Connect with us

Japan

Pulau Hokkaido dilanda gempa 6.7 SR

Published

on

GwiGwi.com – Setidaknya empat orang tewas dan 33 hilang sesudah gempa bumi berkekuatan besar melanda pulau Hokkaido, Jepang dan jumlah korban tewas diduga akan bertambah.

Gempa bumi berkekuatan 6,7 pada skala Richter ini menciptakan aliran listrik untuk 5,3 juta penduduk Hokkaido putus.

NHK mengadukan jumlah korban tewas sekarang berjumlah empat orang dan enam penduduk ditemukan sudah tidak mempunyai detak jantung, istilah yang biasa dipakai di Jepang sebelum secara resmi ditetapkan meninggal.

Sementara 120 orang luka-luka dampak gempa yang terjadi sebelum subuh, Kamis (6/9).

Perdana Menteri Shinzo Abe menuliskan** 25 ribu tentara Bela Diri Jepang sudah dikerahkan untuk menolong operasi penyelamatan.

Foto udara di Hokkaido menunjukkan tanah longsor di sejumlah tempat kota Atsuma. Tumpukan tanah kemerahan dan pohon menumpuk di pinggir lapangan. Terlihat pun reruntuhan lokasi tinggal dan gudang tersebar di sana.

Houses damaged by a landslide caused by an earthquake, are seen in Atsuma town in Japan’s northern island of Hokkaido, Japan, in this photo taken by Kyodo September 6, 2018. Mandatory credit Kyodo/via REUTERS ATTENTION EDITORS – THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN JAPAN. *** Local Caption *** Rumah-rumah rusak akibat longsor yang disebabkan oleh gempa bumi terlihat di kota Atsuma di utara Pulau Hokkaido, Jepang, dalam foto yang diambil oleh Kyodo, Kamis (6/9). ANTARA FOTO/Kyodo/via REUTERS/cfo/18

“Terjadi empat getaran mengejutkan berkekuatan besar,” ujar seorang penduduk ke NHK. “Dan tiba-tiba lokasi tinggal kami oleng dan kami tidak dapat membuka pintu.”

Baca Juga:  Lawson Jepang berhenti jualan majalah dewasa

Untuk pertama kali semenjak pembangkit listrik Tomato-Atsuma di Hokkaido didirikan pada 1951, pulau tersebut gelap gulita. Perusahaan ini mematikan semua pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil tersebut setelah gempa.

Setidaknya 4 Tewas dan Puluhan Hilang dampak Gempa HokkaidoTanah longsor terjadi di sejumlah tempat di sebanyak bukit pulau Hokkaido, Jepang, dampak gempa yang menewaskan minimal empat orang. (AFP/Jiji Pres)

Kini, beberapa Sapporo dan Asahikawa sudah kembali dapat menikmati aliran listrik.

Pemerintah menuliskan** terjadi kehancuran di Tomato-Atsuma yang mengaliri listrik untuk 2,95 juta lokasi tinggal di Hokkaido. Menteri Industri Hiroshige Seko menuliskan** perlu masa-masa seminggu supaya listrik dapat kembali dinikmati oleh semua warga pulau itu.

Tayangan televisi dari Sapporo tenggara menunjukkan jalan-jalan yang hancur dan tumpukan lumpur di jalan utama.

Polisi terlihat menata lalu lintas sebab lampu kemudian lintas tidak bermanfaat sementara mesin penjaja minum dan mayoritas mesin pengambil duit tunai tidak dapat digunakan.

“Tanpa listrik, tidak terdapat yang dapat saya kerjakan kecuali mencatat resep,” ujar satu dokter di kota dekat Atsuma.

Bandar udara Chitose di Hokkaido pun rusak dan diblokir meski adalahjalan utama terbit dari pulau yang dikenal dengan gunung, danau, tanah pertanian dan makanan laut. Lebih dari 200 penerbangan dan 40 ribu penumpang terkena akibat penutupan bandara itu.

Japan

Lawson Jepang berhenti jualan majalah dewasa

Published

on

By

GwiGwi.com – Kabar buruk bagi pecinta majalah dewasa, pasalnya Lawson Jepang mengumumkan akan berhenti jualan majalah dewasa di outlet mereka.

Proses ini sudah dimulai dan dijadwalkan hingga akhir Agustus seluruh outlet sudah tak lagi menjual majalah-majalah ini.

Sebenarnya ini bukan hal baru, Mini Stop juga telah meniadakan konten berbau porno di outlet mereka, sedangkan Lawson di daerah Okinawa juga sudah tak lagi menjual majalah dewasa sejak November 2017.

Mungkin karena kesuksesan keputusan Okinawa, maka Lawson memutuskan mengaplikasikannya ke seluruh outlet di Jepang.

Baca Juga:  Lawson Jepang berhenti jualan majalah dewasa

Alasan lainnya, panitia Olimpiade juga melarang konten dewasa terlihat turis pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Apakah keputusan akan permanen? atau akan kembali sedia kala seusai Olimpiade, di tahun 2021?

Continue Reading

Japan

Melihat Pandangan Negatif Jepang Mengenai Orang-Orang Bertato Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Published

on

By

GwiGwi.com – Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang memberikan pandangan negatif pada orang bertato. Apalagi menjelang Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada tahun 2020. Penilaian mengenai peserta yang bertato dan tidak tentu akan semakin diperketat.

Berdasarkan informasi yang diberitakan oleh AFP Jepang, seorang perempuan bertato, Mana Izumi (29), mengatakan bahwa diskriminasi pada orang bertato di Jepang sangatlah menyedihkan.

Ya, orang Jepang melihat orang bertato seperti orang jahat yang menakutkan. Mereka yang bertato selama berabad-abad sudah diidentikkan sebagai seorang penjahat. Padahal tato sendiri memiliki arti seni bagi sebagian orang.

Larangan bertato di negeri Sakura itu sudah berlangsung sejak tahun 1948. Hingga sekarang stigma buruk masih saja menempel di benak orang-orang Jepang.

Continue Reading

Japan

Fashion Terbaru Jepang yang Membawa Suasana Tradisional Terasa Kembali

Published

on

By

GwiGwi.com – Samurai-Style merupakan fashion terbaru Jepang yang beberapa tahun terakhir ini sedang menjadi sorotan. Bagaimana tidak, desain pakaian modern namun terinspirasi dari pakaian tradisional tersebut membuat tampilan menjadi unik.

Takahiro Sato yang merupakan desainer Samurai Style dari brand Kuden, mengatakan kalau ia terinspirasi saat menemukan kimono dan set haori hakama miliknya yang pernah ia kenakan. Ada kenangan sekaligus nilai tradisional yang ia rasakan.

Sehingga gagasan untuk bisa menghidupkan kembali pakaian tersebut terlahir dan Kuden mulai membuat rancangan style tersebut.

Baca Juga:  Lawson Jepang berhenti jualan majalah dewasa

Meskipun Samurai Style ini merupakan pakaian tradisional namun penampilan orang yang mengenakannya tetap bergaya dan unik. Sehingga tidak heran bila banyak yang meminatinya apalagi para pencita mode.

Continue Reading

Trending