Connect with us

PlayStation Console

Rumor, Sony sedang mengerjakan PlayStation 4.5?

Published

on

GwiGwi.com – Saat ini Sony sedang merencanakan untuk membuat versi baru PlayStation 4 yang memiliki kemampuan grafis lebih hebat dan mampu menjalankan game dengan resolusi 4K, ungkap tim developer pada Kotaku.

sony playstation 4.5

Belum jelas apakah nantinya para pemilik PS4 sekarang akan bisa meng-upgrade konsol mereka atau harus membeli mesin baru untuk dapat merasakan fitur baru ini, tapi dari info yang beredar Sony sudah mulai membicarakan ini dengan para developer.

Berdasarkan dari pembicaraan dengan para developer yang sudah membahas hal ini dengan Sony, PlayStation 4.5 nantinya akan mendapatkan peningkatan performa dengan dipasangnya GPU baru yang memfasilitasi resolusi high-end 4K untuk game dan kemampuam memproses data yang lebih baik untuk meningkatkan performa game yang bisa menjalankan mode Playstation VR, sebuah headset yang akan dirilis Sony musim gugur tahun ini. Nama PS 4.5 sendiri masih jelas, apakah nama ofisial dari Sony atau hanya sebutan yang digunakan para developer saja. Salah satu developer bahkan dengan bercanda menyebutnya PS4K saat wawancara.

playstation_vr

Secara mudahnya, resolusi 4K mempunyai ukuran pixel 4 kali lebih besar dari 1080p yang menjadi standar game PS4 dan konsol yang menjadi rival PS4 sekarang ini. PS4 yang ada sekarang mampu menampilkan foto dan video dengan resolusi 4K tapi belum bisa menampilkan resolusi 4K untuk game. Dengan adanya upgrade ini, nantinya PS4 akan mampu menampilkan resolusi 4K saat menjalankan game. Selain resolusi, para developer juga punya kesempatan untuk meningkatkan efek grafis dan perubahan2 grafis lainnya untuk meningkatkan tampilan game mereka dengan adanya GPU baru pada PS4 ini.

PS4 yang lebih kuat dari segi teknis ini juga akan membuat PS4 mampu bersaing dengan dunia virtual reality di PC. Dengan GPU baru yang lebih mumpuni, PS4 akan dengan mudah menyaingi Oculus Rift dan HTC Vive yang lebih mahal dan didesain untuk PC dengan spesifikasi kelas atas.

Saat dihubungi lewat email kemarin mengenai PS4 versi baru ini, juru bicara Sony menolak berkomentar mengenai rumor dan spekulasi.

Jumlah orang yang mengetahui tentang versi baru Ps4 ini pada awalnya sangat sedikit. Saya sendiri pertama kali mendengar tentang PS4 versi baru ini dari sumber terpercaya, kemudian ada dua sumber lain yang memberitahu saya tentang hal ini. Jason Schreier dan Stephen Tolito dari Kotaku juga dapat memverifaski tentang kebenaran rumor ini dari sumber terpercaya mereka masing-masing, meskipun detail mengenai PS4 versi baru ini masih belum begitu jelas, satu sumber menyebutkan kalo PS4 versi baru ini masih dalam tahap perencanaan dan mungkin tidak akan dirilis tahun ini.

Kami sendiri juga mendengar kabar di acara Game Developer Conference di San Francisco minggu ini, Sony mengadakan pertemuan dengan para developer, membicaran mengenai hardware PS4 versi baru dan bagaimana nantinya mesin itu bekerja. Saat kami menggali lebih dalam tentang cerita ini, secara tak Sengaja Keza MacDonald, pemimpin redaksi Kotaku UK, mendengar beberapa developer membicarakan PS4 versi baru ini saat mengantri di acara GDC. Mereka menyebutkan nama PS4.5 dan peningkatan kemampuannya. Mereka juga menyebutkan resolusi 4K dan PS VR.

Sumber terpercaya kami tidak tahu pasti kapan PS4 versi baru ini akan mulai dijual ke konsumen dan berapa harganya. Harga Ps4 sendiri turun dari 400$ ke 350$ pada musim gugur tahun laku dan sumber lain menyebutkan kalau PS4 versi baru ini bisa membuat Sony menjualnya dengan tingkat keuntungan lebih tinggi dengan harga 400$.

Masih ada banyak pertanyan seputar PS4 versi baru ini. Apakah Sony akan memperbolehkan orang-orang menukar PS4 yang mereka miliki sekarang dengan Ps4 versi baru? Bagaimana para developer mengatasi permasalahan tentang merilis game di beberapa tipe mesin? Apakah beberapa game hanya mampu dijalankan di PS4.5, seperti kasus New Nintendo DS? Saat PS4 versi baru ini dijual nanti, apakah Sony akan tetap menjual PS4 versi lama dengan harga lebih murah? Bagaimana cara Sony menjalankan ini tanpa menciptakan pasar yang tersegmentasi?

Saat ini, kami belum bisa menjawab perntanyaan-pertanyaan itu.

Saya juga mendengar kabar tentang versi upgrade Xbox One sejak beberapa waktu lalu dan Microsoft sendiri sudah mempublikasikan tentang kemungkinan ini. Saat konfrensi pers awal bulan ini, pempimpin Xbox, Phil Spencer memberi isyarat pada para jurnalis bahwa perusahaannya sedang mendalami kemungkinan tentang evolusi hardware.

xbox-one-review

“Kami melihat ekosistem lain seperti hp, tablet dan PC, dan kami melihat proses evolusi hardware yang berkesinambungan, sementara di dunia konsol, evolusi yang terjadi hanya membuat harga makin murah dan bentuk konsol yang makin kecil.” ungkapnya pada para jurnalis yang hadir.

Spencer juga mengacu pada komentarnya tadi saat berbicara di podcast Major Nelson, mengungkapkan ide tentang Xbox yang dapat dikustomisasi seperti PC.

“Apakah saya akan membongkar konsol saya dan menguprgade setiap komponennya? Bukan hal itu yang kami rencanakan. Ada yang spesial dari konsol. Kalian membeli mesin yang berfungsi seperti alat; kalian dapat mencolokkannya ke TV kalian; alat ini bekerja saat kalian colokkan ke TV. Saya bukannya ingin memberikan set obeng ketika menjual setiap konsol,” ujar Spencer.

Rencana selalu berubah dan setiap detil yang kami dengar masih belum jelas, tapi ada satu hal yang pasti: Sony sesang mendalami kemungkinan merilis konsol yang lebih hebat sebelum mereka membuat PlayStation 5. Dengan kemungkinan Sony dan Xbox memasuki daerah baru dan Nintendo NX sedang berjalan menuju daerah baru tersebut, tahun ini akan jadi tahun yang menggairahkan untuk dunia gaming hardware.

PlayStation Console

Gungrave G.O.R.E, Game PS4 Yang Akan Dirilis Bulan Desember 2019 Mendatang

Published

on

By

GwiGwi.com – Bagi Anda para gamers, memasuki tahun 2019 Anda akan disuguhi dengan banyak sekali game-game terbaru. Salah satunya adalah Gungrave G.O.R.E, game PS4 yang akan dirilis pada bulan Desember 2019 tahun depan.

Yusuhiro Nightow yang merupakan pengatur dari game dan anime Gungrave sebelumnya akan kembali menjadi pengatur gambar dalam game tersebut. Sementara Iggymob’s Jun akan menjadi produser, DJ Hero sebagai perencana desain, dan Musai pengatur suara.

Iggymob akan menjadi pengembang game dengan Unreal Engine 4. Ia bertujuan untuk mengembangkan game tersebut dengan kualitas skala yang lebih tinggi dibandingkan dengan Gungrave VR, prekuel Gungrave G.O.R.E.

Bagi Anda yang pernah memainkan Gungrave tentu tak sabar untuk memainkan gamenya kan? Sabar ya, Anda harus menunggu sampai tahun depan!

Continue Reading

PlayStation Console

Sony akui siapkan penerus PlayStation 4

Published

on

By

GwiGwi.com – CEO Sony Kenichiro Yoshida mengonfirmasi bahwa mereka akan mengenalkan PlayStation baru, lapor Financial Times.

“Sekarang, apa yang dapat saya katakan ialah kita membutuhkan hardware generasi berikutnya,” kata Yoshida. Dia diadukan menolak guna mengonfirmasi apakah konsol PlayStation berikutnya bakal dinamai PlayStation 5.

Pernyataan Yoshida unik mengingat tingginya perkembangan pasar game mobile, yang tahun ini telah menjangkau lebih dari USD26 miliar (Rp395 triliun).

Sementara itu, pada Mei, PlayStation Head John Kodera menuliskan bahwa dia menyaksikan potensi dalam empiris bermain game portabel, lapor Variety.

Ketika itu, Kodera menuliskan bahwa meskipun game portabel mempunyai potensi, tersebut seharusnya dirasakan sebagai teknik lain untuk merasakan bermain game.

Seiring dengan munculnya teknik baru untuk konsumen guna bermain game muncul keperluan akan pengembangan hardware yang memenuhi keperluan itu.

Konsol juga diduga akan menjadi tidak relevan, terutama sebab munculnya platform game streaming di cloud. Pada hari Senin, Microsoft mengenalkan teknologi streaming game “Project xLoud”.

Pada bulan Juni, CEO Ubisoft Yves Guillemot memperkirakan, layanan gstreaming game bakal menjadi lebih mudah diperoleh oleh semua gamer. Itu artinya, eksistensi hardware eksklusif game menjadi sesuatu yang tidak perlu.

“Akan terdapat satu konsol generasi baru, sesudah itu, anda akan masuk ke era streaming,” kata Guillemot saat itu.

Continue Reading

PlayStation Console

Tak ada penerus, PS Vita diumumkan discontinue mulai 2019

Published

on

By

GwiGwi.com – Kabar buruk untuk pemakai handheld konsol garapan Sony PlayStation Vita (PS Vita). Sebab perlengkapan tersebut bakal berhenti diproduksi tahun depan, dan bisa jadi tidak terdapat penerusnya.

Dikutip dari The Verge, Senior VP Sony Interactive Entertainment, Hiroyuki Oda, dalam wawancara dengan media Famitsu menuturkan bahwa buatan PS Vita bakal dihentikan tahun depan mulai untuk area Jepang.

Wawancara tersebut didapatkan saat Oda muncul di acara Tokyo Game Show 2018 sejumlah waktu lalu. Lebih sedihnya, Oda langsung mengaku belum terdapat rencana untuk menciptakan penerusnya.

“Saat ini kami belum mempunyai rencana untuk menghadirkan perlengkapan terbaru. Di Jepang, produksinya akan hanya akan hingga 2019 dan setelah tersebut proses pengapalan dihentikan,” ungkap Oda.

Sebelumnya di tahun 2015, Chief Studio Sony Computer Entertainment, Shuhei Yoshida, melafalkan bahwa iklim industri sedang berpihak ke game mobile sampai-sampai tidak lumayan baik untuk pertumbuhan bisnis handheld konsol seperti PS Vita.

Yoshida menuturkan bahwa sekarang semua orang mempunyai smartphone sampai-sampai bermain game lebih mudah. Menurutnya bermain game dengan model touch-based memang mengasyikkan tapi bermain dengan stik serta tombol menyajikan empiris berbeda.

PS Vita sendiri diluncurkan di Jepang pada 2011 dan tahun 2012 di Amerika Serikat. Berdasarkan data VGChartz, penjualan PS Vita secara global hanya mencapai 16 juta unit, sedangkan PlayStation Portable (PSP) terjual selama 80 juta unit.

Continue Reading
Advertisement SEACA 2019
Advertisement SGCC 2019
Advertisement Klikspot Yuki Matsuri Ticket
Advertisement DICARI REPORTER
Advertisement

GwiGwi Space

GWIDEV

Trending