Connect with us

Japan

Pulau Hokkaido dilanda gempa 6.7 SR

Published

on

GwiGwi.com – Setidaknya empat orang tewas dan 33 hilang sesudah gempa bumi berkekuatan besar melanda pulau Hokkaido, Jepang dan jumlah korban tewas diduga akan bertambah.

Gempa bumi berkekuatan 6,7 pada skala Richter ini menciptakan aliran listrik untuk 5,3 juta penduduk Hokkaido putus.

NHK mengadukan jumlah korban tewas sekarang berjumlah empat orang dan enam penduduk ditemukan sudah tidak mempunyai detak jantung, istilah yang biasa dipakai di Jepang sebelum secara resmi ditetapkan meninggal.

Sementara 120 orang luka-luka dampak gempa yang terjadi sebelum subuh, Kamis (6/9).

Perdana Menteri Shinzo Abe menuliskan** 25 ribu tentara Bela Diri Jepang sudah dikerahkan untuk menolong operasi penyelamatan.

Foto udara di Hokkaido menunjukkan tanah longsor di sejumlah tempat kota Atsuma. Tumpukan tanah kemerahan dan pohon menumpuk di pinggir lapangan. Terlihat pun reruntuhan lokasi tinggal dan gudang tersebar di sana.

Houses damaged by a landslide caused by an earthquake, are seen in Atsuma town in Japan’s northern island of Hokkaido, Japan, in this photo taken by Kyodo September 6, 2018. Mandatory credit Kyodo/via REUTERS ATTENTION EDITORS – THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN JAPAN. *** Local Caption *** Rumah-rumah rusak akibat longsor yang disebabkan oleh gempa bumi terlihat di kota Atsuma di utara Pulau Hokkaido, Jepang, dalam foto yang diambil oleh Kyodo, Kamis (6/9). ANTARA FOTO/Kyodo/via REUTERS/cfo/18

“Terjadi empat getaran mengejutkan berkekuatan besar,” ujar seorang penduduk ke NHK. “Dan tiba-tiba lokasi tinggal kami oleng dan kami tidak dapat membuka pintu.”

Baca Juga:  Heboh 'AirDrop Chikan' di kereta Jepang, modus baru pelecehan seksual

Untuk pertama kali semenjak pembangkit listrik Tomato-Atsuma di Hokkaido didirikan pada 1951, pulau tersebut gelap gulita. Perusahaan ini mematikan semua pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil tersebut setelah gempa.

Setidaknya 4 Tewas dan Puluhan Hilang dampak Gempa HokkaidoTanah longsor terjadi di sejumlah tempat di sebanyak bukit pulau Hokkaido, Jepang, dampak gempa yang menewaskan minimal empat orang. (AFP/Jiji Pres)

Kini, beberapa Sapporo dan Asahikawa sudah kembali dapat menikmati aliran listrik.

Pemerintah menuliskan** terjadi kehancuran di Tomato-Atsuma yang mengaliri listrik untuk 2,95 juta lokasi tinggal di Hokkaido. Menteri Industri Hiroshige Seko menuliskan** perlu masa-masa seminggu supaya listrik dapat kembali dinikmati oleh semua warga pulau itu.

Tayangan televisi dari Sapporo tenggara menunjukkan jalan-jalan yang hancur dan tumpukan lumpur di jalan utama.

Polisi terlihat menata lalu lintas sebab lampu kemudian lintas tidak bermanfaat sementara mesin penjaja minum dan mayoritas mesin pengambil duit tunai tidak dapat digunakan.

“Tanpa listrik, tidak terdapat yang dapat saya kerjakan kecuali mencatat resep,” ujar satu dokter di kota dekat Atsuma.

Bandar udara Chitose di Hokkaido pun rusak dan diblokir meski adalahjalan utama terbit dari pulau yang dikenal dengan gunung, danau, tanah pertanian dan makanan laut. Lebih dari 200 penerbangan dan 40 ribu penumpang terkena akibat penutupan bandara itu.

Japan

Jepang akan larang drone terbang di sekitar lokasi Olimpiade dan Paraolimpiade 2020 Tokyo

Published

on

By

GwiGwi.com – Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk melarang drone terbang di sekitar area penyelengaraan Olimpiade dan Para Olimpiade 2020 Tokyo.

Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan terorisme. Pemerintah bekerjasama dengan petugas polisi untuk membantu mengamankan drone yang melanggar, boleh dihancurkan jika kedapatan terbang didaerah yang sudah dilarang.

Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang melarang terbang drone di sembarang tempat, seperti tempat-tempat pemukiman, dan lokasi pemerintahan, namun untuk area olahraga masih belum semua.

“Ada kemungkinan drone membawa alat peledak ataupun cairan yang berbahaya di lokasi, tetapi sulit untuk melarangnya dengan aturan yang berlaku sekarang,” ungkap juru bicara pemerintah Jepang.

Baca Juga:  Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Hokkaido, Jepang

Continue Reading

Japan

Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Hokkaido, Jepang

Published

on

By

GwiGwi.com – Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Pulau Hokkaido di Jepang, Senin (5/11) dini hari. Dilansir AFP, gempa itu berpusat di kedalaman 8 kilometer atau 107 kilometer unsur timur laut Kota Shibetsu.

Berdasarkan keterangan dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), bisa jadi ada korban jiwa dampak gempa tersebut. Di samping itu, gempa pun mengakibatkan kehancuran banuntukn walau tak terlampau banyak.

Gempa ini terjadi sejumlah bulan sesudah gempa berkekuatan 6,6 magnitudo mengguncang Hokkaido di bulan September. Sehingga merangsang tanah longsor, lokasi tinggal runtuh dan menewaskan lebih dari 40 orang.

Baca Juga:  Ditahan ISIS selama 3 tahun, Junpei Yasuda Wartawan Jepang kini bebas

Jepang adalahnegara yang terdapat di empat lempeng tektonik. Selain tersebut setiap tahun selalu merasakan sejumlah gempa yang relatif lumayan ganas.
Namun dengan konsep banuntukn tahan gempa serta pondasi yang kuat, terkadang gempa berkekuatan besar melulu membuat lokasi tinggal mengalami kehancuran kecil.

Continue Reading

Japan

Seorang guru Jepang resign dari kerjaan setelah ketahuan bekerja sebagai prostitusi

Published

on

By

GwiGwi.com – Dewan Pendidikan kota Osaka mengumumkan pengunduran diri seorang guru dari Sekolah Menengah Atas setelah ketahuan dirinya bekerja part-time dibisnis prostitusi.

Menurut Dewan Pendidikan, guru berumur 27 tahun ini bekerja paruh waktu di sebuah bisnis “kesehatan” dimana pekerjanya mengenakan kostum dan memberikan jasa seksual oral. Bu guru ini dilaporkan telah bekerja dari bulan April hingga September, dengan pendapatan 80.000 yen per bulan.

Dirinya juga bergabung bisnis MLM yang menjual alat kosmetik dan perlengkapan toilet. Atas keterlibatannya ini, dewan Pendidikan mengungkapkan bahwa guru ini telah menyalahi Undang-Undang Layanan Publik Lokal.

Baca Juga:  Ditahan ISIS selama 3 tahun, Junpei Yasuda Wartawan Jepang kini bebas

Guru ini ketahuan setelah Dewan Pendidikan banyak laporan mencurigakan. Sejak April, si guru sering meminta guru lain untuk menggantinya mengajar. Guru ini juga mengakui dia melakukan ini karena harus melunasi utang-utangnya.

Sebenarnya, si guru diskors selama 3 bulan, namun dirinya memilih mengundurkan diri.

“Saya mengakui kesalahan saya, hal ini akan menjadi dampak buruk bagi anak didik.” Ungkap si Guru.

Continue Reading

Trending