Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Gaming

Prediksi Esports 2022: Menuju Puncak Gemilang Esports?

Published

on

GwiGwi.com – Memasuki tahun 2022, UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar bulanan dengan tajuk “Esports: Potret Kondisi dan Prediksi Trend di 2022” yang akan membahas proyeksi dan trend e-sport di 2022 secara mendalam. Webinar ini dilakukan secara daring melalui telekonferensi Zoom dan disiarkan langsung di kanal YouTube “UniPin Gaming” pada Jumat (7/1) lalu.

Maaf Anda Melihat Iklan

Perubahan gaya hidup dan kebiasaan masyarakat akibat pandemi yang berlangsung hampir dua tahun ini memberikan berbagai perubahan yang menjadi peluang sekaligus ancaman bagi berbagai industri, tak terkecuali esports. Untuk memprediksi tren dan perubahan apa saja yang akan dialami industri esports di tahun ini, hadir sebagai pembicara adalah Irliansyah Wijanarko selaku Co-Founder & Chief Growth Officer RevivaLTV dan Ricky Setiawan selaku Founder & Chief Executive Officer GGWP.ID.

Berdasarkan data yang dihimpun tim GGWP.ID per November 2021, Ricky memaparkan bahwa pertumbuhan jumlah gamers sejak tahun 2016 hingga 2020 meningkat secara drastis, salah satunya karena dirilisnya game mobile seperti Mobile Legends (2016), Free Fire (2017), dan PUBG Mobile (2018). Sebuah studi yang dilakukan Vero dan Decision Lab baru-baru ini mencatat jumlah stakeholder industri esports di Indonesia mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis, dan sebagainya. Jumlah ini tentunya diprediksi akan terus bertambah di kemudian hari.

Esports 2022, Bertumbuh Cepat dan Menjadi Bagian dari Gaya Hidup

Hingga 2021, genre game esports yang masih digemari di Indonesia adalah MOBA dan game survival dengan total 54% market share diperoleh oleh Mobile Legends dan 25% diraih oleh Free Fire. Namun, hal ini tak menutup peluang akan masuk dan berkembangnya game-game dengan genre lainnya di tahun 2022.

“Generasi yang lebih tua akan mulai bermain game esports. Peluang untuk genre alternatif selain MOBA dan game survival untuk berkembang akan semakin besar. Selain itu, game esports untuk pasar gamer perempuan memiliki prospek yang sangat baik memasuki tahun-tahun yang akan datang,” terang Ricky.

Baca Juga:  Tales of Symphonia Remastered Posting Video Gameplay Pertama

Irli dari RevivaLTV mendukung pernyataan Ricky tentang pertumbuhan industri dan pasar esports. Menurutnya, kegiatan yang berkaitan dengan industri gaming dan esports kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Di 2022, Irli memprediksi industri esports akan menjadi bagian dari gaya hidup, tidak hanya para penggemar game, tetapi juga masyarakat secara umum.

Jika anak-anak kelahiran tahun 90-an tumbuh bersama tayangan kartun televisi di Minggu pagi, atau game konsol dan PC dengan fitur yang masih terbatas, generasi kelahiran 2000-an tumbuh dengan gadget dan smartphone di tangan mereka. Difasilitasi teknologi, esports dan game online tumbuh beriringan bersama generasi muda saat ini, sehingga kegiatan bermain game yang semula hanya dilakukan untuk hiburan dan melepas penat, kini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan karir yang menjanjikan.

“Di tahun 2022 ini, esports akan banyak merambah ke bagian dari lifestyle. Tidak hanya soal kompetisi, tapi juga menyentuh lifestyle para gamers. Barang-barang seperti merchandise, smartphone dengan fitur yang mendukung kegiatan bermain game, outfit yang mirip dengan para gamers idola, akan menjadi produk yang laku di 2022,” terang Irli.

Setiap bulannya, UNITY secara aktif menyediakan wadah edukasi terkait industri esports. Seluruh webinar UNITY yang terselenggara rutin setiap bulannya dapat disaksikan kembali di kanal YouTube UniPin – UniPin Gaming. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan UNITY, UniPin Academy dan webinar-webinar lainnya dapat diakses melalui akun instagram resmi UniPin Community @unipincommunity.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

PlayStation Console

Clea dan Clea 2 Manjakan Pecinta Game Horor untuk PlayStation 4

Published

on

GwiGwi.com – Setelah rilis di Steam, Nintendo Switch, dan Xbox One, judul horor pengembang InvertMouse Clea dan Clea 2 kini hadir di PlayStation 4. Penerbit Sekai Project telah mengumumkan rencana untuk merilis kedua judul di platform Sony pada 30 September, menawarkan pemain kesempatan kedua untuk mengakali Chaos Servant dan melarikan diri dari Whitlock Mansion. Sekai Project mencirikan setiap game sebagai berikut:

Maaf Anda Melihat Iklan

Clea:

Orang tua telah bereksperimen dengan Chaos Servant, tetapi monster sekarang telah melarikan diri. Clea, ditemani oleh kakaknya, harus melarikan diri dari Whitlock Mansion.

Baca Juga:  HyperX Rayakan 20 Tahun Gaming dengan Promo Spesial

Clea, awasi punggungmu! Orang-orang terdekat Anda bisa menjadi sumber kengerian yang sebenarnya.

Clea 2:

Empat tahun telah berlalu sejak bencana di Whitlock Mansion. Mantan pelayan Florine sangat ingin menyadarkan individu yang berarti dunia baginya. Dia harus melakukan perjalanan di luar dimensi ketiga dan ke daerah di luar untuk berhasil. Florine bertekad untuk bertahan dalam menghadapi teror dunia lain.

Pada akhirnya, ini adalah satu-satunya kesempatannya untuk penebusan.

 

Source: Crunchyroll

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Game Mobile ‘The Eminence in Shadow: Master of Garden’ Diumumkan

Published

on

GwiGwi.com – The Eminence in Shadow, serangkaian novel ringan yang ditulis oleh Daisuke Aizawa dan diilustrasikan oleh Tozai, akan tayang perdana di anime televisi pada bulan Oktober tahun ini, tetapi masih ada lagi yang akan datang. Game mobile The Eminence in Shadow: Master of Garden juga telah diumumkan, dengan tanggal rilis 2022 untuk iOS, Android, dan PC.

Maaf Anda Melihat Iklan

Situs web resmi game, akun Twitter, dan pesan video dari Alpha sekarang telah tersedia.

Pesan Alpha:

 

Light novel asli The Eminence in Shadow ditulis oleh Daisuke Aizawa dan diilustrasikan oleh Tozai, dan saat ini tersedia dalam empat volume dalam bahasa Jepang. Yen Press menerbitkan seri ini dalam bahasa Inggris dengan deskripsi volume pertama sebagai berikut:

Baca Juga:  'Megaton Musashi X' Yang Gratis Dimainkan Diluncurkan Di Jepang Pada 1 Desember

Bahkan di kehidupan sebelumnya, ambisi Cid bukanlah menjadi pahlawan atau bos terakhir. Dia lebih suka tetap menjadi sosok kecil sampai saatnya membuktikan bahwa dia adalah dalang, atau setidaknya, tampak seperti itu! Dan sekarang dia telah bereinkarnasi di alam semesta baru, dia siap untuk menciptakan kondisi ideal untuk mewujudkan aspirasinya secara maksimal. Cid, dipersenjatai dengan imajinasi yang terlalu aktif, dengan lucu merekrut orang-orang untuk kelompoknya dan mengarang latar belakang yang rumit tentang sekte jahat yang harus mereka hilangkan. Seperti sudah ditakdirkan, musuh yang dibayangkan ini menjadi nyata, dan tidak ada seorang pun kecuali dia yang tahu kebenarannya!

Anime ini tayang perdana pada 5 Oktober di Jepang.

 

Source: Crunchyroll

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Mobile Gaming

Dihadiri Legenda Sepak Bola Bandung! FIFA Mobile Festival Pertama Indonesia Disambut Meriah

Published

on

By

GwiGwi.com – Mengusung tema “Merayakan Bandung, Merayakan Sepak bola”, EA SPORTS FIFA Mobile sukses menggelar FIFA Mobile Festival, pada tanggal 24 September 2022 yang digelar  di Laswee Creative Space bersamaan dengan hari ulang tahun Kota Bandung ke-212.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pada acara komunitas yang berhasil mengumpulkan 212 players EA SPORTS FIFA Mobile ini, telah diadakan dua agenda utama, yaitu FIFA Mobile Community Exhibition Weekend (CEW) – Series 5 dan FIFA Mobile Fun Community Exhibition.

Selain para peserta yang bertanding, turut hadir juga pemain sepak bola profesional asal Belanda yang bermain di Liga Indonesia, Nick Kuipers, dan mantan pemain tim nasional Indonesia, Atep, untuk semakin memeriahkan terselenggaranya acara ini.

“Saya belajar bermain FIFA Mobile demi mengikuti FIFA Mobile Festival. Namun di samping itu game ini ternyata membuat saya mulai ketagihan karena dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja, khususnya menemani saya jelang berlatih,” tutur Nick Kuipers, yang pada momen ini bermain FIFA Mobile bersama 3 players pemenang Fun Exhibition kategori SMA, media dan komunitas.

Nick Kuiper bermain FIFA Mobile

Para pengunjung event ini juga disuguhkan obrolan menarik bersama Simamaung Podcast dan legenda Persib Bandung, Atep, yang ternyata mengungkap kecocokan dirinya dengan gameplay FIFA Mobile ketika memainkannya pada ajang ini.

Baca Juga:  Dragon Quest X Offline Perlihatkan Gameplay

“Jujurnya, saya baru pertama kali bermain FIFA Mobile di acara ini. Ternyata, gameplay-nya sangat menarik dan sebagai pemain profesional tidak membuat lelah,” kelakar pemain yang mengantarkan Persib sebagai juara Liga Indonesia di tahun 2014 tersebut.

Atep mencoba FIFA Mobile

Sementara itu, gelaran utama FIFA Mobile CEW – Series 5 Bandung menobatkan Tommy Chris Fernando asal Palembang sebagai juara pertama, setelah dirinya mengalahkan Annan Hafiz asal DIY, dalam partai final yang berlangsung sengit hingga tiba pada babak golden goal untuk penentuan pemenang. Sementara itu, posisi juara ketiga diraih oleh Muhammad Titan Haritsa Hafidz asal Indramayu.

Pemenang FIFA Mobile CEW – Series 5

Hasil pertandingan tersebut memperpanjang deretan fakta bahwa pemenang Community Exhibition Weekend tidak berasal dari kota penyelenggara. Tercatat dari 5 kali gelaran di tahun 2022, hanya satu kali FIFA Mobile CEW dimenangkan oleh Annan Hafiz sebagai pemain tuan rumah saat diselenggarakan di Yogyakarta, Mei 2022.

Nantikan aktivitas EA SPORTS FIFA Mobile berikutnya yang dapat dinikmati para pemain, baik di dalam permainan maupun bersama komunitas!

Kilasan acara FIFA Mobile Festival bisa ditonton DI SINI.

FIFA Mobile dapat diunduh dengan gratis di Google Play bagi pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x