Connect with us

Gaming

Playstation 5 Resmi Diluncurkan, Berikut Adalah Informasi, Spesifikasi dan Harganya!

Published

on

GwiGwi.com – Setelah ssebelumnya batal diperlihatkan pada tanggal 6 Juni 2020 lalu, Sony resmi memperlihatkan wujud asli Playstation 5 yang menandakan mulainya perang dunia konsol yang baru, pada The Next-Generation Console. Bagaimanakan wujudnya? Seperti apa spesifikasinya? dan Berapakah Harga Playstation 5 ini? Berikut adalah informasinya.

2 Model Console, Fisik dan Digital

Kali ini ada hal yang unik yang melengkapi peluncuran Playstation 5, yaitu dengan hadirnya 2 model sekaligus. Berbeda dari biasanya yang dimana Playstation meluncurkan versi FAT dan SLIM dari Playstation 5, kini Playstation meluncurkan opsi Playstation 5 dan Playstation 5 Digital Edition. Perbedaan keduanya terdapat dari hilang Disc Bay Blu-Ray pada PS5 Digital Edition, dan juga PS5 Digital Edition akan memiliki bentuk yang lebih tipis, dan lebih proporsianal jika dibandingkan dengan saudaranya. Ini menekankan bagaimana Sony dan juga Playstation kedepannya akan mendukung digital secara penuh, dengan adanya edisi ini. Namun demikian, bagi para kolektor fisik BluRay, tenang saja, kalian masih akan tetap bisa membeli edisi biasa, yang masih memiliki Disc Bay.

Lebih dari 20 Game Baru Diumumkan

Ada lebih dari 20 Game yang diumumkan bersama dengan Playstation 5, dan semuanya terlihat sangat menarik dan indah secara visual. Salah satu yang pertama kali diperlihatkan adalah hadirnya Gran Turismo 7 sebagai iterasi berikutnya Gran Turismo. Lalu Guerilla Games juga memperkenalkan sequel dari Horizon Zero Dawn yaitu dengan judul Horizon Forbdiden West.

Lalu ada juga Grand Theft Auto 5 Enhanced Edition yang menjadi salah satu bintang pada peluncurna PlayStation 5 kali ini dan menandakan ketiga kalinya game ini datang kembali lagi di Playstation setelah PS3, dan juga PS4. Demon Souls juga mendapatkan penyegaran baru pada Playstation 5 dan ini menjadi sambutan sangat baik dari para fans.

Ada banyak game menarik lainnya seperti ReturnalPragmataRatchet & ClankSackboy dan masih banyak game lainnya yang akan menandai era baru dalam dunia console gaming. Sony bisa dibilang tidak tanggung-tanggung pada kali ini dengan memperkenalkan lineup gamenya baik first-party maupun third-party yang akan membuat para fans segera ingin memiliki konsol ini dirumah mereka, terutama pada masa masih work from home seperti sekarang.

Spesifikasi Paling Canggih Saat Ini

Playstation 5 akan didukung dengan 8x Zen 2 Corse dengan clock speed 3.5GHz. Prosesor ini merupakan prosesor besutan AMD yang dibuat berdasarkan Ryzen 3000 Series Chips dengan arsitektor 7nm. Prosesor ini juga merupakan prosesor pilihan dari XBOX Series X yang sudah lebih dulu diperkenalkan oleh Microsoft. Playstation 5 juga akan memiliki GPU dengan kemampuan 10.28 Teraflops dari AMD RDNA 2 GPU yang diharapkan akan mendeliver performa terbaik, dengan resolusi 4K yang secara default akan menjadi kemampuan Playstation 5, tanpa harus menunggu iterasi versi Pro-nya.

Baca Juga:  Nintendo Rilis Smash Bros. Amiibo Joker dan Hero Pada 2 Oktober

Untuk urusan memory, Playstation 5 akan memiliki RAM sebesar 16GB GDDR6 256-bit. Untuk storage, secara bawaan kalian akan mendapatkan versi 825GB melalui SSD, yang memang sebenarnya aneh melihat angka yang tidak bulat itu. Lalu kalau kalian ingin menambahkan storagenya lagi, Sony membeberkan bahwa PS5 akan mendukung SSD M.2 NVME yang tentunya lebih cepat dari SATA dan juga HDD yang sebelumnya sudah mentenagai Playstation 4. Sony juga sepertinya akan memiliki slot USB Type-A atau Type-C yang diletakan didepan bersamaan dengan Disc Baynya.

Tipe Spesifikasi
CPU 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (variable frequency)
GPU 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
GPU Architecture Custom RDNA 2
Memory/Interface 16GB GDDR6/256-bit
Memory Bandwidth 448GB/s
Internal Storage Custom 825GB SSD
IO Throughput 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
Expandable Storage NVMe SSD Slot
External Storage USB HDD Support
Optical Drive 4K UHD Blu-ray Drive

Backward Compatibility dengan Game PS4

Setelah lama menjadi impian, Playstation 5 akhirnya mengusung Backward compatibility. Walaupun ini bukan diumumkan pada peluncuran kali ini melainkan melalui pengumuman sebelumnya, namun ini dipastikan menjadi angin segar ditambah dengan kemampuan PS5 untuk ditambah lagi storagenya melalui NVME dan juga external drive. Benefit yang mungkin didapatkan dari backward compatibility ini adalah jika kalian belum punya PS4 Pro, maka kalian bisa mendapatkannya disini.

Harga yang Menarik untuk Gamers

Sony mengklaim bahwa harga SRP (Suggested Retail Price) untuk PS5 nantinya akan sangat menarik. Sebelumnya ada dugaan bahwa harganya akan berada di kisaran 500-700 US Dollar, dan akan diumumkan pada launching kali ini. Sayangnya Sony masih merahasiakan harga dari Playstation 5 ini. Kita pun tidaj busa memberikan estimasi harga rupiahnya. Namun jika pattern serupa PS4, harusnya Sony bisa memberikan Regional Pricing yang sangat baik untuk Indonesia.

Bagaimana Gwiples? Tertarik untuk membeli PS5? Atau malah akan tetep beli PS4 aja karena lebih affordable?

Advertisements

Freelancer serabutan yang demenannya beragam sampai tidak jelas kemana. Saat ini sedang berkutat sebagai Web Developer sembari mengupdate informasi tentang Gadget Teranyar yang biasanya berada di segmentasi affordable hingga high end flagship. Selain itu juga jadi Youtuber untuk GwiGwi. Kontak: [email protected]

Gaming

Game ‘Granblue Fantasy: Versus’ Rilis Video Update dan Video DLC Belial

Published

on

GwiGwi.com – Saluran Youtube dari Granblue Fantasy mengalirkan dua video pada hari Sabtu untuk game pertarungan Granblue Fantasy: Versus oleh Cygames dan Arc System Works'. Video pertama menampilkan bab-bab misi utama baru yang ditambahkan ke Update 1.40 game.

Video tersebut mengungkapkan bahwa pembaruan baru dirilis pada hari Sabtu dan mencakup bab 41-45. Selain itu, pembaruan baru ini menampilkan dua mode permainan baru, “Boss Battle Time Attack” dan “GBVS: Blitz”, yang akan tersedia untuk waktu terbatas.

Video lain yang diunggah menampilkan karakter DLC baru Belial. DLC Karakter Belial disertai dengan dua misi tambahan dan akan dirilis pada 24 September. Karakter tersebut merupakan bagian dari set karakter kedua dari permainan, yang akan memiliki total enam karakter. Video tersebut juga mengungkapkan bahwa Cagliostro akan menjadi karakter kedua di set karakter kedua, dan akan dirilis pada akhir Oktober.

Baca Juga:  Nintendo Rilis Smash Bros. Amiibo Joker dan Hero Pada 2 Oktober

Character Pass pertama game pertempuran dirilis pada April 2019. Pada set karakter pertama termasuk Beelzebub, Narmaya, Soriz, Djeeta, dan Zooey.

Game ini diluncurkan di Jepang pada 6 Februari, dan kemudian diluncurkan di Amerika Utara pada 3 Maret. Marvelous Europe merilis game di Eropa dan Australia pada 27 Maret. Game tersebut diluncurkan di PC pada 13 Maret.

Karakter yang dapat dimainkan saat peluncuran meliputi: Gran, Katalina, Charlotta, Lancelot, Ferry, Lowain, Ladiva, Percival, Metera, Zeta, dan Vaserage. Stella Magna menggubah musik untuk game tersebut.

 

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading

Gaming

Yumi Matsutoya Menyanyikan Lagu Tema Baru Game ‘Touken Ranbu’

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi penyanyi Yumi Matsutoya mengumumkan pada hari Senin bahwa dia akan membawakan lagu tema baru “Anata to Watashi to” (You and Me) untuk game browser Touken Ranbu. Dia menulis lagu tersebut khusus untuk game tersebut untuk merayakan ulang tahun kelima. saluran Youtube Resmi game mengalirkan video pembukaan baru yang menampilkan lagu tersebut.

Matsuoya mungkin paling terkenal karena membawakan lagu tema untuk film Studio Ghibli Kiki's Delivery Service (atas nama Yumi Arai) dan The Wind Rises. Dia juga membawakan lagu tema untuk berbagai judul untuk serial anime Tamayura.

 

Baca Juga:  Game Phantasy Star Online 2 Akan Dirilis pada 5 Agustus

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading

Gaming

Single ‘Yakudō’ Maaya Sakamoto Menjadi Lagu Tema Pembuka Baru Game Fate/Grand Order

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi penyanyi dan aktris pengisi suara Maaya Sakamoto mengumumkan pada hari Senin bahwa single barunya “Yakudō” (Active Motion) menjadi lagu pembuka baru untuk bagian kedua dari Alur cerita “Lostbelt” dari game smartphone Fate/Grand Order. Single ini akan tersedia secara digital mulai hari Selasa.

Single tersebut merupakan kolaborasi dengan band rock Yourness, dan mengikuti lagu pembuka game Sakamoto sebelumnya, dimulai dengan “Shikisai” untuk alur cerita pertama game, dan “Gyakko” untuk bagian pertama dari alur cerita game “Lostbelt”. Sakamoto juga menyanyikan lagu tema untuk anime mendatang Fate/Grand Order The Movie Divine Realm of the Round Table: Camelot.

Baca Juga:  Game '13 Sentinels: Aegis Rim' Rilis Doomsday Trailer

 

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading
MSI Bravo 15 Pre Order

Trending