Connect with us

Berita Anime & Manga

Review : Shigatsu wa Kimi no Uso Episode 1

Published

on

Shigatsu wa Kimi no Uso / Your Lie in April mungkin bisa menjadi pilihan tontonan yang tepat bagi pecinta anime ber-genre musik.

Anime yang mulai ditayangkan bulan Oktober ini mungkin mengingatkan kita pada anime musikal terkenal “Nodame Cantabile” karena tokoh utamanya sama-sama seorang cowok yang piawai memainkan piano. Perbedaannya, pada Nodame Cantabile tokoh yang muncul adalah karakter orang dewasa sedangkan pada anime ini bercerita tentang pemusik yang masih duduk di bangku SMP.

Advertising
Advertising

Cerita diawali dengan adegan seorang siswi cewek yang mengejar seekor kucing hitam dibawah guguran daun sakura. Cewek yang diketahui bernama Kaori tersebut nantinya akan menjadi tokoh wanita utama di anime ini. Setelah itu anime dibuka dengan adegan seorang bocah yang memainkan piano di sebuah acara resital. Bocah berkacamata tersebut terlihat sangat jago dalam memainkan piano. Ternyata bocah tersebut adalah Arima Kousei, seorang jenius piano hasil didikan ibunya. Namun setelah kematian ibunya, Kousei sangat terpukul dan menyebabkan ia tidak mau bermain piano lagi.

Hari-hari Kousei berlalu dengan kemurungan, ia telah kehilangan instruktur piano sekaligus ibunya dan kehilangan keinginan bermain piano. Ia menganggap kehidupannya benar-benar hampa bahkan kedua teman baiknya, Tsubaki dan Watari, tidak mampu mengubahnya. Suatu hari, Tsubaki yang sepertinya menyukai Kousei, mengajak Kousei untuk bertemu teman Tsubaki yaitu Kaori. Tsubaki membujuk Kousei menemui Kaori karena Tsubaki menganggap mereka berdua mempunyai kesamaan, yaitu menyukai musik. Awalnya Kousei menolak, tetapi setelah melihat permainan pianika Kaori di sebuah taman, Kousei melihat sesuatu yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Kousei merasakan hidupnya berubah seketika ketika mendengar alunan musik yang merdu dari Kaori.

Cerita yang ringan dan mudah dipahami menjadi salah satu daya tarik anime ini. Adegan-adegan komedi nan romantis juga terbilang cukup banyak di episode pertama, seperti pada saat Kousei ingin mengambil foto Kaori tapi tidak sengaja malah memfoto isi rok Kaori, dan ekspresi Kaori ketika bertemu Watari dan Kousei.

 

Bagi kalian yang ngefans sama grup “Goosehouse”, wajib hukumnya menonton anime ini. Selain karena opening theme anime ini diisi oleh lagu baru Goosehouse; “Hikaru Nara”, ada rumor yang menyebutkan bahwa lagu-lagu  Jepang terkenal seperti “Zenryoku Shonen” dari Sukima Switch dan “Uroko” dari Motohiro Hata yang di-cover oleh Goosehouse akan menjadi musik pengisi di episode-episode selanjutnya. Penasaran?? Yuk tonton sekarang juga

Advertisement

Daftar Anime

6 Soundtrack Anime Masa kecil yang Membuat Kita Nostalgia

Published

on

6 Soundtrack Anime Masa Kecil Yang Membuat Kita Nostalgia

Film anime Jepang telah masuk ke Indonesia sejak tahun 90-an. Pada saat itu, banyak anak-anak yang menyukai anime tersebut dan bisa ditonton pada berbagai macam stasiun televisi.

Pada akhirnya, banyak anime yang populer dan mendapatkan respon baik dari masyarakat Indonesia. Bahkan, berbagai soundtracknya pun sangat ikonik. Saat kita mendengarkannya lagi terasa sekali nostalgianya.

6 soundtrack anime yang membuat kita mengenang masa lalu adalah sebagai berikut.

1.      Sobakasu (OST Rurouni Kenshin)

Lagu Sobakasu jadi ost series Rurouni Kenshin. Soundtrack ini dibawakan oleh band Jepang bernama Judy and Mary. Sobakasu jadi opening series yang juga dikenal dengan nama Samurai X untuk episode 1-38. Untuk kamu yang sering menonton Samurai X di TV dulu, hampir pasti kenal dengan OST tersebut.

2.      Ohayou (OST Hunter x Hunter)

Keno adalah musisi asal Jepang yang membawakan lagu Ohayou. Lagu ini jadi ost anime berjudul Hunter x Hunter. Saat anime ini tayang di Indonesia, lagunya diaransemen ulang menjadi lebih pendek. Lirik dan judulnya pun diubah ke dalam Bahasa Indonesia.

3.      Pegasus Fantasy (OST Saint Seiya)

Saat membahas ost anime yang masih terngiang sampai sekarang, tentunya kurang kalau tidak menyebutkan Saint Seiya. Lagu Pegasus Fantasy jadi ost Saint Seiya yang paling populer hingga sekarang. Make-Up Band yang berasal dari Jepang membawakan lagu opening series anime tersebut.

4.      Change the World (OST InuYasha)

Lagu Change The World jadi OST anime InuYasha. Soundtrack ini dibawakan oleh boy band asal Jepang bernama V6. Sesuai namanya, V6 beranggotakan enam orang. Lagu Change The World jadi opening InuYasha.

5.      Butterfly (OST Digimon Adventure)

Lagu berjudul Butterfly jadi pembuka Digimon Adventure. Dinyanyikan oleh Koji Wada, OST ini sangat memorable bagi penonton Digimon. Koji Wada sendiri sudah meninggal di usia 42 tahun karena komplikasi penyakit. Hal itu disebabkan oleh kanker tenggorokan pada tahun 2016.

6.      We Are (OST ONE PIECE)

Para Nakama (sebutan penggemar ONE PIECE) pastinya sudah tidak asing dengan lagu We Are. Lagu tersebut mengiringi kesuksesan series anime ONE PIECE. Hiroshi Kitadani, seorang musisi asal Jepang menjadi sosok di balik lagu We Are ini.

Continue Reading

Daftar Anime

6 Lagu Tema Anime yang Dinyanyikan YOASOBI

Published

on

6 Lagu Tema Anime Yang Dinyanyikan Yoasobi

Sejak membuat lagu Opening untuk anime Oshi no Ko, nama YOASOBI sangat melejit. Dibentuk sejak tahun 2019, duo musisi ini telah menancapkan eksistensinya dalam hiburan musik Jepang.

Yoasobi sendiri memakai slogan bernama Novel Into Music. Hal itu memang bukan sekadar kalimat karena mereka memang ingin mempresentasikan novel ke dalam musik. Berikut rekomendasi lagu tema anime yang dinyanyikan oleh YOASOBI.

1.      Kaibutsu (OST BEASTARS)

Sesuai dengan slogannya, novel yang ditulis oleh mangaka BEASTARS, Paru Itagaki, berjudul I Press My Own Ear to My Chest jadi landasan “Kaibutsu”. Bisa dikatakan, lagu ini sendiri mengisahkan tentang seekor karnivora yang berusaha hidup bersama dengan herbivora di dunia kejam.

Lagu yang menjadi pembuka anime BEASTARS Season 2 ini dirilis pada 6 Januari 2021. Tembang satu ini jadi satu-satunya lagu Jepang yang masuk dalam 10 daftar lagu terbaik versi Time.

Kaibutsu juga hadir dalam versi bahasa Inggris dengan judul Monster yang rilis pada 30 Juli. Lagu ini sempat mengekor Homura milik Lisa di posisi puncak. Hal itu terjadi dalam tangga lagu akhir tahun Billlboard Japan Hot Animation 2021,

2.      Yasashii Suisei (OST BEASTARS)

YOASOBI juga membuat lagu tema penutup untuk BEASTARS Season 2. Lagu tersebut merupakan lagu A-Side pada CD single Kaibutsu. Sama seperti sebelumnya, Yasashii Suisei juga berlandaskan novel karya mangaka BEASTARS yang berjudul Shishiza Ryūseigun no Mama ni atau A Leonid Always.

Jika ditranslasikan, maka memiliki arti Gentle Comet. Bahkan, lagu ini juga terkenal dengan judul versi Inggrisnya, Comet. Lagu yang tergabung dalam album pertama berbahasa Inggris ini mengikuti Kaibutsu (posisi 2) dalam Billboard Japan Hot Animation pada posisi 11.

3.      Gunjou (OST Blue Period)

Gunjou memiliki arti warna biru gelap atau Ultramarine. Sama seperti judulnya, lagu ini jadi penggiring anime yang mengusung warna biru. Salah satu prestasi lagu yang rilis 1 September 2021 ini adalah meraih predikat diamond oleh Asosiasi Rekaman Jepang. Lagu tersebut berada di posisi kedua setelah lagu debutnya, Yoru ni Kakeru.

Selain terinspirasi dari manga Blue Period, lagu ini juga terinspirasi dari cerita berjudul Ao o Mikata ni. Gunjou memberi semangat dan membangun kepercayaan diri untuk berani mengekspresikan dan mengejar apa yang disuka. Hal itu disimbolkan dalam kisah Yatora Yaguchi yang tertarik pada lukisan dan ingin mendalami seni di Blue Period

4.      Shukufuku (OST Mobile Suit Gundam: The Witch from Mercury)

Berdasarkan novel Yurikago no Hoshi karya Ichiro Okouchi, Shukufuku jadi lagu yang mengiringi anime Mobile Suit Gundam: The Witch from Mercury. Ichiro sendiri menjadi orang yang bertanggung jawab dalam menulis kisah anime tersebut.

Shukufuku hadir dalam versi bahasa Inggris dengan judul The Blessing. Lalu, masuk dalam album Inggris kedua YOASOBI, E-Side 2. Lagu ini rilis secara digital tepat sehari sebelum animenya tayang.

Meskipun disukai banyak pihak, tampaknya lagu ini belum berhasil menggeser pendahulunya, yakni Kaibutsu dalam Billboard Japan Hot Animation.

5.      Idol (OST Oshi no Ko)

Melalui lagu Idol, YOASOBI semakin memperkuat keberadaannya di dunia musik internasional. Bahkan, lagu ini sempat merajai Billboard Global Exc. US menjadi lagu yang aslinya berbahasa Jepang pertama duduki posisi tersebut. Bahkan, ada juga challenge tarian dengan lagu Idol yang banyak diikuti hingga para idol KPop.

Tak lupa dengan slogan awalnya, Idol ditulis oleh Ayase berdasarkan cerita pendek karya Aka Akasaka berjudul 45510. Dia juga menulis kisah manga Oshi no Ko. 45510 merupakan prequel kisah Oshi no Ko karena menceritakan tentang seorang idol, Ai Hoshino yang merupakan ibu dari tokoh utama manganya.

6.      Yussha (OST Sousou no Frieren)

 

Frieren diangkat jadi anime setelah kolaborasi penulis manganya, Kanehito Yamada dan sang ilustrator, Tsukasa Abe meraih penghargaan New Creator Prize 2021. Kisah Frieren ini menjadi anime yang sangat dinantikan pada saat itu.

Lagu yang tergabung dalam album The Book 3 ini berdasarkan cerita pendek berjudul Souso. Rilis pada 29 September 2023, Yuusha atau The Brave ini mengisahkan emosi kesepian sang heroine dalam hingar bingar musik.

 

Continue Reading

Daftar Anime

7 OST Anime Terlaris di Tahun 2023 Versi Billboard

Published

on

7 Ost Anime Terlaris Di Tahun 2023 Versi Billboard

OST Anime merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan. Banyak sekali lagu-lagu anime yang berkesan dan bahkan populer hingga sekarang. Bahkan, tidak jarang OST anime zaman sekarang bisa masuk Billboard Jepang.

Pada tahun 2023 lalu, pihak Billboard Jepang sudah mengeluarkan daftar OST anime yang populer. Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Kick Back (Chainsaw Man)

Lagu pembuka dari anime Chainsaw Man ini dibawakan oleh penyanyi sekaligus penulis lagu, Kenshi Yonezu. Meskipun sudah tamat pada akhir Desember tahun lalu, Chainsaw Man memiliki fanbase dan popularitas luar biasa.

Kick Back sendiri debut di peringkat pertama tangga lagu Hot Animation bulan Oktober 2022. Lalu, berhasil mempertahankan posisinya selama  21 minggu. Jadi, tidak heran jika lagu ini masih banyak didengarkan hingga sekarang.

2.      Idol (Oshi no Ko)

Pada peringkat kedua, ada lagu berjudul Idol yang dinyanyikan oleh Yoasobi. Idol merupakan lagu pembuka dari anime Oshi no Ko Season pertama. Lagu tersebut berhasil mendominasi berbagai tangga lagu, seperti Billboard Japan Hot 100, Hot Animation, Global (Excl. US), Streaming Songs, dan masih banyak lagi.

Bahkan MV-nya juga telah mencapai lebih dari 170 juta views di Youtube. Sejak penayangan perdananya pada 12 April 2023 lalu, anime ini terus jadi perhatian di kalangan penggemar anime. Sampai akhirnya, muncul Oshi no Ko Season 2 pada musim panas 2024.

3.      Dai Zero Kan (The First Slam Dunk)

Selanjutnya, ada Dai Zero Kan yang dinyanyikan oleh band rock 10-Feet. Lagu ending dari film The First Slam Dunk ini berada dalam sepuluh besar tangga lagu Billboard Japan Hot 100. Bahkan, bisa bertahan selama 12 minggu berturut-turut.

Sementara iu, filmnya sukses besar di pasaran hingga meraup pendapatan lebih dari 14 miliar Yen.

4.      New Genesis (ONE PIECE Movie: Red)

Di posisi keempat ada lagu berjudul New Genesis atau Shinjidai yang dibawakan oleh solois muda, Ado. New Genesis jadi lagu tema dari film ONE PIECE: Red yang tayang pada tahun 2022 lalu.

5.      Mix Nuts (SPY x FAMILY)

Lagu opening anime SPY x FAMILY yang berjudul Mix Nuts berada di urutan kelima. Mix Nuts ditulis dan dinyanyikan oleh band pop rock asal Negeri Sakura, yakni Official Hige Dandism.

6.      Shukufuku (Mobile Suit Gundam: The Witch)

Satu lagi lagu anime dari duo Yoasobi yang berhasil masuk dalam daftar ini, yaitu Shukufuku atau The Blessing. Lagu tersebut merupakan soundtrack dari Mobile Suit Gundam: The Witch from Mercury season 1.

7.      Watashi wa Saikyou (ONE PIECE Movie: Red)

Terakhir ada New Genesis yang merupakan soundtrack lain dari Film ONE PIECE: Red. Lagu tersebut berjudul Watashi wa Saikyou yang dinyanyikan oleh Ado.

 

Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending