Connect with us

News

PopCon Asia 2016: Para Pemenang Kosasih Award 2016 di PopCon Asia 2016

Published

on

GwiGwi.com – Kosasih Award yang dikenal juga sebagai CITRA PAWITRA, merupakan salah satu ajang apresiasi untuk insan komik Indonesia. Seluruh Rangkaian Kosasih Award 2016 telah usai dilaksanakan, dari ratusan karya komik yang telah terbit dalam rentang waktu April 2015 hingga Maret 2016, terpilihlah 8 pemenang dari 8 kategori yang dipertarungkan. Penjurian dimulai dari pemilihan long list oleh tim seleksi, kemudian pemilihan short list oleh tim kurator, terakhir seluruh kurator dikumpulkan dalam sebuah rapat kemudian memutuskan para pemenang secara bersama melalui diskusi. Diskusi terjadi cukup alot, namun begitu pada akhirnya inilah komik terbaik dari seluruh komik yang telah terbit dalam satu tahun terakhir.

Maaf Anda Melihat Iklan

Karya-karya telah telah dipilih oleh kurator yang mumpuni di bidangnya, sehingga komik-komik ini boleh dikatakan terbaik dari yang terbaik, berikut adalah profil kurator Kosasih Award.

 Seno Gumira Ajidarma

Lahir di Boston, Amerika Serikat, 19 Juni 1958 adalah penulis dari generasi baru di sastra Indonesia. Beberapa buku karyanya adalah atas nama malam, Wisanggeni-Sang Buronan, Sepotong Senja untuk Pacarku, Biola Tak Berdawai, Kitab Omong Kosong, Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, Negeri Senja, dan Naga Bumi. Sampai saat ini Seno telah menghasilkan puluhan cerpen yang di muat di beberapa media massa. Cerpennya Pelajaran Mengarang terpilih sebagai cerpen terbaik kompas 1993. Pada Tahun 1987, Seno mendapat Sea Write Award. Berkat cerpennya Saksi Mata, Seno memperoleh Dinny O’Hearn Prize for Literary pada tahun 1997

Henri Ismono

lahir di Salatiga 28 September 1965. Sejak tahun 1994 bekerja sebgai jurnalis di Tabloid Nova. di sela-sela kesibukannya, ia rajin mengoleksi komik indonesia. Catatan tentang komiknya dimuat untuk mengantarkan komik Tumbal karya Man (terbit tahun 2009), iblis mengamuk di Mataram (tahun 2010), dan akan terbit juga komik Roseta karya Man. Profilnya sebagai kolektor komik dimuat di harian Koran Jakarta. Ia juga meunlis buku. Bukunya yang sudah terbit berjudul “Aku Wanita Terkaya (Elexmedia Komputindo 2009) dan ” Laskar Pejuang 9 Wanita Wirausaha (Elexmedia Komputindo 2010).

Hikmat Darmawan

Peneliti dan penulis komik di beberapa media, pernah menerbitkan hasil pengamatannya tahun 2001 dalam sebuah buku yang berjudul “Dari Gatot Kaca Hingga Batman; Potensi-Potensi Naratif dalam Komik”. Terlibat dalam mendirikan komunitas dan organisasi seperti Musyawarah Burung, Akademi Samali, Rumahfilm, dan menjadi pengajar di sekolah menulis dan komik Plotpoint. Pada tahun 2012 menerbitkan  buku ‘How to Make A Comic’. Kini aktif di Koalisi Seni dan Dewan Kesenian Jakarta.

 

Rege Indrastudianto

Lulusan Desain Komunikasi Visual di IKJ pada tahun 2005. Mendirikan Vision Studio dan blog grafismasakini.com. sebelum mendirikan vision studio, ia telah banyak bekerja sebagi desain grafis di Ogilvy & Mather dan Lowe Indonesia, dan kini aktif sebagai ketua ADGI cabang Jakarta .

Penghargaan

Ratusan komik yang telah terbit dalam rentang waktu satu tahun menggambarkan bahwa komik Indonesia sebetulnya sudah semakin maju, yang perlu dibangun saat ini adalah iklim industri yang saling mendukung antar komikus, penerbit dan elemen lainnya sehingga dapat terbangun sinergi, elemen-elemen tersebut merupakan kesatuan yang tidak bisa berdiri sendiri untuk memajukan komik Indonesia.Pada Akhirnya seluruh pemenang dari tiap kategori akan mendapatkan Piala Kosasih Award yang merupakan penganugerahan tertinggi bagi komik Indonesia.

Nominasi Komik 2016

Nominasi Karakter Komik Terbaik: (1) Arif dan Imam, kasogo Pratomo & Azam, (2) Japarr, Glenn Ardiansya & Edya, (3) Hama, Potonv, (4) Timun, Alex Irzaqi;

Nominasi Sampul Komik Terbaik : (1) Halo Ibu, Aku Kangen, Sheila Rooswitha, Octopus, (2) Mendung Bertulang, Gandhi Eka, (3) Kala Part 2, Ram, (4) Fantasteen : Sekolah Zombie, Fatimah Assegaf, Hasan; (5) Hama, Potonv;

Nominasi Komik Strip Terbaik : (1) Arif dan Imam, kasogo Pratomo & Azam, (2) Digidoy, M Arief Siregar, Fajar Maulana H, Vera Riyani, DOdi Pratama, Yasir Harahap, WIra Tama, (3) Zombinesia, (4) Komiktitit, (5) Maghfirare, (6) Komikfaktap, Iskandar, (7) Kostum, Haryadhi, (8) Komikazer, Reza Mustar;

Baca Juga:  'DC League of Super-Pets' Rilis Video Trailer

Nominasi Gambar Terbaik : (1) Fajar di Hastina, Apriyadi K, (2) Ksatria Topeng Emas, Toto Winaryo, (3) Kala, Ram, (4) Minor, Jink, (5) Sepotong Kisah Sepenggal Kepala, Abdoel Semute, 6) Negeri Arwah Lentera, Endar Novianto, (7) Phagia, Alzein P Merdeka, (8) Hama, Potonv, (9) Lampion Merah, Aris Mybret, (10) Timun, Alex Irzaqi;

Nominasi Cerita Komik Terbaik : (1) Serat Tripama, Sudjiwo Tedjo, Bentang, (2) Timun, Alex Irzaqi, (3) Phagia, Alzein P Merdeka, (4) Negeri Arwah Lentera, Endar Novianto;

Nominasi Cerita Pendek Terbaik : (1) Gugusan Pintu: Asylum, R29, Disko, (2) Harimau dari Madiun, Aji Prasetyo, (3) Khadam, Zoe Iskandar (4) Untuk Menik, Aji Prasetyo, (5) Sepanel 3 hati: The Book of Truth, Desi Rismayanti, (6) Jet-Jetan, Ogi Prasety;

Nominasi Komik Kampus Terbaik : (1) Oppa!!, Cantika, (2) Mallique, Ahmad Alhamra Putra, (3) Inyong Bocah UNY, Anggoro Adhi Nugroho, (4) SIkat John!, Febrian Doni, (5) Duka, Jasmine Hanny Surkatty, Binus;

Nominasi Komik Terbaik: (1) Timun, Alez Irzaqi, (2) Phagia, Alzein P Merdeka, (3) Negeri Arwah Lentera, Endar Novianto, (4) Fajar di hastina, Apriyadi K.

Malam Penganugerahan

Malam Penganugerahan Kosasih Award akan dilaksanakan pada acara POP CON ASIA 2016, 12 Agustus 2016, pukul 18.30 di Jakarta Convention Center, Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta .

 

Pemenang Kosasih Award 2016

  1. Karakter Komik Terbaik :Timun (Alex Irzaqi)
  2. Sampul Komik Terbaik : Hama (Potonv)
  3. Gambar Komik Terbaik : Ksatria Topeng Emas (Toto Winarno)
  4. Komik Pendek Terbaik : Harimau dari Medan ( Aji Prasetyo)
  5. Cerita Komik Terbaik : Phagia (Alzein P Merdeka)
  6. Komik Kampus Terbaik : Oppa!! (Cantika)
  7. Komik Strip Terbaik : Digidoy (M Arief S, Fajar M, Vera R, Dodi P, Yasir H, Wira)
  8. Komik Terbaik : Hama (Potonv)

Piagam

  1. Penghargaan Khusus : Sepotong Kisah Sepenggal Kepala (Abdoel Semute)
  2. Apresiasi Khusus : 9 Kisah Dakwah Wali Songo (Gerdi W K)

 

Pelaksana

  • Citra Pawitra

Gerakan para stakeholder komik Indonesia dengan mengabadikan nama komikus legendaris, RA Kosasih, untuk menjadi acuan perkembangan komik Indonesia.

Partner

  • Akademi Samali

Komunitas yang didirikan pada tahun 2005 oleh Beng Rahadian, Hikmat Darmawan dan Zarki ini pada awalnya berlokasi di Jalan Samali Pasar Minggu. Para founder ini berprofesi sebagai illustrator dan komikus. Tujuan didirikan Akademi Samali ini adalah untuk mengembangkan sistem pendidikan terbuka melalui kegiatan workshop dan diskusi interaktif dan tidak mengikat. Workshop yang diadakan bersifat gratis, segala biaya workshop ditanggung oleh sponsor. Akademi Samali memanfaatkan sistem pameran untuk berpromosi. Cita-citana sederhana, ingin memajukan perkembangan komik dalam negeri.

  • POP CON ASIA 2016

POP CON ASIA adalah “Popular Culture Convention” yang merupakan salah satu acara terbesar di Asia yang berisi berbagai kegiatan kreatif seperti Komik, toys, Film dan Animasi dari berbagai pelaku di industri kreatif di Asia. Kegiatan tersebut telah menjadi suatu industri besar di dunia hiburan modern. Kegiatan ini selalu membawa nama-nama besar di dunia hiburan seperti komikus, animator, games dan juga mengangkat para kreator lokal. Ajang ini diharapkan menjadi pengalaman berbagi informasi dan ilmu pengetahuan sehingga dapat mendatangkan keuntungan di dalam negeri, khususnya industri kreatif lokal.

  • Kreavi.com

Pekerja kreatif visual Indonesia kini memiliki tempat kumpul virtual di sebuah situs web jejaring sosial buatan lokal. Pekerja kreatif bisa membuat galeri untuk memamerkan karyanya. Bahkan, jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan sebagai bursa mencari peluang bisnis dan pekerjaan.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News

‘DC League of Super-Pets’ Rilis Video Trailer

Published

on

By

GwiGwi.com – Dwayne Johnson berperan sebagai suara Krypto the Super-Dog dalam film fitur petualangan aksi animasi Warner Bros. Pictures “DC League of Super-Pets,” dari sutradara Jared Stern.

Maaf Anda Melihat Iklan

Film ini juga dibintangi suara Kevin Hart (film “Jumanji” dan “Secret Life of Pets”), Kate McKinnon (“Saturday Night Live,” film “Magic School Bus Rides Again”, “Ferdinand”), John Krasinski (film “Quiet Place”, “Free Guy”), Vanessa Bayer (“Saturday Night Live,” “Office Christmas Party,” “Trainwreck”), Natasha Lyonne (“Show Dogs,” “Ballmastrz 9009”), Diego Luna (“Rogue One: A Star Wars Story,” “Maya and the Three”), Marc Maron (“Joker,” “GLOW”), Thomas Middleditch (“Godzilla: King of the Monsters,” “Captain Underpants: The First Epic Film”), Ben Schwartz (“Sonic the Hedgehog,” “Duck Tales”), dan Keanu Reeves (film “Matrix” dan “John Wick”).

Dalam “DC League of Super-Pets,” Krypto the Super-Dog dan Superman adalah sahabat yang tak terpisahkan, berbagi kekuatan super yang sama dan memerangi kejahatan di Metropolis secara berdampingan. Ketika Superman dan anggota Justice League lainnya diculik, Krypto harus meyakinkan paket perlindungan kain-tag—Ace si anjing, PB si babi berperut buncit, Merton si kura-kura dan Chip si tupai—untuk menguasai kekuatan baru mereka sendiri dan membantunya menyelamatkan pahlawan super.

Baca Juga:  Disney dan Pixar Memperkenalkan 4*Town, Boy Band Pertama dari Pixar untuk Film Turning Red

Stern, seorang penulis/konsultan veteran di film “LEGO®”, membuat debut penyutradaraan film fitur animasinya, menyutradarai dari skenario yang dia tulis dengan kolaborator sering John Whittington, berdasarkan karakter dari DC, Superman yang dibuat oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster. Film ini diproduseri oleh Patricia Hicks, Dwayne Johnson, Dany Garcia, Hiram Garcia dan Jared Stern. Produser eksekutif adalah John Requa, Glenn Ficarra, Nicholas Stoller, Allison Abbate, Chris Leahy, Sharon Taylor dan Courtenay Valenti.

Tim kreatif Stern termasuk desainer produksi Kim Taylor (“The LEGO® Ninjago Movie”) dan editor David Egan (“Game Night,” “Vacation”) dan Jhoanne Reyes (“Teen Titans GO!” “Young Justice”). Musiknya dibuat oleh Steve Jablonsky (film “Transformers”).
Warner Bros. Pictures Menghadirkan Produksi Tujuh Dolar, “DC League of Super-Pets.” Film ini akan dirilis oleh Warner Bros Pictures di bioskop internasional mulai 18 Mei 2022 dan di Amerika Utara pada 20 Mei 2022.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Box Office

Disney dan Pixar Memperkenalkan 4*Town, Boy Band Pertama dari Pixar untuk Film Turning Red

Published

on

GwiGwi.com – Menurut sutradara film Turning Red, Domee Shi, jika kamu membuat sebuah film tentang seorang anak remaja berusia 13 tahun dengan latar waktu di awal tahun 2000-an, keterlibatan boy band dalam film tersebut merupakan sebuah kewajiban. “Kami ingin karakter Mei terobsesi dengan sesuatu yang ditentang oleh ibunya,” ungkap Domee Shi. “Boy band merupakan langkah pertama anak perempuan untuk mengenal laki-laki di usia mereka. Para anggota boyband itu biasanya terlihat menawan, rapi, lemah lembut, dan mereka punya cara tersendiri untuk mendekatkan para perempuan dan sahabat-sahabat mereka. Dan menurut saya, membuat boyband animasi pasti akan sangat menarik.

Maaf Anda Melihat Iklan

Disney and Pixar’s “Turning Red” akan memperkenalkan boyband pertama Pixar, 4*Town. Para filmmakers menghubungi penyanyi dan penulis lagu pemenang GRAMMY® – Billie Eilish dan FINNEAS untuk menulis lagu bagi band tersebut. Ada tiga lagu yang diciptakan spesial untuk film ini, termasuk lagu “Nobody Like U”, yang menjadi lagu dalam trailer terbaru Turning Red. “Ketika kami mulai membicarakan Billie Eilish dan FINNEAS – bahkan sebelum mereka memenangkan Grammy – kami dapat melihat besarnya bakat dan potensi mereka,” ungkap sang produser Lindsey Collins. “Kami adalah penggemar besar mereka. Kami bertemu dengan mereka dan membicarakan ide gila ini, lalu bertanya, apakah mereka tertarik untuk menulis dan memproduksi lagu-lagu ini. Dan mereka setuju!

Album kedua Billie Eilish, “Happier Than Ever” mendominasi posisi puncak Billboard 200 di AS dan 19 negara lainnya saat pertama kali diluncurkan. Eilish juga mencetak sejarah sebagai penyanyi termuda yang memenangkan semua kategori utama di ajang GRAMMY® Awards yang ke-62. Ia menerima penghargaan sebagai artis pendatang baru terbaik, album terbaik, rekaman terbaik, lagu terbaik, dan album pop vokal terbaik.

Baca Juga:  'DC League of Super-Pets' Rilis Video Trailer

FINNEAS, menjadi musisi termuda yang berhasil memenangkan kategori produser terbaik (non-klasikal) di GRAMMY®. Ia merupakan sosok luar biasa di balik berbagai lagu populer, tidak hanya untuk Billie Eilish, tetapi juga Justin Bieber, Demi Lovato, Selena Gomez, Camila Cabello, Tove Lo, Kid Cudi dan Ben Platt, serta penyanyi-penyanyi lainnya. Album pertama FINNEAS yang berjudul “Optimist” juga telah dirilis.

Komposer asal Swedia pemenang penghargaan GRAMMY®-, Oscar®- dan Emmy®- Ludwig Göransson (“Black Panther,” “The Mandalorian”) juga turut mengambil bagian dalam film “Turning Red”. “Saya adalah salah satu penggemarnya,” kata Domee Shi. “Kami sangat menyukai pribadinya yang begitu fleksibel – ia adalah seorang komposer, tetapi ia juga bisa memproduksi lagu pop. Kami yakin, ia dapat membantu kami untuk membuat suara yang unik.

Selain Rosalie Chiang dan Sandra Oh yang sebelumnya telah diumumkan sebagai pengisi suara karakter Mei dan ibunya – Ming, Orion Lee juga ikut bergabung dalam daftar pengisi suara sebagai Jin, ayah Mei, bersama Wai Ching Ho sebagai pengisi suara nenek Mei. Disney and Pixar’s “Turning Red” juga menghadirkan Ava Morse sebagai Miriam, Maitreyi Ramakrishnan sebagai Priya, dan Hyein Park sebagai Abby – para sahabat Mei, serta Jordan Fisher, Grayson Villanueva, Josh Levi, Topher Ngo, dan Finneas O’Connell sebagai pengisi suara para anggota 4*Town.

Saksikan Trailernya

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Dorama

Saksikan Drama Medis yang Mendebarkan, Tokyo MER di Disney+ Hostar

Published

on

GwiGwi.comDisney+ Hotstar hari ini mengumumkan kehadiran serial “Tokyo MER” (Mobile Emergency Room), sebuah serial drama medis yang telah tayang di Indonesia sejak 27 Oktober 2021 dan akan hadir di beberapa pasar lainnya di Asia Pasifik mulai 12 November 2021, bertepatan dengan peluncuran Disney+ di Korea dan Taiwan, serta perayaan Disney+ Hotstar Day.

Maaf Anda Melihat Iklan

Sebuah kolaborasi spesial bersama kanal siaran Jepang, TBS, “Tokyo MER” merupakan serial drama medis mendebarkan yang menceritakan persaingan antara dua dokter, yang secara tidak sengaja menemukan diri mereka terjebak dalam permainan politik yang jauh lebih besar sembari menyelamatkan nyawa para pasiennya. Serial ini mengikuti tim medis elit yang dalam kesehariannya menangani korban kecelakaan serta bencana menggunakan mobil gawat darurat yang canggih demi menyelamatkan nyawa para korban yang membutuhkan perawatan kritis sesegera mungkin.

Baca Juga:  Eternals dari Marvel Studios Tayang di Seluruh Bioskop Indonesia 10 November 2021

“Tokyo MER” merupakan salah satu serial drama Minggu terpopuler di TBS. Serial ini telah diluncurkan sebelumnya di Jepang dan beberapa pasar lainnya pada 27 Oktober lalu. “Tokyo MER” menampilkan aktor pemenang penghargaan Ryohei Suzuki (“Our Little Sister,” “Tokyo Tribe”), Kento Kaku (“From Today, It’s My Turn: The Movie,” “Ranma ½”), Ayami Nakajo (“Let’s Go Jets”), Nanao (“Grasshopper”), Riisa Naka (“The Girl Who Leapt Through Time”), dan Yuriko Ishida (“Princess Mononoke”).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai “Tokyo MER” dan informasi menarik lainnya dari Disney+ Hotstar, kunjungi akun media sosial Disney+ Hotstar di Twitter @DisneyPlusID, Instagram di @DisneyPlusHotstarID, dan Facebook di Disney+ Hotstar ID.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x