Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Laptop

ProArt StudioBook Pro X, Laptop Sultan Para Profesional

Published

on

GwiGwi.com – ProArt StudioBook adalah lini yang dibuat ASUS, sesuai namanya, dispesialisasikan untuk Profesional. Mulai dari kreator, data analyst, developer, dan masih banyak lagi. Selain itu harganya juga dibanderol cukup fantastis, well karena spesifikasinya bisa dibilang memang dibutuhkan oleh para profesional yang bisa membayarnya dengan harga serupa.

Maaf Anda Melihat Iklan

Desain dan Display dari ProArt Studio Book Pro X

Pertama soal desain. Material dari ProArt StudioBook Pro X W730 memang tidak lebih spesial dari laptop high end yaitu menggunakan bahan dasar metal. Namun demikian untuk desain, ini mungkin akan membuat para penggiat profesional senang. Berbanding terbalik dengan seri ROG yang terkenal dengan desain gaming banget dan LED disana sini, Pro X memilih bentuk yang simple namun tetap elegan bagaikan briefcase yang memang menjadi andalan dari seorang profesional. Warna yang dimilikinya hanya satu yaitu Star Grey, dan memiliki ukuran setara dengan laptop 15 inci, padahal memiliki dimensi display seluas 17 inci.

Ngomongin soal display ProArt StudioBook Pro X bisa dibilang memiliki layar terbaik untuk laptop profesional yang ada saat ini. Dengan dimensi 17 inci beresolusi Full HD, namun memiliki screen to body ratio hingga 92%, membuat footprint dari Pro X lebih menyerupai laptop 15 inci ketimbang 17 inci. Yang menarik adalah rasio layar yang digunakan dari si Pro X adalah 16:10 bukan 16:9. Walau terkesan perbedaannya kecil, kalangan profesional mungkin akan sangat senang dengan screen space yang lebih luas kebawah ini. Gw sendiri merasakan range ini cukup menarik untuk melihat lebih banyak line of codes saat coding, maupun saat melakukan editing video. Untuk tingkat kecerahannya sudah mencapai 300nits, dan yang paling luar biasa menurut gw adalah Color Gamutnya yang sudah mencapai 97% DCI-P3 yang jauh lebih luas dibandingkan kebanyakan laptop profesional. Selain itu desainer yang senang mengulik soal warna, layarnya juga sudah Pantone Valdiated agar akurasinya warna yang ditampilkan sesuai dengan spektrum yang dimiliki oleh Pantone. Untuk hingenya cukup menarik karena bisa mencapai posisi lay flat yang berarti layar bisa dibuka hingga 180 derajat. Fungsi nyatanya adalah untuk digunakan saat berkolaborasi.

Performa Laptop Sekelas Workstation

Untuk soal performa disini Pro X juga bukan sekedar kencang, tapi juga memang powerful. Dengan prosesor Intel® Xeon® E-2276M Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) dan juga discrete GPU NVIDIA® Quadro® RTX 5000 dengan 16GB GDDR6 VRAM membuat laptop ini memiliki performa yang cukup buas. RAMnya juga mencapai 64GB out of the box, namun masih tersedia 1 slot lagi untuk menambahkan RAMnya hingga 128GB. Ini dicapai dengan RAM DDR4 EEC, yang berarti sangat minim Read Write Error di RAMnya. Storagenya juga sudah menggunakan SSD M.2 NVME sebesar 1TB, dan masih tersedia 1 slot lagi untuk membaca 1TB tambahan memory lagi.  Dengan spesifikasi kunci yang dimilikinya ini, ProArt StudioBook Pro X tentunya bisa melibas banyak pekerjaan profesional tanpa harus ragu. Dalam test yang gw lakukan dengan merender di Aplikasi 3D, hasil render dapat dicapai dengan cepat di kisaran 5 menitan saja. Sayangnya gw belum sempat menguji coba lebih dalam lagi untuk si Pro X ini karena keterbatasan waktu yang dimiliki untuk saat hands on. Untuk soal heatnya sendiri, ASUS mengklaim bahwa laptop ini akan tetap adem dengan cooling system yang dimilikinya, yang memanfaatkan 71 bilah kipas berbahan dasar Liquid Crystal Polymer. Yang menarik juga, pendingin dari Pro X W730 ini juga tetap hening walau dalam kondisi merender 3D tadi.

Baca Juga:  Tingkatkan Kenyamanan Bermain! Mobile Legends: Bang Bang Umumkan Rangkaian Event Legends Returns

Soal konektivitas pun disini Pro X sudah memiliki semua kebutuhan yang mungkin diperlukan oleh sebuah laptop profesional. Ada 3 USB 3.1 Type-A, 2 USB 3.1 Type-C dengan Thunderbolt, Headphone Out dan Audio In 3.5mm, RJ45, 1 buah HDMI Port 2.0, dan juga sebuah Smart Card Reader. ASUS ProArt StudioBook Pro X ini juga memiliki fingerprint reader, yang membuat laptop ini di lindungi juga oleh Windows Helo. Untuk soal Wireless, WiFi 6 juga sudah menjadi jagoannya disini untuk memberikan performa konektivitass jaringan nirkabel yang sangat stabil.

Fitur yang cukup penting juga disini adalah ProArt StudioBook Pro X, akan menjadi perangkat Windows yang paling maksimal meminimalisir error. Walau sudah memiliki hardware yang powerful dan stabil, tentunya sebuah laptop juga perlu Operating System yang sangat stabil. Windows 10 Pro for Workstations menjadi pilihan 1-1nya yang tersedia untuk Pro X. Windows 10 Pro ini memiliki tingkat error yang cukup kecil, sehingga laptop bisa tetap berjalan stabil dalam kondisi tekanan atau masa pekerjaan yang cukup berat. Selain itu Pro X juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISV yang menjamin kestabilan keseluruhan Pro X. Sebagai tambahan, Pro X juga sudah diuji coba dengan military standard, sehingga mampu melewati kasus-kasus tertentu yang biasanya dapat membahayakan laptop pada umumnya.

Harga Para Sultan

Dibanderol dengan harga 88 juta rupiah, Pro X memang terkesan out of reach bagi kebanyakan orang. Namun demikian, di kalangan profesional ini merupakan sesuatu yang sangat berbeda. Kebutuhan kelas profesional cukup berbeda dengan kalangan umum karena kepentingan data, performa, dan juga stabilitas suatu perangkat sangatlah dibutuhkan. Dan juga, untuk harga yang digelontorkan itu, biasanya banyak perusahaan yang akan memiliki value pekerjaan atau data yang melebihi dari harga laptop itu sendiri.

Jadi apakah kalian tertarik untuk memilikinya? atau untuk sekarang, yah bolehlah masukin wishlist dulu, siapa tau nanti bisa jadi kenyataan saat terjun kedunia profesional yang jauh lebih serius lagi? Sekian dulu untuk bahasan si ProArt StudioBook Pro X. Jika kalian punya pertanyaan bisa langsung tanyakan di kolom komentar, like videonya kalau kalian suka, dan tentunya subscribe serta aktifkan lonceng notifikasi, biar kalian ga ketinggalan video kita berikutnya.

Link Pembelian: https://www.gwigwi.com/proxGwiGwi

Pelajari lebih lanjut soal lini ProArt: https://www.asus.com/ProArt/

Video Hands On ProArt Studio Book Pro X

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Laptop

Alasan Milenial Pilih Processor yang Tepat untuk Mendukung Produktivitas

Published

on

By

GwiGwi.com – Penggunaan laptop atau PC sudah menjadi kebutuhan sangat penting untuk kalangan Milenial dan Generasi Z dalam menunjang produktivitas sehari-hari. Baik untuk mendukung tugas kuliah, mengembangkan hobi, kreativitas, pekerjaan hingga bermain game. Oleh karena itu, mereka harus #PahamBanget performa laptop yang dibutuhkan untuk bisa menunjang produktivitas mereka sehari-hari.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pemilihan prosesor yang tepat adalah hal paling penting untuk bisa melakukan segala aktivitas lebih efektif dan efisien. Berikut alasannya kenapa harus pilih laptop dengan prosesor tepat:

  1. Optimal untuk Multitasking

Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan Milenial dan Gen Z saat ini perlu sejalan dengan kemajuan teknologi yang ada. Siapa sangka kini telah banyak profesi atau bidang pekerjaan yang berkembang diantaranya profesi menjadi konten kreator profesional hingga pemain e-sport. Untuk menunjang profesi ini, diperlukan prosesor yang #BeneranCepat dan tepat seperti AMD Ryzen™ 6000 Series Processor yang dibekali TDP tidak lagi terbatas pada 15W, namun hingga 45 W untuk peningkatan performa yang optimal baik produktivitas, multitasking, bermain game hingga rendering konten. Prosesor ini bisa jadi pilihan terbaik buat Milenial dan Gen Z yang #PahamBanget performa laptop untuk gaming dan bikin karya.

  1. Responsif dengan Berbagai Kebutuhan

Performa handal yang ditawarkan sebuah prosesor tentunya akan memberikan pengalaman komputasi yang optimal. Dalam hal ini, AMD Ryzen™ 6000 Series Processors merupakan pilihan tepat untuk Milenial dan Gen Z berkat teknologi arsitektur terbaru berbasis “Zen 3+” yang mampu memberikan performa dan kecepatan untuk berbagai kebutuhan penggunaan. Tidak hanya itu, AMD Ryzen™ 6000 Series Processor juga hadir dengan Integrated AMD Radeon™ 600M Graphics, memberikan pengguna kenyamanan menonton video 4k tanpa lag. Kebutuhan multimedia pun juga terpenuhi dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

  1. Daya Tahan Baterai Yang Dapat Diandalkan

Pertimbangan lain yang cukup penting untuk memilih laptop adalah ketahanan daya baterai yang lama. Hal ini tentu sangat menunjang produktivitas harian Milenial dan Gen Z dengan apalagi tingkat mobilitas yang tinggi, tanpa harus melakukan pengisian daya terus menerus. Laptop bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Processor layak menjadi pilihan karena efisiensi daya optimalnya dan performa maksimal berkat arsitektur 6 nm untuk X86 sehingga dapat meningkatkan performa sekelas desktop dengan daya tahan baterai hingga 24jam.

  1. Mendukung Fitur Terbaru
Baca Juga:  Alasan Milenial Pilih Processor yang Tepat untuk Mendukung Produktivitas

Bagi Milenial dan Gen Z yang #PahamBanget tentang performa PC, dukungan fitur terbaru pada sebuah prosesor dapat menjadi alasan pemilihan prosesor. Seperti AMD Ryzen™ 6000 Series Processor yang memiliki dukungan PCIE.4.0 , DDR5, WIFI 6E, Bluetooth 5.2. Selain itu, dukungan fitur-fitur terbaru yang ada di Windows 11, juga akan memudahkan segala produktivitas Milenial dan Gen Z dan tentunya memberikan pengalaman lebih maksimal dan responsif.

  1. Performa Maksimal untuk Bermain Game Terbaik

Selain kebutuhan untuk kerja, laptop juga berfungsi untuk hiburan salah satunya bermain game. Untuk mendukung pengalaman game yang maksimal, Milenial dan Gen Z perlu memiliki prosesor yang memiliki keunggulan teknologi grafis RDNA™ 2 dengan memori DDR5 seperti yang ada di AMD Ryzen™ 6000 Series Processor. Dengan teknologi ini, performa game bisa 2x lebih cepat dibandingkan generasi AMD Ryzen™ Processor sebelumnya.

Selain itu, dengan dilengkapi kartu grafis intergrasi AMD RADEON™ yang berbasis RDNA™ 2 juga memungkinkan pengguna dapat memainkan game-game Esport seperti CS GO, Dota 2 Ataupun Valorant dengan Fps yang cukup tinggi. Bahkan game AAA seperti Assassin Creed, Shadow of The Tomb Raider, Battlefield 5 atau Cyberpunk pun dapat dimainkan dengan lancar.

Dengan keunggulan ini, tentu Milenial dan Gen Z bisa tetap produktif dan merasakan pengalaman bermain game lebih maksimal hanya pada satu pilihan prosesor tepat untuk produktivitas, AMD Ryzen™ 6000 Series Processor.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Laptop

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3402) Kini Semakin Elegan dan Powerful

Published

on

By

GwiGwi.com – ASUS memperkenalkan Zenbook 14 OLED (UX3402), generasi terbaru dari seri Zenbook Classic yang kini tampil dengan desain baru yang lebih elegan serta ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core yang lebih powerful. Zenbook 14 OLED (UX3402) tetap tampil sebagai perangkat komputasi modern yang sangat portabel dan powerful, serta dibekali dengan beragam fitur khusus yang dapat membuat penggunanya semakin produktif.

Maaf Anda Melihat Iklan

“Zenbook memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu pionir dalam hal inovasi di lini laptop ultra-portable,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. “Zenbook 14 OLED terbaru adalah bukti evolusi dari Zenbook. Tidak hanya tampil dengan performa yang lebih powerful, Zenbook 14 OLED terbaru juga kini dibekali dengan fitur-fitur yang dapat membantu penggunanya agar dapat lebih produktif. Desain baru Zenbook 14 OLED juga memberikan kesan yang lebih elegan, modern, serta mewah sehingga dapat membuat Anda lebih percaya diri.”

Tampilan Baru yang Lebih Elegan dan Mewah

Zenbook 14 OLED (UX3402) kini hadir dengan desain baru yang tetap menggunakan konsep khas Zenbook yaitu elegan, modern, dan tak lekang waktu dengan pilihan dua warna yaitu Ponder Blue dan Aqua Celadon. Bagian belakang layarnya kini hadir dengan logo monogram “A” yang pertama kali diperkenalkan di Zenbook edisi 30th Anniversary. Logo tersebut diukir secara presisi pada bodi laptop yang berbahan logam dengan pola khas yang terinspirasi oleh Kintsugi Craftmanship dari Jepang. Sementara desain yang telah lama menjadi ciri khas Zenbook, yaitu Spun Metal Finish, dapat ditemukan di bagian engsel laptop ini.

Zenbook 14 OLED (UX3402) tidak hanya tampil elegan dan mewah, tetapi juga dibekali fitur-fitur yang dapat mempermudah penggunanya seperti 180° ErgoLift Hinge. Fitur tersebut membantu pengguna untuk dapat mengetik dengan lebih nyaman. Sementara fitur lain seperti NumberPad 2.0 bisa membantu pengguna untuk melakukan input angka secara lebih cepat, dan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power membuat proses login menjadi lebih cepat dan mudah.

Zenbook 14 OLED (UX3402) juga merupakan perangkat yang andal untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti halnya online conference call atau video call. Teknologi 3DNR pada kamera di Zenbook 14 OLED (UX3402) memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat melakukan video conference dalam kondisi yang minim cahaya dengan noise yang minim. Ditambah dengan teknologi ASUS AI Noise-Cancelling, pengguna Zenbook 14 OLED (UX3402) tidak perlu khawatir dengan suara bising di sekitarnya saat melakukan online conference call.

ASUS juga memperkenalkan teknologi ErgoSense Keyboard yang hadir untuk membuat pengalaman mengetik di Zenbook 14 OLED (UX3402) menjadi sempurna. ErgoSense Keyboard menggabungkan desain keyboard full-size dengan key pitch 19,05mm dan key travel sejauh 1,4mm sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik layaknya menggunakan keyboard PC desktop dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi. ErgoSense Keyboard juga ditemani dengan touchpad yang dilapisi oleh lapisan hydrophobic yang membuat permukaannya memiliki sentuhan yang lebih halus dan memudahkan pengguna Zenbook 14 OLED (UX3402) untuk menggunakan berbagai gesture.

Kualitas Layar Terbaik dengan ASUS OLED

Zenbook 14 OLED (UX3402) merupakan salah satu jajaran laptop ASUS yang dibekali layar ASUS OLED dengan resolusi 2,8K (16:10). Teknologi layar tersebut menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Baca Juga:  Alasan Milenial Pilih Processor yang Tepat untuk Mendukung Produktivitas

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Performa Andal

Zenbook 14 OLED (UX3402) hadir dengan performa yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya berkat penggunaan hardware generasi baru, salah satunya adalah prosesor 12th Gen Intel® Core™ yang juga telah dibekali dengan chip grafis terintegrasi Intel® Iris Xᵉ. Tidak hanya itu, Zenbook 14 OLED (UX3402) juga hadir dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB serta penyimpanan yang menggunakan NVMe PCIe 4.0 Performance SSD berkapasitas 512GB. Kombinasi semua komponen terkini tersebut membuat Zenbook 14 OLED (UX3402) dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas penggunanya.

Zenbook 14 OLED (UX3402) merupakan laptop yang ringkas dan ringan dengan ketebalan hanya 16,9mm dan bobot hanya 1,39Kg. Meski sangat portabel, laptop ini tetap dibekali dengan port yang lengkap. Port yang tersedia di Zenbook 14 OLED (UX3402) mulai dari USB 3.2 Type-A, HDMI 2.0b, dan 3.5mm combo audio jack. Sebagai laptop modern, Zenbook 14 OLED (UX3402) juga telah dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 4 yang juga dapat digunakan sebagai DisplayPort serta sarana untuk mengisi daya baterai melalui fitur USB power delivery.

Tidak hanya itu, Zenbook 14 OLED (UX3402) juga dilengkapi dengan konektivitas nirkabel yang sangat andal. Dilengkapi dengan modul WiFi 6E, Zenbook 14 OLED (UX3402) kini dapat terhubung ke jaringan WiFi 6GHz yang memiliki bandwitdth lebih kencang. Selain itu, Zenbook 14 OLED (UX3402) tetap dibekali dengan Bluetooth 5 yang dapat mempermudah penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat muali dari mouse hingga headphone nirkabel.

Main Spec. Zenbook 14 OLED (UX3402)
CPU Intel® Core™ i7-1260P Processor 2.1 GHz (up to 4.7 GHz, 4P+8E cores)

Intel® Core™ i5-1240P Processor 1.7 GHz (up to 4.4 GHz, 4P+8E cores)

Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB LPDDR5
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics Intel® Iris Xᵉ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Connectivity Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera 1080p FHD camera
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified
Battery 75WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension 31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.39 Kg
Colors Aqua Celadon, Ponder Blue
Price Rp17.299.000 (Core i5)

Rp19.299.000 (Core i7)

Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Laptop

ROG Flow X16, Laptop Gaming Convertible 16-inci Pertama dan Satu-Satunya di Dunia

Published

on

By

GwiGwi.com – ASUS resmi memperkenalkan ROG Flow X16 (GV601) di Indonesia. ROG Flow X16 merupakan laptop gaming convertible pertama dan satu-satunya dengan layar 16-inci yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 6000 Series Processor terbaru. Tidak hanya itu, ROG Flow X16 juga dibekali dengan sistem pendingin baru yang inovatif, serta teknologi layar Nebula Display sehingga laptop gaming ini tidak hanya andal untuk bermain game, tetapi juga sempurna untuk para konten kreator.

Maaf Anda Melihat Iklan

“ASUS ROG sangat mengerti bahwa semakin banyak gamer yang membutuhkan laptop ringkas, berlayar besar, dan hadir dengan performa tinggi. Tidak hanya sekadar menghadirkan laptop gaming dengan kriteria tersebut, ASUS ROG menciptakan sebuah inovasi terbaru yaitu laptop gaming convertible berlayar 16-inci sehingga gamer juga dapat lebih leluasa mengekspresikan kreativitasnya dalam pembuatan konten,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “ROG Flow X16 merupakan laptop terbaik untuk gamer sekaligus content creator. ROG Flow X16 juga merupakan laptop gaming inovatif yang belum pernah ada sebelumnya.”

“AMD bangga bermitra dengan ASUS dalam peluncuran terbaru ROG Flow X16 bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Processor. AMD sangat berkomitmen untuk memberikan pengalaman tak tertandingi bagi para kreator dan gamer, meningkatkan pengalaman mereka dengan arsitektur core “Zen 3+” 6nm yang sangat efisien dan tingkatan kemampuan grafis built-in yang belum pernah ada sebelumnya,” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan. “Fitur-fitur modern yang tersemat dalam AMD Ryzen™ 6000 Series Processor memberikan kehandalan performa untuk kreasi konten dan gaming AAA 1080P yang revolusioner. ROG Flow X16 bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series layak dimiliki oleh para gamer dan kreator sebagai solusi laptop gaming tipis portabel dengan performa unggul, efisiensi luar biasa, dan ketahanan daya baterai yang menakjubkan”.

Ditenagai AMD Ryzen™ 6000 Series Processor

AMD Ryzen™ 6000 Series Processor kini hadir di ROG Flow X16. Prosesor generasi terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+ tersebut tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya yang lebih baik. Peningkatan tersebut membuat laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 6000 Series Processor memiliki performance-per-watt yang lebih baik yang berpengaruh langsung pada daya tahan baterai.

Keunggulan lain dari AMD Ryzen™ 6000 Series Processor juga terdapat pada chip grafis terintegrasinya. Kali ini AMD menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang menggunakan arsitektur AMD RDNA™ 2  yang lebih powerful dan efisien. Chip grafis dengan  AMD RDNA™ 2 tersebut mampu menghadirkan performa yang optimal untuk bermain game AAA pada resolusi 1080p tanpa menguras daya baterai berlebih..

ROG Nebula™ Display, Standar Terbaru Layar Premium Laptop Gaming

Kali ini ASUS ROG juga memperkenalkan standar baru layar laptop gaming yaitu ROG Nebula™ Display. ROG Nebula™ Display dibangun atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. Kali ini, ROG Nebula™ Display hadir di lini ROG Flow X16.

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula™ Display seperti ROG Flow X16 dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, dilengkapi fitur Adaptive Sync, serta memiliki response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Nebula™ Display juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision. Spesifikasi tersebut menegaskan bahwa ROG Nebula™ Display dirancang tidak hanya untuk para gamers, tetapi juga untuk para kreator

Dilengkapi MUX Switch

ROG Flow X16 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. Seluruh laptop gaming ROG dan TUF di tahun 2022 akan dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Powerful untuk Gamers dan Konten Kreator

Selain ditenagai oleh AMD Ryzen™ 6000 Series Processor, ROG Flow X16 juga dibekali oleh chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. Chip grafis generasi terbaru dari NVIDIA® tersebut tidak hanya powerful untuk gaming, tetapi juga kreasi konten. Chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3000 Series dilengkapi oleh Tensor Core dan RT Core yang berfungsi untuk megakselerasi pemrosesan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang telah digunakan di berbagai game serta aplikasi kreatif.

ROG Flow X16 dibekali dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 SSD. Penyimpanan generasi terkini tersebut juga menghadirkan kecepatan transfer yang sangat tinggi, yaitu dengan kecepatan baca hingga 7Gbps. SSD berkecepatan tinggi tersebut membuat proses loading di aplikasi, game, hingga booting dapat dilakukan lebih cepat. Menemani penyimpanannya, ROG Flow X16 dibekali dengan memori DDR5 4800MHz berkapasitas 16GB (2x8GB). Memori generasi baru tersebut membuat pengalaman gaming serta multitasking lebih baik di ROG Flow X16.

Baca Juga:  Alasan Milenial Pilih Processor yang Tepat untuk Mendukung Produktivitas

Dibekali Teknologi Pendingin Terbaru

ROG Flow X16 merupakan laptop pertama di dunia yang ditenagai sistem pendingin Frost Force Technology. Sistem pendingin terbaru tersebut mengandalkan tiga kipas khusus. Dua kipas bertugas untuk mengalirkan udara panas dari CPU dan GPU ke luar chasis melalui lubang udara yang sudah dirancang khusus. Sementara kipas ketiga bertugas mendinginkan komponen penting lainnya yang terhubung langsung ke Pulsar Heatsink agar pendinginan lebih maksimal. Kipas ketiga tersebut membuat ROG Flow X16 dapat beroperasi dengan suhu hingga 7⁰C lebih rendah ketimbang sistem pendingin laptop gaming tradisional.

TIdak hanya mengadopsi sistem pendingin terbaru, ROG Flow X16 juga tetap dibekali dengan liquid metal sebagai pengganti thermal compound tradisional yang biasanya menggunakan bahan silikon. Liquid metal yang secara khusus dihadirkan oleh Thermal Grizzly tersebut mampu mengalirkan panas pada komponen penting di ROG Flow X16 secara lebih optimal sehingga menghasilkan performa pendinginan yang lebih baik.

Konektivitas Terbaik, Kompatibel dengan ROG XG Mobile

ROG Flow X16 telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang tergolong sangat lengkap untuk sebuah laptop convertible yang sangat ringkas. Port seperti USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.0b, hingga 3.5mm combo audio jack. Port USB 3.2 Type-C yang ada di jajaran laptop gaming ASUS terbaru juga telah mendukung fitur DisplayPort 1.2 serta USB Power Delivery. Keduanya memungkinkan port USB Type-C tersebut dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui adapter USB Type-C atau bahkan power bank.

ROG Flow X16 juga masih dilengkapi dengan port khusus ROG XG Mobile Interface yang memungkinkan laptop gaming ini untuk dapat dihubungkan dengan GPU eksternal ROG XG Mobile. Berbeda dengan solusi GPU eksternal lainnya, ROG XG Mobile menggunakan koneksi langsung ke jalur PCIe sehingga tidak menyebabkan efek bottleneck pada performa grafis yang ditawarkan. ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan berbagai port tambahan sekaligus dapat berfungsi sebagai power adapter yang dapat mengisi daya ROG Flow X13 saat dihubungkan. ROG XG Mobile tersedia dengan varian chip grafis NVIDIA® RTX™ 3070 dan RTX™ 3080. ASUS juga akan menghadirkan ROG XG Mobile dengan chip grafis AMD Radeon™ RX 6000 series dalam waktu dekat.

Tidak hanya dalam hal kelengkapan port, ROG Flow X13 terbaru juga telah dibekali dengan teknologi WiFi 6E terbaru. Berbeda dengan pendahulunya yaitu WiFi 6, teknologi WiFi 6E hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Melalui frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer.

Ayo Bergabung di ROG Community Indonesia

ASUS ROG Indonesia menghadirkan ROG Community Indonesia, sebagai tempat untuk para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF berbagi pengalaman, bermain game bersama dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Segera bergabung dengan ROG Community Indonesia di rogcommunity.id, bermain bersama di Discord channel https://bit.ly/DiscordROGCommunityID dan bertukar informasi di Facebook Group https://bit.ly/ROGCommunityID.

Main Spec. ROG Flow X16 (GV601)
CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)

Operating System Windows 11 Home
Memory 2x8GB LPDDR5
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

Display 16-inch, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision

Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

Input/Output 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 35.5 x 24.3 x 1.94 ~ 1.94 cm
Weight 2.10 Kg
Colors Off Black
Price Rp42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)

Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x