengisian daya yang paling cepat yang bahkan pernah saya rasakan saat menggunakan Realme X sebelumnya.

Baca Juga:  Review Comifuro 13, Acara 2x Setahun Yang Jadi Penutup "COMIKET" Indonesia 2019

Selain itu, kedua anggota keluarga Realme 5 ini juga memiliki fitur yang masih langka dimiliki smartphone pada kelasnya yaitu Kamera Ultra Macro. Kamera ini digadang bisa menjadi solusi untuk memfoto objek dalam jarak sangat dekat, layaknya menggunakan lensa macro pada kamera besar seperti DSLR dan juga Mirrorless. Pada saat ini, saya hanya baru bisa mencobanya sedikit, dan mungkin masih perlu ada penyesuaian yang perlu dilakukan dalam penggunaannya.

Soal kamera lainnya, keduanya tidak kalah hebat. Si Realme 5 Pro lebih unggul dengan sensor 48 megapiksel dari Sony IMX586, dan kamera selfie 16MP Sony IMX471 yang sudah cukup sering digunakan sebagai sensor kamera flagship yang tentunya memiliki kualitas foto dan video yang sangat tajam. Sedangkan untuk si Realme 5, terdapat sensor 18 megapiksel untuk kamera utamanya, dan 13 megapiksel untuk kamera selfienya. Walau lebih kecil, tapi tidak kalah bagus secara kualitas dilihat dari kesan pertamanya.

Tentunya yang terakhir soal harga. Harga keduanya bisa dibilang cukup kompetitif sehingga membuat kedua Realme 5 ini sangat cocok untuk budget-minded user. Si Realme 5 memiliki rentang harga yang paling murah dimana versi 3+32 dijual dengan harga 1.999 juta rupiah, 3+64 2.199 Juta rupiah, dan yang paling besar, yang cukup menarik adalah 4+128GB yang dibanderol dengan harga 2.699 juta rupiah.

Sedangkan untuk Realme 5 Pro, ada 2 versi RAM, 4+128GB dengan harga 2.999 Juta Rupiah, dan 8+128 yang dibanderol dengan harga 3.699 Juta rupiah. Dengan harga ini, bisa dibilang Realme 5 Pro memiliki price point yang menarik, dan cukup affordable jika dibandingkan dengan Realme X yang masih menggunakan Snapdragon 710 dimana Realme 5 Pro sudah menggunakan Snapdragon 712 AIE.

Kedua perangkat ini nantinya akan tersedia di Online E-Commerce seperti Lazada dan Akulaku yang merupakan partner utama dari penjualan smartphone Realme. Selain itu, Realme.com akan segera diluncurkan sebagai titik penjualan Realme ke seluruh Indonesia yang dapat diakses online, dan memiliki promo-promo spesial serta one-on-one Customer Service yang pastinya akan mempermudah proses penjualan dan tanya jawab seputar perangkat Realme.

Selain smartphone, masih ada juga hal lainnya

Selain smartphone, Realme kali ini juga meluncurkan 2 aksesoris baru untuk melengkapi keluarga Realme 5 Pro. Ada Iconic Case untuk Realme 5 yang terdiri dari 2 warna yaitu Grey dan Yellow, yang menunjukan kesan unik dan somehow memberi vibe anak muda yang aktif dan kreatif.

Selain itu ada juga Powerbank Realme yang memiliki kapasitas 10.000mAh, serta sudah mendukung pengisian cepat 2 arah 18 watt. Tersedia dengan warna Abu-Abu, Merah dan Kuning, membuat powerbank ini vibrant dan tidak polos dengan warna-warna yang berani. Dengan kemampuan ini, kabarnya Powerbank ini juga mampu mengisi ulang daya Notebook (yang mendukung 18watt, jika lebih besar akan lebih lambat), serta smartphone dan tablet kalian.

Soal harga, Iconic Casenya nanti akan dibanderol dengan harga 89rb rupiah dan tersedia untuk Realme 5 dan Realme 5 Pro, sedangkan powerbanknya dibanderol dengan harga 349rb. Keduanya akan mulai tersedia di seluruh Indonesia mulai Oktober 2019.

Selain itu, Realme juga akan segera menggelar kompetisi Fotografi #ShotOnRealme yang tentunya sangat menarik untuk kalian yang gemar fotografi dengan menggunakan smartphone. Kalian cukup menangkap foto-foto yang menarik, dan layak untuk dilombakan, menggunakan Smartphone Realme kalian. Lomba ini akan diselenggarakan secara Global, dan dapat dilihat serta dipelajari melalui link https://pre-event.realme.com/global/gallery/. Lomba ini berlangsung hingga 15 Desember 2019, dan pemenangnya akan diumumkan pada 1 Januari 2020. Pemenangnya akan berkesempatan memenangkan uang tunai dengan total USD 12.000, serta menjadi ambassador Realme Quad Camera 2019.

Jadi Gimana Gwiples? Dari kedua perangkat ini manakah yang paling menarik perhatian? Buat saya? Tentunya si Powerbank yang memiliki kapasitas besar, dan kemampuan pengisi daya cepat menjadi yang paling menarik. Tapi selain itu, Realme 5 versi 4GB + 128GB sepertinya patut untuk diperhatikan juga mengingat kompetisi pasar dalam rentang harga tersebut masih cukup hangat untuk dilihat saling jotosnya.

Baca juga: Realme Sukses Menjadi Top 5 Brand Smartphone di Indonesia Kurang dari Setahun
Gallery Launching Realme 5 dan Realme 5 Pro

Continue Reading

Berita Anime & Manga

Selain Pocari Sweat, GO-JEK dan Bukalapak Pun Punya Animasi!

Published

on

By

GwiGwi.com – Pocari Sweat belum lama ini membuat suatu TVC atau TV Commercial yang cukup menarik dengan judul Bintang SMA. Namun demikian, ternyata bukan hanya Pocari Sweat saja loh yang punya Iklan Animasi a-la Makoto Shinkai, namun ternyata ada juga untuk GO-JEK, aplikasi transportasi online paling populer karya anak bangsa, dan juga BUKALAPAK, yang merupakan salah satu e-commerce asli karya anak bangsa yang cukup terkenal. Seperti apa animasi tersebut?

Walau memang bukan official melainkan karya dari studio lokal di Indonesia yaitu Renaria Animation (facebook) yang ternyata merupakan studio pembuat Web Series Animation, Musik, dan juga Komik. Pada tahun 2017 lalu, studio ini membuat sebuah animasi untuk GO-JEK (makanya masih menggunakan logo lama), dengan style yang cukup indah layaknya karya dari Makoto Shinkai yang baru-baru ini filmnya ditayangkan di Indonesia dengan judul Weathering with You atau Tenki no Ko. Dengan lighting dan art-design dari dunia “GO-JEK” dalam animasi berjudul Little Things ini seakan membuat kita melihat GO-JEK dan Indonesia dari perspektif yang berbeda bak berada dalam sebuah film karya Shinkai sendiri.



Animasi tersebut dibuat dalam rangka campaign kompetisi pembuatan film oleh GO-JEK yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, dan ternyata juga diselenggarakan pada tahun 2017 Silam dengan tema Hidup Tanpa Batas.Jun-D selaku animator tunggal dari video ini mengerjakan videonya selama 1 Bulan, dengan waktu 8 jam perharinya. Ia juga menulis sendiri script serta musiknya dilansir dari AkibaNation

Baca Juga:  realme Berikan Diskon Khusus Hingga 50% dan Voucher Menarik untuk Setiap Pembelian Produk realme di Shopee 9.9 Super Shopping Day

Selain GO-JEK, Renaria Animation juga pernah membuat video untuk BUKALAPAK pada kompetisi #FESTIVALIKLANBUKALAPAK yang dipublikasikan pada 22 Oktober 2016 silam. Style-nya pun juga mengisahkan sebuah relasi unik antara “pengantar barang” yang bisa menjadi pahlawan karena semua dimulai oleh hal kecil.



Karya anak bangsa terutama dalam dunia animasi terkadang masih kurang tersorot. Namun demikian, serupa seperti Studio Game, sebenarnya Indonesia memiliki beberapa studio berkualitas yang bahkan sudah sempat membantu studio-studio animasi ternama seperti DisneyKyoto Animation, dan juga A1 Studio. Namun demikian, memang terkadang “animasi” masih terlalu erat dengan audiens anak-anak sehingga terlihat kurang menjanjikan dan kurang berkembang.

Bintang SMA sendiri merupakan iklan TV dari perusahaan pembuat minuman Isotonik asal Jepang yang sudah sangat terkenal yaitu Pocari Sweat dimana perusahaan utamanya adalah Otsuka. Iklan ini ditujukan sebagai “opening” dari Ajang Pencarian Bakat atau Kompetisi Talent Show untuk memperlihatkan bahwa aktif sudah harus dimulai sedari muda. Talent Show yang berbasis online ini sendiri melibatkan talenta-talenta muda berbakat di Indonesia seperti Tasya Farasya, Rendy Pandugo, Ernest Prakarsa, Zee Zee Shahab, dan Gading Marten.

Youtube Renaria Animation: https://www.youtube.com/channel/UCf4MqOM5LP2p3_y0Hq85D_Q

Facebook Renaria Animation: https://www.facebook.com/renariaanimation/

 

Continue Reading

Event

Review Comifuro 13, Acara 2x Setahun Yang Jadi Penutup “COMIKET” Indonesia 2019

Published

on

By

GwiGwi.com – Acara 2x setahun yaitu Comifuro 13 sudah diselenggarakan minggu lalu sejak tanggal 7 September 2019 hingga 8 September 2019. Acara ini memang selalu menjadi perhatian terutama dengan adanya penjualan doujinshi, ganci, dan berbagai macam merchandise buatan para kreator di Indonesia seputar Pop Culture. Berikut adalah review saya sebagai wibu, yang sudah mulai jarang menghadiri event.

Comifuro 13 adalah salah satu event “hijrah wibu” terbesar di Indonesia selain berbagai event lainnya di bulan Agustus hingga November nanti. Event yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta ini memang selalu pada dipenuhi para penggiat Pop Culture mulai dari Penikmat ringan, hingga para fans garis keras berbagai macam konten Pop Culture di Indonesia. Sedikit perubahan yang saya rasakan adalah mulai banyaknya konten budaya pop yang bukan lagi jejepangan 100%. Berbagai konten baik dalam dan luar negri pun mulai berkembang seperti adanya konten-konten kreasi para kreator yang berhubungan dengan Idola K-POP mereka seperti BTSBlackpinkITZY, dan sebagainya. Selain itu ada juga konten-konten berbasis game western seperti Mobile LegendsPUBG, dan sebagainya.

Walau demikian, memang event ini tidak akan pernah terlepas dari fokus utama kontennya seperti lomba Karaoke lagu-lagu J-POP, hadirnya Kyou Hobby Shop sebagai salah satu “Seller Khilafan”, dan segudang kegiatan J-POP lainnya. Selain itu tetap mayoritas, para kreator menjajakan dagangannya yang berisi beragam fandom konten J-POP seperti Games, Anime, Manga, Webtoon, dan sebagainya. Untuk soal harga pun beragam mulai dari 1000 rupiah, hingga ratusan ribu. Harga tersebut diberikan untuk berbagai merchandise seperti Ganci, Stiker, Poster Fanart, Artbook, hingga Komik Doujinshi. Dan seperti biasa, urusan artworknya ada yang family friendly, ada juga yang sedikit “menunjukan konten dewasa”.

Selain itu, yang tak kalah cetar disini adalah kehadiran para Cosplayer Indonesia yang ngga kalah ingin unjuk gigi disini. Walau tidak ada lomba spesifik urusan Cosplay, banyak Cosplayer yang hadir untuk sekedar having-fun hingga memang hadir untuk bertemu sapa, serta difoto oleh para Kameko. Cosplayer-cosplayer ini pun tidak kalah kece dengan event-event besar lainnya karena ada juga yang hadir dengan peralatan “perang” lengkap sesuai dengan karakternya. Beberapa hal yang menarik perhatian saya adalah beberapa cosplayer mulai andil berani untuk hadir menggunakan costume karakter mereka yang lebih “terbuka”. Ini bukanlah sesuatu yang jelek karena menurut saya ini adalah tanda perkembangan Cosplayer di Indonesia, yang mulai menjadi jauh lebih baik dan tidak ingin kalah dengan Cosplayer dari Luar Negri. Walau ini event ini bisa dibilang masih dalam taraf Lokal dan belum booming seperti event-event berbasis Pop Culture lainnya di Indonesia. I give a big thumbs up for those brave cosplayers.

Overall Comifuro memang selalu menjadi salah satu event yang bisa dibilang melengkapi pengalaman wibu di Indonesia. Hal ini ditunjukan oleh keseriusan para panitia untuk memberikan pengalaman a-la Comiket di Indonesia. Walau banyak event lain yang memang memiliki target serupa, so far bagi saya hanya Comifuro yang mendekati kemiripannya. Ini ditunjukan dari merchandise yang dijual oleh para kreator berbasis booth tiap tahunnya seperti yang bisa dilihat dari Creator’s Corner di Comiket. Untuk urusan attendees pun mulai menarik terutama soal cosplayer dan kamekonya karena kita mulai melihat upgrade di kedua sisi dimana Cosplayer terlihat lebih berani dan lebih serius, dan para kameko pun mulai terlihat lebih profesional.

Baca Juga:  realme Berikan Diskon Khusus Hingga 50% dan Voucher Menarik untuk Setiap Pembelian Produk realme di Shopee 9.9 Super Shopping Day

Namun demikian, event ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah mudahnya terjadi pencurian seperti adanya drama soal kamera yang dibawa oleh orang yang tidak di kenal di Venue event, dan juga ada soal kemampuan kapasitas Balai Kartini yang mulai sedikit aga “sempit” melawan pertumbuhan jumlah para pengunjung event yang setiap tahunnya semakin banyak.

Overall, menurut saya, Comifuro 13, is another successful Comifuro. Ada banyak hal yang dapat diimprove lagi, namun demikian bagi saya ini sudah cukup oke. Memang sudah mulai tersebar rumor bahwa Comifuro mungkin akan berpindah venue seperti trend yang mulai terjadi sejak 2019, dimana beberapa event memang memutuskan untuk hiatus sementara antara karena sedang mencari venue baru, atau memang ada restruktur dari event tersebut. But, if next year Comifuro returns, I’ll be glad to attend it once again.

Kurang lebih sekian dulu review event kali ini. Jika kalian penasaran lebih lanjut tentang Cosplayer event tersebut bisa langsung follow Facebook Page FSPlus (Facebook) dan Youtube GwiGwi (Youtube Link) karena nantinya di Page Pribadi saya akan ada update foto-foto Cosplayer serta video CMV di Youtube kita.

Gallery Comifuro 13

Continue Reading

Trending